Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Perawatan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=17)
+--- Topik: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) (/showthread.php?tid=9341)


DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 13-07-2008 17:48

Caranya gimana yah?
yang bagus merk apa?


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - arif_tyo - 13-07-2008 18:17

Up..up.. silahkan para suhu..
ane juga udah 73rb km blm ganti air radiator, pengen flush DIY...


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 13-07-2008 20:13

up......
hayo pd kmn??


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - dani3 - 13-07-2008 22:35

yudha rahmana Menulis:
Caranya gimana yah?
yang bagus merk apa?


emang air radiatornya udh keruh/ karat bro?


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - dani3 - 13-07-2008 22:37

arif_tyo Menulis:
Up..up.. silahkan para suhu..
ane juga udah 73rb km blm ganti air radiator, pengen flush DIY...


air radiatornya sering berkurang kaga?
trus temperatur sering melebihi batas normal kaga?

klo semuanya kaga, ya kaga usah bro.

maap ini opini gw loh!


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - tungeng - 13-07-2008 22:50

arif_tyo Menulis:
Up..up.. silahkan para suhu..
ane juga udah 73rb km blm ganti air radiator, pengen flush DIY...


mending lo ganti bro,pas lg gw service 60000,mg kmrn.
gw ada tanya ruddy/lestari, kalo ga salah die bilang per 30000 de.kalo ga salah lo ya.
jd langsung aja gw kuras and ganti disono.
(diy apa sich)Haha


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 14-07-2008 08:14

dani3 Menulis:

yudha rahmana Menulis:
Caranya gimana yah?
yang bagus merk apa?


emang air radiatornya udh keruh/ karat bro?


gak karat sih...
tapi tadinya merah banget (toyota super long life coolant)..
tapi sekarang udah agak pink gitu...

dani3 Menulis:

arif_tyo Menulis:
Up..up.. silahkan para suhu..
ane juga udah 73rb km blm ganti air radiator, pengen flush DIY...


air radiatornya sering berkurang kaga?
trus temperatur sering melebihi batas normal kaga?

klo semuanya kaga, ya kaga usah bro.

maap ini opini gw loh!


udah mendekati low bro...



mohon bantuan nya...


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - becks_man - 14-07-2008 08:19

mobil gw dah 78rbkm, juga ga pernah ada masalah, soalnya pas servis 20rb, 40rb selalu diganti aernya, (itu gw liat dari bon) temperatur jg ga ada masalah stabil......
bener juga kata dani kalo ga ada masalah ya ga usah diapa apain,
tapi kalo dulu sebelum pake xenia, gw kuras sendiri pake rinso..... ini kata orang bengkel, soalnya rinso itu detergen paling keras.....kotoran kemungkinan keangkat semua...


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - Pras - 14-07-2008 08:22

Iya ke bengkel aja beli Radiator Coolant dan minta sekalian ganti air radiator, bisa dibilang jasanya digratisin kalo beli segalon...


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 14-07-2008 08:29

Pras Menulis:
Iya ke bengkel aja beli Radiator Coolant dan minta sekalian ganti air radiator, bisa dibilang jasanya digratisin kalo beli segalon...


barangnya dah ada drmh om..
satu galon...
lumayan gede lah...
kl mau ganti sendiri, caranya gmn om Pras?
sesuai judul topik...
Do It Yourself...Yagak
mohon bantuannya RR AvanzaXenia.net...


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - arif_tyo - 14-07-2008 12:52

yudha rahmana Menulis:
gak karat sih...
tapi tadinya merah banget (toyota super long life coolant)..
tapi sekarang udah agak pink gitu...


sama banget... rada keruh juga, dulunya bening perasaan.. Rolleyes


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - Danny Massie - 14-07-2008 13:06

hati2 kalo DIY ganti air radiator sendiri, lupa baca Otomotif yang mana cuma harus ada selang udara yang dilepas, karena selang ini lebih tinggi(ato lebih pendek yach?) dari radiator jadi kalo gak dibuka nanti ada udara yang "terjebak", lah udara terjebak inilah yang bikin sirkulasi air gak maksimal hingga mesin rentan overheat. sorry bro bukan nakut nakutin tapi sekedar mengingatkan.
Ada RR yang bisa menambahkan ??


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - arif_tyo - 14-07-2008 13:26

Danny Massie Menulis:
hati2 kalo DIY ganti air radiator sendiri, lupa baca Otomotif yang mana cuma harus ada selang udara yang dilepas, karena selang ini lebih tinggi(ato lebih pendek yach?) dari radiator jadi kalo gak dibuka nanti ada udara yang "terjebak", lah udara terjebak inilah yang bikin sirkulasi air gak maksimal hingga mesin rentan overheat. sorry bro bukan nakut nakutin tapi sekedar mengingatkan.
Ada RR yang bisa menambahkan ??


Betul bro.. sy jg pernah denger tentang bahaya "angin palsu" kalo kuras radiator avanza.. tapi ga tau selangnya udaranya dimana dan teknis yg benernya gmn..

menunggu penjelasan dari para suhu... Yes


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - Racing - 14-07-2008 13:32

arif_tyo Menulis:

Danny Massie Menulis:
hati2 kalo DIY ganti air radiator sendiri, lupa baca Otomotif yang mana cuma harus ada selang udara yang dilepas, karena selang ini lebih tinggi(ato lebih pendek yach?) dari radiator jadi kalo gak dibuka nanti ada udara yang "terjebak", lah udara terjebak inilah yang bikin sirkulasi air gak maksimal hingga mesin rentan overheat. sorry bro bukan nakut nakutin tapi sekedar mengingatkan.
Ada RR yang bisa menambahkan ??


Betul bro.. sy jg pernah denger tentang bahaya "angin palsu" kalo kuras radiator avanza.. tapi ga tau selangnya udaranya dimana dan teknis yg benernya gmn..

menunggu penjelasan dari para suhu... Yes


sudah pernah di bahas bro.
Cek disini ya : http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=5014&pid=158016#pid158016


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - arif_tyo - 14-07-2008 13:54

Wah.. makasih byk om racing... Topdeh

dalam 10 menit langsung terjawab cara DIY nya.. Yagak


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - Danny Massie - 14-07-2008 14:43

Wah. kalo suhu turun gunung, semua masalah pasti beres.


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - Hary Bandono - 14-07-2008 15:36

iya tuh, kalo ngga ada masalah sama suhu lebih baik jangan di kuras,kalo di kuras biasanya malah trouble, karena sedikit ada air sumur yang ikutan masuk bisa bikin karatan dan bikin bocor, malah berabe.

tapi kalo kurasnya pake air radiator coolant juga sih ngga apa2, karena waktu itu lihat di bengkel kok pake air sumur tapi terakhirnya baru di bilas pake coolant, parno juga karena mobil adek ipar jadi keluar asep gara2 gituan...


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 14-07-2008 20:26

nah....
trus kl mau ngosongin radiator, gmn caranya?
kan ad kran yang harus dibuka tuh...CMIIW
dimana kerannya?


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 15-07-2008 23:07

gak ada yang mau bantuin yahh????Hikhik


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - arif_tyo - 15-07-2008 23:53

yudha rahmana Menulis:
gak ada yang mau bantuin yahh????Hikhik


tenang2.. Big Grin

keran pembuangan air radiator biasanya di bagian bawah radiator,...

kalau di avanza, kalau kita menghadap ke mesin, kerannya ada di bawah fan sebelah kiri (deket selang radiator yg di bawah)...

diraba2 aja bro... ato kalau mau nyoba ngolong pasti keliatan kerannya.. Gozkirpma


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - Racing - 16-07-2008 00:09

arif_tyo Menulis:

yudha rahmana Menulis:
gak ada yang mau bantuin yahh????Hikhik


tenang2.. Big Grin

keran pembuangan air radiator biasanya di bagian bawah radiator,...

kalau di avanza, kalau kita menghadap ke mesin, kerannya ada di bawah fan sebelah kiri (deket selang radiator yg di bawah)...

diraba2 aja bro... ato kalau mau nyoba ngolong pasti keliatan kerannya.. Gozkirpma


bener tuh Topdeh jangan lupa di tutup lagi..Luvorlust


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 16-07-2008 08:56

Racing Menulis:

arif_tyo Menulis:

yudha rahmana Menulis:
gak ada yang mau bantuin yahh????Hikhik


tenang2.. Big Grin

keran pembuangan air radiator biasanya di bagian bawah radiator,...

kalau di avanza, kalau kita menghadap ke mesin, kerannya ada di bawah fan sebelah kiri (deket selang radiator yg di bawah)...

diraba2 aja bro... ato kalau mau nyoba ngolong pasti keliatan kerannya.. Gozkirpma


bener tuh Topdeh jangan lupa di tutup lagi..Luvorlust


mantap...TopdehBravo
nah....sattu lagi...
kemaren2 kan beli radiator coolant Prestone yang warnanya ijo...
bc2 petunjuknya, harus dicampur air...
stlh bc2, radiator gk blh pake air sumur, air biasa, aplg air mineral...
jd nyampurnya hrs pk air murni (ex : air aki)???


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - Danny Massie - 16-07-2008 09:00

yudha rahmana Menulis:
kemaren2 kan beli radiator coolant Prestone yang warnanya ijo...
bc2 petunjuknya, harus dicampur air...
stlh bc2, radiator gk blh pake air sumur, air biasa, aplg air mineral...
jd nyampurnya hrs pk air murni (ex : air aki)???


iya yang tutup biru ( yang buat nambahin aki kalo airnya berkurang)
INGAT : JANGAN AKI ZUUR.


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 16-07-2008 09:03

Danny Massie Menulis:

yudha rahmana Menulis:
kemaren2 kan beli radiator coolant Prestone yang warnanya ijo...
bc2 petunjuknya, harus dicampur air...
stlh bc2, radiator gk blh pake air sumur, air biasa, aplg air mineral...
jd nyampurnya hrs pk air murni (ex : air aki)???


iya yang tutup biru ( yang buat nambahin aki kalo airnya berkurang)
INGAT : JANGAN AKI ZUUR.


aki zuur apa yah095Wallbash


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - Danny Massie - 16-07-2008 09:07

yudha rahmana Menulis:
aki zuur apa yah095Wallbash


kalo kita beli aki type basah, nah pertama kali pasti diisinya pake aki zuur ini. biasanya ada tulisan kok "Aki zuur", pas mau beli kalo gak yakin nanya aja ama yang jual " Pak aku mau beli air aki yang buat NAMBAHIN" pasti gak salah. elo gak yakin juga tanya lagi " ini bukan aki zuur khan?". Udah pasti gak salah dech. Gozkirpma


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 16-07-2008 09:13

Danny Massie Menulis:

yudha rahmana Menulis:
aki zuur apa yah095Wallbash


kalo kita beli aki type basah, nah pertama kali pasti diisinya pake aki zuur ini. biasanya ada tulisan kok "Aki zuur", pas mau beli kalo gak yakin nanya aja ama yang jual " Pak aku mau beli air aki yang buat NAMBAHIN" pasti gak salah. elo gak yakin juga tanya lagi " ini bukan aki zuur khan?". Udah pasti gak salah dech. Gozkirpma


tengkyuBravo

kl zuur tuh cairan kimia getho kan?
kl air aki biasa ntu kan air destilasi=tidak ada/sedikit zat terlarut di dalamnya..
dipake buat radiator supaya tidak menimbulkan karat..
dipake buat aki supaya sel aki gak teroksidasi (karat)..CMIIW


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - Danny Massie - 16-07-2008 09:29

yudha rahmana Menulis:
tengkyuBravo

kl zuur tuh cairan kimia getho kan?
kl air aki biasa ntu kan air destilasi=tidak ada/sedikit zat terlarut di dalamnya..
dipake buat radiator supaya tidak menimbulkan karat..
dipake buat aki supaya sel aki gak teroksidasi (karat)..CMIIW


Seratus buat Yudha.


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 16-07-2008 09:49

Danny Massie Menulis:

yudha rahmana Menulis:
tengkyuBravo

kl zuur tuh cairan kimia getho kan?
kl air aki biasa ntu kan air destilasi=tidak ada/sedikit zat terlarut di dalamnya..
dipake buat radiator supaya tidak menimbulkan karat..
dipake buat aki supaya sel aki gak teroksidasi (karat)..CMIIW


Seratus buat Yudha.


dapet ilmunya dari guru2 di sekolah...
tapi dimatengin do AvanzaXenia.netBravoTopdeh


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - ANDRE@s - 16-07-2008 22:46

@yudha, cara bedainnya air aki zuur ama air aki biasa, tetesin aja ke kain, kalo bolong berarti aki zuur. biasanya botolnya atau tutupnya warna merah.

Cara bersihin air radiator di av rada susah dibanding mobil2 jaman dulu.
Pertama, buka dulu valvenya di bawah radiator (ngolong aja, ntar juga liat warna putih). Inget, jangan pas mesin panas yah...
Kedua, buka buka tutup radiator yg di atas, biarin keluar semuanya ampe abis, buka reservoirnya kuras sampe bersih.
Ketiga, buka di bagian bawah mesin (ini katanya suhu ncek sableng), trus semprot pake air kran sambil dinyalain mesinnya.
jangan lama2 nyalain mesinnya, 5 menit jg cukup.
Keempat, tutup valve yg di bawah radiator, kembalikan reservoir ke semula, tutup yg di bagian bawah mesin, isi radiator pake coolant campur air aki (aquadest) sambil nyalain mesin. buka valve yg di bagian depan mesin warna putih.
Ketika radiator mulai full, perhatikan valve yg di bagian depan mesin, kalo belum luber airnya jangan tutup dulu, nanti "masuk angin". Setelah luber segera tutup.
Kelima, tutup radiatornya juga, perhatikan reservoir apakah sudah di ambang max or belum.
Keenam, nyalain terus mesin sekitar 15-20 menit sambil pantau temperatur, kalo normal ya berarti berhasil.
Kalo temperaturnya di atas setengah, ulangi langkah pertama.
Kalo ragu, ke bengkel terpercaya aja...
Suhu2, kalo ada yg salah tolong koreksi yah....maklum masih newbie...


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - Tenzo - 17-07-2008 07:29

ANDRE@s Menulis:
@yudha, cara bedainnya air aki zuur ama air aki biasa, tetesin aja ke kain, kalo bolong berarti aki zuur. biasanya botolnya atau tutupnya warna merah.

Cara bersihin air radiator di av rada susah dibanding mobil2 jaman dulu.
Pertama, buka dulu valvenya di bawah radiator (ngolong aja, ntar juga liat warna putih). Inget, jangan pas mesin panas yah...
Kedua, buka buka tutup radiator yg di atas, biarin keluar semuanya ampe abis, buka reservoirnya kuras sampe bersih.
Ketiga, buka di bagian bawah mesin (ini katanya suhu ncek sableng), trus semprot pake air kran sambil dinyalain mesinnya.
jangan lama2 nyalain mesinnya, 5 menit jg cukup.
Keempat, tutup valve yg di bawah radiator, kembalikan reservoir ke semula, tutup yg di bagian bawah mesin, isi radiator pake coolant campur air aki (aquadest) sambil nyalain mesin. buka valve yg di bagian depan mesin warna putih.
Ketika radiator mulai full, perhatikan valve yg di bagian depan mesin, kalo belum luber airnya jangan tutup dulu, nanti "masuk angin". Setelah luber segera tutup.
Kelima, tutup radiatornya juga, perhatikan reservoir apakah sudah di ambang max or belum.
Keenam, nyalain terus mesin sekitar 15-20 menit sambil pantau temperatur, kalo normal ya berarti berhasil.
Kalo temperaturnya di atas setengah, ulangi langkah pertama.
Kalo ragu, ke bengkel terpercaya aja...
Suhu2, kalo ada yg salah tolong koreksi yah....maklum masih newbie...


udah topmarkotop masih bilang newbie, bener2 Teman yg Rendah Hati.....


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - iNdr4 - 17-07-2008 08:22

ANDRE@s Menulis:
@yudha, cara bedainnya air aki zuur ama air aki biasa, tetesin aja ke kain, kalo bolong berarti aki zuur. biasanya botolnya atau tutupnya warna merah.

Cara bersihin air radiator di av rada susah dibanding mobil2 jaman dulu.
Pertama, buka dulu valvenya di bawah radiator (ngolong aja, ntar juga liat warna putih). Inget, jangan pas mesin panas yah...
Kedua, buka buka tutup radiator yg di atas, biarin keluar semuanya ampe abis, buka reservoirnya kuras sampe bersih.
Ketiga, buka di bagian bawah mesin (ini katanya suhu ncek sableng), trus semprot pake air kran sambil dinyalain mesinnya.
jangan lama2 nyalain mesinnya, 5 menit jg cukup.
Keempat, tutup valve yg di bawah radiator, kembalikan reservoir ke semula, tutup yg di bagian bawah mesin, isi radiator pake coolant campur air aki (aquadest) sambil nyalain mesin. buka valve yg di bagian depan mesin warna putih.
Ketika radiator mulai full, perhatikan valve yg di bagian depan mesin, kalo belum luber airnya jangan tutup dulu, nanti "masuk angin". Setelah luber segera tutup.
Kelima, tutup radiatornya juga, perhatikan reservoir apakah sudah di ambang max or belum.
Keenam, nyalain terus mesin sekitar 15-20 menit sambil pantau temperatur, kalo normal ya berarti berhasil.
Kalo temperaturnya di atas setengah, ulangi langkah pertama.
Kalo ragu, ke bengkel terpercaya aja...
Suhu2, kalo ada yg salah tolong koreksi yah....maklum masih newbie...


ada yg kurang, waktu ngeluarin air radiator yg lama, buka juga pembuangan air radiator yg ada di blok mesin, letaknya dibawah header ada baut ukuran 17 .. akan lebih bersih sebelum ganti air radiator yg baru ..


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 17-07-2008 08:46

iNdr4 Menulis:

ANDRE@s Menulis:
@yudha, cara bedainnya air aki zuur ama air aki biasa, tetesin aja ke kain, kalo bolong berarti aki zuur. biasanya botolnya atau tutupnya warna merah.

Cara bersihin air radiator di av rada susah dibanding mobil2 jaman dulu.
Pertama, buka dulu valvenya di bawah radiator (ngolong aja, ntar juga liat warna putih). Inget, jangan pas mesin panas yah...
Kedua, buka buka tutup radiator yg di atas, biarin keluar semuanya ampe abis, buka reservoirnya kuras sampe bersih.
Ketiga, buka di bagian bawah mesin (ini katanya suhu ncek sableng), trus semprot pake air kran sambil dinyalain mesinnya.
jangan lama2 nyalain mesinnya, 5 menit jg cukup.
Keempat, tutup valve yg di bawah radiator, kembalikan reservoir ke semula, tutup yg di bagian bawah mesin, isi radiator pake coolant campur air aki (aquadest) sambil nyalain mesin. buka valve yg di bagian depan mesin warna putih.
Ketika radiator mulai full, perhatikan valve yg di bagian depan mesin, kalo belum luber airnya jangan tutup dulu, nanti "masuk angin". Setelah luber segera tutup.
Kelima, tutup radiatornya juga, perhatikan reservoir apakah sudah di ambang max or belum.
Keenam, nyalain terus mesin sekitar 15-20 menit sambil pantau temperatur, kalo normal ya berarti berhasil.
Kalo temperaturnya di atas setengah, ulangi langkah pertama.
Kalo ragu, ke bengkel terpercaya aja...
Suhu2, kalo ada yg salah tolong koreksi yah....maklum masih newbie...


ada yg kurang, waktu ngeluarin air radiator yg lama, buka juga pembuangan air radiator yg ada di blok mesin, letaknya dibawah header ada baut ukuran 17 .. akan lebih bersih sebelum ganti air radiator yg baru ..


yang kurang diselipin di antara nomor berapa?

trus di quote teksnya udh saya kasih warna hijau muda...
ntu posisinya saya belum ketemu...
mohon bantuannya...


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - iNdr4 - 17-07-2008 09:12

bro, cek pas dibawah header arah ke belakang mesin (firewall) ada deh baut yg ada cendil nya ... cek dulu ....


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 17-07-2008 09:53

iNdr4 Menulis:
bro, cek pas dibawah header arah ke belakang mesin (firewall) ada deh baut yg ada cendil nya ... cek dulu ....


header ntu yang mana y095
maklum masih awamWallbash


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - iNdr4 - 17-07-2008 10:01

eh busyetttt Smile

header bahasa simplenya : pipa knalpot yg dimesin ...


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 19-07-2008 17:27

trims ya...
buat avanza sdh berhasil dan hasilnya...
temperatur gk melebihi normal...Topdeh
pakai PRESTONE yg warna ijo


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudha rahmana - 26-07-2008 08:38

dani3 Menulis:
waktu mengisi air radiator supaya mengurangi udara yang terperangkap
bisa coba dilakukan dgn waktu mesin masih dingin tutup radiator dibuka,
isi hingga penuh lalu nyalakan mesin tanpa radiator ditutup,
tunggu hingga air mengalir berputar,
biasanya air akan berkurang disaat air didalam radiator mulai mengalir
lalu isi kembali air kedalam radiator hingga penuh
lalu baru tutup deh!
CMIIW


sepertinya gk semua mobil punya katup putih kayak di AvanzaXenia...
contoh di mobil Hyundai Accent Verna 2001.
atau saya aj yg gk ngliat..Tongue_out
artinya agar tidak terdapat udara yang terjebak saat pengisian radiator dapat dilakukan dengan cara di atas ya095


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - arif_tyo - 26-07-2008 10:27

yudha rahmana Menulis:
sepertinya gk semua mobil punya katup putih kayak di AvanzaXenia...
contoh di mobil Hyundai Accent Verna 2001.
atau saya aj yg gk ngliat..Tongue_out
artinya agar tidak terdapat udara yang terjebak saat pengisian radiator dapat dilakukan dengan cara di atas ya095


yup betul.. sy juga baru liat katup putih di avanza doang .. Tongue_out


RE: DIY : Radiator Flush (Kuras dan Ganti Air Radiator) - yudisulistiyo - 07-03-2013 10:05

dani3 Menulis:

arif_tyo Menulis:
Up..up.. silahkan para suhu..
ane juga udah 73rb km blm ganti air radiator, pengen flush DIY...


air radiatornya sering berkurang kaga?
trus temperatur sering melebihi batas normal kaga?

klo semuanya kaga, ya kaga usah bro.

maap ini opini gw loh!


wah liat tentang radiator jadi pengen nanya nih ma RR semua ma om dani juga, kalo dari komen om dani sepertinya radiator boil ane kaga pernah ada masalah sama yang disebutin om dani.. tapi ini ane ada gambarnya om waktu coba cek air radiator ane warnanya seprti ini om

apakah harus diganti? ko gak merah ya yang di dalem radiator kaya di reservoir tank? itu reservoir tank buat apaan sih om? buat cadangan kah? apakah kalo air radiator berkurang itu otomatis terisi dari reservoir atau gimana nih om maaf ya om ane gak tau tentang radiator jadi pengen tau? makasih ya RR semua