Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Temperatur Naik / Panas - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Modifikasi, Tips & Trik (/forumdisplay.php?fid=19)
+--- Topik: Temperatur Naik / Panas (/showthread.php?tid=3348)


Temperatur Naik / Panas - Didik Wi - 30-05-2007 13:28

Mau Sharing aja..barang kali ada yang mengalami nasib yang sama.
Xenia Li saja baru 55000 km, sudah 2 kali service radiator ( di korok ). Pertama kali pada KM 44000 , tiba-tiba temperatur nya naik lebih dari 1/2 skala. Saat itu juga langsung di bawa ke Tunas Daihatsu Pancoran. Sepanjang jalan beberapa kali berhenti karena temperatur naik terus. Sampai di Bengkel di cek, problem nya di radiator. Kalau di lihat umur mobil nya seharusnya belum saat nya service radiator.problem solved. Ternyata minggu lalu pada saat KM 55000, problem lagi. dan apes nya pas lagi mau ke Cilacap ( dari Bekasi ), akhirnya dicoba jalan max 70 km/jam dan kadang nggak bisa pakai AC.Problem makin parah kalau di kecepatan tinggi dan di jalan tanjakan. sampai di Cilacap , besoknya mobil dibawa ke bengkel rujukan Astra di Purwokerto, setelah di cek detail menurut mrk problem nya di Packing Cylinder nya yang bocor dan harus di ganti, karena di daerah tidak tersedia parts tsb, disarankan untuk dibawa ke jakarta.Sampai di jkt di bawa lagi ke Tunas Pancoran, stl dicek ternyata analisa nya beda lagi, radiatornya mesti di service lagi, dan memang di dalam radiatornya banyak kerak ( semacam lumpur ).Setelah di service ,sejauh ini ( sudah 1 minggu ) belum nampak ada problem lagi.
Evaluasi saya :
~ Seharusnya belum waktu nya untuk service radiator
~ Padahal selalu pakai radiator coolant
~ sekarang ini dicoba pakai air biasa
Nah bagi rekan-rekan yang suka jalan jauh, mesti hati-hati nih..siapa tahu mengalami hal yang sama.
Tips :
Bila alami problem spt ini , coba untuk tetap jalan pelan dan matikan AC, amati terus indikator temperatur , jangan sampai diatas 1/2 dari skala.


RE: Temperatur Naik / Panas - stieven - 30-05-2007 13:32

mungkin pada saat dulu ganti air/kuras radiator..angin nnya gak di buang kali.. kerja water pump akan berat CMIiw.kalo radiator berkerak berarti ada masalah pd airnya/coolantnya yg kualitasnya kurang baik.. mungkin juga ada kebocoran yg sangat halus


RE: Temperatur Naik / Panas - ANDRE@s - 30-05-2007 13:37

Pernah kuras air radiator ga? Krn mestinya tiap 20000km ganti bro...
Tapi gw waktu itu 47000km baru kuras radiator dan diisi lagi pake coolant.


RE: Temperatur Naik / Panas - Racing - 30-05-2007 13:43

Kalau ada kebocoran seharusnya air berkurang banyak.
Kayanya radiator mampet karena ada kerak di dalam radiator, bisa juga krn penggunaan coolant yg mutunya kurang baik.

coba diperiksa juga motor fan nya apakah sudah lemah, ini bisa menyebabkan temperatur naik juga.


RE: Temperatur Naik / Panas - becks_man - 30-05-2007 14:16

Xeli gw tuh ampe sekarang (55000 km sama) ga pernah gw peratiin air akinya, air radiatornya, tekanan angin....(parah jg) soalnya itu urusan beres pas servis berkala.........sampe skrg ga ada masalah (jg sampe deh)


RE: Temperatur Naik / Panas - Prio - 30-05-2007 14:45

Baru kali ini denger ada a/x yg masalah di radiator. Disebelah ada yg udah 120.000km radiatornya masih nggak masalah.

Punya gw waktu servis 20.000km dikuras radiatornya, mekaniknya bilang air radiator masih bagus, sebetulnya nggak dikuras juga nggak apa2, nanti aja di 40.000km, tapi gw ngotot minta dikuras sekalian (mumpung nggak kena biaya lagi krn udah masuk di biaya servis 20.000km Tongue1)


RE: Temperatur Naik / Panas - wiener - 30-05-2007 14:50

Prio Menulis:
Baru kali ini denger ada a/x yg masalah di radiator. Disebelah ada yg udah 120.000km radiatornya masih nggak masalah.

Punya gw waktu servis 20.000km dikuras radiatornya, mekaniknya bilang air radiator masih bagus, sebetulnya nggak dikuras juga nggak apa2, nanti aja di 40.000km, tapi gw ngotot minta dikuras sekalian (mumpung nggak kena biaya lagi krn udah masuk di biaya servis 20.000km Tongue1)


kalau punya ku dikuras waktu KM 46 Ribu di GE RACING, terus pakein Top 1 Radiator Coolant,
untung belum pernah ngalamin temperatur naik selama pake Avanza.
Nyebelin tuh emang kalo temperatur naik, dulu waktu SMA pernah pake Astina masalah nya kaya gitu tuh Tuh


RE: Temperatur Naik / Panas - BUDI - 30-05-2007 15:10

Air radiator yg berlumpur (sirkulasi lambat) menandakan ada packing yg bocor lebih-lebih mesin EJ-DE memakai sistem "wet-liner", coba turun mesin cek packing & O-ring liner pistonnya dr kemungkinan bocor/bercampurnya air dgn oli. Air radiator yg berlumpur lama-kelamaan dapat merusakan water pump dll.

Untuk sementara tidak usah gunakan additive coolant radiator dulu & cukup diisi dgn air sulingan (air accu/bukan accu zuur lho). Jgn pake air PAM ato aqua krn masih ada sedikit kandungan kapurnya/mineralnya.


RE: Temperatur Naik / Panas - Prio - 30-05-2007 15:32

BUDI Menulis:
Air radiator yg berlumpur (sirkulasi lambat) menandakan ada packing yg bocor lebih-lebih mesin EJ-DE memakai sistem "wet-liner", coba turun mesin cek packing & O-ring liner pistonnya dr kemungkinan bocor/bercampurnya air dgn oli. Air radiator yg berlumpur lama-kelamaan dapat merusakan water pump dll.

Untuk sementara tidak usah gunakan additive coolant radiator dulu & cukup diisi dgn air sulingan (air accu/bukan accu zuur lho). Jgn pake air PAM ato aqua krn masih ada sedikit kandungan kapurnya/mineralnya.


turun mesin gara2 radiator bocor Tuh


RE: Temperatur Naik / Panas - Tenzo - 30-05-2007 15:43

gw dah 10rb tiap mau pake selalu dicek tp sampai skrg belum pernah berkurang/nambah air. ini wajar atau tidak. kira2 kalo 20rb msh belum kurang jg apa ada yg janggal? masa gara2 radiator bisa turun mesin, kan serem.


RE: Temperatur Naik / Panas - wiener - 30-05-2007 15:45

Tenzo Menulis:
gw dah 10rb tiap mau pake selalu dicek tp sampai skrg belum pernah berkurang/nambah air. ini wajar atau tidak. kira2 kalo 20rb msh belum kurang jg apa ada yg janggal? masa gara2 radiator bisa turun mesin, kan serem.


wajar bos


RE: Temperatur Naik / Panas - Tenzo - 30-05-2007 15:53

nah kalo baca thread yg diatas kebanyakan masalahnya pd cairan radiator. kan takutnya karena ga pernah nambah air takutnya sirkulasi radiatornya ga normal. nah kalo kita nyalain mesin gmana bisa tau kalo cairan yang ada didalam radiator berputar/sirkulasi. tau ga bro Rif caranya?


RE: Temperatur Naik / Panas - Prio - 30-05-2007 15:57

wiener Menulis:
wajar bos


sori OOT, om Wiener, nanti tgl 16 Juni kita ketemu ya di kursus safety driving.


RE: Temperatur Naik / Panas - wiener - 30-05-2007 15:58

Prio Menulis:

wiener Menulis:
wajar bos


sori OOT, om Wiener, nanti tgl 16 Juni kita ketemu ya di kursus safety driving.


iya bos mudah-mudahan tidak ada halangan Topdeh


RE: Temperatur Naik / Panas - zhe_ya - 30-05-2007 17:10

Air radiator harusnya tidak berkurang, kalau sistem sirkulasi masih bagus. Ini karena, setiap terjadi penguapan yang keluar dari katup di tutup radiator, akan mengembun di reservoir tank (tangki plastik). Pada saat mesin dingin, tekanan di radiator negatif dan air yang mengembun tadi otomatis dihisap balik ke dalam radiator.
INi ada syaratnya, yaitu sistem radiator harus masih kedap udara.
Kalau sudah ada retak rambut sekecil apapun (bisa di body waterpump, selang2 karet dsb), maka uap air yang terjadi tidak akan mengalir ke reservoir tank, dan akan lepas ke udara. Ini yang menyebabkan air berkurang.

Kalau sudah seperti ini, dan tidak diperbaiki, penambahan air radiator bisa-bisa memperparah keadaan di jangka panjang. Air yang kita isi kemungkinan besar tidak murni (campur mineral dll). Sedangkan uap air yang keluar dari kebocoran adalah murni air. Lama-lama mineral tersebut terakumulasi, nah jadilah kerak.


RE: Temperatur Naik / Panas - BUDI - 30-05-2007 17:56

Prio Menulis:

BUDI Menulis:
Air radiator yg berlumpur (sirkulasi lambat) menandakan ada packing yg bocor lebih-lebih mesin EJ-DE memakai sistem "wet-liner", coba turun mesin cek packing & O-ring liner pistonnya dr kemungkinan bocor/bercampurnya air dgn oli. Air radiator yg berlumpur lama-kelamaan dapat merusakan water pump dll.

Untuk sementara tidak usah gunakan additive coolant radiator dulu & cukup diisi dgn air sulingan (air accu/bukan accu zuur lho). Jgn pake air PAM ato aqua krn masih ada sedikit kandungan kapurnya/mineralnya.


turun mesin gara2 radiator bocor Tuh


Disarankan bgt krn kejadiannya berulang lg direntang km yg pendek, jadi ada kemungkinan saat pertama kali mesin overheated sudah merusakan packing ato o-ring liner piston (mudah-mudahan sih ndak ya) juga krn indikasi air berlumpur (berwarna kuning/putih susu) itu biasanya tercampur oli.
Sebaiknya klu mesin overheated (sampe/mendekati batas H), jgn sekali-kali memaksakan mesin utk tetap dijalankan walaupun tanpa A/C ato yg lain krn kondisi overheated rentan utk merusakan packing & seal o-ring di mesin.


RE: Temperatur Naik / Panas - blijunk - 30-05-2007 20:20

Quote:
BUDI Menulis:
Air radiator yg berlumpur (sirkulasi lambat) menandakan ada packing yg bocor lebih-lebih mesin EJ-DE memakai sistem "wet-liner", coba turun mesin cek packing & O-ring liner pistonnya dr kemungkinan bocor/bercampurnya air dgn oli. Air radiator yg berlumpur lama-kelamaan dapat merusakan water pump dll.

Untuk sementara tidak usah gunakan additive coolant radiator dulu & cukup diisi dgn air sulingan (air accu/bukan accu zuur lho). Jgn pake air PAM ato aqua krn masih ada sedikit kandungan kapurnya/mineralnya.


jadi mana yang lebih baik dipake untuk mengisi radiator?? Radiator coolant atau Air suling??

Setau gw radiator coolant berwarna agak ke merah2an, apa ga nanti zat warna tersebut menjadi kerak kalo pelarutnya habis (air)??


RE: Temperatur Naik / Panas - FX Suprapto - 30-05-2007 20:35

Warna coolant sepertinya tergantung merk kali ya....
Yang pernah gue lihat sih merah, hijau, sama kayak ke kuning-kuningan gitu.

Kalau di buku manual kok petunjuk mengenai temperatur hanya sekedar tidak lebih dari 3/4.
Apakah berarti asal jangan menyentuh garis merah masih aman?


RE: Temperatur Naik / Panas - dani3 - 30-05-2007 20:41

Tanya dong RR Tuh

klo mobil baru pan air radiatornya warnanya merah tuh!
sementara klo beli ditoko-toko gak ada yang warnanya merah tuh!

yang jadi pertanyaan:
pabrik pake merek apa yah buat radiatornya!?


RE: Temperatur Naik / Panas - BUDI - 31-05-2007 06:46

Sebenarnya material coolant radiator itu sama dgn minyak rem yi sejenis poly-glycol yg berfungsi utk menaikkan titik didih agar air tidak mudah menguap. Coolant radiator tsb TIDAK berfungsi utk menurunkan temp air radiator ! Bahkan klu material radiator (kuningan/alumunium) bereaksi dgn coolant radiator (spt minyak rem A/X yg berubah warna hijau) maka penambahan coolant radiator tidak dianjurkan.
Jadi sebenarnya pada mesin A/X yg sehat dgn temp kerjanya < 98 C (posisi jarum C-H di tengah-tengah) maka air suling (non mineral) aza sudah memadai, ttp klu temp air radiator lebih tinggi lg (> 100 C) maka air suling akan lebih cepat menguap shg harus sering diisi/dipenuhi lg. Oleh karena hal tsb maka ditambahkan coolant radiator agar titik didihnya naik misalnya di 120 C & perawatan pengisian/pemenuhan kembali air radiator tidak sesering jika menggunakan air suling.


RE: Temperatur Naik / Panas - dani3 - 31-05-2007 08:05

Pak budi klo air sulingnya ditambah etilyn glycol supaya tdk melebihi 100 C bagaimana bisa ndak?
serta klo bisa harus berapa % dari 1 ltr air sulingnya pak budi?

trims


RE: Temperatur Naik / Panas - BUDI - 31-05-2007 09:01

dani3 Menulis:
Pak budi klo air sulingnya ditambah etilyn glycol supaya tdk melebihi 100 C bagaimana bisa ndak?
serta klo bisa harus berapa % dari 1 ltr air sulingnya pak budi?

trims


ditambah glycol supaya titik didih air radiator-nya naik misalnya dari 100C menjadi 120C, bukannya nuruni temp air radiator pak.
Biasanya konsentrasinya sekitar 25-50%.


RE: Temperatur Naik / Panas - r-Phoenix - 31-05-2007 09:42

Bisa jadi..turun mesin kalo panas..misalnya saking panasnya trus mesin macet..yah bakalan dech..tapi biasanya nggak sampe begitu kalo olinya bagus..ama udah ada pegaman kalo panas mesin mati..udah dari dulu..Corona 80 gw kalo kepanasan mati dech..diemin lagi yah jalan lagi..berarti aman, kalo udah adem nggak mau jalan..turun mesin bro...

kalo O-Ring liner ntar gw cek ke part DAIHATSU bagian asembling..ada nggak nya???...aneh nich teknologi baru..


RE: Temperatur Naik / Panas - r-Phoenix - 31-05-2007 09:46

FX Suprapto Menulis:
Warna coolant sepertinya tergantung merk kali ya....
Yang pernah gue lihat sih merah, hijau, sama kayak ke kuning-kuningan gitu.

Kalau di buku manual kok petunjuk mengenai temperatur hanya sekedar tidak lebih dari 3/4.
Apakah berarti asal jangan menyentuh garis merah masih aman?


Pak kayaknya, sepengalaman gw mau sampe H juga nggak masalah sich..pan pas sampe H juga mesin lsg Shut Down...gw pernah nyetir mesin ampe ampir H kurang 0,001mm, wah deg2an tuh..cuman yah tancep gas aja..emang pas H beneran..pingsan tuh..cuman nunggu sambil buka radiator..pasang lagi trus kabuuurr..ampe sekarang masih ada tuh bo'ilnya...nggak masalah..yang penting drivernya jgn panik aja kalo panas..kalo radiator fan masih jalan mah..di kontak aja..biar adem..dalam posisi mesin matee..kecuali radiator fannya juga udah modar atau 1/2 sakaw...sperti gw bilang asal oli-nya bagus mesin nggak bakalan macet..

Radiator Coolant pake Cat aja dah..ada lab-nya lagi..hehehe..boleh tuh mbak2-nya..hiihiiii..

Gila Cat mode:On


RE: Temperatur Naik / Panas - dani3 - 31-05-2007 19:39

BUDI Menulis:
ditambah glycol supaya titik didih air radiator-nya naik misalnya dari 100C menjadi 120C, bukannya nuruni temp air radiator pak.
Biasanya konsentrasinya sekitar 25-50%.


walah selama ini saya pikir malah buat nurunin temp 095 Bercucuran

nah selain buat naikin temp, benar gak pak klo etelyn glycol itu juga untuk mencegah karat didalam radiatornya pak budi?

trims


RE: Temperatur Naik / Panas - SaPiE - 01-06-2007 12:29

ogut pernah overheat di tol cikampek naek eterna, tutup radiator ternyata kurang rapet....
speed kira2 >160kmh, tau2 ada bunyi ngelitik...
perseneling langsung di netralin, mesin langsung mati....
pas buka kap mesin, oli udah ada di bawah kap dan berceceran di ruang mesin...
dikerek ke mitsu a.yani, busi ga bisa dicabut....
akhirnya mobil masuk bengkel 3 minggu, ganti blok mesin dan jeroan2nya semua...

padahal hanya karena tutup radiator yang kurang rapat...

pelajaran buat gua adalah:
kalo mau ngisi air radiator, isilah dari tabung cadangannya, jangan buka tutup radiator....


RE: Temperatur Naik / Panas - Av Han zA kU - 01-06-2007 12:59

HahaHahasekalian jangan lupa kencengin resleting lu ya abis kencing HahaHaha


RE: Temperatur Naik / Panas - Didik Wi - 04-06-2007 12:25

BUDI Menulis:

dani3 Menulis:
Pak budi klo air sulingnya ditambah etilyn glycol supaya tdk melebihi 100 C bagaimana bisa ndak?
serta klo bisa harus berapa % dari 1 ltr air sulingnya pak budi?

trims


ditambah glycol supaya titik didih air radiator-nya naik misalnya dari 100C menjadi 120C, bukannya nuruni temp air radiator pak.
Biasanya konsentrasinya sekitar 25-50%.

Pak Budi,
Maap sebelumnya, ini Pak Dwi Budi Astra bukan ya...
Update lagi, Jumat-minggu kemarin, Xenia nya dibawa jalan-jalan ke Semarang ( setelah sebelumnya radiatornya habis di korok di jkt ). Pulang pergi Bekasi-semarang-bekasi temperaturnya normal. Mungkin benar karena kualitas air radiatornya nggak bagus. Sampai sekarang masih pakai air biasa , belum berani pakai coolent lagi, kuatir dapat yang jelek ..