Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Kekurangan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=16)
+--- Topik: Dek penumpang kiri depan lembab/berair (/showthread.php?tid=6098)


Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Prodigy - 12-12-2007 10:55

RR AvanzaXenia.net

Xenia Li VVT-i saya sudah 10rb km tanpa keluhan apapun, namun iseng2 musim hujan ini saya cek bagian dalam mobil sebelah kiri (penumpang depan) karpet dasarnya agak lembab/ berair. Jika dibiarkan bisa berkarat bagian dek dalamnya. Anehnya itu tidak terjadi di bagian supir dan penumpang tengah.

Saya coba cek ke DAI, setelah mereka cek disarankan untuk bongkar kaca depan plus buka dashboard karena kemungkinan ada rembesan air dari kaca depan dan "kohel" (tadangan air yg item2 deket wiper depan) ke talang air dibawah dasbor/kaca depan rembes ke sela2 karpet dasar di penumpang depan.

Apakah ada rekan2 yang pernah mengalami hal yg sama ? Adakah solusi lain ?. Karena masih garansi, jadi tidak dipungut biaya sepeserpun, namun mobil mesti nginep 3 hari kerja Sad .


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Tenzo - 12-12-2007 10:59

waduh baru denger ini Bos, wah info yg bagus nih tar sampe rumah periksa agh. btw ini berasanya pas memang lagi hujan atau dirumah setelah mobil dipakai kehujanan atau sehabis dicuci???


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - smoke - 12-12-2007 11:11

wah sama bro. Malah gw lebih parah bro. G bagian sopir,bawahnya tatakan karpet
Sempat ampe ada genangan air setinggi 3 cm, musti g kuras, apanya ya, wah kalo musti di tinggal wah bisa pincang gw

Asyik,ol pake e9o, hehehehehe........


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Tenzo - 12-12-2007 11:16

smoke Menulis:
Asyik,ol pake e9o, hehehehehe........


punya costumer yah Wel??? apa punya Lu?


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - smoke - 12-12-2007 11:23

Tenzo Menulis:

smoke Menulis:
Asyik,ol pake e9o, hehehehehe........


punya costumer yah Wel??? apa punya Lu?


Ya jelas punya
Oranglah bos huahahahah secara g mana mampu beli bro......
Enak lho biarpun agak susah g ngetiknya. Abis jari g jempol semuanya hehehe
Dan cepet lagi pake wivi, ktampil smua gambarnya yud,gratis lagi


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Prodigy - 12-12-2007 11:24

Tenzo Menulis:
waduh baru denger ini Bos, wah info yg bagus nih tar sampe rumah periksa agh. btw ini berasanya pas memang lagi hujan atau dirumah setelah mobil dipakai kehujanan atau sehabis dicuci???


Jika sedang hujan memang tidak ada tetesan didalam (atau tidak berasa ?), saya kurang tau konstruksi buangan talang air depan ini kok bisa ke bawah dek.

Hal ini terjadi pas gw liat dirumah setelah mobil kehujanan atau sesudah dicuci steam.


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Prodigy - 12-12-2007 11:27

smoke Menulis:
wah sama bro. Malah gw lebih parah bro. G bagian sopir,bawahnya tatakan karpet
Sempat ampe ada genangan air setinggi 3 cm, musti g kuras, apanya ya, wah kalo musti di tinggal wah bisa pincang gw

Asyik,ol pake e9o, hehehehehe........


wah parah jg yah, udah lama tahu apa baru ketahuan ? trs udah diperbaiki bro ? boleh deh sharenya.


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Tenzo - 12-12-2007 11:29

Prodigy Menulis:

Tenzo Menulis:
waduh baru denger ini Bos, wah info yg bagus nih tar sampe rumah periksa agh. btw ini berasanya pas memang lagi hujan atau dirumah setelah mobil dipakai kehujanan atau sehabis dicuci???


Jika sedang hujan memang tidak ada tetesan didalam (atau tidak berasa ?), saya kurang tau konstruksi buangan talang air depan ini kok bisa ke bawah dek.

Hal ini terjadi pas gw liat dirumah setelah mobil kehujanan atau sesudah dicuci steam.


kalo tidak salah liat di bagian dalam mesin ada beberapa bolongan yg kalo di telusuri bisa tembus ke dalam kabin. kalo ga salah tempatnya diatas pipa ac atau pipa buangan air ac tp tetep dibawah mesin wiper coba dech diliat. kalo gw semau bolong2 udah ditambel pake peredam panas tinggal keletek dan tempel doang. 60rb/mtr. mungkin dari situ air itu rembes


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Nurtaranto - 12-12-2007 11:41

Tenzo Menulis:

Prodigy Menulis:

Tenzo Menulis:
waduh baru denger ini Bos, wah info yg bagus nih tar sampe rumah periksa agh. btw ini berasanya pas memang lagi hujan atau dirumah setelah mobil dipakai kehujanan atau sehabis dicuci???


Jika sedang hujan memang tidak ada tetesan didalam (atau tidak berasa ?), saya kurang tau konstruksi buangan talang air depan ini kok bisa ke bawah dek.

Hal ini terjadi pas gw liat dirumah setelah mobil kehujanan atau sesudah dicuci steam.


kalo tidak salah liat di bagian dalam mesin ada beberapa bolongan yg kalo di telusuri bisa tembus ke dalam kabin. kalo ga salah tempatnya diatas pipa ac atau pipa buangan air ac tp tetep dibawah mesin wiper coba dech diliat. kalo gw semau bolong2 udah ditambel pake peredam panas tinggal keletek dan tempel doang. 60rb/mtr. mungkin dari situ air itu rembes


bro, bisa d foto ga bagian mana yg ditambal. sy jg perlu cek ni


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Tenzo - 12-12-2007 11:52

waduh nanti saja coba foto dech Bos. tp kalo sempet liat2 aja di bawah kap mesin.


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Prodigy - 12-12-2007 11:57

Tenzo Menulis:
kalo tidak salah liat di bagian dalam mesin ada beberapa bolongan yg kalo di telusuri bisa tembus ke dalam kabin. kalo ga salah tempatnya diatas pipa ac atau pipa buangan air ac tp tetep dibawah mesin wiper coba dech diliat. kalo gw semau bolong2 udah ditambel pake peredam panas tinggal keletek dan tempel doang. 60rb/mtr. mungkin dari situ air itu rembes


Wah thx bro, nanti gw mau coba cek siapa tau dari situ sumber airnya.


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Tenzo - 12-12-2007 12:03

kalo udah diliat report lagi ya Bos


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Prodigy - 13-12-2007 11:42

Tenzo Menulis:
kalo tidak salah liat di bagian dalam mesin ada beberapa bolongan yg kalo di telusuri bisa tembus ke dalam kabin. kalo ga salah tempatnya diatas pipa ac atau pipa buangan air ac tp tetep dibawah mesin wiper coba dech diliat. kalo gw semau bolong2 udah ditambel pake peredam panas tinggal keletek dan tempel doang. 60rb/mtr. mungkin dari situ air itu rembes


Hari ini saya cek ke dalam mesin Xenia saya, namun tidak menemukan satu lobang pun yang menuju ke kabin.Sad Mungkin beda antara Avanza dan Xenia.

Kemudian saya coba tes guyur air dari kaca depan dan ke talang air dekat wiper lalu masuk ke dalam kabin dan cek apakah ada tetesan/rembesan air dari bawah dasbor menuju ke dek, namun hal tsb tidak ada. Sad . Apa DAI salah ya, soalnya jika memang rembesan datang dari kaca depan (spt yg dikatakan DAI) seharusnya karpet dasar bagian atas didek depan juga ikut lembab/basah. Namun ini hanya karpet dasar bagian tengah dekat jok yang basah.

Saya akan coba cek dari bawah kolong dek depan apakah ada lobang yang bisa membuat air masuk ke dek.

teman-teman jika ada mengalami hal yang sama mohon share-nya. Thx.


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Nurtaranto - 13-12-2007 11:48

mungkin ga airnya dari ac095


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - amin - 13-12-2007 12:59

kalau saya ada rembesan air di dalam cabin sebelah kiri depan penumpang. tepatnya di antara dek dan kaca depan. sebelum di bawa ke DAI kalau hujan airnya bisa netes dari kaca depan.

setelah di bawa ke DAI di tambah lem silicon di celah karet kaca bagian atas luar dek dan hasilnya masih ada rembesan air di antara dek dan kaca depan kalau hujan. setelah di lihat ternyata masih ada sedikit celah yang terbuka di bagian karetnya. trus saya lem pakai pawer glue dan hasilnya masih ada rembesan kalau hujan gede.


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Prodigy - 14-12-2007 11:07

Nurtaranto Menulis:
mungkin ga airnya dari ac095


Sudah coba saya cek Pak, saat AC sudah lama dinyalakan tidak ada tetesan dari bawah dashboard. Kemudian selang buangan AC di bagian mesin juga walaupun pendek namun tidak mengarah ke dek penumpang depan. Sad


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Prodigy - 14-12-2007 11:18

amin Menulis:
kalau saya ada rembesan air di dalam cabin sebelah kiri depan penumpang. tepatnya di antara dek dan kaca depan. sebelum di bawa ke DAI kalau hujan airnya bisa netes dari kaca depan.

setelah di bawa ke DAI di tambah lem silicon di celah karet kaca bagian atas luar dek dan hasilnya masih ada rembesan air di antara dek dan kaca depan kalau hujan. setelah di lihat ternyata masih ada sedikit celah yang terbuka di bagian karetnya. trus saya lem pakai pawer glue dan hasilnya masih ada rembesan kalau hujan gede.


Berarti sampe sekarang belum solve yah Pak 095

Saya disuruh DAI utk bongkar kaca depan dan dashboard karena katanya problem ada di talang air dibelakang dahsboard dibawah kaca depan, sehingga aliran air dari kaca depan ketalang air tsb merembes ke dek. Namun anehnya saya coba tes sendiri dirumah , tidak terjadi seperti itu (air tidak merembes masuk). Jadinya saya ragu untuk dibongkar di DAI. 095


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - amin - 14-12-2007 12:39

[/quote]

Berarti sampe sekarang belum solve yah Pak 095

Saya disuruh DAI utk bongkar kaca depan dan dashboard karena katanya problem ada di talang air dibelakang dahsboard dibawah kaca depan, sehingga aliran air dari kaca depan ketalang air tsb merembes ke dek. Namun anehnya saya coba tes sendiri dirumah , tidak terjadi seperti itu (air tidak merembes masuk). Jadinya saya ragu untuk dibongkar di DAI. 095
[/quote]


Coba deh siram air dari atas tepatnya di bagian dua sisi karet list hitam dan siramnya dari belakang ke depan. mungkin ada rembesan air dari list hitam tang di atas


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - blijunk - 14-12-2007 12:59

Waduh sama, gua juga ada masalah kaya gini
Kalo abis ujan2an atau nyuci mobil dibawah karpet (pijakan kaki) suka basah dan berair dikeempat bagian (depan kiri kanan dan tengah kiri kanan)
Padahal gua sudah pasang karpet dasar, jadi posisi airnya diantara karpet dasar dan karpet pijakan kaki

Gua udah cari2 bocornya dimana tapi ga ketemu, akhirnya gua simpulin aja sendiri bahwa itu air hasil kondensasi yang terperangkap diantara karpet dasar dan karpet pijakan kaki, sama seperti embun dikaca mobil waktu lagi hujan.

Kalo nanti ada yang nemuin sebab dan solusinya mohon direview ya!


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - smoke - 14-12-2007 13:41

wah semalem mkin parah. g seharian di jalan dan kena terpa ujan dari sore mpe mlem. alhasil kasrpet gw, basah di kabin bgian kemudi,
parah neh mpe2 gw abis tisiu 4 gulung g beli di indomaret terdekat..... dan g tambah lagi beli koran 2 nbaru tuk nyerep air ujan.. pusinkkkkkkkkkkkkkkkk


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - amin - 14-12-2007 13:46

bos pake lap kanebo aja yang nyerap air. wah kalau mobilnya seminggu kena hujan bisa banjir sepaha di dalam kabin. hehehe


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Prodigy - 11-02-2008 09:25

Quote:
Berarti sampe sekarang belum solve yah Pak 095

Saya disuruh DAI utk bongkar kaca depan dan dashboard karena katanya problem ada di talang air dibelakang dahsboard dibawah kaca depan, sehingga aliran air dari kaca depan ketalang air tsb merembes ke dek. Namun anehnya saya coba tes sendiri dirumah , tidak terjadi seperti itu (air tidak merembes masuk). Jadinya saya ragu untuk dibongkar di DAI. 095


Setelah lama kering baru ketahuan ternyata masalah ini terjadi saat melewati genangan air dengan kecepatan tinggi. Kemungkinan air masuk dari kolong bawah. tapi saya perhatikan ga ada lubang dibawah dek, mungkin deket kolong ban. Dan tambah parahnya lagi bukan cuma dek samping supir yg ada airnya tapi dek supir skrg juga ikutan (seluruh kabin depan). Sad


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - amin - 26-02-2008 14:46

Quote
Saya disuruh DAI utk bongkar kaca depan dan dashboard karena katanya problem ada di talang air dibelakang dahsboard dibawah kaca depan, sehingga aliran air dari kaca depan ketalang air tsb merembes ke dek.

Unquote

kemarin gue coba buka talang air dashboard di bawah kaca depan (SEE PIC BELOW) trus gue beli lem silikon aquarium untuk seal bagian bawah kaca depan antara ujung bagian dalam kaca depan dan body mobil. ternyata ada ruang/gap

gue coba seal ruang tersebut dengan lem silikon memang agak susah lemnya karena antra kaca depan dan body mobil sempit jadi gue olesin lemnya di tangan trus gue masukin lemnya ke dalam ruang tsb dgn jari. lemnya cukup rata dari ujung sebaleh kiri sampai ujung sebalah kanan.

hasilnya sekarang sudah ngak ada rembesan air lagi dan biar hujan lebat juga ngak rembes lagi.Topdeh

Silakan mencoba.




RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - ranamin - 27-02-2008 13:13

Prodigy Menulis:

Tenzo Menulis:
kalo tidak salah liat di bagian dalam mesin ada beberapa bolongan yg kalo di telusuri bisa tembus ke dalam kabin. kalo ga salah tempatnya diatas pipa ac atau pipa buangan air ac tp tetep dibawah mesin wiper coba dech diliat. kalo gw semau bolong2 udah ditambel pake peredam panas tinggal keletek dan tempel doang. 60rb/mtr. mungkin dari situ air itu rembes


Hari ini saya cek ke dalam mesin Xenia saya, namun tidak menemukan satu lobang pun yang menuju ke kabin.Sad Mungkin beda antara Avanza dan Xenia.

Kemudian saya coba tes guyur air dari kaca depan dan ke talang air dekat wiper lalu masuk ke dalam kabin dan cek apakah ada tetesan/rembesan air dari bawah dasbor menuju ke dek, namun hal tsb tidak ada. Sad . Apa DAI salah ya, soalnya jika memang rembesan datang dari kaca depan (spt yg dikatakan DAI) seharusnya karpet dasar bagian atas didek depan juga ikut lembab/basah. Namun ini hanya karpet dasar bagian tengah dekat jok yang basah.

Saya akan coba cek dari bawah kolong dek depan apakah ada lobang yang bisa membuat air masuk ke dek.

teman-teman jika ada mengalami hal yang sama mohon share-nya. Thx.


Kalau kasus teman gw sih, air masuk ke kabin bukan dari atas, melainkan dari celah firewall yang ngga rapat dengan plat dasar..


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - Dimas Prasetyo H - 27-02-2008 21:27

Bro.... gw juga mau shere saja niy, ini juga pengalaman gw juga. gw juga ngalamin seperti bro2 alami. gw penumpang depan sebelah kiri, karpet selalu ada rembesan air klo hujan saja khan. dan saya coba matiin AC sedang keadaan hujan juga, alhasil tidak ada rembesan lagi. Tapi bgtu gw joba pake AC sama pas lagi hujan, kembali lagi lah itu rembesan airWallbash

menurut gw itu karena suhu udara AC mobil tinggi dan mengakibatkan menjadi embun dey....

tapi itu menurut gw yah, cos dari kenyataan tersebut terbukti....Super


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - drbram - 27-09-2008 04:09

betul kalo saya justru hari ini ada rembesan pada daerah sopir karena hujan deras,..duh jadi bete deh,..besok rencana bongkar total deh,..berarti senjata yang disiapkan lem silikon aquarium or sealer ya,..??


RE: Dek penumpang kiri depan lembab/berair - car_boyracing - 27-09-2008 14:32

wah kLau Saya belum Pernah ada pengalaman Seperti itu. Klau Saya punya teman ntar saya sampaikanTopdehGozkirpma095Tongue1