Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Tekanan Angin dalam Ban - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Perawatan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=17)
+--- Topik: Tekanan Angin dalam Ban (/showthread.php?tid=3283)


Tekanan Angin dalam Ban - ENDY - 25-05-2007 16:03

Di dinding pintu Xe Li saya tertulis tekanan angin di ban adalah 35 utk depan-belakang... seharusnya itu berlaku untuk ban ukuran standard 165/80/R13.
Nah, sekarang ban sudah saya ganti 195/60/R14 , berapakah tekanan yg sesuai ?

Kalo AvG berapa yah yang disaranin? mengingat ban standard AvG (185/70/R14) hampir sama dengan ban saya.


RE: Tekanan Angin dalam Ban - iNdr4 - 25-05-2007 16:15

bukannya belakang 35 psi depan 31 psi?


RE: Tekanan Angin dalam Ban - beni_sts - 25-05-2007 16:21

enakan sich depan 29 - belakang 33


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Prio - 25-05-2007 16:33

untuk Avanza sesuai stikernya adalah depan 31 dan belakang 35.
Kalo dikasih 29 di depan, walaupun lebih nyaman, ada resiko panas berlebih di dalam ban sehingga bisa membuat ban meletus. Untuk belakang masih bisa diisi 33, asal mobil tdk full load.


RE: Tekanan Angin dalam Ban - ENDY - 25-05-2007 16:47

ooo.. berarti di Avanza di sarankan depan 31 dan belakang 35 yah? memang beda sih dengan Xe Li yg depan belakang 35 karena ukuran ban juga beda.

Trus kalo saya sudah tukar ban , tekanan angin juga beda kan? ada saran?


RE: Tekanan Angin dalam Ban - wa-one - 25-05-2007 16:54

prasaan XeLi gw di stiker pintu depan kanan bilangnya utk depan 32 & blakang 35 deh ... bukan depan-blakang 35... CMIIW


RE: Tekanan Angin dalam Ban - BonBon - 25-05-2007 17:36

g juga sama ama one..endy salah baca gak..apa spec nya beda095095


RE: Tekanan Angin dalam Ban - iNdr4 - 25-05-2007 17:47

kalau ban masih standard mending ikutin pedoman yg ditempel dimobilnya .. selain utk keselamatan juga memperpanjang umur pemakaian ban itu sendiri .. Smile


RE: Tekanan Angin dalam Ban - black.avanza - 25-05-2007 17:50

klo gw blakang 35,depan 30...saran dr bengkel gw...klo tuker ban (rotasi) ya diikutin...klo cm ganti gara" bocor,pompa aj asal ga kempes...


RE: Tekanan Angin dalam Ban - FX Suprapto - 25-05-2007 20:48

Tekanan udara maksimal yg diijinkan untuk ban biasanya ada pada ban itu sendiri.
Coba deh itu ban dicuci terus dicermati tulisannya.... nggak semua lho (tergantung merk).

Note: Semua referensi tekanan ban umumnya untuk kondisi dingin.


RE: Tekanan Angin dalam Ban - ahmadno - 26-05-2007 08:36

kalo gak salah menurut manual booknya depan 32 n belakang 35 trus anginnya pake nitrogen mantep lagi


RE: Tekanan Angin dalam Ban - item - 26-05-2007 08:45

semakin tinggi tekanan ban semakin irit, tapi kenyamanan berkurang.


RE: Tekanan Angin dalam Ban - DarkBlade - 28-05-2007 02:28

Mendingan sedikit kelebihan tekanan daripada kurang. Ban gue sobek di luar kota karena (katanya) underpressure+kena jalan jelek.

Btw kalo di ban itu yang tercantum kode/tanggal produksi atau tanggal kadaluarsa sih ?


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Eko S Kurniawan - 28-05-2007 08:30

gw isi ama nitrogen 38 empat2nya... Topdeh


RE: Tekanan Angin dalam Ban - ckhalim - 28-05-2007 10:32

Rekan2,

Numpang nanya sekalian neh. Mobil g jarang kan jarang dipake, paling abtu Minggu itupun dalam kota.. dang jarang ukur tekanan angin ban.
Biasanya cek angin kalo sekalian isi Shell, dan setiap kali isi angin, knapa yg sering kurang cuma ban kanan belakang y?
Biasa diisi 35, tapi giliran dicek saat isi ulang berikutnya kadang yang kanan belakang ini bisa tinggal 29-30 doank... kalo yg lain kan paling turun 1-2 doank, berarti yg kanan belakang ini bs turun smp 6 ??
Apa ad yg bocor halus y? Ke mana yg bagus untuk cek-nya?

Thx atas bantuannya


RE: Tekanan Angin dalam Ban - ENDY - 28-05-2007 10:35

wa-one Menulis:
prasaan XeLi gw di stiker pintu depan kanan bilangnya utk depan 32 & blakang 35 deh ... bukan depan-blakang 35... CMIIW


oiya bro... ternyata depan 32 dan belakang 35 Big Grin

belum ada yg jawab nih bagaimana sih menghitung tekanan angin standard pada ban yang berbeda.
Contoh kasus:
ban 165/80/R13 = dpn 32 blkg 35
ban 195/60/R14 = dpn ?? blkg ??


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Yongis - 28-05-2007 12:32

xenia xi w ban standar 185/70/R14 gw kasi 31 psi depan belakang, kalo pake 35 keras , ga nyaman..., kalo ngankut banyak baru gw tambahin.......

btw makin kecil rasionya tekananya mesti tambah gede loh

jadi buat 195/60/R14 mesti 35 depan belakang........

CMIIW


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Tenzo - 28-05-2007 12:40

DarkBlade Menulis:
Btw kalo di ban itu yang tercantum kode/tanggal produksi atau tanggal kadaluarsa sih ?


tanggal ban itu di produksi bro..


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Nurtaranto - 28-05-2007 12:44

ckhalim Menulis:
Rekan2,

Numpang nanya sekalian neh. Mobil g jarang kan jarang dipake, paling abtu Minggu itupun dalam kota.. dang jarang ukur tekanan angin ban.
Biasanya cek angin kalo sekalian isi Shell, dan setiap kali isi angin, knapa yg sering kurang cuma ban kanan belakang y?
Biasa diisi 35, tapi giliran dicek saat isi ulang berikutnya kadang yang kanan belakang ini bisa tinggal 29-30 doank... kalo yg lain kan paling turun 1-2 doank, berarti yg kanan belakang ini bs turun smp 6 ??
Apa ad yg bocor halus y? Ke mana yg bagus untuk cek-nya?

Thx atas bantuannya


sepertinya emang ada bocor alus bro, coba bawa k tukang tambal ban. sy jg sama, taunya saat ganti ban ternyata ada baut nancap d ban lamanyaEek3


RE: Tekanan Angin dalam Ban - FX Suprapto - 28-05-2007 14:37

ENDY Menulis:
oiya bro... ternyata depan 32 dan belakang 35 Big Grin

belum ada yg jawab nih bagaimana sih menghitung tekanan angin standard pada ban yang berbeda.
Contoh kasus:
ban 165/80/R13 = dpn 32 blkg 35
ban 195/60/R14 = dpn ?? blkg ??


Bro,
Pakai aspect ratio 60 apa nggak ketinggian tuh...?
Menurut gue sih kalau mau pakai velg 14" mending pilih yg 185/55/R14.
Atau kalau mau ya sekalian pake nyang 195/50/R15

Lebih indah gitu.....


RE: Tekanan Angin dalam Ban - adriarto12 - 28-05-2007 15:27

pak, aspek rasio segitu (55) cuma buat sedan...wong aslinya ax di 70 malah


RE: Tekanan Angin dalam Ban - FX Suprapto - 28-05-2007 15:57

Betul pak, yang 1.3 memang pakai 70.
Posting saya untuk konversi dari XeLi 13" (80) ke 14" dengan tapak 195.
Belom pernah coba sih.... mentok kali ya.....?

Thanks atas koreksinya.


RE: Tekanan Angin dalam Ban - ENDY - 29-05-2007 13:53

pake 60 aja saya kira terlalu tipis pak... cocoknya sih pake yg 70 seperti asli bawaan Avanza / Xe Xi.

mobil kita kayaknya kurang cocok dikasi ban profil tipis, kecuali udah diceperin dulu Big Grin


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Hendra_Vanzy - 01-05-2008 16:39

sumbang saran, saya masih pake ban standar pabrik, biasa pake 33 psi. agak keras dikit, tapi gak pa pa.


RE: Tekanan Angin dalam Ban - aeres - 29-09-2008 10:21

Sabtu lalu siang2 ngecek angin digital di pom bensin Cinere eh busyet.. ban depan 45 psi.. Padahal semingggu sebelumnya ngisi angin di tukang tambal ban pas 32... langsung ama satpamnya pom bensin ai minta diturunin 32..

Kelar depan.. cek belakang.. eh busyet.. 47 ya udah minta turunin... jadi 35... pokoke sesuai ketentuan yang tertempel di pintu supir itu...

Pas dah kelar daku mo kasih tips eh satpamnya nolak2... katanya takut dimarahin.. setelah gw ancem akhirnya mau terima... hehehehe...

Pulangnya abis jalan2 cek pake alat yang bulet kayak meteran air itu di rumah.. ternyata beda.. di depan 31 psi... yang belakang 33 psi... Nah gw jadi bingung nich mana yang mesti jadi patokan? Kalau digital dah pasti akurat ndak yach?


RE: Tekanan Angin dalam Ban - doni candra - 29-09-2008 10:39

wah,susah om kalo ngomongin keakuratan
ya paling ga selisih 1-2 psi aja gpp om
Topdeh


RE: Tekanan Angin dalam Ban - budi wicaksono - 29-09-2008 11:05

Gw sih dpn 31 blkg 33


RE: Tekanan Angin dalam Ban - aeres - 09-10-2008 07:22

sabtu lalu ngcek lagi angin ke spbu itu.. eh depan belakang turun 1 psi... padahal cuma slisih 2 mingguan dengan pengecekan sebelumnya... dan mobil jarang dipakai... Sabtu itu juga mampir ke car4 beli sambil belanja juga beli pompa angin injek.. harganya 30 rebu.. lupa tapi mereknya...

tadi mampir lagi cek angin motor... eh busyet depan cuma 17, belakang 18.. padahal biasanya 29-32....


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Supriyanto Kartono - 09-10-2008 07:32

aeres Menulis:
sabtu lalu ngcek lagi angin ke spbu itu.. eh depan belakang turun 1 psi... padahal cuma slisih 2 mingguan dengan pengecekan sebelumnya... dan mobil jarang dipakai... Sabtu itu juga mampir ke car4 beli sambil belanja juga beli pompa angin injek.. harganya 30 rebu.. lupa tapi mereknya...

tadi mampir lagi cek angin motor... eh busyet depan cuma 17, belakang 18.. padahal biasanya 29-32....

Mantap...neh!!!
Udah SAFETY FIRSTTopdeh


RE: Tekanan Angin dalam Ban - aeres - 09-10-2008 07:36

wah gw salah tekanan nich... mega pro gw tadi gw isi 29-32... hihihihi....

PERIKSA TEKANAN ANGIN BAN

Jaga selalu tekanan angin ban. Tekanan yang kurang bisa berakibat permukaan ban habisnya tidak rata dan benjolan-benjolan pada ban. Selain itu, jika ditinggal lama dalam ruangan (lebih dari 1 hari) beri alas agar ban tidak langsung menyentuh bumi. Pasalnya, kalau tidak diberi alas, selain tekanan ban akan berkurang terus setiap harinya, permukaan ban juga lama-lama menjadi tidak rata dan benjol Tekanan angin ban untuk Honda Bebek (Supra, Nice, Karisma,Kirana,dll) 200kPa (2,00 kg/cm2, 28 psi) untuk depan dan 225 kPa (2,25kg/cm2, 33 psi). Sementara untuk motor lanang alias tipe sport untuk Neotech (GL Max, GL Pro) tekanan ban depan 175 kpa (24 psi) dan belakang 200 kpa (28 psi). Sedangkan untuk Megapro 25 psi depan dan 29 psi belakang dan untuk Tiger, tekanan ban depan200kpa (29psi), belakang 225 Kpa (33psi)


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Daus - 09-10-2008 07:36

dek Ronny,
itu pompa bisa untuk mobil jg nggak095

dulu pernah beli tp bikin kaki gede sebelah & pegelBig Grin

aeres Menulis:
belanja juga beli pompa angin injek.. harganya 30 rebu.. lupa tapi mereknya...




RE: Tekanan Angin dalam Ban - aeres - 09-10-2008 08:01

gak tau belum nyoba.. tapi ada macem2 congornya.. sampe ada yang model pipa buat mompa ban juga ada....


RE: Tekanan Angin dalam Ban - baladewa - 09-10-2008 13:18

katanya siy, kalo ngukur tekanan ban itu mesti paka alat yang sama dg yang kita pake sebelumnya. Jadi perbandingannya bisa akurat. Gw pake alat ini :



beli di HyperMart, kira2 50rb an.
kalo yang model stick cuma sekitar 10-15 rb, tp kayanya alatnya gak meyakinkan gitu deh.

Jadi setiap sabtu pagi, sebelum pergi kemana2, seklaian cek oli2 dan air2 dibalik kap mesin, selalu cek tekanan di semua ban, Jadi bisa selalu memantau kondisi ban setiap minggu.

Namun anehnya, setelah ngisi nitrogen 32 psi di bengkel, pas gw ukur besok paginya di rumah pake alat ini, yang muncul 36-38 psi gitu. Yah gue pikir, asal ban yg lain juga segitu dan minggu depan gak turun signifikan, berarti gak ada yg bocor.
Lagian mestinya kompresor nitrogen di Nawilis mestinya lebih akurat dari pada alat 50rb punya gw Tongue_out


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Supriyanto Kartono - 09-10-2008 13:52

baladewa Menulis:
katanya siy, kalo ngukur tekanan ban itu mesti paka alat yang sama dg yang kita pake sebelumnya. Jadi perbandingannya bisa akurat. Gw pake alat ini :



beli di HyperMart, kira2 50rb an.
kalo yang model stick cuma sekitar 10-15 rb, tp kayanya alatnya gak meyakinkan gitu deh.

Jadi setiap sabtu pagi, sebelum pergi kemana2, seklaian cek oli2 dan air2 dibalik kap mesin, selalu cek tekanan di semua ban, Jadi bisa selalu memantau kondisi ban setiap minggu.

Namun anehnya, setelah ngisi nitrogen 32 psi di bengkel, pas gw ukur besok paginya di rumah pake alat ini, yang muncul 36-38 psi gitu. Yah gue pikir, asal ban yg lain juga segitu dan minggu depan gak turun signifikan, berarti gak ada yg bocor.
Lagian mestinya kompresor nitrogen di Nawilis mestinya lebih akurat dari pada alat 50rb punya gw Tongue_out

Pake alat yg model apapun,selama fungsi dan satuan ukuran yg dipakai sama..hasilnya pasti sama.Maslahnya alat ini dlm jangka waktu tertentu mesti di kalibrasi ulang...coba ente cari bengkel/tempat lain tuk perbandingan,Jgn2 yg punya Nawilis udah lama dipakai dan gak pernah di kalibrasi


RE: Tekanan Angin dalam Ban - baladewa - 09-10-2008 15:03

Technically sih bener juga ya bro. Tapi alat beginian gimana cara kalibrasinya ya 095095

Soal selisih ukuran, bukan cuma di Nawilis aja kok, dulu sebelum pake AvG, gw sering cek dan nambah N2 di bengkel beda2, ya tetep aja pas gw cek sendiri hasilnya gak sama gitu. Tapi ya itu tadi, tetep konsisten. Konsisten salah maxudnya Tuh


RE: Tekanan Angin dalam Ban - aeres - 09-10-2008 15:11

kalo gw sekarang patokannya yang digital punya spbu itu ajah...


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Supriyanto Kartono - 09-10-2008 15:46

aeres Menulis:
kalo gw sekarang patokannya yang digital punya spbu itu ajah...

Pendapatnya Om Aeres benar...memang mesti ada satu tempat yg dijadikan acuan.Dan juga alat ukur tsb kalo toleransi perbedaannya 1-3 psi tdk menjadi masalah (toleransinya masih wajar).Karena satuan PSI ini satuan ukurnya sangat kecil.Tuk memastikannya setelah tekanan diukur(misalnya tukang ban),maka langsung diukur ulang dgn alat yg kita punya.Jangan menunggu mobil berjalan beberapa lama baru kita ukur..karena temperature mempengaruhi tekanan


RE: Tekanan Angin dalam Ban - arif_tyo - 09-10-2008 19:49

Supriyanto Kartono Menulis:
Tuk memastikannya setelah tekanan diukur(misalnya tukang ban),maka langsung diukur ulang dgn alat yg kita punya.Jangan menunggu mobil berjalan beberapa lama baru kita ukur..karena temperature mempengaruhi tekanan


Saya juga sering begitu, karena saya percaya sm tire gauge punya saya..

Tapi sy ngukurnya kalo pagi2, karena kalo tidak salah cara mengukur tekanan ban yg tepat adalah saat kondisi ban dingin.. CMIIW


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Nurtaranto - 09-10-2008 20:03

ga pernah ngukur tek angin sendiri, biasanya liat kasat mata aja, klo udah biasa ketauan kok klo ban kurang angin yg rada ekstrim, misalnya karena ketusuk pakuWink

sejak make nitrogen isi angin paling sering sebulan sekali n tiap nambah jg ga banyak, masih batas toleransiYes


RE: Tekanan Angin dalam Ban - sprinter - 15-10-2008 13:12

jadi menurut....senior disini pantasnya
depan berapa dan belakang berapa nich.. buat AVG

salam


RE: Tekanan Angin dalam Ban - aeres - 15-10-2008 13:21

liat aja petunjuk pabrik.. kalo xeli gw ada ditempel di pintu supir


RE: Tekanan Angin dalam Ban - enang - 15-10-2008 13:39

mo nanya ah mumpung lagi bahas tekanan ban.

ukuran tekanan ban yang ditempel di pintu itu kita ukur saat dingin atau saat sudah dipakai jalan. Karena berdasarkan pengalaman sejauh ini kadan beda sekitar 1-2psi ketika ngukur saat dingin(pagi saat mobil belum dipakai jalan) dan ketika mobil sudah dipakai dimana saat dingin tekanannya lebih rendah.

dan pengukuran yang benar pada saat dingin atau panas?


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Supriyanto Kartono - 15-10-2008 14:03

sprinter Menulis:
jadi menurut....senior disini pantasnya
depan berapa dan belakang berapa nich.. buat AVG

salam

Ikutin aja sesuai petunjuk yg ada di pintu depan.Periksa seminggu 1X setiap pagi sebelum mobil digunakan....


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Supriyanto Kartono - 15-10-2008 14:05

enang Menulis:
mo nanya ah mumpung lagi bahas tekanan ban.

ukuran tekanan ban yang ditempel di pintu itu kita ukur saat dingin atau saat sudah dipakai jalan. Karena berdasarkan pengalaman sejauh ini kadan beda sekitar 1-2psi ketika ngukur saat dingin(pagi saat mobil belum dipakai jalan) dan ketika mobil sudah dipakai dimana saat dingin tekanannya lebih rendah.

dan pengukuran yang benar pada saat dingin atau panas?

Pada saat dingin...


RE: Tekanan Angin dalam Ban - NjuL Looserkids - 11-12-2008 10:57

RR sekalian, saya mau nanya..klo ukuran tekanan ban yang memakai angin biasa dengan yang memakai Nitrogen sama ato beda ya?karena ada yg bilang klo pake Nitrogen itu sebaiknya tekanannya lebih sedikit bila dibandingkan dengan memakai angin biasa..Thanks ya


RE: Tekanan Angin dalam Ban - tgduren - 11-12-2008 11:45

pernah ngalamin ga, alat tekanan ban di 2 tmp tp beda2 hasil cek nya?
terakhir 1bln lalu isi angin di shop n drive,mintanya depan belakang sama di 32. kmaren ini isi lagi pas di shell karawaci, minta diisi 32 depan belakang lagi. Tp setelah di colok selang malah hasilnya 4 ban ku berada diposisi 35, sehingga bkn malah ngisi jd ngurangin semua ke 32. Abis 1 bln pake malah anginnya nambah...aneh
Apa punya shop n drive ngaco ya? krn pas ngisi disana, sisa anginnya semua tinggal 26 katanya.


RE: Tekanan Angin dalam Ban - chris.ho - 11-12-2008 12:03

NjuL Looserkids Menulis:
karena ada yg bilang klo pake Nitrogen itu sebaiknya tekanannya lebih sedikit bila dibandingkan dengan memakai angin biasa..


gua sih baru denger tuh. Bener gak yah hrs begitu?

gua biasa isi nitrogen selalu ngikutin yg tertulis di stiker pintu sopir


RE: Tekanan Angin dalam Ban - chris.ho - 11-12-2008 12:06

tgduren Menulis:
Apa punya shop n drive ngaco ya? krn pas ngisi disana, sisa anginnya semua tinggal 26 katanya.


kalo kesana lagi, coba aja bawa alat pengukur tekanan ban sendiri


RE: Tekanan Angin dalam Ban - Prio - 11-12-2008 13:03

chris.ho Menulis:

NjuL Looserkids Menulis:
karena ada yg bilang klo pake Nitrogen itu sebaiknya tekanannya lebih sedikit bila dibandingkan dengan memakai angin biasa..


gua sih baru denger tuh. Bener gak yah hrs begitu?

gua biasa isi nitrogen selalu ngikutin yg tertulis di stiker pintu sopir


@chris.ho
Udah bener om. Selama ban + velg masih standar maka pakai tekanan ban yg di stiker pintu supir.

@Njul
Nggak perlu dibedakan tekanannya. Sama saja dg angin biasa.