Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Mesin Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=5)
+--- Topik: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? (/showthread.php?tid=827)


Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - budisan - 19-10-2006 22:53

Apa busi Avanza bisa dipakai pada Xenia Li 1000 cc ? Gua baca typenya K20.... dan K16.... lalu busi iridium bekas Avanza bisa dipakai juga ke Xenia Li atau tidak ? Terima kasih, suhu2.


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - 0n6k3 - 20-10-2006 06:59

Setau saya untuk avanza bisa pakai Denso IK 20, tipe ini sudah ada resistornya. Dan sudah beberapa bulan saya pakai. Sedangkan untuk yang 1000 cc aku kurang tau, tapi katanya sich IK 16.




RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - BUDI - 20-10-2006 07:21

Busi Avz 1300cc (non VVTi) berbeda rating panasnya & jarak celah/gap businya dgn busi Xenia Li 1000cc yaitu :
- Busi Avz 1300 cc (non VVTi) : std pabrik BKR6E (gap busi 0.8 mm), klu jenis Iridium-nya : Denso Iridium Power IK20 atau NGK Iridium IX BKR6EIX
- Busi Xenia Li 1000 cc : std pabrik BKR5E-11 (gap busi 1.1 mm), klu jenis Iridium-nya : Denso Iridium Power IK16 atau NGK Iridium IX BKR5EIX-11

Harga busi std @ Rp 10 rb, klu Denso Iridium Power IK @ Rp 52.500 & NGK Iridium IX @ Rp 65 rb.
Sebenarnya pakai busi jenis platinum sudah memadai utk A/X (asalkan tidak pakai tambahan "NOS"/nitrogen lho) seperti NGK "G-Power" : tipe BKR6-EGP utk Avanza (non VVTi) & tipe BKR5-EGP utk Xenia Li 1000cc, harga busi platinum cuman Rp 22.500 saja.


RE:  Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - Goshbuster - 20-10-2006 08:36

BUDI Menulis:
Harga busi std @ Rp 10 rb, klu Denso Iridium Power IK @ Rp 52.500 & NGK Iridium IX @ Rp 65 rb.
Sebenarnya pakai busi jenis platinum sudah memadai utk A/X (asalkan tidak pakai tambahan "NOS"/nitrogen lho) seperti NGK "G-Power" : tipe BKR6-EGP utk Avanza (non VVTi) & tipe BKR5-EGP utk Xenia Li 1000cc, harga busi platinum cuman Rp 22.500 saja.

Boss budi,
harga segitu harga DAI or?


RE:   Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - BUDI - 20-10-2006 08:47

Goshbuster Menulis:

BUDI Menulis:
Harga busi std @ Rp 10 rb, klu Denso Iridium Power IK @ Rp 52.500 & NGK Iridium IX @ Rp 65 rb.
Sebenarnya pakai busi jenis platinum sudah memadai utk A/X (asalkan tidak pakai tambahan "NOS"/nitrogen lho) seperti NGK "G-Power" : tipe BKR6-EGP utk Avanza (non VVTi) & tipe BKR5-EGP utk Xenia Li 1000cc, harga busi platinum cuman Rp 22.500 saja.

Boss budi,
harga segitu harga DAI or?

Klu spare parts gua beli di luaran krn tidak menentukan garansi (coba cek di buku garansi). Khan garansi ditentukan oleh "service berkala" saja (bukan spare parts) asalkan teknisinya mau pasang aza maka garansi tetap dijamin (klu teknisi BERES nggak mau pasang spare parts asli dari luaran diancam aza pakWink).
Harga tsb belinya di toko langganan di Atrium Senen (Sentral Motor lt 5 blok C52).


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - ATiPM - 20-10-2006 11:23

Pak BUDI,
kalo pake busi racing merek BRISK gimana ?
saya pasang di A2K kamal adanya cuma BRISK typenya saya lupa.
makasih


RE:  Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - BUDI - 20-10-2006 11:32

ATiPM Menulis:
Pak BUDI,
kalo pake busi racing merek BRISK gimana ?
saya pasang di A2K kamal adanya cuma BRISK typenya saya lupa.
makasih

Blum pernah coba busi merk BRISK pak.
Yg penting pakai tipe Resistor, sebenarnya busi original mesin Daihatsu "K3" adalah multi ground spark plug (BKUR6E) krn efisiensi ruang bakarnya cocok sekali dgn busi kaki ground banyak tsb.


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - budisan - 20-10-2006 23:38

Pa Budi kalau busi buat Avanza Denso Iridium Power IK20, lalu gapnya dibesarkan ke 1,1 mm . Apa bisa dipakai di Xenia 1000cc. Apa bedanya IK20 dan IK16 ?


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - BUDI - 21-10-2006 07:36

Pak budisan,

DENSO IK16 punya rating panas yg lebih tinggi dibanding IK20, pada umumnya gap busi Iridium tidak dianjurkan utk diubah-ubah krn elektroda centre-nya cuma berdiameter 0.4 mm/DENSO atau 0.7 mm/NGK (dibanding busi normal 2.5 mm) & karena elektroda centrenya sudah kecil maka efek "quenching"-nya (bunga api busi terhalang oleh kaki elektroda ground thdp intake port) juga sudah kecil pula shg gap busi IK-nya tidak perlu diubah-ubah/diperbesar lagi.

Mungkin klu IK20 dipakai di Xe Li efeknya suhu di ruang pembakaran kurang optimal (kurang tercapai suhu "self cleaning" busi di atas 700 C) & sedikit agak boros kecuali klu Xe Li-nya sering dioperasikan pada rpm tinggi (> 4000-5000 rpm) maka pemakaian IK20 baru cukup mengimbangin.

Klas standard busi NGK utk Xe Li sesuai urutan klas & harganya dari yg paling murah, sbb :
1. Standard : NGK BKR5ES-11
2. V-Power : NGK BKR5E-11 (original Xe Li)
3. G-Power : NGK BKR5EGP (platinum)
4. Laser Pt : NGK PFR5G-11 (laser platinum)
5. OEM Laser : NGK IFR5E11 (laser platinum)
6. Iridium IX : NGK BKR5EIX (iridium)


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - PenyuTurbo - 21-10-2006 13:05

BUDI Menulis:
Pak budisan,

DENSO IK16 punya rating panas yg lebih tinggi dibanding IK20, pada umumnya gap busi Iridium tidak dianjurkan utk diubah-ubah krn elektroda centre-nya cuma berdiameter 0.4 mm/DENSO atau 0.7 mm/NGK (dibanding busi normal 2.5 mm) & karena elektroda centrenya sudah kecil maka efek "quenching"-nya (bunga api busi terhalang oleh kaki elektroda ground thdp intake port) juga sudah kecil pula shg gap busi IK-nya tidak perlu diubah-ubah/diperbesar lagi.

Mungkin klu IK20 dipakai di Xe Li efeknya suhu di ruang pembakaran kurang optimal (kurang tercapai suhu "self cleaning" busi di atas 700 C) & sedikit agak boros kecuali klu Xe Li-nya sering dioperasikan pada rpm tinggi (> 4000-5000 rpm) maka pemakaian IK20 baru cukup mengimbangin.

Klas standard busi NGK utk Xe Li sesuai urutan klas & harganya dari yg paling murah, sbb :
1. Standard : NGK BKR5ES-11
2. V-Power : NGK BKR5E-11 (original Xe Li)
3. G-Power : NGK BKR5EGP (platinum)
4. Laser Pt : NGK PFR5G-11 (laser platinum)
5. OEM Laser : NGK IFR5E11 (laser platinum)
6. Iridium IX : NGK BKR5EIX (iridium)


Sebagai tambahan saja :

Yang direkomendasikan oleh pabrikan adalah busi yang optimum penggunaannya baik pada putaran rendah maupun pada putaran tinggi.
Pemakaian busi yang lebih panas akan dapat mengakibatkan pre-detonation atau pre-ignition pada RPM menengah dan atas. Sedang pemakaian busi yang lebih dingin akan menyebabkan busi menjadi basah (basah oleh BBM ataupun Oli pelumas) ... pengapian jadi susah ... dan cepat terjadi endapan carbon pada busi ... yang hasil akhirnya selalu misfire.

Sebagai satu indikasi ... untuk menggunakan busi satu grade lebih dingin ... perlu ada kenaikan Tenaga Mesin antara 45HP s/d 70HP. Misalnya masang FI - Turbocharger ... tenaga naik 50HP misalnya ... maka perlu mempertimbangkan untuk mengganti busi satu grade lebih dingin.... Contoh dari standard IK16 ... upgrade ke IK20 karena udah ada penambahan power. Kalau jenis NGK (misalnya) ... dari Rating 5 ke Rating 6.

Bagi mereka-mereka yang daily travel distance-nya gak jauh-jauh ... atau cuman Stop & Go Drivings, atau sering terjebak oleh kemacetan lalu lintas (sehari-harinya) alias banyak idle-nya (putaran rendah aja) ... maka perlu mempertimbangkan pemakaian busi satu grade lebih panas. Contoh ... dari IK16 ke IK14 ... atau kalau NGK (misalnya) dari Rating 5 ke Rating 4.




RE:   Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - PenyuTurbo - 21-10-2006 13:14

BUDI Menulis:

ATiPM Menulis:
Pak BUDI,
kalo pake busi racing merek BRISK gimana ?
saya pasang di A2K kamal adanya cuma BRISK typenya saya lupa.
makasih

Blum pernah coba busi merk BRISK pak.
Yg penting pakai tipe Resistor, sebenarnya busi original mesin Daihatsu "K3" adalah multi ground spark plug (BKUR6E) krn efisiensi ruang bakarnya cocok sekali dgn busi kaki ground banyak tsb.


Kalau memang begitu design ruang bakarnya ... BRISK sangat cocok ... pakai yang DOR17LGS ... kakinya banyak banget ... alias seperti mangkok berlubang dengan penuh gigi. Udah pernah nyoba busi jenis ini ... ok punya gampang startnya.


RE:    Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - BUDI - 21-10-2006 17:38

PenyuTurbo Menulis:

BUDI Menulis:

ATiPM Menulis:
Pak BUDI,
kalo pake busi racing merek BRISK gimana ?
saya pasang di A2K kamal adanya cuma BRISK typenya saya lupa.
makasih

Blum pernah coba busi merk BRISK pak.
Yg penting pakai tipe Resistor, sebenarnya busi original mesin Daihatsu "K3" adalah multi ground spark plug (BKUR6E) krn efisiensi ruang bakarnya cocok sekali dgn busi kaki ground banyak tsb.


Kalau memang begitu design ruang bakarnya ... BRISK sangat cocok ... pakai yang DOR17LGS ... kakinya banyak banget ... alias seperti mangkok berlubang dengan penuh gigi. Udah pernah nyoba busi jenis ini ... ok punya gampang startnya.

Pak Penyu Turbo,

Busi BRISK DOR17LGS itu gap-nya 3.0 mm ya ? Pernah nyoba di mobil apa pak ? Apa tidak terjadi misfire di high rev/high loaded-nya ?
FYI Avz/Xenia non VVTi 1300cc masih pakai 1 coil utk 2 busi shg kemampuan coil terbatas (waktu "coil saturation" lebih lama pada 1 coil utk 2 busi shg kuat/panjang bunga apinya sangat terbatas) makanya gap busi yg direkomendasi untuk Avz/Xe Xi non VVTi adalah 0.8 mm sajaToungue.
Sedangkan Xe Li 1000 cc & Avanza/Xenia VVTi sudah pakai 1 coil utk 1 busi (Coil On Plug/COP Ignition) shg gap busi yg direkomendasi untuk Xe Li & Avz/Xe Xi VVTi adalah 1.1 mm.
Dulu busi BOSCH Platinum+4 (FGR7DQP) yg dipakai di Avz VVTi sy oke-oke saja ketika teman TAM yg pakai Avz non VVTi coba pakai busi tsb ternyata coilnya nggak kuat shg misfire di rpm tinggi (4000 rpm ke atas)Toungue.

Pak ATiPM,

Mungkin yg dimaksud Bapak pakai Busi Racing merk Brisk adalah tipe SILVER DR-17-YS ya (bentuknya mirip dgn busi biasa dgn satu elektroda ground saja ttp sudah berbentuk tapper & elektroda groundnya pakai silver alloy).
Klu detail busi racing Brisk ini coba klik saja ke http://www.briskusa.com/technical_04sparkgap.htm
Kelihatannya busi ini unggul krn dgn kuat/panjang bunga api yg sama dapat mempergunakan tegangan coil yg lebih rendah cocok dgn kemampuan tegangan coil di Avz/Xe Xi non VVTi yg terbatas (1 coil utk 2 busi).
Akan tetapi jadwal perawatan & umur penggantian busi racing Brisk ini mirip dgn busi std Avz/Xe Xi non VVTi.
Mungkin agar loncatan apinya lebih panjang lagi (pembakaran lebih sempurna, biasanya tarikan jadi lebih panjang dgn gap busi lebih lebar) maka gap busi racing Brisk Silver DR-17-YS dapat dicoba diperbesar sedikit dari std Avz/Xe Xi non VVTi (0.8 mm).
Pak, harga busi racing Brisk yg dijual A2K berapa ?



RE:     Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - PenyuTurbo - 21-10-2006 20:56

BUDI Menulis:
Busi BRISK DOR17LGS itu gap-nya 3.0 mm ya ? Pernah nyoba di mobil apa pak ? Apa tidak terjadi misfire di high rev/high loaded-nya ?
FYI Avz/Xenia non VVTi 1300cc masih pakai 1 coil utk 2 busi shg kemampuan coil terbatas (waktu "coil saturation" lebih lama pada 1 coil utk 2 busi shg kuat/panjang bunga apinya sangat terbatas) makanya gap busi yg direkomendasi untuk Avz/Xe Xi non VVTi adalah 0.8 mm sajaToungue.
Sedangkan Xe Li 1000 cc & Avanza/Xenia VVTi sudah pakai 1 coil utk 1 busi (Coil On Plug/COP Ignition) shg gap busi yg direkomendasi untuk Xe Li & Avz/Xe Xi VVTi adalah 1.1 mm.
Dulu busi BOSCH Platinum+4 (FGR7DQP) yg dipakai di Avz VVTi sy oke-oke saja ketika teman TAM yg pakai Avz non VVTi coba pakai busi tsb ternyata coilnya nggak kuat shg misfire di rpm tinggi (4000 rpm ke atas)Toungue.


Saya experiment di mesin mitsu 4G15 dan Volvo 960 (B230FK) ... kedua-duanya gak ada misfire ... drivability bagus ... cuman bertahan sampai 30,000 km. Setelah itu Volvo 960 ... businya tak ganti dengan VOLKER IRIDIUM ... yang ini pengapiannya bagus ... resistancenya sekitar 4700 Ohm ... jadi requirement voltage (amperage) jadi rendah ... coilnya gak overheated ... bisa tahan lama.

Sedang yang 4G15 tak ganti lagi dengan NGK ... standard aja ... dan umumnya NGK punya resistance yang rendah ketimbang yang lain ... NGK V-power resistancenya cuman 4750 Ohm sedang kalau Denso masih disekitar 7000 Ohm.

Pernah juga nyoba BOSCH P+4 (FGR7DQP) untuk 4G15 ... cuman kelihatannya busi ini terlalu dingin untuk 4G15 ... terpaksa ngebersihin dulu sewaktu ganti oli. Dan juga resistance-nya masih di atas 7000 Ohm.

Sekiranya Coilnya gak kuat ... sebaiknya menggunakan busi yang resistance-nya cukup rendah ... dibawah 5000 Ohm ... supaya coli gak bekerja berlebihan (overheated) ... sehingga terjadi misfire pada RPM tinggi ... dan kasus yang paling buruk yang mungkin bisa terjadi ... coil gak supply lagi current ... mesin stall pada saat berjalan (mati dengan tiba-tiba).


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - BUDI - 22-10-2006 20:17

Pak Penyu Turbo,

Sedikit yg mau disharingkan pak, klu teori yg sy ketahui kinerja busi (kuat energi bunga api busi) sedikit saja dipengaruhi oleh besar kecil resistance/tahanan yg terukur di antara ujung busi atas dgn elektroda centernya, seperti yg Bapak maksud diatas. Sy nggak tahu dari mana sumber/asal usulnya salah kaprah ini.

Yg sy tahu bahwa kuat energi bunga api busi sangat ditentukan oleh besar kecilnya "tahanan insulator busi" yg diukur dgn suatu alat insulation tester dgn mengukur tahanan di antara ujung atas busi dengan bodi/ulir busi dgn cara menginjeksi tegangan tertentu secara berurutan/simultan (pengukuran tahanan insulation busi ini dapat dilakukan tanpa melepas busi). Biasanya tahanan insulator busi yg masih baik sebaiknya terukur di atas 1 juta ohm. Detail informasi mengenai tahanan insulator busi yg dapat mempengaruhi besar energi bunga api busi dijelaskan pula di websitenya busi Brisk ( http://www.briskusa.com/technical_03electrical.htm ) sebagai referensi.

Justru klu coilnya agak lemah (kurang dapat menghasilkan energi listrik karena tahanan dalam coil naik akibat panas) maka diperlukan tahanan busi yg lebih besar di antara coil s/d elektroda center busi agar tegangan coil output tidak drop akibat over-current & coil cepat rusak. (N/B : rumus arus/I = tegangan/V dibagi tahanan/R). Khan busi tipe "R" (resistor) ini dibuat dgn nilai tahanan tertentu di antara ujung busi & elektoda centre busi dalam rangka untuk melindungi coil, shg makin tinggi nilai tahanan tsb maka coil makin terlindungi, dan sebaliknya.

Klu yg terjadi misfire di Avz non VVTi dgn busi BOSCH P+4 dgn gap 1.6 mm karena memang design pengapian di Avz non VVTi yi 1 (satu) coil digunakan utk 2 (dua) busi (metode "Waste Spark Distribution" atau "Discharged Circuit") shg posisi ujung-ujung coil "floating" thdp ground krn kedua ujung coilnya berhubungan langsung ke masing-masing kedua elektroda centre busi (busi I dihubungkan seri ke satu terminal coil, kemudian ujung terminal coil yg lain dihubungkan seri ke busi II). Makanya coil Avz non VVTi (1 coil utk 2 busi) akan lebih berat untuk menghasilkan kuat/panjang loncatan bunga api yg memadai saat rpm tinggi atau beban berat shg mudah terjadi misfire pada busi-busi dgn gap yg lebar spt terjadi di Avz non VVTi dgn Bosch P+4 gap 1.6 mm.
Hal tsb tidak terjadi di Avz/Xe VVTi & Xe Li non VVTi 1000cc krn sudah pakai 1 coil untuk 1 busi.


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - PenyuTurbo - 22-10-2006 21:53

BUDI Menulis:
Pak Penyu Turbo,

Sedikit yg mau disharingkan pak, klu teori yg sy ketahui kinerja busi (kuat energi bunga api busi) sedikit saja dipengaruhi oleh besar kecil resistance/tahanan yg terukur di antara ujung busi atas dgn elektroda centernya, seperti yg Bapak maksud diatas. Sy nggak tahu dari mana sumber/asal usulnya salah kaprah ini.

Yg sy tahu bahwa kuat energi bunga api busi sangat ditentukan oleh besar kecilnya "tahanan insulator busi" yg diukur dgn suatu alat insulation tester dgn mengukur tahanan di antara ujung atas busi dengan bodi/ulir busi dgn cara menginjeksi tegangan 500 atau 1000 volt secara berurutan. Biasanya tahanan insulator busi yg baik sebaiknya terukur di atas 1 juta ohm. Detail informasi mengenai tahanan insulator busi yg dapat mempengaruhi besar energi bunga api busi dijelaskan pula di websitenya busi Brisk ( http://www.briskusa.com/technical_03electrical.htm ) sebagai referensi.

Justru klu coilnya agak lemah (kurang dapat menghasilkan energi listrik karena tahanan dalam coil naik akibat panas) maka diperlukan tahanan busi yg lebih besar di antara coil s/d elektroda center busi agar tegangan coil output tidak drop akibat over-current & coil cepat rusak. (N/B : rumus arus/I = tegangan/V dibagi tahanan/R).

Klu yg terjadi misfire di Avz non VVTi dgn busi BOSCH P+4 dgn gap 1.6 mm karena memang design pengapian di Avz non VVTi yi 1 (satu) coil digunakan utk 2 (dua) busi (metode "Waste Spark Distribution" atau "Discharged Circuit") shg posisi ujung-ujung coil "floating" thdp ground krn kedua ujung coilnya berhubungan langsung ke masing-masing kedua elektroda centre busi (busi I dihubungkan seri ke satu terminal coil, kemudian ujung terminal coil yg lain dihubungkan seri ke busi II). Makanya coil Avz non VVTi (1 coil utk 2 busi) akan lebih berat untuk menghasilkan kuat/panjang loncatan bunga api yg memadai saat rpm tinggi atau beban berat shg mudah terjadi misfire pada busi-busi dgn gap yg lebar spt terjadi di Avz non VVTi dgn Bosch P+4 gap 1.6 mm.
Hal tsb tidak terjadi di Avz/Xe VVTi & Xe Li non VVTi 1000cc krn sudah pakai 1 coil untuk 1 busi.


Apa yang dimaksud Pak Budi adalah benar ... jika Resistance/tahanan yang dimaksud adalah insulator dan tahanan INSULATOR ini memang harus tinggi dan kalau bisa setinggi mungkin supaya bila terjadi kebocoran arus maka nilainya hanya dalam beberapa miliampere saja ... karena tugas insulator ini disamping untuk menyerap dan membuang panas ujung-ujung elektroda busi ... juga untuk mencegah bocornya arus.

Yang saya maksudkan adalah Resistance yang dipasang yang menghubungkan antara ujung busi dengan elektroda tengah. Bisa dilihat dalam gambar shematic berikut (lihat bagian RESISTANCE) :





Semakin besar gap busi, maka akan diperlukan lebih besar tegangan supaya terjadi Corona Spark. Jika permintaan tegangan ujung-ujung elektroda busi meningkat, maka permintaan arus dari coil meningkat (karena Resistance pada elektroda tengah adalah konstan ... ini yang saya maksudkan kalau NGK bisa dibawah 5000 Ohm). Jika arus dalam coil meningkat ... maka yang terjadi adalah Overheated dan akan rusak. Kadang dari ECU sebelum sampai ke Coil ada satu device ... yang sering disebut dengan Power Stage atau Power Ignition atau Ignition Amplifier ... ini dilakukan karena arus dari ECU adalah cukup lemah ... sehingga harus di-Amplified terlebih dahulu sebelum masuk ke Coil ... atau kadang-kadang device ini udah dijadikan satu dengan coil.

Untuk Sistem Pengapian (Ignition System) dari ECU->Power Stage->Coil->Distributor->Spak Plug ... Jika permintaan Arus berlebih ... mungkin Coil bisa tahan ... dan Coil ini akan minta arus lebih kepada Power Stage (semacam Transistor) ... Jika power stage overheated ... maka power stage ini (transistor) gak mampu lagi mensupply arus ke coil ... mesin akan mati pada saat berjalan ... Namun jika power stage sudah dingin ... mesin bisa dinyalakan kembali. Kalau cuman Power stage nya yang rusak gak jadi masalah ... akan tetapi kalau Power Stage ini juga minta lebih besar ARUS dari ECU ... maka ECU ini bisa terbakar ... Seringnya kasus terbakarnya ECU kebanyakan datang dari Ignition System yang gak bener ... yang datang dari masalah sepele ... GAP BUSI ... baik direnggangkan secara berlebihan dari standard-nya atau renggang karena EROSI Corona Spark.


RE:      Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - BUDI - 22-10-2006 22:14

PenyuTurbo Menulis:
Sekiranya Coilnya gak kuat ... sebaiknya menggunakan busi yang resistance-nya cukup rendah ... dibawah 5000 Ohm ... supaya coli gak bekerja berlebihan (overheated) ... sehingga terjadi misfire pada RPM tinggi ... dan kasus yang paling buruk yang mungkin bisa terjadi ... coil gak supply lagi current ... mesin stall pada saat berjalan (mati dengan tiba-tiba).


Pak Penyu Turbo,

Klu yg dimaksud tahanan/Resistance yg dipasang di antara ujung busi dgn elektroda tengah busi maka makin lemah coilnya seharusnya arus coil harus lebih dibatasi dgn pemakaian busi dgn tahanan/Resistance lebih tinggi.
Krn pengalaman sy klu coilnya lemah dipasangin busi yg non/tanpa Resistance (0 ohm) maka coil akan menjadi makin panas & coil bisa mati/putus/short ke ground mendadak krn kepanasan.

Dan perbedaan besar tahanan/Resistance busi tsb tidak terlalu mempengaruhi loncatan tegangan di gap busi. Contohnya perbedaan nilai tahanan/Resistance tsb dlm 1000-5000 ohm hanya berkisar 0.1-0.5% saja terhadap besar normal tahanan insulatornya > 1 juta ohm (tahanan gap busi normal utk meloncatkan std bunga api) shg perbedaan tahanan/Resistance busi tsb tidak terlalu significant mengurangi loncatan tegangan di gap busi.


RE:       Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - PenyuTurbo - 23-10-2006 07:31

BUDI Menulis:

PenyuTurbo Menulis:
Sekiranya Coilnya gak kuat ... sebaiknya menggunakan busi yang resistance-nya cukup rendah ... dibawah 5000 Ohm ... supaya coli gak bekerja berlebihan (overheated) ... sehingga terjadi misfire pada RPM tinggi ... dan kasus yang paling buruk yang mungkin bisa terjadi ... coil gak supply lagi current ... mesin stall pada saat berjalan (mati dengan tiba-tiba).


Pak Penyu Turbo,

Klu yg dimaksud tahanan/Resistance yg dipasang di antara ujung busi dgn elektroda tengah busi maka makin lemah coilnya seharusnya arus coil harus lebih dibatasi dgn pemakaian busi dgn tahanan/Resistance lebih tinggi.
Krn pengalaman sy klu coilnya lemah dipasangin busi yg non/tanpa Resistance (0 ohm) maka coil akan menjadi makin panas & coil bisa mati/putus/short ke ground mendadak krn kepanasan.

Dan perbedaan besar tahanan/Resistance busi tsb tidak terlalu mempengaruhi loncatan tegangan di gap busi. Contohnya perbedaan nilai tahanan/Resistance tsb dlm 1000-5000 ohm hanya berkisar 0.1-0.5% saja terhadap besar normal tahanan insulatornya > 1 juta ohm (tahanan gap busi normal utk meloncatkan std bunga api) shg perbedaan tahanan/Resistance busi tsb tidak terlalu significant mengurangi loncatan tegangan di gap busi.


Pak Budi,

Saya melihatnya ada sedikit kerancuan dan titik tolak/berangkat yang berbeda ... Resistance Konduktor dan Resistance Insulator. Saya mengacu kepada Resistance Konduktor ... sedang Pak Budi melihatnya dari Resistance Insulator.

Dalam suatu sistem transfer dan transpor energi ... effisiensi akan ditentukan sekali pada tahanan dalam sistem dan kebocoran selama dalam transport.

Kita ingin bahwa energi yang tersedia di COIL (voltage energi) akan betul betul se-efisien mungkin di transfer ke Elektroda Busi (Corona Spark Energy) untuk membakar campuran udara dan BBM.

Supaya effisiensi tinggi dapat dicapai ... maka :

1. Energi listrik ini mesti ditransfer dengan bahan konduktor dan diusahakan seminim mungkin tahanan dalam konduktor (RESISTANCE RENDAH).

2. Supaya nggak terjadi kebocoran selama transport energi dari COIL ke Busi ... maka sistem konduktornya diberi Proteksi ... Proteksi inilah yang dinamakan INSULATOR. Syarat insulator untuk mencegah terjadinya kebocoran arus listrik adalah dengan menggunakan material yang RESISTANCE nya TINGGI (nahan energi arus listrik).

Dari COIL ke BUSI disalurkan melalui KABEL ... Supaya Effisiensi transfer energi tetap tinggi ... maka KABEL ini mestilah KONDUKTOR yang BAGUS dengan NILAI RESISTANCE SERENDAH MUNGKIN. Resistance Insulator Kabel Busi harulah setinggi/sebesar mungkin supaya tranfer energi melalui kabel gak ada kebocoran (kebocoran dijaga sekecil mungkin). Inilah sebabnya banyak yang menawarkan Kabel Busi Performance yang mempunyai Resistance RENDAH/KECIL.

Demikian halnya dangan Elektroda Positif Busi (Center Electrode) ... mestilah terbuat dari bahan KONDUKTOR yang BAGUS dengan NILAI REISTANCE se-KECIL mungkin. Agar tidak terjadi kebocoran transfer energi pada elektroda Positif ini ... maka konduktor ini dibalut dengan INSULATOR (Keramik) dengan syarat harus mempunyai nilai RESISTANCE yang se-BESAR mungkin.

Tentang lemahnya COIL ... sebenarnya lemahnya ini dalam VOLTASE ... perangkat dalam (transformer ... a.k.a Medan Magnit) gak mencukupi untuk mengubah voltase dari 12 Volts ke 30.000 Volts.

Jika Tahanan dalam Konduktor Busi (Center Electrode) diperbesar maka energi yang terdischarge akan mengecil, karena arus menjadi kecil akibat tahanannya besar. Jika energi yang terdischarge kecil, maka sisa energi yang gak terdischarge (yang disediakan oleh Coil) ini akan berubah menjadi panas dalam coil ... coil akan jadi overheated. Supaya coil gak Overheated ... maka energi yang disediakan oleh Coil mesti di-discharge sebesar-besarnya ... dengan cara ARUS-nya dibuat SEBESAR MUNGKIN ... caranya adalah dengan Menurunkan NILAI RESISTANCE dalam KONDUKTOR (Elektroda Positif).

Umumnya busi yang berada di pasaran ... mempunyai nilai Resistance 25.000 Ohm atau lebih ... dan efisiensi energi yang di discharge hanya sebesar 0.2%. Dengan menurunkan Resistance elektroda positif ke sekitar 5000 Ohm ... effisiensi energy discharge menjadi 10%.

Sekarang ini sudah dikembangkan COIL dengan RESISTANCE TRANSFORMER yang RENDAH ... ini dapat mendongkrak efisiensi energy discharge ke angka 50% jika digunakan pada standar busi (Resistance 25 Kilo Ohm) ... akan tetapi jika dikombinasikan dengan Busi yang resistance-nya rendah (5000 Ohm) ... efisiensinya meningkat ke 75%.

Peningkatan effisiensi energy discharge ini mempunyai dampak :

1. Pembakaran campuran Udara/BBM menjadi lebih sempurna.
2. Kadar pembentukan Gas-gas Berbahaya CO, UHC berkurang cukup berarti.
3. Penghematan Pemakaian BBM sampai pada 15% ... bergantung kepada karakter mesin (a.k.a bentuk cylinder head).


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - BUDI - 23-10-2006 10:14

Tks a lot pak Penyu Turbo atas pencerahannya.
Btw hal Resistance Konduktor yg sama dulu pernah saya kuatirkan juga akan tetapi setelah diterangkan lebih lanjut oleh pabrik busi (spt Bosch) maka sekarang saya lebih konsen pada Resistance Insulator-nya (dp Resistance Konduktor-nya) krn Resistance Insulator-nya lebih banyak mempengaruhi kualitas energi pengapian busi. Prioritas yg sama berlaku juga dalam menentukan kualitas suatu kabel busi.

Utk busi DENSO/NGK mempunyai besaran std build-in Resistance Konduktor tsb adalah 5 K ohm ( http://aftermarket.denso-europe.com/Does-the-standard-resistor-have-effect-on-the-required-voltage--1000650170000011.aspx & http://www.ngksparkplugs.com/techinfo/spark_plugs/faq/faqresistor.asp?nav=31200&country=US ).

Sedangkan informasi kemungkinan kerusakan ECU yg diakibatkan oleh pemakaian busi non resistor pada Avanza/Xenia atau mobil yg merekomendasikan penggunaan std busi resistor dijelaskan di http://www.hondata.com/techksparkplugs.html


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - PenyuTurbo - 24-10-2006 03:32

BUDI Menulis:
Tks a lot pak Penyu Turbo atas pencerahannya.
Btw hal Resistance Konduktor yg sama dulu pernah saya kuatirkan juga akan tetapi setelah diterangkan lebih lanjut oleh pabrik busi (spt Bosch) maka sekarang saya lebih konsen pada Resistance Insulator-nya (dp Resistance Konduktor-nya) krn Resistance Insulator-nya lebih banyak mempengaruhi kualitas energi pengapian busi. Prioritas yg sama berlaku juga dalam menentukan kualitas suatu kabel busi.

Utk busi DENSO/NGK mempunyai besaran std build-in Resistance Konduktor tsb adalah 5 K ohm ( http://aftermarket.denso-europe.com/Does-the-standard-resistor-have-effect-on-the-required-voltage--1000650170000011.aspx & http://www.ngksparkplugs.com/techinfo/spark_plugs/faq/faqresistor.asp?nav=31200&country=US ).

Sedangkan informasi kemungkinan kerusakan ECU yg diakibatkan oleh pemakaian busi non resistor pada Avanza/Xenia atau mobil yg merekomendasikan penggunaan std busi resistor dijelaskan di http://www.hondata.com/techksparkplugs.html


Terima kasih info web-nya ... mudah2an bermanfaat bagi para forumers.


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - Rendy - 26-10-2006 00:37

pusiiiiing, tapi thanks ya om2


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - Edwin Nurdin - 02-11-2006 11:34

BUDI Menulis:
Tks a lot pak Penyu Turbo atas pencerahannya.
Btw hal Resistance Konduktor yg sama dulu pernah saya kuatirkan juga akan tetapi setelah diterangkan lebih lanjut oleh pabrik busi (spt Bosch) maka sekarang saya lebih konsen pada Resistance Insulator-nya (dp Resistance Konduktor-nya) krn Resistance Insulator-nya lebih banyak mempengaruhi kualitas energi pengapian busi. Prioritas yg sama berlaku juga dalam menentukan kualitas suatu kabel busi.

Utk busi DENSO/NGK mempunyai besaran std build-in Resistance Konduktor tsb adalah 5 K ohm ( http://aftermarket.denso-europe.com/Does-the-standard-resistor-have-effect-on-the-required-voltage--1000650170000011.aspx & http://www.ngksparkplugs.com/techinfo/spark_plugs/faq/faqresistor.asp?nav=31200&country=US ).

Sedangkan informasi kemungkinan kerusakan ECU yg diakibatkan oleh pemakaian busi non resistor pada Avanza/Xenia atau mobil yg merekomendasikan penggunaan std busi resistor dijelaskan di http://www.hondata.com/techksparkplugs.html


Om-om ngomongnya bahasa mesin sih, jadinya gua bingung...
Simple aja deh, yg terbaik buat Xe Li dgn pemakaian dalam kota/harian, trus nambah power & ngak boros BBM busi apa yg bagus..?
Iridium apa yg std Xe, kalau iridium, type yg mana
Thx


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - Chandra - 02-11-2006 11:46

Edwin Nurdin Menulis:
Om-om ngomongnya bahasa mesin sih, jadinya gua bingung...
Simple aja deh, yg terbaik buat Xe Li dgn pemakaian dalam kota/harian, trus nambah power & ngak boros BBM busi apa yg bagus..?
Iridium apa yg std Xe, kalau iridium, type yg mana
Thx


Om jawabnya simple aja ya..

mo power besar.. ya bensin boros dong
mo bensin irit.. ya power nya gak usah kenceng2 banget

HONDA aja yg claim irit.. diatas kec. 80km/jam juga jadi konsum bensin kok... Yagak[/font]


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - Edwin Nurdin - 02-11-2006 12:24

Chandra Menulis:

Edwin Nurdin Menulis:
Om-om ngomongnya bahasa mesin sih, jadinya gua bingung...
Simple aja deh, yg terbaik buat Xe Li dgn pemakaian dalam kota/harian, trus nambah power & ngak boros BBM busi apa yg bagus..?
Iridium apa yg std Xe, kalau iridium, type yg mana
Thx


Om jawabnya simple aja ya..

mo power besar.. ya bensin boros dong
mo bensin irit.. ya power nya gak usah kenceng2 banget

HONDA aja yg claim irit.. diatas kec. 80km/jam juga jadi konsum bensin kok... Yagak[/font]


Mas...kalau jawabnya seperti itu, anak gua juga tahu...
Kalau mau power gua beli Nissan Fairlady 350Z aja...
Kalau mau irit naik sepeda aja...
Ngak perlu ada forum ini....
Kita mau ada solusi dari masalah A/X


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - PenyuTurbo - 02-11-2006 12:52

Edwin Nurdin Menulis:

BUDI Menulis:
Tks a lot pak Penyu Turbo atas pencerahannya.
Btw hal Resistance Konduktor yg sama dulu pernah saya kuatirkan juga akan tetapi setelah diterangkan lebih lanjut oleh pabrik busi (spt Bosch) maka sekarang saya lebih konsen pada Resistance Insulator-nya (dp Resistance Konduktor-nya) krn Resistance Insulator-nya lebih banyak mempengaruhi kualitas energi pengapian busi. Prioritas yg sama berlaku juga dalam menentukan kualitas suatu kabel busi.

Utk busi DENSO/NGK mempunyai besaran std build-in Resistance Konduktor tsb adalah 5 K ohm ( http://aftermarket.denso-europe.com/Does-the-standard-resistor-have-effect-on-the-required-voltage--1000650170000011.aspx & http://www.ngksparkplugs.com/techinfo/spark_plugs/faq/faqresistor.asp?nav=31200&country=US ).

Sedangkan informasi kemungkinan kerusakan ECU yg diakibatkan oleh pemakaian busi non resistor pada Avanza/Xenia atau mobil yg merekomendasikan penggunaan std busi resistor dijelaskan di http://www.hondata.com/techksparkplugs.html


Om-om ngomongnya bahasa mesin sih, jadinya gua bingung...
Simple aja deh, yg terbaik buat Xe Li dgn pemakaian dalam kota/harian, trus nambah power & ngak boros BBM busi apa yg bagus..?
Iridium apa yg std Xe, kalau iridium, type yg mana
Thx


Bung Edwin,

Kadang-kadang ... yang terbaik itu susah didapetin ... karena masing-masing merek akan terus berusaha untuk memperbaiki produknya ... kadang-kadang ada sementara orang yang fanatik terhadap sautu merek.

Hanya saja dari sekian banyak yang pernah saya coba untuk yang elektroda cooper (normal/standar) NGK V-Power ... jadi favorit saya ... dan untuk Xe Li typenya BPR5EY-11 dengan gap 0.032" (0.8 mm) ... sedang kalau make yang iridium ... saya cenderung make VOLKER Iridium typenya 5ZX-11 dengan gap 0.8 mm.

Angka 11 dibelakang type busi itu adalah setting manufacture untuk gap busi (1.1 mm) ... jadi kalau mau masang mesti juga di rapetken jadi 0.8 mm disesuaikan dengan karakter mesin, karena semakin tinggi kompresi mesin mobilnya maka gap busi juga akan mengecil ... dan biasanya untuk mesin yang ber cc kecil .... kompresinya cukup besar ... paling gak 10:1.


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - Unyil - 02-11-2006 18:40

ngk busi
infonya cukup lengkap buat mobil di indonesia. saya denger banyak Li, Mi yg pake iridium dengan hasil yg cukup bagus.


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - PenyuTurbo - 05-11-2006 12:27

Unyil Menulis:
ngk busi
infonya cukup lengkap buat mobil di indonesia. saya denger banyak Li, Mi yg pake iridium dengan hasil yg cukup bagus.


Thanks for info Web nya NGK ... semoga bermanfaat bagi member AvanzaXenia.net biar gak bingun milih type businya.


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - cieshin - 06-06-2007 15:16

PenyuTurbo Menulis:

Edwin Nurdin Menulis:

BUDI Menulis:
Tks a lot pak Penyu Turbo atas pencerahannya.
Btw hal Resistance Konduktor yg sama dulu pernah saya kuatirkan juga akan tetapi setelah diterangkan lebih lanjut oleh pabrik busi (spt Bosch) maka sekarang saya lebih konsen pada Resistance Insulator-nya (dp Resistance Konduktor-nya) krn Resistance Insulator-nya lebih banyak mempengaruhi kualitas energi pengapian busi. Prioritas yg sama berlaku juga dalam menentukan kualitas suatu kabel busi.

Utk busi DENSO/NGK mempunyai besaran std build-in Resistance Konduktor tsb adalah 5 K ohm ( http://aftermarket.denso-europe.com/Does-the-standard-resistor-have-effect-on-the-required-voltage--1000650170000011.aspx & http://www.ngksparkplugs.com/techinfo/spark_plugs/faq/faqresistor.asp?nav=31200&country=US ).

Sedangkan informasi kemungkinan kerusakan ECU yg diakibatkan oleh pemakaian busi non resistor pada Avanza/Xenia atau mobil yg merekomendasikan penggunaan std busi resistor dijelaskan di http://www.hondata.com/techksparkplugs.html


Om-om ngomongnya bahasa mesin sih, jadinya gua bingung...
Simple aja deh, yg terbaik buat Xe Li dgn pemakaian dalam kota/harian, trus nambah power & ngak boros BBM busi apa yg bagus..?
Iridium apa yg std Xe, kalau iridium, type yg mana
Thx


Bung Edwin,

Kadang-kadang ... yang terbaik itu susah didapetin ... karena masing-masing merek akan terus berusaha untuk memperbaiki produknya ... kadang-kadang ada sementara orang yang fanatik terhadap sautu merek.

Hanya saja dari sekian banyak yang pernah saya coba untuk yang elektroda cooper (normal/standar) NGK V-Power ... jadi favorit saya ... dan untuk Xe Li typenya BPR5EY-11 dengan gap 0.032" (0.8 mm) ... sedang kalau make yang iridium ... saya cenderung make VOLKER Iridium typenya 5ZX-11 dengan gap 0.8 mm.

Angka 11 dibelakang type busi itu adalah setting manufacture untuk gap busi (1.1 mm) ... jadi kalau mau masang mesti juga di rapetken jadi 0.8 mm disesuaikan dengan karakter mesin, karena semakin tinggi kompresi mesin mobilnya maka gap busi juga akan mengecil ... dan biasanya untuk mesin yang ber cc kecil .... kompresinya cukup besar ... paling gak 10:1.


Pak PT, btw busi iridium utk Avanza 1.3 Vvti, apa yg cocok? mksdnya busi yg bikin irit dan tarikan juga ok....oh ya kl kita ganti busi iridium apa perlu ganti kabel busi juga ?
Thks.


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - azmech - 06-06-2007 19:57

Errr...pusiiing

@ Pa Penyu Turbo & Pa Budi

Saya setuju, bahwa semakin kecil TAHANAN KONDUKTOR maka semakin BESAR energi yang ditransfer ke Gap Busi

Tapi, TIDAK DISARANKAN utk memakai busi TANPA TAHANAN KONDUKTOR (NON-RESISTANCE) pada mesin-mesin yang sudah menggunakan ECU/ECM atau perangkat2 elektronik lainnya, karena DISTORSI ENERGI-nya bisa merusak perangkat tersebut

Pertanyaan saya? Busi NGK V-POWER itu termasuk busi be-RESISTOR atau tidak? Menurut referensi PA BUDI, busi ND/NGK sudah built-in resistor sebesar 5K Ohm, nah 5K Ohm ini apakah sudah cukup utk menyerap DISTORSI tersebut?

Dalam benak saya, busi beresistor tuh berarti nilai tahanan konduktornya cukup besar (>5K ohm) utk menyerap DISTORSI tersebut
dan busi non-resistor bearti tahanannya NOL, tapi aktualnya mana ada material yg nilai tahanannya NOL???

Di bengkel, saya pernah ngukur tahanan konduktor BUSI DENSO STD bwt K3-VE (XU22PR-9), dapetnya 5K Ohm, jd nilai segini sdh bs disebut BUSI BER-RESISTOR?

Lalu busi non-resistor tahanannya berapa? ga mgkn NOL kan? pasti ttp ada?

Intinya, berapa si range tahanan utk busi be-resistor? & berapa range tahanan utk busi non-resistor?

Klo menurut saya, biar AMAN kalau mau ganti busi tipe lain bwt av/xe, pastikan nilai tahanan konduktornya SAMA DENGAN busi standarnya (cari aman aja, soalnya pernah ada kasus ECU K3-VE MALAFUNGSI gara2 empunya ganti busi yg ga standar n so pasti warrantynya angus)

Saya da lama pgn coba ganti busi NGK V-POWER, tp ragu2 gara kasus tsb, tapi abis baca pencerahan ini. Kalau nilai tahanan v-power bener 5K OHM, weekend siap meluncur ke dutamas/senen nih..hehe


Oh ya, setuju juga dgn PPT bahwa semakin besar GAP busi maka semakin besar pula TEGANGAN yang dibutuhkan utk memercik, bearti semakin besar pula ARUS yg harus disuplai COIL.....akibatnya COIL jadi OVERHEATED.....Mangkanya kita harus rutin buka busi, bersihin busi, n setel GAP ke standarnya

Ini da saya buktiin waktu saya men-servis mobil customer, kejadiannya di Innova, ko ada yg coilnya panas bgt ada jg yg hangat2 aja waktu saya mo buka busi, usut punya usut, selidik punya selidik, ternyata yg coilnya hangat itu businya kotor tipis, warna merah bata keputih2an, & saya ukur celahnya pas 1.1mm (mgkn baru ganti/sering dirawat ama yg punya/bensinnya bagus).
Dan yg coilnya panas-panas, pas saya buka jelaganya udah numpuuuuk ga keruan n celahnya ada yg 1.2/1.3, biasanya si klo kyk gini lsg ganti ajah.

Makasi atas pencerahannya, forum avanzaxenia.net ni bagus banget, banyak pelajaran...hehehe


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - r-Phoenix - 06-06-2007 23:21

Wak yg ditanya udah lama absen tuh...pak azmech mungkin saya kurang pengalaman sama yang namanya busi..cuman kalo saya riset dari taoun 94 sampe sekarang kyknya v-power itu udah masuk kategori SAFE buat AX..malah kalo saya masih buka buku (belajar) juga boleh kok AX pake type BKUR-nya taruna EFI..cuman emang mahal..hasilnya boleh dijamin tokcer...

Kalo Autolite ama NGK emang udah temennya EFI baik yang masih pake delco macem Toyota Great-Suzuki Baleno-Mitsubishi Gallant ama Evo Series semuanya udah standard pabriknya pake V power dari taun 90-an..jadi nggak bakalan ada masalah dicemplungin ke AX...malah bikin ecu-nya nggak bego kyk pake ND..keunggulan V power dan busi Autolite dan type NGK yg laen adalah tahan stelan mesin yang paling lean sekalipun..nggak bakalan ngelitik...

Semua busi yg udah ada tahanannya yah udah pasti resistant dech...itu yang dibody V power ada NGK-R yah maksudnya bukan RACING..tapi RESISTANT...kalo di BOSCH di keramiknya ada tulisan angka..nah entu artinya nilai resistantnya segitu..kecuali type BOSCH super itu non resistant..

Kalo ada pertanyaan kenapa gw baru ngomong sekarang...krn kyknya yg dulu wierdo aja...gua jawab ntar makin aneh lagi...


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - dani3 - 06-06-2007 23:29

Haha yang ditanya orgnya kemana ya 095

Wallbash Wallbash Wallbash buset dah... reset dr taon 95 masih ngaku kurang pengalaman 095

gimana gw yang gak pernah megang busi yah Haha Haha


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - r-Phoenix - 06-06-2007 23:36

Hehehe low profile donk...O'ya masalah gap bikin panas koil jrg ada yg di sistem DIS mungkin system Delco..krn energi yg di tembakan di DIS lsg keluar..nggak kyk delco yg balik lagi setrumnya..kalo busi dah mau deket umur biasanya resistantnya naek jadi koil panas bukan krn gap-nya..kalo masalah gap biasanya berhubung ke drivebility kurang..yah itu tadi boros..nggak tau bener nggak..gw jawabannya alam aja, nggak kyk org pinter khan???..


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - Fiqi - 07-06-2007 07:27

Edwin Nurdin Menulis:

Chandra Menulis:

Edwin Nurdin Menulis:
Om-om ngomongnya bahasa mesin sih, jadinya gua bingung...
Simple aja deh, yg terbaik buat Xe Li dgn pemakaian dalam kota/harian, trus nambah power & ngak boros BBM busi apa yg bagus..?
Iridium apa yg std Xe, kalau iridium, type yg mana
Thx


Om jawabnya simple aja ya..

mo power besar.. ya bensin boros dong
mo bensin irit.. ya power nya gak usah kenceng2 banget

HONDA aja yg claim irit.. diatas kec. 80km/jam juga jadi konsum bensin kok... Yagak[/font]


Mas...kalau jawabnya seperti itu, anak gua juga tahu...
Kalau mau power gua beli Nissan Fairlady 350Z aja...
Kalau mau irit naik sepeda aja...
Ngak perlu ada forum ini....
Kita mau ada solusi dari masalah A/X


Sory ikut campur, ngga usah pake urat lah....Kalo ente mo bisa ngebut tapi lumayan irit....??? Cobain Av-E ane deh..
Yagak..


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - azmech - 07-06-2007 21:19

ehehehe..ga liat tgl postingan terakhir saya....ehehehe

Makasih Pa Phoenix...

Dapet tambahan pencerahan lsg ke yg berpengalaman

ok deh, lsg mo nyoba v-power


RE: Busi iridium Avz dan Xenia 1000cc = sama/tidak ? - r-Phoenix - 08-06-2007 00:45

Fiqi Menulis:

Edwin Nurdin Menulis:

Chandra Menulis:

Edwin Nurdin Menulis:
Om-om ngomongnya bahasa mesin sih, jadinya gua bingung...
Simple aja deh, yg terbaik buat Xe Li dgn pemakaian dalam kota/harian, trus nambah power & ngak boros BBM busi apa yg bagus..?
Iridium apa yg std Xe, kalau iridium, type yg mana
Thx


Om jawabnya simple aja ya..

mo power besar.. ya bensin boros dong
mo bensin irit.. ya power nya gak usah kenceng2 banget

HONDA aja yg claim irit.. diatas kec. 80km/jam juga jadi konsum bensin kok... Yagak[/font]


Mas...kalau jawabnya seperti itu, anak gua juga tahu...
Kalau mau power gua beli Nissan Fairlady 350Z aja...
Kalau mau irit naik sepeda aja...
Ngak perlu ada forum ini....
Kita mau ada solusi dari masalah A/X


Sory ikut campur, ngga usah pake urat lah....Kalo ente mo bisa ngebut tapi lumayan irit....??? Cobain Av-E ane deh..
Yagak..


Nah loe??? jawabannya ada di mobil fiqi tuh...nich jawabannya bukannya = makin punyeng bro???..

@ Azmech...terima kasih kembali pak...nggak papa-lah..gw juga impres ama penjelasannya Oum Azmech..kapan2 ikutan kopdar donk..