Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Seputar NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Rumpi Lah Yao! (/forumdisplay.php?fid=26)
+--- Forum: Ngobrol-Ngobrol (/forumdisplay.php?fid=27)
+--- Topik: Seputar NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) (/showthread.php?tid=6287)


Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Xandox - 27-12-2007 09:36

RR,

Kira-2 ada yg pernah bikin NPWP pribadi gak ? untuk keperluan kredit rumah..
klo ada yg pernah, sharing donk infonya....

Baik utk cara bikin, syarat2nya, tempat bikin, dan pelaporannya..tahunan / bulanan....trus cara mensiasati aga bayar pajaknya kecil gimana ? Winking

Thanks ya.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - gundamx2 - 27-12-2007 09:45

Xandox Menulis:
RR,

Kira-2 ada yg pernah bikin NPWP pribadi gak ? untuk keperluan kredit rumah..
klo ada yg pernah, sharing donk infonya....

Baik utk cara bikin, syarat2nya, tempat bikin, dan pelaporannya..tahunan / bulanan....trus cara mensiasati aga bayar pajaknya kecil gimana ? Winking

Thanks ya.


wah..sayang yah, ak seh pertengahan yahun kemaren buat NPWP pribadi, tp kolektif, dibuatin dr kantor.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - aeres - 27-12-2007 09:49

kata istriku bagusan pake npwp pribadi buat pegawai... katanya selain bisa dapet return juga istri gak perlu bayar.. sayang gw pake npwp kantor untuk pajak penghasilan...


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - honggy - 27-12-2007 09:54

gw kalo bisa mah ga mau ada NPWP... abis repot kalo pensiun.. mesti kirim ssp,spt... halah...

sekarang punya npwp karena dibikinin kantor...[/align]


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Bobby Sant - 27-12-2007 10:05

Bikin NPWP mah gampang. Bawa KTP aja ke kantor pajak setempat (selokasi sama tempat usaha).


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Xandox - 27-12-2007 10:58

Ok, RR..

Thanks atas infonya...


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - DarkBlade - 27-12-2007 23:16

Bobby Sant Menulis:
Bikin NPWP mah gampang. Bawa KTP aja ke kantor pajak setempat (selokasi sama tempat usaha).

Betul bob, bikinnya gampang, mau batalin yang susah setengah mampus


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - aeres - 28-12-2007 07:12

jadi sebaiknya kita punya npwp pribadi apa kagak?... kalo ribet kan males juga... dulu gw paling males tiap bulan disuruh mendiang bokap ngurusin laporan pajak perusahaannnya.... ngisi lembarannya ribet... nganternya juga belibet...


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Prio - 28-12-2007 07:59

aeres Menulis:
jadi sebaiknya kita punya npwp pribadi apa kagak?... kalo ribet kan males juga... dulu gw paling males tiap bulan disuruh mendiang bokap ngurusin laporan pajak perusahaannnya.... ngisi lembarannya ribet... nganternya juga belibet...


Kalau memang bisa menghindar, mendingan nggak punya om.
Jadi beban seumur hidup lho... Wallbash


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - weeargh - 28-12-2007 08:17

Prio Menulis:
Kalau memang bisa menghindar, mendingan nggak punya om.
Jadi beban seumur hidup lho... Wallbash


Gua sih blm punya, g denger sih kita bisa menghindari 1-2 tahun ini doank. Soalnya sudah mulai ada integrasi data dari berbagai dept dan BI. Jadi, kalo lu punya rumah/properti atas nama pribadi, orang pajak bakal tahu. Kalo lu punya mobil, orang pajak bakal tahu. Kalo lu, dikirimin uang rutin dari orang lain (baca: perusahaan lain) orang pajak juga bakal tahu.

Nah, kalo dia udah tau, dia bakal menggunakan seluruh informasi untuk ngetrace pembayaran pajak dan NPWP kita.

Gua cuma denger2 lho... hahaha.. Nantinya kita yg dibikin repot, terutama kalo kita punya usaha. Kalo kerja ama orang sih ngga terlalu masalah.

CMIIW, bro!


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Bobby Sant - 28-12-2007 09:11

DarkBlade Menulis:

Bobby Sant Menulis:
Bikin NPWP mah gampang. Bawa KTP aja ke kantor pajak setempat (selokasi sama tempat usaha).

Betul bob, bikinnya gampang, mau batalin yang susah setengah mampus


Gampang bro, pakai surat lapor kematian aja Toungue


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Chandra - 28-12-2007 09:18

Bobby Sant Menulis:

DarkBlade Menulis:

Bobby Sant Menulis:
Bikin NPWP mah gampang. Bawa KTP aja ke kantor pajak setempat (selokasi sama tempat usaha).

Betul bob, bikinnya gampang, mau batalin yang susah setengah mampus


Gampang bro, pakai surat lapor kematian aja Toungue


HahaHahaHaha


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 28-07-2008 15:02

ada yang tau gak cara ngecek NPWP gimana....

NPWP gue kok ada 2 ya.... Eek3


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 28-07-2008 15:12

Keduanya di wilayah KPP yg sama atau berbeda?


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 28-07-2008 15:16

SaPiE Menulis:
ada yang tau gak cara ngecek NPWP gimana....

NPWP gue kok ada 2 ya.... Eek3


dateng aja ke KPP dimana NPWP tercatat.. gw juga ada dua, yang satu didaftarin kantor, yang satu lagi ada penetapan NPWP jabatan sekitar taun 2006, yang datanya diambil dari gw sendiri ga tau dari mana, yang asli terdaftar di Purwakarta, yang satu lagi terdaftar di bandung, gw ngira nya pasti dari daftar kelulusan Sarjana gw yang di bandung... jadi dari DJP minta data ke kampus gw.....
berhubung dobel yang satu gw minta hapus...

BTW NPWPnya brapa bro, namanya & alamat bener sama ?


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 28-07-2008 15:18

chris.ho Menulis:
Keduanya di wilayah KPP yg sama atau berbeda?


beda...

satu KPP depok (baru), satu lagi KPP jakarta selatan (lama).


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 28-07-2008 15:20

becks_man Menulis:
BTW NPWPnya brapa bro, namanya & alamat bener sama ?


nama sama, NPWP beda, alamat beda

NPWP lama gue, alamat lama gue, masi di tebet
NPWP baru, alamatnya di depok.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 28-07-2008 15:23

SaPiE Menulis:

becks_man Menulis:
BTW NPWPnya brapa bro, namanya & alamat bener sama ?

nama sama, NPWP beda, alamat beda
NPWP lama gue, alamat lama gue, masi di tebet
NPWP baru, alamatnya di depok.


yang baru dapetnya dari mana.......ko bisa dua, ditetapin secara jabatan ya... pasti ada sumbernya kalo yg baru , bisa dari penjualan tanah, rumah, etc..
kalo sama mah minta aja penghapusan ke KPP depok...


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 28-07-2008 15:34

becks_man Menulis:
yang baru dapetnya dari mana.......ko bisa dua, ditetapin secara jabatan ya... pasti ada sumbernya kalo yg baru , bisa dari penjualan tanah, rumah, etc..
kalo sama mah minta aja penghapusan ke KPP depok...


iya deh..
mau minta di apus aja yang satu.....


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - ANDRE@s - 28-07-2008 22:33

isi SPT sekarang masih manual yah? Ga bisa pake web?


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - fikhen27 - 29-07-2008 03:03

ada deh.. kayaknya yg pakai web cuman lupa alamatnya....


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - zombix - 29-07-2008 03:38

ANDRE@s Menulis:
isi SPT sekarang masih manual yah? Ga bisa pake web?



bisa bgt bro.. namanya sistem e-filing (penyampaian SPT secara elektronik, dpt dilsakukan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu).
jd ngisi SPT pake e-SPT (tgl download),trus lapor secara e-filing.. pertama ajukan permohonan ke kpp t4 kt terdaftar,ntar dpt e-FIN, trus registrasi di salah satu ASP (mis pajakku.com,layananpajak.com,dll),ntar dpt perlengkapan2 yg diperlukan spt user id,pass,dc,public key,dll. abis itu proses e-filing dapat dilaksanakan. (jgn lp ada biaya berlangganan pada ASP terkaitTuhTuh)

WP--->ASP--->DJP--->KPP


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - papasekar - 29-07-2008 07:18

Gw bikin NPWP via internet... diisi semua lalu diprint, nanti ada nomor sementaranya..
lalu ke KPP bawa KTP, KK, SPT, seminggu ditelpon udah jadi.
Kalo gak pake internet males ngisi2nya belom antrinya..


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - fikhen27 - 29-07-2008 08:18

papasekar Menulis:
Gw bikin NPWP via internet...

alamat link-nya apa bos...


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 29-07-2008 08:49

zombix Menulis:

ANDRE@s Menulis:
isi SPT sekarang masih manual yah? Ga bisa pake web?

bisa bgt bro.. namanya sistem e-filing (penyampaian SPT secara elektronik, dpt dilsakukan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu).
jd ngisi SPT pake e-SPT (tgl download),trus lapor secara e-filing.. pertama ajukan permohonan ke kpp t4 kt terdaftar,ntar dpt e-FIN, trus registrasi di salah satu ASP (mis pajakku.com,layananpajak.com,dll),ntar dpt perlengkapan2 yg diperlukan spt user id,pass,dc,public key,dll. abis itu proses e-filing dapat dilaksanakan. (jgn lp ada biaya berlangganan pada ASP terkaitTuhTuh)
WP--->ASP--->DJP--->KPP


TopdehTopdeh lebih jelasnya liat di situs pajak aja

http://pajak.go.id/


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 11-09-2008 09:19

Bikin NPWP batas minimal umurnya brp yah?
Kalo umur 19 tahun udah bisa blm?095


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 11-09-2008 09:23

sepanjang dia udah punya penghasilan wajib NPWP


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 11-09-2008 09:24

@ om becks_man - kalo umur 19 tahun, udah bisa jadi pengurus perusahaan gak (sbg komisaris)?
Thanks


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 11-09-2008 09:26

chris.ho Menulis:
@ om becks_man - kalo umur 19 tahun, udah bisa jadi pengurus perusahaan gak (sbg komisaris)?
Thanks


jaahh kalo itu mah soal legal perusahaan ane ga tau...


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Fiqi - 11-09-2008 13:34

papasekar Menulis:
Gw bikin NPWP via internet... diisi semua lalu diprint, nanti ada nomor sementaranya..
lalu ke KPP bawa KTP, KK, SPT, seminggu ditelpon udah jadi.
Kalo gak pake internet males ngisi2nya belom antrinya..


emang ngga diurusin kantor? gue kolektif aja bareng temen-temen yang lainnya, tinggal daftar via telpon ke hrd...tapi emang lama banget sih, daftar februari baru dapet awal bulan sept kemaren....hehehe


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Rudy Kristianto - 11-09-2008 14:01

@ chris.ho

bisa om christ, asal udah punya ktp bisa dimasukkan sebagai komisaris kok, tinggal buat akte perubahan aja di notaris


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - ranamin - 11-09-2008 14:04

sebagai wrga negara yang baik, sebaiknya milikilah NPWP ya...


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - anackcozz - 11-09-2008 14:09

bikin online ajah dulu...
di pajak.go.id
berlaku 1 bulan kok.
baru urus resminya.
yang pentinga dapet nomornya dulu ajah!


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Vincentius Haryanto - 12-09-2008 00:22

RR semua, kalo di akhir tahun ada yang kesulitan mengisi SPT Tahunan, bisa hubungi saya ....(harga bisa nego....)


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - KaGi - 12-09-2008 06:02

Vincentius Haryanto Menulis:
RR semua, kalo di akhir tahun ada yang kesulitan mengisi SPT Tahunan, bisa hubungi saya ....(harga bisa nego....)


no telp yg bisa dihub. ada gak?
kayanya gue akhir tahun bakalan ada masalah neh, krn th ini baru pindah gawean jadi agak bingung ngisi SPT buat th. dpn


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Supriyanto Kartono - 12-09-2008 06:43

KaGi Menulis:

Vincentius Haryanto Menulis:
RR semua, kalo di akhir tahun ada yang kesulitan mengisi SPT Tahunan, bisa hubungi saya ....(harga bisa nego....)


no telp yg bisa dihub. ada gak?
kayanya gue akhir tahun bakalan ada masalah neh, krn th ini baru pindah gawean jadi agak bingung ngisi SPT buat th. dpn

Bro....ngisi SPT tahunan itu cuma 1 lembar isian aja dan tidak semua item pertanyaannya diisi.Mestinya kalo NPWP sdh dibuatin oleh tempat kerja kita,maka perusahaan yg baik itu juga mesti mengisi SPT kita.
Kalo gue SPT setiap tahun ngisi dengan menyalin apa yg telah diberikan ama perusahaan ( perusahaan gue tiap awal tahun selalu ngasih kekaryawannya sebagai bukti kalo perusahaan telah membayarkan pajak kita dan selalu dilampiri bukti penerimaan dari kantor pajak)Topdeh
Nah gue mesti ngisi SPT aslinya karena ada tanda tangan kita.
Kalo gak ngisi atau lewat waktunya dikenain denda 100ribu


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - KaGi - 12-09-2008 07:00

Supriyanto Kartono Menulis:
Bro....ngisi SPT tahunan itu cuma 1 lembar isian aja dan tidak semua item pertanyaannya diisi.Mestinya kalo NPWP sdh dibuatin oleh tempat kerja kita,maka perusahaan yg baik itu juga mesti mengisi SPT kita.
Kalo gue SPT setiap tahun ngisi dengan menyalin apa yg telah diberikan ama perusahaan ( perusahaan gue tiap awal tahun selalu ngasih kekaryawannya sebagai bukti kalo perusahaan telah membayarkan pajak kita dan selalu dilampiri bukti penerimaan dari kantor pajak)Topdeh
Nah gue mesti ngisi SPT aslinya karena ada tanda tangan kita.
Kalo gak ngisi atau lewat waktunya dikenain denda 100ribu


itu gue tau dan gue juga pernah ngisi, tapi masalahnya di pertengahan tahun ini gue pindah tempat kerjaan, jadi utk tahun depan kan gue bakalan dapet 2 lembar (1 dari perusahaan lama, 1 lagi dari perusahaan yang baru) nah itu skrg ngisinya gimana ? 095


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Supriyanto Kartono - 12-09-2008 07:09

KaGi Menulis:

Supriyanto Kartono Menulis:
Bro....ngisi SPT tahunan itu cuma 1 lembar isian aja dan tidak semua item pertanyaannya diisi.Mestinya kalo NPWP sdh dibuatin oleh tempat kerja kita,maka perusahaan yg baik itu juga mesti mengisi SPT kita.
Kalo gue SPT setiap tahun ngisi dengan menyalin apa yg telah diberikan ama perusahaan ( perusahaan gue tiap awal tahun selalu ngasih kekaryawannya sebagai bukti kalo perusahaan telah membayarkan pajak kita dan selalu dilampiri bukti penerimaan dari kantor pajak)Topdeh
Nah gue mesti ngisi SPT aslinya karena ada tanda tangan kita.
Kalo gak ngisi atau lewat waktunya dikenain denda 100ribu


itu gue tau dan gue juga pernah ngisi, tapi masalahnya di pertengahan tahun ini gue pindah tempat kerjaan, jadi utk tahun depan kan gue bakalan dapet 2 lembar (1 dari perusahaan lama, 1 lagi dari perusahaan yang baru) nah itu skrg ngisinya gimana ? 095

Gak usah bingung..tinggal tanya aja ama orang yg ngurusin pajak ditempat ente kerja sekarang....


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - ismu - 12-09-2008 08:00

Mas, py dua bukti potong 1721-A1 (BP) g mslh.. BP di perusahaan yg baru hrs 'mengakomodir' BP di perusahaan lama :
a. penghasilan neto perusah. lama diisikan ke baris no.15 BP yg baru
b. pph21 yg sdh dipotong diisikan ke baris no.20 BP yg baru
nah, dapet lah BP yg baru... SPT Tahunan kudu diisi klo kt karyawan, kemungkinan ada 2, 1770 S ato 1770 SS. 1770 S u kywn dg penghasilan bruto lebih dari 48 jt, yg kurang dari itu pake 1770 SS (yg cuman selembar).
u info selengkapnya, bs tanya AR di KPP masing2, insy. 4JJI bisa... Babay


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Daus - 12-09-2008 08:45

kayaknya pernah ngumpulin data ke sekretaris ktr untuk buat NPWP, tp ampe skrg belum tau kapan kelarnya.
padahal berdasarkan payroll Des 2008 ini (gaji Jan 2009) jika kita tdk punya NPWP maka perush hanya tanggung pajak dg nilai normal.

So jika Des 2008 ini belum punya NPWP bakalan kena pajak 20% - yg ditanggung perushTuhTuhSuperSuper

Punya npwp kayaknya tidak punya nilai plus.
tdk punya malah membebaniWallbashWallbash


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 12-09-2008 15:59

Rudy Kristianto Menulis:
bisa om christ, asal udah punya ktp bisa dimasukkan sebagai komisaris kok, tinggal buat akte perubahan aja di notaris


Thanks om atas infonyaTopdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Av Han zA kU - 30-11-2008 21:36

sundul ahhhhhhhhh

mau nanya istri harus bikin juga ngak ??


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Tenzo - 30-11-2008 21:43

Av Han zA kU Menulis:
sundul ahhhhhhhhh

mau nanya istri harus bikin juga ngak ??


istri ga perlu bikin kalo suami udah punya, jd istri bisa ikut ma suami tp kalo suami ga bisa ikut npwp istri


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Av Han zA kU - 01-12-2008 08:38

kalau istri mau berangkat ke luar negri apa kena fiskal ??


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Daus - 01-12-2008 08:42

Pertanyaan yg sama HauBig Grin
dari pagi ditopik lain belum aja yg tau (jawab)Big Grin

http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=9137&pid=355182#pid355182


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - doni candra - 01-12-2008 08:52

nah,kalo istrinya cuman ibu RT kayaknya ga perlu punya deh
masalah fiskal,katanya bisa pake npwp suami


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Daus - 01-12-2008 08:59

terus kalau berangkat suami, istri & anak apa bebas fiskal semua095


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Tenzo - 01-12-2008 09:06

Daus Menulis:
terus kalau berangkat suami, istri & anak apa bebas fiskal semua095


bebas semua om, asal bisa nunjukin bukti tambahan seperti fotocopi KK dan NPWP


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Daus - 01-12-2008 09:47

Wah Tx berat infonya YudGozkirpma

Ntar ingetin istri klu mau pegi ke perkawinan adiknya jgn lupa bawa FC KK sekalian surat nikah biar tambah validYagak Topdeh
NPWP sdh ditangan sejak 1 bln lalu, diurus ama kantor YudGozkirpma

kasihan adik ipar ama mertua ane yg musti kena fiskal secara belum punya NPWPBig Grin


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - betterman - 01-12-2008 10:06

Hari gini gak punya NPWP....

Sama negara saja kau tak adil, makanya jangan salahkan jika negara gak adil sama org yg gak punya NPWP...(hehehe scr gw peg depkeu gt loh...)


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Nurwidi Purnomo - 01-12-2008 10:20

Daus Menulis:
Wah Tx berat infonya YudGozkirpma

Ntar ingetin istri klu mau pegi ke perkawinan adiknya jgn lupa bawa FC KK sekalian surat nikah biar tambah validYagak Topdeh
NPWP sdh ditangan sejak 1 bln lalu, diurus ama kantor YudGozkirpma

kasihan adik ipar ama mertua ane yg musti kena fiskal secara belum punya NPWPBig Grin


Rencananya baru mau diberlakukan mulai 1 Januari 2009Gozkirpma
Sampai sekarangpun belum ada peraturan yang membakukan hal tersebut.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 01-12-2008 10:23

Bebas Fiskal ke Luar Negeri
Harus Punya NPWP 1 Bulan Sebelum Berangkat ke Luar Negeri
Angga Aliya ZRF - detikFinance

Foto: Dok detikFinance
Jakarta - Bagi para Wajib Pajak (WP) yang ingin ke luar negeri dengan bebas fiskal, harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) paling lambat satu bulan sebelum berangkat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dirjen Pajak Darmin Nasution usai acara Sosialisasi Sunset Policy di St Moritz, Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (30/11/2008)

"NPWP yang bisa diakui katakanlah satu bulan sebelum ke luar negeri. Enggak bisa kalau besok mau berangkat, hari ini baru ngurus NPWP," ujarnya.

Ia mencontohkan, jika wajib pajak hendak ke luar negeri tanggal 1 Januari 2009 dengan bebas fiskal, berarti NPWP-nya harus sudah diurus pada tanggal 1 Desember 2008.

Rencana tersebut termasuk dalam klausul yang akan dicantumkan di dalam sebuah Peraturan Pemerintah (PP) yang saat ini sedang digodok pemerintah.

Ia mengatakan, hingga saat ini belum mengetahui kapan keputusan PP tersebut akan dikeluarkan.

"Mudah-mudahan cepat keluar. Saya tidak tahu sudah sampai mana, yang pasti sudah keluar dari kita sekitar satu minggu lalu. Nanti saya cek dulu," imbuhnya.

Pemerintah sendiri berencana akan menaikkan tarif fiskal ke luar negeri bagi warga berusia 21 tahun yang tidak memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) mulai Januari 2009.

Adapun, pada tahun 2010, kebijakan tersebut akan diberlakukan untuk seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali bagi mereka yang belum terdaftar sebagai wajib pajak. Namun mengenai besaran kenaikan tarif fiskal tersebut, sayangnya ia enggan untuk mengatakannya secara pasti.

"Saya belum bisa jawab karena keputusannya belum keluar. Kalau saya sebutkan sekarang tapi nanti angkanya keluar lain, kan malah jadi repot. Pokoknya besaran kenaikan fiskal pesawat dan kapal sama," katanya.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - ranamin - 01-12-2008 14:28

ane sih dah punya NPWP sejak tahun 2000.... sebagai warga negara yang baik harusnya kita semua sudah saatnya memilik NPWP sendiri...


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Fawwas Kautsar - 01-12-2008 14:31

wuih....om amin......Topdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - ranamin - 01-12-2008 14:57

fawwas blum punya ya....


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Daus - 01-12-2008 15:04

klu ane terpaksa bikin NPWP, kerana klu tidak ntar akan diberlakukan peraturan pajak baru, bagi yg tidak punya NPWP maka akan dikenakan pajak lebih besarTuhTuh

Nah berhubungan pajak kantor yang tanggung (gaji), maka karyawan dibuatin rame2 oleh kantor. Klu yg telat resikonya : pajak yg dibayarin kantor hanya sebesar pajak jika punya NPWP, jika tdk punya NPWP selisihnya akan dibebanin ke kitaWallbashWallbash

Jadi mau tak mau terpaksa bikin dan ternyata double untungnyaBig Grin
selain beban pajak tetep dibayar kantor ntar bebas fiskalTopdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - webi1977 - 01-12-2008 15:14

ranamin Menulis:
ane sih dah punya NPWP sejak tahun 2000.... sebagai warga negara yang baik harusnya kita semua sudah saatnya memilik NPWP sendiri...


om, memang warga negara yang baik
suatu saat NPWP ini akan menjadi social security number bagi seluruh warga negara indonesia (kayak diamrik gitu loh)


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - anackcozz - 01-12-2008 15:35

NPWP gw namanya salah...
Wallbash

benerinnya gimana yah?
karena ini kolektif dari kantor buatnya!


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - aeres - 01-12-2008 15:41

gw malah punya 2 nomer...
yang di kartu sama yang di fomulir apa itu beda.. yang bener yang mana yach?


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - theprastyo - 01-12-2008 15:47

Xandox Menulis:
RR,

Kira-2 ada yg pernah bikin NPWP pribadi gak ? untuk keperluan kredit rumah..
klo ada yg pernah, sharing donk infonya....

Baik utk cara bikin, syarat2nya, tempat bikin, dan pelaporannya..tahunan / bulanan....trus cara mensiasati aga bayar pajaknya kecil gimana ? Winking

Thanks ya.


Alhamdulillah ane sih udh punya skrg.
Bikinnya gampang kock, kita tinggal datengin KPP terdekat dan setelah itu kita akan disuruh mengisi form "Permohonan Pendaftaran Dan Perubahan Data Wajib Pajak" disertai Fc KTP, dan juga alamat kantor tempat kita bekerja.

Nah aplikasi kita akan diproses + 1-2 harian, sebelumnya kita akan diberikan bukti pendaftarannya.

Untuk memastikan apakah NPWP kita sudah selesai akan lebih baik kalau kita hubungi terlebih dahulu pihak KPP nya.

Kebetulan sih ane punya formnya dalam bntuk softcopy kalo berminat bisa ane kirim by email.
Ok, semoga membantu Babay


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - anackcozz - 01-12-2008 16:04

aeres Menulis:
gw malah punya 2 nomer...
yang di kartu sama yang di fomulir apa itu beda.. yang bener yang mana yach?


ga tau juga om...
di kantor saya banyak banget yg alamatnya salah lah, namanya lah...
orang pajaknya salah salah ketik! Wallbash


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Riva Usmany - 01-12-2008 16:37

theprastyo Menulis:

Xandox Menulis:
RR,

Kira-2 ada yg pernah bikin NPWP pribadi gak ? untuk keperluan kredit rumah..
klo ada yg pernah, sharing donk infonya....

Baik utk cara bikin, syarat2nya, tempat bikin, dan pelaporannya..tahunan / bulanan....trus cara mensiasati aga bayar pajaknya kecil gimana ? Winking

Thanks ya.


Alhamdulillah ane sih udh punya skrg.
Bikinnya gampang kock, kita tinggal datengin KPP terdekat dan setelah itu kita akan disuruh mengisi form "Permohonan Pendaftaran Dan Perubahan Data Wajib Pajak" disertai Fc KTP, dan juga alamat kantor tempat kita bekerja.

Nah aplikasi kita akan diproses + 1-2 harian, sebelumnya kita akan diberikan bukti pendaftarannya.

Untuk memastikan apakah NPWP kita sudah selesai akan lebih baik kalau kita hubungi terlebih dahulu pihak KPP nya.

Kebetulan sih ane punya formnya dalam bntuk softcopy kalo berminat bisa ane kirim by email.
Ok, semoga membantu Babay


saya mau donk bro ... Yagak

kirim ke rivausmany@gmail.com

thanks yaaa Topdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Danny Massie - 05-12-2008 14:01

akhirnya gue jadi WP juga nich..
NPWP dah jadi hari ini....setelah isi formulir online terus ke KPP wilayah domisili...disana serahin aja formulir yg ud diisi plus fc KTP, tunggu 15 menit...jadi dech kartu NPWPnya...

buat yg belon punya ada baiknya punya sebab bagi yg kerja kantoran biasanya kantor tidak mau "bayarin" selisih pajak yang ada....misal kalo karyawan punya NPWP pajaknya kena 10 % , klo gak punya NPWP kantor kena 20 % , lha selisih itulah yang bikin kantor kantor pada mengharuskan karyawannya untuk punya NPWP pribadi.... pasti akan ditanyain ke kitanya " emang elo mau bayar pajak yg tadinya cuman 10 % sekarang jadi 20 % ?? " karena kantor tidak akan menanggung selisih pajaknya ( logikanya sih kantor gak bakalan mau nanggung kan??"


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - doni candra - 05-12-2008 14:46

alhamdulillah,akhirnya mo diurusin kantor neeh
tinggal tunggu aja kartu nya dari bagian pajak
YagakYagakYagak


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - fajarw - 05-12-2008 15:13

kalo dikantor gw tinggal isi di program eNPWP 2.01 (gw ngopy dari KPP PMA 5 kalibata), trus di "packaging" dan burn ke cd. lampirin fc ktp kita. Serahkan ke KPP kantor Big Grin tinggal menunggu


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - djoko suhartono - 05-12-2008 15:15

Gampang kok bikin NPWP, yg agak rumit pelaporannya. Syukur-syukur pelaporannya dibuatain sekalian sm kamtor, tinggal serahim ke KPP tiap tahunnya


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Nurwidi Purnomo - 05-12-2008 15:37

djoko suhartono Menulis:
Gampang kok bikin NPWP, yg agak rumit pelaporannya. Syukur-syukur pelaporannya dibuatain sekalian sm kamtor, tinggal serahim ke KPP tiap tahunnya


Pelaporannya gak sulit kok..utk karyawan pake form 1770 S (utk yg penghasilan kotornya setahun diatas Rp 48jt), klo dibawah itu pake form 1770 SS. Ngisinya gampang banget kok, tinggal mindahin data bukti potong 1721 A 1 dari kantor ke formulirnya. Klo nggak nanti pas menjelang Maret diadain Kopdar aja..ntar aku kasih cara2 pengisiannya dech buat temen2 AvanzaXenia.netTopdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - fajarw - 05-12-2008 16:12

Nurwidi Purnomo Menulis:

djoko suhartono Menulis:
Gampang kok bikin NPWP, yg agak rumit pelaporannya. Syukur-syukur pelaporannya dibuatain sekalian sm kamtor, tinggal serahim ke KPP tiap tahunnya


Pelaporannya gak sulit kok..utk karyawan pake form 1770 S (utk yg penghasilan kotornya setahun diatas Rp 48jt), klo dibawah itu pake form 1770 SS. Ngisinya gampang banget kok, tinggal mindahin data bukti potong 1721 A 1 dari kantor ke formulirnya. Klo nggak nanti pas menjelang Maret diadain Kopdar aja..ntar aku kasih cara2 pengisiannya dech buat temen2 AvanzaXenia.netTopdeh


hihihi ntar pada ketahuan gajinya deh...eh penghasilan kena pajaknya-nya ding Big Grin

(dapet snack kan ya oom kayak kemarin sunset policy di KPP Gozkirpma)


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 05-12-2008 16:22

Nurwidi Purnomo Menulis:
Pelaporannya gak sulit kok..utk karyawan pake form 1770 S (utk yg penghasilan kotornya setahun diatas Rp 48jt), klo dibawah itu pake form 1770 SS. Ngisinya gampang banget kok, tinggal mindahin data bukti potong 1721 A 1 dari kantor ke formulirnya. Klo nggak nanti pas menjelang Maret diadain Kopdar aja..ntar aku kasih cara2 pengisiannya dech buat temen2 AvanzaXenia.netTopdeh


om, mau tanya dong...
ogut kan sadar pajak nih, jadi dari bulan juli lalu bikin NPWP.

tiba2 hari ini, dateng deh NPWP dari yayasan tempat gue bernaung, dan SELURUH KARYAWAN dibuatkan NPWPnya.

jadi banyak karyawan di kantor gue yang NPWPnya dobel.

ngurus penghapusannya gimana ya om?
apa cukup dateng ke KPP terdekat atau musti ke KPP domisili om...????


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - fajarw - 05-12-2008 16:27

gimana cara ngapusnya ya ini? maaf repost tadi kepencet Big Grin


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - fajarw - 05-12-2008 16:29

SaPiE Menulis:

Nurwidi Purnomo Menulis:
Pelaporannya gak sulit kok..utk karyawan pake form 1770 S (utk yg penghasilan kotornya setahun diatas Rp 48jt), klo dibawah itu pake form 1770 SS. Ngisinya gampang banget kok, tinggal mindahin data bukti potong 1721 A 1 dari kantor ke formulirnya. Klo nggak nanti pas menjelang Maret diadain Kopdar aja..ntar aku kasih cara2 pengisiannya dech buat temen2 AvanzaXenia.netTopdeh


om, mau tanya dong...
ogut kan sadar pajak nih, jadi dari bulan juli lalu bikin NPWP.

tiba2 hari ini, dateng deh NPWP dari yayasan tempat gue bernaung, dan SELURUH KARYAWAN dibuatkan NPWPnya.

jadi banyak karyawan di kantor gue yang NPWPnya dobel.

ngurus penghapusannya gimana ya om?
apa cukup dateng ke KPP terdekat atau musti ke KPP domisili om...????


Super
pie, di kantor gw ada karyawan yang gw lagi bikinin, tapi direject sama KPP karena nama dia udah ada (didaftarin dari kelurahan mereka febr lalu)


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Ary Yuliantoni - 05-12-2008 16:40

Om Sapie, waktu bikin pertama dulu pasti pake alamat domisili ya, trus yg dibikinin sama yayasan pake alamat dimana? Patokannya yg dipake kalau orang pribadi alamat domisilinya. kalo yayasan bikinin npwp Om pake alamat yayasan berarti npwp tsb yg hrs dihapus. klo kejadiannya begitu, Om dtg aja ke ktr pajak tempat yayasan biasa lapor, bawa kartu/lembar npwp yg asli, hubungi AR-nya (Account Representative), krn model skrg di ktr pjk seluruh WP dibawahi oleh bbrp AR (1 AR bs megang ratusan WP dr sekian ribu yg terdaftar), Om bisa nanya apa aja sm si AR, tmsk menanyakan masalah NPWP yg double tsb. nanti pasti dijelasin dan dikasih jalan keluarnya.... Yg bingung klo doublenya di alamat/domisili yg sama, dan ktr pajaknya pasti ktr yg sama jg, apa mungkin ya?


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Nurwidi Purnomo - 05-12-2008 16:48

Ary Yuliantoni Menulis:
Om Sapie, waktu bikin pertama dulu pasti pake alamat domisili ya, trus yg dibikinin sama yayasan pake alamat dimana? Patokannya yg dipake kalau orang pribadi alamat domisilinya. kalo yayasan bikinin npwp Om pake alamat yayasan berarti npwp tsb yg hrs dihapus. klo kejadiannya begitu, Om dtg aja ke ktr pajak tempat yayasan biasa lapor, bawa kartu/lembar npwp yg asli, hubungi AR-nya (Account Representative), krn model skrg di ktr pjk seluruh WP dibawahi oleh bbrp AR (1 AR bs megang ratusan WP dr sekian ribu yg terdaftar), Om bisa nanya apa aja sm si AR, tmsk menanyakan masalah NPWP yg double tsb. nanti pasti dijelasin dan dikasih jalan keluarnya.... Yg bingung klo doublenya di alamat/domisili yg sama, dan ktr pajaknya pasti ktr yg sama jg, apa mungkin ya?


Tuch udah dijawab Om. Klo doublenya alamat dan KPP-nya sama, maka yg dihapus NPWP yang keluarnya belakangan. Caranya bikin surat permohonan penghapusan NPWP (dilapmiri copy KTP, Copy NPWP yg lama dan yg baru), terus dimasukkan ke KPP tempat terdaftar.
Klo tempat terdaftarnya berlainan, diajukan ke KPP yg nerbitan NPWP yg terbaru.Topdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Ary Yuliantoni - 05-12-2008 16:57

Om nurwidi org pjk ya, maaf klo ogut salah neranginnya, maklum taunya setengah2, xixixixi.... Thanks ya Om, jd jelas jg nih....


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Riva Usmany - 06-12-2008 09:16

Nurwidi Purnomo Menulis:
Pelaporannya gak sulit kok..utk karyawan pake form 1770 S (utk yg penghasilan kotornya setahun diatas Rp 48jt), klo dibawah itu pake form 1770 SS. Ngisinya gampang banget kok, tinggal mindahin data bukti potong 1721 A 1 dari kantor ke formulirnya. Klo nggak nanti pas menjelang Maret diadain Kopdar aja..ntar aku kasih cara2 pengisiannya dech buat temen2 AvanzaXenia.netTopdeh


om Nurwidi... saya mau tanya-2 nih mengenai pajak & NPWP. Yagak

Boleh minta hp & emailnya ga ??? Gozkirpma

Thanks ya... Winking
Riva Hp 0812-123-1771
email rivausmany@gmail.com


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 06-12-2008 20:35

om om semua.....
alamatnya sama Tuh
bedanya, di KTP ogut, gak ada nomer rumah

jadi, di NPWP bedanya cuman alamat yang satu ada nomer rumah (karena yang ini ogut daftar sendiri, jadi isian alamatnya lengkap), yang satu lagi gak ada..... (karena yayasan bikinnya dari fotokopi KTP)TuhTuhTuhTuh


Worldwide Mail Order Drugs Supplier - indoroids - 07-12-2008 20:01



FOR SALE = Sustanon Deca Durabolin Dianabol Winstrol Anadrol Trenbolone Boldenone Primobolan Anavar Masteron Testosterone Halotestin HGH and many more => mbahmar1jan@yahoo.com



Interested? Just Send Your Email to
mbahmar1jan@yahoo.com
mbahmar1jan (at) yahoo (dot) com
Yahoo Messenger = mbahmar1jan

No Prescription Required
Tracking Code Shipment Provided
We Accept Western Union or Bank Wire Transfer

FOR SALE ! Sustanon sustenon deca durabolin nandrolone mix NE3 dianabol dbol anabol Androxon Testocap Testocaps naposim anadrol anapolon clomid durabol clomiphene citrate Gonadotropina HCG Human Chorionic Gonadotropin hGH Human Growth Hormone somatropin saizen jintropin hormotrop bergamo brazil nordictropin caffeine gensci Eutropin LG Life Science igtropin GHRH GRF GHRF orgabolin andriol icyplex testosterone undecanoate proviron norma deca cytadren PGCL Nebido Aminoglutethimidum Oxafort Maxigan Novartis Equigan Ultragan Oxandrovet Aminoglutethimide methandrostenlone Orimeten Percocet Endocet primobolan androlon methenolone acetate winstrol azolol stanozolol ILIUM cetabon Ampavit Stanosus Stanazolic Zambon Estano pets Metenol QV schering decabol stanabol stanol body research LA Pharma la anabolic Oxydrol stanoject bacteriostatic water nolvadex tamoxifen citrate Hubei Huangshi Nanshang Salbutol Albuterol Salbuterol Sulphate diazepam Arimidex anastrozole parabolan clenbuterol spiropent Suprimo norma hellas Jurox Lab Anabolic DN Anabol Thyroid T3 liothyronine sodium cytomel T4 Levothyroxine Sodium thyrax Testabol Depot methyltestosterone ephedrine HCL EPO Erythropoietin Epogen Epotrex Repoxygen cera mircera micera laurato denandrolona Eprex syringes needles Terumo spet spuit Merck Frosst Boldenon Equipoise Humatrope Lilly Intervet Filybol Laudrol Pfizer EC Labs Latvia Isotretinoin boldabol boldenone undecylenate Loefler Vardenafil super test Norvet Lab duramine duromine Phentermine inova Methadone sildenafil citrate tadalafil Cortisone Acetate drostanolone propionate Mastabol Drostanozol Masterbolan decaject denkadiol dipropionate methandriol british dragon british dispensary Methyl 1-testosterone M1T kefei blue top IGF-1 organon decanandrolen Andractim Androstanolone DNP 2,4- Dinitrophenol prostin f2 Lutalyse dinoprost PGF2 prostaglandin F2 Testabol Propionate Adderall mak saya Cialis OBH12 Dobetin Liv 52 B12 cyanocobalamin Aranesp Amgen Metformin Darbepoetin Alfa Albumin Laurabolin MDMA Tulip ANABOLIC TS ANABOLIC TL ANABOLIC ST ANABOLIC BD usnic acid sodium usniate Kynoselen Turanabol Chlorodehydromethyltestosterone Agovirin Depot methandienone GennaPharm Brick Methyldienolone finaplix testogel DUPROST Dutasteride HCA hydroxy citric acid carnitor Levocarnitine l-carnitine carnitine injection aspirin insulin humulin lilly xenical orlistat glucophage metformin teslac Testolactone cypionate propionate anavar oxandrolone bonavar oxanabol meridia Roche accutane norandren brovel lab nandrolona Tornel Lab averbol Reforvit B Oxymetholone androlic bonalone masteron test enanthate Testoviron Depot Androtardyl omnadren jelfa metil test aquatest testosterone suspension Anabrol Denkall Oximethalona Kanestron NANDRALONE CYPIONATE Acetrembo Nubain nalbuphine laurabolin reductil proscar finasteride Finaplix trinabol trenbolone acetate trenbolone enanthate Trenabolone Tri-Trenabol 200 THG Eco oils eco-oils ecooils Tetrahydrogestrinone trenabol Optimum Pharma temazepam restoril syntrop boldagen 200 decagen 300 pfp2fifty pfp2 fifty sus4fifty sustagen 325 ttx4hundred ttx4 hundred biogen biogenlab axiolabs axiolab axio labs sustaplex testaplex decaplex duraplex trenaplex trinaplex primoplex mastaplex stanaplex equiplex methanoplex stanoplex oxandroplex oxyplex clenbutaplex turanaplex haloplex cyx3 sildenaplex vardenaplex taldenaplex arimiplex tamoxiplex tamo-20 exeplex clomiplex proviraplex letroplex CJC-1295 Methenolone Enanthate Anastrozole Femara Letrozole Letroz Aromasin Exemestane Halotestin Halotestex Stenox flurxy Fluoxymesterone mesterolone injectable ATP Adenosine Triphosphate eposino saw palmetto tridenosen turkesterone mesobolin cortesten thiomucase bolden 200 globalanabolic global anabolic anabolics T-Bolic Turanabol chlorodehydromethyltestosterone diamond pharma cut stack 150 insulin humalog lispro eli lilly zambon desma fucus vesiculosus Glutathione vitamin C vit c colagen collagen selenium oxydermal Melsmon Platinum NC 24 Mixing White Cherro Whitening P. Hydroxybenzoate de methyl propyle Heel Whitening Refair Kojic Acid MJ Titanium MJ Platinum MJ Gold


Immunoglobulin Gammaglobulin Adipex roxanol Morphine Sulfate methadose GHB gamma hydroxybutyrate muscle tech muscletech hydroxycut hardcore Soma Watson Carisoprodol Methylphenidate Concerta Ritalin methylone mephedrone mdpv Urofollitrophin follimon fovulan Avodart provigil Modafinil modiodal alertec modalert Oxycontin Oxycodone Stadol NS Polycitra-K Ambien zolpidem Dornicum Norco Alprazolam mescaline Xanax purepac actavis Klonopin Clonazepam Loratabs Loratadine ROHYPNOL codein Flunitrazepam Parlodel Bromocriptine mesylate Condylox Ketotifen Super Clen Dalmane flurazepam valium Codein Phosphate oxycodone hydrocodone lortab lorcet norco vicodin Quality Vet Tamiflu Oseltamivir mak saya Rivotril Clonazopam Klonipin Calcort Deflazacort midazolam Ketamine HYDROCORTISONE Solcoseryl Sorbitol Actovegin Haemodialysate Nembutal PENTOBARBITAL Paxil PAROXETINE Wellbutrin BUPROPION Hemopure Biopure Oxyglobin perftoran GBL Gamma Butyrolactone Lotrel Amplodipine Benazepril 4-AD 4-Androstenediol seconal secobarbital Adrafinil Olmifon Erimin nimetazepam paracetamol acetaminophen Amoxillin amoksisilin amphetamine benzedrine dextroamphetamine dexedrine methamphetamine methedrine dextrostat desoxyn ionamin OxyIr Percolone Roxicet ethex mallinckrodt medical roxane laboratories purdue pharma a-a spectrum healthcare medisca oxydose lorazepam ativan benzodiazepine dilaudid hp Hydromorphone HCL naloxone botox dihydrocodeine panlor-dc DMT N,N-Dimethyltryptamine mesotherapy MD1T hormone powder Perforin Pore Forming Protein depatrone tylenol codeine limovan zopiclone tramadol ultram Arsenic Trioxide Arsenic Oxide Arsenious Acid As2O3 actrapid adipra sanofi aventis methylone explosion vytorin Ezetimibe & Simvastatin Marinol Dronabinol sativex glotropin reminyl galantamine cortesten captagon napp Pharmaceuticals dhc Bayer cardispan

Skin whitening Human grade Wholesale Mg ml Manufacture $ Customer customers Gear supplement gram grams anabolic Norman kristanto nutrition catalog pricelist price list meds pharma drug cheap cheapest lowest discount discounted sale buy source oral injectable store vial vials ampoule ampoules ampul product content substance quantity basket cart category bodybuilding bodybuilder weight power bulk bulking cutting precontest muscle fitness cost prices order deliver air mail airmail sell tabs tab sold purchase approved shopping shop shops reliable genuine trustworthy kaskus roid steroid steroids shipping cycles hardcore anti estrogen stack payment method offer search online fee world prescription medication special provide review reference rating available stores sponsor sponsored listing jakarta indonesia phone telephone ph cellphone deal Rp rupiah dollar US$ US $ obat placenta suntik pemutih putih pelangsing igo fatloss jual dijual penjual beli pembelian pembeli harga biaya pemesanan pesan pesanan kirim pengiriman ongkos otot binaraga perawatan kewanitaan perona pelembut anti cellulite selulitis wajah

etc ---

We ship products worldwide internationally from INDONESIA.
FOR ORDERING, name the brands, quantities, your country, email those information to

mbahmar1jan@yahoo.com
mbahmar1jan (at) yahoo (dot) com
Yahoo Messenger = mbahmar1jan









RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 12-12-2008 10:51

@ Nurwidi atau becks_man atau RR yg laen - mau nanya dong.
Gua n istri kan punya NPWP nih, karena sudah menikah, NPWP istri mau gua cabut n digabung ama NPWP gua aja.
Syarat2 utk mencabut NPWP istri apa aja yah?
Dokumen yg diperlukan apa aja?
ThanksGozkirpma


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - harley - 12-12-2008 10:51

indoroids Menulis:
ada plus minusnya punya npwp, dan sy rasa minus nya lebih dominan, karena selain anda direpotkan ngisi SPT yg sy jamin anda akan keblenger karena banyak istilah yg tidak anda mengerti didalamnya, plus walau di bilang gratis tapi dalam prakteknya anda bisa dipalakin maksimal Rp 150rb utk ngurus NPWP doank, juga karena anda harus melunasi SPT tahun tahun sebelumnya alias bisa bangkrut anda. yg dihapus oleh sunset policy ini denda dari telatnya anda setor SPT tahun tahun sebelumnya, tapi tidak SPT pokoknya sendiri.
contoh, anda bikin npwp di 2008 ini, maka anda musti lunasi SPT 2007 dan tahun tahun sebelumnya. anggap pake perhitungan norma, omset bersih anda 200 juta (rata2x omset pedagang jalanan/pasar yg gak pake accounting dan cuma modal nyatat di kertas yg udah lecek aja), maka SPT nya adalah 26 jutaan per tahun, di kali tahun tahun sebelumnya (biasanya 10 tahun), maka itu sama saja 260 jutaan. 200 jt vs 260 jt? minus donk. kalo sama denda, bisa diatas itu (untungnya sunset tidak mengenakan denda utk kasus ini). hare gene, buang duit 260 juta buat pajak? banyak yg gak tau soal ini dan sukarela mendaftarkan NPWP, mereka tidak tahu, nanti di 2009 mereka akan ditagih duit SPT 2008 dan tahun tahun sebelumnya, bayar secara borongan sekaligus gitu, jaman kredit kayak skarang, anda malah disuruh bayar sekaligus. gak mikir kali tuh dirjen pajak kalo sunset bikin bangkrut orang.


Nah ini yg gua takutin.
Ada satu lagi yg mengganjal ketika lapor spt tahunan yaitu ketika kita lapor kita harus tetap menuliskan rincian penghasilan kita padahal kita sudah ada lampiran yg kita dpt dr kantor kita. Kenapa mereka tetap meminta kita utk menulis ulang/menyalin yahh kan sama isinya spt yg akan dilaporkan dgn yg telah dibayarkan oleh kantor kita 095 Katanya udah komputerisasi, kalo udah komputerisasi kan ngak usah tulis ulang 095


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 12-12-2008 11:16

indoroids Menulis:
ada plus minusnya punya npwp, dan sy rasa minus nya lebih dominan, karena selain anda direpotkan ngisi SPT yg sy jamin anda akan keblenger karena banyak istilah yg tidak anda mengerti didalamnya, plus walau di bilang gratis tapi dalam prakteknya anda bisa dipalakin maksimal Rp 150rb utk ngurus NPWP doank, juga karena anda harus melunasi SPT tahun tahun sebelumnya alias bisa bangkrut anda. yg dihapus oleh sunset policy ini denda dari telatnya anda setor SPT tahun tahun sebelumnya, tapi tidak SPT pokoknya sendiri.


menurut saya kalo udah menyangkut minus plus, yg namanya punya NPWP itu suatu kewjiban untuk yang mempunyai penghasilan, meskipun itu hanya dari satu pemberi kerja, sebagai warga negara Indonesia, kita punya kewajiban dalam membayar pajak, meskipun ga ada yg rela bayar pajak, secara gw pun setiap bulan potongan pajak lumayan gede....pajak kan dibayar sesuai dengan penghasilan kita, kalo emang udah waktunya bayar pajak ya musti dibayar...
terlepas dari citra pajak yg menurut gw sendiri sebelum modernisasi emang banyak tercoreng, DJP dalam hal ini mencoba untuk berubah, bukan cuman berubah citra saja...... yg namanya belajar itu perlu proses bukan, sekarang kalo masi ada orang pajak yg terima duit langsung aja laporin, semua pelayanan pajak itu gratis tis tis.... Dirjen sendiri yang langsung ngomong gitu... perubahan perlu waktu bro...
(Winking)

chris.ho Menulis:
@ Nurwidi atau becks_man atau RR yg laen - mau nanya dong.
Gua n istri kan punya NPWP nih, karena sudah menikah, NPWP istri mau gua cabut n digabung ama NPWP gua aja.
Syarat2 utk mencabut NPWP istri apa aja yah?
Dokumen yg diperlukan apa aja?
ThanksGozkirpma


lampirin aja npwp lu bro, trus bikin permohonan ke KPP terdaftar...
kalo ada SPT tahunan lu yg udah digabung penghasilannya


harley Menulis:
Nah ini yg gua takutin.
Ada satu lagi yg mengganjal ketika lapor spt tahunan yaitu ketika kita lapor kita harus tetap menuliskan rincian penghasilan kita padahal kita sudah ada lampiran yg kita dpt dr kantor kita. Kenapa mereka tetap meminta kita utk menulis ulang/menyalin yahh kan sama isinya spt yg akan dilaporkan dgn yg telah dibayarkan oleh kantor kita 095 Katanya udah komputerisasi, kalo udah komputerisasi kan ngak usah tulis ulang


itu untuk menjaga apabila ada penghasilan dari selain pemberi kerja bro, misalnya bro ale, selain gaji dari perusahaan kan ada fee dari asuransi, yg udah dipotong pajak nya..
nah semua bukti potong nya digabung jadi sati di SPT tahunannya, jadi ketahuan apakah kalo digabung pajak yg harus dibayar tetep nihil atau jadi kurang bayar, kan tarif pajak itu progresif bro


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 12-12-2008 11:22

becks_man Menulis:
lampirin aja npwp lu bro, trus bikin permohonan ke KPP terdaftar...
kalo ada SPT tahunan lu yg udah digabung penghasilannya


Perlu lampirin Kartu Keluarga dan akta nikah gak om?


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 12-12-2008 11:26

chris.ho Menulis:
Perlu lampirin Kartu Keluarga dan akta nikah gak om?


kalo u mau mah lampirin aja.......
kalo ga nanti pas ngisi SPT 2008 langsung aja digabung, n itu dikopi lampirin pas pengajuan permohonan penghapusan NPWP bini...


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 12-12-2008 11:29

becks_man Menulis:
kalo u mau mah lampirin aja.......
kalo ga nanti pas ngisi SPT 2008 langsung aja digabung, n itu dikopi lampirin pas pengajuan permohonan penghapusan NPWP bini...


Iya, rencana lapor SPT 2008 gua mau lgs gabung harta aja.
Tapi kalo gua gak mau lampirin KK boleh kan yah?
KK bukan syarat mutlak kan?


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 12-12-2008 11:33

sebenrnya kan di SPT sendiri udah ada daftar tanggungan yg harus diisi, dari situ aja udah bisa keliatan,g aperlu KK ...
tapi kalo mau lampirin si Gpp


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - calvinpanginda - 12-12-2008 11:36

Orang Bijak Taat Pajak....oi to...


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 12-12-2008 11:37

becks_man Menulis:
sebenrnya kan di SPT sendiri udah ada daftar tanggungan yg harus diisi, dari situ aja udah bisa keliatan,g aperlu KK ...
tapi kalo mau lampirin si Gpp


oh i see, makasih atas pencerahannya yah.Topdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - makarti - 12-12-2008 13:25

pengalaman sy pada bulan January'08, syaratnya foto copy KTP & foto copy KK tidak dipungut biaya sesenpun/ gratis ... besoknya langsung jadi bisa diambil.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 12-12-2008 13:29

makarti Menulis:
pengalaman sy pada bulan January'08, syaratnya foto copy KTP & foto copy KK tidak dipungut biaya sesenpun/ gratis ... besoknya langsung jadi bisa diambil.


Petugasnya yg minta fotokopi KK yah? Atau om makarti sendiri yg lampirkan?


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - fikhen27 - 12-12-2008 13:51

indoroids Menulis:
ada plus minusnya punya npwp, dan sy rasa minus nya lebih dominan
contoh, omset bersih anda 200 juta (rata2x omset pedagang jalanan/pasar yg gak pake accounting dan cuma modal nyatat di kertas yg udah lecek aja), maka SPT nya adalah 26 jutaan per tahun, di kali tahun tahun sebelumnya (biasanya 10 tahun),
maka itu sama saja 260 jutaan. 200 jt vs 260 jt? minus donk. kalo sama denda, bisa diatas itu (untungnya sunset tidak mengenakan denda utk kasus ini).
hare gene, buang duit 260 juta buat pajak? banyak yg gak tau soal ini dan sukarela mendaftarkan NPWP, mereka tidak tahu, nanti di 2009 mereka akan ditagih duit SPT 2008 dan tahun tahun sebelumnya, bayar secara borongan sekaligus gitu, jaman kredit kayak skarang, anda malah disuruh bayar sekaligus. gak mikir kali tuh dirjen pajak kalo sunset bikin bangkrut orang.

Mending buat upgrade ke innova aja masih dapat kembalian...Haha


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - makarti - 12-12-2008 13:58

chris.ho Menulis:

makarti Menulis:
pengalaman sy pada bulan January'08, syaratnya foto copy KTP & foto copy KK tidak dipungut biaya sesenpun/ gratis ... besoknya langsung jadi bisa diambil.


Petugasnya yg minta fotokopi KK yah? Atau om makarti sendiri yg lampirkan?


kebetulan petugasnya yg minta, tp coba sj tdk usah dilampirkan bro ... skrng tdk susah kok ngurusnya dan mereka sangat membantu Topdeh... maklum kejar setoran ke negara.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 12-12-2008 14:53

makarti Menulis:
kebetulan petugasnya yg minta, tp coba sj tdk usah dilampirkan bro ... skrng tdk susah kok ngurusnya dan mereka sangat membantu Topdeh... maklum kejar setoran ke negara.


efek modernisasi bro.....
tanggapan yg kaya gini yg selalu dinanti oleh DJP untuk mulai berubah...


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 12-12-2008 14:57

@ becks_man - om, gua kelupaan nanya tadi.
Kalo KK suami dan istri masih pd ngikut KK orang tua, boleh gak?
Atau harus bikin KK suami istri dulu?
Thanks


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 12-12-2008 15:05

chris.ho Menulis:
@ becks_man - om, gua kelupaan nanya tadi.
Kalo KK suami dan istri masih pd ngikut KK orang tua, boleh gak?
Atau harus bikin KK suami istri dulu?
Thanks


kalo gitu mah ga usah ngasi juga ga papa....
surat nikah aja kali ....


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 12-12-2008 15:08

Mudah2an gak ditanyain KK, hihihihi
Belum sempet urus soalnya.
Thanks again omTopdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 12-12-2008 15:10

chris.ho Menulis:
Mudah2an gak ditanyain KK, hihihihi
Belum sempet urus soalnya.
Thanks again omTopdeh


siapppppppppppp.......
tugas kita emang melayani ko bro...........
pelayan masyarakat....


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 23-12-2008 13:46

Kata temen gua, kalo desember ini kita buat NPWP pribadi, bisa ikutan sunset policy sampe mar 2009 yah?

CMIIW095


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 23-12-2008 13:51

sunset policy tu bukan ngapusin pajaknya, tapi DENDA PAJAK nya....

jadi, pajak 2007 tetep dibayar TANPA denda....


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Ary Yuliantoni - 23-12-2008 14:06

Bener om chris, buat yg blm ber-npwp dan dgn sukarela mendaftarkan diri di thn 2008, maka sunset policy (tdk dikenakan sanksi perpajakan dan tdk akan diperiksa) berlaku sampai dgn 31 Maret 2009 (sama dgn batas waktu terakhir penyampaian SPT Tahunan).
Hal ini berlaku jg buat siapa saja yg dulu dikirimi npwp tanpa pernah merasa mendaftar, klo gak salah sekitar th 2005-an, perlakuannya sama dengan yg mendaftarkan diri secara sukarela di tahun 2008, batas waktunya sampai akhir maret 2009.

Batas waktu Sunset Policy s.d. 31 des. 2008 berlaku utk yg telah terdaftar/WP lama, dan otomatis tlh ber-npwp, yg melakukan pembetulan SPT-nya, tdk dikenakan sanksi dan tdk diperiksa atas pembetulan yg dilakukan.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - fikhen27 - 23-12-2008 14:53

Masih belum pernah punya NPWP nih, mau daftar juga masih ragu2..Tuh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - BK 1353 HY - 23-12-2008 14:55

orang taat pajak harus punya NPWP donk...


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - spambudi - 23-12-2008 15:36

Ary Yuliantoni Menulis:
Bener om chris, buat yg blm ber-npwp dan dgn sukarela mendaftarkan diri di thn 2008, maka sunset policy (tdk dikenakan sanksi perpajakan dan tdk akan diperiksa) berlaku sampai dgn 31 Maret 2009 (sama dgn batas waktu terakhir penyampaian SPT Tahunan).
Hal ini berlaku jg buat siapa saja yg dulu dikirimi npwp tanpa pernah merasa mendaftar, klo gak salah sekitar th 2005-an, perlakuannya sama dengan yg mendaftarkan diri secara sukarela di tahun 2008, batas waktunya sampai akhir maret 2009.

bener nih utk yg dikirimi npwp thn 2005, sunset policy berlaku sd akhir mar 09?
prosedurnya gmn & berkas apa sj yg mesti dilkpi?
repotnya jk mesti melampirkan berkas < thn 2008 nih.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - tgduren - 23-12-2008 16:11

donlod file nya aja di websitenya. cmn 100mb.......lama dikit lah


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 23-12-2008 16:19

ada link nya gak....???


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Ary Yuliantoni - 23-12-2008 16:34

om spambudi, iya bener begitu. klo gampangnya datengin aja ktr pjk tempat oom terdaftar, temuin account representative/ar disana, konsultasi aja dulu, nanti jg diarahin. sblmnya om tanya2 dulu npwp om dibawah siapa ar-nya, dr puluhan ar yg ada, salah satunya pasti megang npwp om (1 ar bs megang ratusan bahkan ribuan npwp dr sekian ribu yg terdaftar).
nanti klo ternyata ada penghasilan yg blm dilaporin, ya dibetulin spt-nya, misalnya spt thn 2005 dan 2006. stlh dibetulin dilaporin deh ke ktr pjk tsb, pokok pajaknya tetap kena, tp sanksinya enggak, dibebasin, gt.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - fajarw - 23-12-2008 19:21

gw kolektif kantor udah submit dari awal des sampe sekarang belun jadi Sad(


waaa keburu libur dan tau2 dah 2009 nih


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - dhims - 24-12-2008 10:16

gw daftar di internet trus dapet nomor sementara.
trus besoknya berkasnya gw bawa ke KPP, 15 menit langsung jadi.
nah, di kartunya terdaftar tanggal pas ke KPP alias pas disetujui, jadi bukan pas daftar internet.
tapi nomornya ternyata sama aja dgn yg internet.

gw baca di website semua KPP buka tanggal 30 dan 31 Des, demi sunset, CMIIW
kecuali diperpanjang lagi, kecele d yang udah daftar buru2 (kaya gw) Toungue


NPWP Karyawan Tak Valid - SaPiE - 13-01-2009 11:38

Written by Redaksi Web
Wednesday, 07 January 2009 02:52
Sejak 1 Januari 2009, pemerintah membebaskan wajib pajak yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari kewajiban membayar fiskal. Namun itu hanya untuk NPWP pribadi. NPWP yang diberikan perusahaan untuk karyawannya tetap diwajibkan membayar fiskal.



Kebijakan ini menuai komplain dari sejumlah penumpang yang hendak bepergian ke luar negeri.
Seperti yang dialami salah seorang karyawan swasta di Medan bernama Hendri (38) saat ditemui di Bandara Polonia Medan, Selasa kemarin.





Hendri sebelumnya yakin, NPWP yang dimilikinya dapat digunakan untuk bepergian ke luar negeri. Namun hasil pemeriksaan petugas di bandara NPWP miliknya dinyatakan tidak valid, dan dia tetap diwajibkan membayar fiskal.



"Saya kaget NPWP yang diberikan perusahaan dinyatakan tidak berlaku dan tetap diminta Rp 2,5 juta," ungkap Hendri.



Menurutnya, jika tidak mau membayar fiskal sebesar Rp 2,5 juta, ia harus membuat surat pengajuan pembuatan NPWP pribadi kembali.



"Saya sebenarnya masih heran, kenapa NPWP dari perusahaan saya tidak bisa digunakan. Padahal kan sama saja. Toh saya bayar pajak juga. Kalau pun tetap dikenakan fiskal, harusnya dari awal disosialisasi, jadi tidak membingungkan," ujar Hendri.



Kepala Bidang Pencegahan dan Penyidikan (Kabid P2) Humas Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Sumut I, Jahotman Saragih membenarkan NPWP karyawan tidak valid untuk mendapatkan bebas fiskal. hal ini.



Menurutnya, NPWP yang diuruskan sebuah perusahaan untuk pegawainya hanya berlaku untuk pajak penghasilan (Pph) dari hasil gaji yang diterima oleh pegawai tersebut. "Kebijakan ini sebenarnya diterapkan untuk mendesak masyarakat untuk perduli membayar pajak. Toh, pajak ini juga merupakan elemen pembangunan juga. Saya harap semua elemen masyarakat memperhatikan peraturan NPWP ini," jelasnya Selasa kemarin.



Menurut Jahotman, antusiasme masyarakat Sumut untuk mengurus NPWP dan membayar pajak tahunannya demikian tinggi. Dia yakin, mulai Februari 2009 separuh dari masyarakat Sumut sudah mempunyai NPWP karena kebijakan pemerintah yang mewajibkan warganya memiliki NPWP akan berdampak positif bagi negara.



"Coba lihat, hampir di setiap kantor pajak di Kota Medan selalu penuh oleh masyarakat. Mulai dari yang mengambil SPT ( Surat Pajak Tahunan) ataupun yang ingin mengurus NPWP," ujarnya.



Kewajiban membayar fiskal ke luar negeri bagi yang tidak memiliki NPWP mulai berlaku 1 Januari 2009 hingga 31 Desember 2010. Untuk mendapatkan bebas fiskal, wajib pajak diwajibkan menyerahkan fotokopi kartu NPWP/surat keterangan terdaftar (SKT)/surat keterangan terdaftar sementara (SKTS), fotokopi paspor, serta boarding pass ke petugas unit pelaksana fiskal luar negeri.



Jika kartu NPWP dimiliki oleh Kepala Keluarga, maka anggota keluarga yang akan berangkat ke luar negeri harus menyertakan fotokopi kartu keluarga.



Berdasarkan data-data tersebut, petugas unit pelaksana fiskal akan menginput NPWP pada aplikasi yang tersedia. Bila NPWP dinyatakan valid, maka petugas akan menempelkan stiker Bebas Fiskal pada bagian belakang boarding pass yang ditujukan untuk penumpang.



Penumpang juga tetap diwajibkan membayar fiskal jika tidak dapat menyerahkan fotokopi kartu NPWP/SKT/SKTS. Bagi anggota keluarga juga bisa dikenakan kewajiban serupa jika tidak bisa melampirkan kartu keluarga atau tetap menampilkan kartu keluarga, tetapi nama penumpang tidak tercantum dalam susunan kartu tersebut.



Yang bebas otomatis adalah wajib pajak yang berusia kurang dari 21 tahun, orang asing yang berada di Indonesia kurang dari 183 hari dalam 12 bulan, pejabat perwakilan diplomatik, pejabat perwakilan organisasi internasional, WNI yang memiliki dokumen penduduk negara lain (termasuk pelajar/mahasiswa yang belajar di LN dengan menunjukkan identitas seperti kartu pelajar), jemaah haji, pelintas batas jalan darat, dan TKI dengan kartu tenaga kerja luar negeri (KTKLN).



Sementara yang bebas dengan fiskal adalah mahasiswa dengan rekomendasi perguruan tinggi, orang asing yang melakukan penelitian, TKA di 3 Pulau (Batam, Bintan, Karimun), penyandang cacat atau orang sakit yang akan berobat keluar negeri atas biaya orsos termasuk seorang pendamping, anggota misi kesenian (budaya, olahraga, agama), program pertukaran mahasiswa/pelajar, dan TKI selain dengan KTKLN.

REZA | GLOBAL | MEDAN
http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=272:npwp-karyawan-tak-valid&catid=25:metro&Itemid=53


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - tgduren - 13-01-2009 12:03

lohhh..........gimana sih ini? jd npwp dr perusahaan itu beda? jd mesti punya 2 npwp gitu?


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - Fawwas Kautsar - 13-01-2009 12:31

hmmmmmm.........%^&*(*&^%$%^&%$###...Wallbash


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - becks_man - 13-01-2009 12:33

itu ada kemungkinan dia baru dapet NPWP, kan harusnya NPWP aktif 3 hari sebelum nya, beritanya kurang lengkap ni dia aktif daftar NPWPnya dari kapan
ntar dicari dulu aturannya lupa


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - Riva Usmany - 13-01-2009 12:42

SaPiE Menulis:
Written by Redaksi Web
Wednesday, 07 January 2009 02:52
...............
Kepala Bidang Pencegahan dan Penyidikan (Kabid P2) Humas Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Sumut I, Jahotman Saragih membenarkan NPWP karyawan tidak valid untuk mendapatkan bebas fiskal. hal ini.

Menurutnya, NPWP yang diuruskan sebuah perusahaan untuk pegawainya hanya berlaku untuk pajak penghasilan (Pph) dari hasil gaji yang diterima oleh pegawai tersebut. "Kebijakan ini sebenarnya diterapkan untuk mendesak masyarakat untuk perduli membayar pajak. Toh, pajak ini juga merupakan elemen pembangunan juga. Saya harap semua elemen masyarakat memperhatikan peraturan NPWP ini," jelasnya Selasa kemarin.

.................................

REZA | GLOBAL | MEDAN
http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=272:npwp-karyawan-tak-valid&catid=25:metro&Itemid=53


Eek3 Eek3 Eek3 Eek3


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - becks_man - 13-01-2009 12:43

Peraturan Dirjen Pajak Nomor 53/PJ/2008.
SE.86/PJ/2008
Isinya, fasilitas bebas fiskal hanya berlaku kalau NPWP terbit paling lambat tiga hari sebelum keberangkatan ke luar negeri.
ada kemungkinan dia baru bikin


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - Daus - 13-01-2009 12:47

ini barusan temen sdh coba gratis fiskal pake NPWP yg dibuat borongan ama kantor.
brkt tgl 5 Jan - 12 Jan 2009 ke KL & S'Pore.
Tadi/per hari ini dia ngantor dan ane tanya, ternyata ada konter baru yg dibuka untuk istri yg bebas fiskal krn suami sdh punya npwp. beda tempat waktu dulu urus bebas fiskal untuk anak2.

Fiskal gratis.. tis... begitu juga istri & anaknya.
dia bilang sdh siapkan KK tapi tidak ditanya tuch, krn di paspportnya alamat dia & istrinya samaGozkirpma

Wah ini info yg kurang valid Danur.


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - tgduren - 13-01-2009 12:51

ooo.....trims infonya pak daus


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - Daus - 13-01-2009 12:54

sama2 Fer.
jd jgn takut npwp yg diurus kantor valid kok, klu bener lapornya ke kantor pajak lho.

bro Becks_man,
baru bikin bisa jadi ato,
jgn2 petugas di kantor yg kasih infonya bukan dateng ktr pajak, tp tukang..... J/K HahaHaha

tgduren Menulis:
ooo.....trims infonya pak daus




RE: NPWP Karyawan Tak Valid - becks_man - 13-01-2009 13:00

Daus Menulis:
sama2 Fer.
jd jgn takut npwp yg diurus kantor valid kok, klu bener lapornya ke kantor pajak lho.
bro Becks_man,
baru bikin bisa jadi ato,
jgn2 petugas di kantor yg kasih infonya bukan dateng ktr pajak, tp tukang..... J/K HahaHaha

tgduren Menulis:
ooo.....trims infonya pak daus


bisa jadi dia bikinnya dari calo bro, nah bisa jadi dia ditipu ama calo itu.....
semua bisa terjadi kan ??


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - Daus - 13-01-2009 13:04

setuju BroGozkirpma
asal petugas di ktr lapor ke kantor pajak resmi harusnya VALID.
ini kok aneh tdk validTuhTuh

becks_man Menulis:
bisa jadi dia bikinnya dari calo bro, nah bisa jadi dia ditipu ama calo itu.....
semua bisa terjadi kan ??




RE: NPWP Karyawan Tak Valid - SaPiE - 13-01-2009 13:16

Daus Menulis:
Wah ini info yg kurang valid Danur.


namanya juga dapet dari harian setempat, hehehe...


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - tgduren - 13-01-2009 13:19

kl dah balikin SPT tahun lalu artinya valid dung?


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - Daus - 13-01-2009 13:20

iye iye percaya DanurBig Grin
bagus untuk pembalajaran kita2.

asal ktr buat npwp borongan ke ktr pajak dan dibuat 1 bln sebelumnya, dijamin VALIDGozkirpma


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - becks_man - 13-01-2009 13:24

di surat edaran Dirjen No. 86/PJ./2008 disebutin NPWP telah terdaftar 3 hari sebelum tanggal keberangkatan om, ...


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - Daus - 13-01-2009 13:26

nah cuma 3 hari.

tp apa mungkin di ktr pajak salah ketik Bro095
misal no npwpnya 1234.67.876 tapi pas diinput di database 1324.67.876 Yagak

becks_man Menulis:
di surat edaran Dirjen No. 86/PJ./2008 cuman disebutin NPWP telah terdaftar 3 hari sebelum tanggal keberangkatan om, salah ketik tadi saya...




RE: NPWP Karyawan Tak Valid - becks_man - 13-01-2009 13:34

Daus Menulis:
nah cuma 3 hari.
tp apa mungkin di ktr pajak salah ketik Bro095
misal no npwpnya 1234.67.876 tapi pas diinput di database 1324.67.876 Yagak

becks_man Menulis:
di surat edaran Dirjen No. 86/PJ./2008 cuman disebutin NPWP telah terdaftar 3 hari sebelum tanggal keberangkatan om, salah ketik tadi saya...


saya kurang tau praktek di lapangannya bro, cuman kayanya kecil salah input, soalnya pasti ga bisa masuk ke sistem, yg udah online..
kalo inputan nya ga sama pasti ga akan keluar.......


RE: NPWP Karyawan Tak Valid - Daus - 13-01-2009 13:59

hmmm betul juga yach.
setau ane dulu digit ke 9 itu adalah nilai validasi.
kalau 8 digit angka di depan salah maka dicek pada digit ke 9.
kalau salah akan ditolak.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Daus - 19-02-2009 11:00

berhubung Bro Idham lagi OL tanya ach...

Bro,
Kemarin ada pemberitahuan di e-mail ktr kita kudu isi form ini itu karena sudah punya NPWP pribadi yg diurus ktr.

Klu from 1721 A1 khan nanti kita dapet dr laporan ktr.
nah pada form 1770 khan byk yg kudu diisi.

pertanyaan ane apa positif negatifnya kalau kita isi jujur095
mis : cukup laporkan satu NOP pajak rumah, yg lain tdk kita laporin ?

ato ada sanksi jika tdk kita laporin (klu ketahuan) ?


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 19-02-2009 11:13

Daus Menulis:
Klu from 1721 A1 khan nanti kita dapet dr laporan ktr.
nah pada form 1770 khan byk yg kudu diisi.
pertanyaan ane apa positif negatifnya kalau kita isi jujur095
mis : cukup laporkan satu NOP pajak rumah, yg lain tdk kita laporin ?
ato ada sanksi jika tdk kita laporin (klu ketahuan) ?


HahaHahaHaha

banyaknya Wajib Pajak ga mau ngelaporin penghasilan tambahan + daftar harta yg ga diisi lengkap....

daftar harta disitu kan salah satu gunanya untuk pengawasan di DJP aja bro,
gampangnya begini, kalo misalnya om daus isiin daftar harta mis Avanza harga 140 jt cash, sedangkan penghasilan netto nya cuman (misalkan) 50 jt secara logika itu ga mungkin, di sini tugas AR (account representative) untuk menggali penerimaan pajak, misalkan menghubungi Wajib Pajak nya, ditanya, "ini duit dapet dari mana buat beli Avanza, kan Ph Nettonya cuman 50jt"
sepanjang jawaban dari wajib pajak tidak memuaskan / tidak diketahui dari mana asal usul/ dana nya ga jelas maka mungkin diusulkan untuk delakukan pemeriksaan, beda kasus misalkan uang yang digunakan berasal dari misal hadiah undian , warisan....

ga ditulispun sepanjang ga ketauan ya... GPP lah..Haha

perasaan yg namanya urusan dengan pajak itu ga ada yg menguntungkan deh Om, saya aja taun ini bayar PPh Orang pribadi gede banget WallbashWallbash


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Daus - 19-02-2009 11:27

Oooo logis jawabannya dan zuzur lgGozkirpma
jadi tujuannya untuk compare yachYes

itu dia pajak khan progresive, mkn gede makin tambah persen bayarnyaBig Grin

jadi klu ane isi jujur NOP rumah yg ane bayar thn ini, berarti nanti akan ditanya rumah yg lain disewakan brp?
so kita harus masukin uang yg diterima dari bayar sewa rumah tsbYes

cuman minusnya di SPPT kita pd kolom NPWP terisi : Belum punya HahaHahaHaha

Tx Bro IdhamTopdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 19-02-2009 11:33

menurut instruktur pajak yang kemaren diundang ke kantor sih, isi aja sejujurnya dan selengkapnya.
karena ya gitu, kalo taun ini dilaporkan ada rumah mahal sedangkan gaji kecil kan jadi pertanyaan rumahnya darimana.
kalo hibah, jangan lupa bukti hibah dari notaris.
tanpa bukti, sama aja bo'ong.

kalo punya harta banyak, mending dibelikan emas perhiasan, jangan emas batangan, karena kalo emas batangan ada pajaknya.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 19-02-2009 11:37

Daus Menulis:
Oooo logis jawabannya dan zuzur lgGozkirpma
jadi tujuannya untuk compare yachYes
itu dia pajak khan progresive, mkn gede makin tambah persen bayarnyaBig Grin
jadi klu ane isi jujur NOP rumah yg ane bayar thn ini, berarti nanti akan ditanya rumah yg lain disewakan brp?
so kita harus masukin uang yg diterima dari bayar sewa rumah tsbYes
cuman minusnya di SPPT kita pd kolom NPWP terisi : Belum punya Tx Bro IdhamTopdeh


kalo SPPT mau di cocokin ada NPWP nya sekarang2 belon bisa, masalah sistem yg berbeda om, sekarang lagi diupayakan sih katanya...

kalo dapet duit sewa rumah kan ada PPh final nya om, nah PPh finalnya kudu dilaporin juga si SPT di kolom penghasilan final


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Daus - 19-02-2009 11:42

di sini kita didatengin mulai tgl 23 Feb Danur.
ane dpt jatah gel II tgl 24.
kemarin baru di infokan via e-mail.

Danur,
ane main di rumah & tanah. rencana klu pensiun bisa dikaryakan atau dibuat kos/kosan. klu emas perhiasan klu byk khan bikin was2 jadi harus sewa safe deposit box di bank segalaYagak


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Daus - 19-02-2009 11:47

Wah... ini baru info BroGozkirpma
mana ada selama ini orang membayar pajak untuk sewa rumah atau kos-kosan.
padahal kos/kosan di kota / di sudirman thamrin lbh gede dari sewa rumah ane dan tidak pernah bayar pajakBig Grin

ane thn ini punya 3 SPPT, rencana mo nambah apart tp baru DP.

jadi klu laporin semua rumah bakalan panjang urusannya, kecuali 1 rumah 1 istriYagak HahaHaha

Ok klu begitu mantap cukup isi 1 rumah saja, tdk jujur spt Danur bilangGozkirpma

becks_man Menulis:
kalo dapet duit sewa rumah kan ada PPh final nya om, nah PPh finalnya kudu dilaporin juga si SPT di kolom penghasilan final




RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 19-02-2009 11:53

Daus Menulis:
Danur,
ane main di rumah & tanah. rencana klu pensiun bisa dikaryakan atau dibuat kos/kosan. klu emas perhiasan klu byk khan bikin was2 jadi harus sewa safe deposit box di bank segalaYagak


sama om, imel dari finance juga baru diterima kemaren.....Tuh
siap2 deh.....


jangan lupa, tanah/bangunan dilaporkan aja om.
biar singkron sama gaji...
Toungue

tapi kalo gak punya apa2 tapi gaji luarbiasa gede, heran gak ya petugas pajaknya....??? ToungueToungueToungue


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 19-02-2009 11:54

Daus Menulis:
Wah... ini baru info BroGozkirpma
mana ada selama ini orang membayar pajak untuk sewa rumah atau kos-kosan.
padahal kos/kosan di kota / di sudirman thamrin lbh gede dari sewa rumah ane dan tidak pernah bayar pajakBig Grin
ane thn ini punya 3 SPPT, rencana mo nambah apart tp baru DP.
jadi klu laporin semua rumah bakalan panjang urusannya, kecuali 1 rumah 1 istriYagak HahaHaha
Ok klu begitu mantap cukup isi 1 rumah saja, tdk jujur spt Danur bilangGozkirpma



selama ga ketaun si ga ada masalah kayanya..HahaHaha

berarti ada 4 SPPt ya om, buat 1 istri ato masing2 istri dapet 1 Tongue_out


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Daus - 19-02-2009 12:00

kok jadi bingung gini yach.
Si Danur bener zuga klu tdk zuzur itu bonus & tunj lain2 buat apa095
bini cuma sebiji anak sebiji juga.

klu 1 rumah 1 istri khn tdk repot jawabnya IdhamYagak hehehe

waduh gimana dong... ane selama ini belum pernah bayar pajak untuk sewain rumah. Ntar pake ditagih yg lama2 lagi.TuhTuh

solusinya apa dunk095

Bro Idham,
emang kita terima uang sewa juga harus bayar pajak095


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 19-02-2009 12:09

Daus Menulis:
Bro Idham,emang kita terima uang sewa juga harus bayar pajak095


Topdeh dasarnya PP 29 taun 1996...

Pasal 1

Atas penghasilan yang diterima atau diperoleh orang pribadi atau badan dari persewaantanah dan/atau bangunan berupa tanah, rumah, rumah susun, apartemen, kondominium,gedung perkantoran, rumah kantor, toko, rumah toko, gudang dan industri, wajib dibayar Pajak Penghasilan.
Pasal 2
Orang pribadi atau badan yang menerima atau memperoleh penghasilan dari persewaantanah dan/atau bangunan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 wajib membayar sendiriPajak Penghasilan yang terutang atau dipotong oleh penyewa yang bertindak sebagaiPemotong Pajak.

Pasal 3

(1) Pajak Penghasilan atas penghasilan yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak badan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1, adalah sebesar 6% (enam persen) dari jumlah bruto nilai persewaan tanah dan/atau bangunan dan bersifat final.
(2) Pajak Penghasilan atas penghasilan yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak orang pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1, adalah sebesar 10% (sepuluh persen) dari jumlah bruto nilai persewaan tanah dan/atau bangunan dan bersifat final.

cuman jarang yg setor...Tongue_out


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Daus - 19-02-2009 12:21

berarti bener ada UU-nya, so kudu byr ya.
lagian orang pribadi lbh besar pajaknya drpd yg badan hukumTearyeyes
maju susah mundurpun susahSuperSuper

ok dech Bro Tx atas infonya Danur juga.
ntar dirumah diskusi ama istri enaknya gimanaGozkirpma


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 19-02-2009 12:35

Daus Menulis:
berarti bener ada UU-nya, so kudu byr ya.
lagian orang pribadi lbh besar pajaknya drpd yg badan hukumTearyeyes
maju susah mundurpun susahSuperSuper

ok dech Bro Tx atas infonya Danur juga.
ntar dirumah diskusi ama istri enaknya gimanaGozkirpma


kalo soal rumah mah, gampang om, sini jual murah aja ama sya Tongue_out


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Supriyanto Kartono - 19-02-2009 12:37

Bro Beck_man,mau tanya..
Kakak saya sering dapet order dari Astra lewat tangan kedua..Nah yg pemberi order pihak tangan kedua membebankan pajak dari harga orderan yg disepakati..katanya sipemberi order juga dikenakan pajak oleh Astra..
Apa memang seperti itu kalau dapet orderan harus dipotong pajak..?
Kalau orderan dari perusahaan lain tdk pernah dipajakin...yg mana yg benar?


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 19-02-2009 12:43

Supriyanto Kartono Menulis:
Bro Beck_man,mau tanya..
Kakak saya sering dapet order dari Astra lewat tangan kedua..Nah yg pemberi order pihak tangan kedua membebankan pajak dari harga orderan yg disepakati..katanya sipemberi order juga dikenakan pajak oleh Astra..
Apa memang seperti itu kalau dapet orderan harus dipotong pajak..?
Kalau orderan dari perusahaan lain tdk pernah dipajakin...yg mana yg benar?


PPN nya ya ????
kalo PPN emang kaya gitu, dibebankan ke konsumen akhir, tapi toh nanti masuk mekanisme PK (Pajak Keluara) PM (Pajak Masukan)...jadi yg bener2 ditanggung penjual ya selisih PM dari Astra dan PK yg dijual ke konsumen akhir..
seharusnya begitu, kecuali barang yg dikenai itu Barang Tidak Kena Pajak.


Kalo PPh 23 , itu dah jelas bukti potongnya, kalaupun dupingut, nantinya kan bisa dikreditkan di SPT Tahunan


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 19-02-2009 13:01

gimana kalo dari AvanzaXenia.net ngadain kelas isi SPT pajak...??
pokoknya knowledge ttg pajak deh.

kita undang dimana gitu, bayarnya urunan......
kalo perlu, om idham aja yang jadi instruktur...
nanti sekalian bawa contoh2 SPT de el el.
soalnya pengisian SPT kan beda2, ada yang 1721, 1770 S, 1779 SS, pengusaha, de el el....


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 20-02-2009 09:06

Biayanya berapa per org? Jgn mahal2 yah buat axneterTongue1


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 20-02-2009 09:28

SaPiE Menulis:
gimana kalo dari AvanzaXenia.net ngadain kelas isi SPT pajak...??
pokoknya knowledge ttg pajak deh.
kita undang dimana gitu, bayarnya urunan......
kalo perlu, om idham aja yang jadi instruktur...
nanti sekalian bawa contoh2 SPT de el el.
soalnya pengisian SPT kan beda2, ada yang 1721, 1770 S, 1779 SS, pengusaha, de el el....


chris.ho Menulis:
Biayanya berapa per org? Jgn mahal2 yah buat axneter


Tongue_outTongue_outTongue_out


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - baladewa - 18-03-2009 11:51

nanya dong ... lagi ngisi SPT nih...

kalo kredit mobil, masuk di kolom harta atau hutang/kewajiban ?

yang ditulis angka harga pokok atau termasuk bunga ? (cicilan x periode)

makasih


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - ranamin - 18-03-2009 12:00

baladewa Menulis:
nanya dong ... lagi ngisi SPT nih...

kalo kredit mobil, masuk di kolom harta atau hutang/kewajiban ?

yang ditulis angka harga pokok atau termasuk bunga ? (cicilan x periode)

makasih


biasanya harus masukin di kolom harta senilai harga beli mobil..... nomor BPKP sebaiknya dimasukin. sedangkan untuk sisa cicilan masukin di kolom utang....


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Daus - 18-03-2009 12:00

masuk ke dua-duanya.
klu harta gampang

tp klu hutang khan yg dimaksud kewajiban hutang akhir tahun 2008.
nah itu dia tdk tau Big Grin

aku sdh nyerahin spt ke kantor pajak, ternyata tidak diverifikasi kok, tinggal minta amplop isi n serahkan.Gozkirpma


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 18-03-2009 12:04

ranamin Menulis:

baladewa Menulis:
nanya dong ... lagi ngisi SPT nih...
kalo kredit mobil, masuk di kolom harta atau hutang/kewajiban ?
yang ditulis angka harga pokok atau termasuk bunga ? (cicilan x periode)
makasih

biasanya harus masukin di kolom harta senilai harga beli mobil..... nomor BPKP sebaiknya dimasukin. sedangkan untuk sisa cicilan masukin di kolom utang....


masukin dua duanya, hartanya masukin, utangnya masukin


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - baladewa - 18-03-2009 12:07

sip deh,

thanx all Topdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - ranamin - 18-03-2009 12:13

Daus Menulis:
masuk ke dua-duanya.
klu harta gampang

tp klu hutang khan yg dimaksud kewajiban hutang akhir tahun 2008.
nah itu dia tdk tau Big Grin

aku sdh nyerahin spt ke kantor pajak, ternyata tidak diverifikasi kok, tinggal minta amplop isi n serahkan.Gozkirpma


verifikasi biasanya misalnya klo tahun lalu kita laporkan mobil, kok tahun ini dah ngga ada mobil... kayak2 gini biasanya yg dikejar..Yagak


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Daus - 18-03-2009 12:19

ooooo begono tho Mas.
berarti hrs simpen file yg dikirim kemarin agar tidak terlalu beda pada thn depanBig Grin


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 18-03-2009 13:36

gue masih belom isi spt nih Wallbash

misal nih,
1. kalo di kolom harta, gue masukin motor gue (beli cash misal 14juta) trus taun depan masukin lagi gak tuh motor di kolom harta?
2. kalo mobil dan rumah atas nama bini gimana? bini gue punya NPWP sendiri juga soale (dibuatin kantornya). gue gak harus masukin ke kolom harta dan utang kan...????


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - baladewa - 18-03-2009 13:43

no.1.
Ya dimasukin dong bro, kan itu masih jadi harta loe. makanya ada tahun perolehan.
Kalo tahun depan gak dimasukin, berarti loe jual itu motor, mestinya ada other income kan ?
nah gimana tuh pajak nya ? Tapi kalo motor di hibah kan, ke sodara misal nya, gimana ya ?

no. 2. Gak tau.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 18-03-2009 13:55

lah, jadi kalo motor gue dijual, masuk ke other income......????????????????
kena pajak dongggg......????????


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - ranamin - 18-03-2009 14:13

SaPiE Menulis:
lah, jadi kalo motor gue dijual, masuk ke other income......????????????????
kena pajak dongggg......????????


iye dong...... ntar yang beli motormu akan melaporkan di SPT nya klo dia belinya dari kamu..... jadi punya juga nanti diperiksa.... gitu lho...

@all : buat rekan2 yang ingin melaporkan SPT nya, KPP ada buka tuh di Pasaraya blok M, jadi teman2 tinggal masukin ke sana tanpa harus ke KPP andaTopdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - ranamin - 18-03-2009 14:16

SaPiE Menulis:
gue masih belom isi spt nih Wallbash

misal nih,
1. kalo di kolom harta, gue masukin motor gue (beli cash misal 14juta) trus taun depan masukin lagi gak tuh motor di kolom harta?
2. kalo mobil dan rumah atas nama bini gimana? bini gue punya NPWP sendiri juga soale (dibuatin kantornya). gue gak harus masukin ke kolom harta dan utang kan...????


klo bini punya NPWP sendiri mendingan di masukin di SPT nya istri aja


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 18-03-2009 14:22

trus yang kalo motor/mobil dijual, tu hasil penjualannya dimasukin ke penerimaan???


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Rukman - 18-03-2009 14:35

buat semua RR AvanzaXenia.net, kalo emang udah punya penghasilan baiknya punya NPWP, masa cuma mo fasilitasnya tp ga mo bayar pajak, malu donk, buat yg mo buat NPWP tp ga punya waktu keluar download aja http://www.pajak.go.id


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - ranamin - 18-03-2009 14:41

SaPiE Menulis:
trus yang kalo motor/mobil dijual, tu hasil penjualannya dimasukin ke penerimaan???


dimasukin ke penerimaan dong


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Rukman - 18-03-2009 14:42

ranamin Menulis:

SaPiE Menulis:
gue masih belom isi spt nih Wallbash

misal nih,
1. kalo di kolom harta, gue masukin motor gue (beli cash misal 14juta) trus taun depan masukin lagi gak tuh motor di kolom harta?
2. kalo mobil dan rumah atas nama bini gimana? bini gue punya NPWP sendiri juga soale (dibuatin kantornya). gue gak harus masukin ke kolom harta dan utang kan...????


klo bini punya NPWP sendiri mendingan di masukin di SPT nya istri aja

ga bisa dimasukin ke SPT bini, kecuali lo ada perjanjian pisah harta ama bini baru bolehHaha


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Rukman - 18-03-2009 14:55

aeres Menulis:
jadi sebaiknya kita punya npwp pribadi apa kagak?... kalo ribet kan males juga... dulu gw paling males tiap bulan disuruh mendiang bokap ngurusin laporan pajak perusahaannnya.... ngisi lembarannya ribet... nganternya juga belibet...

mending punya NPWP mas, skrg udah lain ama dulu, drpd ntar lo dikejar ama org pajak krn ga bayar pajak karena lo punya usaha.....Hikhik


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Ary Yuliantoni - 18-03-2009 14:56

SaPiE Menulis:
gue masih belom isi spt nih Wallbash

misal nih,
1. kalo di kolom harta, gue masukin motor gue (beli cash misal 14juta) trus taun depan masukin lagi gak tuh motor di kolom harta?
2. kalo mobil dan rumah atas nama bini gimana? bini gue punya NPWP sendiri juga soale (dibuatin kantornya). gue gak harus masukin ke kolom harta dan utang kan...????


1.Tetap dimasukin bro di thn depannya, sebesar harga perolehan/harga beli 14 jt.
Klo misalnya dijual :
Beli Th 2006 : 14 jt
Jual Th 2008 : 9 jt
Penghitungan apakah ada other income/tdk :
Penjualan 9.000.000
Harga beli : Rp. 14.000.000
Penyusutan 2 th (2X25% x Rp 14 jt) : Rp. 7.000.000
Harga Sisa Buku Motor 7.000.000
Keuntungan 2.000.000
2 jt ini yg dilaporkan dlm SPT sbg penghasilan lain2/other income

2. Klo bini punya NPWP sendiri, harta yg atas nama bini dilaporin di SPT bini aja, bro harta yg lainnya aja yg atas nama bro dan harta2 yg gak ada namanya, misal : perhiasan/emas, perabot RT dll spt : TV, lemari es, HP, dsb...
yg perlu diperhatiin, PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) sbg pengurang penghasilan wajib pajak.
Misal bro punya anak 2, npwp masing2 punya (bro punya, istri jg punya) :
PTKP bro :
Bro sendiri : 13.200.000
Status Kawin : 1.200.000
Anak : 2.400.000 (2 x 1,2 jt)
Jumlah 16.800.000

PTKP istri di SPT-nya, dihitung atas dirinya aja/dianggap single sebesar Rp. 13.200.000,-


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 18-03-2009 14:59

susah emang dilawan kalo yg ngomong kakak kelas mah Topdeh

Tongue_out


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Rukman - 18-03-2009 15:02

Ary Yuliantoni Menulis:

SaPiE Menulis:
gue masih belom isi spt nih Wallbash

misal nih,
1. kalo di kolom harta, gue masukin motor gue (beli cash misal 14juta) trus taun depan masukin lagi gak tuh motor di kolom harta?
2. kalo mobil dan rumah atas nama bini gimana? bini gue punya NPWP sendiri juga soale (dibuatin kantornya). gue gak harus masukin ke kolom harta dan utang kan...????


1.Tetap dimasukin bro di thn depannya, sebesar harga perolehan/harga beli 14 jt.
Klo misalnya dijual :
Beli Th 2006 : 14 jt
Jual Th 2008 : 9 jt
Penghitungan apakah ada other income/tdk :
Penjualan 9.000.000
Harga beli : Rp. 14.000.000
Penyusutan 2 th (2X25% x Rp 14 jt) : Rp. 7.000.000
Harga Sisa Buku Motor 7.000.000
Keuntungan 2.000.000
2 jt ini yg dilaporkan dlm SPT sbg penghasilan lain2/other income

2. Klo bini punya NPWP sendiri, harta yg atas nama bini dilaporin di SPT bini aja, bro harta yg lainnya aja yg atas nama bro dan harta2 yg gak ada namanya, misal : perhiasan/emas, perabot RT dll spt : TV, lemari es, HP, dsb...
yg perlu diperhatiin, PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) sbg pengurang penghasilan wajib pajak.
Misal bro punya anak 2, npwp masing2 punya (bro punya, istri jg punya) :
PTKP bro :
Bro sendiri : 13.200.000
Status Kawin : 1.200.000
Anak : 2.400.000 (2 x 1,2 jt)
Jumlah 16.800.000

PTKP istri di SPT-nya, dihitung atas dirinya aja/dianggap single sebesar Rp. 13.200.000,-

Bravodr ulasan mas ari soal pajak kyx udah pengalaman deh ato emang konsultan pajak ya ...Haha


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Ary Yuliantoni - 18-03-2009 15:09

@all : buat rekan2 yang ingin melaporkan SPT nya, KPP ada buka tuh di Pasaraya blok M, jadi teman2 tinggal masukin ke sana tanpa harus ke KPP andaTopdeh
[/quote]

Om, ini ada petugasnya apa enggak? dan mereka berfungsi menerima SPT dgn tanda terima, atau hanya menjaga box/kotak aja?
Klo cm menjaga box aja, mendingan gak usah deh, disini berarti petugas tsb hanya menunjukkan wajib pajak tempat memasukkan SPT-nya, tp tdk memberikan tanda terima, mungkin ini yg disebut : Drop Box. Jd wajib pajak bs menyampaikan SPT dgn memasukkan ke sebuah kotak yg tlh disediakan, tempatnya memang biasanya di mall2. klo begini ada kelemahannya, SPT baru dianggap disampaikan setelah nanti diteliti kelengkapannya (nelitinya nanti, bukan di mall tsb), apabila lengkap, maka nanti wajib pajak akan menerima tanda terima dr Ditjen Pajak yg disebut LPAD (ini dianggap tlh menyampaikan SPT). Klo blm lengkap, nanti jg akan dikirimkan surat bahwa SPT-nya blm lengkap (blm dianggap tlh memasukkan SPT).
Saran gue, sebaiknya tetap sampaikan ke KPP, klo malas ke KPP, mendingan kirim lewat pos aja, krn SPT yg dikirim lewat pos mau lengkap/nggak tetap dianggap wajib pajak tlh menyampaikan SPT. Gozkirpma


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 18-03-2009 15:12

Rukman Menulis:
Bravodr ulasan mas ari soal pajak kyx udah pengalaman deh ato emang konsultan pajak ya ...Haha


doi di gedung jamsostek bro......


Ary Yuliantoni Menulis:
Saran gue, sebaiknya tetap sampaikan ke KPP, klo malas ke KPP, mendingan kirim lewat pos aja, krn SPT yg dikirim lewat pos mau lengkap/nggak tetap dianggap wajib pajak tlh menyampaikan SPT. Gozkirpma


keta temen gw sih ada tanda terima nya bro


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Ary Yuliantoni - 18-03-2009 15:15

Oh gt dham, ya udah monggo masukkin di Mall/Drop Box aja, mantap tuh, gampang buat WP Topdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - SaPiE - 18-03-2009 15:22

thanks ya om Ary.... Topdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Ary Yuliantoni - 18-03-2009 15:25

Sama2 Om, asal jgn nanya mesin ya Tongue_out


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 18-03-2009 15:30

Ary Yuliantoni Menulis:
Sama2 Om, asal jgn nanya mesin ya Tongue_out


OOT ni bentar

kemaren dari jakarta ngelewatin kreo 2 kali , komplek nya situ sebelah mana si bro.... ga mudeng


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - baladewa - 18-03-2009 15:32

becks_man Menulis:

Ary Yuliantoni Menulis:
Saran gue, sebaiknya tetap sampaikan ke KPP, klo malas ke KPP, mendingan kirim lewat pos aja, krn SPT yg dikirim lewat pos mau lengkap/nggak tetap dianggap wajib pajak tlh menyampaikan SPT. Gozkirpma

keta temen gw sih ada tanda terima nya bro


Tanda terima nya dari yang jaga drop box kan bro ? ada identitas KPP nya gitu
bukan stempel mall -nya kan ?


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 18-03-2009 15:34

baladewa Menulis:
Tanda terima nya dari yang jaga drop box kan bro ? ada identitas KPP nya gitu
bukan stempel mall -nya kan ?


wah ane ga tau om, itu juga kata temen ane....

mending telpon aja dulu ke KPP buat mastiin, kalo beenr ada tanda terima dari DJP, masukin dimall aman


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Ary Yuliantoni - 18-03-2009 15:35

loe yg kemana dham, katanya mo nobar MU-Liverpool? gue udah bilang lg sm bini Tuh

kompleks gue di jl. cipadu raya, tengah2 antara kreo/giant sama ceger/PJMI. hrs masuk dulu lewat samping giant.


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 18-03-2009 15:38

Ary Yuliantoni Menulis:
loe yg kemana dham, katanya mo nobar MU-Liverpool? gue udah bilang lg sm bini Tuh

kompleks gue di jl. cipadu raya, tengah2 antara kreo/giant sama ceger/PJMI. hrs masuk dulu lewat samping giant.


ane sms ga dibales....mau telpn ga enak takut ganggu Tongue_out
ceritanya gini bro, pas mo pergi ke bintaro via kreo, tante ane yg di tanah kusir telpon kudu kesono, ya udah jadinya nonton via internet

untung ga nonton langsung, klah 1- 4 HahaHahaHaha
soalnya kata temen ane yg disono, situasinya rame banget, penuh....

tengah2 ya, ga ada nama/plang nya kayanya ya bro


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Ary Yuliantoni - 18-03-2009 15:54

becks_man Menulis:

baladewa Menulis:
Tanda terima nya dari yang jaga drop box kan bro ? ada identitas KPP nya gitu
bukan stempel mall -nya kan ?


wah ane ga tau om, itu juga kata temen ane....

mending telpon aja dulu ke KPP buat mastiin, kalo beenr ada tanda terima dari DJP, masukin dimall aman


Iya ditanyain dulu bro, ada tanda terima dr pajak gak, klo gak, mending gak usah bro, repot nanti klo SPT bro dianggap gak lengkap, kerja 2X, begitu diketahui gak lengkap, bro akan nerima surat bahwa SPT gak lengkap,bro hrs ngelengkapin dan hrs nyampaikan lg, klo gak nyampaikan, bro tetep dianggap gak masukin SPT, walaupun udah pernah naruh di Drop Box.
Stempel Mall? hihihi, enggak bro, tanda terima/stempel dr pajak


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 19-03-2009 10:24

Hari ini mau urus pencabutan npwp pribadi isteri nih. Moga2 aja lancarTongue1


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - becks_man - 19-03-2009 10:47

update info, kata temen ane , yg drop box SPT di mall ada tanda terima sementara dari KPP ....


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - BUDI - 20-03-2009 16:44

Ary Yuliantoni Menulis:

SaPiE Menulis:
gue masih belom isi spt nih Wallbash

misal nih,
1. kalo di kolom harta, gue masukin motor gue (beli cash misal 14juta) trus taun depan masukin lagi gak tuh motor di kolom harta?
2. kalo mobil dan rumah atas nama bini gimana? bini gue punya NPWP sendiri juga soale (dibuatin kantornya). gue gak harus masukin ke kolom harta dan utang kan...????


1.Tetap dimasukin bro di thn depannya, sebesar harga perolehan/harga beli 14 jt.
Klo misalnya dijual :
Beli Th 2006 : 14 jt
Jual Th 2008 : 9 jt
Penghitungan apakah ada other income/tdk :
Penjualan 9.000.000
Harga beli : Rp. 14.000.000
Penyusutan 2 th (2X25% x Rp 14 jt) : Rp. 7.000.000
Harga Sisa Buku Motor 7.000.000
Keuntungan 2.000.000 Belinya @ 14 jt & jualnya @ 9 jt khan rugi/minus 5 jt, mengapa diperhitungkan untung 2 juta bro Ari 095 Winking
2 jt ini yg dilaporkan dlm SPT sbg penghasilan lain2/other income 095 Tongue_out

2. Klo bini punya NPWP sendiri, harta yg atas nama bini dilaporin di SPT bini aja 095, bro harta yg lainnya aja yg atas nama bro dan harta2 yg gak ada namanya, misal : perhiasan/emas, perabot RT dll spt : TV, lemari es, HP, dsb...
yg perlu diperhatiin, PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) sbg pengurang penghasilan wajib pajak.
Misal bro punya anak 2, npwp masing2 punya (bro punya, istri jg punya) :
PTKP bro :
Bro sendiri : 13.200.000
Status Kawin : 1.200.000
Anak : 2.400.000 (2 x 1,2 jt)
Jumlah 16.800.000

PTKP istri di SPT-nya, dihitung atas dirinya aja/dianggap single sebesar Rp. 13.200.000,- ??? 095 Apa dak salah nih itungan ?

Kayaknya udah ada aturan baru deh buat NPWP suami istri spt ini :
Banyak yang belum paham jika keluarga dalam peraturan perpajakan kita khususnya UU PPh dipandang sebagai satu entitas, keluarga sebagai satu kesatuan yang utuh. Karena itu, jika ada istri yang pisah harta dengan suami maka harus dibuktikan dengan akta notaris.
Dan karena pisah harta, maka NPWP antara suami dengan istri juga terpisah.

Tetapi, jika tidak ada keinginan dan bukti akta notaris maka keluarga: suami, istri, anak dan tanggungan lainnya, merupakan satu entitas (satu NPWP).

Dalam Surat Edaran Dirjen Pajak No. SE-83/PJ./2008 secara tegas menyatakan bahwa : Dalam rangka meningkatkan tertib administrasi dalam pemberian NPWP kepada anggota keluarga sebagai satu kesatuan ekonomis. Karena itu, pada dasarnya satu keluarga satu NPWP. CMIIW




RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 22-02-2010 14:09

chris.ho Menulis:
Hari ini mau urus pencabutan npwp pribadi isteri nih. Moga2 aja lancarTongue1


update ah.....
NPWP isteri udah dicabut, tinggal apply NPWP baru gabung ama gua nih Winking


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - budi wicaksono - 22-02-2010 17:30

chris.ho Menulis:

chris.ho Menulis:
Hari ini mau urus pencabutan npwp pribadi isteri nih. Moga2 aja lancarTongue1


update ah.....
NPWP isteri udah dicabut, tinggal apply NPWP baru gabung ama gua nih Winking


Emg bisa ya om chris ?


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 22-02-2010 18:03

budi wicaksono Menulis:
Emg bisa ya om chris ?


iya om. Nanti Isteri tetep dapat kartu npwp, nmr npwp isteri akan sama dgn gua, kecuali 3 digit terakhir.
Dokumen udah siap, tp blm sempet ke KPP. Sayang yah blm bs mobile bikin NPWP, ada gerai di mal enak dehTongue_out


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - budi wicaksono - 22-02-2010 18:22

chris.ho Menulis:

budi wicaksono Menulis:
Emg bisa ya om chris ?


iya om. Nanti Isteri tetep dapat kartu npwp, nmr npwp isteri akan sama dgn gua, kecuali 3 digit terakhir.
Dokumen udah siap, tp blm sempet ke KPP. Sayang yah blm bs mobile bikin NPWP, ada gerai di mal enak dehTongue_out


Istrinya om chris kerja gak? Kl istri gak kerja trs bkn npwp ngisi sppt nya gmn yah?


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 22-02-2010 19:06

iya, isteri kerja om.

gua coba jwb y, yg ngerti pajak tlg koreksi yah kalo salah, hehehe.
kalo npwp gabung, isteri gak perlu buat spt lagi, kan lapornya digabung di spt suami.

Kalo isteri gak kerja dan gak ada penghasilan, tulis nihil aja.

CMIIW


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - chris.ho - 04-03-2010 11:27

Wah mantap nih, bikin NPWP bisa ditunggu, lgs jadi. Gak usah bolak balik deh guaTopdeh


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Coty X - 04-03-2010 11:41

coba ada bikin NPWP sama laporannya sistem Online gtu,jadi nggk perlu susah2 ngantri ya,,,Yagak


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - QuikS - 05-03-2010 10:50

hari ini I-radio ada acara ttg pajak
lengkapnya disini
http://iradiofm.com/images/banners/march-suara-ilistener.jpg


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Arios - 21-10-2010 07:38

weeargh Menulis:

Prio Menulis:
Kalau memang bisa menghindar, mendingan nggak punya om.
Jadi beban seumur hidup lho... Wallbash


Gua sih blm punya, g denger sih kita bisa menghindari 1-2 tahun ini doank. Soalnya sudah mulai ada integrasi data dari berbagai dept dan BI. Jadi, kalo lu punya rumah/properti atas nama pribadi, orang pajak bakal tahu. Kalo lu punya mobil, orang pajak bakal tahu. Kalo lu, dikirimin uang rutin dari orang lain (baca: perusahaan lain) orang pajak juga bakal tahu.

Nah, kalo dia udah tau, dia bakal menggunakan seluruh informasi untuk ngetrace pembayaran pajak dan NPWP kita.

Gua cuma denger2 lho... hahaha.. Nantinya kita yg dibikin repot, terutama kalo kita punya usaha. Kalo kerja ama orang sih ngga terlalu masalah.

CMIIW, bro!


tetap aja akan menjadi kendala oom klo ga punya (jika benar2 integrasi data dah fix), soale kita juga pasti akan membeli kebutuhan hidup minimal rumah, lha klo ga punya npwp gimana mau beli rumah??

tapi memang untuk sektor usaha, lebih langsung mengena jika tidak ada NPWP...


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - Arios - 21-10-2010 07:39

ada yang mau nambahin lagi??


RE: Seputar NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) - emil fadli sultan - 21-10-2010 12:16

Apakah NPWP dapat dihapuskan ?

NPWP dapat dihapuskan hanya apabila Wajib Pajak tersebut sudah tidak memenuhi persyaratan subjentik dan/atau objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. misalnya Wajib Pajak meninggal dunia dan tidak meninggalkan warisan atau meninggalkan warisan tetapi sudah terbagi habis kepada ahli warisnya. contoh lain adalah Wajib Pajak tidak lagi memperoleh penghasilan atau memperoleh penghasilan tetapi dibawah PTKP.

silahkan.....


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - whytas - 27-04-2011 04:42

Coty X Menulis:
coba ada bikin NPWP sama laporannya sistem Online gtu,jadi nggk perlu susah2 ngantri ya,,,Yagak


sudah ada kok om http://www.pajak.go.id
bisa daftar online via e-Reg tp buat ngaktifin ama nyetak kartunya tetep ke kantor pajak atau kalau lagi ada gerai pojok pajakbisa tuh.
laporan pun sudah ada e-SPTWinkingWinking


RE: Ada yg pernah Bikin NPWP pribadi ? - w_nairda - 27-04-2011 14:22

emil fadli sultan Menulis:
Apakah NPWP dapat dihapuskan ?

NPWP dapat dihapuskan hanya apabila Wajib Pajak tersebut sudah tidak memenuhi persyaratan subjentik dan/atau objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. misalnya Wajib Pajak meninggal dunia dan tidak meninggalkan warisan atau meninggalkan warisan tetapi sudah terbagi habis kepada ahli warisnya. contoh lain adalah Wajib Pajak tidak lagi memperoleh penghasilan atau memperoleh penghasilan tetapi dibawah PTKP.

silahkan.....


Tambahan;
Bisa dihapuskan juga jika WP sudah tidak ada hubungan lagi dengan negara ini (Indonesia). Misal: Expatriate yang sudah tidak bekerja lagi di Indonesia dan tidak akan kembali lagi ke Indonesia.

whytas Menulis:

Coty X Menulis:
coba ada bikin NPWP sama laporannya sistem Online gtu,jadi nggk perlu susah2 ngantri ya,,,Yagak


sudah ada kok om http://www.pajak.go.id
bisa daftar online via e-Reg tp buat ngaktifin ama nyetak kartunya tetep ke kantor pajak atau kalau lagi ada gerai pojok pajakbisa tuh.
laporan pun sudah ada e-SPTWinkingWinking


e-SPT setahu ik belum link secara online ke KPP deh (CMIIW).
e-SPT itu hanya software untuk memudahkan WP menyusun laporan pajaknya. Kalau di perusahaan2, ini sangat membantu karena bisa menyusun laporan secara efisien, sistematis, dan berkesinambungan setiap bulannya, jadi pada saat akhir tahun pajak bisa terlihat Kurang Bayar atau Lebih Bayarnya.
Sedangkan laporan pajaknya sendiri tetap harus dilaporkan ke KPP memakai USB atau disket berisi file CSV dan disertai print out form laporan pajak + SSP.
ATAU kirim file CSV-nya ke Account Representative-nya.
Kalau untuk perseorangan non expat sih belum terlalu dipakai... wong cuma lapor form 1770 saja kan? Itu juga 1 th sekali...
Yes