Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Rumpi Lah Yao! (/forumdisplay.php?fid=26)
+--- Forum: Kesehatan (/forumdisplay.php?fid=122)
+--- Topik: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? (/showthread.php?tid=5901)


ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 29-11-2007 06:22

semalem, gue pulang buru2, anak gue yang baru umur 7 bulan masuk UGD gara2 asma... Tuh
akhirnya gue sama bini gak tidur semaleman....

kasian banget liat anak kecil gitu, mau napas aja kok susah..HikhikHikhik
ada yang tau gak biar gak kena lagi gimana...

guenya sendiri sih dulu asma, sekarang alhamdulilah udah enggak.....
mertua gue yang laki juga asma, kakek gue juga asma.....


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - papasekar - 29-11-2007 06:26

terapi udara laut aja bro....
udara pagi di tepi laut sebelom jam 6... sangat membantu mencegah n mengobati asma...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - indoram - 29-11-2007 07:09

Kemungkinan krn faktor geneits Pie. Tp ttp bs sembuh sih setau gue....cb dl aja saran papasekar. Kl tiap hr dilakukan kemungkinan sembuhnya bs lbh besar, mumpung anak lu blm sekolah, jd bs tiap hr lu ke ancol.Tongue_out


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 29-11-2007 07:16

Pasti Om Sapie sedih banget... Turut bersedih ya om... Daku juga dua kali nganter anak ke ugd RS CInere untuk diasepin... Dugaan sih asma, cuma kata dokternya umur segitu lum pasti asma... Karena di keluarga ga ada yang kena asma...
Kata dokternya nanti setelah umur 5 tahun baru bisa di tes kepastiannya... INi catatan emaknya soal obat2 n perawatannya (lengkapnya di http://www.mycintan.blogspot.com/ )

Cinta : 14 Agustus 2007 (2th 10 bln)

BB : 16 kg
Keluhan : Batuk, Sesak Nafas, Ngrok Ngrok
Diagnosa Dr. Harry (RS Puri Cinere) : Asma Akut
Treatment : Malam itu juga 2x Uap selang 1/2 jam, opname
Resep obat :
LASAL EXPECTORANT
Nama Generik : Per 5 mL : Gliseril Guaiakolat 75 mg, Salbutamol Sulfat 2 mg.
Kategori: Obat Resep (Gol. Obat Keras, Gol.G)
Subkategori : Obat yang bekerja pada Saluran Napas
Indikasi : Menghilangkan asma bronkhial, bronkhitis kronis, empisema, & kondisi bronkhospastik lainnya.
Perhatian : Hipertiroidisme, aneurisma (pelebaran pembuluh darah setempat saja, karena salah perkembangan atau kemunduran dinding pembuluh), diabetes melitus, glukoma sudut tertutup.
Interaksi obat : efeknya diantagonis oleh β-adrenoreseptor bloker.
Efek Samping : Gemetar, berdebar.
Kemasan : Sirup 100 mL.
Dosis : Dewasa : 2-3 kali sehari 10-20 mL. Anak berusia 6-12 tahun : 2-3 kali sehari 5-10 mL. Anak berusia kurang dari 6 tahun : 2-3 kali sehari 2,5-5 mL.
Pabrik : Lapi


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Daus - 29-11-2007 07:25

Turut sedih dg berita ini Bro Danur & Aeres.
Ane dulu liat pak de ane yg asma, kasihan banget. Klu ke Bandung atau puncak suka kambuh tambah kecapaian. Tapi setela pensiun dan bertani malah sembuh sendiriGozkirpma

Ada temen ktr yg kasih anaknya ati kalong (paniki) katanya skrg byk perubahan.
Tapi di sini cari paniki dimana ya095


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - makarti - 29-11-2007 07:37

kebetulan kita sama...sy smp anak sy dpt warisan asma/bengek dr ortu (ibu),sewaktu umur anak sy 7 th an begitu...sy bawa ke Dr yg di gondangdia sy lupa nama Drnya krn sdh lama sekali sekitar th.92...stlh itu diberi obat khusus hrs dikonsumsi selama 3 bln setiap blnnya cek up krn anak sy termsk stadium sedang yg perlu diterapi secara kontinu...disamping itu jg disarankan anak hrs aktif olahraga terutama berenang & alhamdulilah smp skrng anak sy sdh berumur 17 th baru msk kuliah penyakit itu hilang sama sekali. Jadi singkatnya menurut penglmn sy sebaiknya hindari makanan: coklat,softdrink(cocacola,fanta dll),ciki sejenisnya,udang,cumi...jngn terlalu capek...jauhkan dr binatang yg berbulu halus (kucing dll),karpet,debu & untuk jelasnya bisa jg periksakan ke RS Mitra keluarga Kp.Melayu krn sy pernah periksa sendiri alergi...disana ada wadah yg menangani khusus ASMA.semoga cepat sembuh. Amin.


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 29-11-2007 07:46

Makasi yach om semua...
Kalo infonya sih asma itu tak bisa disembuhkan.. yang bisa dilakukan adalah mengurangi kejadian dengan menjauhkan dari faktor pemicu.. nah faktor itulah yang mesti dicari seperti masukan om satar itu...
Kalo anakkku sih dugaannya debu.. maklum rumah kami pas di pinggir jalan utama kompleks....


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - indoram - 29-11-2007 07:52

Daus Menulis:
Turut sedih dg berita ini Bro Danur & Aeres.
Ane dulu liat pak de ane yg asma, kasihan banget. Klu ke Bandung atau puncak suka kambuh tambah kecapaian. Tapi setela pensiun dan bertani malah sembuh sendiriGozkirpma

Ada temen ktr yg kasih anaknya ati kalong (paniki) katanya skrg byk perubahan.
Tapi di sini cari paniki dimana ya095


Gue tau tptnya, om Daus mao...???WinkingWinking

Bro Racing aja uda gue ajakin tp gak pernah mao, pdhl gue mao bayarin die...Tongue_out


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - honggy - 29-11-2007 07:56

bener kata bro aeres... dihindari yang pemicu asma kaya debu, tungau debu... bantal jangan yang kapuk...

belom tentu asma, bisa juga posisi tidurnya salah...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - chr1s - 29-11-2007 08:21

Bro kalo dari yang gw tau asma itu manifestasi dari alergi, Kalau kedua orang tuanya alergi, risiko anak 70%, kalau cuma satu risiko 35%, kalau tidak ada risiko anak masih ada 15%.
yang mesti kita tau faktor pemicu yang buat dia alergi itu apa, bisa debu atau udara dingin (ac), atau bisa juga makanan
Anak gw juga alergi bro, kemaren tes alergi di RS Gading Pluit klinik bioresonance Lt 7, tesnya pake gelombang elektromagnetik, s'moga membantu..


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 29-11-2007 08:21

indoram Menulis:

Daus Menulis:
Turut sedih dg berita ini Bro Danur & Aeres.
Ane dulu liat pak de ane yg asma, kasihan banget. Klu ke Bandung atau puncak suka kambuh tambah kecapaian. Tapi setela pensiun dan bertani malah sembuh sendiriGozkirpma

Ada temen ktr yg kasih anaknya ati kalong (paniki) katanya skrg byk perubahan.
Tapi di sini cari paniki dimana ya095


Gue tau tptnya, om Daus mao...???WinkingWinking

Bro Racing aja uda gue ajakin tp gak pernah mao, pdhl gue mao bayarin die...Tongue_out


gw mau deh kalo dibayarin.... Winking


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Daus - 29-11-2007 08:26

Nggak dech Rud, pernah nyobain dulu .. amis Toungue
Klu ane asma akan ane cari.

Tapi apa bener ati kalong obat asma095
Jadi ane cuma FYI aja untuk RRGozkirpma

indoram Menulis:
Gue tau tptnya, om Daus mao...???WinkingWinking
Bro Racing aja uda gue ajakin tp gak pernah mao, pdhl gue mao bayarin die...Tongue_out




RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - indoram - 29-11-2007 08:31

Daus Menulis:
Nggak dech Rud, pernah nyobain dulu .. amis Toungue
Klu ane asma akan ane cari. Mn mgkn....kan dl uda minum art water...Yagak

Tapi apa bener ati kalong obat asma095
Jadi ane cuma FYI aja untuk RRGozkirpma

indoram Menulis:
Gue tau tptnya, om Daus mao...???WinkingWinking
Bro Racing aja uda gue ajakin tp gak pernah mao, pdhl gue mao bayarin die...Tongue_out


Kl amis berarti yg masak gak bisa. Biasanya butuh yg ngerti masak, br bs enak.

Gue srg makan gak pernah berasa amis. Rasa dagingnya kayak ayam...Tongue1

Katanya paniki memang bs mengobati asma, tp musti rutin dimakan.


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - indoram - 29-11-2007 08:32

chr1s Menulis:
Bro kalo dari yang gw tau asma itu manifestasi dari alergi, Kalau kedua orang tuanya alergi, risiko anak 70%, kalau cuma satu risiko 35%, kalau tidak ada risiko anak masih ada 15%.
yang mesti kita tau faktor pemicu yang buat dia alergi itu apa, bisa debu atau udara dingin (ac), atau bisa juga makanan
Anak gw juga alergi bro, kemaren tes alergi di RS Gading Pluit klinik bioresonance Lt 7, tesnya pake gelombang elektromagnetik, s'moga membantu..


Wuih...ada member gading nih.....Winking


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - indoram - 29-11-2007 08:33

aeres Menulis:

indoram Menulis:

Daus Menulis:
Turut sedih dg berita ini Bro Danur & Aeres.
Ane dulu liat pak de ane yg asma, kasihan banget. Klu ke Bandung atau puncak suka kambuh tambah kecapaian. Tapi setela pensiun dan bertani malah sembuh sendiriGozkirpma

Ada temen ktr yg kasih anaknya ati kalong (paniki) katanya skrg byk perubahan.
Tapi di sini cari paniki dimana ya095


Gue tau tptnya, om Daus mao...???WinkingWinking

Bro Racing aja uda gue ajakin tp gak pernah mao, pdhl gue mao bayarin die...Tongue_out


gw mau deh kalo dibayarin.... Winking


Dtg sini ke gading, kita makan siang bareng2. Tp syaratnya hrs mao mkn paniki. Pasti gue bayarin deh...Winking


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 29-11-2007 08:38

Walah om Rud... Daku kan ndak asma.. yang diduga asma anakku yang pertama... jadi kirim aja yach ke rumah... hehehe...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - indoram - 29-11-2007 08:40

aeres Menulis:
Walah om Rud... Daku kan ndak asma.. yang diduga asma anakku yang pertama... jadi kirim aja yach ke rumah... hehehe...


Lu mao dibayarin makan apa ngajak berantem sih.....????095095
BoxingBoxing


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 29-11-2007 09:32

indoram Menulis:

aeres Menulis:
Walah om Rud... Daku kan ndak asma.. yang diduga asma anakku yang pertama... jadi kirim aja yach ke rumah... hehehe...


Lu mao dibayarin makan apa ngajak berantem sih.....????095095
BoxingBoxing


hehehe... sing sabar ya om.. orang sabar di sayang Tuhan.... Itu di restoran Manado yach? RW ada dunk?... Ntar deh kapan2 merapat kesitu pas sekalian ke mobiltronik kali yacch.. kalo tabungan dah mencukupi...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aquablue - 29-11-2007 09:56

Bro ...
Asma memang sumbernya alergi
konon gak bisa disembuhin
untuk asma
1. Hindari pemicunya, pemicu alergi tiap orang berbeda
yang biasa jadi pemicu: bulu, debu, suhu ekstrim, vetsin, bau, keringet
2. jaga daya tahan tubuh, kalo lagi fit kena pemicu apa pun gak akan ngaruh
yang sederhana adalah asupan vitamin C yang cukup
3. kalo lagi kambuh, kalo memungkinkan sering ke pantai
soalnya udara pantai mengandung garam yang cukup tinggi
dan suhu cenderung hangat.
Just Info : Obat inhalasi 70 % nya larutan garam
4. Kalo gw ama anak, sangat sering ganti baju, gak boleh keringet
kering pas masih dipake.

Gw asma dengan pemicu : dingin, keringet, debu, dan bau. Bercucuran
Jadi tolooooong kalo ntar ketemu Gw ... pada mandi dulu ya ...Haha


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Kezia Eve - 29-11-2007 10:33

Mau sharing juga nih ttg Asma : Bokap pernah 5 kali bolak balik masuk RS karena Asma. Faktor utama karena debu n alergi. kalo kumat kasihan banget karena buat napas aja susah.. waktu lagi kumat2nya n ga tahan lagi pasti bokap minta ke UGD dan diinfus disana, abis itu normal lagi...
Puji TUHAn sekarang jarang bgt kumat lagi.. Bokap rajin jalan pagi, hirup udara pagi, sambil tangan digerak2in utk menghirup udara pagi yang segar... pantang makanan yang asem dan pedes.. ga ngerokok lagi.. ud 9 tahun yg lalu semenjak bokap 5 kalo bolak balik RS.. tapi sekarang ngerokok lagi.. ampun deh.. kalo dibilangin katanya cuma dikit, sehari paling 2 batang ga nyampe..TuhTuh
Sampe sekarang Bokap masih makan obat Aminophilin (bener ga nih nulisnya), sama Prednison (obat Dewa kata bokap), tapi prednison ga boleh terus menerus karena efek sampingnya banyak.. salah satunya katarak.. bokap ud operasi katarak waktu umur 48 tahun..
Belum pernah liat anak kecil asma.. liat bokap aja kasian bgt.. apalagi anak kecil ya..
@bro Sapie.. turut prihatin buat anaknya..


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Av Han zA kU - 29-11-2007 10:43

Kezia Eve Menulis:
@bro Sapie.. turut prihatin buat anaknya..

@bro Sapie.. turut prihatin buat anaknya juga Topdeh
minggu mau jam 5 pagi datang...ogut temenin deh demi anakmu Topdeh


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Bobby Sant - 29-11-2007 11:05

SaPiE Menulis:
semalem, gue pulang buru2, anak gue yang baru umur 7 bulan masuk UGD gara2 asma... Tuh
akhirnya gue sama bini gak tidur semaleman....

kasian banget liat anak kecil gitu, mau napas aja kok susah..HikhikHikhik
ada yang tau gak biar gak kena lagi gimana...

guenya sendiri sih dulu asma, sekarang alhamdulilah udah enggak.....
mertua gue yang laki juga asma, kakek gue juga asma.....


Bro, coba klik http://www.supamas.com/liqua.php .

Gua tahu produk ini dari teman gua (juri anjing) dari malaysia waktu kemarin ke Medan.

Dia bilang, bagus untuk asma.

Yang bikin gua percaya, dia kasih ke anakan anjing yg berumur 1 hari krn anak anjing tsb tidak punya tenaga untuk menyedot ASI. Dikasih obat ini dalam waktu 12 jam bisa segar.

Anak anjing yg baru lahir, sering mengalami gagal paru-paru (tidak bisa menghisap) karena otot2 paru paru lemah. Hal ini sama dengan penderita asma, selalu penyempitan saluran nafas juga karena otot paru paru lemah.


Untuk pencegahan kambuhnya asma, jaga bayi jangan sampai tertawa terbahak-bahak dan menangis keras.

Kalau saat tidur terlentang suka susah nafas, perlu dicurigai ada masalah dengan jantungnya juga.

Jaga berat badan, jangan sampai kegemukan.

Ajak beraktifitas ringan pada saat ada sinar matahari pagi.

Semoga cepat sembuh ya bro!


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - chr1s - 29-11-2007 11:15

Bobby Sant Menulis:
Bro, coba klik http://www.supamas.com/liqua.php .
Gua tahu produk ini dari teman gua (juri anjing) dari malaysia waktu kemarin ke Medan.

Dia bilang, bagus untuk asma.

Semoga cepat sembuh ya bro!


Bro, ini obat buat manusia juga 095095???


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 29-11-2007 16:45

Bobby Sant Menulis:
Untuk pencegahan kambuhnya asma, jaga bayi jangan sampai tertawa terbahak-bahak dan menangis keras.
anak gue hari minggu nya ketawa2 terus, padahal lucu banget kalo ketawa2...Hikhik


Kalau saat tidur terlentang suka susah nafas, perlu dicurigai ada masalah dengan jantungnya juga.

Jaga berat badan, jangan sampai kegemukan.
bayi 7 bulan berat 10kg gemuk ga....????

Ajak beraktifitas ringan pada saat ada sinar matahari pagi.


Semoga cepat sembuh ya bro!




RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 29-11-2007 18:51

Bobby Sant Menulis:
[quote=SaPiE]
Untuk pencegahan kambuhnya asma, jaga bayi jangan sampai tertawa terbahak-bahak dan menangis keras.

Jaga berat badan, jangan sampai kegemukan.

Semoga cepat sembuh ya bro!


ANak gw ini nich kayaknya problemnya... cewe tapi senengnya teriak2.. kalo kentut suka ngikutin bapaknya.. bunyi kenceng banget (maknye sewot mulu ma gw...)... trus ndut.. 3,2 bulan tapi dah mo 20 kg


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 29-11-2007 18:52

kegemukan itu om sapie.... anak gw yang kecil 1,9 beratnya kalo ndak salah sekitar 11-12an... emang cungkring sih dia... tapi seksi kayak bapaknya...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Bobby Sant - 30-11-2007 04:42

chr1s Menulis:

Bobby Sant Menulis:
Bro, coba klik http://www.supamas.com/liqua.php .
Gua tahu produk ini dari teman gua (juri anjing) dari malaysia waktu kemarin ke Medan.

Dia bilang, bagus untuk asma.

Semoga cepat sembuh ya bro!


Bro, ini obat buat manusia juga 095095???


Ini suplemen untuk orang.

Gua gak terlalu percaya khasiat produk MLM tapi kalau bisa dipakai untuk anak anjing usia 1 hari bisa ada hasilnya artinya tuh suplemen bagus karena biasanya anak anjing yg gak bisa nyusu akhirnya kebanyakan mati.


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 30-11-2007 07:15

om bob, roduknya yang mana...??? 095

Liqua Health & Liqua Spirulina
Liqua Propolis
Gentle Klean (Juniper)
Resist Blood Cleanser
Radiantlife SLT
Liqua Cell-Gen A.H. Water System
Red Way Capsule


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - makarti - 30-11-2007 07:51

saran aja nich ... sebaiknya ke Dr spesialis sj spy diagnosenya tdk keliru ... jngn terlalu sering memakai oxygen botol yg bisa dibeli di apotik kecuali keadaan darurat yg sifatnya emergency


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Daus - 30-11-2007 07:58

Danur,
Lihat link yg dikasi Bro Bobby yg ini kayaknya Dan.

Liqua Health & Liqua Spirulina


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Daus - 30-11-2007 08:01

Emangnya efek apa Om Satar095 klu sering pake oxy beli di apotik.

makarti Menulis:
jngn terlalu sering memakai oxygen botol yg bisa dibeli di apotik kecuali keadaan darurat yg sifatnya emergency




RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - harley - 30-11-2007 09:07

Bro Sapie turut prihatin yah.
Aku dulu punya teman 2 orang dan yg satu dia yg kena asma dan yg satu lagi anaknya.
Mereka sembuh dgn cara berbeda2, yg satu sembuh krn makan daging biawak/kadal (teman yg dewasa) yg satu lagi sembuh dgn obat main ke laut dr pagi dgn menghirup nafas udara pagi laut.

Sayangnya kontakku ke teman2 ini ilang jd aku tdk bisa tanya lebih lanjut


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - harley - 30-11-2007 10:54

Daus Menulis:
Turut sedih dg berita ini Bro Danur & Aeres.
Ane dulu liat pak de ane yg asma, kasihan banget. Klu ke Bandung atau puncak suka kambuh tambah kecapaian. Tapi setela pensiun dan bertani malah sembuh sendiriGozkirpma

Ada temen ktr yg kasih anaknya ati kalong (paniki) katanya skrg byk perubahan.
Tapi di sini cari paniki dimana ya095


Paniki banyak Om disini di rumah makan manado.
Bulan lalu saya diajak bos makan paniki cuman krn ngak kuat geli Bercucuran jd makan tuna aja biar bos aja yg makan paniki


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Miko - 30-11-2007 12:53

chr1s Menulis:
Bro kalo dari yang gw tau asma itu manifestasi dari alergi, Kalau kedua orang tuanya alergi, risiko anak 70%, kalau cuma satu risiko 35%, kalau tidak ada risiko anak masih ada 15%.
yang mesti kita tau faktor pemicu yang buat dia alergi itu apa, bisa debu atau udara dingin (ac), atau bisa juga makanan
Anak gw juga alergi bro, kemaren tes alergi di RS Gading Pluit klinik bioresonance Lt 7, tesnya pake gelombang elektromagnetik, s'moga membantu..


Yang ini anak gue juga pernah coba.. krn gak menyakitkan makanya gue coba hasil nya gue juga gak tau krn konteks nya beda anak gue alergi tapi efek nya ke perilaku dia kayaknya sih Ok... contoh nya dokter nya sendiri aja alergi berat makanya dia cari penyembuhan ini.. dan kata dia sih dia sukses & banyak yang nyoba dan berhasil... Kalo lebih deket ke Tebet juga ada.. jl. Tebet Barat Dalam VII/7 8297784 085216206323 dokter Setiyawan


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - makarti - 30-11-2007 14:39

Daus Menulis:
Emangnya efek apa Om Satar095 klu sering pake oxy beli di apotik.

makarti Menulis:
jngn terlalu sering memakai oxygen botol yg bisa dibeli di apotik kecuali keadaan darurat yg sifatnya emergency


sorry sy tdk bisa menyampaikan secara spesifik efeknya knp, tp sewaktu periksakanHikhik anak sy ke Dr pesannya begitu.


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 03-12-2007 14:32

kalo pake ini gimana.... 095
http://www.alatkesehatan.com/nebulizer-inhalasi-c-12.html


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 03-12-2007 14:39

anakku pagi ini nyesek lagi.. maknya ampe gak masuk kerja... ihiks...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Daus - 03-12-2007 14:48

Mungkin masih kangen ama Ancol Bro AeresWinking.

Om Satar,
Saya pernah beli itu untuk saya pribadi krn saya suka nyesek krn dulu bekas kec. di dada. Untung belum pake dan skrg masih utuh di rumah.
Tx infonya Om.

aeres Menulis:
anakku pagi ini nyesek lagi.. maknya ampe gak masuk kerja... ihiks...




RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Chandra - 03-12-2007 14:48

Bro.. yg ada asthma.. coba ikut olahraga pernapasan..
gw juga ada ashma.. plus rokok kan..

nah yg gw jauhin:
1. udah pasti allergic stuffnya.. seperti (jgn sering2 cium2 kemoceng yg bulu ayam.. atau jilat2 karpet) ...
2. jangan terlalu kenyang..
3. kalo udah kenyang, jangan tidur pake AC langsung..
4. point 2 dan 3 akan lebih parah kalo badan lagi capek..

nah.. 4 hal diatas pemicu asma yg paling gampang..

jadi jangan di temuin point 1,2,3,4 ...
maksudnya.. kalo udah tau capek... jgn makan terlalu kenyang..

nah, kalo empat2 nya dah ketemu.. gw biasanya lakukan gerakan olahraga pernapasan tuh.. minimal, ngurangin..
dulu ikut SN, gw....

hindari inhaller....


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 03-12-2007 14:54

Chandra Menulis:
Bro.. yg ada asthma.. coba ikut olahraga pernapasan..
gw juga ada ashma.. plus rokok kan..

nah yg gw jauhin:
1. udah pasti allergic stuffnya.. seperti (jgn sering2 cium2 kemoceng yg bulu ayam.. atau jilat2 karpet) ...
2. jangan terlalu kenyang..
3. kalo udah kenyang, jangan tidur pake AC langsung..
4. point 2 dan 3 akan lebih parah kalo badan lagi capek..

nah.. 4 hal diatas pemicu asma yg paling gampang..

jadi jangan di temuin point 1,2,3,4 ...
maksudnya.. kalo udah tau capek... jgn makan terlalu kenyang..

nah, kalo empat2 nya dah ketemu.. gw biasanya lakukan gerakan olahraga pernapasan tuh.. minimal, ngurangin..
dulu ikut SN, gw....

hindari inhaller....


wah wah wah...
kalo yang asma anak kecil susah juga ya om buat menghindari hal2 diatas.......


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Chandra - 03-12-2007 14:57

betul.. mau gak mau punya alat nebulizer tadi Nur..
gw juga kepikiran beli.. secara anak kedua ma ketiga ini jg ada bakat bro...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 03-12-2007 14:59

Chandra Menulis:
nah yg gw jauhin:
1. udah pasti allergic stuffnya.. seperti (jgn sering2 cium2 kemoceng yg bulu ayam.. atau jilat2 karpet) ...


Om Chandra ngapain jilat2 karpet? Kalo jilat2 kumis bisa memicu gak yach? hihihi...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 03-12-2007 15:00

Chandra Menulis:
betul.. mau gak mau punya alat nebulizer tadi Nur..
gw juga kepikiran beli.. secara anak kedua ma ketiga ini jg ada bakat bro...


harganya berapa yach? buat jaga2 untuk darurat kayaknya perlu deh...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Chandra - 03-12-2007 15:02

aeres Menulis:

Chandra Menulis:
betul.. mau gak mau punya alat nebulizer tadi Nur..
gw juga kepikiran beli.. secara anak kedua ma ketiga ini jg ada bakat bro...


harganya berapa yach? buat jaga2 untuk darurat kayaknya perlu deh...


pernah nanya.. sekitaran 200ribuan.. ini TW punya kali.. ***ada gak sih TW?
macem2 sih merknya.. skrg, yg bagus yg mana ini yg gw gak ngerti...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Kezia Eve - 03-12-2007 15:03

SaPiE Menulis:


Gambarnya ga bisa kebuka.. Tuh Tapi ogut tau tuh alat yg dimaksud dari namanya.. soalnya bokap juga punya.. sampe beli segala, gara2 kalo di UGD dikasih gituan bisa turun seseknya.. cara pakenya dihirup dalem2 uapnya.. sebelumnya dimasukin obat Bisolvon cair dulu.. Sekarang sih ud ga pernah pake lagi.. alatnya ud dikasih ke temennya yg sesek juga..


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 03-12-2007 15:05

aeres Menulis:

Chandra Menulis:
betul.. mau gak mau punya alat nebulizer tadi Nur..
gw juga kepikiran beli.. secara anak kedua ma ketiga ini jg ada bakat bro...


harganya berapa yach? buat jaga2 untuk darurat kayaknya perlu deh...


klik link nya aja om....

@om chandra, gue takutnya pake nebulizer ada efek ketergantungannya....
kalo buat emergency, boleh lah...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 03-12-2007 15:10

h++p://www.alatkesehatan.com/nebulizer-inhalasi-c-12.html

kayanya servernya gak mampu menampung koneksi dalam jumlah banyak....


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Kezia Eve - 03-12-2007 15:12

waktu dulu beli (9 tahun lalu) harganya sekitar 450 ribuan, ga tau deh sekarang.. mereknya apa.. lupa


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Chandra - 03-12-2007 15:15

Kezia Eve Menulis:
waktu dulu beli (9 tahun lalu) harganya sekitar 450 ribuan, ga tau deh sekarang.. mereknya apa.. lupa


ini yg Jerman punya Kez..
terakhir dah 2 jtan Hikhik

@Pie.. memang pasti ada efek..
sebenernya bukan ketagihan.. artinya anaknya makin mutan ma obat nya.. atau asmanya makin parah Nur..

udah pake terapi pindah rumah belum?? maksudnya tinggal di pegunungan.. atawa di pantai ?? mana ya yg di suggest.. lupa gw...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 03-12-2007 15:17

Chandra Menulis:

aeres Menulis:

Chandra Menulis:
betul.. mau gak mau punya alat nebulizer tadi Nur..
gw juga kepikiran beli.. secara anak kedua ma ketiga ini jg ada bakat bro...


harganya berapa yach? buat jaga2 untuk darurat kayaknya perlu deh...


pernah nanya.. sekitaran 200ribuan.. ini TW punya kali.. ***ada gak sih TW?
macem2 sih merknya.. skrg, yg bagus yg mana ini yg gw gak ngerti...


jelasin dunk om kok suka jilat karpet Whistling


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Chandra - 03-12-2007 15:21

HahaHahaHaha canda Res..
gw paling gak demen ma karpet... yg paling di anti nih ...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Kezia Eve - 03-12-2007 15:23

Chandra Menulis:

Kezia Eve Menulis:
waktu dulu beli (9 tahun lalu) harganya sekitar 450 ribuan, ga tau deh sekarang.. mereknya apa.. lupa


ini yg Jerman punya Kez..
terakhir dah 2 jtan Hikhik

@Pie.. memang pasti ada efek..
sebenernya bukan ketagihan.. artinya anaknya makin mutan ma obat nya.. atau asmanya makin parah Nur..


Eek3 ud 2 jt-an skrg? busyet deh..Tuh

@Sapie : kalo boleh usul sih daripada pake/beli Nebulizer mending sedia tabung oksigen di rumah.. dulu bokap juga sampe beli tabung oksigen yg kecil (yg setengahnya tabung Oksigen RS). Kalo dulu oksigennya abis, isinya di daerah Minangkabau Manggarai.
Takutnya kalo pake nebulizer kan dia hrs pake obat, nah takutnya jadi kebal gitu, bener kata Om chan.. ntar harus ditambah dosis obatnya..
Mending pake yg alami aja.. hindari obat sebisa mungkin.. Ogut pernah denger, kalo asma menyerang anak2, persentasi sembuhnya bisa 100% (dlm arti ga pernah kambuh lagi), kalo asma menyerang orang dewasa, ini ga mungkin bisa sembuh total.. CMIIW..


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Chandra - 03-12-2007 15:33

ada yang bisa sembuh walau dewasa Kez..
1. pindah rumah ke daerah yg "bersahabat" dengan asma
2. alternatif (believe it or not)
3. traditional food... (paniki or else gitu)
4. gak melanggar pantangannya...( sapa kuaaatt)


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 03-12-2007 15:36

Chandra Menulis:
HahaHahaHaha canda Res..
gw paling gak demen ma karpet... yg paling di anti nih ...


kirain punya hobi yang unik....


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 03-12-2007 15:44

gue hari minggu tanggal 9 mau ke ancol lagi, ada yang mau ikut...??? Tongue1

pokoke, gue sebisa2 mungkin ke pantai setiap hari sabtu/ minggu, demi jagoan kecil ku.... Topdeh


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 03-12-2007 15:46

gue juga asma akut, terakhir asma kelas 3 SD, bisa ilang karena emak babe gue rutin bawa gue ke ancol tiap minggu selama ampir setaun.
alhamdulilah banget, sekarang udah enggak pernah (padahal ngerokokTongue1)


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Kezia Eve - 03-12-2007 15:51

Chandra Menulis:
ada yang bisa sembuh walau dewasa Kez..
1. pindah rumah ke daerah yg "bersahabat" dengan asma
2. alternatif (believe it or not)
3. traditional food... (paniki or else gitu)
4. gak melanggar pantangannya...( sapa kuaaatt)


Itu semuanya harus atau salah satu aja? Bokap ud jalanin yg nomor 2 & 3.. Sekarang sih ud jarang kumat parah kayak dulu.. tapi ampe sekarang doi masih rutin minum obat setiap berapa jam sekali gitu or kalo kira2 ud mau sesek.. tiap hari lho doi minum obat.. Bercucuran padahal efek samping dari obat itu banyak bgt.. tapi, mau gimana lagi..


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Kezia Eve - 03-12-2007 15:53

Kemarin ga diajak ya jagoannya?


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Chandra - 03-12-2007 16:03

Kezia Eve Menulis:

Chandra Menulis:
ada yang bisa sembuh walau dewasa Kez..
1. pindah rumah ke daerah yg "bersahabat" dengan asma
2. alternatif (believe it or not)
3. traditional food... (paniki or else gitu)
4. gak melanggar pantangannya...( sapa kuaaatt)


Itu semuanya harus atau salah satu aja? Bokap ud jalanin yg nomor 2 & 3.. Sekarang sih ud jarang kumat parah kayak dulu.. tapi ampe sekarang doi masih rutin minum obat setiap berapa jam sekali gitu or kalo kira2 ud mau sesek.. tiap hari lho doi minum obat.. Bercucuran padahal efek samping dari obat itu banyak bgt.. tapi, mau gimana lagi..


tiap orang beda2 treatment Kez.. ada yg cuma poin 1 aja.. sembuh..
jadi beda2 Kez...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Av Han zA kU - 03-12-2007 16:07

SaPiE Menulis:
gue hari minggu tanggal 9 mau ke ancol lagi, ada yang mau ikut...??? Tongue1

pokoke, gue sebisa2 mungkin ke pantai setiap hari sabtu/ minggu, demi jagoan kecil ku.... Topdeh


kalo dibayarin pintu masuk + sarapan ....ahau mau kok nemenin Topdeh


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 03-12-2007 16:09

Kezia Eve Menulis:
Kemarin ga diajak ya jagoannya?


lha dari hari rabu kemaren sampe senin ini kudu di asep2in....Bercucuran

@ahau, ogah ah... Tuh


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Kezia Eve - 03-12-2007 16:16

Diasepin dimana? di RS?


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 03-12-2007 16:56

SaPiE Menulis:

Kezia Eve Menulis:
Kemarin ga diajak ya jagoannya?


lha dari hari rabu kemaren sampe senin ini kudu di asep2in....Bercucuran

@ahau, ogah ah... Tuh


Ya ampun om banyak amat dosisnya... anakku aja baru 3 kali... pas waktu kambuh ajah.. ati2 ya om... ingat RUD rational using drug....


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 04-12-2007 08:15

Kezia Eve Menulis:
Diasepin dimana? di RS?


di hermina bekasi....


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 04-12-2007 08:17

aeres Menulis:

SaPiE Menulis:

Kezia Eve Menulis:
Kemarin ga diajak ya jagoannya?


lha dari hari rabu kemaren sampe senin ini kudu di asep2in....Bercucuran

@ahau, ogah ah... Tuh


Ya ampun om banyak amat dosisnya... anakku aja baru 3 kali... pas waktu kambuh ajah.. ati2 ya om... ingat RUD rational using drug....


lha perintah dokternya begitu..
selain di asep2in, juga di "panasin" dadanya biar (maaf) dahaknya cair...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Kezia Eve - 04-12-2007 08:38

SaPiE Menulis:

Kezia Eve Menulis:
Diasepin dimana? di RS?


di hermina bekasi....


Jadi tiap hari bolak-balik RS gitu ya? Tuh


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Av Han zA kU - 04-12-2007 09:00

SaPiE Menulis:
@ahau, ogah ah... Tuh


igh pelit pisan TuhTuh


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 04-12-2007 09:43

SaPiE Menulis:
[quote=aeres]
[quote=SaPiE]
[quote=Kezia Eve]
lha perintah dokternya begitu..
selain di asep2in, juga di "panasin" dadanya biar (maaf) dahaknya cair...


Ga semua dokter RUD om... Sebagian besar malah mata duitan... Sebaiknya cari opini kedua, kalo perlu ketiga dst...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 04-12-2007 09:51

Kezia Eve Menulis:

SaPiE Menulis:

Kezia Eve Menulis:
Diasepin dimana? di RS?


di hermina bekasi....


Jadi tiap hari bolak-balik RS gitu ya? Tuh


iya, bolak balik....
sekali ngasep2in, ketemu dokter, etc2 bisa 150 ribuan...Tuh
padahal nebulizer harganya mulai dari 650 ribuan...Eek3


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 05-05-2008 15:20

anak gue dari semalem sampe saat ini sesak lagi napasnya.... Hikhik


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 05-05-2008 15:26

duh... kudu dicari tuh om pemicunya....


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 05-05-2008 15:29

pokoknya kalo batuk pilek, pasti deh kumat tu asma.... Tuh


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Miko - 05-05-2008 15:38

Dear Sapie... gue juga dulu bengek... tapi seiring jadi gede mungkin kekebalan tubuh jadi lebih baik... ilang sendiri kok.. kalo lagi lemah trus kena batuk lama... baru deh sesek lagi... kayaknya boleh juga nyoba nyoba minum Yakult atau yogurt... tiap hari satu... terapi ini dilakukan terus sampe efek reaksi alergi = sesek ilang... mungkin 1 bulan atau 2 bulan... setelah reaksi nya hilang... coba kurangi pelan pelan sampe tidak minum sama sekali.. yang bilang dokter keluarga gue.. dia bilang pernah baca dimana gue lupa.. da gw coba kayaknya cukup ampuh...

paling bener hindari hal yang menyebabkan dia alergi ato sesek... kalo pernah liburan ke pantai ilang gak? ato pergi ke tempat yang tidak lembab... mungkin pemicunya kelembaban yg berlebihan yang dimiliki negeri tercinta kita ini... yang lain ya debu atau bulu binatang... tapi ini kalo memang kondisi nya karena alergi... gak tau deh kalo emang kondisi paru nya yang menyebabkan sesak...

jangan menyerah ya bro... cari terus penyebabnya...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - aeres - 05-05-2008 15:42

berarti kudu dicegah batuk n pilek.. anak gw cinta dah agak gedean.. jadi dah lumayan ngerti... kalo mo jajan apa gitu dia nanya dulu.. misalnya es krim, dia mesti nanya dulu... sesekali ya dikasih juga.. kalo kondisi dia fit...


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - ranamin - 05-05-2008 15:53

anak ane yg ke dua tuh juga pelanggan asma setiap bulan selalu kambuh... biasanya sih kalao habis makan coklat pasti langsung kambuh..


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 05-05-2008 16:17

Miko Menulis:
Dear Sapie... gue juga dulu bengek... tapi seiring jadi gede mungkin kekebalan tubuh jadi lebih baik... ilang sendiri kok.. kalo lagi lemah trus kena batuk lama... baru deh sesek lagi... kayaknya boleh juga nyoba nyoba minum Yakult atau yogurt... tiap hari satu... terapi ini dilakukan terus sampe efek reaksi alergi = sesek ilang... mungkin 1 bulan atau 2 bulan... setelah reaksi nya hilang... coba kurangi pelan pelan sampe tidak minum sama sekali.. yang bilang dokter keluarga gue.. dia bilang pernah baca dimana gue lupa.. da gw coba kayaknya cukup ampuh...

paling bener hindari hal yang menyebabkan dia alergi ato sesek... kalo pernah liburan ke pantai ilang gak? ato pergi ke tempat yang tidak lembab... mungkin pemicunya kelembaban yg berlebihan yang dimiliki negeri tercinta kita ini... yang lain ya debu atau bulu binatang... tapi ini kalo memang kondisi nya karena alergi... gak tau deh kalo emang kondisi paru nya yang menyebabkan sesak...

jangan menyerah ya bro... cari terus penyebabnya...


ogut dulu juga asma om, alhamdulilah bisa ilang karena setiap minggu selalu dibawa ortu ke pantai...
buat jagoan neon, ogut juga udah berusaha buat bawa dia ke pantai setiap minggu, paling telat 3 minggu sekali deh....

kebetulan juga, ogut dan bini juga alergi berat, terutama sama debu dan udara dingin. kalo buat ogut, tiada hari tanpa bersin....
sampe kemaren guyonan sama istri, kita kok gak pernah keabisan stok ingus ya... Tuh

ke dokter spesialis paru paru udah, spesialis alergi udah..
pokoknya apapun deh ogut lakonin om....


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 05-05-2008 16:19

kayanya musimnya juga sekarang lagi berantakan ya....

kondisi tubuh gak boleh menurun....


hari kamisnya, jagoan neon ogut panas, sampe 39.7C
wah wah wah....


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Fen-fen - 05-05-2008 20:15

yup.. gw juga ada turunan asma / bengek, waktu gw kecil sih sering kambuh, atpi dah beranjak gede sih udah agak mendingan. Pemicu asma gw kambuh sih kalo gw makan / minum yang dingin2 dimalem hari, pasti langsung sesek. Ato gak kadang kalo makan cokelat (yang manis2) suka memicu jadi banyak dahak n kadang jadi sesek juga.

Emang kalo dah batuk pilek sih seringnya jadi sesek, tapi sekarang sih dah tambah kebal ya, mungkin seiring waktu berjalan juga ya. Kadang kalo peralihan musim kayak gini juga suka jadi, yang tadinya panas, trus dingin, jadi suka kambuh asmanya.

Waktu masih kecil sih lumayan parah.., pernah suatu waktu lagi gw SD, jam 1 subuh asma kambuh, sesek banget, mpe ortu jg panik, langsung aja gw dibawa ke dokter, mana pas dijalan ban mobilnya kempes pula.. tapi untung aja bisa sampe ke dokter & dikasi obat,trus baek d.. Gozkirpma

@ SaPiE, cepet baek ya anaknya. O,ya kalo panas tinggi gitu, coba seluruh badan dibalur ama parutan (irisan) bawang merah, ntar panasnya cepet turunnya. Udah terbukti ama beberapa orang yg gw kenal koq..Yes


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 06-05-2008 10:14

kalo parutan bawang biasanya gue kasih kalo lagi masuk angin... Toungue
jadi jalan kesana kemari bau bawang deh....

semalem ke RS lagi jam 8 malem, ketemu sama spesialis pernapasan dan asma...
jagoan neon di asep2in lagi, trus obatnya diganti semua dan ditambah vitamin buat daya tahan tubuh.
kata dokternya, sekarang musim lagi jelek......
tadi pagi sih napasnya udah lancar, cuman bunyi groook groook aja karena slam (maaf:dahak) gak bisa keluar....


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - Miko - 06-05-2008 11:06

kerokan pake bawang juga bisa loh.... jadi bawang merah di potong gitu... trus badan diolesin pake minyak kayu putih ama baby oil .. minyak kayu putih nya boleh diganti yg lain yg penting anget... trus dikerok deh pake bawang... kalo lagi masuk angin bisa merah merah juga dan kayaknya sih gak sakit kayak pake koin... abis itu biasanya badan anak langsung anget dan lebih ceria.....


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 06-05-2008 11:09

kalo ogut sih pake bawang merah diiris tipis atau dibejek, trus campur sama minyak telon, balurin deh ke punggung perut dada.....
biasanya paginya udah loncat loncat lagi... Toungue


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 07-08-2008 08:25

jagoan gue semalem asma lagi....

jam 12 malem sama jam 3 pagi gue inhalasi Hikhik

pagi ini bini gue & arvin baru mau ke dokter.... Sad


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - ita - 07-08-2008 08:43

turut sedih ya om sapie....
anak sekecil itu asma.... pasti kesiksa banget yah... Hikhik

dulu waktu kecil aku juga asma... ga enak banget.... Sad

SaPiE Menulis:
jagoan gue semalem asma lagi....

jam 12 malem sama jam 3 pagi gue inhalasi Hikhik

pagi ini bini gue & arvin baru mau ke dokter.... Sad




RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - SaPiE - 07-08-2008 09:06

makasih mba ita....


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - chris.ho - 18-06-2009 10:59

Obat Asma, Amankah?

PARA penderita asma kini hendaknya berhati-hati memilih obat asma. Beberapa obat asma disinyalir memiliki efek samping. Ironisnya, efek samping berupa gangguan emosi tersebut selain depresi, juga bisa menimbulkan keinginan bunuh diri.

Obat asma yang berefek negatif tersebut adalah obat produksi Merck & Co, Astra-Zeneca, dan Cornerstone Therapeutics. Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan US Food and Drug Administration (FDA) selama 15 bulan, menemukan sejumlah kasus pasien yang mengalami gangguan kejiwaan setelah meminum obat asma tersebut.

"Untuk mengantisipasinya, pasien dan dokter harus lebih peduli pada potensi gangguan neuropsikiatrik saat mengonsumsi obat-obatan ini," tulis FDA dalam situsnya. Juru bicara Merck & CO, Pamela Eisele mengatakan, peringatan efek samping tersebut sebenarnya sudah tertera dalam label obat asma produksinya, Singulair. Namun, sejak adanya peringatan ini pihaknya akan lebih mengedepankan bahaya itu dalam label.

Begitu juga dengan obat asmakeluaran AstraZeneca. Pihak perusahaan mengklaim bahaya gangguan mental sudah ditulis dalam label produknya. Namun, efek samping yang disebut baru berupa depresi dan insomnia.
(Koran SI/Koran SI/tty)
http://lifestyle.okezone.com/read/2009/06/15/27/229246/27/obat-asma-amankah


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - chris.ho - 18-06-2009 11:03

18 Cara Cegah Asma Kambuh

Penyakit asma tidak bisa disembuhkan, namun dapat dicegah dengan cara menghindari pencetusnya. Bagi orangtua yang merokok, segera hentikan! Asap merupakan pencetus utama asma, terutama bagi anak.

Seperti dikutip dari Majalah Info Asma yang diterbitkan Yayasan Asma Indonesia, ada 18 cara yang dapat digunakan untuk menghindari pencetus asma, antara lain:

1. Kasur dan tempat tidur dan bantal kapuk sebaiknya diganti busa kemudian dimasukkan dalam kantong vinil dengan risleting atau dibungkus kantong plastik dan direkat dengan selotip seperti membungkus kado.

2. Sprei, selimut, sarung bantal dan guling lebih sering dicuci minimal sekali seminggu dengan air panas (55-60 derajat C).

3. Lantai dibersihkan dengan lap basah satu kali setiap hari.

4. Tirai gorden dicuci setiap dua minggu.

5. Lemari, rak dan laci dibersihkan dengan lap basah serta paling banyak hanya boleh 3 buah buku yang diletakkan di dalamnya.

6. Ganti karpet dengan linoleum atau lantai kayu. Kalau tidak, bisa juga secara teratur dihisap dengan filter high efficiency particulate air (HEPA) dan kantung debu dua rangkap.

7. Buku, majalah dan mainan jangan ada di kamar tidur. Jika memang harus ada, maka masing-masing hanya boleh 3 buah. Lebih sedikit barang-barang tersebut di kamar tidur, itu lebih baik.

8. Boneka dan mainan yang terbuat dari kain sebaiknya dicuci dengan air panas setiap minggu.

9. Hindari asap dari obat nyamuk bakar dan asap dapur.

10. Gunakan kipas angin di dapur dan kamar mandi untuk mengusir asap dapur dan bau yang tajam.

11. Binatang peliaraan yang berbulu sebaiknya tidak ada di rumah anak yang menderita asma. Atau paling tidak binatang tersebut tidak berada di kamar tidur dan ruang utama.

12. Mandikan binatang peliaraan dua kali seminggu.

13. Pakaian paling lama jangan lebih dari 2 minggu di dalam lemari, setelah itu harus dicuci kembali atau dipindah ke kamar lain. Bila tidak memungkinkan maka dibungkus kantong plastik dan direkat selotip seperti membungkus kado.

14. Air conditioner (AC) jangan terlalu dingin dan filternya dibersihkan sekali seminggu.

15. Gunakan filter udara HEPA terutama di kamar tidur dan ruang utama.

16. Bersihkan lingkungan yang disukai kecoa seperti tempat lembab, sisa makanan, sampah terbuka dan tempat lainnya.

17. Gunakan pembasmi kecoa.

18. Perbaiki semua kebocoran atau sumber air yang berpotensi menimbulkan jamur, seperti dinding kamar mandi, bak mandi, keran lain dan tempat lainnya.

Mari perhatikan kesehatan lingkungan hidup kita, demi terjaganya kualitas hidup penderita asam.

http://www.kompas.com/read/xml/2009/05/10/0523408/18.cara.cegah.asma.kambuh


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - chris.ho - 18-06-2009 11:05

Asma Tak Bisa Disembuhkan, Hanya Dikontrol

Asma bisa mengakibatkan kematian, tapi kerap disepelekan. Jika pun tidak menyebabkan kematian, asma juga tidak bisa disembuhkan dan hanya bisa dikontrol.

"Untuk mengkontrol asma ada obat yang disediakan. Ini berbeda dengan obat asma biasa," kata Ketua Dewan Asma Indonesia (DAI) Prof. dr. Faisal Yunus, Ph.D, SpP(K), FCCP saat jumpa pers Hari Asma Dunia 2009 dengan tema 'Anda Bisa Mengontrol Asma Anda, Bertindak Sekarang!' di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, Senin (4/5).

Ia mengatakan, konsep penanganan asma masih berorientasi pada pengobatan gejala/serangan asma, bukan pada pencegahan agar serangan tersebut dapat ditekan bahkan dihilangkan. Untuk kondisi ini, istilah yang dipakai adalah Kontrol Asma. Penanganan penyakit ini memerlukan waktu yang panjang.

Selanjutnya, Faisal mengatakan bahwa untuk pengontrolan asma telah dilakukan penelitian tahun 1997. Penelitian tersebut soal manfaat penggunaan secara bersamaan obat bronkodilator (pelega napas) dan controller (pengontrolan) inhalasi/ obat hisap pada penderita asma dengan tujuan khusus pada perbaikan klinis dan biaya pengobatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang menggunakan keduanya secara bersamaan ternyata bisa mengurangi serangan asma, kunjungan ke Unit Gawat Darurat akibat asma dan biaya pengobatan. "Sekalipun demikian, memang obat contoller atau inhalasi itu mahal," kata Faisal. Menurut informasi yang didapat harga obat tersebut berkisar Rp. 250.000.

Pemakaian obat tersebut, jelasnya, tergantung dari derajat asma yang diderita atau tingkat keparahan dari pasien. "Sehari bisa sakali atau dua kali hisap, tergantung derajat asmanya. Dengan pemakaian tersebut satu obat bisa dipakai sebulan," ungkap Faisal. Tingkat terkontrolnya pasien, tambahnya, lamanya juga tergantung derajat asmanya, ada yang 3 bulan/ 6 bulan atau bahkan 1 tahun.

Setelah masa tersebut, masih kata Faisal, pasien akan dilihat apakah obatnya bisa diturunkan dosisnya atau tidak. "Pengobatan ini membuat kualitas hidup penderita asma akan meningkat, jika pengobatannya rutin. Sekalipun pada umumnya mereka seumur hidup mengkonsumsi obat supaya terkontrol tetapi ada juga yang pada akhirnya bebas sama sekali," kata Faisal.

Upaya pengkontrolan asma ini penting dan mendesak untuk dilakukan karena dari data yang disampaikan Faisal, untuk kasus di Asia para penderita asma bisa dikatakan tidak terkontrol. Di Indonesia, 36 persen penderita asma terkontrol sebagian dan 64 persennya tidak terkontrol penuh. Dengan demikian tidak ada yang terkontrol. Kondisi ini mirip dengan yang dialami Thailand, India dan Srilanka.

http://www.kompas.com/read/xml/2009/05/04/14354323/asma.tak.bisa.disembuhkan.tapi.bisa.dikontrol


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - chris.ho - 18-06-2009 11:07

Senam Asma Tingkatkan Kualitas Hidup!

Selain dengan obat, asma juga bisa ditangani dengan senam. Namanya senam asma. Cukup 3 kali seminggu, para penderita penyakit yang tidak bisa disembuhkan ini bisa tetap menjaga kualitas hidupnya.

Demikian diungkap Ketua Dewan Asma Indonesia (DAI) Prof dr Faisal Yunus, PhD, SpP(K), FCCP saat jumpa pers Hari Asma Dunia 2009 dengan tema "Anda Bisa Mengontrol Asma Anda, Bertindak Sekarang!" di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, Senin (4/5).

"Senam ini diciptakan tahun 1985," kata Faisal yang juga Ketua I Yayasan Asma Indonesia (YAI), sebagai pihak yang mengelola senam asma.

Lama senam ini, katanya, awalnya 45 menit. Gerakan senamnya sendiri terdiri dari pembukaan, dilanjutkan dengan gerak inti A dan gerak inti B. Setelah itu, ada gerakan aerobik lalu pendinginan.

Menurut Faisal, senam ini menunjukkan hasil yang positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penelitian terhadap penderita yang melakukan senam asma dengan penderita yang tidak melakukannya. "Setelah setahun melakukan senam ternyata mereka yang melakukan senam seminggu tiga kali menunjukkan berkurangnya serangan asma. Obat juga berkurang. Sedangkan mereka yang tidak senam kebalikannya," kata Faisal.

Melihat dampak positif dari senam ini, maka para penderita asma mengusulkan kepada YAI supaya durasi waktu senam ini ditingkatkan. Maka, tahun 1994 dan 2003 senam asma ini direvisi. Khusus untuk tahun 2003 durasi waktu senam asma menjadi 1 jam. Yang membedakan dengan senam sebelumnya, versi 2003 memiliki 3 gerakan aerobik. "Bagi asmanya masih berat hanya melakukan aerobik satu, asma sedang memakai aerobik 2, kalau sudah baik seperti orang normal sampai pada (gerakan) aerobik 3," jelas Faisal.

Mereka yang terlibat dalam penyempurnaan senam asma 2003 ini adalah dokter paru, dokter Haryo Tilarso sebagai dokter olahraga, dokter rehabilitasi medis, fisioterapis, dan pelatih senam.

Senam asma ini sangat membantu karena, menurut Kepala Rehabilitasi-Respirasi Departemen Rehabilitasi Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) RS Cipto Mangunkusumo Nury Husdwinuringtyas, senam ini banyak menggunakan otot kaki. Menurutnya, otot kaki adalah otot terbesar. Jika ini digerakkan maka paru-paru akan mengembang dan lentur lalu sangkar thorax mudah bergerak sehingga kebutuhan oksigen yang bersangkutan terpenuhi.

Senam ini diciptakan karena, menurut Nury, penderita asma tidak boleh sembarangan olahraga. Olahraga yang berat malah memicu asma. Olahraga yang direkomendasikan adalah senam asma tentunya, jalan kaki, lari kecil, dan naik sepeda. "Sekalipun senam sangat membantu para penderita asma, pengobatan harus tetap dilakukan," ungkap Faisal.

http://www.kompas.com/read/xml/2009/05/04/15045533/senam.asma.tingkatkan.kualitas.hidup


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - febri kasmadi - 23-08-2009 14:38

Info yg berharga neh dari Om chrisTopdeh


RE: ASMA / BENGEK..... ada yang pernah...??? - qupay - 06-04-2011 09:55

Ini pengalaman mengantar berobat anak saya dan saudara, begini antara lain:
1. Pas dibawa ke RS Tugu Cisarua (dekat Taman Safari) di check semua nya ngga ada penyakit nya malahan hanya diberi C-ac 1000 Sandoz...
2. tiap minggu di bawa ke pantai plabuan ratu, soalnya ada udara yang bagus pas pagi hari dari laut... selama 3 bulan alhamdulillah sembuh.
3. Ada pengobatan dari china tiap bulan Agustus setiap tahun di Apotek Arjuna jalan kebon jati Bandung, itu memakai herbal ditempel dipunggung, semua herbalis nya asli dari Tiongkok, tidak bisa bahasa inggris maupun bahasa indonesia. tiap hari praktek nya