Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Perawatan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=17)
+---- Forum: AC (/forumdisplay.php?fid=174)
+---- Topik: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) (/showthread.php?tid=933)


Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Den Bagus - 01-11-2006 14:46

Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah
Ya. Bila kita ingin menghidupkan AC mobil, lakukanlah pada saat RPM rendah. Posisi RPM (atau rotation per minute) rendah ada pada saat mesin idle, ketika pedal gas tidak kita injak.

Langkah seperti ini perlu kita lakukan bila kita ingin merawat AC. Alasan teknis langkah ini sebenarnya sangat sederhana. Yaitu, untuk menghindari gesekan yang terlalu keras antara pulley dan pressure plate (plat penekan) pada kompresor AC.

Pulley dan pressure plate memang menjadi komponen yang sangat penting dalam sistem kerja AC. Pressure plate adalah komponen yang bertugas sebagai penghubung sehingga poros kompresor AC dapat berputar. Tugas sebagai penghubung itu baru bisa dijalankan setelah pressure plate menempel ke pulley. Pressure plate ini akan mendekati (sampai melekat) ke pulley ketika kita menghidupkan AC.

Masalahnya, pulley adalah komponen yang selalu berputar selama mesin hidup. Dan, putaran pulley itu berubah-ubah. Kadang cepat, kadang lambat. Tinggi rendahnya putaran pulley tergantung kerja mesin. Pulley akan berputar cepat ketika putaran mesin per menit (RPM) tinggi. Sebaliknya, lambat saat putaran mesin per menit rendah.

Dari cara kerja itu kita bisa memperkirakan, kapan waktu yang tepat untuk menempelkan pressure plate ke pulley. Dan kita pun bisa membayangkan apa yang terjadi bila kita menempelkan pressure plate pada saat putarannya sangat kencang. Pada putaran kencang, gesekan antara permukaan pressure plate dan pulley akan sangat keras. Bila kebiasaan ini terus terulang, permukaan gesek dua komponen ini akan cepat aus.

Bila sudah terlanjur aus, efek berikutnya cukup merepotkan: tenaga putar mesin tidak dapat diteruskan secara maksimal ke kompresor AC. Teknisi menyebut kondisi ini dengan istilah slip. Ada dua dampak lanjutan yang umumnya pengendara rasakan bila terjadi slip. Pertama, AC terasa kurang dingin. Kedua, terdengar suara berisik pada kompresor AC.

Dampak yang membuat kita kurang nyaman, bukan? Karena itu, bila ingin menghidupkan AC, lakukanlah pada saat RPM rendah.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Bobby Sant - 01-11-2006 14:56

Tips yang bagus sekali TopdehTopdeh.

Tambahan sedikit : Kalau mau matiin mesin sebaiknya AC dimatikan dulu lalu tunggu putaran mesin turun di 800 RPM.

AC Avanza Xenia sudah pintar, kalau RPM tinggi (mungkin diatas RPM 4000) maka AC akan off.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Den Bagus - 01-11-2006 15:19

Om Bobby, yang jadi masalah itu A/X kita auto chokenya persis 5 menit utk dapat idle, masa kita disuruh merasakan sauna selama 5 menit .... Smile


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Bobby Sant - 01-11-2006 15:24

Setahu gua, ada pengamannya jadi kalau dinyalain pas auto choke maka kompresor AC gak langsung nyala tapi fannya dulu yg nyala.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - J99 - 01-11-2006 17:01

Nyalain ac hanya pada RPM rendah itu hanya mitos menurut saya, compresor ac mobil memang sudah di desain buat mobil. Di depan compresor ada magnit dan cluth yg udh ada dampernya. bayangkan kalo kita hanya boleh menyalakan ac pd ssaat idle, gimana waktu posisi kita akselerasi yg umumnya ada di rpm 2k-5k yg dengan catatan dac mobil ada yg namanya pengatur suhu ruangan. toh pasti aja pd rpm 2k-5k compresor pasti akan hidup/mati sesuai perintah dr control temperature... Dan yg namanya barang dipake apalagi yg terjadi gesekan pasti ada umur pakenya... CMIIW


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Den Bagus - 01-11-2006 17:08

Kenapa hanya mitos? bukankah di atas sudah dijabarkan prinsip kerjanya ... Smile
Kalo gak ada prinsip kerjanya, orang pasti akan setuju kalo itu hanya mitos ...


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Goshbuster - 01-11-2006 17:15

Mitos itu merck permen yak?Haha


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Den Bagus - 01-11-2006 17:16

Bobby Sant Menulis:
Setahu gua, ada pengamannya jadi kalau dinyalain pas auto choke maka kompresor AC gak langsung nyala tapi fannya dulu yg nyala.


Kalo kompressornya di NOL emang gak nyala, tapi kalo di puter kekanan dikit pasti langsung nyala ...


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Haryo W. Soetikno - 03-11-2006 08:58

Friends

sebenernya bukan soal mitos, tapi ada sisi teknisnya yg make sense.
Memang bener utk switch on AC pertama (pagi2 waktu mesin dingin) sebaiknya waktu rpm rendah, tapi agak kurang setuju dengan pulley & pressure plate yg cepat aus. Sebab pd kenyataannya sistem AC mobil di-design bekerja memang kontinyu on-off berdasarkan perintah thermostat, jadi kalo' thermostat di-set 27 C, maka >= 27 C AC akan on, dibawah 27 off lagi. Dan itu berjalan di RPM berapa-pun (bahkan waktu rpm tinggi di tol).
Lebih tepat disebabkan kebutuhan oli kompressor utk bersirkulasi, sehingga switch on pertama sebaiknya pd rpm rendah, sebab kalo' switch on AC pertama pd rpm 4000-5000, kasian komponen kompressornya, piston-nya cepat aus shg tekanan kompresinya kurang & akhirnya AC-nya cepet ga dingin.

Salam
Haryo


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Buset - 03-11-2006 09:09

Sedikit tambahan:
Untuk yang sudah double blower, sebaiknya AC belakang juga ikut dihidupkan. Ini untuk menjaga agar AC belakang tidak mudah mampet karena ada sirkulasi freon yang masuk (CMIIW).


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - paul.m - 03-11-2006 09:35

Den Bagus Menulis:
[quote=J99]
Nyalain ac hanya pada RPM rendah itu hanya mitos menurut saya, compresor ac mobil memang sudah di desain buat mobil. Di depan compresor ada magnit dan cluth yg udh ada dampernya. bayangkan kalo kita hanya boleh menyalakan ac pd ssaat idle, gimana waktu posisi kita akselerasi yg umumnya ada di rpm 2k-5k yg dengan catatan dac mobil ada yg namanya pengatur suhu ruangan. toh pasti aja pd rpm 2k-5k compresor pasti akan hidup/mati sesuai perintah dr control temperature... Dan yg namanya barang dipake apalagi yg terjadi gesekan pasti ada umur pakenya... CMIIW


Kenapa hanya mitos? bukankah di atas sudah dijabarkan prinsip kerjanya ... Smile


Setuju aja si, masalahnya mungkin memang  mobill AX ini kalau baru di Start, puteran mesinnya lgs tinggi ( +/- 2500 rpm) trus turun pelan pelan sampai ke ideal nya setelah 2-3 menit. lumayan panas, kalo mbl nya parkirnya kejemur. jadi siasatin nya, paling buka kaca semua biar angetnya keluar dulu..

Tapi, kalo kalo di jalan bebas hambatan, kecepatan 120 km/jam (+/- 4000 RPM) , puteran temperatur AC di posisi jam 9 . pasti nya kompresor ac nempel dan lepas ke pulley lumayan sering .
Jadi bisa bikin umurnya kompresor pendek ? ato kita harus kedinginan ?
Kalo jalan nya malem, ujan  dari cawang ampe pasteur lewat cipularang lumayan lama tuh sejam setengah.
ada pencerahan lain ?


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - mardiansyah - 03-11-2006 17:41

kayaknya setuju kl ini mitos....

soalnya ac on/off itu berkaitan dengan kerja si magnetic clutch....
kl ac on, maka clutch engage... kl off maka disengage....

proses ini terus menerus berlangsung dari pertama kita nyalain ac lewat tombol sampe ac kita matiin, baik dengan mematikan mesin ataupun dengan memutar tombolnya...

jd di rpm berapapun pasti terjadi proses engage-disengage pd magnetic clutch si Kompresor AC.... bukan begitu?Whistling


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - RonZ - 15-11-2006 20:40

Betul Om Mardi, tp sebaiknya kalo kita lagi RPM tinggi (misalkan lagi ngebut di jalan tol) jangan suka nyalain AC tiba2 .... sebaiknya nunggu dulu RPM udah rendah baru dinyalain. Ini sih kata tukang AC, mobil lama saya 2 kali jebol kompresor ACnya gara2 keseringan melakukan hal ini ... gak tau apa alasannya tp kata beliau si tukang AC memang begitu.

Auto Choke memang selalu jalan kapanpun dia merasakan kabin udah adem/udah mulai kurang dingin suhu kabin tp auto choke disaat AC on sama pas baru dinyalain terasa bedanya dari suara tendangannya.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Indra Yudi Haryanto - 16-11-2006 10:05

Bobby Sant Menulis:
Tips yang bagus sekali TopdehTopdeh.

Tambahan sedikit : Kalau mau matiin mesin sebaiknya AC dimatikan dulu lalu tunggu putaran mesin turun di 800 RPM.

AC Avanza Xenia sudah pintar, kalau RPM tinggi (mungkin diatas RPM 4000) maka AC akan off.


Om Bob sebenernya bukan pintar om... itu tergantung pressure sensornya di pasang atau tidak... kalo ngak ada yah RPM tinggi tetap aja ngitir Kompresornya...

Ciao...

Indra


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Anton G - 16-11-2006 10:14

paul.m Menulis:
[
Setuju aja si, masalahnya mungkin memang  mobill AX ini kalau baru di Start, puteran mesinnya lgs tinggi ( +/- 2500 rpm) trus turun pelan pelan sampai ke ideal nya setelah 2-3 menit. lumayan panas, kalo mbl nya parkirnya kejemur. jadi siasatin nya, paling buka kaca semua biar angetnya keluar dulu..

Tapi, kalo kalo di jalan bebas hambatan, kecepatan 120 km/jam (+/- 4000 RPM) , puteran temperatur AC di posisi jam 9 . pasti nya kompresor ac nempel dan lepas ke pulley lumayan sering .
Jadi bisa bikin umurnya kompresor pendek ? ato kita harus kedinginan ?
Kalo jalan nya malem, ujan  dari cawang ampe pasteur lewat cipularang lumayan lama tuh sejam setengah.
ada pencerahan lain ?



Posisi AC jam 9, kok kedinginan sih, jam 3 kali yah ?


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - RonZ - 16-11-2006 10:18

Indra Yudi Haryanto Menulis:

Bobby Sant Menulis:
Tips yang bagus sekali TopdehTopdeh.

Tambahan sedikit : Kalau mau matiin mesin sebaiknya AC dimatikan dulu lalu tunggu putaran mesin turun di 800 RPM.

AC Avanza Xenia sudah pintar, kalau RPM tinggi (mungkin diatas RPM 4000) maka AC akan off.


Om Bob sebenernya bukan pintar om... itu tergantung pressure sensornya di pasang atau tidak... kalo ngak ada yah RPM tinggi tetap aja ngitir Kompresornya...

Ciao...

Indra


Itu namanya thermostat, Om ...... yang empunya sensor suhu dikabin.
Begitu suhu yang dirasakan sensor thermostat sudah terasa cukup dingin maka auto choke kompresor AC akan otomatis berhenti & apabila sensor merasakan kabin sudah berubah lagi suhunya maka kompresor AC akan menyala. Setelan termostat AC (utk suhunya) ada di dashboard sebelah kanan putaran on/off AC. Nah kalo thermostat udah rusak, ini yg repot ... kompresor AC gak bisa pintar lagi secara otomatis auto choke, kompresor tambah panas bisa jebol dan temperatur mesin bisa naik terus apabila dibiarkan.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Indra Yudi Haryanto - 16-11-2006 10:19

Den Bagus Menulis:

J99 Menulis:
Nyalain ac hanya pada RPM rendah itu hanya mitos menurut saya, compresor ac mobil memang sudah di desain buat mobil. Di depan compresor ada magnit dan cluth yg udh ada dampernya. bayangkan kalo kita hanya boleh menyalakan ac pd ssaat idle, gimana waktu posisi kita akselerasi yg umumnya ada di rpm 2k-5k yg dengan catatan dac mobil ada yg namanya pengatur suhu ruangan. toh pasti aja pd rpm 2k-5k compresor pasti akan hidup/mati sesuai perintah dr control temperature... Dan yg namanya barang dipake apalagi yg terjadi gesekan pasti ada umur pakenya... CMIIW


Kenapa hanya mitos? bukankah di atas sudah dijabarkan prinsip kerjanya ... Smile
Kalo gak ada prinsip kerjanya, orang pasti akan setuju kalo itu hanya mitos ...


Den Bagus...

saya setuju dengan J99, Kompresor AC benerja berdasarkan SUHU RUANG kabin... kalo udah dingin Kompressor OFF, kal0 SUHU naik Kompresor ON... cirinya bunyi cetak-cetok dari ruang mesin...

saat RPM tinggi di beberapa mobil sudah dilengkapi sensor tekanan... bukan untuk membuat awet Kompresor... tapi menhindari tekanan berlebih di jalur refregeran yang ujung-2nya tekanan bisa berlebih dan bisa merusak bagian-2 lain di jalur AC tsb... malah ada khan yang sampai meleduk... apalagi diisi elpigi.... hiii serem...

Ciao...

Indra


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - mardiansyah - 16-11-2006 10:32

Ronz Menulis:
Betul Om Mardi, tp sebaiknya kalo kita lagi RPM tinggi (misalkan lagi ngebut di jalan tol) jangan suka nyalain AC tiba2 .... sebaiknya nunggu dulu RPM udah rendah baru dinyalain. Ini sih kata tukang AC, mobil lama saya 2 kali jebol kompresor ACnya gara2 keseringan melakukan hal ini ... gak tau apa alasannya tp kata beliau si tukang AC memang begitu.

Auto Choke memang selalu jalan kapanpun dia merasakan kabin udah adem/udah mulai kurang dingin suhu kabin tp auto choke disaat AC on sama pas baru dinyalain terasa bedanya dari suara tendangannya.


mobil lamanya injection dan ECU nya udah bisa cut compressor kl high rpm095 kl A/X kan rpm tinggi ECU nge-cut kompressor...cmiiw


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Indra Yudi Haryanto - 16-11-2006 10:34

Ronz Menulis:
Itu namanya thermostat, Om ...... yang empunya sensor suhu dikabin.
Begitu suhu yang dirasakan sensor thermostat sudah terasa cukup dingin maka auto choke kompresor AC akan otomatis berhenti & apabila sensor merasakan kabin sudah berubah lagi suhunya maka kompresor AC akan menyala. Setelan termostat AC (utk suhunya) ada di dashboard sebelah kanan putaran on/off AC. Nah kalo thermostat udah rusak, ini yg repot ... kompresor AC gak bisa pintar lagi secara otomatis auto choke, kompresor tambah panas bisa jebol dan temperatur mesin bisa naik terus apabila dibiarkan.


Bung Ron...

pengalaman main di Mobil eropa... system AC-nya yang paling sederhada mengadop 2 sensor... Termostat (sensor suhu ruang kabin) dan satu lagi Presure Sensor yang nemplok di tabung dreyen...

cirinya lagi kalo freon habis, di mibil eropa ngak mo jalan komresornya... karena mubazir... ngak ada freonnya... jadi buat apa di kasih tekanan... begitu....

nah presure sensor ini juga yang nentu'in tekanan di jalur pipa-2 saar rpm main di rev tinggi... soalnya di Uno2 saya kalo rev di 4000 kompresor mati sendiri.... jadi kadang-2 malah jadi puanas...he..he..he...

Ciao...

Indra


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - weisonic - 22-11-2006 22:21

OOT dikit:
AC saya setiap dinyalain pertama kali pasti bau asem, kenapa ya?
jgn bilang karena pewangi, karena saya ga pake pewangi mobil loh :-)


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - PenyuTurbo - 22-11-2006 23:05

weisonic Menulis:
OOT dikit:
AC saya setiap dinyalain pertama kali pasti bau asem, kenapa ya?
jgn bilang karena pewangi, karena saya ga pake pewangi mobil loh :-)


Di dalam plenum (tutup) evaporator ... biasanya ada lapisan busanya sebagai penyekat panas/dingin ... dan di plenum itu juga ada tempat penampungan kondensasi air ... jika air hasil kondensasi ini membasahi busa dalam plenum evaporator ... ya tahu sendiri ... baunya asem.

Untuk menghindari banyaknya penumpukan air pada plenum ... maka kalau ngeset temperature AC cukup dingin ... blowernya jangan yang speed rendah ... mesti digedein/dibesarin. Misal skala kecepatan blowernya 1,2,3,4,5 ... maka kalau ngeset AC cukup dingin 20 oC misalnya ... ya blower nya di set ke 3 atau 4. Kalau blowernya di set ke 1 ... maka akan banyak terjadi kondensasi air dan terpaksa menimba hasilnya ... BAU ASEM ... hehehehehehe .... YagakYagakYagak


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Soenfri - 27-11-2006 15:21

RR, saya baru bergabung diawal nov lalu.

Ini mau berbagi dan sekedar informasi tambahan untuk menghidupkan AC harus pada saat rpm rendah, kenapa seperti itu ? Itu bukan mitos tapi memang benar, karena pada saat menghidupkan AC dalam kondisi rpm rendah/idle sesuai dengan kemampuan kinerja dari Compressor tersebut dan dengan kondisi dari tekanan gas freon didalam compressor, evapolator n condensor adalah normal.

Ini harus dilihat dari cara kerja system pendingin (hampir semua alat pendingin baik buat dirumah AC & Kulkas atau mobil) dan ini sebenarnya agak sedikit rahasia (kenapa tukang AC tidak mau memberitahu penyebabnya dan lebih sering memberikan saran atau mungkin hanya tahu saja cuma itu adalah prosedur 095). Pada saat AC di hidupkan dengan kondisi suhu normal maka compressor akan bekerja lebih keras untuk memompakan gas freon ke condensor sehingga tekanannya meningkat terus sampai kurang lebih 3x dari tekanan normal (makanya condensor akan menjadi panas dan memerlukan pendinginan seperti extra fan), hal tersebut disebabkan karena adanya expansi dan pipa yang kecil (laju gas freon dihambat), sedangkan tekanan di evapolator akan rendah (karena sifat dari freon jika ada perubahan tekanan dari tinggi ke rendah maka akan menjadi dingin).

Nah dengan tahu cara kerjanya dari system pendingin maka tidak boleh menghidupkan AC pada rpm yang tinggi diatas 2000 rpm, karena compressor akan secara mendadak mendapat putaran yang tinggi dengan kondisi tekanan freon normal sehingga kerja dari compressor akan 2x lipat (sama halnya jika kita menghidupkan AC split/window pertama kali, pasti daya yang ditarik 1,5 x daya normalnya tapi setelah beberapa menit akan normal dan jika tiba2 listrik padam maka AC/kulkas tidak boleh lgs dihidupkan karena akan merusak compressornya), tapi jika kondisinya sudah bekerja normal artinya suhu sudah dingin maka saat adanya pemutusan oleh thermostart atas suhu yang sudah diset maka tidak akan bermasalah jika compressor kembali hidup pada rpm tinggi karena tekanan freon sudah pada kinerja pendinginan.

Ada tambahan tip lagi agar lebih awet AC, alternator dan aki adalah saat sudah mau sampai ditujuan kurang lebih 100-200 meter matikan AC tapi hanya compressor saja yaitu dengan cara memutar kekiri pol tombol thermostart (utk a/x disebelah tombol pengaturan udara/menghidupkan ac) saja sedangkan blower tetap hidup (udara dingin yang keluar akan berangsur-angsur tidak dingin), hal tersebut dimaksudkan untuk mendinginkan condensor (mobil tetap berjalan dan didinginkan melalui angin dari luar, memang sich suhu dikabin kurang lebih 1 menit akan normal, panas dikit lah) dan evapolator agar kembali ke suhu ruangan sehingga tekanan freon kembali normal disemua bagian, hal tersebut juga akan mengurangi beban kerja alternator & Aki, kenapa ?? karena spul magnet yang ada di compressor memerlaukan daya yang cukup besar kurang lebih 7-10 A. Biasanya jika mematikan AC pada saat mobil sudah berhenti lalu baru mesin dimatikan khan (akan ada bunyi desis di evapolatornya karena perubahan tekanan masih ada) ???


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Den Bagus - 27-11-2006 16:37

Soenfri Menulis:
Ada tambahan tip lagi agar lebih awet AC, alternator dan aki adalah saat sudah mau sampai ditujuan kurang lebih 100-200 meter matikan AC tapi hanya compressor saja yaitu dengan cara memutar kekiri pol tombol thermostart (utk a/x disebelah tombol pengaturan udara/menghidupkan ac) saja sedangkan blower tetap hidup (udara dingin yang keluar akan berangsur-angsur tidak dingin), hal tersebut dimaksudkan untuk mendinginkan condensor (mobil tetap berjalan dan didinginkan melalui angin dari luar, memang sich suhu dikabin kurang lebih 1 menit akan normal, panas dikit lah) dan evapolator agar kembali ke suhu ruangan sehingga tekanan freon kembali normal disemua bagian, hal tersebut juga akan mengurangi beban kerja alternator & Aki, kenapa ?? karena spul magnet yang ada di compressor memerlaukan daya yang cukup besar kurang lebih 7-10 A. Biasanya jika mematikan AC pada saat mobil sudah berhenti lalu baru mesin dimatikan khan (akan ada bunyi desis di evapolatornya karena perubahan tekanan masih ada) ???


thanks for your another tips Topdeh

sebelum ini saya kadang2 telah melakukan tips ini (dgn maksud biar sisa air yg jatuh ke lantai tidak banyak), tapi setelah tahu alasan yang sebenarnya dari pak soenfri, akan saya praktekan seterusnya deh ...

eniwei kalo tips tukang AC yang menyarankan agar tombol kompressor selalu diposisikan di maximum alasan-nya apa ya ? ... (efeknya positif atau negatif)


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Soenfri - 27-11-2006 17:01

Jgn panggil pak donk, nama aja kali yach....

Kalo tips tukang AC yang menyarankan agar tombol compressor / thermostat selalu diposisikan di maks karena kerja dari compressor akan tidak mati hidup dengan waktu yang cepat tapi dengan waktu yang lama. Suhu dengan thermostat di posisi maks sekitar 16-18 derajat Cel jadi untuk mencapai suhu tersebut membutuhkan waktu yang lama, tapi jika thermostat diposisi setengah atau kurang dari setengah maka mati hidup compressor akan lebih cepat sehingga akan cepat rusak baik compressornya maupun magnet clucthnya, seperti halnya bila dirumah menggunakan pompa air listrik yang jika membuka kran air pompa akan hidup, tapi jika membuka krannya tidak pol maka kerja pompa akan mati hidup, tapi jika di buka pol maka pompa akan hidup dengan waktu yang panjang lalu akhirnya mati juga karena tekanan dari pompa lebih banyak dibandingkan air yang keluar.

Tapi itu sich saya tidak setuju, buat apa dibuat thermostat yang dapat diset sesuai dengan kebutuhan kita, sbenarnya pada prinsipnya AC tidak boleh dihidupkan pada rpm tinggi. Saya sich biasanya men-set thermostat pada posisi jam 3 atau antara strip biru putus-putus dan tidak terputus.

by de way tipsnya bos Den Bagus juga sudah oke Topdeh dan sorry kalo ada kata2 yg ngaco....


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - RonZ - 06-12-2006 20:22

Good topic ... thanks buat sharingnya, jadi nambah elmu terus Topdeh
Senangnya dirikuw bisa ada disini .............


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - PJM42 - 19-11-2008 08:28

saya setuju sama pak haryo, namanya mbl kl lagi di tol kan pasti lg putaran rpm tinggi. kompresor pasti ada waktunya untuk istirahat dan bekerja kembali. sama saja jika kita matikan switch ac dan nyalakan kembali. Memang kerja magnetnya pasti on dan off, walau di rpm tinggi.

Pak soentri kynya sudah paham betul, bisa tau kerja kondensor 3x lipat, dan pada akhirnya kompresor kerja 2x lipat dpt referensi dari buku atau pengalaman tersendiri sudah di itung? sori banyak tanya. cuma mau tuker pikiran dan tambah pengetahuan saja, saya penasaran saja antara teori, mitos, dan logika Smile


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Soenfri - 20-11-2008 14:53

PJM42 Menulis:
Pak soentri kynya sudah paham betul, bisa tau kerja kondensor 3x lipat, dan pada akhirnya kompresor kerja 2x lipat dpt referensi dari buku atau pengalaman tersendiri sudah di itung? sori banyak tanya. cuma mau tuker pikiran dan tambah pengetahuan saja, saya penasaran saja antara teori, mitos, dan logika Smile


Bro PJM42....
Hanya mengerti sedikit kok......dan ingin berbagi saja dengan yang lain...
Kenapa kerja kondensor 3 x lipat karena pada saat normal tekanan gas freon disemua bagian sekitar 50-60 psi (kalo gak salah deh), nah saat compressor bekerja maka tekanan di condensor akan meningkat cepat menjadi sekitar 150-180 psi, berarti condensor mendapat tekanan seiktar 3x lipat dari tekanan normal, sedangkan compressor jika dihidupkan dalam rpm idle sekitar 800-1000 rpm tekanan gas freon berubah dari tekanan normal sampai tekanan kerja compressor membutuhkan waktu tdk terlalu cepat tapi jika compressor dihidupkan pada rpm diatas 2000 maka perubahan tekanan tersebut berlangsung cepat sekali, maka compressor akan bekerja 2x lipat bila dibandingakn saat dihidupkan pada rpm idle. Ini hanya diketahui dari pengalaman saja.....Jika ada yang salah dari penjelasan ini, mohon di koreksi / CMIIW....


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - ranamin - 20-11-2008 20:14

setuju.... IMHO juga seperti itu..... jadi sebaiknya posisi thermostat saat start berada pada kondisi minimal, lalu di naikan ke psosi yang diinginkan.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - PJM42 - 21-11-2008 08:25

oo.. sory bro, kita sih tuker info aja yah Smile supaya bisa dpt kesimpulan tuker pengetahuan.
tadi saya sudah tes
mbl tanpa hidup ac (idle) itu tekanannya yg lowpress (L) 85, yg highpress (H) 125 --> freon full
Lalu saya hidupkan ac L 35, H 145
Saya gas Rpm 2500, L 15, H 175
Lalu kompresor istirahat hingga pada saat L 50 H 150 dia bekerja lg (ibarat kita lg di tol).
Jadi jika kita nyalakan ac pada saat di jalan tol dan nyalakan ac seperti normal:
bedanya L 85 dan 50, yg H 125 dan 150.
beda tekanannya cuma sedikit sekali bukan?
share pengetahuan aja sih. saya jg penasaran soalnya. Smile koreksi jg masukannya bos2.. biar kita tambah maju.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Soenfri - 21-11-2008 09:23

iyalah saling tukar info aja kalo ada yg salah yah diperbaiki....
pada saat bro test mobil tanpa hidup ac sebelumnya berapa lama mobil didiamkan ?
Jika baru 1 atau 2 jam didiamkan mobil dlm keadaan mati mesin (parkir) yang sebelumnya mobil dijalankan dengan menggunakan ac, memang benar kondisi tekanan freon highpress dan lowpress sekitar segitu, tapi jika mobil setelah digunakan lalu didiamkan cukup lama atau parkir yg cukup lama seperti pergi kekantor mobil diparkir dari jam 8 pagi sampai jam 17.00 maka tekanan freon baik di lowpress dan di highpress akan sama, karena freon akan terus bergerak secara perlahan dari tekanan highpress ke tekanan lowpress melalui ekspansi dan pada akhirnya tekanan dari lowpress dan highpress akan sama sekitar 60-70psi.....ini dilihat dari sistem kerja pendingin udara....CMIIW.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - tim29hdyt - 21-11-2008 12:27

Goshbuster Menulis:
Mitos itu merck permen yak?Haha


Bukan lho Mr.Ghostbuster, tp mall yg ada di JakSel Haha Haha


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - tim29hdyt - 21-11-2008 12:31

Anton G Menulis:

paul.m Menulis:
[
Setuju aja si, masalahnya mungkin memang  mobill AX ini kalau baru di Start, puteran mesinnya lgs tinggi ( +/- 2500 rpm) trus turun pelan pelan sampai ke ideal nya setelah 2-3 menit. lumayan panas, kalo mbl nya parkirnya kejemur. jadi siasatin nya, paling buka kaca semua biar angetnya keluar dulu..

Tapi, kalo kalo di jalan bebas hambatan, kecepatan 120 km/jam (+/- 4000 RPM) , puteran temperatur AC di posisi jam 9 . pasti nya kompresor ac nempel dan lepas ke pulley lumayan sering .
Jadi bisa bikin umurnya kompresor pendek ? ato kita harus kedinginan ?
Kalo jalan nya malem, ujan  dari cawang ampe pasteur lewat cipularang lumayan lama tuh sejam setengah.
ada pencerahan lain ?



Posisi AC jam 9, kok kedinginan sih, jam 3 kali yah ?


Jam 9 dilihat dari dalem dashboard kali Haha Haha Haha


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - PJM42 - 22-11-2008 11:26

udah di diemin semaleman sih. ok pak soenfri. nti saya mau coba test lg deh. penasaran Smile thx


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Soenfri - 22-11-2008 13:52

PJM42 Menulis:
udah di diemin semaleman sih. ok pak soenfri. nti saya mau coba test lg deh. penasaran Smile thx


waduh....saya salah yach....ternyata tekanan highpress masih cukup tinggi 2xnya lowpress...Saya hanya menganalisa dari sistem kerja pendingin udara, karena sistemnya pemampatan dari gas freon dengan pipa kapiler utk kulkas dan AC sedangkan utk mobil dengan ekspansi karena ditekan oleh compressor. Jadi jika sudah tidak ada tekanan dari compressor maka tekanan di highpress lambat laun akan turun sehingga tekanan dari akan sama baik di highpress dan lowpress, kalopun berbeda hanya sedikit saja (tidak sampe 2x lipat).
Bro punya alat untuk mengukur tekanan freon buka bengkel ac yach ?


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - PJM42 - 24-11-2008 09:06

iya, saya sendiri buka bengkel ac mobil pak, hal2 yg ini memang banyak pro dan kontranya, cuma saya baca2 reply pak soenfri mang bapak punya ilmu pengetahuan kok ttg ac dan lain sebagainya jg Smile. Bapak profesinya apa nih kl boleh tau? Bapak udah bagi2 ilmu ma org2.
yah kita jg namanya belajar dan setiap hari belajar, saya jg tiap hari belajar terus. Namanya forum begini jg jd ajang tukar ilmu dan tambah pengetahuan yah pak?
met kenal..


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Prio - 24-11-2008 09:15

Jadi kesimpulannya gimana ? 095
Nggak masalah AC on/off diRPM berapapun? 095


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Soenfri - 25-11-2008 12:38

PJM42 Menulis:

Soenfri Menulis:

PJM42 Menulis:
udah di diemin semaleman sih. ok pak soenfri. nti saya mau coba test lg deh. penasaran Smile thx


waduh....saya salah yach....ternyata tekanan highpress masih cukup tinggi 2xnya lowpress...Saya hanya menganalisa dari sistem kerja pendingin udara, karena sistemnya pemampatan dari gas freon dengan pipa kapiler utk kulkas dan AC sedangkan utk mobil dengan ekspansi karena ditekan oleh compressor. Jadi jika sudah tidak ada tekanan dari compressor maka tekanan di highpress lambat laun akan turun sehingga tekanan dari akan sama baik di highpress dan lowpress, kalopun berbeda hanya sedikit saja (tidak sampe 2x lipat).
Bro punya alat untuk mengukur tekanan freon buka bengkel ac yach ?


iya, saya sendiri buka bengkel ac mobil pak, hal2 yg ini memang banyak pro dan kontranya, cuma saya baca2 reply pak soenfri mang bapak punya ilmu pengetahuan kok ttg ac dan lain sebagainya jg Smile. Bapak profesinya apa nih kl boleh tau? Bapak udah bagi2 ilmu ma org2.
yah kita jg namanya belajar dan setiap hari belajar, saya jg tiap hari belajar terus. Namanya forum begini jg jd ajang tukar ilmu dan tambah pengetahuan yah pak?
met kenal..


Met kenal juga bro....
Profesi saya, kuli di distributor handphone..... Yagak
Ya semoga kita bisa saling bertukar ilmu di forum ini. Gozkirpma


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Soenfri - 25-11-2008 16:48

Prio Menulis:
Jadi kesimpulannya gimana ? 095
Nggak masalah AC on/off diRPM berapapun? 095


Kesimpulannya kalo dari saya sich lebih baik menyalakan AC dalam kondisi mesin idle, karena bagaimanapun juga jika AC dihidupkan pada rpm yang cukup tinggi compressor akan bekerja secara mendadak sehingga perubahan tekanan sangat cepat dibandingkan AC dihidupkan pd rpm idle karena perubahan tekanan tidak terlalu cepat, lain halnya kondisi jika AC off / on dikarenakan settingan temperatur. Ini salah satu asumsi saya mengenai AC, kadang ada org yang saat mau menjalankan mobil yang saat itu mobilnya diparkir ditempat terbuka yang terkena panas matahari sehingga kondisi kabin panas. Saat mesin sudah hidup AC langsung dihidupkan lalu langsung di gas agar AC lebih cepat dinginnya. Itu memang benar jika rpm semakin tinggi AC akan lebih cepat dingin karena compressor akan mengkompres gas freon dengan cepat. Ini satu lagi coba hidupkan AC dalam kondisi rpm idle dan set temp maks dengan fan speed 1 lalu hitung berapa lama compressor AC akan off karena AC sudah sesuai dengan set temp ? Bandingkan saat AC dihidupkan dalam kondisi rpm idle dengan set temp dan fan speed yang sama lalu di gas mencapai rpm 2000-3000 berapa lama compressor off karena AC sudah sesuai dengan set temp ? Dari 2 percobaan diatas pasti percobaan ke-2 compressor off lebih cepat dibandingkan percobaan ke-1. Makanya kenapa AC kurang dingin saat keadaan macet dibandingkan kondisi lancar.

Kadang pro dan kontra yang disampaikan bro PJM42 tetap saja ada, tidak ada salahnya mengikuti cara siapapun....Yagak


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - manoeroenk - 25-11-2008 17:32

kalo di mobil gw, nyalain AC langsung saat mobil di idle, tarikan pasti berat..entah itu habis isi bensin (mesin udah panas) atau saat jalan pagi hari..
jadinya dibawa jalan dulu +- 1 menit, baru deh AC dinyalain...tarikan normal..
kok aneh ya?


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Soenfri - 25-11-2008 21:19

Waduh aneh banget......095 Memang pada saat AC hidup mesin menjadi terbeban sehingga ECU harus menyesuaikan agar mesin tidak terbeban dengan menaikan rpm diatas rpm idle sekitar 800-950 rpm. Coba di reset dulu ECU-nya......, mungkin dapat membantu.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - PJM42 - 26-11-2008 07:43

waduh, kuli distributor handphone tapi kok sampingannya kynya banyak nih bos soenfri. hehehe...
sebenernya kesimpulannya yaitu: pakailah dalam keadaan yg normal2 saja Smile
sama seperti kehidupan alam, sesuatu yg berlebihan atau kekurangan itu tidak baik.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Satrio Adi - 15-01-2009 17:14

Soenfri Menulis:

Prio Menulis:
Jadi kesimpulannya gimana ? 095
Nggak masalah AC on/off diRPM berapapun? 095


Kesimpulannya kalo dari saya sich lebih baik menyalakan AC dalam kondisi mesin idle, karena bagaimanapun juga jika AC dihidupkan pada rpm yang cukup tinggi compressor akan bekerja secara mendadak sehingga perubahan tekanan sangat cepat dibandingkan AC dihidupkan pd rpm idle karena perubahan tekanan tidak terlalu cepat, lain halnya kondisi jika AC off / on dikarenakan settingan temperatur. Ini salah satu asumsi saya mengenai AC, kadang ada org yang saat mau menjalankan mobil yang saat itu mobilnya diparkir ditempat terbuka yang terkena panas matahari sehingga kondisi kabin panas. Saat mesin sudah hidup AC langsung dihidupkan lalu langsung di gas agar AC lebih cepat dinginnya. Itu memang benar jika rpm semakin tinggi AC akan lebih cepat dingin karena compressor akan mengkompres gas freon dengan cepat. Ini satu lagi coba hidupkan AC dalam kondisi rpm idle dan set temp maks dengan fan speed 1 lalu hitung berapa lama compressor AC akan off karena AC sudah sesuai dengan set temp ? Bandingkan saat AC dihidupkan dalam kondisi rpm idle dengan set temp dan fan speed yang sama lalu di gas mencapai rpm 2000-3000 berapa lama compressor off karena AC sudah sesuai dengan set temp ? Dari 2 percobaan diatas pasti percobaan ke-2 compressor off lebih cepat dibandingkan percobaan ke-1. Makanya kenapa AC kurang dingin saat keadaan macet dibandingkan kondisi lancar.
Kadang pro dan kontra yang disampaikan bro PJM42 tetap saja ada, tidak ada salahnya mengikuti cara siapapun....Yagak

Saya kurang sependapat dengan kalimat " percobaan ke 2 dst", apa bila AC telah bekerja dan pernah mencapai suhu yang di minta oleh thermostat, maka kompresor akan mati. Karena sensor thermostat itu ada didalam box evaporator (letaknya bisa sebelum/sesudah coil evap.), maka sisa dingin yg ada di box tersebut masih ada sehingga kerja kompresor jadi lebih singkat dari pada waktu start.
Kalau jln macet, AC kurang dingin; hal itu lebih dikarenakan pertukaran suhu/kalor di Condensor kurang sempurna. Udara sekitar Condensor panas sehingga condensor tdk dapat menurunkan suhu gas freon yg dimampatkan/ditekan oleh kompresor. Akibatnya keluar dari condensor freon yg seharusnya berubah jadi liquid, tdk sempurna karena masih mengandung gas. Kemudian expansion valve tidak dapat mengkabutkan freon dlm evaporator dgn sempurna, maka panas/kalor yg diambil oleh freon di evap. jg tdk sempurna/maksimal maka udara di evap akan terasa kurang dingin.
Demikian sekelumit tentang AC, mhn maaf bila ada yg salah. Maklum sama sama belajar.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Satrio Adi - 15-01-2009 18:10

PJM42 Menulis:
oo.. sory bro, kita sih tuker info aja yah Smile supaya bisa dpt kesimpulan tuker pengetahuan.
tadi saya sudah tes
mbl tanpa hidup ac (idle) itu tekanannya yg lowpress (L) 85, yg highpress (H) 125 --> freon full
Lalu saya hidupkan ac L 35, H 145
Saya gas Rpm 2500, L 15, H 175
Lalu kompresor istirahat hingga pada saat L 50 H 150 dia bekerja lg (ibarat kita lg di tol).
Jadi jika kita nyalakan ac pada saat di jalan tol dan nyalakan ac seperti normal:
bedanya L 85 dan 50, yg H 125 dan 150.
beda tekanannya cuma sedikit sekali bukan?
share pengetahuan aja sih. saya jg penasaran soalnya. Smile koreksi jg masukannya bos2.. biar kita tambah maju.

Bung PJM42, tekanan Low Press 85 psi dan Hi P 125 psi itu adalah tekanan stabilnya (bisa tercapai bila telah beberapa puluh menit bahkan jam, kompresor itu mati).
Keadaan tersebut terjadi karena sistim pendingin adalah rangkaian tertutup (closed loop) sehingga bila kompresor itu mati maka freon akan mengalir diantara 2 bgn tsb. dan akan menyeimbangkan tekanannya. Bahkan bisa dimungkinkan seimbang antara LP & HP itu sama (biasanya 60-70an psi).
Lha sekarang kalau mobil itu jalan dan AC itu dinyalakan, interval antara kompresor itu mati kemudian hidup lagi itu hanya beberapa menit saja. Sehingga timbullah kondisi seperti bung PJM42 test. Tekanan freon belum seimbang sdh ditekan lagi oleh kompresor, begitu seterusnya.
Max HP yg di perbolehkan 250psi, bila lebih, HP switch akan bekerja matikan kompresor, bila tidak slang karet akan mleduk. Ideal LP di rpm 2500 adalah 15 psi, krn spesifikasi freon R-134A, mendapatkan suhu yg terrendah pd tekanan 15 psi.
Bila kita di tol dgn rpm diatas 4000, jika kompresor masih dlm kondisi baik, maka tekanan HP tidak akan lebih dari 225 psi. Jadi jangan kuatir jika nanti kompresor akan rusak. Tekanan bisa tinggi malah dlm kondisi jln macet, krn pertukaran panas di condensor tdk sempurna. Berhati hatilah di jalan macet bila pakai AC, lihat temperatur mesin (blower condensor dgn radiator jadi satu).
Itu masukan dari saya, maaf kalau ada yg keliru.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Andrew - 16-01-2009 00:49

gak setuju untuk rpm rendah, krn udah 15 tahun pake phanter nie rpm nyala ac pas 2000-2500 gpp tuh, cuman kl kena service dan ganti komponen ini itu sesuai kilometer aja, dan kilometer ane dah balik ke 000000 krn dah sering pake huehuehue


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Soenfri - 30-01-2009 10:58

Satrio Adi Menulis:

Soenfri Menulis:

Prio Menulis:
Jadi kesimpulannya gimana ? 095
Nggak masalah AC on/off diRPM berapapun? 095


Kesimpulannya kalo dari saya sich lebih baik menyalakan AC dalam kondisi mesin idle, karena bagaimanapun juga jika AC dihidupkan pada rpm yang cukup tinggi compressor akan bekerja secara mendadak sehingga perubahan tekanan sangat cepat dibandingkan AC dihidupkan pd rpm idle karena perubahan tekanan tidak terlalu cepat, lain halnya kondisi jika AC off / on dikarenakan settingan temperatur. Ini salah satu asumsi saya mengenai AC, kadang ada org yang saat mau menjalankan mobil yang saat itu mobilnya diparkir ditempat terbuka yang terkena panas matahari sehingga kondisi kabin panas. Saat mesin sudah hidup AC langsung dihidupkan lalu langsung di gas agar AC lebih cepat dinginnya. Itu memang benar jika rpm semakin tinggi AC akan lebih cepat dingin karena compressor akan mengkompres gas freon dengan cepat. Ini satu lagi coba hidupkan AC dalam kondisi rpm idle dan set temp maks dengan fan speed 1 lalu hitung berapa lama compressor AC akan off karena AC sudah sesuai dengan set temp ? Bandingkan saat AC dihidupkan dalam kondisi rpm idle dengan set temp dan fan speed yang sama lalu di gas mencapai rpm 2000-3000 berapa lama compressor off karena AC sudah sesuai dengan set temp ? Dari 2 percobaan diatas pasti percobaan ke-2 compressor off lebih cepat dibandingkan percobaan ke-1. Makanya kenapa AC kurang dingin saat keadaan macet dibandingkan kondisi lancar.
Kadang pro dan kontra yang disampaikan bro PJM42 tetap saja ada, tidak ada salahnya mengikuti cara siapapun....Yagak

Saya kurang sependapat dengan kalimat " percobaan ke 2 dst", apa bila AC telah bekerja dan pernah mencapai suhu yang di minta oleh thermostat, maka kompresor akan mati. Karena sensor thermostat itu ada didalam box evaporator (letaknya bisa sebelum/sesudah coil evap.), maka sisa dingin yg ada di box tersebut masih ada sehingga kerja kompresor jadi lebih singkat dari pada waktu start.
Kalau jln macet, AC kurang dingin; hal itu lebih dikarenakan pertukaran suhu/kalor di Condensor kurang sempurna. Udara sekitar Condensor panas sehingga condensor tdk dapat menurunkan suhu gas freon yg dimampatkan/ditekan oleh kompresor. Akibatnya keluar dari condensor freon yg seharusnya berubah jadi liquid, tdk sempurna karena masih mengandung gas. Kemudian expansion valve tidak dapat mengkabutkan freon dlm evaporator dgn sempurna, maka panas/kalor yg diambil oleh freon di evap. jg tdk sempurna/maksimal maka udara di evap akan terasa kurang dingin.
Demikian sekelumit tentang AC, mhn maaf bila ada yg salah. Maklum sama sama belajar.


Memang banyak faktor yg mempengaruhi ac kurang dingin saat macet salah satunya yg bro satrio adi sampaikan, pada prinsipnya yg saya mau sampaikan perubahan tekanan gas freon pada saat rpm idle dengan rpm yg cukup tinggi dapat mempengaruhi cepat atau tidaknya suhu yang diinginkan. Jika rpm sudah cukup tinggi secara otomatis mobil akan bergerak dengan cepat, sehingga condensor lebih dingin dan ac juga lebih dingin bukan begitu....


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Soenfri - 30-01-2009 11:04

Andrew Menulis:
gak setuju untuk rpm rendah, krn udah 15 tahun pake phanter nie rpm nyala ac pas 2000-2500 gpp tuh, cuman kl kena service dan ganti komponen ini itu sesuai kilometer aja, dan kilometer ane dah balik ke 000000 krn dah sering pake huehuehue


Bro, ini hanya tips aja loh....bagaimanapun juga tips itu boleh diikutkan atau tidak, maksudnya sich biar lebih awet aja.....Topdeh


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - patrice - 30-01-2009 12:12

Numpang baca ya...lumayan buat nambah2 elmu..


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Satrio Adi - 02-02-2009 00:13

Soenfri Menulis:

Satrio Adi Menulis:


Memang banyak faktor yg mempengaruhi ac kurang dingin saat macet salah satunya yg bro satrio adi sampaikan, pada prinsipnya yg saya mau sampaikan perubahan tekanan gas freon pada saat rpm idle dengan rpm yg cukup tinggi dapat mempengaruhi cepat atau tidaknya suhu yang diinginkan. Jika rpm sudah cukup tinggi secara otomatis mobil akan bergerak dengan cepat, sehingga condensor lebih dingin dan ac juga lebih dingin bukan begitu....


Betul bung Soenfri.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - mkekobudi - 02-02-2009 09:59

wau tambah ngelmu aku... makasih..bos..


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - nurjayadi - 11-03-2009 16:01

baru tau aq....makasih..semoga kebiasaan lama (menyalakan ac pd rpm tinggi)bisa diperbaiki...


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Eko S Kurniawan - 13-04-2009 17:03

gw sering idupin AC satu garis biru doang, karena tidak bs terlalu dingin, paling dingin arah jam 12, akibatnya kemarin pas di jln tol jagorawi pertengahan mau ke jkt, AC mendadak jadi panas (atw ga adem) jika kondisi mesin idle rpm jadi 2000. langsung ke tukang service AC, di identifikasi magnetnya kena, setelah dibongkar ternyata pulleynya sudah aus dan harus diganti berikut magnetnya, plus isi freon semuanya 1 jt, k'lo yg gw tangkep di sini, k'lo hidupin AC jangan tanggung2 karena pulleynya akan lebih sering bergesek ketimbang dinyalain mendekati angka 3 jarum jam. CMIIW.


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Soenfri - 14-04-2009 16:26

Eko S Kurniawan Menulis:
gw sering idupin AC satu garis biru doang, karena tidak bs terlalu dingin, paling dingin arah jam 12, akibatnya kemarin pas di jln tol jagorawi pertengahan mau ke jkt, AC mendadak jadi panas (atw ga adem) jika kondisi mesin idle rpm jadi 2000. langsung ke tukang service AC, di identifikasi magnetnya kena, setelah dibongkar ternyata pulleynya sudah aus dan harus diganti berikut magnetnya, plus isi freon semuanya 1 jt, k'lo yg gw tangkep di sini, k'lo hidupin AC jangan tanggung2 karena pulleynya akan lebih sering bergesek ketimbang dinyalain mendekati angka 3 jarum jam. CMIIW.


Bro, kalo temp di set hanya satu garis biru aja tentu saja kerja magnet akan berat karena compressor akan hidup sebentar saja lalu lepas dan hidup lagi. Disaat kecepatan tinggi seperti di tol maka magnet akan lebih cepat aus. Jika tidak kuat dingin lbh baik set temp di set off saja, jd hanya angin saja yg keluar. Kalo ane biasa set temp di jam 12 atau jam 10 tp kalo panas sekali yah di mentokin ke kanan (full) dan sampai saat ini tidak ada masalah (mobil udah mau 5 thn n kilometer udah 93rb).


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - hary arief sofyan - 19-05-2009 14:55

memang sih...gw jg dpt saran dr tkg AC jg gt...sebaiknya set temp jgn terlalu kecil (dibawah jam 9) sebaiknya antara jam 12 smp jam 3...ini utk menghindari kerja kompressor yg mati idup dlm waktu singkat, krn bs merusak magnet pulley...gw biasanya kalo kerasa terlalu dingin dgn settingan ini, gw mending buka jendela dikit biar udara luar masuk sekalian spy ada sirkulasi udara di dlm kabin


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - mkekobudi - 19-05-2009 15:04

setuju gan...


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - black_ant - 13-07-2009 12:50

RR pernah ada masukkan dari teman untuk merubah suhu mis dari jam 12 ke jam 3 seharusnya dimatikan terlebih dahulu apakah ini merupakan mitos or memang ada pengaruhnya misalnya dari segi keawetan AC?


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Wartono - 21-08-2009 13:15

kalo saya sih langsung pindahin saja, menurut saya gak ada pengaruhnya, soalnya kalo harus dimatiin dulu kan magnet harus memutus arus terus nyambung lagi justru kalo dimatiin dulu menurut hemat saya malah mengurangi keawetan komponen yg lain a/l accu, magnet, freon, fan dan belt mungkin RR yg lain ada pendapat


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - kend - 01-03-2010 16:51

hary arief sofyan Menulis:
memang sih...gw jg dpt saran dr tkg AC jg gt...sebaiknya set temp jgn terlalu kecil (dibawah jam 9) sebaiknya antara jam 12 smp jam 3...ini utk menghindari kerja kompressor yg mati idup dlm waktu singkat, krn bs merusak magnet pulley...gw biasanya kalo kerasa terlalu dingin dgn settingan ini, gw mending buka jendela dikit biar udara luar masuk sekalian spy ada sirkulasi udara di dlm kabin


Sharing ya Om Om...

bukannya On-Off si kompressor di tentukan temperatur range setting nya.
bila termostat kita atur di 24 derajat, maka bila sudah tercapai suhu 24 derajat maka Kompressor Off.

nah pada suhu berapa kompressor akan On lagi, tentunya akan di tentukan pada range berapa derajat di atas 24.

misalkan range setting nya adalah 2 derajat di atas 24, maka pada suhu 26 Kompressor akan On lagi.

bukankah lah ini akan berlaku juga untuk semua setting thermostat, gak pandang bulu dia di arah jam 9, jam 12 atau jam 3 atau mentok sekalipun.

menurut saya, dengan mentok nya termostat tidak berarti on-of nya kompressor jadi jarang. Kecuali bila AC sudah tidak bisa mendinginkan sesuai perintah termostatnya. semisal kita mentokin yang mungkin setting nya adalah 18 derajat, sementara panas diluar terlalu extrim sehingga mampunya hanya mendinginkan sampai temperatur 24 aja, otomatis kompressor akan jalan terus tuh, gak akan ada matinya.

tetapi pada saat settingan thermostat masih dalam jangkauan kemampuan AC kita, on-off nya kompressor tidak bisa di hindari.

menurut ane, untuk men set supaya on-off nya tidak begitu sering.... kita perpanjang aja range temperatur nya, misalkan 3 derajat diatas suhu setting, kompressor akan akan on.

nah ngoprek setting ini dimana ya????


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Cookies - 02-03-2010 19:22

semoga ga salah tempat deh,

mau tanya nih seputar AC...btw..kalo AC di On-Off dalam waktu -+ 5/10mnit bermasalah ga ya..??? soalnya ane punya kebiasaan kalo lagi ngerokok pasti AC off...and kalo da slesai rokok and beberapa menit pasti AC on...kira" itu bisa berdampak negatif ga ya buat mesin / AC ya...


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - manoeroenk - 02-03-2010 19:27

Cookies Menulis:
semoga ga salah tempat deh,

mau tanya nih seputar AC...btw..kalo AC di On-Off dalam waktu -+ 5/10mnit bermasalah ga ya..??? soalnya ane punya kebiasaan kalo lagi ngerokok pasti AC off...and kalo da slesai rokok and beberapa menit pasti AC on...kira" itu bisa berdampak negatif ga ya buat mesin / AC ya...


dampak negatifnya lebih kerasa ke paru2 bro...akibat rokoknyaWhistling
lah kompresor kan aslinya emang ON OFF..


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Cookies - 02-03-2010 19:34

manoeroenk Menulis:
dampak negatifnya lebih kerasa ke paru2 bro...akibat rokoknyaWhistling
lah kompresor kan aslinya emang ON OFF..


hehehhehehehe... bener" bro..epek ya ke paru"....

jadi kesimpulannya emang AC mobil no problem ya kalo di On / Off dalam waktu berdekatan...????


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - kend - 03-03-2010 15:09

kend Menulis:
menurut ane, untuk men set supaya on-off nya tidak begitu sering.... kita perpanjang aja range temperatur nya, misalkan 3 derajat diatas suhu setting, kompressor akan akan on.

nah ngoprek setting ini dimana ya????


Om... Soenfry...

dimana nih setting temperatur nya?


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Gado2Enak - 03-03-2010 16:28

hary arief sofyan Menulis:
memang sih...gw jg dpt saran dr tkg AC jg gt...sebaiknya set temp jgn terlalu kecil (dibawah jam 9) sebaiknya antara jam 12 smp jam 3...ini utk menghindari kerja kompressor yg mati idup dlm waktu singkat, krn bs merusak magnet pulley...gw biasanya kalo kerasa terlalu dingin dgn settingan ini, gw mending buka jendela dikit biar udara luar masuk sekalian spy ada sirkulasi udara di dlm kabin


Aku sering di jam 12, tapi magnet dan pulley nya hanya bertahan 4 tahun 103rb km . . .

Kemarin di Krekot AC Kelapa Gading ganti Magnet dan Pulley nya kena 900rb . . .


RE: Hidupkan AC Mobil Saat RPM Rendah (tips) - Gado2Enak - 04-03-2010 08:10

Mungkin ada yang tahu . . .
Kemarin setelah ganti Magnet dan Pulley, timbul masalah, kalau AC baru di hidupkan, terus jalan, kenapa yah mesin seperti mrebet dan tenaga lost banyak (gas udah di pijak agak dalam), seperti mobil yang kehabisan kanvas kopling.

Tapi setelah jalan lebih lama, nggak ada masalah. Dimana masalahnya yah ?