Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Perawatan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=17)
+--- Topik: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) (/showthread.php?tid=943)


Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Den Bagus - 01-11-2006 15:33

Tiga manfaat pemanasan Hampir semua pengendara tahu bahwa sebelum benar-benar mengendarai mobil, mesin harus dipanaskan terlebih dahulu. Istilahnya, memanaskan mesin. Semua sudah terbiasa menghidupkan mesin dan membiarkannya menyala beberapa saat.

Tapi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin? Dan sebenarnya, apa manfaat tindakan rutin itu bagi pemeliharaan kendaraan?

Tindakan yang biasa kita lakukan pada pagi hari itu jelas amat berguna. Tapi, jangan terlalu lama dan tidak perlu menginjak-injak pedal gas. Pemanasan cukup dalam lima menit. Untuk mengetahui bahwa kondisi mesin sudah mencapai temperatur kerja bisa juga dengan melihat indikator temperatur di panel dashboard. Biasanya ditandai dengan jarum temperatur yang menunjukkan posisi 1/2.

Lakukan tindakan ini secara rutin. Diantara manfaat-manfaat pemanasan mesin adalah:
Dapat mencegah terjadinya keausan pada komponen mesin.
Mesin akan bekerja optimal.
Menghemat bahan bakar.
Bila mesin tidak beroperasi dalam waktu yang agak lama, biasanya oli berada di panci oli. Itulah sebabnya pemanasan pada akhirnya membantu mencegah keausan mesin. Sebab, dengan pemanasan, kita memberi kesempatan pada oli untuk bergerak dari panci oli dan masuk kembali ke bagian-bagian mesin yang perlu dilumasi.

Yang juga menarik adalah manfaat pemanasan dalam membuat mesin bekerja seoptimal mungkin. Optimalisasi ini terjadi karena pemanasan mengurangi terjadinya kebocoran kompresi.

Seperti kita ketahui, karena bagian-bagian pada komponen mesin pasti berada pada temperatur tinggi, ada bagian-bagian tertentu yang memang tidak dibuat presisi. Para desainer sengaja menciptakan celah. Dan celah ini secara otomatis akan berkurang (menjadi presisi) ketika komponen-komponen itu terkena suhu panas. Ini yang kemudian mengurangi terjadinya kebocoran kompresi.

Bila terjadi kebocoran kompresi, maka tekanan kompresi pada mesin menurun. Akibat penurunan tekanan kompresi, temperatur mesin tidak mampu membakar campuran bahan bakar dan udara dengan sempurna. Otomatis, ketika campuran tersebut tidak terbakar dengan sempurna, tenaga yang dihasilkan mesin pun tidak optimal.

Pembakaran yang tidak sempurna bukan hanya mengakibatkan tenaga mesin kurang optimal. Tapi juga membuat mesin lebih boros bahan bakar. Ini sudah jelas karena dalam kondisi mesin masih dingin, suplai bahan bakar harus lebih besar agar tetap terjadi pembakaran.

Tiga manfaat inilah yang sebetulnya menjadi dasar bagi pengendara untuk selalu memanaskan mesin sebelum benar-benar mengendarai mobil.


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Jack06 - 02-11-2006 10:44

waw.... g bakalan ikutin deh ini tips
Mantabbb Topdeh


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - dhanvin - 02-11-2006 11:47

makasih om Den Bagus untuk tipsnya soal pemanasan mesin ...Topdeh


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - topm4n - 02-11-2006 13:16

Den Bagus Menulis:
Tiga manfaat pemanasan Hampir semua pengendara tahu bahwa sebelum benar-benar mengendarai mobil, mesin harus dipanaskan terlebih dahulu. Istilahnya, memanaskan mesin. Semua sudah terbiasa menghidupkan mesin dan membiarkannya menyala beberapa saat.

Tapi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin? Dan sebenarnya, apa manfaat tindakan rutin itu bagi pemeliharaan kendaraan?

Tindakan yang biasa kita lakukan pada pagi hari itu jelas amat berguna. Tapi, jangan terlalu lama dan tidak perlu menginjak-injak pedal gas. Pemanasan cukup dalam lima menit. Untuk mengetahui bahwa kondisi mesin sudah mencapai temperatur kerja bisa juga dengan melihat indikator temperatur di panel dashboard. Biasanya ditandai dengan jarum temperatur yang menunjukkan posisi 1/2.

Lakukan tindakan ini secara rutin. Diantara manfaat-manfaat pemanasan mesin adalah:
Dapat mencegah terjadinya keausan pada komponen mesin.
Mesin akan bekerja optimal.
Menghemat bahan bakar.
Bila mesin tidak beroperasi dalam waktu yang agak lama, biasanya oli berada di panci oli. Itulah sebabnya pemanasan pada akhirnya membantu mencegah keausan mesin. Sebab, dengan pemanasan, kita memberi kesempatan pada oli untuk bergerak dari panci oli dan masuk kembali ke bagian-bagian mesin yang perlu dilumasi.

Yang juga menarik adalah manfaat pemanasan dalam membuat mesin bekerja seoptimal mungkin. Optimalisasi ini terjadi karena pemanasan mengurangi terjadinya kebocoran kompresi.

Seperti kita ketahui, karena bagian-bagian pada komponen mesin pasti berada pada temperatur tinggi, ada bagian-bagian tertentu yang memang tidak dibuat presisi. Para desainer sengaja menciptakan celah. Dan celah ini secara otomatis akan berkurang (menjadi presisi) ketika komponen-komponen itu terkena suhu panas. Ini yang kemudian mengurangi terjadinya kebocoran kompresi.

Bila terjadi kebocoran kompresi, maka tekanan kompresi pada mesin menurun. Akibat penurunan tekanan kompresi, temperatur mesin tidak mampu membakar campuran bahan bakar dan udara dengan sempurna. Otomatis, ketika campuran tersebut tidak terbakar dengan sempurna, tenaga yang dihasilkan mesin pun tidak optimal.

Pembakaran yang tidak sempurna bukan hanya mengakibatkan tenaga mesin kurang optimal. Tapi juga membuat mesin lebih boros bahan bakar. Ini sudah jelas karena dalam kondisi mesin masih dingin, suplai bahan bakar harus lebih besar agar tetap terjadi pembakaran.

Tiga manfaat inilah yang sebetulnya menjadi dasar bagi pengendara untuk selalu memanaskan mesin sebelum benar-benar mengendarai mobil.




RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - topm4n - 02-11-2006 13:18

Lachhh, .. kenapa jadi gini yach, .... tapi terima kasih juga nech den bagus atas postingan - emang bermanfaat - ane sendiri tiap pagi memang selalu manasin mesin - oh iya tadi mo posting Reply - trus koneksi putus jadi enggak nyambung dech Smile


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - BUDI - 02-11-2006 13:55

Sedikit nambahin aza pemanasan mesin dgn rpm idle dlm kondisi stationary/diam sangat tidak dianjurkan pada mobil-mobil yg sudah memakai Catalytic Converter/CC (coba baca buku pedoman pemilik A/X VVTi) krn dapat menyumbat CC tsb. Makanya klu macet total (tdk bergerak) lebih dari 5 menit sebaiknya mesin A/X VVTi dimatikan saja, atau di-gas pada rpm 2000 misalnya (jgn di-idle-kan saja).
Karakteristik mesin yg baik dalam 30 detik setelah cold starting harus mampu menanggung beban s/d 70% dan mesin harus mampu dibebani s/d 100% full load setelah 2 menit dari cold starting.
Jadi klu A/X perlu pemanasan selama 5 menit baru boleh dibebani artinya spek mesin A/X kurang baik ?!!


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Anton G - 02-11-2006 14:00

BUDI Menulis:
Sedikit nambahin aza pemanasan mesin dgn rpm idle dlm kondisi stationary/diam sangat tidak dianjurkan pada mobil-mobil yg sudah memakai Catalytic Converter/CC (coba baca buku pedoman pemilik A/X VVTi) krn dapat menyumbat CC tsb. Makanya klu macet total (tdk bergerak) lebih dari 5 menit sebaiknya mesin A/X VVTi dimatikan saja, atau di-gas pada rpm 2000 misalnya (jgn di-idle-kan saja).
Karakteristik mesin yg baik dalam 30 detik setelah cold starting harus mampu menanggung beban s/d 70% dan mesin harus mampu dibebani s/d 100% full load setelah 2 menit dari cold starting.
Jadi klu A/X perlu pemanasan selama 5 menit baru boleh dibebani artinya spek mesin A/X kurang baik ?!!


Agree !!, saya juga ngak pernah sih nunggu sampai jarum temperatur setengah, menurut gua mubajir habis-habisin bensin, mending gua sambil jalan pelan pelan saja, begitu jarum temperatur setengah baru gua sikat, dan bejek habis...!!!


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - pra_nows - 02-11-2006 14:37

Kalo saya cuman ngikuti prosedur resmi (katanya) pemanasan mobil lawas saya (Peugeot 405 STI), cuma 10 detik sampe 1 menit paling lama untuk manasin mobil......

So Far So Good


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - ANDRE@s - 02-11-2006 16:51

dulu pernah dibahas juga di milisnya AXIC, dan kesimpulannya nggak perlu lama2 untuk manasin mesin utk yg non VVTI ataupun VVTI, karena dalam 1-2 menit saja oli sudah naik koq, tapi setelah itu jangan langsung dibejek, dibawa santai dulu aja sampe temperatur normalnya baru digas agak dalem.


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Den Bagus - 02-11-2006 16:57

ANDRE@s Menulis:
dulu pernah dibahas juga di milisnya AXIC, dan kesimpulannya nggak perlu lama2 untuk manasin mesin utk yg non VVTI ataupun VVTI, karena dalam 1-2 menit saja oli sudah naik koq, tapi setelah itu jangan langsung dibejek, dibawa santai dulu aja sampe temperatur normalnya baru digas agak dalem.


Bisa gak ya itu auto choke disetting si TAM/DAI jadi 1.5 menit ... Smile


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - J99 - 02-11-2006 20:28

CMIIW...
Bro Bagus, setahu saya avxe bukan pake auto choke lagi namanya. tetapi ecu baca sensor temperature dimesin u/naikin idle rpm. begitu sampai pada tempereture normal maka idle akan kembali di 850rpm..


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - thomas_ng - 02-11-2006 21:54

kalo gua sih tunggu sampai adle normal aja
langsung matiin.

dan sepengetahuan gua mobil mempunyai suhu untuk dapat bekerja normal.

berarti kalo udah idle maka suhu mobil dibaca ECU udah normal buat di bawa jalan.


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - slamets - 11-08-2008 14:46

Ada yang bilang katanya sampe kipas pendinginya berputar, jd mana yg bener yaa???


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Pras - 11-08-2008 14:50

slamets Menulis:
Ada yang bilang katanya sampe kipas pendinginya berputar, jd mana yg bener yaa???


electric fan yg muter di AX itu kalau mesin udah kelewat panas sehingga electric fan berputar utk menurunkan suhu mesin... jadi...kalo udah sampe electric fan-nya muter berarti manasinnya udah kelewatan... Haha


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Fawwas Kautsar - 11-08-2008 15:04

gw tiap pagi jalanin xeli kalo temperatur udah normal ( 1/2 ), soalnya kalo temperatur dibawah 1/2 emang agak berat kalo langsung diajak jalan, tapi kalo temperatur sudah 1/2 baru enteng....
dari garasi ke jalan raya butuh waktu 5 menitan.....berarti kebiasan itu harus dirubah donk......he...he...he...


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - gundamx2 - 11-08-2008 16:26

wah kalo gw manasin mesin. sekitar 5menit, sampe kipasnya bunyi.., salah dong yah...WallbashWallbash

jadi yang menurut aturan yang mana yah...?


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Nurtaranto - 11-08-2008 16:38

manasin cukup 2-3 menit sjYes


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - ducati@2008 - 11-08-2008 16:42

kalau ga salah pemanasan avxe cukup sebentar saja dan boleh jalan tapi jangan geber dulu larinya sambil tunggu temperatur sampai kenormal, biasanya normalnya ditemperatur 1/2.

tapi kalau macet terlalu lama lebih dari 5 menit bagaimana yach apa ya catalyc conventer jadi macet, bagaimana kalau jalan seperti dijakarta pasti sering mobil berhenti diatas 5 menit, itu kan sama aja dengan pagi panasin mesin sampai lama 095 095


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Pras - 11-08-2008 16:49

gak masalah mobil nyala dalam keadaan berhenti
yang dikuatirkan kan, polusi termasuk adanya kemungkinan CO yang masuk ke kabin...
selama system pendingin mesin bagus, gapapa tuh mesin nyala dalam keadaan berhenti misalnya sampe 4 jam...


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - ducati@2008 - 11-08-2008 16:57

Pras Menulis:
gak masalah mobil nyala dalam keadaan berhenti
yang dikuatirkan kan, polusi termasuk adanya kemungkinan CO yang masuk ke kabin...
selama system pendingin mesin bagus, gapapa tuh mesin nyala dalam keadaan berhenti misalnya sampe 4 jam...


iya sich om yg penting CO jangan nyampe masuk entar kayak yg diancol Haha


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Fawwas Kautsar - 11-08-2008 17:01

kalo gw waktu macet aga lama biasanya buka kaca sebentar dan tutup lagi hanya untuk sirkulasi udara & antisipasi kalo ada kebocoran CO di kabin....


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Nurtaranto - 11-08-2008 17:38

Pras Menulis:
gak masalah mobil nyala dalam keadaan berhenti
yang dikuatirkan kan, polusi termasuk adanya kemungkinan CO yang masuk ke kabin...
selama system pendingin mesin bagus, gapapa tuh mesin nyala dalam keadaan berhenti misalnya sampe 4 jam...


masalah om klo terus2an idle selama lebih dr 20menit karena akan memperndek umur cc. klo ga salah ada d buku pedoman pemiliknya deh cmiiw


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - ducati@2008 - 11-08-2008 18:54

Nurtaranto Menulis:

Pras Menulis:
gak masalah mobil nyala dalam keadaan berhenti
yang dikuatirkan kan, polusi termasuk adanya kemungkinan CO yang masuk ke kabin...
selama system pendingin mesin bagus, gapapa tuh mesin nyala dalam keadaan berhenti misalnya sampe 4 jam...


masalah om klo terus2an idle selama lebih dr 20menit karena akan memperndek umur cc. klo ga salah ada d buku pedoman pemiliknya deh cmiiw


mungkin yg dimaksud om pras 4 jam ga apa2 tapi lama CC cepat jebol
sedangkan mesin ga masalah


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Nurtaranto - 11-08-2008 19:09

ducati@2008 Menulis:
mungkin yg dimaksud om pras 4 jam ga apa2 tapi lama CC cepat jebol
sedangkan mesin ga masalah


mesinnya sih emang gppSmile


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - fanno - 11-08-2008 19:47

pernah denger,, mobil gak usah d panasin..

d bawa pelan-pelan aja,, karena buang2 bensin klo d biarin nyala,, jadi gak efisien..


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Gado2Enak - 13-08-2008 08:47

Bahaya! Mobil Idle Lebih dari 20 Menit

Banyak orang menyalakan mobil padahal dalam posisi idle. Alasannya agar perangkat pendingin (AC) bisa tetap menyala. Padahal untuk mobil yang memiliki catalyc converter menyalakan mobil tanpa dijalankan, dapat memicu kebakaran.

Catalytic converter memiliki fungsi sangat besar dalam mengurangi kadar emisi gas buang berbahaya dari mobil. Namun bukan berarti penggunaan catalyc converter tidak ada pantangan.

Perangkat ini mampu mengubah zat hasil pembakaran seperti, hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO), dan NOx, menjadi zat yang lebih ramah lingkungan. Berdasarkan data Manufactures of Emission Controls Association (MECA) AS sejak 1970 hingga saat ini, catalytic converters telah membantu mengurangi bahan polutan sebanyak 1,5 miliar ton di AS dan 3 miliar ton di seluruh dunia.

Catalytic converter ditempatkan di belakang exhaust manifold atau di antara muffler dan header. Alasannya, catalytic converter cepat panas ketika mesin dinyalakan. Selain itu, sensor bisa segera bekerja untuk menginformasikan kebutuhan campuran bahan bakar udara yang tepat ke Engine Control Machine (ECM). Perangkat catalytic converter baru bekerja efektif saat kondisinya panas.

Namun jika terlalu panas, komponen tidak dapat bekerja dengan maksimal. Bahkan, catalytic converter yang kelewat panas dapat memicu kebakaran hebat bila di dekatnya terdapat bahan-bahan yang mudah terbakar. Kertas, daun-daun kering yang terbang, misalnya.

Meskipun bekerja saat panas, suhu pada catalytic converter tidak diperkenankan melebihi ambang batas yang telah ditentukan yaitu sekira 400 hingga 500 derajat celcius. Suhu komponen ini akan terjaga melalui hembusan angin yang datang akibat mobil yang berjalan. Itu sebabnya, jika mesin ber-catalytic converter dipanaskan dalam waktu lama pada kondisi idle, kenaikan suhunya akan melebihi ambang batas aman. Selanjutnya, catalytic converter membara seperti arang yang siap membakar.

Karena itu, ikutilah buku manual. Di sana tercantum keterangan bahwa jangan memanaskan mesin atau menghidupkan kendaraan dalam kondisi diam lebih dari 20 menit. Selain itu, sebaiknya tidak memarkir mobil di atas benda yang mudah terbakar seperti rumput, daun, atau tumpukan kertas.(diolah dari berbagai sumber) (ton, Anton Suhartono - Okezone)


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - aeres - 13-08-2008 08:51

wuihhh... serem banget yach....


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Bujana - 15-08-2008 09:02

Wah Thanks buat info manasin mesin ini, selama ini gw panasain mesin sekitar 10 mnt jadi harus dikurangi yach?

Banyak masukan dari teman yang lain dan beda-beda, ada yg nyuruh lama da yang bilang jgn lama-lama. 095

Mobil Xenia Li VVTi gw jarang digunakan paling-paling hari jumat dan sabtu doang. Kira-kira manasin mesinya berpa hari sekali ya? dan berapa lama?
Kable aki pelru dicopot? Mohon pencerahan dari sesepuh.... Topdeh

salam Topdeh


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Pras - 15-08-2008 09:16

Ummm.... berarti pantangannya karena CC-nya bisa overheat ya... good info nih...


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - hanny sabandono - 15-08-2008 10:13

kalo pake extra fan mbantu ga ya om?


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - motolola - 16-08-2008 09:38

Bujana Menulis:
Wah Thanks buat info manasin mesin ini, selama ini gw panasain mesin sekitar 10 mnt jadi harus dikurangi yach?

Banyak masukan dari teman yang lain dan beda-beda, ada yg nyuruh lama da yang bilang jgn lama-lama. 095

Mobil Xenia Li VVTi gw jarang digunakan paling-paling hari jumat dan sabtu doang. Kira-kira manasin mesinya berpa hari sekali ya? dan berapa lama?
Kable aki pelru dicopot? Mohon pencerahan dari sesepuh.... Topdeh

salam Topdeh


sebenarnya pernyataan dari temen2 tidak sepenuhnya salah. dari berbagai sumber yg pernah saya baca, memang pada kendaraan2 produksi lama hal tersebut berlaku karena teknologinya mengharuskan demikian, tetapi untuk kendaraan2 produksi terbaru yang sudah menganut teknologi muktahir, hal tersebut sudah tidak perlu dilakukan lagi..


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - chris.ho - 18-08-2009 12:05

Jangan Buang Uang dengan Memanaskan Mesin Lama-lama


Dengan perkembangan teknologi, cara menghidupkan mesin pada keadaan dingin makin gampang. Tidak perlu lagi dicuk. Karena mekanisme yang namanya “cuk” tidak ada lagi. Cuk hanya pada mesin atau mobil-mobil “jadul”. Juga tidak perlu kaki di pedal gas ketika akan menghidupkan mesin.

Duduklah di belakang setir. Putarlah kunci kontak ke posisi “START” (bila menggunakan tombol, tekan tombol). Mesin yang normal akan langsung,” Jreeeng..”.

Kalau dihidupkan dari kondisi dingin – di pagi hari – putaran mesin di atas 1.000 rpm. Untuk mesin kecil, misalnya 1.300 cc, berkisar 1.100 – 1.200 rpm. Setelah itu, beberapa puluh detik kemudian, turun dengan sendirinya ke kondisi stasioner normal (langsam), di bawah 1.000 rpm.

Waktu pemanasan mesin memang masih ada, namun makin singkat. Paling lama satu menit. Setelah itu, kendaraan bisa digeber. Kalaupun putaran belum kembali ke posisi stasioner, mobil sudah bisa dijalankan.


Disemprot.
Itulah kehebatan mesin maka kini. Kebutuhan bahan bakar tidak lagi disedot, tapi disemprot. Waktu pemanasan dan putaran mesin diatur oleh komputer yang mendapatkan informasi dari berbagai sensor.
Komputer mengatur kerja mesin. Kalau suhu mesin tidak terlalu dingin, tidak perlu pemanasan lama-lama. Dengan cara ini, selain membuat mesin makin irit konsumsi bahan bakarnya, juga mengurangi pencemaran lingkungan.

Teknologi injeksi atau semprotan bahan bakar terkini, bensin bensin langsung disemprotkan ke ruang bakar. Waktu pemanasannya pun makin cepat!


Faktor Oli .
Oli, juga menentukan lamanya mesin dipanaskan. Begitu juga ketika distart. Oli berkualitas bagus dan viskositasnya rendah, misalnya sudah masuk kategori “Energy Conserving” membuat mesin lebih gampang distar atau dihidupkan. Pasalnya, hambatan yang ditimbulkan oli lebih rendah.
Tetapi kalau olinya kental atau viskositasnya tinggi, tentu saja dibutuhkan tenaga lebih besar untuk melawannya. Hal ini juga mempengaruhi lamanya mesin dipanaskan.

Jadi, di pagi hari, jangan membiarkan mesin stasioner dalam waktu lama. Juga jangan menekan pedal gas agar putaran lebih tinggi dan mesin cepat. Itu berarti membuang uang percuma dan ikut memperburuk lingkungan.

Kalau pun Anda ragu, sebaiknya baca “Owner Manual” atau “Buku Petunjuk Pemilik”. Manfaatkanlah kecanggihan teknologi masa kini! Tidak hanya mesin, juga olinya!

http://otomotif.kompas.com/read/xml/2009/08/18/1038432/Jangan.Buang.Uang.dengan.Memanaskan.Mesin.Lama-lama.


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - @riv - 05-02-2010 22:23

buku manual itu dirancang supaya kita beli mobil baru lagi...Hikhik


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Gado2Enak - 07-02-2010 11:27

Semenit 2 menit pasti dipanaskan . . . kalau nggak dipanaskan dulu, larinya kurang enak . . .


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Tizar - 07-02-2010 19:31

Gado2Enak Menulis:
Semenit 2 menit pasti dipanaskan . . . kalau nggak dipanaskan dulu, larinya kurang enak . . .


Om om, kalo ini sugesti apa bukan sih?
Kakak saya cw, ga perduli sama ritual ginian. Kalo mau berangkat ya nyalain mesin trus cabut deh, kalau pulang malah AC dan radio tape masih nyala, langsung aja putar kunci dan matiin mesin. Tapi awet-awet aja tuh mobilnya.


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Pras - 07-02-2010 19:37

Tizar Menulis:
Om om, kalo ini sugesti apa bukan sih?
Kakak saya cw, ga perduli sama ritual ginian. Kalo mau berangkat ya nyalain mesin trus cabut deh, kalau pulang malah AC dan radio tape masih nyala, langsung aja putar kunci dan matiin mesin. Tapi awet-awet aja tuh mobilnya.


kalo begitu mesin nyala langsung dipakai jalan jg gpp, asal jangan ngebut alias main di RPM tinggi...

Kalo GGE kan emang udah niat gak maen RPM rendah, jadi dia akan memastikan dulu semua bagian terlumasi dan olinya tersebar rata... kalo udah ngerasa yakin barulah dia tancap gas... Gozkirpma

note: baca buku petunjuk pemakaian utk keterangan resmi mengenai pemanasan mesin.


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Gado2Enak - 07-02-2010 20:01

Pras Menulis:
kalo begitu mesin nyala langsung dipakai jalan jg gpp, asal jangan ngebut alias main di RPM tinggi...

Kalo GGE kan emang udah niat gak maen RPM rendah, jadi dia akan memastikan dulu semua bagian terlumasi dan olinya tersebar rata... kalo udah ngerasa yakin barulah dia tancap gas... Gozkirpma


Betul sekali . . . sayang kan kalau belum ada pelumasan langsung tancap gas di RPM tinggi . . .



*ritual malem aja perlu pemanasan dan pelumasan kok Whistling


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - sawa qeis - 08-03-2010 10:28

makasih banyak om inponya.mantab


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - tailcone - 15-08-2010 16:39

Buat tambahan..dalam ilmu basic piston engine sih pemanasan jg utamanya untuk manasin oli, viskositas oli yang dingin tentu berbeda dengan yg agak panas(bukan kepanasan ya..), yg agak panas tentu lebih mantap untuk gerakan piston,crankshaft dll


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Junktea - 25-08-2010 04:50

Bujana Menulis:
Wah Thanks buat info manasin mesin ini, selama ini gw panasain mesin sekitar 10 mnt jadi harus dikurangi yach?

Banyak masukan dari teman yang lain dan beda-beda, ada yg nyuruh lama da yang bilang jgn lama-lama. 095

Mobil Xenia Li VVTi gw jarang digunakan paling-paling hari jumat dan sabtu doang. Kira-kira manasin mesinya berpa hari sekali ya? dan berapa lama?
Kable aki pelru dicopot? Mohon pencerahan dari sesepuh.... Topdeh

salam Topdeh


kasus yang sama dengan gue om.
XeLi gue tahun 2009, dipanasin 2 hari se kali, paling lama 5 menit.
spirit gue manasin mobil berpatokan ke pada hemat energi...


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - arh4n4 - 25-08-2010 19:24

ane malah manasin mesin suka seminggu sekali sabtu or minggu, itu juga kalo keingetan hehehe.
waktu start manasin rpm dikisaran 1300, beberapa menit kemudian turun dikisaran rpm 900 udah gitu langsung aku matiin lagi, trus udah. kalo sabtu or minggu kadang make kadang juga enggak, seringnya make motor mulu...


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - damaijiwa - 19-10-2010 17:41

RR sekalian, mau nanya nih kemaren ngobrol2 dengan teknisi BERES bahwa kalo mau manasin mobil di pagi hari..sebaiknya kunci starter jangan langsung dinyalakan/start mesinnya secara tiba tiba.
sebaiknya dari posisi LOCK ke ACC ke ON (di posisi ON ada semacam bunyi seperti fuel pump menyemprotkan BBM). setelah bunyi tsb tidak hilang baru nyalakan/START mesin.

teknisi tsb menyarankan malah sebaiknya diulang hingga 3x sebelum di start. untuk menghindari kerusakan fuel pump katanya. mohon infonya apakah benar ?
tks


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Wahyudi Liajik - 21-10-2010 21:15

kalu kendaraan tidk sedang digunakan apakah memanaskan mesin apa perlu dilakukan setiap hari?


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Bambang Hermanto, ST - 21-10-2010 22:50

Wahyudi Liajik Menulis:
kalu kendaraan tidk sedang digunakan apakah memanaskan mesin apa perlu dilakukan setiap hari?


Dianjurkan OmGozkirpma...selain untuk mensirkulasi oli supaya tidak "ngendal"095 dibawah... hal ini juga bermanfaat buat keawetan aki... karena kalo kelamaan gak ada supply dari alternator..aki bisa tekorWallbash


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - awang yandri - 19-09-2012 17:24

good tip !


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - 6vy - 19-09-2012 21:57

Hati" Blow by Gas!!..
Lebih baik,, sesekali smbil dibawa muter komplek perumahan aja Smile


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Markus Yuwono Herbayu - 20-09-2012 11:26

damaijiwa Menulis:
RR sekalian, mau nanya nih kemaren ngobrol2 dengan teknisi BERES bahwa kalo mau manasin mobil di pagi hari..sebaiknya kunci starter jangan langsung dinyalakan/start mesinnya secara tiba tiba.
sebaiknya dari posisi LOCK ke ACC ke ON (di posisi ON ada semacam bunyi seperti fuel pump menyemprotkan BBM). setelah bunyi tsb tidak hilang baru nyalakan/START mesin.

teknisi tsb menyarankan malah sebaiknya diulang hingga 3x sebelum di start. untuk menghindari kerusakan fuel pump katanya. mohon infonya apakah benar ?
tks


anyone can help with this ???


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - 6vy - 20-09-2012 11:47

Markus Yuwono Herbayu Menulis:

damaijiwa Menulis:
RR sekalian, mau nanya nih kemaren ngobrol2 dengan teknisi BERES bahwa kalo mau manasin mobil di pagi hari..sebaiknya kunci starter jangan langsung dinyalakan/start mesinnya secara tiba tiba.
sebaiknya dari posisi LOCK ke ACC ke ON (di posisi ON ada semacam bunyi seperti fuel pump menyemprotkan BBM). setelah bunyi tsb tidak hilang baru nyalakan/START mesin.

teknisi tsb menyarankan malah sebaiknya diulang hingga 3x sebelum di start. untuk menghindari kerusakan fuel pump katanya. mohon infonya apakah benar ?
tks


anyone can help with this ???


Kalo dulu di EVO,, ada indikator Engine Check-nya, jadi pas mau starter, putar ke ACC trs ke ON.. (nanti nyala,, kemudian bbrp detik kemudian mati) baru deh di START Engine nya.

Nah,, perlakuan spt td mirip buat mbl" yg lain yg sdh memakai ECU (non-Karburator).
Dgn maksud, memberi waktu computer utk membaca & merapihkan datanya.
Sebenarnya, ngga kedengeran Fuel Pump saat menyemprotkan bensin loh!.. tp memang disarankan utk TIDAK LANGSUNG MEN-Start mesin.
Kalo utk menghindari Fuel Pump cepet rusak.. bisa dgn cara kuras tangki scr periodik.
Krn RR sdh tau lah kondisi BBM di negara kita.. kualitasnya tdk sama.

Jadi, kalo sy start si TUTUNG.. stlh LOCK.. ON.. sy biarkan indikator ABS-nya mati dulu, baru deh sy Starter.


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - jonny vins - 20-09-2012 12:22

damaijiwa Menulis:
RR sekalian, mau nanya nih kemaren ngobrol2 dengan teknisi BERES bahwa kalo mau manasin mobil di pagi hari..sebaiknya kunci starter jangan langsung dinyalakan/start mesinnya secara tiba tiba.
sebaiknya dari posisi LOCK ke ACC ke ON (di posisi ON ada semacam bunyi seperti fuel pump menyemprotkan BBM). setelah bunyi tsb tidak hilang baru nyalakan/START mesin.

teknisi tsb menyarankan malah sebaiknya diulang hingga 3x sebelum di start. untuk menghindari kerusakan fuel pump katanya. mohon infonya apakah benar ?
tks


Menurut ane yg msh nubie memang seharusnya ditunggu bbrp detik untuk membiarkan bekerja menyuplai bbm dr dlm tangki yg biasanya diiringin suara berdesing halus, nah buat saran dr teknisi td ada baiknya buat pencegahan tho ga ada ruginya tapi klo pun gak dilakukan sampe 3x ane kira ga mslh kok coz designer enginenya sudah diperhitungkan jd buat pemakaian normal cukup 1x ane rasa jg dr 10pemilik av/xe pasti cukup 1x tho n so far ga ada mslh tho.....klo pun fuel pump harus koit itu jg dikarenakan kwalitas bbm kita yg jelek atopun emang sdh umurnya, pencegahan bisa slh satunya yg dijelaskan om 6vy diatas yaitu rutin kuras tangki ato minimal bersihkan filter bensin.......cmiiiwBig Grin:


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - barkatullah amin - 20-09-2012 14:19

[/font]Topdeh


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - SAS34 - 20-09-2012 15:53

patokan mank bs pk bunyi fuel pump, tp masih terasa kurang sreg denger bunyi mesin saat pertama start dingin... krekkk


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - jonny vins - 20-09-2012 16:01

SAS34 Menulis:
patokan mank bs pk bunyi fuel pump, tp masih terasa kurang sreg denger bunyi mesin saat pertama start dingin... krekkk


Betul om sas ini lah skrg yg ane rasakan cukup mengganggu sih walaupun cuma 2detik....Big Grin


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - SAS34 - 20-09-2012 16:10

kl mau sebenarnya bs dgn cara mematikan kerja fuel pump dahulu, kemudian mesin di cranking 1-2 X, tujuannya biar oli bersirkulasi dahulu (prisnsipnya sama keq motor aja, kl start pagi baiknya diengkol dulu bbrl kali dgn kondisi kunci kontak off) kemudian aktifkan kembali fuel pump, jd ga bunyi deh.


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - jonny vins - 20-09-2012 16:23

SAS34 Menulis:
kl mau sebenarnya bs dgn cara mematikan kerja fuel pump dahulu, kemudian mesin di cranking 1-2 X, tujuannya biar oli bersirkulasi dahulu (prisnsipnya sama keq motor aja, kl start pagi baiknya diengkol dulu bbrl kali dgn kondisi kunci kontak off) kemudian aktifkan kembali fuel pump, jd ga bunyi deh.


Hehehe yg jd mslhnya lg om sas ga mungkin tho tiap kali kita mau idupin mobil kudu cabut connector fuel pump ama cabut kepala busi.........HahaHaha sorry klo salah ane mah nubie om sas......Tuh


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - SAS34 - 20-09-2012 16:43

loh jangan kepala busi, malah mesin jd kebanyakan bensin nanti.
kan bs pk switch toh mas Jon, kl yg trigger relay fuel pump arusnya kecil sekali., jd bs pk switch toggle atau push off


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - 6vy - 20-09-2012 16:53

SAS34 Menulis:
loh jangan kepala busi, malah mesin jd kebanyakan bensin nanti.
kan bs pk switch toh mas Jon, kl yg trigger relay fuel pump arusnya kecil sekali., jd bs pk switch toggle atau push off


bikinin skemanya mas S!!


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - jonny vins - 20-09-2012 16:55

Ooh gitu tho om......hehehe syg ane jauh om klo ga bisa mampir ke mabes buat belajar ini itu......Big Grinjd malu...


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - jonny vins - 20-09-2012 16:58

6vy Menulis:

SAS34 Menulis:
loh jangan kepala busi, malah mesin jd kebanyakan bensin nanti.
kan bs pk switch toh mas Jon, kl yg trigger relay fuel pump arusnya kecil sekali., jd bs pk switch toggle atau push off


bikinin skemanya mas S!!


Xixixixi......Minat juga yah om.....Yagak
Ane mau jg dong dibisikin om.......Big Grin


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - eyb - 20-09-2012 17:00

jonny vins Menulis:

SAS34 Menulis:
kl mau sebenarnya bs dgn cara mematikan kerja fuel pump dahulu, kemudian mesin di cranking 1-2 X, tujuannya biar oli bersirkulasi dahulu (prisnsipnya sama keq motor aja, kl start pagi baiknya diengkol dulu bbrl kali dgn kondisi kunci kontak off) kemudian aktifkan kembali fuel pump, jd ga bunyi deh.


Hehehe yg jd mslhnya lg om sas ga mungkin tho tiap kali kita mau idupin mobil kudu cabut connector fuel pump ama cabut kepala busi.........HahaHaha sorry klo salah ane mah nubie om sas......Tuh


SAS34 Menulis:
loh jangan kepala busi, malah mesin jd kebanyakan bensin nanti.
kan bs pk switch toh mas Jon, kl yg trigger relay fuel pump arusnya kecil sekali., jd bs pk switch toggle atau push off


bener om sas, diengkol dulu baru distart, biar oli naik dulu. indikator yang menunjukkan oli telah naik itu belum ada.

antisipasi, bisa menambahkan additive oil, agar gesekan pertama mesin masih terlindungi oleh lapisan filem bahan additive tersebut yang telah melapis seluruh permukaan mesin. sebelum oli melumasinya.

mematikan fuel pump atau efi, salah satu teknik ngengkol mesin mobil. padahal ntu termasuk salah satu teknik kunci rahasia Winking


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - jonny vins - 20-09-2012 17:14

eyb Menulis:
bener om sas, diengkol dulu baru distart, biar oli naik dulu. indikator yang menunjukkan oli telah naik itu belum ada.

antisipasi, bisa menambahkan additive oil, agar gesekan pertama mesin masih terlindungi oleh lapisan filem bahan additive tersebut yang telah melapis seluruh permukaan mesin. sebelum oli melumasinya.

mematikan fuel pump atau efi, salah satu teknik ngengkol mesin mobil. padahal ntu termasuk salah satu teknik kunci rahasia Winking


Betol banget om tinggal diumpetin aja switch-nya jadi deh pengaman buat engine start sekaligus buat cranking.........Topdeh


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - eyb - 20-09-2012 17:19

jonny vins Menulis:

eyb Menulis:
bener om sas, diengkol dulu baru distart, biar oli naik dulu. indikator yang menunjukkan oli telah naik itu belum ada.

antisipasi, bisa menambahkan additive oil, agar gesekan pertama mesin masih terlindungi oleh lapisan filem bahan additive tersebut yang telah melapis seluruh permukaan mesin. sebelum oli melumasinya.

mematikan fuel pump atau efi, salah satu teknik ngengkol mesin mobil. padahal ntu termasuk salah satu teknik kunci rahasia Winking


Betol banget om tinggal diumpetin aja switch-nya jadi deh pengaman buat engine start sekaligus buat cranking.........Topdeh


tahu gitu kemarin tak bawaain sekalian om, kit buat matiin fuel pump dan efi.,.... gak pake motong kabel.


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - 6vy - 20-09-2012 17:22

eyb Menulis:

jonny vins Menulis:

eyb Menulis:
bener om sas, diengkol dulu baru distart, biar oli naik dulu. indikator yang menunjukkan oli telah naik itu belum ada.

antisipasi, bisa menambahkan additive oil, agar gesekan pertama mesin masih terlindungi oleh lapisan filem bahan additive tersebut yang telah melapis seluruh permukaan mesin. sebelum oli melumasinya.

mematikan fuel pump atau efi, salah satu teknik ngengkol mesin mobil. padahal ntu termasuk salah satu teknik kunci rahasia Winking


Betol banget om tinggal diumpetin aja switch-nya jadi deh pengaman buat engine start sekaligus buat cranking.........Topdeh


tahu gitu kemarin tak bawaain sekalian om, kit buat matiin fuel pump dan efi.,.... gak pake motong kabel.


How?? fotoin doong!!


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - eyb - 20-09-2012 17:28

6vy Menulis:

eyb Menulis:

jonny vins Menulis:

eyb Menulis:
bener om sas, diengkol dulu baru distart, biar oli naik dulu. indikator yang menunjukkan oli telah naik itu belum ada.

antisipasi, bisa menambahkan additive oil, agar gesekan pertama mesin masih terlindungi oleh lapisan filem bahan additive tersebut yang telah melapis seluruh permukaan mesin. sebelum oli melumasinya.

mematikan fuel pump atau efi, salah satu teknik ngengkol mesin mobil. padahal ntu termasuk salah satu teknik kunci rahasia Winking


Betol banget om tinggal diumpetin aja switch-nya jadi deh pengaman buat engine start sekaligus buat cranking.........Topdeh


tahu gitu kemarin tak bawaain sekalian om, kit buat matiin fuel pump dan efi.,.... gak pake motong kabel.


How?? fotoin doong!!


berbahaya sob........ ntu vital soale.Winking


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - jonny vins - 20-09-2012 18:25

eyb Menulis:
tahu gitu kemarin tak bawaain sekalian om, kit buat matiin fuel pump dan efi.,.... gak pake motong kabel.


Iya yah dak terpikir om yowes tho buat next order wae.....Yagak

6vy Menulis:
How?? fotoin doong!!


Namanya aja secret engine switch om klo dipost dimari ntar ga secret lg duonkkk...Haha


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - SAS34 - 20-09-2012 19:23

pake additive oli ? hihihi.. ga ah, justru viscositasnya jd naik, mending skln pk oli sae tinggi. tapi tetep aja bagaimanapun enakan sae rendah koq.
btw kl ud pk cara engkol dl hati2 dengan kondisi accu yah, perlu pengawasan extra. hehe.. koq jd ribet yah ? apa perlu dimodif juga enginenya pk engkol manual ? haha..


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - jonny vins - 20-09-2012 20:48

SAS34 Menulis:
pake additive oli ? hihihi.. ga ah, justru viscositasnya jd naik, mending skln pk oli sae tinggi. tapi tetep aja bagaimanapun enakan sae rendah koq.
btw kl ud pk cara engkol dl hati2 dengan kondisi accu yah, perlu pengawasan extra. hehe.. koq jd ribet yah ? apa perlu dimodif juga enginenya pk engkol manual ? haha..


Hahahaha jd kayak mobil era perang dulu tho om......ada tuas n hole buat ngengkol.....Yagak
Ato ga didorong dulu om sampe 3x sama aja tho dgn cranking.....baru deh start your engine....


Haaaalaaaaah kok jd ribet banget.......Wallbash


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - 6vy - 20-09-2012 21:42

KAGA PERCAYAA NEWBIEEE...!! whahhaaa Smile)


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - jonny vins - 20-09-2012 22:14

6vy Menulis:
KAGA PERCAYAA NEWBIEEE...!! whahhaaa Smile)


ampunnnnnn shifu guy.........SuperSuper


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - 6vy - 20-09-2012 23:29

yg shifu itu oum Jonny lah ;p


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - nathaniel risanto - 21-09-2012 07:13

ANDRE@s Menulis:
dulu pernah dibahas juga di milisnya AXIC, dan kesimpulannya nggak perlu lama2 untuk manasin mesin utk yg non VVTI ataupun VVTI, karena dalam 1-2 menit saja oli sudah naik koq, tapi setelah itu jangan langsung dibejek, dibawa santai dulu aja sampe temperatur normalnya baru digas agak dalem.


masalahnya di allnew xenia tidak ada petunjuk jarum temperature? gimana coba?


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Indra_k - 21-09-2012 08:18

nathaniel risanto Menulis:

ANDRE@s Menulis:
dulu pernah dibahas juga di milisnya AXIC, dan kesimpulannya nggak perlu lama2 untuk manasin mesin utk yg non VVTI ataupun VVTI, karena dalam 1-2 menit saja oli sudah naik koq, tapi setelah itu jangan langsung dibejek, dibawa santai dulu aja sampe temperatur normalnya baru digas agak dalem.


masalahnya di allnew xenia tidak ada petunjuk jarum temperature? gimana coba?


gampang, kan pas pertama start awal2 Rpm nya msh tinggi... tgal tggu aja sampe agak stabil ato agak rendah. biasa 1-2 menit


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - nathaniel risanto - 21-09-2012 09:08

Indra_k Menulis:

nathaniel risanto Menulis:

ANDRE@s Menulis:
dulu pernah dibahas juga di milisnya AXIC, dan kesimpulannya nggak perlu lama2 untuk manasin mesin utk yg non VVTI ataupun VVTI, karena dalam 1-2 menit saja oli sudah naik koq, tapi setelah itu jangan langsung dibejek, dibawa santai dulu aja sampe temperatur normalnya baru digas agak dalem.


masalahnya di allnew xenia tidak ada petunjuk jarum temperature? gimana coba?


gampang, kan pas pertama start awal2 Rpm nya msh tinggi... tgal tggu aja sampe agak stabil ato agak rendah. biasa 1-2 menit


Iya bro... itu juga yang selama ini saya jalani,, pengalaman dengan mobil tua, kalo temperature naik, biasanya karena macet lama! solusinya adalah mematikan ac dulu...biasanya temperature kembali normal, meskipun badan jadi gerah dan lepek.. kalo masih naik juga berarti ada yang bocor.. kalo sudah 3/4 mendekati H biasanya terus berhenti...
nah all new xenia, kebetulan mobil baru,,, kalo apesnya kita ternyata radiator bocor,,, bgmn? kalo di buku maual sih,, dibilang kalo lampu indikator temperatur menyala berarti ada masalah dg pendinginan,, sebaiknya berhenti dan di cek, ribet deh perasaan,,,kalo di paksa jalan bisa gak? pengalaman naik hyunday accent,, kalo mesin tidak mau distart berarti ada sesuatu dg mesin,, pas di dorong nyala,, bisa jalan kemudian mati lagi,,, di dorong lagi nyala lagi.. pas jalan lagi tahu-tahu radiator ngebul,, rupanya dia tidak mau nyala karena air radiator kosong ! takut kejadian berulang sama all new nih?


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Indra_k - 21-09-2012 09:28

nathaniel risanto Menulis:

Indra_k Menulis:
[quote=nathaniel risanto]



nah all new xenia, kebetulan mobil baru,,, kalo apesnya kita ternyata radiator bocor,,, bgmn? kalo di buku maual sih,, dibilang kalo lampu indikator temperatur menyala berarti ada masalah dg pendinginan,, sebaiknya berhenti dan di cek, ribet deh perasaan,,,kalo di paksa jalan bisa gak?


sebaik nya jgn dipasksa jln om, bahaya... pada saat radatir bocor mbl msh di paksa jalan, nti ujung2 nya bakal menimbulkan kerusakan parah dimesin.

walau sebenernya di paksa jalan sih bisa2 aja, tp engak bakal bisa jalan jauh (percaya deh)Winking

*sekalaian share pengalaman tmn bokap ane, Dlu katanya pas lagi asik pergi jalan2, n saking asik nya dia gak perhatin tuh indikator air radiator. tau2 mobil nya meledak gitu, gak parah sih meledak nya, pas buka kap, bagian head mesin udah pecahTuh itu lah akibatnya kalo engak mantau kondisi radiator atau memaksa jalan pd saat overheadSuper

ujung2 nya di bawa ke bengkel, banyak banget part mesin yg harus di ganti baruHaha

*sebelum nya maap OOT

ok balik lg ke topik manasin mesinTopdeh


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Indra_k - 21-09-2012 09:41

Share, kalo ane manasin mesin bukan hanya sekedar kebiasaan, tp kebutuhan jugaLuvorlust

soal nya, tiap mesin itu kan punya suhu kerja optimal masing2, yg akan efisien jika sudah mencapai suhu kerjanya, dan tdk hanya itu pastinya juga memberi kesempatan untuk memberikan pelumasan sempurna dahulu (bukan berarti pada saat mesin mati tdk ada oli yg menempel di seluruh part yah, hanya memberikan kesempatan saja untuk lebih sempurna pelumasannya. ya udah pada tau lak yah...xixixixi)Toungue

nah, sambil manasin 1-2 menit sekalian bisa cek2 atur2 interior dlu, sepoin dalam jok dll... msh ad waktu juga untuk liat kondisi fisik secara visual ban, seluruh bodi kendaraan, apakah sudah aman untk di jalankanWink_kiss

nha, setelah itu baru deh... berangkattYes

*tapi kadang klo ane lagi buru2 banget, ya sekali start, langsung jalanHaha
tp ttp di usahain gak berakselerasi lebay aja pd menit2 pertamaTongue_out

sekian dan trimakasih...


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Markus Yuwono Herbayu - 21-09-2012 10:00

Indra_k Menulis:
Share, kalo ane manasin mesin bukan hanya sekedar kebiasaan, tp kebutuhan jugaLuvorlust

soal nya, tiap mesin itu kan punya suhu kerja optimal masing2, yg akan efisien jika sudah mencapai suhu kerjanya, dan tdk hanya itu pastinya juga memberi kesempatan untuk memberikan pelumasan sempurna dahulu (bukan berarti pada saat mesin mati tdk ada oli yg menempel di seluruh part yah, hanya memberikan kesempatan saja untuk lebih sempurna pelumasannya. ya udah pada tau lak yah...xixixixi)Toungue

nah, sambil manasin 1-2 menit sekalian bisa cek2 atur2 interior dlu, sepoin dalam jok dll... msh ad waktu juga untuk liat kondisi fisik secara visual ban, seluruh bodi kendaraan, apakah sudah aman untk di jalankanWink_kiss

nha, setelah itu baru deh... berangkattYes

*tapi kadang klo ane lagi buru2 banget, ya sekali start, langsung jalanHaha
tp ttp di usahain gak berakselerasi lebay aja pd menit2 pertamaTongue_out

sekian dan trimakasih...


Sip Mas Ind ... waaah semakin dilengkapi ...


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - jonny vins - 21-09-2012 13:42

6vy Menulis:
yg shifu itu oum Jonny lah ;p


Waaaduuuh ga kuat dipanggil shifu om coz elmunya msh jauh dibanding shifu guy.......Bravo



Hormat dari nuubiee shifu.........Cintrong


RE: Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan (tips) - Ade Surya - 29-10-2012 17:30

Salam sejahtera buat para senior perkenalkan saya newbie disini,kebetulan saya pakai avanza S 1500 VVTI dan ternyata mekanik dari bengkel menyatakan pemanasan minimal 15 menit baik itu VVTI maupun VVTI,nah pertanyaan saya kenapa saat dipanaskan selama periode tersebut mesin mengeluarkan bunyi krittt...krittt dan semakin lama semakin kencang, setelah 15 menit saya pake jalan ada suara seperti thussssss (seperti angin yang menekan) dan suara mendecit ,krittt krritt hilang sama sekali.Note kejadian ini hanya terjadi saat pagi hari,apabila saya hidupkan mobil siang2 tdk pernah ada suara kriittt kriittt (seperti besi beradu), normal kembali.Mohon penjelasan para senior sekalian,terimakasih sebelumnya