Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Persneling susah masuk - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Perawatan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=17)
+--- Topik: Persneling susah masuk (/showthread.php?tid=8353)


Persneling susah masuk - Renz - 02-05-2008 09:35

Hai semua,

Xenia saya bermasalah oper gigi. Utj ke gigi yg ganjil (gigi 1, 3 dan 5) sering ndak masuk, bukannya keras tapi seperti tdk masuk ke posisinya.
Mis. dari 2 ke 3, sy hrs tunggu rpm agak turun baru bisa ke 3. Atau dari 2 ke 1, mobil harus brenti full baru bs masuk ke 1.
Tapi kalo ke gigi 2 dan 4 OK-OK aja. Oya,... dari 4 ke 5 gak bs masuk2, jad ditol gak bisa dikebut.
Pedal kopling kalo diinjek biasa aja tdk berat. Km mobil 84000 belum pernah ganti kopling
Masalahnya di persneling atau di kopling ya??
Mohon pencerahan dari rekan2.

Thx.


RE: Persneling susah masuk - dani3 - 03-05-2008 00:15

Sudah pernah coba claim blum bro?, apa itu terjadinya setelah pemakaian
sudah lama atau dari baru sudah mengalami seperti itu?


RE: Persneling susah masuk - Pras - 03-05-2008 07:44

Better di klaim ke BERES bro... tapi kalo mau DIY menentukan problemnya di kopling atau transmisi, silahkan disetel-setel kabel koplingnya... kalo udah nyoba berbagai penyetelan masih susah, berarti ada yang gak beres dengan transmisinya... biasanya sih cuma masalah setelan kabel kopling...


RE: Persneling susah masuk - Renz - 03-05-2008 13:29

Km mobil udah 84000. Minta info harga part plus pasang utk kopling set (kampas, kabel, dll) dong?
Ada yg pernah ganti?


RE: Persneling susah masuk - black.avanza - 03-05-2008 13:48

Renz Menulis:
Hai semua,

Xenia saya bermasalah oper gigi. Utj ke gigi yg ganjil (gigi 1, 3 dan 5) sering ndak masuk, bukannya keras tapi seperti tdk masuk ke posisinya.
Mis. dari 2 ke 3, sy hrs tunggu rpm agak turun baru bisa ke 3. Atau dari 2 ke 1, mobil harus brenti full baru bs masuk ke 1.
Tapi kalo ke gigi 2 dan 4 OK-OK aja. Oya,... dari 4 ke 5 gak bs masuk2, jad ditol gak bisa dikebut.
Pedal kopling kalo diinjek biasa aja tdk berat. Km mobil 84000 belum pernah ganti kopling
Masalahnya di persneling atau di kopling ya??
Mohon pencerahan dari rekan2.

Thx.


Eek3
mobil tahun berapa nih?suka keliling indonesia yak...banyak bener...


RE: Persneling susah masuk - Dimas Prasetyo H - 03-05-2008 23:16

Wew... setahu gw ampas kopling itu lama dey... bisa 4 tahunan atau lebih tergantung gaya nyetirnya jugaWhistling


RE: Persneling susah masuk - FX Suprapto - 04-05-2008 05:46

kalo susah masuk, kemungkinan lain adalah sinkromes di transmisi sudah abis.

coba deh dirasakan dulu kalo sedang ditanjakan.
apakah tenaganya masih bagus? Bila kampas kopling yg habis sih harusnya loyo.


RE: Persneling susah masuk - Don - 04-05-2008 09:06

Renz Menulis:
Hai semua,

Xenia saya bermasalah oper gigi. Utj ke gigi yg ganjil (gigi 1, 3 dan 5) sering ndak masuk, bukannya keras tapi seperti tdk masuk ke posisinya.
Mis. dari 2 ke 3, sy hrs tunggu rpm agak turun baru bisa ke 3. Atau dari 2 ke 1, mobil harus brenti full baru bs masuk ke 1.
Tapi kalo ke gigi 2 dan 4 OK-OK aja. Oya,... dari 4 ke 5 gak bs masuk2, jad ditol gak bisa dikebut.
Pedal kopling kalo diinjek biasa aja tdk berat. Km mobil 84000 belum pernah ganti kopling
Masalahnya di persneling atau di kopling ya??
Mohon pencerahan dari rekan2.

Thx.


untuk km segitu udah waktunya ganti kopling set, pasti udah abis.


RE: Persneling susah masuk - Don - 04-05-2008 09:10

Renz Menulis:
Km mobil udah 84000. Minta info harga part plus pasang utk kopling set (kampas, kabel, dll) dong?
Ada yg pernah ganti?


lupa tepatnya brapa, kalo gak salah sekitar 900ribu satu set komplit termasuk ongkos pasang di beres.


RE: Persneling susah masuk - beyondsky - 04-05-2008 13:20

FX Suprapto Menulis:
kalo susah masuk, kemungkinan lain adalah sinkromes di transmisi sudah abis.

coba deh dirasakan dulu kalo sedang ditanjakan.
apakah tenaganya masih bagus? Bila kampas kopling yg habis sih harusnya loyo.


om FX, maksudnya sinkromes sudah habis apa yah? kebetulan gw agak sulit masuk gigi 1 kalo dari netral... tanya2 bengkel sih katanya sinkronisasi antara transmisi dengan koplingnya kurang klop... apa ini yang dimaksud sinkromes transmisi habis om?


RE: Persneling susah masuk - FX Suprapto - 04-05-2008 13:52

Waduh... dulu pernah sih dibahas, lengkap dg gambarnya.
Lupa gw link-nya..... coba ntar tak bantu CARI, siapa tahu ketemu.

Pada intinya sinkromes ini fungsinya untuk menyeimbangkan putaran roda gigi di dalam transmisi, semacam perantara gitu.
Tanpa sinkromesh, putaran dari input shaft akan sulit masuk (mesh) ke output shaft.

Kurang lebih gambarnya kayak gini:






RE: Persneling susah masuk - Renz - 05-05-2008 18:44

Utk tarikan, memang berasa kurang. Terasa banget kalo pas narik di 2 dan 3, mesin spt ngeden trus larinya agak lama. Itu koplingnya ya...?
Tapi kenapa tiba2 ya?
Awal kejadiannya justru selepas gue kena macet. Pas macet gak berasa apa2, begitu lepas macet gue tancap dari 1 ke 2 .... pas ke 3 ngelos aja.


RE: Persneling susah masuk - Renz - 10-06-2008 16:09

Problem gw dah beres, tp sori kelamaan posting...
Masalahnya ada pada Cable transmission, kabel itu terbuat dari sling baja itu melar. So, pas wkt gerakan ngedorong tuas di trans box, bukannya dorong malah meliuk.
Gw nanya orang di Beres apa semua xenia avanza kaya gitu?? Ternyata benar.
Harganya Rp 180rb an.


RE: Persneling susah masuk - Babayubay - 23-06-2008 12:44

Kalo Avanza saya suka susah masukin gigi mundur. Avanza saya manual. Biasanya kalo mau masuk gigi R harus diinjek 2 kali pedal koplingnya. Mungkin penyebab masalahnya sama...


RE: Persneling susah masuk - honggy - 23-06-2008 13:11

Babayubay Menulis:
Kalo Avanza saya suka susah masukin gigi mundur. Avanza saya manual. Biasanya kalo mau masuk gigi R harus diinjek 2 kali pedal koplingnya. Mungkin penyebab masalahnya sama...


penyakit avanzaWhistling gw malah dulu ga bisa dimasukin... mau jalan jalan pake mobil baru ga jadi... gara gara ga bisa parkir..Tuh setelah servis seribu.. beres..


RE: Persneling susah masuk - Pras - 23-06-2008 13:17

Renz Menulis:
Masalahnya ada pada Cable transmission, kabel itu terbuat dari sling baja itu melar.
Gw nanya orang di Beres apa semua xenia avanza kaya gitu?? Ternyata benar.
Harganya Rp 180rb an.


maksudnya kabel kopling yak? gue tanya di Beres 165rb kalo plus PPN berarti 181.500,- Kalo di Cipete harganya 155rb.
udah berapa KM bro mobilnya?


RE: Persneling susah masuk - Hilman Zhou - 08-07-2008 17:56

honggy Menulis:

Babayubay Menulis:
Kalo Avanza saya suka susah masukin gigi mundur. Avanza saya manual. Biasanya kalo mau masuk gigi R harus diinjek 2 kali pedal koplingnya. Mungkin penyebab masalahnya sama...


penyakit avanzaWhistling gw malah dulu ga bisa dimasukin... mau jalan jalan pake mobil baru ga jadi... gara gara ga bisa parkir..Tuh setelah servis seribu.. beres..


kalo susah masukin gigi mundur mah penyakit bawaan Haha


RE: Persneling susah masuk - Hitman - 06-08-2008 13:01

iya tuh..xexi gw baru 600an KM..
kadang2 kok susah ya masuk ke gigi mundur..
mesti diteken sampe mentok-tok-tok koplingnya baru deh masuk..
kalopun masuk, suka kedengaran suara gresek geto...


RE: Persneling susah masuk - arif_tyo - 06-08-2008 13:10

Alhamdulillah mobil udah hampir 75rb km ga pernah ada masalah sama transmisi.... Wink


RE: Persneling susah masuk - robert shandy - 06-08-2008 13:20

coba stel dlu koplingnya bro, seperti om pras bilang. sapa tau kependekkan.
klu udah masih juga coba cek tuas persneling atas, ada yg nyangkut ga soale masa gigi ganjil aja yg masalah (ke arah depan) sedang yg genap (ke arah belakang) ga.
aneh bgt toh.
pengalaman saya seh sinkronise tuh jarang rusak, klu susah masuk yg duluan kena matahari (dekrup)
coba dlu bro, sapa tau tuh tongkat nyangkut di karpet
hehehe


RE: Persneling susah masuk - iNdr4 - 06-08-2008 13:30

cek kopling aja dulu ... selama gearbox ga bocor atau kurang oli nya mah jarang banget yg jebol, pemasangan kopling nya kemungkinan ga bener, bisa aja ga align .. jadi km baru sedikit udah kemakan ..


RE: Persneling susah masuk - fajarw - 06-08-2008 15:00

sharing tambahan ya

pertengahan juli saya mengalami hal mirip2 gitu
km saat itu 76rb-an
kalau masuk gigi 1 kayaknya "ngelos" tapi gigi 2 normal

sebelumnya tali kopling pernah ganti (bulan mei)

nah bawa ke Auto Tara xmalang dicek katanya kabel transmisi sudah jelek
trus sekalian aja ganti kopling set
kalo gak salah cuma kena 800-an (untung bisa gesek...duh tengah bulan euy)

sekarang sudah ok lagi. bahkan awal2nya kaget karena masuk gigi dan injek kopling jadi enteng Topdeh


RE: Persneling susah masuk - Mamo - 06-08-2008 15:24

Mo sharing ne....


Hari ini AVG 2004 gw ganti kopling set, KM 54000, total biaya 1.25jt (terpaksa gesek....) , tanya ke Auto2000 tebet estimasi 1.55jt Tuh
Gejalanya kopling dah mulai berat.....berhubung mo dipake keluar kota, langsung suruh cek kopling ke bengkel langganan


RE: Persneling susah masuk - Danny Massie - 06-08-2008 16:47

wah...wah mahal juga yach. emang sich kalo kopling terasa berat bisa jadi tanda-tanda kopling abis. tapi begitu abis diganti .....maknyus, enteng.....tapi ntar beberapa ribu km jadi berat lagi...HikhikWallbash


RE: Persneling susah masuk - arif_tyo - 06-08-2008 17:56

Mamo Menulis:
Mo sharing ne....


Hari ini AVG 2004 gw ganti kopling set, KM 54000, total biaya 1.25jt (terpaksa gesek....) , tanya ke Auto2000 tebet estimasi 1.55jt Tuh
Gejalanya kopling dah mulai berat.....berhubung mo dipake keluar kota, langsung suruh cek kopling ke bengkel langganan


Eek3Eek3
waduh.. boil ane jg avg 2004, km udah 75rb tapi kopling ga ada masalah...
(belum ada maksudnya) Gozkirpma


RE: Persneling susah masuk - dani3 - 09-08-2008 01:04

arif_tyo Menulis:
waduh.. boil ane jg avg 2004, km udah 75rb tapi kopling ga ada masalah...
(belum ada maksudnya)


mending diganti aja bro dari pada nunggu ada masalah malah
cepe sendiri lohTuh


RE: Persneling susah masuk - iNdr4 - 09-08-2008 08:47

klo bawa mobilnya model asbi/ wiener/ gw/ fiqi .... 25rb km ganti kopling .... hehehehehe


RE: Persneling susah masuk - Grennzz - 09-08-2008 09:02

model ente jgn2 tiap ceban udah ganti yee ko.. HahaHahaHaha


RE: Persneling susah masuk - FX Suprapto - 09-08-2008 09:44

Betul... umur kopling sangat tergantung gaya nyetir. Jarak tempuh ndak bisa jadi acuan Tuh


RE: Persneling susah masuk - dani3 - 09-08-2008 23:03

iNdr4 Menulis:
klo bawa mobilnya model asbi/ wiener/ gw/ fiqi .... 25rb km ganti kopling .... hehehehehe


Ndra, koplinglu mending di las aja, jadi ngak perlu ganti2 lagi tuhToungue


RE: Persneling susah masuk - donalhusni - 16-09-2008 19:46

coba aja tanya om dolf valentino
Astra - Daihatsu Arteri Pondok indah
0812 8135790

asik doi orangnya.


RE: Persneling susah masuk - anackcozz - 16-09-2008 19:56

donalhusni Menulis:
coba aja tanya om dolf valentino
Astra - Daihatsu Arteri Pondok indah
0812 8135790

asik doi orangnya.


hallo om husni...
met gabung dan salam kenal yahhh Gozkirpma