Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Busi Autolite utk. AV VVT-i - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Mesin Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=5)
+--- Topik: Busi Autolite utk. AV VVT-i (/showthread.php?tid=4924)


Busi Autolite utk. AV VVT-i - KaGi - 17-09-2007 08:08

RR, jumat kemaren gue ganti busi Autolite di Phoenix, disamping ngilangin Knocking alus di AV gue, sekalian disetel2 COnya ala Phoenix, jumat kemarin sih msh knocking, hari ini sptnya knocking udah mulai berkurang apa mungkin ECU menyesuaikan. Oh ya busi autolitenya kebetulan Phoenix lagi limited nih.
Reviewnya:minggu dpn deh reportnya, tapi yg jelas tarikan ueeenak.
Berikut fotonya antara busi standard AV VVT-i ama Autolite:




RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Rachmat Dwi S - 17-09-2007 08:43

Berapa duit bos 1 set busi autolite...?


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Papa_Naura - 17-09-2007 08:51

Bedanya apa yah dengan spec busi yang lama? Kalo dari gambar sih cuma beda dimensi panjangnya...095


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - KaGi - 17-09-2007 08:55

Rachmat Dwi S Menulis:
Berapa duit bos 1 set busi autolite...?

gue sendiri jg belom tau
lagi disuruh test dulu ama Phoenix...


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - KaGi - 17-09-2007 08:57

Papa_Naura Menulis:
Bedanya apa yah dengan spec busi yang lama? Kalo dari gambar sih cuma beda dimensi panjangnya...095

wah kalo dari segi teknis gue kurang tau, mending tanya langsung aja ama Phoenix, yg jelas sih buat jalan sehari2 tarikan enak aja


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Gado2Enak - 17-09-2007 09:05

KaGi Menulis:

Papa_Naura Menulis:
Bedanya apa yah dengan spec busi yang lama? Kalo dari gambar sih cuma beda dimensi panjangnya...095

wah kalo dari segi teknis gue kurang tau, mending tanya langsung aja ama Phoenix, yg jelas sih buat jalan sehari2 tarikan enak aja


emang enak kok, soal tarikan juga lebih tokcer . . . katanya seh busi ini yg bagus setelah dia berkelanan dengan berbagai busi . . .


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - nDhoet - 17-09-2007 09:05

Kalo Autolite untuk XeLi kodenya apa ya...??
Teman gw nyewa XeXi yang menggunakan busi autolite katanya tarikannya lebih enak....


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - PenyuTurbo - 24-09-2007 00:24

nDhoet Menulis:
Kalo Autolite untuk XeLi kodenya apa ya...??
Teman gw nyewa XeXi yang menggunakan busi autolite katanya tarikannya lebih enak....


Mesin EJ-DE kapasitas 1 liter kodenya ... "3924"


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - nDhoet - 24-09-2007 00:42

Para suhu sekalian,

kalo jenis busi yang dipakai tidak sesuai dengan anjuran pabrik dan gap kurang dari yang seharusnya, apakah efeknya terhadap mesin??

Sebelum ganti ke Autolite 3924 utk XeLi nonVVTI, ternyata busi yang dipasang dimobil sama BERES typenya BKR6E dengan Gap 0.8 (dipakai utk AVZ atau Xe 1300cc).

Apakah penggunaan busi Avz /Xe 13000 di Xenia 1000 cc akan berakibat buruk pada mesin.

Mohon pencerahannya....


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - PenyuTurbo - 24-09-2007 02:04

nDhoet Menulis:
Para suhu sekalian,

kalo jenis busi yang dipakai tidak sesuai dengan anjuran pabrik dan gap kurang dari yang seharusnya, apakah efeknya terhadap mesin??

Sebelum ganti ke Autolite 3924 utk XeLi nonVVTI, ternyata busi yang dipasang dimobil sama BERES typenya BKR6E dengan Gap 0.8 (dipakai utk AVZ atau Xe 1300cc).

Apakah penggunaan busi Avz /Xe 13000 di Xenia 1000 cc akan berakibat buruk pada mesin.

Mohon pencerahannya....


Pabrikan merancang sistem pengapian campuran BBM + udara secara paket, yaitu Tegangan (Voltage), Timing dan Celah (Gap) busi.

Memperlebar celah busi akan mengakibatkan permintaan tegangan meningkat ... jika ini tidak atau susah dipenuhi oleh sistem pengapian (ignition system), maka pengapian akan tidak sempurna dan terjadi Misfire.

Tidak sempurnanya pengapian mengakibatkan BBM yang terbakar sedikit ... hingga menyebabkan power drop, banyak UHC (Unburnt Hydro Carbon) yang mengkontaminasi minyak pelumas (melalui Blowby) yang akan menjadi cepat kotor dan rusak, akan memperbanyak terjadinya soot dan sludge ... busi akan menjadi basah dan selanjutnya akan menyusahkan pengapian lebih lanjut.

Misfire ... akan mengakibatkan "DRIVABILITY" boil menjadi nggak nyaman ... under power yang sering dibarengi dengan adanya getaran ... baik pada putaran rendah maupun putaran tinggi.

Masih banyak lagi ... yang penting diusahakan Celah (gap) busi mengikuti standardnya KECUALI kalau udah dilakukan perubahan pada mesin dan sistem pengapiannya.




RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - nDhoet - 24-09-2007 05:14

PenyuTurbo Menulis:

nDhoet Menulis:
Para suhu sekalian,

kalo jenis busi yang dipakai tidak sesuai dengan anjuran pabrik dan gap kurang dari yang seharusnya, apakah efeknya terhadap mesin??

Sebelum ganti ke Autolite 3924 utk XeLi nonVVTI, ternyata busi yang dipasang dimobil sama BERES typenya BKR6E dengan Gap 0.8 (dipakai utk AVZ atau Xe 1300cc).

Apakah penggunaan busi Avz /Xe 13000 di Xenia 1000 cc akan berakibat buruk pada mesin.

Mohon pencerahannya....


Pabrikan merancang sistem pengapian campuran BBM + udara secara paket, yaitu Tegangan (Voltage), Timing dan Celah (Gap) busi.

Memperlebar celah busi akan mengakibatkan permintaan tegangan meningkat ... jika ini tidak atau susah dipenuhi oleh sistem pengapian (ignition system), maka pengapian akan tidak sempurna dan terjadi Misfire.

Tidak sempurnanya pengapian mengakibatkan BBM yang terbakar sedikit ... hingga menyebabkan power drop, banyak UHC (Unburnt Hydro Carbon) yang mengkontaminasi minyak pelumas (melalui Blowby) yang akan menjadi cepat kotor dan rusak, akan memperbanyak terjadinya soot dan sludge ... busi akan menjadi basah dan selanjutnya akan menyusahkan pengapian lebih lanjut.

Misfire ... akan mengakibatkan "DRIVABILITY" boil menjadi nggak nyaman ... under power yang sering dibarengi dengan adanya getaran ... baik pada putaran rendah maupun putaran tinggi.

Masih banyak lagi ... yang penting diusahakan Celah (gap) busi mengikuti standardnya KECUALI kalau udah dilakukan perubahan pada mesin dan sistem pengapiannya.


Pak PenyuTurbo,

Mesin XeLi saya masih standar, namun busi yang dikasih itu specnya untuk Avz/XeXi. Celah Standar untuk XeLi non VVTI kan 1.1 sedangkan untuk Avz/XeXi 0.8 (CMIIW), artinya celah nya lebih kecil dari yang seharusnya. Apakah hal tersebut dapat mengakibatkan pengapian yang tidak sempurna dan MISFIRE juga??.
Yang saya rasakan memang getaran mesin lebih kuat dari sewaktu memakai busi standar (NGK BKR5E-U11).
Dan apakah untuk busi dengan celah lebih kecil dari spec mobil akan mempunyai efek samping seperti PPT terangkan diatas juga?
Terima kasih


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - honggy - 24-09-2007 07:44

PenyuTurbo Menulis:
Pabrikan merancang sistem pengapian campuran BBM + udara secara paket, yaitu Tegangan (Voltage), Timing dan Celah (Gap) busi.

Memperlebar celah busi akan mengakibatkan permintaan tegangan meningkat ... jika ini tidak atau susah dipenuhi oleh sistem pengapian (ignition system), maka pengapian akan tidak sempurna dan terjadi Misfire.

Tidak sempurnanya pengapian mengakibatkan BBM yang terbakar sedikit ... hingga menyebabkan power drop, banyak UHC (Unburnt Hydro Carbon) yang mengkontaminasi minyak pelumas (melalui Blowby) yang akan menjadi cepat kotor dan rusak, akan memperbanyak terjadinya soot dan sludge ... busi akan menjadi basah dan selanjutnya akan menyusahkan pengapian lebih lanjut.

Misfire ... akan mengakibatkan "DRIVABILITY" boil menjadi nggak nyaman ... under power yang sering dibarengi dengan adanya getaran ... baik pada putaran rendah maupun putaran tinggi.

Masih banyak lagi ... yang penting diusahakan Celah (gap) busi mengikuti standardnya KECUALI kalau udah dilakukan perubahan pada mesin dan sistem pengapiannya.


kalo memperkecil celah busi efeknya apa om?? 095


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - PenyuTurbo - 24-09-2007 22:15

Secara umum voltase (tegangan) pada ignition coil (koil pengapian) berkisar antara 15.000 Volts ke 30.000 volts.

Semakin besar celah busi ... maka permintaan akan voltase ini akan bertambah. Jika coil standarnya gak mampu untuk memberikan voltase yang besar maka pengapian tidak akan sempurna. Jika permintaan voltase terlalu besar maka akan terjadi overheating pada coil ... bisa merambat ke ECU dan ada kemungkinan ECU bisa kebakar (walaupun probailitasnya cukup kecil ... tapi kemungkinan itu ada).

Semakin kecil celah busi ... maka permintaan voltase akan berkurang dan pengapian akan berjalan dengan optimum. Tentunya ada celah minimum ... kalau gak salah sekitar 0.6 mm.

Kalau celah standardnya 1.1 mm kemudian dipasang 0.8 mm ... masalah yang timbul akan kecil ... tapi jika sebaliknya ... kembali pada penjelasan diatas.

Secara umum ... pembuat busi akan bikin standard celah busi sebesar 1.1 mm .... Maka perlu diperhatikan celah standard yang terpasang ... pada saat ganti busi ... perlu disesuaikan celah busi mengikut standar sistem pengapian (Ignition System) pada mesin yang bersangkutan.


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - PenyuTurbo - 24-09-2007 22:20

Bagi mereka yang menggunakan busi biasa (bukan platinum atau iridium) ... sebaiknya untuk setiap 5000 km pemakaian ... dilakukan kalibrasi kembali ... karena setelah penggunaan 5000 km tersebut celah busi akan melebar akibat adanya EROSI LONCATAN BUNGA API (SPARK EROSION) ... kalau gak mau susah ya ... (untuk busi biasa) ... setiap ganti oli ... ganti juga businya (not offense).


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - nDhoet - 25-09-2007 08:07

PenyuTurbo Menulis:
Semakin kecil celah busi ... maka permintaan voltase akan berkurang dan pengapian akan berjalan dengan optimum. Tentunya ada celah minimum ... kalau gak salah sekitar 0.6 mm.


Kalo celahnya lebih kecil dari standard, pengapian akan kecil juga...
Ada pengaruh ke BBM nggak Pak PenyuTurbo... 095
Lebih boros misalnya...

Beberapa hari yang lalu, XeLi saya dicolokin ke Alat yang kalo nggak salah namanya UltraScan (Lupa memfoto tuh alat), tapi nggak diBERES...

Alat tersebut di colokin ke socket yang dibawah dashboard di sebelah kaki kiri sopir...
Di monitornya saya membaca ada Advance Timing dengan Nilai 5.4...
Maksudnya apa ya....

Trus kata mekaniknya ada error code dan error tersebut harus dihapus.
Komplain awalnya sih BBM Boros...
Setelah error dihapus co nya distel lagi... belum tau apa masih boros sekarang....
Mbl XeLi, BBM Premium+DynoTab-nya Klink, yang lain masih standard...
en Businya diganti lagi sama mekaniknya ke ND K20PR (kalo nggak salah busi untuk XeXi ) dari Autolite 3924.... Tuh dan gap distel 0.8 dengan alasan XeLi (mobil dengan Fuel Injector) harus menggunakan busi Type R (resistant)
(cuma feeling nggak enak aja karena busi yang dipakai bukan BKR5E-U11 (standar Xe 1000cc/bawaan pabrik) atau ND K15PR .Bercucuran
Saran dari suhu sekaliann dong...
Ilmu gw soal mobil miskin sekali..... taunya cuma make doang...


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Bobby Sant - 25-09-2007 08:21

nDhoet Menulis:
Pak PenyuTurbo,

Mesin XeLi saya masih standar, namun busi yang dikasih itu specnya untuk Avz/XeXi. Celah Standar untuk XeLi non VVTI kan 1.1 sedangkan untuk Avz/XeXi 0.8 (CMIIW), artinya celah nya lebih kecil dari yang seharusnya. Apakah hal tersebut dapat mengakibatkan pengapian yang tidak sempurna dan MISFIRE juga??.
Yang saya rasakan memang getaran mesin lebih kuat dari sewaktu memakai busi standar (NGK BKR5E-U11).
Dan apakah untuk busi dengan celah lebih kecil dari spec mobil akan mempunyai efek samping seperti PPT terangkan diatas juga?
Terima kasih


Setahu gua dari Pak Budi, kalau Xenia Li, Xenia XI VVT-i dan AVG VVT-i memang renggang celah busi lebih lebar drpd Xenia XI dan AVG non VVT-i krn sudah punya koil sendiri dimasing2 busi.


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - r-Phoenix - 27-09-2007 09:06

Autolite yg di pake kagi beda dengan yg dipasaran, untuk mencegah ngelitik, autolitenya pake yg kepala electrodenya lbh pendek, krn mesin a/x vvt-i menggunakan piston yg berbeda profil dgn AVG, ruang bakarnya juga lbh sempit Tuh ...so far nggak ada masalah..engine response nggak seperti yg gw kira..wuss..wuss...kalo di joint ma AIP/CAI, power nambah 1/2 kalinya dari 1500 rpm Nafsu ....cuman masalahnya ada di kunci businya juga nggak pasaran...kudu invest lagi gw..hehehehe...businya mungkin weekend ini dah ready..cuman nggak banyak... Hikhik


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - KaGi - 27-09-2007 09:34

aseek, bisa ngejajal lagi donk ya bro


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - cieshin - 27-09-2007 10:23

r-Phoenix Menulis:
Autolite yg di pake kagi beda dengan yg dipasaran, untuk mencegah ngelitik, autolitenya pake yg kepala electrodenya lbh pendek, krn mesin a/x vvt-i menggunakan piston yg berbeda profil dgn AVG, ruang bakarnya juga lbh sempit Tuh ...so far nggak ada masalah..engine response nggak seperti yg gw kira..wuss..wuss...kalo di joint ma AIP/CAI, power nambah 1/2 kalinya dari 1500 rpm Nafsu ....cuman masalahnya ada di kunci businya juga nggak pasaran...kudu invest lagi gw..hehehehe...businya mungkin weekend ini dah ready..cuman nggak banyak... Hikhik


bro phoenix, btw harga satu set busi utk AV-VVT-I brp ya? apa tinggal di P&P ? soalnya wa di Medan, rencana kalo cocok mau pesan juga tp tinggal pasang doank....
thks


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - r-Phoenix - 28-09-2007 04:33

cieshin Menulis:

r-Phoenix Menulis:
Autolite yg di pake kagi beda dengan yg dipasaran, untuk mencegah ngelitik, autolitenya pake yg kepala electrodenya lbh pendek, krn mesin a/x vvt-i menggunakan piston yg berbeda profil dgn AVG, ruang bakarnya juga lbh sempit Tuh ...so far nggak ada masalah..engine response nggak seperti yg gw kira..wuss..wuss...kalo di joint ma AIP/CAI, power nambah 1/2 kalinya dari 1500 rpm Nafsu ....cuman masalahnya ada di kunci businya juga nggak pasaran...kudu invest lagi gw..hehehehe...businya mungkin weekend ini dah ready..cuman nggak banyak... Hikhik


bro phoenix, btw harga satu set busi utk AV-VVT-I brp ya? apa tinggal di P&P ? soalnya wa di Medan, rencana kalo cocok mau pesan juga tp tinggal pasang doank....
thks


hehehe..dah ngebet yah?...kyknya kalo pake busi yg ini, ogah PNP kali ye...

@ kagi...hehehe..sama bro-ng businya...


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - prayoga - 04-10-2007 16:05

@ om andreas,
Setelah di ganti Busi Autolite di XeXi VVT-i saya hari Minggu 30sept07 kemarin. Pertama di coba tarikan bawah nya nya enak, dan saya belum coba bawa ke TOL...tapi hari ini setelah saya bawa ke tol BSD-Pd Indah pada saat kecepatan di 80Km/h berasa drop power, sehingga tarikan nya berasa berat...Kenapa ya Om? Beda dgn Businya masih standard NGK DCPR7EA sebelum nya yg makin bejek gas makin kenceng...Apa karena persaan saya saja ya? nanti malem lagi dach di coba pas Pulang Ke rumah, apa perasaan saya saja atau memang berat jadi tarikan nya...


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Fanny Agusbrata - 04-10-2007 17:48

^Nah...kok malah jadi berat larinya? Gue juga mau ganti kalo bisa bikin tarikan bawahnya tambah enak. Soalnya yg 1.3 VVT-i kan gigi 2nya loyo...tipe autolitenya yg buat 1.3 VVT-i apa, yah?Smile


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - prayoga - 04-10-2007 19:40

Fanny Agusbrata Menulis:
^Nah...kok malah jadi berat larinya? Gue juga mau ganti kalo bisa bikin tarikan bawahnya tambah enak. Soalnya yg 1.3 VVT-i kan gigi 2nya loyo...tipe autolitenya yg buat 1.3 VVT-i apa, yah?Smile


Kurang tau dech bos..tar malem lah saya pastiin lagi pas jalanan sepi. Untuk tipe nya klo ga salah 4164, tanya aja dech ma om andreas...


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - r-Phoenix - 07-10-2007 00:39

Fanny Agusbrata Menulis:
^Nah...kok malah jadi berat larinya? Gue juga mau ganti kalo bisa bikin tarikan bawahnya tambah enak. Soalnya yg 1.3 VVT-i kan gigi 2nya loyo...tipe autolitenya yg buat 1.3 VVT-i apa, yah?Smile


Mbak Fanny..kalo buat tarikan bawahnya vvt-i sementara obatnya cuman AIP kalo businya cuman tambahan tenaga aja..pake AIP juga nggak bakalan batalin garansi kok..udah OK's banget..dateng dech cobain..kemaren ada kok anggota cewek juga yg dateng udah pasang..muantap dech..nggak pake yg e-samping...

@ prayoga..businya dah diganti..ntar kalo ada yg baru coba lagi dech...


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - fanno - 07-10-2007 19:39

r-Phoenix Menulis:

Fanny Agusbrata Menulis:
^Nah...kok malah jadi berat larinya? Gue juga mau ganti kalo bisa bikin tarikan bawahnya tambah enak. Soalnya yg 1.3 VVT-i kan gigi 2nya loyo...tipe autolitenya yg buat 1.3 VVT-i apa, yah?Smile


Mbak Fanny..kalo buat tarikan bawahnya vvt-i sementara obatnya cuman AIP kalo businya cuman tambahan tenaga aja..pake AIP juga nggak bakalan batalin garansi kok..udah OK's banget..dateng dech cobain..kemaren ada kok anggota cewek juga yg dateng udah pasang..muantap dech..nggak pake yg e-samping...

@ prayoga..businya dah diganti..ntar kalo ada yg baru coba lagi dech...


harganya brp boss..? Yagak


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Gado2Enak - 07-10-2007 22:25

fanno Menulis:
harganya brp boss..? Yagak


harganya nggak bikin kantong kita kempes kok . . .
biasanya bri Phoenix tuh ganti busi Autolite nya pas kita sekalian tune up . . .
kalau pengin sekalian pasang AIP . . . nggak rugi kok . . .


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Fanny Agusbrata - 07-10-2007 22:45

Mas Andreas, AIP itu apaan artinya? Biayanya berapaan?


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - PenyuTurbo - 07-10-2007 23:02

Fanny Agusbrata Menulis:
Mas Andreas, AIP itu apaan artinya? Biayanya berapaan?


AIP = Angka Index Prestasi .... Yagak Air Injection (Induction) Phoenix ... Babay


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - r-Phoenix - 08-10-2007 00:39

Fanny Agusbrata Menulis:
Mas Andreas, AIP itu apaan artinya? Biayanya berapaan?


Lah AIP tuh sebutannya bobby kali nyee...gw aja nggak tau namanya apaan...oh threadnya udah ada di modifikasi .. mbak tinggal baca aja..emang ada kekurangan ama kelebihan so far lbh banyak untungnya sich..kalo soal irit-rit gw nggak pernah janjian cuman buat performance ayu dah...cuman kebanyakan side effectnya jadi irit (harusnya)


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - indoram - 08-10-2007 00:42

r-Phoenix Menulis:

Fanny Agusbrata Menulis:
Mas Andreas, AIP itu apaan artinya? Biayanya berapaan?


Lah AIP tuh sebutannya bobby kali nyee...gw aja nggak tau namanya apaan...oh threadnya udah ada di modifikasi .. mbak tinggal baca aja..emang ada kekurangan ama kelebihan so far lbh banyak untungnya sich..kalo soal irit-rit gw nggak pernah janjian cuman buat performance ayu dah...cuman kebanyakan side effectnya jadi irit (harusnya)


Pertanyaan kedua ko gak dijawab sih....?????095095


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - r-Phoenix - 08-10-2007 01:05

@ indo ..hehehe..ada hrg khusus tuh...boleh dong japri..


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - indoram - 08-10-2007 01:10

r-Phoenix Menulis:
@ indo ..hehehe..ada hrg khusus tuh...boleh dong japri..


Lah ini kan forum terbuka tuk umum.....Tongue_out


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - r-Phoenix - 08-10-2007 09:29

@ prayoga..kemaren type yg dikirim salah..mangkanya nggak ampuh...ampun yah...yg ok hari rabu ready tuh..


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Fanny Agusbrata - 08-10-2007 17:28

Mas Andreas, busi autolite buat 1.3 VVT-i tipenya yg 4164, betul? Kalo bagus mau ganti juga ahhhYagak


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - indoram - 08-10-2007 17:41

Fanny Agusbrata Menulis:
Mas Andreas, busi autolite buat 1.3 VVT-i tipenya yg 4164, betul? Kalo bagus mau ganti juga ahhhYagak


Pake denso iridium mao gak?

Hasil 11 - 12 lah tp life time lbh panjang....Winking


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Fanny Agusbrata - 09-10-2007 16:49

Memang sepertinya mending sekalian yg iridium...itu yg hasil 11-12 maksudnya apaan?Smile


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Pras - 09-10-2007 17:10

Fanny Agusbrata Menulis:
Memang sepertinya mending sekalian yg iridium...itu yg hasil 11-12 maksudnya apaan?Smile


11-12 = beda tipis... 12 kan sebelahnya sebelas... Winking


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Fanny Agusbrata - 09-10-2007 18:01

^Kalo itu sih nenek2 juga tauHahaHaha


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - indoram - 09-10-2007 20:39

Pras Menulis:

Fanny Agusbrata Menulis:
Memang sepertinya mending sekalian yg iridium...itu yg hasil 11-12 maksudnya apaan?Smile


11-12 = beda tipis... 12 kan sebelahnya sebelas... Winking


Fanny Agusbrata Menulis:
^Kalo itu sih nenek2 juga tauHahaHaha


Lah uda tau masih nanya....YagakYagak

Maksudnya spt yg bro pras bicarakan. Tp life time lbh lama n harga jg lbh mahal....
Hampir 2 kali lipat. Tp bs dipake ampe 100rb km....

Gmn berminat....????


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Gado2Enak - 09-10-2007 21:25

harganya masing2 berapa ???


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - indoram - 09-10-2007 21:26

Iridium satu set 4 biji 250 rb.

Kl autolite nanya ke andreas aja deh....Winking


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Gado2Enak - 09-10-2007 21:27

tinggi juga yah harganya . . .


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Fanny Agusbrata - 09-10-2007 23:01

indoram Menulis:

Pras Menulis:

Fanny Agusbrata Menulis:
Memang sepertinya mending sekalian yg iridium...itu yg hasil 11-12 maksudnya apaan?Smile


11-12 = beda tipis... 12 kan sebelahnya sebelas... Winking


Fanny Agusbrata Menulis:
^Kalo itu sih nenek2 juga tauHahaHaha


Lah uda tau masih nanya....YagakYagak

Maksudnya spt yg bro pras bicarakan. Tp life time lbh lama n harga jg lbh mahal....
Hampir 2 kali lipat. Tp bs dipake ampe 100rb km....

Gmn berminat....????


Mas indoram....gue betul2 nggak ngerti apa maksud 11-12 itu...tolong dijelaskan dooongSmile


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - indoram - 09-10-2007 23:53

Maksud dr 11 - 12 itu gak beda jauh.

Jd antara Autolite dgn Iridium itu performa n efek yg dihasilkan gak beda jauh. Mirip2lah maksudnya.

Beda yg plg jelas itu di life time nya. Kl Autolite kl gak slh 50 rm mil. Kl iridium yg std bs ampe 100 rb mil.

Kl iridium yg buat crown bs ampe 250 rb mil. Dan hrgnya jg mahal amir.
Satu biji bisa sekitar 200 ampe 300 rb, tergantung jenisnya....Super

Itu makanya knp iridium disebut life time spark plug. Krn umur boil di luar kan jarang yg jln ampe 250 rb mil.

Sudah ngerti lum....???Winking


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - r-Phoenix - 13-10-2007 11:18

@ Mbak Fanny..kyknya mungkin entu no-nya, gw jrg ngeh sech ama no..cuman masalahnya cuman di kunci buat masang businya, beda ma yg ada di pasaran...untung gw ada yg pas2an..

Iridium tuh bahannya "lbh" gampang menghantar listrik dari koil..mangkanya lbh awet..kalo buat performance, iridium cocoknya di puteran atas alias jalan stright terus minimal 400 km sehari nggak musti dalam artian buat balap..kalo masih 90% make mobil dalem kota yg stop and go mending pake estede, karena cocok buat puteran bawahnya (tarikannya)..kalo nggak platinum-nya Autolite..krn struktur busi platinumnya beda.


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - indira - 13-10-2007 13:00

Iridium satu set 4 biji 250 rb.

Bro andreas...
Iridium yg dmaksud tuh NGK Iridium ??? apa beda merk ??
kalau beda fungsi n kelebihan sama ama yg Iridium ????


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - indira - 13-10-2007 13:34

NGK Iridium VS Autolite

kelebihan n kekurangan masing2 apa yah?


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - smoke - 13-10-2007 14:09

indira Menulis:
NGK Iridium VS Autolite

kelebihan n kekurangan masing2 apa yah?


bos sepertinya udah pernah di bahas bos....
coba di cari2 dan d baca2 bos.... ok...Gozkirpma
ato pake alat search bos yak


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - r-Phoenix - 13-10-2007 16:57

indira Menulis:
Iridium satu set 4 biji 250 rb.

Bro andreas...
Iridium yg dmaksud tuh NGK Iridium ??? apa beda merk ??
kalau beda fungsi n kelebihan sama ama yg Iridium ????


Beda merek pak..sebenarnya beda bahan dasarnya..kalo iridium kelebihannya buat jalan jauh, tenaga stand by terus, kalo Autolite yg pak Indira pake sekarang bahannya cooper alias tembaga..buat tarikan ama torsi bawah misalnya pada saat nyalib di tanjakan cooper lbh nendang..drpd iridium..iridium butuh panas mesin ama listrik dari coil dgn voltase stabil baru ok..kalo sering stop and go otomatis voltase coil naik turun..tarikannya jadi kurang

NB: Busi cuman executor..bukan penentu besarnya api..kalo besar nggaknya pengapian dari coil itu sendiri ama kabel busi-nya...busi makin lancar menghantar listrik keliatan apinya aja lbh gemuk..cuman biasanya di rpm tertentu..kalo cooper gede apinya di rpm bawah..kalo iridium sebaliknya

pak ngomong2 dah sampe kampung nech?...


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - indira - 17-10-2007 11:24

Bos Andreas tks pencerahannya..

Msh di kampung nih hr sabtu baru bermacet2 ria lg balik jkt...

minggu depan atur jadwal tune up di phoenix nih....


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - r-Phoenix - 20-10-2007 08:36

Siap pak...pake aja dulu..kalo mau cek and ricek..mampir aja..


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - ravel rann - 20-10-2007 21:05

kalau busi iridium ngk/denso buat avs 1.5 nyari dimana yah ?
kok beberapa toko variasi bilang barangnya belum ada


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - indoram - 20-10-2007 22:54

ravel rann Menulis:
kalau busi iridium ngk/denso buat avs 1.5 nyari dimana yah ?
kok beberapa toko variasi bilang barangnya belum ada


Kl mao sy bs bantu bro.
Call ane di 0811974730 atau 68060408. Gozkirpma


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - r-Phoenix - 21-10-2007 09:56

ravel rann Menulis:
kalau busi iridium ngk/denso buat avs 1.5 nyari dimana yah ?
kok beberapa toko variasi bilang barangnya belum ada


Mas nyari part begituan jgn di toko variasi ama toko spare part/onderdil biasanya yg ngejual bisa "nge-bual" krn nggak bisa baca spek-taunya jualan..cari di speed shop, kepuasan di jamin...krn biasanya rata2 speed shop bossnya emang tau mesin..tau apa yg dijual..

kalo Indoram mah emang udah te-ope dah kalo soal gituan..bandarnye!!..bos loe kalo supply part panther ke gw hrgnya gimana?...


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - indoram - 21-10-2007 22:52

r-Phoenix Menulis:
kalo Indoram mah emang udah te-ope dah kalo soal gituan..bandarnye!!..Thx bro....Topdeh

bos loe kalo supply part panther ke gw hrgnya gimana?...
Soal hrg bs diatur, soal pembayaran asal jgn keterlaluan gue bs bantu lah....Yagak




RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - r-Phoenix - 22-10-2007 09:41

wah yah... telalu banyak getu??...hehehe..


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - indira - 22-10-2007 12:39

bro andreas kalo jual NGK iridium IX, brapaan 4 biji ???


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - r-Phoenix - 23-10-2007 01:28

NGK iridium buat upgrade..bkn type estede 350rb...pilihan yg teopebegete...


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - honggy - 23-10-2007 07:41

jadi kalo busi vvti yang bisa bikin irit, tarikan mantap apa dong??

dulu gw pernah pake autolite iridium buat bahenol... jadi lebih irit en tarikan lebih enteng...

gmana untuk avanza vvti?? lebih irit en entengan mana ama std??
karena busi std menurut gw yang bukan pembalap sih udah enak aja tarikannya, buat nyalip juga oke....

satu lagi, udah pernah dibahas tapi gw lupa... ganti busi setiap berapa km?? kemaren servis 10rb belom ganti...


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - indoram - 23-10-2007 07:56

honggy Menulis:
jadi kalo busi vvti yang bisa bikin irit, tarikan mantap apa dong??

dulu gw pernah pake autolite iridium buat bahenol... jadi lebih irit en tarikan lebih enteng...

gmana untuk avanza vvti?? lebih irit en entengan mana ama std??
karena busi std menurut gw yang bukan pembalap sih udah enak aja tarikannya, buat nyalip juga oke....

satu lagi, udah pernah dibahas tapi gw lupa... ganti busi setiap berapa km?? kemaren servis 10rb belom ganti...


Ganti busi kl std tiap 20rb km. Tp sbtlnya kl sh bgs mao pake terus jg gak masalah sih. Cm takutnya tgh jln di koit beneran n selaen itu kerjanya jg uda gak bagus lg. Ibarat air yg tadiny nyembur skrg tgl nyiprat doang....Yagak

Kl mao bagus pake denso atau ngk iridium aje.


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Dewa - 23-10-2007 09:44

Iya nich bos Phoenix untuk VVTI yang di pakai harian biar irit & tarikan mantap pake busi apa ya? sabtu besok mau coba ke Lampung....

Busi standar untuk VVTI biasanya ganti setiap 20.000 km


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - r-Phoenix - 28-10-2007 09:33

Om buat sementara vvt-i adanya autolite estede... autolite ini mang beda...ntar balik dari lampung mampir dah...


RE: Busi Autolite utk. AV VVT-i - Gundul - 22-11-2007 10:01

cieshin Menulis:

r-Phoenix Menulis:
Autolite yg di pake kagi beda dengan yg dipasaran, untuk mencegah ngelitik, autolitenya pake yg kepala electrodenya lbh pendek, krn mesin a/x vvt-i menggunakan piston yg berbeda profil dgn AVG, ruang bakarnya juga lbh sempit Tuh ...so far nggak ada masalah..engine response nggak seperti yg gw kira..wuss..wuss...kalo di joint ma AIP/CAI, power nambah 1/2 kalinya dari 1500 rpm Nafsu ....cuman masalahnya ada di kunci businya juga nggak pasaran...kudu invest lagi gw..hehehehe...businya mungkin weekend ini dah ready..cuman nggak banyak... Hikhik


bro phoenix, btw harga satu set busi utk AV-VVT-I brp ya? apa tinggal di P&P ? soalnya wa di Medan, rencana kalo cocok mau pesan juga tp tinggal pasang doank....
thks


Bro phoenix, pengen tahu juga harganya brp per set? untuk mazda lantis...
sekalian ongkos kirimnya soalnya ae di malang..
thx