Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Topik: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 (/showthread.php?tid=3419)


Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - SaPiE - 05-06-2007 09:25

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Propinsi DKI Jakarta mulai September 2007 akan menerapkan sanksi hukum bagi pemilik kendaraan pribadi roda empat yang belum menguji emisi gas buang kendaraannya sesuai Perda No.2/2005 tentang pengendalian kualitas udara di Jakarta

Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta, Budirahma Natakusuma, di Balai Kota Jakarta, Kamis, memaparkan penegakan hukum tersebut akan menggunakan mekanisme tilang berdasarkan pada UU No.14 tahun 1992 tentang lalu lintas dan angkutan jalan raya.

"Fokus tahun ini pada September nanti adalah penegakan hukum. Kita bisa gunakan mekanisme tilang. Jadi, semua kendaraan pribadi akan kita periksa," katanya.

Dia menjelaskan, sejak diberlakukannya secara efektif Perda No.2/2005 pada Februari 2006, baru 26 ribu unit mobil yang telah melakukan uji emisi gas buang, padahal jumlah bengkel bersertifikasi uji emisi telah meningkat dari 21 bengkel menjadi 136 bengkel.

"Masalah yang dihadapi adalah karena masih bersandar pada peran Pemda, antara lain untuk penyediaan stiker. Ketika tahun anggaran belum habis tapi stiker sudah habis maka pengadaannya tersendat karena harus melalui proses lelang," paparnya.

Oleh karena itu, atas usulan dari beberapa pihak maka tengah dibahas peran serta pihak swasta dalam pelaksanaan uji eisi dan juga penyediaan stikernya.

"Swasta nantinya akan ikut menyediakan stiker yang dananya berasal dari sebagian biaya uji emisi. Jadi, kami hanya penomoran dan registrasi saja," kata Budirahma

Dengan sistem yang baru nanti, juga diharapkan tersedia database kendaraan yang sudah diuji emisi sehingga bila satu pemilik kendaraan telah mengajukan di bengkel tertentu, maka enam bulan kemudian dia bisa ke bengkel lain yang telah bersertifikasi.

Sementara itu, Sekjen Mitra Emisi Bersih (MEB) John Livingston Wuisan memaparkan telah ada pemangku kepentingan yang siap memberlakukan sistem yang disebut sebagai pembelian mandiri.

"Kita sudah mensosialisasikan sistem ini kepada 136 bengkel dan kami mengharapkan akan dilakukan sertifikasi terhadap bengkel lain sehingga pada September 2007 sudah ada 300 bengkel yang bersertifikasi untuk melakukan uji emisi," katanya.

Dengan sistem pembelian mandiri maka pengadaan stiker tidak akan lagi tergantung pada Pemda DKI, dan juga bisa diimplementasikan sistem database online untuk data bengkel yang bersertifikasi.

Dia memaparkan MEB bertindak sebagai koordinator, sedangkan pihak lain yang ikut serta adalah Aspekindo (Asosiasi Perbengkelan Indonesia), Gaikindo (Gabungan) karena mereka membawahi ATPM, Sucofindo yang mengawasi secara teknis uji emisi dan YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia).

"Kita harapkan sebelum September 2007 ini sudah dapat diimplementasikan," katanya.(*)

Copyright © 2007 ANTARA


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Prio - 05-06-2007 09:39

Bikin uji emisi rame2 aja. Om Chandra udah pengalaman tuh hehehe....


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - ardja - 05-06-2007 09:53

setuju banget! Topdeh


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Racing - 05-06-2007 10:13

Uji Emisi yang paling bagus diterapkan dulu ke Bus angkutan kota dan angkutan publik lainnya.
Kalo mobil penumpang pribadi biasanya lebih terawat dibanding mobil diatas.


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Prio - 05-06-2007 10:23

Racing Menulis:
Uji Emisi yang paling bagus diterapkan dulu ke Bus angkutan kota dan angkutan publik lainnya.
Kalo mobil penumpang pribadi biasanya lebih terawat dibanding mobil diatas.


Betul om, tapi mobil pribadi juga obyek yg paling gampang diminta keluar duit buat uji emisi WallbashWallbash

Sebetulnya untuk angkutan kota atau pick up udah ada uji emisi pada waktu kir mobil yg wajib setiap 6 bln sekali. tapi kenyataan dilapangan yah, tau sendiri deh Tuh


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - iNdr4 - 05-06-2007 10:28

wah pasti mobil ogut ga lewat ...

serba salah setel CO bener emisi bagus.. larinya bolot .. Hikhik


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - KaGi - 05-06-2007 10:28

Racing Menulis:
Uji Emisi yang paling bagus diterapkan dulu ke Bus angkutan kota dan angkutan publik lainnya.
Kalo mobil penumpang pribadi biasanya lebih terawat dibanding mobil diatas.


setuju bgt... kendaraan umum & motor 2 tak yg lbh dulu diuji emisi...


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Tenzo - 05-06-2007 10:34

Prio Menulis:
tapi kenyataan dilapangan yah, tau sendiri deh Tuh


yah balik ke kesadaran pemiliknya aja. tp org skrg mau yg instant aja jd.......TuhTuh


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - BonBon - 05-06-2007 10:49

yah....kalo gini sih yang kena pasti golongan menengah lagi...

coba dipikir...
kalo yang kaya...beli mobil mewah..harusnya sih udah pada lolos uji emisi punya...kalo angkutan umum...g gak percaya ini bisa ditindak...wong kebijakan seatbelt aja gak berlaku buat angkutan, padahal waktu itu pernah dikasih batas akhir buat angkutan umum untuk pake seatbelt...buktinya ana ada coba metromini ama mikrolet yang ada seatbeltnya...gak pernah ditilang tuh...(saoalnya gak ada duitnya.)

yang sengsara yang golongan menengah begini...mobil mewah gak punya..pake A/X, pertamazx naik... mau pake premium copot CC, nanti malah gak lolos uji emisi.. dan kena tilang....

CAPE DEH......TuhTuh


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Don - 05-06-2007 10:54

Bajaj pasti gak ada yg lolos, berarti bajaj akan ilang dari peredaran mulai September ya?
Juga Metromini & Kopaja & bus2 tua?

Kita liat aja ntar prakteknya gimana..

Belakangan ini gw rada neg ama polisi.


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Xandox - 05-06-2007 10:54

Klo menurut gw sich, ini cuman anget-2 ***ups....sensor*** ayam....Tongue1

pada intinya cuman buat proyek cari duit aja alias UUD, soalnya kan paling gampang tuch mobil pribadi.

coba kalo angkutan umum, klo di tilang, yg ada di cuekin aja ama sopirnya, lebih parah lagi bus suruh bawa ama polisi, mana mau dia....Haha


Pan sekarang klo beli mobil baru dah ada stikernya tuch....punya ogut aja dah ada dari DAI BSD....Tongue_out


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - honggy - 05-06-2007 11:09

BonBon Menulis:
kalo yang kaya...beli mobil mewah..harusnya sih udah pada lolos uji emisi punya...


belom tentu, gw pernah baca salah satu mobil mewah kadar pencemarannya tinggi, melebihi bus kota... (walau di tidak berasap seperti cumi) CMIIW


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - dhims - 05-06-2007 11:16

Xandox Menulis:
Klo menurut gw sich, ini cuman anget-2 ***ups....sensor*** ayam....Tongue1

Pan sekarang klo beli mobil baru dah ada stikernya tuch....punya ogut aja dah ada dari DAI BSD....Tongue_out


bro, ini stiker yg mana sih ?


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - deedoe - 05-06-2007 11:32

Don Menulis:
Belakangan ini gw rada neg ama polisi.


"Oknum" polisi kali bro...
BTW, yang oknum sm yg bukan banyakan mana yaa 095 sampe susah mbedainnya Wallbash

Jadi OOT dech... cepe deh.. Whistling


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - beni_sts - 05-06-2007 11:41

Don Menulis:
Bajaj pasti gak ada yg lolos, berarti bajaj akan ilang dari peredaran mulai September ya?
Juga Metromini & Kopaja & bus2 tua?

Kita liat aja ntar prakteknya gimana..

Belakangan ini gw rada neg ama polisi.

khan kalau bajaj ada yg BBG om ?


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - honggy - 05-06-2007 11:45

dhims Menulis:

Xandox Menulis:
Klo menurut gw sich, ini cuman anget-2 ***ups....sensor*** ayam....Tongue1

Pan sekarang klo beli mobil baru dah ada stikernya tuch....punya ogut aja dah ada dari DAI BSD....Tongue_out


bro, ini stiker yg mana sih ?


gw juga dapet stiker, astraworld ama A2k Cilandak... stiker yang mana nih???


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - SaPiE - 05-06-2007 11:49

biasanya ada stiker "emisi oke"...???


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Xandox - 05-06-2007 12:08

dhims Menulis:

Xandox Menulis:
Klo menurut gw sich, ini cuman anget-2 ***ups....sensor*** ayam....Tongue1

Pan sekarang klo beli mobil baru dah ada stikernya tuch....punya ogut aja dah ada dari DAI BSD....Tongue_out


bro, ini stiker yg mana sih ?


Uji emisi OK "DAI BSD", bentuknya bulet (klo ga salah) trus warna biru...di tempel di bemper belakang sebelah kiri bawah...


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Chandra - 05-06-2007 12:23

iNdr4 Menulis:
wah pasti mobil ogut ga lewat ...

serba salah setel CO bener emisi bagus.. larinya bolot .. Hikhik


di stel dulu buat uji emisi..
dapat stiker, balikin lagi.. kan gratis Yagak Andreas PhoenixTongue1


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - atie RR - 05-06-2007 13:06

Don Menulis:
Bajaj pasti gak ada yg lolos, berarti bajaj akan ilang dari peredaran mulai September ya?
Juga Metromini & Kopaja & bus2 tua?

Kita liat aja ntar prakteknya gimana..

Belakangan ini gw rada neg ama polisi.


justru itu, yg disasar kendaraan pribadi krn si UUD itu...
maksudnya sih bagus, biar udara rada2 bersih dikit. tapi perasaan, yg balakutak gitu banyakan bis kota, yg notabene gak kesentuh sm tu aturan...

bener2 cape deh TuhTuh


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Chandra - 05-06-2007 13:16

biasanya .. kalo dah mo PILKADA gini, banyak aja yg "ditegakkan"...
ntar udah lewat, bebas laggiiiii WinkingTongue1


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Soenfri - 05-06-2007 14:01

Kalo uji emisi bener2 dijalankan maka efek dominonya banyak banget sprt penggunaan knalpot yg gak standar (kebanyakan motor) udah gak bisa, filter udara hrs tetap bersih, masa pakai kendaraan akan lebih pendek (sama aja membatasi penggunaan kendaraan tdk lebih dari 5-10 taon), dll

Dengan efek domino tersebut maka toko aksesories knalpot akan mati, hrs ada pembuangan/penghancuran kendaraan (biaya lagi dan tau sendiri khan kendaraan di Indonesia selagi masih bisa jalan tetap terus diperbaiki), dsb.

Dengan uji emisi ini maksudnya menjadikan udara bersih, tapi harus dipikirkan sarana penunjangnya maka dampak yg ditimbulkan dapat dikurangi sehingga semua pihak tidak merasa dirugikan.


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Nurtaranto - 05-06-2007 17:45

ayo rame2 uji emisi!Babay


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - dani3 - 05-06-2007 21:17

Uji emisi tuh kena biaya berapa duit sih? trus berapa lama saat pengujiannya?

nah klo yang udh pake CC apa tetap harus uji emisi juga yah? 095


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - dhanvin - 05-06-2007 21:24

bro semua, coba cek deh di semua A2K, tiap hari kamis cek emisi gratis tuh..................buat semua merek type mobil Toyota.......CMIIWTopdehTopdeh,

makanya buruan deh besok kamis pada uji emisi di A2K terdekat..........


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - dani3 - 05-06-2007 21:30

Yah enak bener yang punya toyota Yagak

DAI gratis juga gak yah 095


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Chandra - 05-06-2007 21:33

dhanvin Menulis:
bro semua, coba cek deh di semua A2K, tiap hari kamis cek emisi gratis tuh..................buat semua merek type mobil Toyota.......CMIIWTopdehTopdeh,

makanya buruan deh besok kamis pada uji emisi di A2K terdekat..........


Bro.. A2K bener bisa cek emisi gratis..
masalahnya surat ma stikernya ada gak ???095


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - satyr - 05-06-2007 22:47

di seluruh cabang auto 2k emang?


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - amin - 04-09-2007 14:24

RR,

Gue baru test CO, ada hasilnya tapi gue nga ngerti hasilnya bagus atau tidak. Ada yg ngerti?

Nih hasil dari BERES Auto 2000

RPM 0000
CO 0,69%
CO2 17,9%
HC 0167 ppm
O2 1,09%

Xenia Xi


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Daus - 04-09-2007 15:09

Kagak ngarti Big Grin

Bro,
dapet stiker kagak, spt pernyataan bro Chandra 095

amin Menulis:
RR,

Gue baru test CO, ada hasilnya tapi gue nga ngerti hasilnya bagus atau tidak. Ada yg ngerti?

Nih hasil dari BERES Auto 2000

RPM 0000
CO 0,69%
CO2 17,9%
HC 0167 ppm
O2 1,09%

Xenia Xi




RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Bobby Sant - 04-09-2007 16:52

amin Menulis:
RR,

Gue baru test CO, ada hasilnya tapi gue nga ngerti hasilnya bagus atau tidak. Ada yg ngerti?

Nih hasil dari BERES Auto 2000

RPM 0000
CO 0,69%
CO2 17,9%
HC 0167 ppm
O2 1,09%

Xenia Xi


Itu CO2 gak salah tuh? biasanya cuman mentok diangka 16% lho...


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - dani3 - 04-09-2007 19:44

Om Bobby, klo saya punya hasilnya bagaimana nih? bagus gak? apa masih bisa lebih bagus lagi gak?

Mobil XeLi VVTi, BBM Premium, oli QuasarP2, saringan udara racing (lupa merek),
busi standart dari pabrikan, cuma pake AIP ajah.

hasil test nya :

Hasil :
CO = 0,53 %
CO2 = 14.2 %
HC = 0200 ppm
O2 = 0,94 %
Lamda =1,021

Mohon petunjuk para suhu disini, hasilnya bagus gak?

Apa masih bisa lebih bagus lagi dari ini?


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - amin - 05-09-2007 10:57

[quote=Daus]
Kagak ngarti Big Grin

Bro,
dapet stiker kagak, spt pernyataan bro Chandra 095

[quote=amin]

Nga Dapet setiker, cuma print an dari BERES


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - amin - 05-09-2007 11:00

[/quote]

Itu CO2 gak salah tuh? biasanya cuman mentok diangka 16% lho...
[/quote]

Om Boby, kalo CO2 sampai 17,9% berarti harus di setel lagi apa perlu sekalian di tune up?

Kalau hasil CO nya bagaimana?

Mohon petunjuknya

Thanks


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - BUDI - 05-09-2007 11:12

Bro Bobby,

Mmg ada beberapa alat uji emisi CO2 yg sampe skala 20% (klu ndak salah inget uji emisi di Garden Speed/bro Taqwa CO2-nya s/d 20%), cuman bgmn hubungannya dgn yg skala 16% krg tahu juga ?? Klu sederhananya hasil %CO2 di mesin uji 20% dibagi 1,25 saja he he (spy masuk ke skala mesin uji 16%).

Bro dani3,

Klu Xe Li VVTi-nya msh pake CC maka emisi CO-nya musti 0,00%.
Hsl tsb normal utk mesin EJ-DE (XeLi non-VVTi) ato EJ-VE (XE Li VVTi) yg sudah lepas CC.
Setelan tsb sdh baik ttp bisa coba ditingkatkan %CO2 maksimum (bisa sampe 15,5%-typical) dgn mengubah-ubah setelan CO-nya dari 0,5-1,0% (ttp jangan sampe HC-nya naik juga).


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Bobby Sant - 05-09-2007 11:25

dani3 Menulis:
Om Bobby, klo saya punya hasilnya bagaimana nih? bagus gak? apa masih bisa lebih bagus lagi gak?

Mobil XeLi VVTi, BBM Premium, oli QuasarP2, saringan udara racing (lupa merek),
busi standart dari pabrikan, cuma pake AIP ajah.

hasil test nya :

Hasil :
CO = 0,53 %
CO2 = 14.2 %
HC = 0200 ppm
O2 = 0,94 %
Lamda =1,021

Mohon petunjuk para suhu disini, hasilnya bagus gak?

Apa masih bisa lebih bagus lagi dari ini?


Bro, mobil lu khan Xelia Li VVT-i yg udah pakai CC kok hasilnya kayak mobil non VVT-i yg gak pakai CC ????

Salah colok lubang kali ya???


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Den Bagus - 05-09-2007 13:23

BUDI Menulis:
Bro Bobby,

Mmg ada beberapa alat uji emisi CO2 yg sampe skala 20% (klu ndak salah inget uji emisi di Garden Speed/bro Taqwa CO2-nya s/d 20%), cuman bgmn hubungannya dgn yg skala 16% krg tahu juga ?? Klu sederhananya hasil %CO2 di mesin uji 20% dibagi 1,25 saja he he (spy masuk ke skala mesin uji 16%).

Bro dani3,

Klu Xe Li VVTi-nya msh pake CC maka emisi CO-nya musti 0,00%.
Hsl tsb normal utk mesin EJ-DE (XeLi non-VVTi) ato EJ-VE (XE Li VVTi) yg sudah lepas CC.
Setelan tsb sdh baik ttp bisa coba ditingkatkan %CO2 maksimum (bisa sampe 15,5%-typical) dgn mengubah-ubah setelan CO-nya dari 0,5-1,0% (ttp jangan sampe HC-nya naik juga).


R/R, kesimpulan gua ini bener gak ya 095

CO2 lebih besar lebih baik
CO, O2 & HC lebih kecil lebih baik
Lambda mendekati 1 lebih baik

VVTI ada setelan CO-nya kah ? ...

Eniwei tilang ini udah efektif belum ya 095

Tks


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - KaGi - 05-09-2007 15:04

Den Bagus Menulis:
VVTI ada setelan CO-nya kah ? ...


Kalo di AV VVT-i gue ada kok Tongue1


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - BUDI - 05-09-2007 16:29

Just sharing.....
Hubungan emisi gas exhaust di A/X VVTi (CO, HC & NOx yg direduksi oleh three way CC) thdp Lambda/AFR (kurva)



Pada saat Lambda disekitar 1 (AFR 14,7:1) maka efisiensi Catalytic Converter optimal (kerja CC paling ringan) shg umur CC paling panjang.


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - moengoet - 05-09-2007 16:47

KaGi Menulis:
Kalo di AV VVT-i gue ada kok


setelan CO 'sempalan' yach? Yagak
Big Grin Big Grin Big Grin mau donk!


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - dani3 - 08-09-2007 00:52

Budi Menulis:
Bro dani3,

Klu Xe Li VVTi-nya msh pake CC maka emisi CO-nya musti 0,00%.
Hsl tsb normal utk mesin EJ-DE (XeLi non-VVTi) ato EJ-VE (XE Li VVTi) yg sudah lepas CC.
Setelan tsb sdh baik ttp bisa coba ditingkatkan %CO2 maksimum (bisa sampe 15,5%-typical) dgn mengubah-ubah setelan CO-nya dari 0,5-1,0% (ttp jangan sampe HC-nya naik juga).


Waduh bagaimana mengubah -ubah setelan CO-nya pak Budi ? XeLi VVTi katanya ngak ada setelah COnya pak Budi 095
sementara CCnya ngak pernah dilepas pak Budi.

Bobby Sant Menulis:
Bro, mobil lu khan Xelia Li VVT-i yg udah pakai CC kok hasilnya kayak mobil non VVT-i yg gak pakai CC ????

Salah colok lubang kali ya???


Wallbash gak tau bos!, padahal CC ngak dilepas Hikhik
CC bocor/bolong bisa ndak yah 095

Lah salah colok lubang bagaimana bos Bob? saya liat sendiri kok knalpotnya yang dimasukin alat tsbt.

Aneh yah! atau karena pakai Premium jadi COnya ngak bisa 0.00%,?


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Gado2Enak - 10-09-2007 08:44

ini beneran September akan ada tilang ??? soalnya AX gw belum ada stikernya nih ??? kasih info terkini donk . . .


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - SaPiE - 10-09-2007 08:51

Gado2Enak Menulis:
ini beneran September akan ada tilang ??? soalnya AX gw belum ada stikernya nih ??? kasih info terkini donk . . .


gue juga ga ada...
dapetin stikernya aja ga ngerti dimana...
akal2an aja nih buat duit lagi.... Tuh


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Tenzo - 10-09-2007 08:58

lah bukannya kalo dah uji emisi ma bengkelnya dikasih stiker langsung???


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - SaPiE - 10-09-2007 09:11

Tenzo Menulis:
lah bukannya kalo dah uji emisi ma bengkelnya dikasih stiker langsung???


di beres emang ga bisa ya...??? 095
bengkel yang ditunjuk doang...??? 095


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Tenzo - 10-09-2007 09:17

yah malahan harusnya beres lebih baik lg pelayanannya dibanding bengkel lain. kalo gw memang belum uji emisi karena yg gw denger itu berlaku untuk kendaraan DKI jakarta, jd tidak diharuskan untuk luar DKI tp gw akan tetep uji emisi karena gw pake mbl kan masuk2 wilayah DKI (takut aja namanya juga polisi, kalo mbl udah berhenti min keluar duit) paling rujukan gw kalo ga lestari motor bintaro kalo ga di radio dalam


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - sutit - 10-09-2007 09:29

Trus klo boil luar kota gimana dong klo masuk DKI, apa harus ikut uji emisi nich,abisnya ntar mudik harus lewat DKI.


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - SaPiE - 10-09-2007 09:30

Tenzo Menulis:
yah malahan harusnya beres lebih baik lg pelayanannya dibanding bengkel lain. kalo gw memang belum uji emisi karena yg gw denger itu berlaku untuk kendaraan DKI jakarta, jd tidak diharuskan untuk luar DKI tp gw akan tetep uji emisi karena gw pake mbl kan masuk2 wilayah DKI (takut aja namanya juga polisi, kalo mbl udah berhenti min keluar duit) paling rujukan gw kalo ga lestari motor bintaro kalo ga di radio dalam


di lestari udah ada stikernya belom... 095

(mending punya stiker tapi gak lulus emisi daripada gak ada stikernya tapi emisinya oke...TuhTuh gara2 takut sama pak polisi nih....)


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Tenzo - 10-09-2007 09:32

sutit Menulis:
Trus klo boil luar kota gimana dong klo masuk DKI, apa harus ikut uji emisi nich,abisnya ntar mudik harus lewat DKI.


mendingan sih periksa aja Bro, cari amannya aja.

SaPiE Menulis:
di lestari udah ada stikernya belom... 095

(mending punya stiker tapi gak lulus emisi daripada gak ada stikernya tapi emisinya oke...TuhTuh gara2 takut sama pak polisi nih....)


gw sih belum tau, tp kalo udah termasuk bengkel rujukan harunya sudah punya stiker Pie.


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - ardja - 19-11-2007 11:05

ehem...
jadinya gimana nih? ada yang udah pernah perpanjang stnk akhir2 ini? ditanyain ga sticker & hasil uji emisinya? gw bulan depan mau perpanjang soale.
Kalo di website ditlantas polda salah satu syaratnya :
- Salinan bukti buku (maksudnya baku kali ya?) uji kenderaan (maksudnya kendaraan kali ya? Tongue_out) bermotor tersebut.

Apakah maksudnya baku uji itu = uji emisi?
Mohon infonya ya guys and girls...


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Av Han zA kU - 19-11-2007 11:07

ahau belum perpanjang STNK pak ardja


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - ardja - 19-11-2007 11:17

tapi mestinya udah ya?
ati2 ditilang pakpol lho!


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - chris.ho - 22-07-2008 14:15

Siap-siap! September Mulai Berlaku Tilang Emisi

Selasa, 22 Juli 2008 | 12:43 WIB
JAKARTA, SELASA - Periksalah emisi gas buang kendaraan Anda mulai sekarang. Sebab, mulai September Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta akan melakukan razia dan menerapkan sanksi hukum kepada pemilik kendaraan yang tidak lolos uji emisi.

"Mulai September atau Oktober kendaraan yang belum melakukan pemeriksaan uji emisi gas buang akan dikenai sanksi melalui mekanisme tilang," kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran BPLHD DKI Jakarta Ridwan P di sela-sela Operasi Teguran Simpatik Uji Emisi Kendaraan di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Selasa (22/7). Seperti tilang, STNK pengemudi akan ditahan dan diserahkan kepada polisi. Proses dendanya dapat diselesaikan di pengadilan.

Dalam operasi teguran simpatik hari ini, para petugas dari Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan menghentikan kendaraan yang melintas secara acak. Petugas kemudian melakukan uji emisi terhadap kendaraan tersebut. Pengendara yang kendaraannya tidak lolos dalam uji gas buang ini kemudian diminta untuk pergi ke bengkel terdekat.

William (32), salah satu pengendara yang kendaraannya memiliki gas buang buruk dan tidak lolos uji emisi, mengatakan, pemerintah seharusnya memulai pemeriksaan dari angkutan kota terlebih dahulu karena menurutnya moda tersebut yang berkontribusi paling besar dalam menghasilkan emisi. Sementara itu, Yanto (53), pengendara lain, menyambut baik kegiatan ini. "Program ini sangat bagus. Saya jadi tahu apakah kendaraan saya laik jalan," tuturnya.

Operasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu melakukan uji emisi dan perawatan kendaraan bermotor ini diadakan setiap hari selasa selama satu bulan berturut-turut di Jakarta.

Menurut BPLHD, lingkungan di Jakarta semakin buruk. Pada tahun 2003 jumlah hari kategori baik untuk dihirup di Jakarta hanya tingga 6,85 persen atau 20 hari dalam setahun.

BPLHD sendiri telah bekerja sama dengan 241 bengkel yang tersebar di Jakarta. "Ke-241 bengkel tersebut telah mendapatkan sertifikat dari Pemda DKI untuk melakukan pemeriksaan uji emisi gas buang," kata Ali Azrapiq, penguji emisi gas buang Pemda DKI. (C9-08)

http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/22/12432043/siap-siap.september.mulai.berlaku.tilang.emisi


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - chris.ho - 22-07-2008 14:18

Hari Ini Razia Emisi Kendaraan

Selasa, 22 Juli 2008 | 10:09 WIB
JAKARTA,SELASA - Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi DKI Jakarta mulai Selasa (22/7) ini menggelar razia uji emisi kendaraan dalam rangka sosilalisasi penerapan Perda Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

Namun, jangan khawatir, menurut Kepala BPLHD DKI Budirama Natakusumah, razia kali ini masih bersifat teguran simpatik. "Kami ingin melakukan edukasi dan sosialisasi sebelum penerapan Perda secara hukum," katanya.

Bila kondisi kendaraan baik, pihak BPHLD akan memberikan striker dan buku emisi kendaraan bermotor dengan gratis. Sementara itu, bila tidak lolos akan diberikan teguran simpatik.

Program ini akan dilakukan setiap Selasa selama lima pekan ke depan. Razia teguran simpatik hari ini dilakukan di Jalan Medan Merdeka Timur. Lalu, pekan kedua pada 29 Juli digelar di Jalan Pemuda, 5 Agustus di Jalan Yos Sudarso, 12 Agustus di Jalan Letjen S Parman, dan 19 Agustus di Jalan Raya Pasar Minggu. Operasi dilakakan mulai pukul 09.00 hingga 12.00.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/22/10094287/hari.ini.razia.emisi.kendaraan


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Gado2Enak - 23-07-2008 13:43

Oktober 2008 Wajib Uji Emisi - Tak Berstiker di Tilang !!

Gambir Warta Kota,23 Juli 2008, Pastikan kendaraan bermotor anda selalu dalam kondisi baik dan mesinnya lulus uji emisi gas buang setiap kali memasuki wilayah Ibu Kota.
Pasalnya, mulai bulan Oktober 2008,Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI akan menilang setiap kendaraan yang kedapatan tak dilengkapi stiker uji emisi.

Langkah itu merupakan bagian dari upaya Pemprov DKI menegakkan UU No.14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Peraturan Daerah No.2 tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara serta peraturan gubernur No.92 tahun 2007 tentang ambang batas emisi gas buang.

Penertiban ini di fokuskan pada mobil, baik milik pribadi maupun angkutan umum. "Untuk sepeda motor infrastrukturnya masih harus dipersiapkan" ujar Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Ridwan Panjaitan, Selasa(22/7).
Menurut Ridwan, untuk sementara waktu penertiban mobil akan di dahulukan karena infrastruktur pendukung nya sudah memadai. Berdasarkan catatan BPLHD DKI di lima wilayah Jakarta saat ini terdapat 216 bengkel yang terakreditasi untuk melakukan uji emisi gas buang.
Jadi tinggal meminta bengkel bengkel ini melakukan uji emisi, jika lulus, bengkel akan memberikan stiker lulus uji emsi dan surat keterangan mobil memenuhi ambang batas emisi ujar Ridwan.

Sebagai bentuk sosialisasi bagi masyarakat, BPLHD DKI menggelar operasi pemeriksaan emisi secara gratis.Operasi Simpatik ini dilaksanakan setiap hari selasa pukul 09.00-12.00, seperti yang digelar di sisi barat stasiun KA Gambir, Jalan Medan Merdeka Timur, kemarin.
Selama tiga jam pelaksanaan operasi simpatik itu, petugas memeriksa 98 mobil dan sebanyak 57 diantaranya tak lulus uji emisi.

BPLHD DKI, Dinas Perhubungan, dan Polda Metro Jaya akan kembali menggelar operasi simpatik ini setiap Selasa dengan jadwal :
29 Juli 2008 : Jalan Pemuda Jakarta Timur
05 Agustus 2008 : Jalan Yos Sudarso Plumpang Jakarta Utara
12 Agustus 2008 : Jalan Letjen S Parman Jakarta Barat
19 Agustus 2008 : Jalan Raya Pasar Minggu Jakarta Selatan.


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - BUDI - 23-07-2008 19:54

Gado2Enak Menulis:
Oktober 2008 Wajib Uji Emisi - Tak Berstiker di Tilang !!


HahaHaha

Klu stikernya ada 10 biji tetapi gas buangnya item pekat kena tilang dak ya ??? 095 Toungue Mustinya yg pertama-tama kena "tilang" yaitu yg keluarin stikernya ya Big Grin
Klu yang jadi acuan tilang hanya ada tidaknya stiker, bisa jadi timbul bisnis baru nih sales "stiker bebas tilang" nih Big Grin


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Gado2Enak - 23-07-2008 20:04

BUDI Menulis:
Klu stikernya ada 10 biji tetapi gas buangnya item pekat kena tilang dak ya ??? 095 Toungue Mustinya yg pertama-tama kena "tilang" yaitu yg keluarin stikernya ya Big Grin
Klu yang jadi acuan tilang hanya ada tidaknya stiker, bisa jadi timbul bisnis baru nih sales "stiker bebas tilang" nih Big Grin


wah bearti dani3 dan rendy bisa kebanjiran pesanan donk . . . Haha


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Hary Bandono - 24-07-2008 14:05

Kalo abis setting CO bisa di test emisi gratis dong..
trus tar kalo belum oke sekalian di tune in lagi trus test lagi...


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Kresna CN - 24-07-2008 14:14

Hary Bandono Menulis:
Kalo abis setting CO bisa di test emisi gratis dong..
trus tar kalo belum oke sekalian di tune in lagi trus test lagi...

Di bengkel mana itu Om... Yagak


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - hanny sabandono - 24-07-2008 14:21

bayarnya brapa sih uji emisi ini? ada yang udah?


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Bobby Sant - 24-07-2008 19:07

Jadi, kalau mobil beremisi rendah gak pakai stiker juga ditilang ya?

Kalau gitu, polusi bisa turun hanya karena stiker?

Hebat juga tuh yg nemuin stiker itu ya....


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - harley - 24-07-2008 19:16

Om Randy & Om Dani3 aku pesan sticker Uji Emisi 2 yahh. Haha
Peraturan Indonesia bikin bisnis baru bagi para ...........(isi sendiri yahh)
Bis kota & truk banyak yg pekat kenapa mulai dr kendaraan pribadi yahh?? 095


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Bobby Sant - 24-07-2008 19:19

Gua juga ikutan pesen ya....


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - chris.ho - 24-07-2008 19:40

harley Menulis:
Bis kota & truk banyak yg pekat kenapa mulai dr kendaraan pribadi yahh?? 095


krn kendaraan pribadi lbh gampang diperes kali, hehehe


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - JuČ - 26-07-2008 12:01

tmn g pernah ngrbl ama bengkel apa gitu lupa..
dia ngobrolin soal uji emisi gas buang ini..
kt bos bengkel,,
uji emisi itu gak mgkn terlaksana..tenang aja..
utk menguji emisi gas buang itu harus menggunakan alat..
alat itu sangat mahal harganya,sangat sedikit bengkel yg mao membelinya..
emang sih sudah byk bengkel2 yg bersertifikat utk soal ini..
tp tetep saja,bengkel2 byk yg gak mao beli alat mahal itu Tuh mahal oi..
(sori klo kurang jelas,g rada2 lupa penjelasannya.Tp intinya itu lah)


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - doni candra - 12-08-2008 09:08

kayak ini yah hasil uji emisi ?

Analysis Emission Gas
CO = 0,33 %
CO2 = 12,7 %
HC = 252 ppm
O2 = 1,92 %
Lambda = 0mY
Lambda factor = 1,079
CO corr = 0,37 %

apa artinya neeh,ada yang bisa bantu095


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - beni_sts - 12-08-2008 11:54

Gado2Enak Menulis:
Oktober 2008 Wajib Uji Emisi - Tak Berstiker di Tilang !!

29 Juli 2008 : Jalan Pemuda Jakarta Timur

gw udah uji emisi gratis tgl 29 Juli di Jl. Pemuda
cuman sebentar
terus dapat bukunya yg kayak pasport & sticker


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - Gado2Enak - 12-08-2008 12:04

beni_sts Menulis:
gw udah uji emisi gratis tgl 29 Juli di Jl. Pemuda
cuman sebentar
terus dapat bukunya yg kayak pasport & sticker


dimananya tu ??? kok nggak mampir ???


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - 3R1X - 12-08-2008 12:29

Tadi pagi sktr jam 11.00 pas lewat mal TA, di depannya ada uji emisi gratis. Cuma g lg naik motor...gak bisa ikutan deh Tongue1


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - chris.ho - 12-08-2008 12:35

doni candra Menulis:
kayak ini yah hasil uji emisi ?

Analysis Emission Gas
CO = 0,33 %
CO2 = 12,7 %
HC = 252 ppm
O2 = 1,92 %
Lambda = 0mY
Lambda factor = 1,079
CO corr = 0,37 %

apa artinya neeh,ada yang bisa bantu095


Biasanya di beres ada tabelnya nih, tiap2 item ada batas max dan min-nya.
Gua pernah telp ke beres nanya artinya apa aja, mereka jelasin tp gua tetep gak ngerti apa yg dia omongTuh


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - beni_sts - 12-08-2008 13:30

SaPiE Menulis:

Gado2Enak Menulis:
ini beneran September akan ada tilang ??? soalnya AX gw belum ada stikernya nih ??? kasih info terkini donk . . .


gue juga ga ada...
dapetin stikernya aja ga ngerti dimana...
akal2an aja nih buat duit lagi.... Tuh

Kayaknya hampir semua A2K bisa keluarin sticker dengan biaya 50 ribu + PPN.
Soalnya gw dikasih daftar bengkel penyelengara uji emisi.


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - beni_sts - 12-08-2008 13:36

Bobby Sant Menulis:

dani3 Menulis:
Om Bobby, klo saya punya hasilnya bagaimana nih? bagus gak? apa masih bisa lebih bagus lagi gak?

Mobil XeLi VVTi, BBM Premium, oli QuasarP2, saringan udara racing (lupa merek),
busi standart dari pabrikan, cuma pake AIP ajah.

hasil test nya :

Hasil :
CO = 0,53 %
CO2 = 14.2 %
HC = 0200 ppm
O2 = 0,94 %
Lamda =1,021

Mohon petunjuk para suhu disini, hasilnya bagus gak?

Apa masih bisa lebih bagus lagi dari ini?


Bro, mobil lu khan Xelia Li VVT-i yg udah pakai CC kok hasilnya kayak mobil non VVT-i yg gak pakai CC ????

Salah colok lubang kali ya???

benar Bro Dani, Xi VVT-i gw juga CO-nya 0%
gw udah 2 kali uji emisi, tahun lalu di A2K Kapuk & tgl 29 Juli 2008.
hasil CO-nya sama 0%, padahal gw juga sekarang udah pakai premium.


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - beni_sts - 12-08-2008 13:37

Gado2Enak Menulis:

beni_sts Menulis:
gw udah uji emisi gratis tgl 29 Juli di Jl. Pemuda
cuman sebentar
terus dapat bukunya yg kayak pasport & sticker


dimananya tu ??? kok nggak mampir ???

Maksudnya mampir kemana ? Suffer


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - beni_sts - 02-09-2008 16:14

udah bulan september nich, mana katanya ada razia uji emisi ? 095


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - JuČ - 19-09-2008 13:54

iya yah..095
apa itu cuma ngemeng doankk...???
tetep takut,hehe..

smoga aja ngak ada..


RE: Mobil Belum Lulus Emisi Gas Buang Ditilang Mulai September 2007 - beni_sts - 19-09-2008 14:19

Minggu ini, hari sabtu & minggu
di acara tumplek Otomotif ada uji emisi gratis ...
pergunakan kesempatan ....