Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Rumpi Lah Yao! (/forumdisplay.php?fid=26)
+--- Forum: Ngobrol-Ngobrol (/forumdisplay.php?fid=27)
+--- Topik: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT (/showthread.php?tid=6594)


KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - pra_nows - 14-01-2008 11:26

Bro, saya kemaren liat mobil TNI ada kodenya XXXX-XX, 2 digit terakhir itu apa yach?
Trus kalo mo liat daftarnya dimana yach website-nya, soalnya di web tni ga ada?

Sekedar ingin tau saja...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - aeres - 14-01-2008 12:20

om indira nich yang bisa jawab...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - toroshima - 14-01-2008 12:33

setau gue ada beberapa kode belakang adan pembeda warna dasar plat nomer untuk TNI
sekedar contoh untuk plat dasar hijau itu AD, biru muda AL, biru tua AU, merah semua itu Mabes TNI, klo untuk nomor dua dijit terakhir setau gue nih ye
klo plat dasarnya hijau nomornya XXXX-00 mabes AD, XXXX-01 ini kostrad, XXXX-02 kopasus, XXXX-03 kodam jaya dan seterusnya banyak yang ga apal gue, tapi klo mobil militer yang pake plat sipil biasanya akhirannya BD,BL,BU,BH tapi kepala satu contoh B 1XXX BD

klo untuk mobil sipil departemen biasana akhirannya BS dan kepala 1
contoh B 1XXX BS ada juga yang berakhiran DQ, HQ ini bisa juga berkepala 2
contoh B 2XXX HQ dan seterusnya(bisa juga mobil BUMN) klo
ini setau gue loh ya, klo ada yg salah tolong di ralat dan klo bisa di tambahkan

tapi ada pertanyaan nih dari gue ada juga mobil dinas pemerintah Yg abjad terakhirnya IR
instansi apa yah ? belom nemu nih eg: B 1111 IR


untuk yang sipil mobil


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 14-01-2008 12:36

toroshima Menulis:
setau gue ada beberapa kode belakang adan pembeda warna dasar plat nomer untuk TNI
sekedar contoh untuk plat dasar hijau itu AD, biru muda AL, biru tua AU, merah semua itu Mabes TNI, klo untuk nomor dua dijit terakhir setau gue nih ye
klo plat dasarnya hijau nomornya XXXX-00 mabes AD, XXXX-01 ini kostrad, XXXX-02 kopasus, XXXX-03 kodam jaya dan seterusnya banyak yang ga apal gue, tapi klo mobil milirer yang pake plat sipil biasanya akhirannya BD,BL,BU,BH tapi kepala satu contoh B 1XXX BD

klo untuk mobil sipil departemen biasana akhirannya BS dan kepala 1
contoh B 1XXX BS adajuag yang berakhiran DQ. HQ ini bisa juga berkepala 2
contoh B 2XXX HQ dan seterusnya klo
ini setau gue loh ya, klo ada yg salah tolong di ralat dan klo bisa di tambahkan

tapi ada pertanyaan nih ada juga mobil dinas pemerintah Yg abjad terakhirnya IR
instansi apa yah ? belom nemu nih


untuk yang sipil mobil


klo B 8911 HQ ga laku ya?kan sama-sama pake ekor HQ...Tongue1


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Pras - 14-01-2008 12:38

2 digit terakhir adalah kode divisi-nya atau departemen-nya... ada dua kode, yang pakai romawi biasanya setingkat polda atau kodam, kalau yang angka dari mabes, misalnya untuk Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, 2 digit di belakang = 15.
listingnya tidak ada di web, tapi bisa ditanyakan ke bagian Detasemen Markas (DENMA) masing-masing angkatan


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - krusty - 14-01-2008 12:38

yg gw tau yah..

B XXXX BP = Polisi
B XXXX BD = TNI-AD
B XXXX BL = TNI - AL
B XXXX BA = TNI - AU
B XXXX BS = Pejabat min level eselon 3 *biasanya dpt dr Setneg*

biasanya yg *asli* tuh empat angka baru kode hurup itu dibelakangnya, jadi kalo 3 angka hampir dipastikan pesenan si empunya mobil aja biar keliatan sangar.
tapi skrg kebanyakan juga no2 tsb dah buat gaya2an, semua orang bisa beli, tentunya ada calonya tuh, biar polisi takut katanya, tetep aja kalo operasi gabungan/yg razia PM kagak ngaruh.. hehehe..


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 14-01-2008 12:41

wah...gw juga denger kalo bisa dibeli...tapi harganya agak selangit...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Pras - 14-01-2008 12:47

Kalo untuk plat hitam, disebutnya "plat nomor bantuan", cirinya selain 4 digit angka dan 2 digit huruf tertentu, juga masa berlaku-nya. Hanya berlaku setahun. Misalnya ngeliat mobil baru, 2008, tapi kalo diliat plat-nya, habis 2009, berarti itu "nomor bantuan". Untuk Pejabat di Kepolisian skr salah satunya berakhiran QH (bukan HQ)


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 14-01-2008 12:49

yah...ga bisa pamer deh...Haha
terus,biasanya no khusus itu kan pake dudukan plat kayak mobil gw...bener kan?


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - tawon - 14-01-2008 13:16

toroshima Menulis:
setau gue ada beberapa kode belakang adan pembeda warna dasar plat nomer untuk TNI
sekedar contoh untuk plat dasar hijau itu AD, biru muda AL, biru tua AU, merah semua itu Mabes TNI, klo untuk nomor dua dijit terakhir setau gue nih ye
klo plat dasarnya hijau nomornya XXXX-00 mabes AD, XXXX-01 ini kostrad, XXXX-02 kopasus, XXXX-03 kodam jaya dan seterusnya banyak yang ga apal gue, tapi klo mobil militer yang pake plat sipil biasanya akhirannya BD,BL,BU,BH tapi kepala satu contoh B 1XXX BD

klo untuk mobil sipil departemen biasana akhirannya BS dan kepala 1
contoh B 1XXX BS ada juga yang berakhiran DQ, HQ ini bisa juga berkepala 2
contoh B 2XXX HQ dan seterusnya(bisa juga mobil BUMN) klo
ini setau gue loh ya, klo ada yg salah tolong di ralat dan klo bisa di tambahkan

tapi ada pertanyaan nih dari gue ada juga mobil dinas pemerintah Yg abjad terakhirnya IR
instansi apa yah ? belom nemu nih eg: B 1111 IR


untuk yang sipil mobil

=========

Kalo ngak salah IR itu untuk instansi dibawah DEPHAN, seperti yg gw tahu di BAKORKMLA pake IR.
CMIIW.


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - chris.ho - 14-01-2008 16:24

Kalo yg di blkg mobil ada pake lambang garuda, itu tandanya apa?


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Tenzo - 14-01-2008 16:32

chris.ho Menulis:
Kalo yg di blkg mobil ada pake lambang garuda, itu tandanya apa?


yg ada tulisannya 234 SC ?????


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Pras - 14-01-2008 16:36

chris.ho Menulis:
Kalo yg di blkg mobil ada pake lambang garuda, itu tandanya apa?


yang mana ya? ada juga anggota DPR/MPR kali?


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - honggy - 14-01-2008 16:44

Tenzo Menulis:

chris.ho Menulis:
Kalo yg di blkg mobil ada pake lambang garuda, itu tandanya apa?


yg ada tulisannya 234 SC ?????


MPR kali ya?? kalo 234SC kalo ga salah SCnya itu Siliwangi Corps... CMIIW


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - chris.ho - 14-01-2008 16:52

@Tenzo, Paras, Honggy - gua pernah liat di jalan, trus saat di parkiran Metropolis, ada mobil plat nomor biasa (warna angkanya putih, background hitam), trus ditempeli lambang garuda.

Saat liat, keliatan keren. Gua penasaran, itu aksesoris atau hny org yg punya pangkat yg boleh masang lambang garuda itu yah? Pengen d masang, biar yg liat ngeper, hehehe


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - M1K3J0 - 14-01-2008 21:46

Plat BS itu bukan bisa di tebus dg hrg 5jt ? tapi lagi itu prnh liat AVS salah jalur.. dg plat B 8xxx BS di tahan jg tuh..padahal ad kenalan bilang Plat BS itu ad tingkatannya..kalo 4digit ny kepala 8 itu yg tertinggi..jadi kalo contoh B 1378 BS gt dianggep cm orang yg ikut2an pk BS..coz sodara ogut pk Grand Cherokee B 80xx BS tiap papasan sm polisi di ksh hormat..pernah ga sengaja salah jalan di kasih lewat tnp di priksa..kbtl boilnya jg warna Ijo gt..hehehe..ap di liat mobilnya jg yah meyakinkan/gak ? ?


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - toroshima - 15-01-2008 07:49

M1K3J0 Menulis:
Plat BS itu bukan bisa di tebus dg hrg 5jt ? tapi lagi itu prnh liat AVS salah jalur.. dg plat B 8xxx BS di tahan jg tuh..padahal ad kenalan bilang Plat BS itu ad tingkatannya..kalo 4digit ny kepala 8 itu yg tertinggi..jadi kalo contoh B 1378 BS gt dianggep cm orang yg ikut2an pk BS..coz sodara ogut pk Grand Cherokee B 80xx BS tiap papasan sm polisi di ksh hormat..pernah ga sengaja salah jalan di kasih lewat tnp di priksa..kbtl boilnya jg warna Ijo gt..hehehe..ap di liat mobilnya jg yah meyakinkan/gak ? ?


setau gue sih OM yang pake kode BS itu justru yang 4 digit dengan kepala 1 contoh B 1234 BS, malah yang 4 digit dengan kepala 8 itu bukan nomor plat mobil instansi pemerintah kecuali kepala 8xxx trus kode tertentu (bukan BS) ini biasanya malah operasional Departemen


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Firdaus Fanani - 15-01-2008 08:06

M1K3J0 Menulis:
Plat BS itu bukan bisa di tebus dg hrg 5jt ? tapi lagi itu prnh liat AVS salah jalur.. dg plat B 8xxx BS di tahan jg tuh..padahal ad kenalan bilang Plat BS itu ad tingkatannya..kalo 4digit ny kepala 8 itu yg tertinggi..jadi kalo contoh B 1378 BS gt dianggep cm orang yg ikut2an pk BS..coz sodara ogut pk Grand Cherokee B 80xx BS tiap papasan sm polisi di ksh hormat..pernah ga sengaja salah jalan di kasih lewat tnp di priksa..kbtl boilnya jg warna Ijo gt..hehehe..ap di liat mobilnya jg yah meyakinkan/gak ? ?

Klo Setau Aye sih Bro Yang 4 digit angka terdepanya 1XXX BS itu tanda pejabat Eselon 1 suatu Instansi Pemerintah jadi Setingkat Dirjen Or mobil Plat Hitam nya Menteri juga biasa nya pake itu trus klo yang angka terdepan nya 2XXX BS itu Pejabat Eselon 2.
malah kalo yg depan nya 8XXX BS itu deh kayanya yg nomor pesenan.
klo menurut aye sih yg serem mah yg 1XXX BD atau 1XXX BP krn dah pasti itu yg punya perwira tinggi TNI atau Polri dan yg Akhiran BD / BP itu Nggak bisa Di pesen diluar Instansi tersebut.....
Setau gw sih....Whistling


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - M1K3J0 - 15-01-2008 08:36

oh gitu yah..soalnya kalo nemu2 yg pk BS dengan no 1xxx gt mobilnya tuh biasa2 bgt kyk kijang..yg 8xxx malah yg harga boilnya 500jetian keatas..kalo gt sodara ogut hoki aj dunk y :p hehehe


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 15-01-2008 08:48

chris.ho Menulis:
Kalo yg di blkg mobil ada pake lambang garuda, itu tandanya apa?


katanya preman pancasila...dulu gw pernah pepet-pepetan ama mobil yang ada stiker kayak gitu...gara-gara dya jalannya di tengah...gw klakson abis aja...eh,dya ngamuk...malah mepet mobil gw..ya gw adu aja...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Firdaus Fanani - 15-01-2008 08:49

M1K3J0 Menulis:
oh gitu yah..soalnya kalo nemu2 yg pk BS dengan no 1xxx gt mobilnya tuh biasa2 bgt kyk kijang..yg 8xxx malah yg harga boilnya 500jetian keatas..kalo gt sodara ogut hoki aj dunk y :p hehehe

Ah masa sih ...095
Bro pernah liat mobil yg pakai 1XXX BS mobilnya biasa aja...095
klo aye sih blom pernah liat....
klo ditempat aye kerja sih yg pejabat Eselon 1 ya mobil nya plat nya 1XXX BS
malah ga ada yg 8XXX BS....
Wah ga tau deh .....Whistling
Setau aye sih....Kisses


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Firdaus Fanani - 15-01-2008 08:52

black.avanza Menulis:

chris.ho Menulis:
Kalo yg di blkg mobil ada pake lambang garuda, itu tandanya apa?


katanya preman pancasila...dulu gw pernah pepet-pepetan ama mobil yang ada stiker kayak gitu...gara-gara dya jalannya di tengah...gw klakson abis aja...eh,dya ngamuk...malah mepet mobil gw..ya gw adu aja...

Huehehehe gila juga ya lo bro....Super
tapi emang harus liat mobilnya juga sih....
klo mobil nya biasa aja sih sikat aja....
tapi klo mobil mewah mungkin asli anggota DPR
mending ngalah aja dah.....Tuh
skarang mah rata2 anggota DPR bawa Senpi Bro...Wallbash


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 15-01-2008 08:54

dya cuma sedan cetek...maksudnya bukan yang kerenan punya...ya gw aduin aja...lagian nyetir ga bener di jalanan jakarta...bisa tambah macet...rumahnya di sunrise...gw tau rumahnya...soalnya dulu pernah ngeliat pas lagi beli pulsa...temen gw bilang itu jagoan/preman pancasila...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Firdaus Fanani - 15-01-2008 09:15

black.avanza Menulis:
dya cuma sedan cetek...maksudnya bukan yang kerenan punya...ya gw aduin aja...lagian nyetir ga bener di jalanan jakarta...bisa tambah macet...rumahnya di sunrise...gw tau rumahnya...soalnya dulu pernah ngeliat pas lagi beli pulsa...temen gw bilang itu jagoan/preman pancasila...

oooooo mungkin anggota Pemuda Pancasila kali maksud temen lo bro...
mang sih rata2 anggota PP pada songong2....Whistling
bos nya mantan preman sih
itu loh si Yapto .....
skarang kan PP dah jadi Partai bro....


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 15-01-2008 09:17

iya...itu kayaknya...untung plat mobilnya bukan BP...kalo BP,gw ga nongol disini...Haha


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - aeres - 15-01-2008 09:22

maksudnya preman pancasila itu PP atau UP?


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 15-01-2008 09:35

wado...PP punya banyak singkatan ya...
1. Pulang-Pergi
2. Pacific Place
3. Preman Pancasila
4. PP sebagai akhiran plat...Tongue1


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Tenzo - 15-01-2008 11:59

Firdaus Fanani Menulis:
oooooo mungkin anggota Pemuda Pancasila kali maksud temen lo bro...
mang sih rata2 anggota PP pada songong2....Whistling
bos nya mantan preman sih
itu loh si Yapto .....
skarang kan PP dah jadi Partai bro....


nah maksud gw yg ada gambar garuda + angka 234 itu yapto punya yg kl mau bikin ada iuran keanggotaannya


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - honggy - 15-01-2008 12:08

Tenzo Menulis:
nah maksud gw yg ada gambar garuda + angka 234 itu yapto punya yg kl mau bikin ada iuran keanggotaannya


mobilnya dia yang gw tau B 1 PP ato B 234
kalo 234 sc, 234nya rakom kali ya?? SCnya siliwangi corps..

kalo di medan pemuda pancasila slogannya, bukan preman biasa....
gw dulu nyoblos patriot pancasila loh....


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - aeres - 15-01-2008 12:15

Gw sampe sekarang malah lum pernah nyoblos yang bener.. Masuk sih ke tps.. tapi golput...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 15-01-2008 12:18

aeres Menulis:
Gw sampe sekarang malah lum pernah nyoblos yang bener.. Masuk sih ke tps.. tapi golput...


BoxingBoxingBoxing


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - honggy - 15-01-2008 12:24

aeres Menulis:
Gw sampe sekarang malah lum pernah nyoblos yang bener.. Masuk sih ke tps.. tapi golput...


yang penting nyoblos om... kalo kertasnya polos ntar orang lain yang nyoblos...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 15-01-2008 12:27

tul...ato dya emang nyoblos...tapi ngambil gambar kpu-nya...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - aeres - 15-01-2008 12:38

honggy Menulis:

aeres Menulis:
Gw sampe sekarang malah lum pernah nyoblos yang bener.. Masuk sih ke tps.. tapi golput...


yang penting nyoblos om... kalo kertasnya polos ntar orang lain yang nyoblos...


Waktu itu sih pas penghitungan ada yang matanya dicoblos semua.. trus dikasih kumis.. tau tuh kerjaan siapa... hihihihi.... jadi gak sah kartunya... Whistling


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 15-01-2008 13:08

loe dong ry...kan itung-itung jadi golput...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - M1K3J0 - 16-01-2008 23:56

back to topic plizz..jangan jd ngomongin coblos2 atuh


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 17-01-2008 09:58

eh...kemaren ketemu mobil dengan plat aneh...uda gw foto...tapi ga brani posting...kalo orangnya ngeliat,dikira gw nantangin..cuma bingung aja,itu dari instansi mana...pake AX item....


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - aeres - 17-01-2008 10:19

penakut...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 17-01-2008 10:21

bukannya gitu om...masalahnya plat instansi gitu...gw ga mo nyari masalah...kecuali untuk konsumsi belajar...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - indira - 17-01-2008 10:25

instansi apa nih ??

klo militer biar gw yg urus sini..hehehe


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 17-01-2008 10:25



ada yang tau ini plat apa?agak beda ama angkatan bersenjata (AU,AL,AD,polisi) yang gw tau...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - M1K3J0 - 17-01-2008 13:48

ga jelas black u ga atur focus n shutter speed ny ? :p


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 17-01-2008 13:49

itu pake shutter speed yang kenceng...tapi berhubung lagi di jalan,jadi agak susah...gw takut ke-gap ama yang nyetir juga kali yak...hehehehe...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - M1K3J0 - 17-01-2008 13:52

sorry oot dikit cm mo blg : black ini slh 1 contoh pengemudi yg tidak memikirkan keselamtan yah..lg nyetir sempet2nya foto sgl..


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 17-01-2008 13:53

itu bukan gw yang fotoin...Toungue


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - toroshima - 17-01-2008 14:31

black ... klo gue liat itua adalah plat dari departemen pertahanan
dan di dephan lebih banyak sipilnya dari pada tengtaranya lagian klo cuman moto doang gpp kalee ... tapi klao sampe ente di intimidasi .. tenang aja prend lo masih banyak teman khan.


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 17-01-2008 14:35

ooo...pertahanan...ada bendera merah putih ama garudanya kalo ga salah...kalo mobil kayak gitu mau ikutan klub mobil ga ya?


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - aeres - 17-01-2008 14:43

norak nich blacky... iye bener itu plat dephan....
yang moto sapa black.. gw mo laporin ke dephan lho... hihihihi... gini2 gw alumni kampusnya punya dephan.. dosennya orang dephan semua.. dari kolonel ampe bintang.. ada juga sih yang sipil....


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Pras - 17-01-2008 15:10

black.avanza Menulis:
ooo...pertahanan...ada bendera merah putih ama garudanya kalo ga salah...kalo mobil kayak gitu mau ikutan klub mobil ga ya?


gambarnya burung garuda dan peta kepulauan indonesia bro... ntar kalo gue ketemu di komplek rumah gue, gue foto-in yang jelas... Yagak


Plat nomor pakai tanda pangkat - FX Suprapto - 15-03-2008 20:53

minggu kemaren pas di Jakarta gw lihat Kijang LX dah rada tua.
Awalnya sih nggak ada yg menarik tapi barang lihat plat nomornya... aneh.
B81891 58
Angka 58-nya rada di atas, seperti tanda pangkat di matematika gitu Eek3

Ada yg tahu ndak... itu instansi mana yg pakai 095


RE: Plat nomor pakai tanda pangkat - Chandra - 15-03-2008 21:19

FX Suprapto Menulis:
minggu kemaren pas di Jakarta gw lihat Kijang LX dah rada tua.
Awalnya sih nggak ada yg menarik tapi barang lihat plat nomornya... aneh.
B81891 58
Angka 58-nya rada di atas, seperti tanda pangkat di matematika gitu Eek3

Ada yg tahu ndak... itu instansi mana yg pakai 095


itu embassy staff punya Bro... tinggal liat kode 58 negara mana punya...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - FX Suprapto - 15-03-2008 21:25

O....... mungkin negara berkembang kali ya Big Grin
Thanks buat masukannya oom.


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 06-05-2008 20:55

tadi gw lagi jalan di daerah permata hijau...tiba-tiba ada mercy c 240 sport warna item sodok sana sini...di sebelah platnya ada lambang garuda...kemungkinan anggota DPR..platnya pake dudukan,diatasnya ada lis kuning...nyetirnya brutal aja...waktu masuk di belokan dari samping ITC permata hijau,dia nutup jalur mobil lain...uda gitu klaksonin mobil di depannya sambil ngebut padahal jalanan lagi macet...abis itu kayaknya agak kalem soalnya uda ga bisa kemana-mana...oiya,nopol nya B 8883 OA...inikah wajah anggota DPR kita?walopun mungkin sopirnya yang bawa...tapi ya jangan kayak gitu lah...gw juga mau buru-buru,tapi kalo macet mau gimana lagi...Eek3


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Gado2Enak - 06-05-2008 21:00

@black.avanza
loe nggak turun terus maki2 dia ???


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 06-05-2008 21:05

ga...gw diemin aja...cuma tadi sempet panas dikit...gw geber aja gas mobil gw...Big Grin
soalnya pas dia ngantri di belakang gw,lampu baru ijo (padahal jauh di depan) malah klakson"...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Gado2Enak - 06-05-2008 21:08

@black.avanza
yg sabar aja . . . DPR emang gitu . . . kalau berangkat buru2, begitu sampai dan ada acara sidang langsung tertidur deh . . . hehehehehe


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - aeres - 07-05-2008 06:26

gw pernah liat motor di plat belakangnya cuma tulisan kavaleri.. mang ada yach?


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - chris.ho - 07-05-2008 12:51

Gua blm pernah liat, kaya apaan yah tulisannya


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - aeres - 07-05-2008 12:57

ya plat biasa trus tulisan itu....


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - black.avanza - 17-05-2008 15:29

tadi abis dari senayan city,pulang lewat bunderan slipi...gw lewat jalur arterinya...pas di fly over slipi dari arah MPR ke slipi,tiba-tiba ada sirene polisi...lewat tol dalam kota...kirain mobil polisi lagi patroli...ternyata MOTOR polisi masuk tol...saat itu kondisi tolnya lagi padat merayap...motor itu ngawal mobil dengan plat B 1...lewatnya bahu jalan pula...Tuh

pantes aja rakyatnya ikutin cara jalan pemimpinnya...wong pemimpin aja lewat bahu jalan,masa rakyat ga boleh...


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - wayoe - 17-05-2008 17:46

Pemimpin adalah contoh bagi pengikutnya....tul gak Om??


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Gado2Enak - 17-05-2008 18:17

wayoe Menulis:
Pemimpin adalah contoh bagi pengikutnya....tul gak Om??


di indonesia nggak berlaku . . . Wallbash


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - JuČ - 25-05-2008 02:55

wah..sepertinya ini topik berguna lho..
g cuma tau katanya kalo belakangnya BP = Bantuan Polisi Haha
kalo I = Intel ya?Haha
itupun dari temen..


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - qupay - 10-05-2011 15:34

Kalo plat nomor blakang nya B-XXXX-RFS sampai RFZ itu plat nomor buat lembaga apa yah? soalnya sekarang banyak banget pake kaya gitu dari mulai avanza sampai mobil mewah


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Kevintob - 10-05-2011 18:38

RFS-Z itu pejabat eselon 1&2


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Markus Yuwono Herbayu - 19-06-2012 22:58

Berikut adalah daftar nomor polisi untuk kendaraan pejabat penting di Indonesia:

* RI 1: Presiden
* RI 2: Wakil Presiden
* RI 3: Istri/suami presiden
* RI 4: Istri/suami wakil presiden
* RI 5: Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat
* RI 6: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat
* RI 7: Ketua Dewan Perwakilan Daerah
* RI 8: Ketua Mahkamah Agung
* RI 9: Ketua Mahkamah Konstitusi
* RI 10: Ketua Badan Pemeriksa Keuangan
* RI 11: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
* RI 12: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
* RI 13: Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat
* RI 14: Menteri Sekretaris Negara
* RI 15: Menteri Sekretaris Kabinet
* RI 16: Menteri Dalam Negeri
* RI 17: Menteri Luar Negeri
* RI 18: Menteri Pertahanan
* RI 19: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
* RI 20: Menteri Keuangan
* RI 21: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral
* RI 22: Menteri Perindustrian
* RI 23: Menteri Perdagangan
* RI 24: Menteri Pertanian
* RI 25: Menteri Kehutanan
* RI 26: Menteri Perhubungan
* RI 27: Menteri Kelautan dan Perikanan
* RI 28: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi
* RI 29: Menteri Pekerjaan Umun
* RI 30: Menteri Kesehatan
* RI 31: Menteri Pendidikan Nasional
* RI 32: Menteri Sosial
* RI 33: Menteri Agama
* RI 34: Menteri Kebudayaan dan Pariwisata
* RI 35: Menteri Komunikasi dan Informasi
* RI 36: Menteri Negara Riset dan Teknologi
* RI 37: Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil-Menengah
* RI 38: Menteri Negara Lingkungan Hidup
* RI 39: Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan
* RI 40: Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara
* RI 41: Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal
* RI 42: Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua BPPN
* RI 43: Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara
* RI 44: Menteri Negara Perumahan Rakyat
* RI 45: Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga
* RI 46: Jaksa Agung
* RI 47: Panglima Tentara Nasional Indonesia
* RI 48: Kepala Kepolisian Republik Indonesia
* RI 49: Kepala BIN
* RI 52: Wakil Ketua DPR
* RI 59: Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan

Sumber : http://bulevarhijau.com/5-minutes-reading/no-polisi-pejabat-negara


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Markus Yuwono Herbayu - 19-06-2012 22:59

Khusus untuk DKI Jakarta (B), Bandung (D)[1][2], dan Medan/Sumatera Timur (BK)[3] dapat menggunakan hingga 3 huruf seri di belakang angka pendaftaran, sesuai kategori atau dengan permintaan khusus.
Salah stau sepeda motor asal Kota Medan yang memiliki 3 huruf pada nomor polisinya

Format kategori 3 huruf seri umum di Jakarta yaitu: B XXXX XYZ

X = Umumnya mewakili tempat kendaraan tersebut terdaftar

Huruf yang mewakili kategori tempat terdaftarnya kendaraan:

U -> Jakarta Utara
B -> Jakarta Barat
P -> Jakarta Pusat
S -> Jakarta Selatan
T -> Jakarta Timur
E -> Depok
N -> Tangerang Kabupaten
C -> Tangerang Kota
V -> Tangerang Kota
K -> Bekasi Kota
F -> Bekasi Kabupaten
W -> Tangerang Selatan

Sementara, Y umumnya merupakan jenis kedaraan berdasarkan. golongan. Huruf yang mewakili kategori kendaraan, antara lain:

A -> Sedan / Motor
F -> Minibus, Hatchback, City Car
V -> Minibus
J -> Jip dan SUV
D -> Truk
T -> Taksi
U -> Kendaraan Staf Pemerintah
Q -> Kendaraan Staf Pemerintah (contoh: B 1234 FQN untuk Pemerintah Kabupaten Bekasi, B 1234 KQN untuk Pemerintah Kota Bekasi)

Sementara, Z merupakan huruf acak yang diberikan untuk pembeda.

Contoh: B XXXX PAA -> Mobil tersebut terdaftar di Jakarta Pusat (P), berjenis sedan (A), dan memiliki huruf pembeda (A).

Untuk kendaraan dinas dan operasional pemerintah eselon tinggi seperti menteri dan jajarannya, saat tidak menghadiri acara kenegaraan atau berdinas, maka 3 huruf seri akhir plat akan menggunakan format RF dan huruf pembeda sesuai kategori jabatan. Jika digunakan untuk mengikuti acara kenegaraan atau berdinas makan plat akan diubah menjadi RI-XX.

Contoh: B 1234 RFS -> Mobil tersebut adalah mobil dinas atau operasional kementerian eselon tinggi.

Sumber : http://bulevarhijau.com/5-minutes-reading/no-polisi-pejabat-negara


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - imam9242 - 19-06-2012 23:08

Markus Yuwono Herbayu Menulis:
Khusus untuk DKI Jakarta (B), Bandung (D)[1][2], dan Medan/Sumatera Timur (BK)[3] dapat menggunakan hingga 3 huruf seri di belakang angka pendaftaran, sesuai kategori atau dengan permintaan khusus.
Salah stau sepeda motor asal Kota Medan yang memiliki 3 huruf pada nomor polisinya

Format kategori 3 huruf seri umum di Jakarta yaitu: B XXXX XYZ

X = Umumnya mewakili tempat kendaraan tersebut terdaftar

Huruf yang mewakili kategori tempat terdaftarnya kendaraan:

U -> Jakarta Utara
B -> Jakarta Barat
P -> Jakarta Pusat
S -> Jakarta Selatan
T -> Jakarta Timur
E -> Depok
N -> Tangerang Kabupaten
C -> Tangerang Kota
V -> Tangerang Kota
K -> Bekasi Kota
F -> Bekasi Kabupaten
W -> Tangerang Selatan

Sementara, Y umumnya merupakan jenis kedaraan berdasarkan. golongan. Huruf yang mewakili kategori kendaraan, antara lain:

A -> Sedan / Motor
F -> Minibus, Hatchback, City Car
V -> Minibus
J -> Jip dan SUV
D -> Truk
T -> Taksi
U -> Kendaraan Staf Pemerintah
Q -> Kendaraan Staf Pemerintah (contoh: B 1234 FQN untuk Pemerintah Kabupaten Bekasi, B 1234 KQN untuk Pemerintah Kota Bekasi)

Sementara, Z merupakan huruf acak yang diberikan untuk pembeda.

Contoh: B XXXX PAA -> Mobil tersebut terdaftar di Jakarta Pusat (P), berjenis sedan (A), dan memiliki huruf pembeda (A).

Untuk kendaraan dinas dan operasional pemerintah eselon tinggi seperti menteri dan jajarannya, saat tidak menghadiri acara kenegaraan atau berdinas, maka 3 huruf seri akhir plat akan menggunakan format RF dan huruf pembeda sesuai kategori jabatan. Jika digunakan untuk mengikuti acara kenegaraan atau berdinas makan plat akan diubah menjadi RI-XX.

Contoh: B 1234 RFS -> Mobil tersebut adalah mobil dinas atau operasional kementerian eselon tinggi.

Sumber : http://bulevarhijau.com/5-minutes-reading/no-polisi-pejabat-negara


nice inpohnya om...TopdehTopdehTopdeh


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Markus Yuwono Herbayu - 19-06-2012 23:25

ada yang tahu gaq RFS dkknya?


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - 4ndy - 21-06-2012 08:22

Markus Yuwono Herbayu Menulis:
ada yang tahu gaq RFS dkknya?


itu kode kmobil dinas kementrian deh


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - anen - 21-06-2012 08:54

Nomor ini terdaftar di SETNEG (ijin khusus), akses ke Obyek Vital Nasional lebih mudah
RFS = SETNEG (dulu BS)
RFP = Polisi (dulu BP)
RFD = Angkatan Darat (dulu BD)
RFL = Angkatan Laut (dulu BL)
RFU = Angkatan Udara (dulu BU)


RE: KODE PLAT TNI/POLISI/PEJABAT - Markus Yuwono Herbayu - 21-06-2012 11:00

anen Menulis:
Nomor ini terdaftar di SETNEG (ijin khusus), akses ke Obyek Vital Nasional lebih mudah
RFS = SETNEG (dulu BS) ---> Deplu jg ... intinya RFS dan RFN kalau gaq salah menunjukkan tingkat Eselon-nya CMIIW

RFS : Dipakai juga oleh Presiden RI dan Ibu Negara kalau sedang tidak bertugas ( setahu saya yah, mengingat pernah papasan ) CMIIW

RFP = Polisi (dulu BP)
RFD = Angkatan Darat (dulu BD)
RFL = Angkatan Laut (dulu BL)
RFU = Angkatan Udara (dulu BU)


Ada juga sich sekarang yang : Kadang Gaq jelas .... Selama seri depannya angka 1, kalau bukan angka 1 atau hanya 3 angka brarti bukan milik pemerintah CMIIW

Milik Pemerintah : B 1xxx dilanjutkan dengan kode huruf :
RFH ( saya kurang ngerti kalau yang ini masuk Instansi mana )
RFT ( saya kurang ngerti kalau yang ini masuk Instansi mana )
RFY ( saya kurang ngerti kalau yang ini masuk Instansi mana )
RFV ( saya kurang ngerti kalau yang ini masuk Instansi mana )
RFW ( saya kurang ngerti kalau yang ini masuk Instansi mana )
RFQ ( saya kurang ngerti kalau yang ini masuk Instansi mana )
RFO ( saya kurang ngerti kalau yang ini masuk Instansi mana )
RFN ( saya kurang ngerti kalau yang ini masuk Instansi mana )