Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Jalur Mudik via selatan - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Topik: Jalur Mudik via selatan (/showthread.php?tid=648)


Jalur Mudik via selatan - Kenio_ridholilo - 06-10-2006 09:25

Rekan2 AX

mohon sharing
pengalamannya u/ jalur mudik via selatan

rencananya kami tg. 20
3 dewasa 1 bayi + 1 balita
mau ke Jogja

dan apa aja yg harus dipersiapkan
selain ...servis dan ganti oli

terima kasihSmile


RE: Jalur Mudik via selatan - Prio - 06-10-2006 09:42

Kalo bawa bayi dan balita yg pasti jgn lupa bawa obat-obatan.
Yg harus ada all:
Obat demam / panas, apa aja yg sdh cocok
Obat diare, kopektat syrup
Obat mual / muntah, vometa syrup
Obat batuk and or obat pilek, apa aja yg sdh cocok

Obat penurun panas / demam wajib ada, keterlambatan pemberian obat ini dpt menyebabkan anak menjadi step / kejang. Kalo anak panas / demam tinggi, obat dpt diberikan setiap 5 jam. Ini termasuk salah satu langkah darurat sebelum membawa si anak ke dokter di kota terdekat yg dilewati.


RE: Jalur Mudik via selatan - ardja - 06-10-2006 09:53

+/- 2 bulan lalu gw jg ke jogja jalannya udah lumayan bagus, lihat di detik.com kemarin katanya skrg udah mulussssss banget...jadi insya Allah lebih lancar dari pantura.

cuman kalo lewat selatan setopan buat cari sahur atau buka puasa agak terbatas (tapi ga tau deh kalo suasana mudik mungkin banyak warung kaget)...jadi menurut gw musti bawa ransum buat makan & minum secukupnya.


RE: Jalur Mudik via selatan - bigguy - 06-10-2006 10:51

Jalur selatan, jalur favorit ogut kalo ke magelang dari bandung, pas arus balik sering kena macet di daerah cagak nagrek


RE:††Jalur Mudik via selatan - Kenio_ridholilo - 06-10-2006 11:18

bigguy Menulis:
Jalur selatan, jalur favorit ogut kalo ke magelang dari bandung, pas arus balik sering kena macet di daerah cagak nagrek


terima kasih masukannya pak Prio dan pak Arja
Kalau begitu pas mudiknya enak pas jam sahur aja yaa
anak masih pada bobo dan engga rewel

Pak Bigguy biasanya nagrek macetnya berapa lama?
agar engga kena macet estimasi lewat sana harus jam berapaan?
Ada jalan lain engga?


RE: Jalur Mudik via selatan - jprima - 06-10-2006 12:56

Nagrek biasanya macet sekitar pk 09.00 itupun waktu puncak mudik,

Untuk menghindarinya berangkat dari Jakarta habis sahur sekitar pk 03.30 - 03.45 WIB tergantung berangkatnya dari mana, Sholat subuh direst Area 51 (sekarang sudah diganti dengan yang baru Rest Area 57) sekitar pk 04.30. Terus gunakan jalur Cipularang nyampe Cileunyi sekitar pk 06.00 trus ke arah Nagrek masih lancar karena masih pagi. Itu pengalaman saya tahun kemarin berangkat dari Cileungsi dengan 2 dewasa 1 balita dan 1 bayi..



RE: Jalur Mudik via selatan - Black_Li - 06-10-2006 13:16

bigguy Menulis:
Jalur selatan, jalur favorit ogut kalo ke magelang dari bandung, pas arus balik sering kena macet di daerah cagak nagrek



Magelangnya ndi mas......... wah bisa mudik bareng neh... saya jg mudik ke Magelang rencana berangkat tgl 22 sore .. klo siang bisa riweh ama motor...Big GrinBig GrinBig Grin


RE: Jalur Mudik via selatan - xelia - 06-10-2006 13:21

lebih dekat/enak mana?jalur selatan yang disebutin ama bung JPrima dibanding lewat keluar TOL Cikampek trus Tanjung belok Kiri lewat Ketanggungan trus tembus Purwokerto/Sumpiuh?? saya rencana kejogja pas tgl 24 karena kalo 23 takut Macet.....karena jalur


RE: Jalur Mudik via selatan - stieven - 06-10-2006 13:28

PETA PRAKIRAAN JALUR JALAN RAWAN LONGSOR PETA PRAKIRAAN JALUR JALAN RAWAN LONGSOR DI PULAU JAWA

DEPARTEMEN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL REPUBLIK INDONESIA PRESS RELEASE Gambar Peta Jalur Mudik PETA PRAKIRAAN JALUR JALAN RAWAN LONGSOR DI PULAU JAWA (MENGHADAPI HARI RAYA:IDHUL FITRI 1425 H, NATAL 2004, DAN TAHUN BARU 2005) DIREKTUR JENDERAL GEOLOGI DAN SUMBER DAYA MINERAL DIREKTORAT JENDERAL GEOLOGI DAN SUMBER DAYA MINERAL Jl. Prof. Dr. Supomo SH No. 10 Jakarta Telepon: (021) 8295608 Facsimile: (021) 8297642 E-mail: gsm@djgsm.esdm.go.id KOTAK POS 4632/KBY I. Latar Belakang Pada bulan Nopember, Desember 2004 dan Januari 2005, kita akan menyabut hari raya besar keagamaan masing-masing Idhul Fitri 1425 H, Natal 2004, dan Tahun Baru 2005. Negara Indonesia, dengan mayoritas pemeluk agama Islam, Idhul Fitri merupakan Hari Kemenangan setelah melewati Bulan Suci, Ramadhan, dirayakan secara religius dan kegiatan lainnya. Oleh karena itu, hal yang wajar pula, bila menjelang dan setelah Idhul Fitri, mobilitas perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat lain sangat tinggi. Dengan telah meningkatnya kemampuan ekonomi masyarakat dan tuntutan kecepatan perpindahan, alat transportasi darat jenis kendaraan bermotor telah menjadi pilihan utama, oleh karena itu, wajar pula bila jalur-jalur jalan darat: utama, alternatif dan wisata dipadati oleh kendaraan bermotor. Pulau Jawa, yang dihuni sekitar 60% dari total jumlah penduduk Indonesia, dapat dipastikan terjadi lonjakkan pengguna jalur jalan darat diatas hari-hari biasa/normal. Di sisi lain, di beberapa kawasan di Pulau Jawa rawan terjadi gerakan tanah/tanah longsor, termasuk yang dilalui jalur-jalur jalan darat: utama, alternatif dan wisata. Dalam menjalankan program kerja 100 hari, program aksi Direktorat Jenderal Geologi dan Sumber Daya Mineral (DJGSM), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Republik Indonesia, antara lain melakukan identifikasi titik-titik rawan longsor yang tersebar pada jalur jalan darat di seluruh Pulau Jawa. Dalam skala ruang, sebaran titik-titik rawan longsor di jalur jalan darat disajikan dalam peta dasar dari Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL). Agar peta sebaran titik-titik rawan longsor lebih dinamis dan preventif, ditambahkan prakiraan curah hujan dalam skala waktu yaitu prakiraan curah hujan di P. Jawa, Nopember dan Desember 2004 serta Januari 2005 dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG). Gabungan dari informasi tersebut disajikan dalam bentuk Peta Prakiraan Jalur Jalan Rawan Longsor di Pulau Jawa. II. Maksud dan Tujuan Maksud dari program ini adalah melakukan identifikasi titik-titik rawan longsor pada jalur jalan darat di Pulau Jawa. Tujuannya adalah menyajikan Peta Prakiraan Jalur Jalan Rawan Longsor di Pulau Jawa, sebagai informasi bagi masyarakat pengguna jalur jalan darat dan Aparat Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota di Pulau Jawa agar tercipta kewaspadaan dan kesiapsiagaan secara dini, untuk mengatisipasi jika terjadi longsor. Dengan demikian diharapkan tercipta rasa aman dan perlindungan bagi para pengguna jalur jalan di Pulau Jawa dalam merayakan Idhul Fitri 1425 H, Natal 2004, dan Tahun Baru 2005. III. Metoda Identifikasi Identifikasi titik-titik rawan longsor dilakukan pada jalur-jalur jalan darat : utama, alternatif dan wisata yang kemungkinan terjadi konsentrasi jumlah manusia yang tinggi, menggunakan kendaraan bermotor, pejalan kaki, dan alat transportasi lainnya. Titik pada jalur jalan dinyatakan rawan longsor setelah dilakukan pemeriksaan langsung di lapangan yang meliputi antar lain: Kondisi geologi: jenis batuan/tanah pada badan jalan, tebing bagian bawah dan bagian atas. Kemiringan lereng: bagian atas dan bawah badan jalan. Tataguna lahan: permukiman, semak belukar, lahan pertanian (basah atau kering). Kenampakan/kondisi adanya gejala longsor pada badan jalan, tebing bagian bawah dan tebing bagian atas. IV. Hasil Identifikasi dan Rekomendasi Hasil identifikasi titi-titik rawan longsor disajikan dalam peta Pulau Jawa yang tersebar pada jalur-jalur jalan darat: utama, alternatif dan wisata. Propinsi Banten dan Propinsi Jawa Barat Di Propinsi Banten, tidak banyak titik rawan langsor, hanya terdapat pada jalur jalan Bogor-Pandeglang, di sekitar Cipanas. Di Propinsi Jawa Barat, sebaran titik rawan longsor terdapat pada jalur jalan utama (Bopuncur



RE: Jalur Mudik via selatan - Prio - 06-10-2006 13:36

Wuih, panjang banget om, sampai pusing bacanya. Dan kesimpulannya cuman daerah puncak-cipanas yg rawan longsor?


RE: Jalur Mudik via selatan - Racing - 06-10-2006 13:40

jalur selatan kayanya lebih enak dilalui. Kalo pantura kadang gaya nyetir kita suka terpengaruh sama bus dan truk. Jadi bawaan kadang mau ngebut terus. Kalo Jalur selatan relatip lebih santai.


RE: Jalur Mudik via selatan - Kenio_ridholilo - 06-10-2006 14:11

Pak Steiven
terima kasih banyak tipsnya

Buat rekan2 AX kalo mau barengan boleh-boleh aje kok
cuman ...engga ada sponsor ... (om bob bisa cariin sponsor hehehe)
lumayan buat ongkos bensin kali yee

insyaallah tg 21 subuh berangkat dari bekasi ke jogja
dg xenia - li
dan besok ke phoenix buat cek2 kondisi sekalian ganti oli




RE:††Jalur Mudik via selatan - Goshbuster - 06-10-2006 14:38

stieven Menulis:
13. Kapan sebaiknya berangkat? Pagi atau malam?
Terserah anda mana yang paling baik masing-masing ada plus minusnya. Berangkat pagi jam 06.00: Bisa lihat pemandangan, restoran dan bengkel mobil pasti buka, bila mobil tua dan AC kurang bagus anak-anak kasihan akan tersiksa karena panas apalagi kalau macet, sepanjang jalan yang dilewati kita akan ketemu yang namanya "Pasar Tumpah" itu lho pasar tradisional di kota kecamatan/kabupaten pasti macet, banyak orang menyeberang, becak, sepeda, ojek, dll, ketemu dengan "Panitia" Pembangunan Masjid yang minta sumbangan yang luar biasa banyaknya sepanjang Pantura dan jalan/jalur lain yang pasti akan kita lewati. Harap hati-hati dengan drum yang ditaruh di tengah-tengah jalan, jangan sampai ngebut melewati mereka. Bagi anda yang berkacamata minus sebaiknya jalan pagi saja. Berangkat sore/malam jam 17.00: Tidak bisa lihat pemandangan, hanya restoran dan bengkel 24 jam saja yang buka (tapi jangan khawatir cukup banyak kok!), anak-anak bisa tidur tidak ribut, tidak panas baik di dalam mobil maupun di luar, tidak ada Pasar Tumpah (tapi mungkin saja ada "Pasar Malam"), tidak ada Panitia Pembangunan Masjid. Bila kita mau menyalip di tikungan akan kelihatan dari sinar lampu mobil dari arah berlawanan, dimana hal ini tidak bisa kita tahu kalau berjalan di siang hari. Hanya saja kita harus ekstra hati-hati dan jangan sampai mengantuk bila jalan malam hari karena "musuh" kita adalah Bus Malam. Ini biangnya "Setan Jalanan" dan "Raja Tega". Bagi Anda yang tidak tahan sinar lampu dari depan (silau) lebih baik jangan jalan malam hari.
14. Berikan no. HP dan telepon di kampung halaman ke tetangga atau RT
Harap tiggalkan nomor HP dan telepon rumah di kampung halaman ke tetangga yang tidak mudik atau ke Pak RT agar Anda bisa dihubungi kalau terjadi sesuatu di rumah Anda.
15. Arus Balik dan Pulang Balik
Harap simpan tenaga dan tetap jaga kesehatan untuk siap pulang balik setelah mudik. Jangan pulang balik di pas mepet sekali besoknya harus sudah masuk kantor dan anak-anak masuk sekolah, pasti kelelahan kan? Ada baiknya ambil waktu sehari istirahat sebelum besoknya melakukan aktifitas rutin.
16. Bawa Uang Tunai
Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu bawa banyak-banyak, toh ATM banyak sekali dijumpai di daerah.
17. Bawa Kaset/CD
Bawalah kaset/CD yang menjadi favorit Anda, agar suasana tidak jenuh, bosan dan sekaligus membawa suasana gembira. Sering-seringlah memutar lagu, supaya Anda teringat terus akan kampung halaman Anda.
18. Stiker.
Tips terakhir, tempelkan stiker favorit Anda atau tanda pengenal komunitas tertentu di kaca belakang mobil Anda. Siapa tahu nanti di perjalanan Anda berjumpa dengan teman baru?

Demikianlah beberapa kiat dan tips, mungkin dari rekan-rekan yang lain bisa menambahkan agar bisa semakin lengkap sehingga bermanfaat bagi kita semua. Okey, selamat mudik dengan aman dan santai, selamat sampai tujuan dan jangan lupa oleh-olehnya Smile

Selamat Idul Fitri 1423 H
Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Bathin
sumber

Om.... lebarannya masih 2 minggu lagi...


RE: Jalur Mudik via selatan - fi4n - 06-10-2006 15:25

Ayo pada mudik semua ... biar Jakarta sepi ... agar ane saat lebaran ke sana kagak ada macet ... he he he ..


RE: ††Jalur Mudik via selatan - bigguy - 06-10-2006 15:53

Kenio_ridholilo Menulis:
Pak Bigguy biasanya nagrek macetnya berapa lama?
agar engga kena macet estimasi lewat sana harus jam berapaan?
Ada jalan lain engga?

Kalo pas arus balik, pernah kena macet dari jam 3 sore sampe jam 10 malem baru masuk tol cileunyi, kalau yang sudah-sudah sih biasanya kita pulang dari magelang jam 9 malam, sampai di nagrek jam 2 pagi, lumayan lancar, atau pas orang lain sudah masuk kerja baru kita balik, ijin cuti 1 hari, kalau tahun ini perkiraan arus balik 28-29 oktober. Bisa balik tgl 30-an tuh.



RE:†† Jalur Mudik via selatan - bigguy - 06-10-2006 15:59

Black_Li Menulis:
Magelangnya ndi mas......... wah bisa mudik bareng neh... saya jg mudik ke Magelang rencana berangkat tgl 22 sore .. klo siang bisa riweh ama motor...


oalah ono wong magelang meneh, aku nang ndusun mbanyaan, ce'da karo new armada, nang ngarep Gedung DPRD, sampean nang ngendi tho mas ? ning aku taun iki arep nang bali wae, wis booking 22 okt tekan 28 okt..., neng magelang wis ranono sopo-sopo ki, si mbah wes ranono Toungue Big Grin Toungue


RE:††Jalur Mudik via selatan - bigguy - 06-10-2006 16:17

stieven Menulis:
7. Raja Setan Jalanan
Yang unik bila kita berkendara dengan mobil pribadi di Jalur Pantura adalah siap mengalah dengan Bus Antar Kota/Propinsi, mereka ini disebutnya "Raja Setan Jalanan Pantura". Jangan coba-coba adu balap dan adu kuat meskipun kita ada di jalur yang benar sekalipun. Bila dari arah berlawanan tiba-tiba ada Bus yang melancangi truk gandeng yang berjalan lamban, Anda harus siap mengurangi kecepatan dan secara mantap minggir ke kiri, bila perlu turun/keluar dari jalan aspal, kalau tidak hmm... saya tidak bisa ceritakan di sini apa yang terjadi. Lebih baik mengalah lah! Bukankah Anda dan keluarga ingin tiba di kampung halaman dengan selamat bukan?

Mau mengomentari yang digaris bawahi, hati-hati karena tidak setiap pinggiran jalanan memiliki ketinggian yang sama dengan aspal, seringkali ketinggian aspal s.d. 20 sm lebih kalau tidak siap, bisa-bisa mobil kita terjungkal atau terot patah. Selain itu di pinggir aspal juga ada yang dibuat got, trutama di daerah yang merupakan belokan menurun/ menanjak, tujuan pembuatan got ini adalah agar air hujan tidak menjadi aliran air deras pada saat hujan besar.

Trik lain apabila berpapasan dengan bus yang nekat ambil jalur kita, adalah menghentikan kendaraan sambil memberikan aba-aba lampu jauh (dim) berkali-kali kepada kendaraan lawan, diikuti riting kanan, agar dia kembali kejalurnya.

Pemberian aba-aba lampu jauh (dim) cukup efektif untuk membuyarkan konsentrasi nafsu menyusul dari si sopir, selain juga membuatnya tidak pede untuk melanjutkan aksinya....heheheh Big Grin Big Grin Cool


RE: Jalur Mudik via selatan - Black_Li - 06-10-2006 17:46

bigguy Menulis:
oalah ono wong magelang meneh, aku nang ndusun mbanyaan, ce'da karo new armada, nang ngarep Gedung DPRD, sampean nang ngendi tho mas ? ning aku taun iki arep nang bali wae, wis booking 22 okt tekan 28 okt..., neng magelang wis ranono sopo-sopo ki, si mbah wes ranono Toungue Big Grin Toungue



ya ceda masa saya di Soropaten, Bandongan. Klo di sana tempat Mertua.
Nanti kalo ketemu Xenia Li Hitam di blk ana stiker keluan dr om bob kok... jgn sungkan2 sapa saya, krn say nda tau mobil sampean apa? Avanza atau Xenia...


RE: ††Jalur Mudik via selatan - stieven - 06-10-2006 20:12

Goshbuster Menulis:

stieven Menulis:
13. Kapan sebaiknya berangkat? Pagi atau malam?
Terserah anda mana yang paling baik masing-masing ada plus minusnya. Berangkat pagi jam 06.00: Bisa lihat pemandangan, restoran dan bengkel mobil pasti buka, bila mobil tua dan AC kurang bagus anak-anak kasihan akan tersiksa karena panas apalagi kalau macet, sepanjang jalan yang dilewati kita akan ketemu yang namanya "Pasar Tumpah" itu lho pasar tradisional di kota kecamatan/kabupaten pasti macet, banyak orang menyeberang, becak, sepeda, ojek, dll, ketemu dengan "Panitia" Pembangunan Masjid yang minta sumbangan yang luar biasa banyaknya sepanjang Pantura dan jalan/jalur lain yang pasti akan kita lewati. Harap hati-hati dengan drum yang ditaruh di tengah-tengah jalan, jangan sampai ngebut melewati mereka. Bagi anda yang berkacamata minus sebaiknya jalan pagi saja. Berangkat sore/malam jam 17.00: Tidak bisa lihat pemandangan, hanya restoran dan bengkel 24 jam saja yang buka (tapi jangan khawatir cukup banyak kok!), anak-anak bisa tidur tidak ribut, tidak panas baik di dalam mobil maupun di luar, tidak ada Pasar Tumpah (tapi mungkin saja ada "Pasar Malam"), tidak ada Panitia Pembangunan Masjid. Bila kita mau menyalip di tikungan akan kelihatan dari sinar lampu mobil dari arah berlawanan, dimana hal ini tidak bisa kita tahu kalau berjalan di siang hari. Hanya saja kita harus ekstra hati-hati dan jangan sampai mengantuk bila jalan malam hari karena "musuh" kita adalah Bus Malam. Ini biangnya "Setan Jalanan" dan "Raja Tega". Bagi Anda yang tidak tahan sinar lampu dari depan (silau) lebih baik jangan jalan malam hari.
14. Berikan no. HP dan telepon di kampung halaman ke tetangga atau RT
Harap tiggalkan nomor HP dan telepon rumah di kampung halaman ke tetangga yang tidak mudik atau ke Pak RT agar Anda bisa dihubungi kalau terjadi sesuatu di rumah Anda.
15. Arus Balik dan Pulang Balik
Harap simpan tenaga dan tetap jaga kesehatan untuk siap pulang balik setelah mudik. Jangan pulang balik di pas mepet sekali besoknya harus sudah masuk kantor dan anak-anak masuk sekolah, pasti kelelahan kan? Ada baiknya ambil waktu sehari istirahat sebelum besoknya melakukan aktifitas rutin.
16. Bawa Uang Tunai
Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu bawa banyak-banyak, toh ATM banyak sekali dijumpai di daerah.
17. Bawa Kaset/CD
Bawalah kaset/CD yang menjadi favorit Anda, agar suasana tidak jenuh, bosan dan sekaligus membawa suasana gembira. Sering-seringlah memutar lagu, supaya Anda teringat terus akan kampung halaman Anda.
18. Stiker.
Tips terakhir, tempelkan stiker favorit Anda atau tanda pengenal komunitas tertentu di kaca belakang mobil Anda. Siapa tahu nanti di perjalanan Anda berjumpa dengan teman baru?

Demikianlah beberapa kiat dan tips, mungkin dari rekan-rekan yang lain bisa menambahkan agar bisa semakin lengkap sehingga bermanfaat bagi kita semua. Okey, selamat mudik dengan aman dan santai, selamat sampai tujuan dan jangan lupa oleh-olehnya Smile

Selamat Idul Fitri 1423 H
Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Bathin
sumber

Om.... lebarannya masih 2 minggu lagi...

iya masi 2 minggu lagi (kalo mudik dr jakarta)..paling gak udah pada siap2 yang dr medan mau ke jawa timur..
kita dilampung jg udah pada siap untuk menyambut arus mudik..posko2 kesehatan,isitrahat sudah kami didirikan 90% rampung.maklum lampung adalah gerbang masuk dan keluar sumatra..pengalaman yang udah2 h-10 udah mulai pada mudik..




RE: Jalur Mudik via selatan - stieven - 06-10-2006 20:22

Tadi gua liat2 thread..kyknya topik kita salah tempat nich...
mungkin toekang web dan bos bob bs buatin tempat selama ramadhan ini.. INFO MUDIK



RE:†††† Jalur Mudik via selatan - bigguy - 09-10-2006 08:27

Black_Li Menulis:
ya ceda masa saya di Soropaten, Bandongan. Klo di sana tempat Mertua.
Nanti kalo ketemu Xenia Li Hitam di blk ana stiker keluan dr om bob kok... jgn sungkan2 sapa saya, krn say nda tau mobil sampean apa? Avanza atau Xenia...


OK beres bos, mobil ogut Xenia item D 1054 VE Toungue


RE:††Jalur Mudik via selatan - Kenio_ridholilo - 09-10-2006 09:02

stieven Menulis:
Tadi gua liat2 thread..kyknya topik kita salah tempat nich...
mungkin toekang web dan bos bob bs buatin tempat selama ramadhan ini.. INFO MUDIK


aku setuju dg usul Pak steiven

jadi entar ada sub-sub judulnya
misalnya mudik ke lampung
mudik ke magelang ...etcBig Grin


RE: Jalur Mudik via selatan - Black_Li - 09-10-2006 11:59

TS atas......

Setuju banget, klo mungkin di dta yg mudik eg. saya mudik tanggal 22 ke Magelang... sekalian cantumkan Hp.. jadi bisa bagi2 infomasi dijln.......


RE: Jalur Mudik via selatan - agustian - 09-10-2006 12:25

kayaknya ada yang kurang deh, jangan lupa bawa Laptop trus beli perdana Fren(100 Rebu ) and PCMIA ( sejuta empat ratus ), kita tetap bisa browsing internet sepanjang perjalanan gue rekomendasiin pake fren paling murah deh


RE:††Jalur Mudik via selatan - zhe_ya - 09-10-2006 13:12

agustian Menulis:
kayaknya ada yang kurang deh, jangan lupa bawa Laptop trus beli perdana Fren(100 Rebu ) and PCMIA ( sejuta empat ratus ), kita tetap bisa browsing internet††sepanjang perjalanan gue rekomendasiin pake fren paling murah deh

Bung Agustian mudiknya pake sopir yah? Toungue


RE: Jalur Mudik via selatan - stieven - 09-10-2006 13:29

kalo ada yang mau mudik ke sumatra nanti kalo butuh bantuan di propinsi lampung silahkan hub gua...
081369427222
0721752110
kalo bawa radio komunikasi
ke freq 145.220 (yc4zsa) 145.32,145.400.
repeater :output 146.668 input 146.608
untuk keterangan lebih lanjut nanti saya informasikan kembali tempat2 istrahat,kesehatn,penginapan dll. krn msi belum rampung semua.moga2 2 hari lagi.

saya usahakan data arus lalinbisa up to date di ini forum (MINTA IZIN YAH BOS BOB &TOEKANG WEB)


RE: Jalur Mudik via selatan - pra_nows - 09-10-2006 14:53

gw 4 tahun lalu mudik ke madiun lewat selatan....
Saking macetnya jarak tempuh 24 jam sampe tujuan....
dari jakarta ke tasikmalaya aja hampir 10 jam-an....

Sekedar informasi aja, hampir sepanjang jalan Jalur Selatan...kondisi Pompa Bensin sudah mulai baik, bersih, dan rapi...
Yang terbaik Pompa Bensin di Jalur antara Tasikmalaya dan Ciamis...kalo dari arah Tasik ada sebelah kiri kira2 30 menit dari Tasik.....

SELAMAT MUDIK DECH



RE: †††† Jalur Mudik via selatan - keteppass - 11-10-2006 02:40

bigguy Menulis:

Black_Li Menulis:
ya ceda masa saya di Soropaten, Bandongan. Klo di sana tempat Mertua.
Nanti kalo ketemu Xenia Li Hitam di blk ana stiker keluan dr om bob kok... jgn sungkan2 sapa saya, krn say nda tau mobil sampean apa? Avanza atau Xenia...


OK beres bos, mobil ogut Xenia item D 1054 VE Toungue


kulo tengeri mobil iki nek kethok mlaku2 nang magelang...
Ojok2 sungkan mampir ting gubuke orang udik asli......mburi komplek panca arga.


RE: Jalur Mudik via selatan - Kenio_ridholilo - 11-10-2006 02:47

Di magelang ojo lali
makan tahu kupat deket alun2 ya..

jg lupa kalo piknik di jogja liat Xli item B8786YS
ada AX.netnya, nah ...itu milik Kenio Cool




RE: Jalur Mudik via selatan - Black_Li - 11-10-2006 03:14

Kenio_ridholilo Menulis:
Di magelang ojo lali
makan tahu kupat deket alun2 ya..

jg lupa kalo piknik di jogja liat Xli item B8786YS
ada AX.netnya, nah ...itu milik Kenio Cool


Iya, namanya Tupat Tahu Warung Ijo.....

Nanti bisa janjian makan tupat tahunya mas Kenio..Big Grin

XLi item B 1756 FI
Surya 0812 908 6889


RE: Jalur Mudik via selatan - harie25 - 11-10-2006 15:35

Black_Li Menulis:

bigguy Menulis:
Jalur selatan, jalur favorit ogut kalo ke magelang dari bandung, pas arus balik sering kena macet di daerah cagak nagrek



Magelangnya ndi mas......... wah bisa mudik bareng neh... saya jg mudik ke Magelang rencana berangkat tgl 22 sore .. klo siang bisa riweh ama motor...Big GrinBig GrinBig Grin


wah bisa kopdar borobuudur nih Smile

salam
harie - tempuran magelang




RE:††††Jalur Mudik via selatan - pra_nows - 11-10-2006 22:03

harie25 Menulis:

Black_Li Menulis:

bigguy Menulis:
Jalur selatan, jalur favorit ogut kalo ke magelang dari bandung, pas arus balik sering kena macet di daerah cagak nagrek



Magelangnya ndi mas......... wah bisa mudik bareng neh... saya jg mudik ke Magelang rencana berangkat tgl 22 sore .. klo siang bisa riweh ama motor...Big GrinBig GrinBig Grin


wah bisa kopdar borobuudur nih Smile

salam
harie - tempuran magelang


Temen2 bisa hindari cagak nagrek dengan cara...
Ambil jalur arah Garut ntar ada yang ke arah singaparna...trus sampe kota Tasik.....


RE: Jalur Mudik via selatan - Surya B 1756 FI - 16-10-2006 10:26

bro ....... ada yg tau lewat Sumedang - Wado tembusnya di Malangbong...
jadi ga usah liwat Nagrek....

Sekalian klo bisa kita inventisir yg mo mudik jadi bisa sms an utk up date kabar dijln.

Nama AvanzaXenia.net HP/Telp Tgl + Tujuan Mudik
1. Surya XeLi B 1756 FI 0812 908 6889 22 Magelang


yang lainnya....????


RE: Jalur Mudik via selatan - Surya B 1756 FI - 16-10-2006 10:28

bro ....... ada yg tau lewat Sumedang - Wado tembusnya di Malangbong...
jadi ga usah liwat Nagrek....

Sekalian klo bisa kita inventisir yg mo mudik jadi bisa sms an utk up date kabar dijln.

Nama ======= AvanzaXenia.net ======= HP/Telp ========Tgl + Tujuan Mudik
1. Surya ======= XeLi B 1756 FI == 0812 908 6889 == 22 Magelang


yang lainnya....????


RE: Jalur Mudik via selatan - xelia - 16-10-2006 10:34

Dari Jakarta keluar tol bandung di cileunyi(paling ujung).

Setelah keluar tol ambil arah ke Tasikmalaya. Bukan sumedang.

Setelah sampai nagreg bisa lewat Garut atau Malangbong.

Tempuh waktunya hampir sama.



Kalo lewat Malangbong.

Dari Nagreg sampai Tasikmalaya sekitar 66Km. jalan padat dan ada 2 lokasi macet.

Macet di sekitar sukamerang dan ciawi.

(Nagreg-Sukamerang-Malangbong-Ciawi-Tasikmalaya)



Kalo lewat Garut

Dari Nagreg sampai Tasikmalaya sekitar 77Km.

Saya lebih suka lewat sini karena jalan lebih lancar.

(Nagreg-Garut-Singaparna-Tasikmalaya)



Dari Tasikmalaya --25 Km-- Ciamis --25 Km-- Banjar --27 Km-- Majenang --40 Km-- Wagon --15 KmóRawalo --12 Km-- Buntu ----sumpiuh ---- gombong ---- kebumen ---- kutoarjo ---- Purworejo ---- Temon ---- Wates ---- Sentolo ----Yogyakarta



RE: Jalur Mudik via selatan - Surya B 1756 FI - 16-10-2006 12:38

Macet ga tol cipularang.......
maksud saya dari tol sandang ke arah subang---- lewat jl. cagak (ptung nanas) --- tanjung siang--- sadang--- sumedang (belanja tahu dulu buat dijalan ama oleh2) ---- Wado ---- malangbong -- langsung ke tasik deh...


RE: Jalur Mudik via selatan - xelia - 16-10-2006 12:54

om surya macet pasti. Kalo aku mau lewat cikampek-tanjung-ketanggungan-wangon-sumpiuh-jogja ....udh 2x lebaran lewat sana lancar terkendali dengan panorama pegunungan jika lewat tegal-belik-bobotsari-purbalingga-jogja...


RE: Jalur Mudik via selatan - Kenio_ridholilo - 17-10-2006 13:45

Pak Xelia

u/ jalur pulangnya enakan lewat mana
biasanya kalo nagrek macet dari tasik ke arah mana tuh
(pengalaman dulu dilewatin ke arah gunung... engga jelas)



RE:††††Jalur Mudik via selatan - keteppass - 17-10-2006 16:18

harie25 Menulis:

Black_Li Menulis:

bigguy Menulis:
Jalur selatan, jalur favorit ogut kalo ke magelang dari bandung, pas arus balik sering kena macet di daerah cagak nagrek



Magelangnya ndi mas......... wah bisa mudik bareng neh... saya jg mudik ke Magelang rencana berangkat tgl 22 sore .. klo siang bisa riweh ama motor...Big GrinBig GrinBig Grin


wah bisa kopdar borobuudur nih Smile

salam
harie - tempuran magelang


kopdar mudik lagi dibahas sama milis tetangga tuch....mo di jogja or dsk






RE: Jalur Mudik via selatan - Surya B 1756 FI - 17-10-2006 16:31

dsk opo toh mas....


RE: Jalur Mudik via selatan - Kenio_ridholilo - 18-10-2006 08:15

dsk = disekitarnya

milist tetangga yg mana ?

per minggu ini di Toko buku gramedia udah di bagikan gratis
peta jalur mudik...
h-7 peta mudik juga bisa diperoleh di pintu2 tol


RE:††Jalur Mudik via selatan - keteppass - 18-10-2006 16:42

Kenio_ridholilo Menulis:
milist tetangga yg mana ?


nanti dech kalo dah pasti ada aku kabari lagi....


RE: ††Jalur Mudik via selatan - keteppass - 20-10-2006 22:11

keteppass Menulis:


nanti dech kalo dah pasti ada aku kabari lagi....
[/quote]

kopdar pemudik pemilik A/X

Pondok Tingal Borobudur
tgl 28 oct jam 10 pagi smp sls


Share : Report Mudik via jalur selatan - Kenio_ridholilo - 30-10-2006 10:53

Akhirnya
setelah di tune up pak Andreas saya sklg
jadi mudik via jalur selatan
Begini Nih reportnya :
berangkat 21 dini hari jam 3.36 (sesudah sahur)
dari Bekasi (tol bintara) eh ...baru 1 km udah
terhadang macet Sad††mulai Bekasi timur s/d Cibitung
...macetnya gara2 banyak org yg punya planning berangkat
dini hari ... juga ternyata
kebanyakan yg platnya BE pada rest (istirahat) di bahu jalan
dan 3 lokasi rest area, sampai berjejal2 tuh rest area
u/ melayani org sahur dan musholla yg krg bersih
Pengalaman : lain kali lebih baik sahur dan sholat dari rumah††
Selepas kerawang timur baru lancar s/d tol padaleunyi

lepas tol Bandung ke arah Cicalengka jam 6.00
mulai dari tanjakan kearah nagrek merembet padat
karena harapan Nagrek macet saya ambil jalur kanan
via Garut kota tembus2 Tasik (tidak ada macet)
jalan berkelok2 sempit (lebih jauh sekitar 25-30 km)
Karena berangkat H-3
kita engga bisa gas pol soalnya banyak banget
sepeda motor yg mudik via jalur ini (dan ketemu 5x kecelakaan motor)

Kalo udah melihat begitu kitajadi ekstra hati2
dan gas secara smurf, dan mensyukuri kekurangan Xli
dibandingin dg kalo mudik naik motorToungue

Sampai Jogja jam 8.00 malem (puih 17 jam!!)
udah termasuk nganter pembokat di Gombong,
istirahat sholat dhuhur, ashar, maghrib dan berbuka puasa
(klo di total berhentinya ada 10x ..termasuk anak Pup)

Pas Pulang ke jakarta 28 Okt subuh (jam 5.00 pagi)
lancar-lancar aja krn org2 pada Miris lewat Jalur selatan
krn di beritakan di Info Mudik di Radio dan TV bahwa Nagrek
antre sampai 5 kilometer dan ada sistem buka tutup jalur
sampai di jakarta/ bekasi jam 5.30 sore (12 jam aja!!!)
Pengalaman : Jangan percaya banget2 info itu
kalo di belokin, nah belok sendiri lagi ke arah semula dari jalur yg tdk dijaga polisi (baru 1 kali ini lewat nagrek kosong.. / tidak macet)

Report performa Xli :
setelah ditune (ganti busi dll) dan pake sarang nyamuk pak andreas
memang saya akui performa xli lebih baik (endut2 hampir tidak ada)
dan lumayan kenceng (di tol 120 kpj belum mentok)
konsumsi bensin full tank s/d Jogja 642 km masih 2-5 literan
belum nyala lampu tanda bensinnya
setelah saya hitung2 1:14,26km/literGozkirpma
kondisi full ac (jalan agak lancar)
Ohya ..bensinnya campur : (pertamax 30% dan premium 70%)
semua standar ..ban dan velg kaleng, S/a standar lumayan oke kalo kita bawa muatan banyak/ kaya mudik ini.

Demikian reportnya


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - xelia - 30-10-2006 14:37

koq irit ya??Saya berangkat 23 October jam 5 pagi lewat selatan Nagrek isi Full tank pake Shell belom nyampe Jogja udah minta diisi di wangon total 1L=11.5 km.......dan nyampe jogja jam 3 sore........PUlang tanggal 28 October jam 7 kondisi jalan rame ampe sumpiuh dan tersendat lancar ampe Tasik macet di Nagrek...ampe tol Cikampek macet .......bensin 1L=11.5km......


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - J99 - 30-10-2006 15:15

Pak Kenio, tambahan aja... Di Xe Li pada indikator benzin sepertinya ngga ada lampunya... BTW, Li anda termaasuk irit...


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - Bobby Sant - 30-10-2006 15:34

xelia Menulis:
koq irit ya??Saya berangkat 23 October jam 5 pagi lewat selatan Nagrek isi Full tank pake Shell belom nyampe Jogja udah minta diisi di wangon total 1L=11.5 km.......dan nyampe jogja jam 3 sore........PUlang tanggal 28 October jam 7 kondisi jalan rame ampe sumpiuh dan tersendat lancar ampe Tasik macet di Nagrek...ampe tol Cikampek macet .......bensin 1L=11.5km......



Lu punya mobil setelan klepnya beda sama Kenio. Mobil lu suara mesinnya lebih galak.


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - xelia - 31-10-2006 15:53

Lu punya mobil setelan klepnya beda sama Kenio. Mobil lu suara mesinnya lebih galak.
[/quote]
So...what I've to do??om bobby jadi biarin aja kali yeee...mungkin bawaannya juga beda dari cara pijak gasnya juga Haha....paling boros waktu dari Tol Cikampek ampe Cilenyi full gas ..


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - Kenio_ridholilo - 02-11-2006 09:58

Pak xelia
di cikampek s/d cilenyi
saya ngga bejek habis plg poll 120 kpj aja (karena udah rame)
engga berani nambah lagi... ngeri engga bisa ngeremnya
Pijekan smurf aja ..maklum pembokat bawa beras, sembako
jadi xlinya berat ... tapi stabil (engga tahu kl pk xdrive)Super
kasihan mesinnya belum pake exhaust tambahan ky py anda Toungue

Pak bobby
stelan klep? emang kl di tune up andreas di stell klepnya?095
(maklum kalau pas nge tune aku tinggal kebawah lt2..abis panas)
yg sy th diganti busi, oli, filter udara, filter oli dan oli valvoline
(tahunya tuh andreas nempelin stiker valvoline di kaca belakang)

J99
emang xli indikator pom bensin itu engga bisa nyala...???Tuh
Wallbash

Pak xelia kita kok engga ketemu ya, keteppas juga engga??Cool
padahal aku di jogja-magelang-salatiga muter2 selama semingguan


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - xelia - 02-11-2006 11:59

@pak kenio...iya tuh ama pak surya aja gak ketemu gw cari stiker AvanzaXenia.net gak pernah ketemu....padahal komunitas udah banyak kali gak beli stiker Smile..iya klep gw lbh galak dari pertama si andreas dengar udah curiga koq suara mesin gw aneh makanya gak ndut2an...Smile


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - Surya B 1756 FI - 02-11-2006 12:54

xelia Menulis:
@pak kenio...iya tuh ama pak surya aja gak ketemu gw cari stiker AvanzaXenia.net gak pernah ketemu....padahal komunitas udah banyak kali gak beli stiker Smile..iya klep gw lbh galak dari pertama si andreas dengar udah curiga koq suara mesin gw aneh makanya gak ndut2an...Smile


Saya jg nyariin yg pake stiker AvanzaXenia.net ga ketemu jg ampe magelang.... jln dr jkt jam 20.00 wib tgl 21 (mlm minggu) keluar tol sadang jam 23.30 an wib. buset deh tuh disadang yg mo kearah jkt berenti total ampe supir pd tidur... saya itung lumayan jg tuh antrinya 10 km.....HikhikHikhik
perjalanan di tempuh lwt sumedang - wado - malangbong - ampe magelang, lamaya 26 jam ...Bercucuran, cuma sempet tidur dulu dijln +- 3 jam ama berenti 5x maklum bawa keponak umur 4 th.


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - Kenio_ridholilo - 02-11-2006 14:55

Pak xelia
yg pake stiker AX belum banyak kali ya
yg pake Axic seminggu aja cuma ketemu 4 mobil
(dan diklaksonin engga jawab... gimana tuh..??)

Waduh... Pak surya
padahal cipularang ramlan sabtu pagi (ramai lancar lo bo)
kalau begitu gimana kalau mudik tahun depan konvoy aja biar cepet ..heheheWinking


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - xelia - 02-11-2006 15:54

pak surya kalo lewat sumedang malangbong berarti gak lewat nagrek ya??


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - Kenio_ridholilo - 02-11-2006 16:24

engga lewat pak xelia (mungkin menghindari...nagrek krn nonton info mudik kali)
via malabong itu tembus2 udah di dekat2 Jl raya Ciawi

kalo mau sepi lagi selain itu ada jalur alternatif via Cijapati tembus2 di Tasik (belom coba)
kemaren pas berangkat selepas tol via Cicalengka Garut tasik


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - xelia - 02-11-2006 16:26

tapi lebih dekat atau lebih jauh dibandingkan lewat jalur nagrek, tasik, majenang??


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - Kenio_ridholilo - 03-11-2006 15:33

Kalau dari jarak plg deket via nagrek... (kalo engga macet)
kalau dari tasik jauh cuma engga macet (pake ngiterin gunung dan kelok2)


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - xelia - 03-11-2006 16:15

PAK KENIO pernah nyobain lewat ketanggungan??jadi dari tanjung potong jalan ke arah ketanggungan tembus2 ajibarang,buntu,sumpiuh,...karena saya biasa lewat sana dan baru lebaran kemaren lewat selatan kayaknya emg lbh deket selatan....kalo pantura musuh nya besar2 bus,truk, jalan gak santai


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - Kenio_ridholilo - 06-11-2006 07:08

Belum pernah, takut nyasar...
emang bener lewat jalur pantai sebelah selatan lebih sepi ... katanya ini dipakai oleh jalur mobil travel- ke jogja, meminimalkan ketemu lampu merah, lewat jalan desa
bahkan kalo mau coba bisa juga dari arah Jabar belok kanannya lewat Pantai ayah, gua jati jajar terusss sampai
purwodadi wates... (kalo lihat peta lo Smile )


RE: Share : Report Mudik via jalur selatan - Kenio_ridholilo - 06-11-2006 08:01

mungkin ada disini petanya
http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=794


RE: Jalur Mudik via selatan - chris.ho - 27-09-2008 09:25

Pemudik Dianjurkan Melalui Jalur Tengah atau Selatan

PURWAKARTA, SABTU ó Pemudik asal Jakarta tujuan Jawa Tengah atau Jawa Timur dianjurkan melalui jalur tengah atau selatan Jawa Barat. Hal itu untuk menghindari kemacetan di jalur pantura.

Kepala Kepolisian Wilayah Purwakarta Komisaris Jodie Rooseto di Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (27/9), mengatakan, arus lalu lintas di pantai utara padat sehingga sebaiknya dihindari. Kepadatan terjadi sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi ini.

Petugas bahkan sempat mengalihkan kendaraan di Kilometer 66 Tol Jakarta-Cikampek ke jalur tengah melalui gerbang Tol Sadang untuk menghindari kemacetan pantura. Namun, pengalihan itu hanya berlangsung sekitar 30 menit. Kini ketika arus kendaraan diarahkan keluar melalui gerbang Tol Cikampek, kemacetan kembali terjadi sejak Cikopo hingga Simpang Jomin.

Kendaraan berjalan merayap dan dengan kecepatan kurang dari 10 kilometer per jam. Menurutnya, pemudik sebaiknya melalui jalur tengah atau selatan karena arus kendaraan diprediksi padat pada hari ini. Pantura cenderung jenuh sehingga pengalihan menjadi pilihan terakhir memecah kepadatan. (MKN)

http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/27/08355966/pemudik.dianjurkan.melalui.jalur.tengah.atau.selatan


RE: Jalur Mudik via selatan - Gado2Enak - 27-09-2008 10:45

dari milis traffic . . .

tadi subuh dianjurkan lewat jalur selatan . . .
cipularang lancar . . .
nagreg agak tersendat, berkat jalur alternatif yg baru, nggak terlalu macet . . .


RE: Jalur Mudik via selatan - Waitson Gerard Egeten - 27-09-2008 12:01

tambahan info nih bro
buat yang mau mudik ke jogya, kira2 25 km sebelum kutoarjo bisa lewat jalur alternati belok ke kanan. menyusuri jalur dekat pantai. lumayan deket. jalan lumayan lah (agak begelombang sedikit) nanti tembusnya langsung bantul.


RE: Jalur Mudik via selatan - deedoe - 27-09-2008 12:17

Waitson Gerard Egeten Menulis:
tambahan info nih bro
buat yang mau mudik ke jogya, kira2 25 km sebelum kutoarjo bisa lewat jalur alternati belok ke kanan. menyusuri jalur dekat pantai. lumayan deket. jalan lumayan lah (agak begelombang sedikit) nanti tembusnya langsung bantul.


Sy sering pake jalur ini bro untuk Cilacap-Jogja.
Betul jalannya agak bergelombang, jd jalan santai aja, walaupun santai tapi jalan ini cukup efisien karena kita jarang ngerem / kecepatan cukup konstan...
Lewat jalur ini susah cari rumah makan, jadi bawa bekal aja Gozkirpma
Yang penting, jangan lewat jalur ini malam / dini hari karena cukup rawan perampasan di daerah tanah perkebunan yang luas, tetangga sy salah satu korbannya dengan modus ranjau paku, trus pas berhenti ngecek ban dirampas deh barang2nya... Tuh


RE: Jalur Mudik via selatan - Waitson Gerard Egeten - 29-09-2008 11:53

deedoe Menulis:
Sy sering pake jalur ini bro untuk Cilacap-Jogja.
Betul jalannya agak bergelombang, jd jalan santai aja, walaupun santai tapi jalan ini cukup efisien karena kita jarang ngerem / kecepatan cukup konstan...
Lewat jalur ini susah cari rumah makan, jadi bawa bekal aja Gozkirpma
Yang penting, jangan lewat jalur ini malam / dini hari karena cukup rawan perampasan di daerah tanah perkebunan yang luas, tetangga sy salah satu korbannya dengan modus ranjau paku, trus pas berhenti ngecek ban dirampas deh barang2nya... Tuh


betul sekali bro... jangan lewat malam hari....
kemaren saya lewat situ kira2 jam 13.00 siang.... (sendirian) hehehe

pas jalan sudah dibelah menjadi 2 jalur, baru ada pos polisinya.
nggak tau kalau malem ada polisinya apa nggak... (tidur kaleee heheheh)YagakYagak