Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
VVT-i di RPM Rendah - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Kekurangan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=16)
+--- Topik: VVT-i di RPM Rendah (/showthread.php?tid=6250)


VVT-i di RPM Rendah - paul.m - 24-12-2007 06:02

Pake Avanza G non VVT-i M/T dari awal 2005 sampe juli 2007,
keluhannya ndut ndutan.
Sekarang sejak sep ini ganti juga yang G M/T tapi udah VVT-i (Brand New), pake BBM RON 95, tapi....
kalo di RPM rendah +/- 1500 ke 2000 pas di gigi 2, aduh mejen nya,
kalo melewati gundukan polisitidur, di gigi dua, pas lepas kopling RPM 1000 an mo naik ke 1500 trus ke 2000 nya suka kaya ke sendat gitu. diatas RPM 2500an baru d liar ngeenggg kenceng banget.
ini udah berlangsung dari sejak odo meter 0025km sampe skg di 05200km an (mau 4 bulan pake).
trus kalo lagi jalanan macet ,( stop n go ) pas masuk gigi 1, kudu rada tinggi RPM nya, kalo nggak kaya mo mati aja mesinnya.

wah.. kalo nunggu ampe odo di 10K , kelamaan rasanya mo claim di BERES. Dan nyoba mobil temen lain di kantor, (Umur ama type sama) malah lebih nggak enak ( BBM RON 88).
Ada masukan dari RR .
ato terima nasib, kaya dulu, dapetnya ndut ndutan.

plis.... perlu pencerahannya.


RE: VVT-i di RPM Rendah - aeres - 24-12-2007 06:27

cuba pake isu atau aip.... silakan cari di treadnya...


RE: VVT-i di RPM Rendah - BUDI - 24-12-2007 06:34

Bro,

Mmg new A/X VVTi (K3-VE ex China) torsi puncaknya baru tercapai di 4400 rpm dibandingkan A/X non-VVTi (K3-DE ex old TERIOS yg disunat "JL") ato AVS A/T VVTi (K3-VE ex old TERIOS) yg lama torsi puncaknya sudah tercapai di 3200 rpm.
Jadi mmg utk new A/X VVTi sebaiknya operasi mesinnya pada rpm yg lebih tinggi dp A/X non-VVTi.

Perbedaan yg mengakibatkan torsi puncak tsb bergeser yi : program ECU & sudut bukaan camshaft, jadi klu torsi puncaknya mau digeser spt A/X non-VVTi yg lama bisa dicoba dgn remap/rechip ECU + ganti camshaft (DOHC-nya) dgn yg lama (A/X non-VVTi).


RE: VVT-i di RPM Rendah - Don - 24-12-2007 07:34

BUDI Menulis:
Bro,

Mmg new A/X VVTi (K3-VE ex China) torsi puncaknya baru tercapai di 4400 rpm dibandingkan A/X non-VVTi (K3-DE ex old TERIOS yg disunat "JL") ato AVS A/T VVTi (K3-VE ex old TERIOS) yg lama torsi puncaknya sudah tercapai di 3200 rpm.
Jadi mmg utk new A/X VVTi sebaiknya operasi mesinnya pada rpm yg lebih tinggi dp A/X non-VVTi.

Perbedaan yg mengakibatkan torsi puncak tsb bergeser yi : program ECU & sudut bukaan camshaft, jadi klu torsi puncaknya mau digeser spt A/X non-VVTi yg lama bisa dicoba dgn remap/rechip ECU + ganti camshaft (DOHC-nya) dgn yg lama (A/X non-VVTi).


lho... camshaftnya kan sama bro... cuma beda modul VVTI aja kan.


RE: VVT-i di RPM Rendah - BUDI - 24-12-2007 07:50

Don Menulis:
lho... camshaftnya kan sama bro... cuma beda modul VVTI aja kan.


Intake camshaftnya berbeda sudut bukaannya bro, yg VVTi lebih kecil sudut camshaftnya dibanding yg non-VVTi. Exhaust camshaftnya sama.


RE: VVT-i di RPM Rendah - paul.m - 24-12-2007 07:54

BUDI Menulis:
Bro,

Mmg new A/X VVTi (K3-VE ex China) torsi puncaknya baru tercapai di 4400 rpm dibandingkan A/X non-VVTi (K3-DE ex old TERIOS yg disunat "JL") ato AVS A/T VVTi (K3-VE ex old TERIOS) yg lama torsi puncaknya sudah tercapai di 3200 rpm.
Jadi mmg utk new A/X VVTi sebaiknya operasi mesinnya pada rpm yg lebih tinggi dp A/X non-VVTi.

Perbedaan yg mengakibatkan torsi puncak tsb bergeser yi : program ECU & sudut bukaan camshaft, jadi klu torsi puncaknya mau digeser spt A/X non-VVTi yg lama bisa dicoba dgn remap/rechip ECU + ganti camshaft (DOHC-nya) dgn yg lama (A/X non-VVTi).

wua duhh..
dgn kata lain slip kopling aja kali sementara ini sampe dapet "berkat" buat beli kendaraan yang bener2 pas . maksudnya, mobil yang di produksi pas cukup , karna avanza ini pake yang awal ndut ndutan, pake yang baru kudu gas gede.


RE: VVT-i di RPM Rendah - Nurtaranto - 24-12-2007 08:59

paul.m Menulis:
wua duhh..
dgn kata lain slip kopling aja kali sementara ini sampe dapet "berkat" buat beli kendaraan yang bener2 pas . maksudnya, mobil yang di produksi pas cukup , karna avanza ini pake yang awal ndut ndutan, pake yang baru kudu gas gede.


pake av matic aja hehe..


RE: VVT-i di RPM Rendah - Fanny Agusbrata - 24-12-2007 16:55

Emang gitu bro...gigi 2nya yg VVT-i loyo banget...kagak kuat nanjak, lho...dan memang kalo baru mau mulai jalan pake gigi 1 mesin sering kayak mau mati bahkan gue pernah beberapa kali mati...dan setingannya BERES emang begitu....untungnya bengkel langganan gue jago...sekarang udah kagak pernah mati lagi kalo mau jalanSmile


RE: VVT-i di RPM Rendah - asdrian ariesto - 24-12-2007 20:06

Gw tau obatnya neh, Pasang CAI nya phoenix sama reset ECU..
ngaruh bangggetttt....TopdehTopdeh


RE: VVT-i di RPM Rendah - paul.m - 24-12-2007 21:42

asdrian ariesto Menulis:
Gw tau obatnya neh, Pasang CAI nya phoenix sama reset ECU..
ngaruh bangggetttt....TopdehTopdeh


reset ECU yang beberapa waktu lalu sy baca dan aplikasikan dari thread disini udah.
cuman bentaran ilang nyendat nya pada putaran mesin dari 1200 ke 1800 RPM ( posisi gi di 2, kecepatan 20km/jam an )
setelah jalan 2-3 hari teteeeep balik lage.

kalo testimoni nya temen2 disini mesin 1.3 VVT-i utk M/T mang loyo di RPM rendah ( padahal paling sering tu jalan 20 ke 40 km/jam) di jalan perumahan .apa lagi jalan macet kondisi "stop n go ",
rasanya "nyerah... juga d" pasrah...
Karena kalo sampe modifikasi lebih dari standard pabrikan ATPM
walaahhh mending tunggu dapet "berkat lebih d"
sekalian ganti yang Up Grade dikit.
Udah dua kali kecele ama TOYOTA AVANZA G M/T.


RE: VVT-i di RPM Rendah - Nurtaranto - 24-12-2007 21:54

jazz idsi torsi putaran bawahnya gede, pernah nyoba. cocok u dakotWink


RE: VVT-i di RPM Rendah - Fanny Agusbrata - 25-12-2007 16:53

Kalo Honda Jazz sih emang maknyusss tuhTopdeh


RE: VVT-i di RPM Rendah - Pras - 25-12-2007 19:10

paul.m Menulis:

asdrian ariesto Menulis:
Gw tau obatnya neh, Pasang CAI nya phoenix sama reset ECU..
ngaruh bangggetttt....TopdehTopdeh


reset ECU yang beberapa waktu lalu sy baca dan aplikasikan dari thread disini udah.
cuman bentaran ilang nyendat nya pada putaran mesin dari 1200 ke 1800 RPM ( posisi gi di 2, kecepatan 20km/jam an )
setelah jalan 2-3 hari teteeeep balik lage.

kalo testimoni nya temen2 disini mesin 1.3 VVT-i utk M/T mang loyo di RPM rendah ( padahal paling sering tu jalan 20 ke 40 km/jam) di jalan perumahan .apa lagi jalan macet kondisi "stop n go ",
rasanya "nyerah... juga d" pasrah... <-- jangan pasrah dong, masih ada jin serpong
Karena kalo sampe modifikasi lebih dari standard pabrikan ATPM
walaahhh mending tunggu dapet "berkat lebih d" <-- menurut gue sih modifikasi ringan spt CAI, gak bakalan menimbulkan masalah berarti, apalagi kalo hasilnya meningkatkan efesiensi penggunaan tanpa merusak garansi wong gak ada yg diganti kok...
sekalian ganti yang Up Grade dikit.
Udah dua kali kecele ama TOYOTA AVANZA G M/T.


bener bro... pasang CAI-nya Phoenix... Gozkirpma sangat cocok untuk kebutuhan Avanza VVT-i terutama utk yg stop and go... gue sendiri baru kemarin pasang, hari ini gue coba tes ke Warso Farm trus ke Lido... gak nyesel!


RE: VVT-i di RPM Rendah - tgduren - 25-12-2007 19:17

hehehehe....jgn lupa ngerem loh pak pras.... 'nagih' yah rasanya abis dari phoenix.....
CAI apa AIP pak? CAI bkn yg kawat nyamuk dipasang di mulut TB ? Bkn AIP yg kmaren pak pras pasang?


RE: VVT-i di RPM Rendah - dani3 - 25-12-2007 23:56

paul.m Menulis:
reset ECU yang beberapa waktu lalu sy baca dan aplikasikan dari thread disini udah.
cuman bentaran ilang nyendat nya pada putaran mesin dari 1200 ke 1800 RPM ( posisi gi di 2, kecepatan 20km/jam an )
setelah jalan 2-3 hari teteeeep balik lage.

kalo testimoni nya temen2 disini mesin 1.3 VVT-i utk M/T mang loyo di RPM rendah ( padahal paling sering tu jalan 20 ke 40 km/jam) di jalan perumahan .apa lagi jalan macet kondisi "stop n go ",
rasanya "nyerah... juga d" pasrah...


udah coba persempit box filternya blum om?
klo blum dicoba dulu klo masih nyendat
coba baca di: http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=174

ya dicoba isu speed... khan garansi klo ndak puas Yagak

klo masih tetep nyendat juga....
coba ke jin serpong....omToungue


RE: VVT-i di RPM Rendah - paul.m - 26-12-2007 06:30

Sepertinya, masih ada harapan neh..
bawa ke Serpong plaza ya..., punya historical kurang nyaman se..
+/- 10 bln lalu kesana bw yang non VVT-i, mang datengnya agak midday, trus ujan jg... sama sekali nggak ke pegang, malah ke toko sebelahnya d, bongkar ma pasang kaca film.
Back to topic,
CAI ? urutan pengerjaannya ? da lama jg nggak ikutin ni ?


RE: VVT-i di RPM Rendah - paul.m - 26-12-2007 06:37

dani3 Menulis:

paul.m Menulis:
reset ECU yang beberapa waktu lalu sy baca dan aplikasikan dari thread disini udah.
cuman bentaran ilang nyendat nya pada putaran mesin dari 1200 ke 1800 RPM ( posisi gi di 2, kecepatan 20km/jam an )
setelah jalan 2-3 hari teteeeep balik lage.

kalo testimoni nya temen2 disini mesin 1.3 VVT-i utk M/T mang loyo di RPM rendah ( padahal paling sering tu jalan 20 ke 40 km/jam) di jalan perumahan .apa lagi jalan macet kondisi "stop n go ",
rasanya "nyerah... juga d" pasrah...


udah coba persempit box filternya blum om?
klo blum dicoba dulu klo masih nyendat
coba baca di: http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=174

ya dicoba isu speed... khan garansi klo ndak puas Yagak

klo masih tetep nyendat juga....
coba ke jin serpong....omToungue


nyendat nya bukan lagi lepas gas, kaya yang non VVT-i .
jadi ini bener2 di gigi 2 rpm 1000 ke 1500 , bener bener akselerasinya,
banyakan kosong kalo di gas.
kudu di pirit... ampe naik ndiri seiring dgn kecepatan tambah.
nahh... kalo kelebihan di gas baru d ada "Nyendat nya"


RE: VVT-i di RPM Rendah - Nurtaranto - 26-12-2007 07:22

paul.m Menulis:
Sepertinya, masih ada harapan neh..
bawa ke Serpong plaza ya..., punya historical kurang nyaman se..
+/- 10 bln lalu kesana bw yang non VVT-i, mang datengnya agak midday, trus ujan jg... sama sekali nggak ke pegang, malah ke toko sebelahnya d, bongkar ma pasang kaca film.
Back to topic,
CAI ? urutan pengerjaannya ? da lama jg nggak ikutin ni ?


pernah d cuekin jg ya? hehe sama dong tp sy si sabar nunggu aja sampe jm 8 malam baru deh av ane d samperinBig GrinBig Grin


RE: VVT-i di RPM Rendah - Pras - 26-12-2007 08:17

paul.m Menulis:
Sepertinya, masih ada harapan neh..
bawa ke Serpong plaza ya..., punya historical kurang nyaman se..
+/- 10 bln lalu kesana bw yang non VVT-i, mang datengnya agak midday, trus ujan jg... sama sekali nggak ke pegang, malah ke toko sebelahnya d, bongkar ma pasang kaca film.
Back to topic,
CAI ? urutan pengerjaannya ? da lama jg nggak ikutin ni ?


Gile jam 6.30 posting... udah ngantor atau belom tidur neeeh?
Ke Andreas Phoenix?
Gue sendiri baru pertama kali tuh kemarin kesana, kuncinya adalah nelpon dia dulu... pastiin loe bisa diterima jam berapa, kalo bisa awal dia buka warung... dan satu yang penting, jangan mengandalkan SMS ke HP-nya dia... Haha parah! harus telpon harus dia yang jawab.

gue gak tau CAI apa AIP (@ Tgduren), kemarin waktu pasang bro Andreas ngomongnya CAI mulu... udah generasi ketiga, menurut gue tidak mengorbankan standar mesin (kalo yg versi sebelum˛nya kan yang ngebolongin filter box lah, yang poles TB lah). Jadi kalo tanya urutan pengerjaannya utk coba ndiri coba cari thread yg diposting oleh bro Danie3 (CMIIW), lengkap dengan 16 fotonya...


RE: VVT-i di RPM Rendah - bigreds - 03-01-2008 14:27

Salam kenal semua.. nubi nih Smile

setahu saya utk mobil2 DOHC emang lelet diputaran bawah, ditambah lagi modul VVTi.


RE: VVT-i di RPM Rendah - Pras - 03-01-2008 14:34

bigreds Menulis:
Salam kenal semua.. nubi nih Smile

setahu saya utk mobil2 DOHC emang lelet diputaran bawah, ditambah lagi modul VVTi.


Salam kenal bro... silahkan buat posting baru untuk berkenalan di http://www.avanzaxenia.net/forumdisplay.php?fid=20 Topdeh