Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Mesin Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=5)
+--- Topik: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i (/showthread.php?tid=896)


perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - B1138DO-victor - 30-10-2006 10:26

tolongin saya dong..saya mau tanya, saya mau beli xenia xi / li vvti, tapi saya bingung menentukannya,saya gunakan untuk dalam kota(kebanyakan lewat tol) sekarang saya memakai kijang dengan perbandingan 1 : 8.5 dengan kecepatan rata2 80 Km/jam. Kira2 lebih baik memilih Xi atau Li yah? Saya takut Li tidak ada tarikan saat diajak keluar kota dengan penumpang penuh...Klo ada yang tau, brapa sih perbandingan pemakaian BBM yang real, sesuai pengalaman pribadi..makasih Semuanya..095


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - xelia - 30-10-2006 10:40

pengalaman pake LI kemaren buat mudik lewat nagrek buat nanjak OK koq... gak ngempos...koq...pemakain BBM lumyan kemaren mudik 1L=11.5km...kalo dalam kota malah irit 1L=13.5km...tapi mendingan beli Xi aja...


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - thomas_ng - 30-10-2006 10:46

iya
mendingan beli Xi aja
Li cuman 3 silinder
Xi udah 4 silinder


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Bobby Sant - 30-10-2006 10:50

xelia Menulis:
pengalaman pake LI kemaren buat mudik lewat nagrek buat nanjak OK koq... gak ngempos...koq...pemakain BBM lumyan kemaren mudik 1L=11.5km...kalo dalam kota malah irit 1L=13.5km...tapi mendingan beli Xi aja...


Kalau udah ngerasain mesin CC gede pasti gak mau pakai CC kecil. Gua bukan jelekin Xenia LI tapi memang gitu kenyataannya. 1300 CC torsi dan HP lebih gede, otomatis nanjak dan top spedd lebih bagus dari yg 1000 CC.

Kalau cuman untuk dalam kota mending 1000 CC tapi kalau suka ke luar kota apalagi ke gunung mending 1300 CC biar nanjaknya gak capek.


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - PenyuTurbo - 30-10-2006 10:50

thomas_ng Menulis:
iya
mendingan beli Xi aja
Li cuman 3 silinder
Xi udah 4 silinder


Setuju ...

konfigurasi 3 cylinder dan 5 cylinder cukup sensitif dengan vibrasi/getaran ... lebih baik yang Xi - 4 cylinder.


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Goshbuster - 30-10-2006 11:01

B1138DO Menulis:
tolongin saya dong..saya mau tanya, saya mau beli xenia xi / li vvti, tapi saya bingung menentukannya,saya gunakan untuk dalam kota(kebanyakan lewat tol) sekarang saya memakai kijang dengan perbandingan 1 : 8.5 dengan kecepatan rata2 80 Km/jam. Kira2 lebih baik memilih Xi atau Li yah? Saya takut Li tidak ada tarikan saat diajak keluar kota dengan penumpang penuh...Klo ada yang tau, brapa sih perbandingan pemakaian BBM yang real, sesuai pengalaman pribadi..makasih Semuanya..095

Klo lebih banyak lewat tol mendingan Xi..., Ac juga lebih narik...
Sekalian mo review ah... kemarin waktu lebaran isi Fuel Thank ampe Luber + Aceton 5,5 ml+goyang inul...., Odo di reset ke Nol trus jalan dari Depok Ke Bogor 6 penumpang (4 Orang Dewasa, 1 Balita, dan satu lagi belum nongol..). Bagasi Fuel Oleh2... Tekanan Ban Belakang 32Psi, depan 30 Psi
Kecepatan Average 60-95 Km/J (Max di 3500 Rpm) Sesuai dengan petunjuk suhu xe... AC on Fan ke 2, arah jam 3
diBogor mampir bentar +/- 30 menit Abis dari Bogor Langsung Cau ke Subang Rumah Mertua via Tol Sadang dengan penumpang 3 Orang. Speed Average tol Jagorawi & Cikampek sama.
Kejebak Macet di UKI+/- 20 Menit, di Tol Cikampek +/-10 menit (merayap).
Isi lagi di Subang ampe fuel Thank+ goyang inul... Rp 55.395
(+/-12.31 L)
Total 198 KM jadi 1:16,08
Sempet sms ama unyil.... dan om desrtfox, Katanya klo kecepatan segitu memang pasti bisa.... ya yang penting sabar aja, namanya juga belon pe-pe-te-i.... 095


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - PenyuTurbo - 30-10-2006 11:13

Goshbuster Menulis:

B1138DO Menulis:
tolongin saya dong..saya mau tanya, saya mau beli xenia xi / li vvti, tapi saya bingung menentukannya,saya gunakan untuk dalam kota(kebanyakan lewat tol) sekarang saya memakai kijang dengan perbandingan 1 : 8.5 dengan kecepatan rata2 80 Km/jam. Kira2 lebih baik memilih Xi atau Li yah? Saya takut Li tidak ada tarikan saat diajak keluar kota dengan penumpang penuh...Klo ada yang tau, brapa sih perbandingan pemakaian BBM yang real, sesuai pengalaman pribadi..makasih Semuanya..095

Klo lebih banyak lewat tol mendingan Xi..., Ac juga lebih narik...
Sekalian mo review ah... kemarin waktu lebaran isi Fuel Thank ampe Luber + Aceton 5,5 ml+goyang inul...., Odo di reset ke Nol trus jalan dari Depok Ke Bogor 6 penumpang (4 Orang Dewasa, 1 Balita, dan satu lagi belum nongol..). Bagasi Fuel Oleh2... Tekanan Ban Belakang 32Psi, depan 30 Psi
Kecepatan Average 60-95 Km/J (Max di 3500 Rpm) Sesuai dengan petunjuk suhu xe... AC on  Fan ke 2, arah jam 3
diBogor mampir bentar +/- 30 menit Abis dari Bogor Langsung Cau ke Subang Rumah Mertua via Tol Sadang dengan penumpang 3 Orang. Speed Average tol Jagorawi & Cikampek sama.
Kejebak Macet di UKI+/- 20 Menit,  di Tol Cikampek +/-10 menit (merayap).
Isi lagi di Subang ampe fuel Thank+ goyang inul... Rp 55.395
(+/-12.31 L)
Total 198 KM jadi 1:16,08
Sempet sms ama unyil.... dan om desrtfox, Katanya klo kecepatan segitu memang pasti bisa.... ya yang penting sabar aja, namanya juga belon pe-pe-te-i.... 095


Best-nya ... udah bagus banget tuh ...


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Den Bagus - 30-10-2006 11:16

PenyuTurbo Menulis:

Goshbuster Menulis:

B1138DO Menulis:
tolongin saya dong..saya mau tanya, saya mau beli xenia xi / li vvti, tapi saya bingung menentukannya,saya gunakan untuk dalam kota(kebanyakan lewat tol) sekarang saya memakai kijang dengan perbandingan 1 : 8.5 dengan kecepatan rata2 80 Km/jam. Kira2 lebih baik memilih Xi atau Li yah? Saya takut Li tidak ada tarikan saat diajak keluar kota dengan penumpang penuh...Klo ada yang tau, brapa sih perbandingan pemakaian BBM yang real, sesuai pengalaman pribadi..makasih Semuanya..095

Klo lebih banyak lewat tol mendingan Xi..., Ac juga lebih narik...
Sekalian mo review ah... kemarin waktu lebaran isi Fuel Thank ampe Luber + Aceton 5,5 ml+goyang inul...., Odo di reset ke Nol trus jalan dari Depok Ke Bogor 6 penumpang (4 Orang Dewasa, 1 Balita, dan satu lagi belum nongol..). Bagasi Fuel Oleh2... Tekanan Ban Belakang 32Psi, depan 30 Psi
Kecepatan Average 60-95 Km/J (Max di 3500 Rpm) Sesuai dengan petunjuk suhu xe... AC on  Fan ke 2, arah jam 3
diBogor mampir bentar +/- 30 menit Abis dari Bogor Langsung Cau ke Subang Rumah Mertua via Tol Sadang dengan penumpang 3 Orang. Speed Average tol Jagorawi & Cikampek sama.
Kejebak Macet di UKI+/- 20 Menit,  di Tol Cikampek +/-10 menit (merayap).
Isi lagi di Subang ampe fuel Thank+ goyang inul... Rp 55.395
(+/-12.31 L)
Total 198 KM jadi 1:16,08
Sempet sms ama unyil.... dan om desrtfox, Katanya klo kecepatan segitu memang pasti bisa.... ya yang penting sabar aja, namanya juga belon pe-pe-te-i.... 095


Best-nya ... udah bagus banget tuh ...


Mau nanya, sebenernya di SPEED & RPM berapa ya, pemakaian bbm yang paling irit ? ... mohon pencerahannya ? ...
Kalo gak ngejar waktu ada baiknya untuk dipraktekan di tol ... Smile


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Goshbuster - 30-10-2006 11:28

Den Bagus Menulis:

PenyuTurbo Menulis:

Goshbuster Menulis:
Klo lebih banyak lewat tol mendingan Xi..., Ac juga lebih narik...
Sekalian mo review ah... kemarin waktu lebaran isi Fuel Thank ampe Luber + Aceton 5,5 ml+goyang inul...., Odo di reset ke Nol trus jalan dari Depok Ke Bogor 6 penumpang (4 Orang Dewasa, 1 Balita, dan satu lagi belum nongol..). Bagasi Fuel Oleh2... Tekanan Ban Belakang 32Psi, depan 30 Psi
Kecepatan Average 60-95 Km/J (Max di 3500 Rpm) Sesuai dengan petunjuk suhu xe... AC on  Fan ke 2, arah jam 3
diBogor mampir bentar +/- 30 menit Abis dari Bogor Langsung Cau ke Subang Rumah Mertua via Tol Sadang dengan penumpang 3 Orang. Speed Average tol Jagorawi & Cikampek sama.
Kejebak Macet di UKI+/- 20 Menit,  di Tol Cikampek +/-10 menit (merayap).
Isi lagi di Subang ampe fuel Thank+ goyang inul... Rp 55.395
(+/-12.31 L)
Total 198 KM jadi 1:16,08
Sempet sms ama unyil.... dan om desrtfox, Katanya klo kecepatan segitu memang pasti bisa.... ya yang penting sabar aja, namanya juga belon pe-pe-te-i.... 095


Best-nya ... udah bagus banget tuh ...


Mau nanya, sebenernya di SPEED & RPM berapa ya, pemakaian bbm yang paling irit ? ... mohon pencerahannya ? ...
Kalo gak ngejar waktu ada baiknya untuk dipraktekan di tol ... Smile

Kemarin seh nerapin ilmunya suhu xe/av tiap perpindahan gigi di RPM 3500 (Untuk Xi/Av) untuk Li gw lupa. dan mentok pada gigi 5 RPM 3500 cuma bisa mentok 95 KM/Jam, speed diatas segitu RPM-nya naek...
klo lagi ngga dikejar2 waktu seh lumayan lah...Whistling


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - PenyuTurbo - 30-10-2006 11:33

Den Bagus Menulis:
Mau nanya, sebenernya di SPEED & RPM berapa ya, pemakaian bbm yang paling irit ? ... mohon pencerahannya ? ...
Kalo gak ngejar waktu ada baiknya untuk dipraktekan di tol ... Smile


di RPM dimana terjadi TORSI MAKSIMUM ... disitu juga BSFC adalah yang paling kecil ... tentang speed-nya berapa tergantung dari gear ratio, final drive ratio dan ukuran ban yang digunakan. Kalau Torsi Maksimum terjadi di RPM 3600 ... ya coba check di RPM tersebut ... pada gigi tertinggi ... berapa Speednya. Umumnya sih antara 80kpj ke 90kpj. Pada kecepatan inipun terjadi kompromi antara rolling resistance ban dengan gaya tahan angin (gaya tahan aerodinamik).


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Den Bagus - 30-10-2006 11:49

PenyuTurbo Menulis:

Den Bagus Menulis:
Mau nanya, sebenernya di SPEED & RPM berapa ya, pemakaian bbm yang paling irit ? ... mohon pencerahannya ? ...
Kalo gak ngejar waktu ada baiknya untuk dipraktekan di tol ... Smile


di RPM dimana terjadi TORSI MAKSIMUM ... disitu juga BSFC adalah yang paling kecil ... tentang speed-nya berapa tergantung dari gear ratio, final drive ratio dan ukuran ban yang digunakan. Kalau Torsi Maksimum terjadi di RPM 3600 ... ya coba check di RPM tersebut ... pada gigi tertinggi ... berapa Speednya. Umumnya sih antara 80kpj ke 90kpj. Pada kecepatan inipun terjadi kompromi antara rolling resistance ban dengan gaya tahan angin (gaya tahan aerodinamik).


Iya tadi terburu2, setelah posting bari ingat di GEAR berapa ... Smile
Kalo untuk RPM yg sama 3600, lebih irit gear 4 atau 5 ya ...


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - budisan - 31-10-2006 09:42

PenyuTurbo Menulis:

Den Bagus Menulis:
Mau nanya, sebenernya di SPEED & RPM berapa ya, pemakaian bbm yang paling irit ? ... mohon pencerahannya ? ...
Kalo gak ngejar waktu ada baiknya untuk dipraktekan di tol ... Smile


di RPM dimana terjadi TORSI MAKSIMUM ... disitu juga BSFC adalah yang paling kecil ... tentang speed-nya berapa tergantung dari gear ratio, final drive ratio dan ukuran ban yang digunakan. Kalau Torsi Maksimum terjadi di RPM 3600 ... ya coba check di RPM tersebut ... pada gigi tertinggi ... berapa Speednya. Umumnya sih antara 80kpj ke 90kpj. Pada kecepatan inipun terjadi kompromi antara rolling resistance ban dengan gaya tahan angin (gaya tahan aerodinamik).


Pak Penyu, kalau mobil Yaris yang torsinya di 4200 rpm, irit lari di berapa ? apa di 90-100 (mengingat tahanan angin) atau di gigi lima lari seratus lebih ?


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Den Bagus - 31-10-2006 09:45

PenyuTurbo Menulis:

Den Bagus Menulis:
Mau nanya, sebenernya di SPEED & RPM berapa ya, pemakaian bbm yang paling irit ? ... mohon pencerahannya ? ...
Kalo gak ngejar waktu ada baiknya untuk dipraktekan di tol ... Smile


di RPM dimana terjadi TORSI MAKSIMUM ... disitu juga BSFC adalah yang paling kecil ... tentang speed-nya berapa tergantung dari gear ratio, final drive ratio dan ukuran ban yang digunakan. Kalau Torsi Maksimum terjadi di RPM 3600 ... ya coba check di RPM tersebut ... pada gigi tertinggi ... berapa Speednya. Umumnya sih antara 80kpj ke 90kpj. Pada kecepatan inipun terjadi kompromi antara rolling resistance ban dengan gaya tahan angin (gaya tahan aerodinamik).


R/R kemaren sore saya coba merasakan TORSI MAKSIMUM di RPM 3500 (soalnya RPM3600 sulit ngukurnya, gak ada garisnya, jadi kurang presisi). Di RPM3500 gear4 speed ~80 dan gear5 ~90.
Kalo gear4 gas cenderung dikurangi spy stabil di RPM 3500 (dan sepertinya pedal gas tidak terlalu dalam) sementara gear5 gas cenderung ditambah spy stabil di RPM 3500 (dan sepertinya pedal gas terlalu dalam, gak tahu deh kalo hanya perasaan saya saja)
saya simpulkan sepertinya dirpm 3500 gear4 akan lebih irit dari gear5
Pertanyaan saya, bener gak ya kesimpulan tersebut ...

R/R bagi2 tips mengemudi yang irit di jalan TOL donk ... Smile
Soalnya kalo di jalan biasa susah untuk diterapkan ... Smile

Tks


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Anton G - 31-10-2006 09:51

Den Bagus Menulis:

PenyuTurbo Menulis:

Den Bagus Menulis:
Mau nanya, sebenernya di SPEED & RPM berapa ya, pemakaian bbm yang paling irit ? ... mohon pencerahannya ? ...
Kalo gak ngejar waktu ada baiknya untuk dipraktekan di tol ... Smile


di RPM dimana terjadi TORSI MAKSIMUM ... disitu juga BSFC adalah yang paling kecil ... tentang speed-nya berapa tergantung dari gear ratio, final drive ratio dan ukuran ban yang digunakan. Kalau Torsi Maksimum terjadi di RPM 3600 ... ya coba check di RPM tersebut ... pada gigi tertinggi ... berapa Speednya. Umumnya sih antara 80kpj ke 90kpj. Pada kecepatan inipun terjadi kompromi antara rolling resistance ban dengan gaya tahan angin (gaya tahan aerodinamik).


R/R kemaren sore saya coba merasakan TORSI MAKSIMUM di RPM 3500 (soalnya RPM3600 sulit ngukurnya, gak ada garisnya, jadi kurang presisi). Di RPM3500 gear4 speed ~80 dan gear5 ~90.
Kalo gear4 gas cenderung dikurangi spy stabil di RPM 3500 (dan sepertinya pedal gas tidak terlalu dalam) sementara gear5 gas cenderung ditambah spy stabil di RPM 3500 (dan sepertinya pedal gas terlalu dalam, gak tahu deh kalo hanya perasaan saya saja)
saya simpulkan sepertinya dirpm 3500 gear4 akan lebih irit dari gear5
Pertanyaan saya, bener gak ya kesimpulan tersebut ...

R/R bagi2 tips mengemudi yang irit di jalan TOL donk ... Smile
Soalnya kalo di jalan biasa susah untuk diterapkan ... Smile

Tks



Kayaknya ngak harus Fix di 3500 tapi diantara 3200 s/d 4200. itu adalah Torsi Maksimumnya, jadi rpm dipanteng diantara range itu saja...!!!


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - PenyuTurbo - 31-10-2006 10:08

Anton G Menulis:
Kayaknya ngak harus Fix di 3500 tapi diantara 3200 s/d 4200.  itu adalah Torsi Maksimumnya, jadi rpm dipanteng diantara range itu saja...!!!


Boss ... yang namanya maksimum kan cuman single value ... tapi untuk jalan emang gak bisa dipanteng kostan di harga maksimum tsb ... jalanan rame ... meskipun make autocruise ... rpm berfluktuasi ... walaupun speednya konstant. Inget make volvo di highway pakai autocruise ... speed 110 kpj ... jalan datar RPM manteng di 2800 ... pas jalanan naik ... rpm naik ke 3000 ... pas jalanan turun rpm ikut turun ke 2600.

Power = Torque x RPM

Jalan datar power ini di konvert ke speed ... pas naik ada hambatan gravity ... supaya speed-nya tetep dan untuk ngimangin hambatan gravity powernya mesti naik ... RPM nya kudu naik ... demikian juga kala jalan turun berlaku sebaliknya.

Kalau dipanteng di RPM 3600 ... waktu jalan naik ... tentu speed berkurang karena sebagian power digunakan untuk ngimbangin (cancel) hambatan gravity ... tapi kalau jalanan turun dengan RPM 3600 ... tentu saja speed-nya nambah.


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Anton G - 31-10-2006 10:24

PenyuTurbo Menulis:

Anton G Menulis:
Kayaknya ngak harus Fix di 3500 tapi diantara 3200 s/d 4200.  itu adalah Torsi Maksimumnya, jadi rpm dipanteng diantara range itu saja...!!!


Boss ... yang namanya maksimum kan cuman single value ... tapi untuk jalan emang gak bisa dipanteng kostan di harga maksimum tsb ... jalanan rame ... meskipun make autocruise ... rpm berfluktuasi ... walaupun speednya konstant. Inget make volvo di highway pakai autocruise ... speed 110 kpj ... jalan datar RPM manteng di 2800 ... pas jalanan naik ... rpm naik ke 3000 ... pas jalanan turun rpm ikut turun ke 2600.

Power = Torque x RPM

Jalan datar power ini di konvert ke speed ... pas naik ada hambatan gravity ... supaya speed-nya tetep dan untuk ngimangin hambatan gravity powernya mesti naik ... RPM nya kudu naik ... demikian juga kala jalan turun berlaku sebaliknya.

Kalau dipanteng di RPM 3600 ... waktu jalan naik ... tentu speed berkurang karena sebagian power digunakan untuk ngimbangin (cancel) hambatan gravity ... tapi kalau jalanan turun dengan RPM 3600 ... tentu saja speed-nya nambah.


Jadi Torsi Maksimum itu Bersifat Variabel juga dong, Depend on hambatan gravitasi tersebut.

Berapa perubahan min or plus RPM dari Torsi maksimum jalan datar tersebut terhadap jalanan nanjak atau menurun ? hitungan rumusnya ada juga ngak ?, atau as a feeling aja,

Jadi jika misalnya jalanan naek rpm dinakin ke 3800 perasaan masih kurang enak, naekin lagi ke 4200 atau sampai ketemu rpm yang pas secara feeling.

apakah bisa disimpulkan, Seketemunya RPM yang pas tersebut itulah yang menandakan torsi maksimum pada jalanan nanjak ?.


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Den Bagus - 31-10-2006 11:03

PenyuTurbo Menulis:

Anton G Menulis:
Kayaknya ngak harus Fix di 3500 tapi diantara 3200 s/d 4200.  itu adalah Torsi Maksimumnya, jadi rpm dipanteng diantara range itu saja...!!!


Boss ... yang namanya maksimum kan cuman single value ... tapi untuk jalan emang gak bisa dipanteng kostan di harga maksimum tsb ... jalanan rame ... meskipun make autocruise ... rpm berfluktuasi ... walaupun speednya konstant. Inget make volvo di highway pakai autocruise ... speed 110 kpj ... jalan datar RPM manteng di 2800 ... pas jalanan naik ... rpm naik ke 3000 ... pas jalanan turun rpm ikut turun ke 2600.

Power = Torque x RPM

Jalan datar power ini di konvert ke speed ... pas naik ada hambatan gravity ... supaya speed-nya tetep dan untuk ngimangin hambatan gravity powernya mesti naik ... RPM nya kudu naik ... demikian juga kala jalan turun berlaku sebaliknya.

Kalau dipanteng di RPM 3600 ... waktu jalan naik ... tentu speed berkurang karena sebagian power digunakan untuk ngimbangin (cancel) hambatan gravity ... tapi kalau jalanan turun dengan RPM 3600 ... tentu saja speed-nya nambah.


Pak Penyu Turbo, kesimpulannya gimana ya pak ...
Berkendara dengan selalu berpatokan ke torsi maksimum di RPM 3600 atau berpatokan ke speed 80-90kpj ?

Menurut saya untuk jalan "datar & rata" gear 5 lebih enak untuk selalu berada di torsi maksimum, tapi untuk jalan bergelombang gear 4 lebih enak untuk selalu berada di torsi maksimum (krn lebih cepat response-nya)


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - PenyuTurbo - 31-10-2006 11:18

Anton G Menulis:
Jadi Torsi Maksimum itu Bersifat Variabel juga dong, Depend on hambatan gravitasi tersebut.  

Berapa perubahan min or plus RPM dari Torsi maksimum jalan datar tersebut terhadap jalanan nanjak atau menurun ?   hitungan rumusnya ada juga ngak ?, atau as a feeling aja,

Jadi jika misalnya jalanan naek rpm dinakin ke 3800 perasaan masih kurang enak, naekin lagi ke 4200 atau sampai ketemu rpm yang pas secara feeling.

apakah bisa disimpulkan, Seketemunya RPM yang pas tersebut itulah yang menandakan torsi maksimum pada jalanan nanjak ?.


Torsi yang dihasilkan mesin memang variabel ... cuman hambatan gravitasi bukan salah satu variabel untuk menentukan torsi mesin. Setelah torsi mesin udah dipindahin ke Roda ... barulah torsi ini diconvert ke sistem keseimbangan gaya ... di roda ... salah satunya adalah gaya gravitasi ... Gaya Dorong pada roda (Torsi pada Roda) akan digunakan untuk menniadakan Gaya Gesek Ban-Jalan ... Gaya Gravitasi jika nanjak dan gaya tahan udara. Kalau udah begini ... maka gak cukup ngelihat power, RPM dan Torque saja ... tapi mesti ngelihat Gear Ratio. Karena 50HP untuk nanjak pada gigi 5 akan berbeda dengan 50HP pada gigi 2 atau Gigi 1.

Misal 50 HP itu pada putaran 4500 dan torsinya = 58 lb.ft

Pada gigi 5 ... Torsi pada roda = 240 lb.ft
Pada Gigi 4 ... Torsi pada roda = 300 lb.ft
Pada Gigi 3 ... Torsi pada roda = 500 lb.ft
Pada Gigi 2 ... Torsi pada Roda = 600 lb.ft
Pada Gigi 1 ... Torsi pada Roda = 1130 lb.ft

Pada saat nanjak dengan 50HP pada gigi 5 ... torsi pada roda gak bisa mengimbangi hambatan gaya gravitasi ... mobil akan melambat ... terus mesti gigi diturunin ... ke gigi 4 misalnya ... tetep dengan menggunakan 50HP ... kalau torsi di roda masih juga lebih kecil dari gaya hambatan gravitasi ... mobil masih akan melambat .... turunin gigi lagi ... sampai torsi pada roda bisa mengatasi hambatan gaya gravitasi, hambatan gaya gesek udara dan gaya gesekan ban dengan jalan ... ya mobilnya bisa nanjak ... tapi kalau nanjaknya udah kebangeten dan pada gigi 1 pun torsi pada roda kurang ... ya kepaksa penumpang diturunin ... terus suruh ikutan ndorong untuk nambahin engine power ... hehehehehehe.

Kalau tanjakannya cukup landai ... gak curam banget ... sepanjang pada gigi 5 masih bisa ngatasin ... ya cukup naikkan powernya aja ... alias nambahin RPM sampai dirasa ok.


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - PenyuTurbo - 31-10-2006 11:25

Den Bagus Menulis:
Pak Penyu Turbo, kesimpulannya gimana ya pak ...
Berkendara dengan selalu berpatokan ke torsi maksimum di RPM 3600 atau berpatokan ke speed 80-90kpj ?

Menurut saya untuk jalan "datar & rata" gear 5 lebih enak untuk selalu berada di torsi maksimum, tapi untuk jalan bergelombang gear 4 lebih enak untuk selalu berada di torsi maksimum (krn lebih cepat response-nya)


Untuk supaya irit BBM dan keselamatan berkendara ... ya akan lebih baik berpatokan pada 80-90 kpj ... ini kalau perjalan direncanakan betul-betul dan gak ngejar waktu.

Untuk jalan bergelombang ... ya mesti dilihat dari suspensinya dan kenyamanan nya ... kalau suspensinya ok pada kecepatan 80-90 kpj... dipanteng disitu pun gak pa2 ... cuman kalau udah kaya gerobak ... ya diturunin speed-nya ... sampai driver dan penumpang merasa nyaman ... tentunya pada gigi yang lebih rendah supaya kalau ketemu jalan yang rata lagi ... akselerasinya cepet.


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Unyil - 05-11-2006 19:37

om ghosty, maap baru ngeliat topik ini. Boleh donk om di share acetonenya, kata om Li dan om Dolf mau diliat and di tes di boilnya.
aku juga yaa om, jangan dilupaKEN.


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - weeargh - 21-04-2007 23:16

Guys,
Gua coba cari2 di thread yg ada, tp sptnya ga ketemu, cuma penasaran dikit nih, ban dengan ukuran yg lebih besar DIAMETERnya, apakah secara otomatis mobil jadi lebih "irit"?

Gua awam soal mobil, tapi errr maksud g gini, katakanlah ban xenia Li std khan velg 13 trus ban ukuran sekian, sehingga keliling ban, yang juga merupaka jarak tempuh per satu rotasi adalah X cm, trus dengan velg 15, trus pake ban 185 sekian, jadinya jarak tempuh per rotasi X+Y cm (lebih panjang)...

Nah, gerakan mesin khan ngaruhnya ke jumlah rotasi khan? otomatis, apakah keliling ban yg lebih besar membuat konsumsi per kilometer juga lebih OK?

Kalo keliling ban bisa lebih besar 20% berarti lebih irit 20% donk yah?

*cuma penasaran


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - weeargh - 21-04-2007 23:24

btw, hehe, sorry bro kalo salah posting di topik yg salah Yagak


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - weeargh - 21-04-2007 23:25

btw, hehe, sorry bro kalo salah posting di topik yg salah Yagak


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Darmaji99 - 07-08-2014 16:08

Laporan mudik Lebaran 2014 buat aGan2

Xenia Xi, AT 2011

Lemahabang KM 118781 Full Tank
Batang KM 119169 Full Tank 33,57 Liter
Blora KM 119383 tidak isi
Ngaringan Purwodadi KM 119405 Full Tank 21,5 Liter
Nagrek KM 119983 Isi 10 Liter
Lemahabang KM 120146 Full Tank 35,15 Liter

Total jarak tempuh 1,365 Km
Total BBM 100,22 Ltr

Rata-Rata konsumsi BBM Premium = 13,62 Km / 1 Liter

Beban lumayan berat -+ 400Kg ( 1 Itri + 1 Suami + 2 Anak Gemuk2 + Baju2 + Kue2 )

Berangkat 11,2KM/1Liter, Kembali 16,14KM/1Liter,,

Apakah bedanya antara berangkat dan kembali ? masih bingung,...http://www.avanzaxenia.net/images/smilies/question.gif


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Darmaji99 - 07-08-2014 16:17

Lemahabang KM 118781 Full Tank
Batang KM 119169 Full Tank 33,57 Liter
Blora KM 119383 tidak isi
Ngaringan Purwodadi KM 119405 Full Tank 21,5 Liter
Nagrek KM 119983 Isi 10 Liter
Lemahabang KM 120146 Full Tank 35,15 Liter

Total jarak tempuh 1,365 Km
Total BBM 100,22 Ltr

Rata-Rata konsumsi BBM = 13,62 Km / Ltr,

Bebean lumayan berat -+ 400Kg


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - wulandharma - 08-08-2014 10:48

Darmaji99 Menulis:
Laporan mudik Lebaran 2014 buat aGan2

Xenia Xi, AT 2011

Lemahabang KM 118781 Full Tank
Batang KM 119169 Full Tank 33,57 Liter
Blora KM 119383 tidak isi
Ngaringan Purwodadi KM 119405 Full Tank 21,5 Liter
Nagrek KM 119983 Isi 10 Liter
Lemahabang KM 120146 Full Tank 35,15 Liter

Total jarak tempuh 1,365 Km
Total BBM 100,22 Ltr

Rata-Rata konsumsi BBM Premium = 13,62 Km / 1 Liter

Beban lumayan berat -+ 400Kg ( 1 Itri + 1 Suami + 2 Anak Gemuk2 + Baju2 + Kue2 )

Berangkat 11,2KM/1Liter, Kembali 16,14KM/1Liter,,

Apakah bedanya antara berangkat dan kembali ? masih bingung,...http://www.avanzaxenia.net/images/smilies/question.gif


nice post om, Topdeh
itu beda berangkat ma pulang selain beban, sudah di hitung belum faktor macet? AC?
sebelumnya ada baiknya melipir kenalan dulu om ke sini ---> http://www.avanzaxenia.net/forumdisplay.php?fid=20


RE: perbandingan komsumsi BBM Xenia Xi / Li VVT-i - Darmaji99 - 08-08-2014 16:07

wulandharma Menulis:

Darmaji99 Menulis:
Laporan mudik Lebaran 2014 buat aGan2

Xenia Xi, AT 2011

Lemahabang KM 118781 Full Tank
Batang KM 119169 Full Tank 33,57 Liter
Blora KM 119383 tidak isi
Ngaringan Purwodadi KM 119405 Full Tank 21,5 Liter
Nagrek KM 119983 Isi 10 Liter
Lemahabang KM 120146 Full Tank 35,15 Liter

Total jarak tempuh 1,365 Km
Total BBM 100,22 Ltr

Rata-Rata konsumsi BBM Premium = 13,62 Km / 1 Liter

Beban lumayan berat -+ 400Kg ( 1 Itri + 1 Suami + 2 Anak Gemuk2 + Baju2 + Kue2 )

Berangkat 11,2KM/1Liter, Kembali 16,14KM/1Liter,,

Apakah bedanya antara berangkat dan kembali ? masih bingung,...http://www.avanzaxenia.net/images/smilies/question.gif


nice post om, Topdeh
itu beda berangkat ma pulang selain beban, sudah di hitung belum faktor macet? AC?
sebelumnya ada baiknya melipir kenalan dulu om ke sini ---> http://www.avanzaxenia.net/forumdisplay.php?fid=20


Berangkat 24jam dijalan, kalau jalan sepi pasti tancap gas,, beban relativ sama, AC sama dipanteng tengah2,,

Terusanya diatas Lemahabang full tank KM 120146 dipakai di dalam kota Jakarta kondisi lancar, beban cuma 2orang dewasa 2orang anak kecil, isi lagi Karang tengah, KM 120,584 isi 33,49Liter = rata2 konsumsi / Liter adalah 13,07Km,,yang masih kelihatan irit,..Salam