Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Mesin Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=5)
+--- Topik: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek (/showthread.php?tid=32)


Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 11-07-2006 18:46

RR, Avanza/XExi kompresinya diatas 10 dan bbm yg bisa dipakai hanya (minimal)Pertamax yg punya nili oktan 92. Gua pernah ngobrol sama Kabeng Auto2000, dia bilang Avanza pakai Premium sudah cukup tapi waktu gua bilang kompresi Avanza diatas 10 dan bensin yg dipakai minimal oktannya 90 mak dia gak bisa jawab.

Memang pakai Premium bisa krn AV/XE menggunakan sistem otomatis untuk mendeteksi nilai oktan bbm. Tapi kalau tetap dipaksa membakr bensin dengan oktan yg rendah maka tenaga hilang dan ruang pembakaran akan cepat kotor. Kalau sudah kotor maka mesin akan beriksik dan kinerjanya terganggu.

Kalau rencananya cuman pakai sebentar kira2 3-5 tahun ya gak apa-apa.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - thomas_ng - 12-07-2006 09:14

sebenarnya premium enggak ada-apa sih.
tapi di indonesia ini mana ada premium murni.
semua pom bensin juga di campur sama minyak tanah.
pertamax dan pertamax plus aja di campur.
sekarang ini harus ati-ati beli bensin, karena setiap pom bensin beda-beda campurannya.

yang paling murni yah pom shell.
emang mahal tapi bensinnya ok.
supernya aja di shell sama engan pertamax plus di pertamina.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Kenio_ridholilo - 12-07-2006 09:32

Pak bobby ada data akurat engga yg menyatakan begitu...

Emang sih kualitas bensin Pertam*** kurang bagus
tapi kita bisa pilih2 pom bensin yg bagus
apalagi dijakarta
Tandanya dimana disitu ada taksi yg antre banyak isi bensin
maka disitu kualitas dan ketepatan literannya hampir sama
Kecuali Pom2 bensin di daerah Pantura, katanya ada yg dicampur air ...???

Saya masih belum sependapat dg pak bobby
accord maestro ayah saya dari tahun 1991 (injection/PGMFI)
dari beli s/d sekarang masih bagus mesinnya tuh

s/d sekarang Xli saya dari beli masih pake premium
so far so good....


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 12-07-2006 09:34

Sekarang udah banyak Pom bensin yg gak berani oplos krn persaingan sudah mulai berat terutama untuk POM Swasta yg kodenya 34. Yang kita takutin kalau yg oplos itu adalah oknum supir pengirim bbm-nya.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 12-07-2006 09:53

Kenio_ridholilo Menulis:
Pak bobby ada data akurat engga yg menyatakan begitu...

Emang sih kualitas bensin Pertam*** kurang bagus
tapi kita bisa pilih2 pom bensin yg bagus
apalagi dijakarta
Tandanya dimana disitu ada taksi yg antre banyak isi bensin
maka disitu kualitas dan ketepatan literannya hampir sama
Kecuali Pom2 bensin di daerah Pantura, katanya ada yg dicampur air ...???

Saya masih belum sependapat dg pak bobby
accord maestro ayah saya dari tahun 1991 (injection/PGMFI)
dari beli s/d sekarang masih bagus mesinnya tuh

s/d sekarang Xli saya dari beli masih pake premium
so far so good....


Saya pernah baca di forum lain , nanti saya cari lagi. Yg nulis kalau gak salah Pak Budi D.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 12-07-2006 09:59

Coba klik http://www.carbibles.com/fuel_engine_bible.html


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - bigguy - 12-07-2006 10:40

wualah, makin teguhlah hatiku untuk menjual mobil setelah kredit lunas !


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 12-07-2006 10:47

bigguy Menulis:
wualah, makin teguhlah hatiku untuk menjual mobil setelah kredit lunas !


Mr.Sumo (foto asli ya?Big Grin ), yang jelek bukan mesinnya tapi kualitas bensin kita yg kurang bagus.

Coba deh buka http://www.pertamina.co.id disitu ada keterangan kalau Premium cocok untuk mesin tahun 80-an, sedangkan Pertamax untuk mesin tahun 90-an dan yg memakai injection.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Goshbuster - 13-07-2006 08:28

Bung kenio... ini khan forum bebas...,
kok masih disensor?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - yoe_dha - 17-07-2006 15:15

waaw pake Pertamax!! nambah budget lagi donk!! tp saya yakin klo mesin dirawat rutin..!! lebih Long Lasting koq!!


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - rudy - 18-07-2006 16:09

Temans,
untuk menghindari hal-2 yang kurang baik buat mesin dikarenakan oktan bahan bakar dari Pertamina (apalagi yg Premium..), saya memakai premium dalam kegiatan se-hari2...tapi setiap 2 minggu sekali saya tambahkan Pertamax atau Shell Super (kalo mobil ada di Jakarta) sampe penuh...HARAPANNYA sih untuk membersihkan ruang mesin...dan lebih menghemat ketimbang HARUS memakai pertamax terus-2-an..

Bener ngga sih teori kaya gitu ? Info donk...biar kalo salah, aku tidak terlanjur terlalu dalam jatuhnya...yg hasilnya malah mesin rontok...
makasi ya..


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 18-07-2006 16:17

Mending beli Hot Pill dari Griffon untuk campuran additive di Premium.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - rudy - 18-07-2006 17:16

ok...nanti di coba...makasi..


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Yongis - 18-07-2006 17:30

wah jangan dicampur2 pak rudi, gak baik ,otomotif pernah membahas soal ini, kalo premium ya premium aja, pertamax ya pertamax aja gitu pak


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - BUDI - 18-07-2006 18:24

Bensin PERTAMINA Pertamax/Pertamax Plus banyak mengandung sulfur sehingga lebih cepat menurunkan kualitas oli mesin (TBN/Total Base Number) sesuai tes Autobild & Top 1 Zenzation.
Sebaiknya pakai bensin Shell atau Petronas saja yang nilai oktannya memenuhi spek Avanza/Xenia & kurang mengandung sulfur, sekaligus mengurangi ndut-ndutan.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - rudy - 19-07-2006 09:43

Pak Yongis & Pak Budi & Pak Bobby...
Luar biasa response yang diberikan dan pengetahuan yang saya terima sebagai yang boleh dikatakan sebagai 'user' saja terhadap kendaraan ku ini..
Terima kasih ya..


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 19-07-2006 10:03

BUDI Menulis:
Bensin PERTAMINA Pertamax/Pertamax Plus banyak mengandung sulfur sehingga lebih cepat menurunkan kualitas oli mesin (TBN/Total Base Number) sesuai tes Autobild & Top 1 Zenzation.
Sebaiknya pakai bensin Shell atau Petronas saja yang nilai oktannya memenuhi spek Avanza/Xenia & kurang mengandung sulfur, sekaligus mengurangi ndut-ndutan.


Memang, sulfur dipakai untuk naiikin nilai oktan, kalau Shell & Petronas pakai apa ya?

Biar pakai oli bagus, sebaiknya ganti tiap 5000 KM - 10,000 KM sekali berikut oli filternya.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - kinoy - 19-07-2006 10:37

biasanya sey 3x ganti oli ganti oli gardan + filternya....
6x ganti oli tune up + ganti filter bensin + udara Big Grin


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 19-07-2006 11:02

Sebaiknya setiap ganti oli, filter oli juga diganti. Kalau gardan sih sampai 20,000km juga gak apa-apa.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - BUDI - 19-07-2006 12:05

Pak Bobby,

Kandungan sulfur tergantung dari kualitas minyak dasarnya (crude oil) & tidak ada hubungannya dengan nilai oktan. Kelihatannya PERTAMINA bikin bensin Pertamax/Pertamax Plus dari minyak dasar yang paling murah di pasaran (yang banyak mengandung sulfur), maklumlah supaya titipan biaya produksi lainnya bisa jadi diperbesar.
Jadi kalau SHELL Extra dijual Rp 5950/liter maka seharusnya Pertamax bisa dijual dibawah harga SHELL EXTRA tsb, belum lagi kalau diperhitungkan adanya kecurangan meter SPBU PERTAMINA-nya.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 19-07-2006 12:50

Pak Budi, info yg saya dapat Sulfur berguna untuk naikin oktan.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - BUDI - 19-07-2006 13:08

Info dari mana pak ? Bisa disharing disini ya, kalau infonya dari PERTAMINA, bisa klaim masalah ini ke YLKI ya karena sulfur tidak pernah dipakai utk menaikkan oktan.
Setahu saya utk naikin oktan ya harus ada unsur C, O & H seperti Xylene (C8H10) atau Toluene (C7H9) atau MTBE dll. Ataupun jenis oxigenated fuel tetapi bukan sulfur ya.
Kalau di pengeboran minyak yang menentukan harga crude oil adalah kadar belerangnya (sulfurnya), makin rendah sulfurnya maka makin mahal harga crude oilnya (spt minyak Brent trmsk light crude oil lebih mahal dibanding minyak di Arab, kalau minyak Indonesia paling murah di pasaran dunia trmsk heavy crude oil).


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 19-07-2006 13:45

Pak Budi, saya dapat info kalau gak salah dari internet . Sulfur bisa digunakan untuk menaikan nilai oktan, sulfur merupakan bahan yg cukup murah untuk meningkatkan oktan, tapi berbahaya untuk manusia.\.

Dari hasil test ini seharusnya sudah bisa digunakan untuk klaim ke YLKI, di laporan hasil tes tertulis dengn jelas : kandungan sulfur tinggi krn menggunakan bahan bakar Pertamax Plus.

Pertamax dan Pertamax Plus dibuat dari Premium, makanya kandungan timbal masih ditemukan (walaupun) dengan kadar rendah. Lihat test oli TOP1, hanya Xtrail yg kandungan sulfurnya tinggi sedangkan 2 mobil lainnya Jazz dan Innova yg menggunakan Premium tidak dilaporkan adanya kandungan sulfur pada oli.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - yoe_dha - 19-07-2006 14:14

Pak bob! ganti filter bensin setiap berapa km? mobil saya dah 34000 km, mau service pas 35000km! mau liat buku service! tp gak tau kemana! soalnya dah gak diAuto 2000 lagi servicenya! kira2 harganya berapa ya?

tenkyu!!


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 19-07-2006 14:22

Filter bensin Avanza pakai yg didalam tangki, kalau sudah 35000 sudah bisa diganti sekaligus kuras tangki. Masalah kapan harus ganti kalau menurut saya relatif krn tergantung dr kualitas bensin yg masuk.

Dulu Karimun saya sampai 70,000KM gak pernah ganti filter bensin, soalnya selalu isi di POM yg bersih.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - yoe_dha - 21-07-2006 01:34

Masalahnya itu..kita kan gak pernah tau Pom tersebut bersih apa gak! pak bob tau sendiri permainan pom bensin!! kadang ada yg dioplos!
kira2 ada tanda2nya gak ketika filter bensin harus diganti?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 21-07-2006 08:07

Caranya gampang, gua dikasih tahu customer gua yg punya pom bensin.

1 Cari POM yg sering diantri sama angkot. Supir angkot biasanya gak mau ngisi di POM yg curang krn mereka sangat menghargai setiap tetes bensin. Kalau sampai POM curangin literan atau oplos, berita langsung nyebar ke sesama supir angkot wilayah itu.

2. Cari POM yg swasta dan masih baru, kenapa? meteran mereka masih akurat apalagi yg sudah pakai digital.

3. POM yg jujur akan mencantumkan nomer telepon hotline untuk pengaduan jika konsumen tidak puas.

4. Cari POM yg berdekatan dengan POM lain. Sekarang ini POM sedang giat dibangun terutama PERTAMINA, dan rata-rata milik swasta. Semangat kompetisi timbul, mereka ingin melayani konsumen dengan baik supaya konsumen selalu kembali mengisi di POM mereka.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Josefhamzah - 24-07-2006 00:11

Kata orang auto2000 kalo pake sampe 40.000 km, ngga apa-apa pake premium..... tapi diatas itu ngga bisa ngejamin katanya ....


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 24-07-2006 08:46

Josefhamzah Menulis:
Kata orang auto2000 kalo pake sampe 40.000 km, ngga apa-apa pake premium..... tapi diatas itu ngga bisa ngejamin katanya ....


Apanya yg gak dijamin?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Dimas Prasetyo H - 13-12-2007 21:05

mangkanya di pertamina premiumnya nggak bisa menjamin...Hikhik

contohnya aja mobil bini gw, pake JAZZ di isi premium trus pas gw suruh mobilnya di kurah tangkinyaCintrong wah banyak dakinya dari premiumTuh ada plastik,binatang kecil2 dan lumpurEek3 kayak kotoran. tapi sekarang bini gw, gw suruh pakai Shell Super aja sama kayak gw. boil gw AV G 2004 dari 10.000KM gw sudah memakai Shell Super, sumpah pas gw hampir 75.000KM gw cuci tangki dan ternyata kotorannya hampir tak ada.. alies bersih mampus termasuk ruang mesin gw..... Topdeh

ini pengalaman gw hlo bersama bini gwCintrong


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Andrew - 14-12-2007 12:12

ah masa sih ada plastik dan binatang????? melebih2xkan nih kayaknya????!!!!!!
Tapi klu lumpur emang yang itu saya alami juga karena saya suka kuras tangki motor MEGAPRO saya sendiri karena mudah dibuka. hasilnya lumpur dan pasir2x halus banyak di tangki dan sejak shell muncul saya pakai shell. hasilnya luar biasa; tidak ada lumpur namun pasir ada sangat sedikit sekali (kemungkinan debu pas buka tangki bensin pas isi bensin)


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - aeres - 14-12-2007 12:18

daku juga penah nguras megapro ku.. busyet kotornya ampun2 deh... bini aje ampe bingung kok bisa kayak air got gitu...


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 14-12-2007 12:19

Andrew Menulis:
ah masa sih ada plastik dan binatang????? melebih2xkan nih kayaknya????!!!!!!
Tapi klu lumpur emang yang itu saya alami juga karena saya suka kuras tangki motor MEGAPRO saya sendiri karena mudah dibuka. hasilnya lumpur dan pasir2x halus banyak di tangki dan sejak shell muncul saya pakai shell. hasilnya luar biasa; tidak ada lumpur namun pasir ada sangat sedikit sekali (kemungkinan debu pas buka tangki bensin pas isi bensin)


Pakai Premium campur Aceton, dijamin deh gak ada lumpur lagi.

Lumpur itu asalnya dari gum.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 14-12-2007 12:19

aeres Menulis:
daku juga penah nguras megapro ku.. busyet kotornya ampun2 deh... bini aje ampe bingung kok bisa kayak air got gitu...


Pernah nyemplung ke got kale...Tongue_out


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - black.avanza - 01-01-2008 20:47

Bobby Sant Menulis:

aeres Menulis:
daku juga penah nguras megapro ku.. busyet kotornya ampun2 deh... bini aje ampe bingung kok bisa kayak air got gitu...


Pernah nyemplung ke got kale...Tongue_out


diisi air got...Super


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Don - 01-01-2008 21:32

mobil gw dari baru pake premium pertamina
sekarang udah jalan 87,500km
waktu di km 80,000 diperiksa tanki bersih, fuel filter juga masih bagus, gak perlu diganti
kondisi mesin dan juga tenaganya masih bagus

catatan: selama ini pake shell helix plus, pernah pake fastron, tapi terlakhir pake mobil1


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - beni_sts - 02-01-2008 09:48

aeres Menulis:
daku juga penah nguras megapro ku.. busyet kotornya ampun2 deh... bini aje ampe bingung kok bisa kayak air got gitu...

Minggu lalu ane juga ke bengkel untuk kuras tangki motor supra x 125,
udah dipake 2,5 tahun, filter bensinnya diganti dan ada kotoran itemē lumayan banyak,
begitu tangki dibuka & diangkat ternyata baru kelihatan spatbor belakangnya pecah Tuh.
payah nich motor sekarang, plastik semua.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 02-01-2008 10:24

Don Menulis:
mobil gw dari baru pake premium pertamina
sekarang udah jalan 87,500km
waktu di km 80,000 diperiksa tanki bersih, fuel filter juga masih bagus, gak perlu diganti
kondisi mesin dan juga tenaganya masih bagus

catatan: selama ini pake shell helix plus, pernah pake fastron, tapi terlakhir pake mobil1


Ruang bakar dicek gak?

Premium itu minim aditif pembersih, harusnya injector kotor. Cara tahunya harus dikalibrasi tidak bisa pakai perkiraan.

Ruang antara injector dengan klep masuk biasanya terjadi penumpukan arang karena uap oli dari mesin yg tidak terbakar. Kalau memakai aditif pembersih pastinya uap oli yg menempel di batang klep masuk akan terbilas. Coba cek TB setiap 500 KM pasti TB sudah dilapisi oleh oli yg berasal dari mesin.

Permukaan piston pastinya juga sudah terlapisi oleh kerak. Dulu gua pakai motor Tiger baru jalan 2000 km aja udah ada keraknya.

Kalau tenaga, harus dites bukan pakai feeling karena kurang akurat. Kalau perawatan bagus yang artinya kebersihan ruang bakar terjaga maka CO2 berkisar diangka 15%. Dulu lagi mobil gua masih baru bisa 15%-an , belakangan cuman dapat di 13% . Setelah pakai Toluene, Xylene, dan Acetone belum pernah dites lagi. Ntar kalau sempat mau ngetes sekalian cek warna busi.

Kalau pakai premium aja bisa bersih dan tenaga tetap terjaga , untuk apa ada Pertamax atau bensin swasta lainnya?.

Dari segi spek aja, oktan Premium tidak mencukupi kebutuhan mesin A/X yg harusnya minimal RON 90. Paling berasa di tenaga, kalau oktan kurang maka tenaga gak maksimal.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Don - 02-01-2008 20:30

Bobby Sant Menulis:

Don Menulis:
mobil gw dari baru pake premium pertamina
sekarang udah jalan 87,500km
waktu di km 80,000 diperiksa tanki bersih, fuel filter juga masih bagus, gak perlu diganti
kondisi mesin dan juga tenaganya masih bagus

catatan: selama ini pake shell helix plus, pernah pake fastron, tapi terlakhir pake mobil1


Ruang bakar dicek gak?

Premium itu minim aditif pembersih, harusnya injector kotor. Cara tahunya harus dikalibrasi tidak bisa pakai perkiraan.

Ruang antara injector dengan klep masuk biasanya terjadi penumpukan arang karena uap oli dari mesin yg tidak terbakar. Kalau memakai aditif pembersih pastinya uap oli yg menempel di batang klep masuk akan terbilas. Coba cek TB setiap 500 KM pasti TB sudah dilapisi oleh oli yg berasal dari mesin.

Permukaan piston pastinya juga sudah terlapisi oleh kerak. Dulu gua pakai motor Tiger baru jalan 2000 km aja udah ada keraknya.

Kalau tenaga, harus dites bukan pakai feeling karena kurang akurat. Kalau perawatan bagus yang artinya kebersihan ruang bakar terjaga maka CO2 berkisar diangka 15%. Dulu lagi mobil gua masih baru bisa 15%-an , belakangan cuman dapat di 13% . Setelah pakai Toluene, Xylene, dan Acetone belum pernah dites lagi. Ntar kalau sempat mau ngetes sekalian cek warna busi.

Kalau pakai premium aja bisa bersih dan tenaga tetap terjaga , untuk apa ada Pertamax atau bensin swasta lainnya?.

Dari segi spek aja, oktan Premium tidak mencukupi kebutuhan mesin A/X yg harusnya minimal RON 90. Paling berasa di tenaga, kalau oktan kurang maka tenaga gak maksimal.


buat gw sih simple aja bro... x li gw waktu waktu masih baru bisa lari 140kpj dijalan tol yg permukaannya rata.
sekarang juga bisa lari segitu, dan konsumsi bbm-nya juga gak berubah segitu2 juga dengan driving style gw yg sama.
jadi gak ada keluhan apa2...


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Eko Sucahyo Kurniawan - 03-01-2008 08:06

Don Menulis:

Bobby Sant Menulis:

Don Menulis:
mobil gw dari baru pake premium pertamina
sekarang udah jalan 87,500km
waktu di km 80,000 diperiksa tanki bersih, fuel filter juga masih bagus, gak perlu diganti
kondisi mesin dan juga tenaganya masih bagus

catatan: selama ini pake shell helix plus, pernah pake fastron, tapi terlakhir pake mobil1


Ruang bakar dicek gak?

Premium itu minim aditif pembersih, harusnya injector kotor. Cara tahunya harus dikalibrasi tidak bisa pakai perkiraan.

Ruang antara injector dengan klep masuk biasanya terjadi penumpukan arang karena uap oli dari mesin yg tidak terbakar. Kalau memakai aditif pembersih pastinya uap oli yg menempel di batang klep masuk akan terbilas. Coba cek TB setiap 500 KM pasti TB sudah dilapisi oleh oli yg berasal dari mesin.

Permukaan piston pastinya juga sudah terlapisi oleh kerak. Dulu gua pakai motor Tiger baru jalan 2000 km aja udah ada keraknya.

Kalau tenaga, harus dites bukan pakai feeling karena kurang akurat. Kalau perawatan bagus yang artinya kebersihan ruang bakar terjaga maka CO2 berkisar diangka 15%. Dulu lagi mobil gua masih baru bisa 15%-an , belakangan cuman dapat di 13% . Setelah pakai Toluene, Xylene, dan Acetone belum pernah dites lagi. Ntar kalau sempat mau ngetes sekalian cek warna busi.

Kalau pakai premium aja bisa bersih dan tenaga tetap terjaga , untuk apa ada Pertamax atau bensin swasta lainnya?.

Dari segi spek aja, oktan Premium tidak mencukupi kebutuhan mesin A/X yg harusnya minimal RON 90. Paling berasa di tenaga, kalau oktan kurang maka tenaga gak maksimal.


buat gw sih simple aja bro... x li gw waktu waktu masih baru bisa lari 140kpj dijalan tol yg permukaannya rata.
sekarang juga bisa lari segitu, dan konsumsi bbm-nya juga gak berubah segitu2 juga dengan driving style gw yg sama.
jadi gak ada keluhan apa2...


masa si lari ampe 140kpj??? xeli gw aja k'lo di jln rata cuman mentok ampe 125kpj, pernah ampe 130kpj waktu di cipularang pas turunan Tongue1, tu gas uda pool di injekHaha


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 03-01-2008 09:34

Asal rajin dirawat dengan artian diservis dan juga carbon clean ya gak ada masalah pakai Premium.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - proskunata - 03-01-2008 10:05

kalo mau irit n ga repot, kyknya kita kudu coba temuan anak bangsa soal bahan bakar air... itu loh yg diresmiin SBY ....

mekanismenya pemecahan rantai karbon dan unsur air jadi Hidrogren (+) dan O2 (-)

Sory nih kalo salah ... Tongue1


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - rudi anggo - 03-01-2008 10:11

Eko Sucahyo Kurniawan Menulis:

Don Menulis:

Bobby Sant Menulis:

Don Menulis:
mobil gw dari baru pake premium pertamina
sekarang udah jalan 87,500km
waktu di km 80,000 diperiksa tanki bersih, fuel filter juga masih bagus, gak perlu diganti
kondisi mesin dan juga tenaganya masih bagus

catatan: selama ini pake shell helix plus, pernah pake fastron, tapi terlakhir pake mobil1


Ruang bakar dicek gak?

Premium itu minim aditif pembersih, harusnya injector kotor. Cara tahunya harus dikalibrasi tidak bisa pakai perkiraan.

Ruang antara injector dengan klep masuk biasanya terjadi penumpukan arang karena uap oli dari mesin yg tidak terbakar. Kalau memakai aditif pembersih pastinya uap oli yg menempel di batang klep masuk akan terbilas. Coba cek TB setiap 500 KM pasti TB sudah dilapisi oleh oli yg berasal dari mesin.

Permukaan piston pastinya juga sudah terlapisi oleh kerak. Dulu gua pakai motor Tiger baru jalan 2000 km aja udah ada keraknya.

Kalau tenaga, harus dites bukan pakai feeling karena kurang akurat. Kalau perawatan bagus yang artinya kebersihan ruang bakar terjaga maka CO2 berkisar diangka 15%. Dulu lagi mobil gua masih baru bisa 15%-an , belakangan cuman dapat di 13% . Setelah pakai Toluene, Xylene, dan Acetone belum pernah dites lagi. Ntar kalau sempat mau ngetes sekalian cek warna busi.

Kalau pakai premium aja bisa bersih dan tenaga tetap terjaga , untuk apa ada Pertamax atau bensin swasta lainnya?.

Dari segi spek aja, oktan Premium tidak mencukupi kebutuhan mesin A/X yg harusnya minimal RON 90. Paling berasa di tenaga, kalau oktan kurang maka tenaga gak maksimal.


buat gw sih simple aja bro... x li gw waktu waktu masih baru bisa lari 140kpj dijalan tol yg permukaannya rata.
sekarang juga bisa lari segitu, dan konsumsi bbm-nya juga gak berubah segitu2 juga dengan driving style gw yg sama.
jadi gak ada keluhan apa2...


masa si lari ampe 140kpj??? xeli gw aja k'lo di jln rata cuman mentok ampe 125kpj, pernah ampe 130kpj waktu di cipularang pas turunan Tongue1, tu gas uda pool di injekHaha


Wah parah bro kalo cuman segitu, Xeli g bisa koq lari 135 kpj di tol CikampekGozkirpma
sorry OOTWallbashWallbashWallbash


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Don - 03-01-2008 10:41

Bobby Sant Menulis:
Asal rajin dirawat dengan artian diservis dan juga carbon clean ya gak ada masalah pakai Premium.


oh iya, ada yg lupa gw inform...
mobil gw tiap weekend di italian tune up jkt - bdg pp pake rpm tinggi.

fyi, xenia gw yg satu lagi gak pernah jalan pake rpm tinggi, km nya sampe sekarang masih 30ribuan, tapi tarikannya berat... nyampe 120kpj aja susah. perlu di carbon clean.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Don - 03-01-2008 10:54

rudi anggo Menulis:

Eko Sucahyo Kurniawan Menulis:
masa si lari ampe 140kpj??? xeli gw aja k'lo di jln rata cuman mentok ampe 125kpj, pernah ampe 130kpj waktu di cipularang pas turunan Tongue1, tu gas uda pool di injekHaha


Wah parah bro kalo cuman segitu, Xeli g bisa koq lari 135 kpj di tol CikampekGozkirpma
sorry OOTWallbashWallbashWallbash


masih jauh dari redline tuh bro...
gigi 4 bejek sampe 120 dulu baru masuk gigi 5.
kalo turunan cipularang sih bisa lebih dari 130kpj
nih contohnya diturunan cipularang:

jadi OOT gak ya?
maaf kalo OOT deh.. Yagak


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Danny Massie - 03-01-2008 11:13

Xeli '05 gue bisa 140 kpj di tol kanci ( isinya 3 orang dewasa dan 2 anak-anak) udah pasang ISU speed n grounding wire kit. Ini waktu pulang mudik lebaran dan natal kemaren. tapi kalo dalkot ( rumah -kantor) cuma mentok di 40 kpj, maklum kantor jaraknya cuman 5 km dari rumah tapi muuuuaaacceetnya yang gak tahan. Sorry OOT.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Eko Sucahyo Kurniawan - 04-01-2008 12:58

wah wah wah, gila gila yach, ga ngeri mesin jebol, pengen jg si nyobain kec sgitu... itu yg ada gambarnya Xenia Mi ya? dash boardnya koq kayak punya Mi, tapi kan Xeli saya bukan yg pipi ti ai... ngaruh ga?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 04-01-2008 13:11

Eko Sucahyo Kurniawan Menulis:
wah wah wah, gila gila yach, ga ngeri mesin jebol, pengen jg si nyobain kec sgitu... itu yg ada gambarnya Xenia Mi ya? dash boardnya koq kayak punya Mi, tapi kan Xeli saya bukan yg pipi ti ai... ngaruh ga?


Jebol sih kagak paling kinerja mesin berkurang dan harus lebih cepat diservis. Kalau anjurannya tiap 10 ribu km ya diservis tiap 5000 km.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Don - 04-01-2008 13:37

Eko Sucahyo Kurniawan Menulis:
wah wah wah, gila gila yach, ga ngeri mesin jebol, pengen jg si nyobain kec sgitu... itu yg ada gambarnya Xenia Mi ya? dash boardnya koq kayak punya Mi, tapi kan Xeli saya bukan yg pipi ti ai... ngaruh ga?


X Li bro... yg keluaran pertama, gak ada trip meternya.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 04-01-2008 16:02

Don Menulis:

Eko Sucahyo Kurniawan Menulis:
wah wah wah, gila gila yach, ga ngeri mesin jebol, pengen jg si nyobain kec sgitu... itu yg ada gambarnya Xenia Mi ya? dash boardnya koq kayak punya Mi, tapi kan Xeli saya bukan yg pipi ti ai... ngaruh ga?


X Li bro... yg keluaran pertama, gak ada trip meternya.


Trip meter kagak ada?

RPM kali yg gak ada....


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Pras - 04-01-2008 17:28

Trip meter gak ada, RPM juga gak ada... adanya odometer (yg gak bisa di reset), ya kan?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 04-01-2008 18:43

Pras Menulis:
Trip meter gak ada, RPM juga gak ada... adanya odometer (yg gak bisa di reset), ya kan?


Iya ya, jadul banget Tuh


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Don - 04-01-2008 19:42

Bobby Sant Menulis:

Don Menulis:

Eko Sucahyo Kurniawan Menulis:
wah wah wah, gila gila yach, ga ngeri mesin jebol, pengen jg si nyobain kec sgitu... itu yg ada gambarnya Xenia Mi ya? dash boardnya koq kayak punya Mi, tapi kan Xeli saya bukan yg pipi ti ai... ngaruh ga?


X Li bro... yg keluaran pertama, gak ada trip meternya.


Trip meter kagak ada?

RPM kali yg gak ada....


trip meter kan yg dibawah itu bro, yg bisa kita reset itu lho... Yagak


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Andrew - 05-01-2008 10:27

Pake premium ngelitik melulu dibanding pake shell, gw tdny pake shell sejak shell 7000 katas dah nyerah. hasilny boil lbh byk ngelitik dibanding biasa padahal cara nyetir sama nga beda dgn pake shell.
dan klu pake premium selalu dicurangin entah premiumnya dioplos, entah meterannya dioplos, dan jangan2x dua2xnya dioplos. hihhhhh sebel gw pake produk oplosan.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Don - 05-01-2008 19:16

Andrew Menulis:
Pake premium ngelitik melulu dibanding pake shell, gw tdny pake shell sejak shell 7000 katas dah nyerah. hasilny boil lbh byk ngelitik dibanding biasa padahal cara nyetir sama nga beda dgn pake shell.
dan klu pake premium selalu dicurangin entah premiumnya dioplos, entah meterannya dioplos, dan jangan2x dua2xnya dioplos. hihhhhh sebel gw pake produk oplosan.


wah, ada avanza / xenia ngelitik...?
atau sebenernya mobilnya apa bro?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Nurtaranto - 05-01-2008 19:42

pake premium sebaiknya d campur jg dengan additive. ga perlu tiap kali ngisi tp yah setiap 3-4 kali ngisi bensin. saat ini lagi nyoba elf octane boosterGozkirpma


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Nurtaranto - 05-01-2008 19:50

ato bisa juga nyoba sarannya om phoenix: pake pertamax plus/shell super extra 5 liter tiap ngisi full tank.
praktisnya isi 50rb shell super extra (klo ga salah dapat 6,6 liter), sisanya d isi premium dehGozkirpma


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Don - 05-01-2008 22:19

Nurtaranto Menulis:
ato bisa juga nyoba sarannya om phoenix: pake pertamax plus/shell super extra 5 liter tiap ngisi full tank.
praktisnya isi 50rb shell super extra (klo ga salah dapat 6,6 liter), sisanya d isi premium dehGozkirpma


bro, kayanya mobil dia bukan avanza / xenia deh.
tapi kalo emang a/x sebaiknya periksa dulu tuh, pasti ada yg gak beres, ada kabel2 sensor yg lepas dll.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - RUHIYAT - UYU - 06-01-2008 04:25

ane dari boil baru pake premium dan udah setahun ini peke additive Quasar P2, karbu dan filter bensin tetap bersih tuh dan tarikannya bertambah


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Don - 06-01-2008 07:35

RUHIYAT - UYU Menulis:
ane dari boil baru pake premium dan udah setahun ini peke additive Quasar P2, karbu dan filter bensin tetap bersih tuh dan tarikannya bertambah


pake carburator & filter bensin diluar tanki? mobilnya apa bro?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Racing - 06-01-2008 19:41

RUHIYAT - UYU Menulis:
ane dari boil baru pake premium dan udah setahun ini peke additive Quasar P2, karbu dan filter bensin tetap bersih tuh dan tarikannya bertambah


gua dari pertama punya mobil sampe skr pake premium. Tapi sebaiknya pake bensin sesuai yg dipersyaratkan spek mobil, terutama mesin yg udah pake katalis sebaiknya jgn pake premium. Dampak make premium memang lama baru terasanya bisa sekitar 3 tahunan. Kalo memang rencana cuma pake mobil 3 tahun ya ga papa pake Premium apalagi buat jakarta yg macet. Kalo tinggal di daerah yg jalanan dan jarak tempuh pendek mending pake Pertamax


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Kalem - 11-01-2008 08:27

Dear Bro semua...

Daku memakai Avanza G 2004 bulan 3 .. En dari awal sampai sekarang sudah 100 rebuan lebih (kurang lebih di 120 rebu km) ... Belum pernah ganti filter bensin....... En selalu isi premium..... Tetapi sering sekali mempermalukan Avanza G vvti dimanapun juga berada... Termasuk di tol Cipularang .... (vvti tidak menjamin lebih kencang dari non vvti untuk Avanza G) ..... Kampas rem juga belum pernah ganti.. Karena masih baik.. Sampai mekanik Beres saja terheran-heran.... Kopling juga masih bagus.... Kendaraan biasa di pacu sampai 160 KM ... Dari baru daku tidak ada istilah inreyen.. Begitu terima mobil.. Langsung juga geber... Tidak ada ritual panas-panasin mesin kalau pagi hari... Starter langsung jalan..... Shokbreaker juga belum pernah ganti dari kendaraan baru..... Service selalu di Beres A2K Sunter ... (pernah di A2K BSD .. Kecewa Beraaattt..! )...

Tetapiiii......... Daku sangat pemilih dalam hal pompa bensin....... Daku kemanapun juga berada selalu isi di pompa bensin yang sama...... Sekali pernah isi di pompa bensin di BSD yang dekat German Center... Tiba-tiba mobil nditan di kecepatan sedang... Cek ke A2K tidak ada masalah... Daku curiga dengan pom bensin tersebut..... Langsung daku isi lagi di pompa bensin yang daku biasa isi.... Hasilnya sampai sekarang tidak ada namanya masalah ndutan di kecepatan sedang....

En Mekanik beres.. Sampai bingung... Karena daku belum pernah ganti filter bensin ... En mereka juga tidak bisa ganti karena memang tidak punya alasan si filter bensin itu untuk di ganti....

Regards,
Kalem


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - aeres - 11-01-2008 08:32

jadi rekomendasinya pom bensin mana?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Kalem - 11-01-2008 08:50

aeres Menulis:
jadi rekomendasinya pom bensin mana?


Bro...

Daku cuma bisa kasih rekomendasi Pom Bensin yang daku biasa isi yach......

Di tol Tangerang (jika dari arah tangerang.. Sebelum pintu tol Karang Tengah) bolak-baliknya itu pompa bagus.....

Keluar pintu tol Serpong (arah dari Jakarta) itu juga bagus........

Pom bensin dekat ursula BSD... Itu juga bagus.....

Jika daku perjalanan luar kota..... Misalnya ke Bandung.. En terpaksa harus isi bensin.. Maka daku haram hukumnya isi premium.. Kudu pertamax.....

Itu saja pom bensin yang daku biasa isi.... Yang lain bisa nambahin dech.....

Regards,
Kalem


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Av Han zA kU - 24-04-2008 16:08

yang pake premium sapaaaaaaaaaaaaa


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - chris.ho - 24-04-2008 16:21

mobil gua dr awal sampai sekarang pake premium. Dilema juga sih, pengen pake pertamax tp masih agak berat buat guaTuh


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - aeres - 24-04-2008 16:26

gw pake premium sejauh ini nda masalah sih...


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - baseboy_2001id - 24-04-2008 16:33

Av Han zA kU Menulis:
yang pake premium sapaaaaaaaaaaaaa


gueeeeeeeeee....gak sanggup beli pertamax Hikhik


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - ducati@2008 - 24-04-2008 17:17

selama naik mobil selalu beli premium & pilih pom bensin,
kalau dijakarta setahu saya yg bagus pom bensin :
1. Pom bensin benhil
2. Pom bensin paspampres cideng belok kanan dr arah tanah abang,
jalan apa sich dah lama ga dijkt lupa..

kalau ga pakai pertamax efek setelah tiga tahun mesin kenapa 095


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 24-04-2008 18:15

Gua udah lama pakai premium tapi suer deh jangan cuman isi premium aja tapi kudu dicampur toluene, xylene dan acetone supaya tetap bersih.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Don - 24-04-2008 23:39

gw pake xenia li dari baru bulan 4 thn 2004, skg udah nyaris 100ribu km, selalu pake premium.
blom ganti fuel filter.
terakhir check fuel filter masih bagus & tanki masih bersih.
selalu isi bensin di menteng, gereja theresia atau di tol cikampek km 19, atau tol cipularang km 88.
mesin masih enteng, masih bisa lari 140km (xe li lho ya).

emang ajaib nih mobil, cuma service rutin doang, gak pernah ganti spare parts yg aneh2 kecuali emang yg udah due seperti timming belt, clutch set, shock absorber depan belakang, brake pad, accu.
tapi ada yg aneh, lampu rem udah 2 kali ganti & selalu yg sebelah kiri melulu, kebetulan aja sih, tapi herannya lampu2 lain awet banget.
knalpot juga masih awet.
bolak balik mo dijual jadi sayang...
Topdeh


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - ranamin - 25-04-2008 15:31

mobil bokap Datsun120Y dari tahun 79 sampe sekarang masih pake premium, di tol masih bisa 150km/j. Ngga pernah ada kerusakan tuh. Yang penting ngerawatnya aja... premium dan pertamax kan beda di oktannya aja, pengaruhnya ke pembakarannya aja. Jadi selama premium masih dijual buat ane sih tetap pilihan.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - aeres - 25-04-2008 15:38

sebenernya premium ok aje.. yang gak ok kalo dioplos.. tapi sekarang dah hampir gak mungkin ngoplos... minyak tanah harganya lebih mahal.... hihihihi...


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 25-04-2008 16:19

ranamin Menulis:
mobil bokap Datsun120Y dari tahun 79 sampe sekarang masih pake premium, di tol masih bisa 150km/j. Ngga pernah ada kerusakan tuh. Yang penting ngerawatnya aja... premium dan pertamax kan beda di oktannya aja, pengaruhnya ke pembakarannya aja. Jadi selama premium masih dijual buat ane sih tetap pilihan.


Mobil jaman dulu biasanya kompresinya rendah sehingga toleransi dengan kerak di ruang bakar lebih tinggi. Kalau mobil sekarang yg cc kecil tapi tenaga gede kayak AX lebih sensitif sama kerak.

Premium gak pakai aditif deterjen sehingga memudahkan penumpukan kerak.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - SaPiE - 25-04-2008 16:28

kalo di tangki bensin dikasi deterjen dikit gimana....??? 095


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - aeres - 25-04-2008 16:32

coba aja pi.. ntar kasih tau yach gemana hasilnya....


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 25-04-2008 16:33

SaPiE Menulis:
kalo di tangki bensin dikasi deterjen dikit gimana....??? 095


Boleh dicoba tuh....ditunggu FRnya ya...Gozkirpma


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Pras - 25-04-2008 18:13

mampusss lu pie.... HahaHaha


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - xeniasporty - 28-04-2008 10:18

Menurut sy kl Av/xe pk premium msh ok XeLi ku jg minum premium yg penting rutin bersihin ruang bakar pakai carb jet lebih efektif lsg tuang di lubang busi . Tp ini u/ yg non VVTI kl yg sdh VVTI bukannya sdh ada Catalyc Converter?095 Kl sdh pakai CC sih harus pertamax minimal krn efeknya kl CC mampet mesin mati parahnya ECU jebol Tuh


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 28-04-2008 10:20

xeniasporty Menulis:
Menurut sy kl Av/xe pk premium msh ok XeLi ku jg minum premium yg penting rutin bersihin ruang bakar pakai carb jet lebih efektif lsg tuang di lubang busi . Tp ini u/ yg non VVTI kl yg sdh VVTI bukannya sdh ada Catalyc Converter?095 Kl sdh pakai CC sih harus pertamax minimal krn efeknya kl CC mampet mesin mati parahnya ECU jebol Tuh


Catalytic AX kalau mampat akibat timbal gak bikin ECU jebol. Tenang aja. Wong ECU kagak tau kondisi Catalytic kok...Whistling


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - honggy - 28-04-2008 10:28

carbon spirit?? buat ngilangin kerak di mesin... biaya 250-300rban..


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - SaPiE - 28-04-2008 10:37

logikanya sih bisa ya kalo pake detergen dikit....
cuman, seberapa dikit ini yang jadi masalah...
gak tau ukurannya soale....

om pras or om bob coba dong....
mobil gue masi nyicil, yang udah lunas aja yang nyoba.... Tongue1


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Nurtaranto - 28-04-2008 10:46

drpd pake rinso mending d campur hot pill crazy octane aja deh, dosis normal 2 tablet u 1 tngki. dobel dosis jg bisaSmile


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - 3R1X - 28-04-2008 11:52

Mobil g XeXi vvti dr baru isinya premium terus. Sampe sekarang sih masih oke2 aja. Mesin masih std, cuma dipasang EXR, CAI & Broquet (in tank). Kemaren minggu pagi ketemu AVE vvti (sendirian)mau masuk gerbang tol puri arah tomang, tuh boil jalannya kenceng banget, g jadi berminat nemenin dia sekalian ngetes kencengan siapa he..he..(mobil g 4 org) Whistling

Sebelum nyampe gerbang tolnya, udah sempet g tempelin terus. Pas ngantri mau bayar, dia berasa ada yg ngikutin kali, soalnya sempet ngelirik spion tengah sih...
G ngantri diblkg dia, pas g udah bayar, langsung bejek gas...kejar...gigi 2 sempet masuk 7000 rpm. Gak pake lama tuh AVE udah kesusul sm g, kekejarnya pas gigi 4, diatas 100km/h akselerasi boil g lebih cepat Big Grin sayang pas mau g lewatin, jalanan didepan rame Wallbash

Kesimpulan g, pake premium tetep bisa kenceng, mesin jg gak ngelitik Winking


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - xeniasporty - 28-04-2008 15:38

095

Bobby Sant Menulis:

xeniasporty Menulis:
Menurut sy kl Av/xe pk premium msh ok XeLi ku jg minum premium yg penting rutin bersihin ruang bakar pakai carb jet lebih efektif lsg tuang di lubang busi . Tp ini u/ yg non VVTI kl yg sdh VVTI bukannya sdh ada Catalyc Converter?095 Kl sdh pakai CC sih harus pertamax minimal krn efeknya kl CC mampet mesin mati parahnya ECU jebol Tuh


Catalytic AX kalau mampat akibat timbal gak bikin ECU jebol. Tenang aja. Wong ECU kagak tau kondisi Catalytic kok...Whistling



Lho bukannya sensor O2 nempelnya di CC dan lsg konek ke ECU095


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - asbi - 28-04-2008 15:45

menurut sy umur mesin tergantung maintenance ..

tapi semoga thread ini bisa mendorong temen2 lebih sering menggunakan bbm non subsidi Big Grin


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Nurtaranto - 28-04-2008 15:58

asbi Menulis:
menurut sy umur mesin tergantung maintenance ..

tapi semoga thread ini bisa mendorong temen2 lebih sering menggunakan bbm non subsidi Big Grin


WhistlingWhistlingWhistling


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 28-04-2008 16:30

asbi Menulis:

tapi semoga thread ini bisa mendorong temen2 lebih sering menggunakan bbm non subsidi Big Grin


Dengan perbedaan harga yang sangat jauh, gua mendingan pakai BBM subsidi.

Masa rakyat disuruh kencangin ikat pinggang sedangkan wakil rakyat enak-enakan.

Gua juga bayar pajak kok. Dari pajak restoran sampai pajak penghasilan Lewe

Lagian, di UUD 45 sudah ditulis kok kalau sumber daya alam boleh dinikmati oleh rakyat.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Dimas Prasetyo H - 28-04-2008 16:39

wew... repot sudahHaha


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - asbi - 28-04-2008 16:40

Bobby Sant Menulis:

asbi Menulis:

tapi semoga thread ini bisa mendorong temen2 lebih sering menggunakan bbm non subsidi Big Grin


Dengan perbedaan harga yang sangat jauh, gua mendingan pakai BBM subsidi.

Masa rakyat disuruh kencangin ikat pinggang sedangkan wakil rakyat enak-enakan.

Gua juga bayar pajak kok. Dari pajak restoran sampai pajak penghasilan Lewe

Lagian, di UUD 45 sudah ditulis kok kalau sumber daya alam boleh dinikmati oleh rakyat.


siap om Smile

kan tidak wajib, biasanya jg sy kl lg punya duit lebih aj br isi bbm non subsidi. Toungue


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - aeres - 28-04-2008 16:45

iya betul.. kalo mo pake non subsidi hapus itu pajak penghasilan...


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - asbi - 28-04-2008 16:53

aeres Menulis:
iya betul.. kalo mo pake non subsidi hapus itu pajak penghasilan...


berarti judulnya diganti...

Pakai Premium, Kena Pajak Tambah Gede Gapapa.. Tongue_outTongue_out kaburrrrrrr


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 28-04-2008 17:03

aeres Menulis:
iya betul.. kalo mo pake non subsidi hapus itu pajak penghasilan...


Bukan begitu maksudnya, pajak tetap tapi rakyat harus nikmatin.

Gua ngikutin kasus DPR VS KPK cukup bikin gemes. Kata KPK, karena sekarang pejabat ngeri korupsi, jadinya mereka gak mau ngurusin proyek karena kalau gak korupsi gak dapat duit. Kalau gak dapat duit kagak mau kerja. Emangnya mereka itu gak digaji dan gak dikasih fasilitas mewah?

Gara-gara mereka, banyak perusahaan minyak asing yg hengkang dari Indonesia, sekarang ribut kalau produksi minyak mentah gak mencapai target.

Duh..duh...aduh....miris hati melihat rakyat ngantri minyak tanah , padahal Indonesia anggota OPEC yg notabene penghasil minyak.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - aeres - 28-04-2008 17:08

Boxing yeee.. enak aje tambah gede... tuing.. tuing.... Boxing


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - asbi - 28-04-2008 17:24

tapi susah lo jadi pejabat negara,.

jadi orang jujur, disingkirkan dari status quo, difitnah.
jadi orang yg melawan ketidakbenaran di ancam,diteror keluarganya.
jadi orang yg bersih dr KKN, dimarahin karena perintah beliau.


walaupun se idealis apapun qt, kalo ud dilingkungan tersebut pasti ikut status quo.

jadi siapa yg harus mulai , supaya negara qt bersih&maju.
ya kita mulai aj dr diri sendiri.

maaf ngelantur nih, gara2 stress kerjaan numpuk ..


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Nurtaranto - 28-04-2008 17:28

asbi Menulis:
tapi susah lo jadi pejabat negara,.

jadi orang jujur, disingkirkan dari status quo, difitnah.
jadi orang yg melawan ketidakbenaran di ancam,diteror keluarganya.
jadi orang yg bersih dr KKN, dimarahin karena perintah beliau.


walaupun se idealis apapun qt, kalo ud dilingkungan tersebut pasti ikut status quo.

jadi siapa yg harus mulai , supaya negara qt bersih&maju.
ya kita mulai aj dr diri sendiri.

maaf ngelantur nih, gara2 stress kerjaan numpuk ..


nah ini dia, klo emang ga punya daya apa boleh buat, tp idealisme harus tetep dipelihara d hati. suatu saat pasti akan ada kesempatan u merubah keadaan menjadi lebih baik n pas saat itu tiba, waktunya bg kita u tampil memperjuangkan kebenaran dan keadilanGozkirpma


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Pras - 28-04-2008 17:29

Jadi gak ada hubungannya kan antara pake premium dan umur mesin jadi pendek?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - zhe_ya - 28-04-2008 17:29

asbi Menulis:
jadi orang yg bersih dr KKN, dimarahin karena perintah beliau.

maaf ngelantur nih, gara2 stress kerjaan numpuk ..

Wah banyak kerjaan.. ente pasti orang yang bersih deh.. tapi ga pake dimarahin kan?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Nurtaranto - 28-04-2008 17:29

oya sebisa mungkin uang2 korupsi jgn d sentuh, sumbangin aja k mana kek..


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Pras - 28-04-2008 17:32

Nurtaranto Menulis:
oya sebisa mungkin uang2 korupsi jgn d sentuh, sumbangin aja k mana kek..


gimana bedainnya uang yang kita pegang ini uang korupsi atau bukan? 095


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Nurtaranto - 28-04-2008 17:34

Pras Menulis:

Nurtaranto Menulis:
oya sebisa mungkin uang2 korupsi jgn d sentuh, sumbangin aja k mana kek..


gimana bedainnya uang yang kita pegang ini uang korupsi atau bukan? 095


misalnya bos/rekan kerja ngasih duit yg ga jelas asal usulnya. saat d tanya: "ini duit apa pak?" d jawab: "udah, terima aja" Whistling


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - BUDI - 28-04-2008 17:56

Memang alasan pemerintah mengenai defisit APBN ketika harga minyak dunia naik perlu dipertanyakan krn sampe saat ini jumlah ekspor minyak mentah di APBN masih 927.000 barrel/hari (= 53,8 juta kilo liter/tahun) jauh lebih tinggi dari jumlah BBM (solar, premium & minyak tanah) yg disubsidi oleh pemerintah yi 35 juta kilo liter/tahun.

Jadi mustinya PERTAMINA & pemerintah masih ada surplus 18,8 juta kilo liter/tahun antara jumlah minyak ekspor - jumlah BBM subsidi, shg klu harga minyak dunia naek mustinya PERTAMINA & pemerintah untung tho (APBN surplus) = 18,8 juta kilo liter/tahun x kenaikan harga minyak dunia.

Mustinya alasan yg lebih tepat untuk menaikan harga BBM yi perbedaan harga BBM yg makin besar dgn negara tetangga (Singapore) shg akan lebih banyak penyelundupan BBM subsidi ke Singapore. Klu harga BBM di Malaysia hampir sama dgn harga Premium & Solar subsidi jadi lebih kecil utk diselundupkan ke sana.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - BUDI - 28-04-2008 23:00

asbi Menulis:
tapi susah lo jadi pejabat negara,.

jadi orang jujur, disingkirkan dari status quo, difitnah.
jadi orang yg melawan ketidakbenaran di ancam,diteror keluarganya.
jadi orang yg bersih dr KKN, dimarahin karena perintah beliau.


walaupun se idealis apapun qt, kalo ud dilingkungan tersebut pasti ikut status quo.

jadi siapa yg harus mulai , supaya negara qt bersih&maju.
ya kita mulai aj dr diri sendiri.

maaf ngelantur nih, gara2 stress kerjaan numpuk ..


Bro asbi,

Bukankah tingginya subsidi BBM di Indonesia ini akar permasalahannya ada di PERTAMINA yg mengimpor minyak mentah dgn harga tinggi utk kilang-kilangnya mell broker spt GLOBAL ENERGI misalnya.
Coba bayangin aza klu setiap hari PERTAMINA mengimpor 700.000 barrel mell broker tsb utk kilangnya yg diuntungi US$ 1.5/barrelnya berarti brokernya akan untung US$ 1.050.000/hari tho & subsidi pemerintah jadi membengkak.
Mustinya PERTAMINA tidak perlu mengimpor minyak mentah lage utk kilang-kilangnya ttp dapat menggunakan minyak mentah produksinya sendiri ataupun klu nantinya harus impor lha mbok jgn lewat broker spt GLOBAL ENERGI tho.Tuh
Klu sampe KPK mengendus trik impor minyak mentah PERTAMINA ini maka akan banyak petinggi negara termasuk di PERTAMINA & di DPR yg terlibat dalam konspirasi ini (GLOBAL ENERGI)Winking.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 29-04-2008 09:03

Wah seru nih kalau KPK sudah masuk ke PERTAMINA.

KPK udah kayak CTU difilm 24.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - immaters - 06-05-2008 08:25

karena mobil baru dateng 4 hari yg lalu, dan keburu harus keluar dari rumah tiap hari karena tempat parkir dipake parkiran toko, terpaksa sementara ini cuman sy isi premium dolo...

tar kalo mo keluar kota mo coba pake pertamax... blon cek harga pertamax sekarang, maklum, isi bensin motor aja dulu sebulan cuman sekali soalnya jarak kantor dg rumah cuman 200 meter....

benernya sih males bawa mobil ke kantor, tapi karena masalah tempat parkir, terpaksa bawa ke kantor juga meski cuman jarak tempuh 200 meter ha ha ha ....

moga2 tar sekali isi pertamax full tank bisa nyampe 2 bulan ... hi hi hi


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - iNdr4 - 06-05-2008 09:30

asal ga ngelitik (baik di RPM bawah atau tinggi) gpp kayaknya CMIIW ...

cuma kalo ngelitik dihajar terus di rpm tinggi (apalagi kompresi dah naik) ... jebol tuh piston .... Smile ada contoh nya tuh baru minggu lalu Avanza E th 2004 bolong piston nomer 4 nya ... hihihi


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - immaters - 06-05-2008 10:38

nggelitik tuh kaya kalo pas jalan pelan pake gigi tinggi gitu ya??
maklum cupu masalah mobil... selama ini taunya cuman motor doang ha ha ha


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - budi wicaksono - 06-05-2008 11:55

iNdr4 Menulis:
asal ga ngelitik (baik di RPM bawah atau tinggi) gpp kayaknya CMIIW ...

cuma kalo ngelitik dihajar terus di rpm tinggi (apalagi kompresi dah naik) ... jebol tuh piston .... Smile ada contoh nya tuh baru minggu lalu Avanza E th 2004 bolong piston nomer 4 nya ... hihihi


pasti kerjaannya bos indra tuhWhistlingWhistlingWhistling


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - iNdr4 - 06-05-2008 13:11

@budi
wushhhhhhhhhhhhhh .... bukannnnnn !!!... hehehehe
abis dari tol tuh mobil mati mendadak ilang kompresi (padahal ngakunya cuma lari 160 km / jam) .... bengkel bilang timing chain lepas ..... ga tau nya piston bolong ... hahahaha ... ini akibat pake turbo tp kompresi standar ... di boost 0.8 bar .....

gw duga sih dari bahan bakar yg ga mencukupi daya bakarnya ... dia cuma pake Pertamax biru .... krn ga cukup nilai octane nya ... jadi kerja mesin kepaksa banget utk ngimbangin turbo nya .... kejadian deh .....


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - immaters - 14-05-2008 11:40

wadawww... di malang dimana ya bisa geber sampe 160 km/jam ha ha ha
paling2 kalo udah nyampe lawang ke utara ke arah surabaya baru bisa ....


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - iNdr4 - 14-05-2008 11:50

160 mah gampang dapet nya, gw geber avanza meleduq bisa 180 KPJ pedal masih bisa di injek lagi tuh ... hihihihi


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - immaters - 14-05-2008 12:05

hi hi hi.. di malang mana ada jalan lurus yg mulus buat geber2an...
dulu sukarno hatta & ijen sering dipake drag liar ... itupun cuman bbrp ratus meter..
kecuali kalo di tol laen ceritanya
lagian... takutttttttttttttttt.... nyampe 100 aja udah keder masih mo nambah lagi ...
ingat anak istri di rumah... hi hi hi...


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - budi wicaksono - 14-05-2008 12:14

iNdr4 Menulis:
160 mah gampang dapet nya, gw geber avanza meleduq bisa 180 KPJ pedal masih bisa di injek lagi tuh ... hihihihi


wah.... 180 masih sisa gas nya.... serem nih... Tongue_out


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Pras - 14-05-2008 12:19

budi wicaksono Menulis:

iNdr4 Menulis:
160 mah gampang dapet nya, gw geber avanza meleduq bisa 180 KPJ pedal masih bisa di injek lagi tuh ... hihihihi


wah.... 180 masih sisa gas nya.... serem nih... Tongue_out


hihihihi tinggal nyali-nya masih ada sisa gak? Haha


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - iNdr4 - 14-05-2008 13:31

gw pernah nyoba bud, putus tuh tali km .... Hikhik


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - budi wicaksono - 14-05-2008 13:55

iNdr4 Menulis:
gw pernah nyoba bud, putus tuh tali km .... Hikhik


gileeeeeee TopdehTopdeh
ampun deh ama apansa mledug Haha
bos kapan ke sby lagee.. conter masih berantakan tuh... minggu kmrn gw lewat


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - nyendat - 09-07-2008 23:54

saya kok jadi mabok??? setelah muterim forum belum ketemunya juga jwbnya
masih bingung tentang boleh / tidaknya pake premium nih:
mobil saya AVS 1.5 matic vvt-i, sejak beli 6 bulan lalu selalu pake pertamax / shell super, namun semenjak harga bensin jenis ini naik sampe 10.300/ltr saya udah gak kuat belinya, mknya ganti ke premium di KM 8500-an dengan kondisi sbb:

- sebelum beralih ke premium udah tanya ke toyota mereka bilang ga merusak pake premium, konsekuensinya ngelitik dan tenaga berkurang.
- sebelum servis saya hajar pake STP injector cleaner sebotol dan isi pertamax full
- oli sblmnya pake motul tekma mega X, diganti pake shell helix plus
- servis di astriso kbn jeruk, saya bilang ikutin prosedur servis 10.000KM aja
- waktu servis dipakein engine flush merk DOBELI, dan sebotol kecil cairan namanya FUEL SET (katanya utk mengurangi kadar air di tangki bensin, di botolnya tertulis can treat up to 800 litres)
- setelah servis dan bensin pertamax sudah hampir habis, mobil selanjutnya diisi pake premium sampe full
- ECU gak direset karena saya gak ngerti. dan orang bengkel jg blg gak usah krn vvt-i udah bisa nentuin sendiri scr otomatis
- mau minta copot catalyc bengkel gak mau karena diluar prosedur toyota katanya.

lalu yang terjadi adalah:

- ngelitik parah stelah isi premium full pertama kali, gak bisa jalan kenceng karena kalo di gas kenceng langsung bunyi klekkk....klekk...klekkk
- saya biarkan aja, sampe tangki setengah isi full lagi dan ngelitk sedikit berkurang
- ketiga kali juga begitu, setengah tangki isi full, anehnya ngelitik berkurang lagi!!, dan tenaga mulai kembali karena bisa digas kencengan dikit
- ini udah kelima kali isi premium dari setangah tangki sampe full dan sekarang ngelitiknya masih ada tapi tinggal sedikit, dan hanya kedengeran kadang2, tarikan juga udah lumayan balik hampir seperti dulu, aneh??

Pertanyaan saya:

- bolehkah saya terusin pake premium dengan kondisi seperti ini? soalnya pertamax mahaall sekali (harga naek tiap 2mg)
- kata orang toyota mesin ngelitik gak ada obatnya selain pake bensin sesuai spek, apa iya??
- rencana ganti oli dan filter di bengkel langganan setiap 5000KM pake shell helix plus, dan setiap 2000KM pake STP injector cleaner dan
setiap 10.000 servis di BERES sesuai ketentuan juga dengan DOBELI engine flush dan FUEL SET, supaya garansi gak ilang.
- berapa lama sekali tangki bensin harus dikuras dan filter bensin diganti klo pake premium?
- selalu dikatakan kalo pake premium bisa merusak mesin dalam jangka 3-5 tahun, ada penjelasan detil mengenai ini??? maksudnya bagian apa yang rusak? efeknya apa ke mobil? mahal gak gantinya klo rusak? apakah seperti yang saya pernah dengar di berita mengenai harrier yang meledak akibat CC-nya yang tersumbat timbal karena dia memakai bensin bertimbal, tp katanya kan premium di jakarta udah TT (tanpa timbal) sehingga tidak akan merusak walupun RON-nya 88.

Thx banyak atas perhatianya rekan2 AvanzaXenia.net, sori kalo kebanyakan pertanyaanya, sungguh dilema nih soalnya, sayang kantong apa sayang mobil yah......duh bingung..???


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - asbi - 10-07-2008 07:55

nyendat Menulis:
saya kok jadi mabok??? setelah muterim forum belum ketemunya juga jwbnya
masih bingung tentang boleh / tidaknya pake premium nih:
mobil saya AVS 1.5 matic vvt-i, sejak beli 6 bulan lalu selalu pake pertamax / shell super, namun semenjak harga bensin jenis ini naik sampe 10.300/ltr saya udah gak kuat belinya, mknya ganti ke premium di KM 8500-an dengan kondisi sbb:

- sebelum beralih ke premium udah tanya ke toyota mereka bilang ga merusak pake premium, konsekuensinya ngelitik dan tenaga berkurang.
- sebelum servis saya hajar pake STP injector cleaner sebotol dan isi pertamax full
- oli sblmnya pake motul tekma mega X, diganti pake shell helix plus
- servis di astriso kbn jeruk, saya bilang ikutin prosedur servis 10.000KM aja
- waktu servis dipakein engine flush merk DOBELI, dan sebotol kecil cairan namanya FUEL SET (katanya utk mengurangi kadar air di tangki bensin, di botolnya tertulis can treat up to 800 litres)
- setelah servis dan bensin pertamax sudah hampir habis, mobil selanjutnya diisi pake premium sampe full
- ECU gak direset karena saya gak ngerti. dan orang bengkel jg blg gak usah krn vvt-i udah bisa nentuin sendiri scr otomatis
- mau minta copot catalyc bengkel gak mau karena diluar prosedur toyota katanya.

lalu yang terjadi adalah:

- ngelitik parah stelah isi premium full pertama kali, gak bisa jalan kenceng karena kalo di gas kenceng langsung bunyi klekkk....klekk...klekkk
- saya biarkan aja, sampe tangki setengah isi full lagi dan ngelitk sedikit berkurang
- ketiga kali juga begitu, setengah tangki isi full, anehnya ngelitik berkurang lagi!!, dan tenaga mulai kembali karena bisa digas kencengan dikit
- ini udah kelima kali isi premium dari setangah tangki sampe full dan sekarang ngelitiknya masih ada tapi tinggal sedikit, dan hanya kedengeran kadang2, tarikan juga udah lumayan balik hampir seperti dulu, aneh??

Pertanyaan saya:

- bolehkah saya terusin pake premium dengan kondisi seperti ini? soalnya pertamax mahaall sekali (harga naek tiap 2mg)
- kata orang toyota mesin ngelitik gak ada obatnya selain pake bensin sesuai spek, apa iya??
- rencana ganti oli dan filter di bengkel langganan setiap 5000KM pake shell helix plus, dan setiap 2000KM pake STP injector cleaner dan
setiap 10.000 servis di BERES sesuai ketentuan juga dengan DOBELI engine flush dan FUEL SET, supaya garansi gak ilang.
- berapa lama sekali tangki bensin harus dikuras dan filter bensin diganti klo pake premium?
- selalu dikatakan kalo pake premium bisa merusak mesin dalam jangka 3-5 tahun, ada penjelasan detil mengenai ini??? maksudnya bagian apa yang rusak? efeknya apa ke mobil? mahal gak gantinya klo rusak? apakah seperti yang saya pernah dengar di berita mengenai harrier yang meledak akibat CC-nya yang tersumbat timbal karena dia memakai bensin bertimbal, tp katanya kan premium di jakarta udah TT (tanpa timbal) sehingga tidak akan merusak walupun RON-nya 88.

Thx banyak atas perhatianya rekan2 AvanzaXenia.net, sori kalo kebanyakan pertanyaanya, sungguh dilema nih soalnya, sayang kantong apa sayang mobil yah......duh bingung..???


om pake pertamax aja.. atau pake aditif tambahan lah..

kalo mo tetep pake premium, pasang piggyback merk dastek unichip.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 10-07-2008 08:34

@ Nyendat : Om, pakai Premium campur Toluene aja jadi dapat BBM oktan 90 dengan harga cuman kurang dari 7000 perak/liter.

Nih klik http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=5139


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - nyendat - 10-07-2008 17:38

hmmm... klo pk V-octane tiap isi bensin full gmn? ntu termasuk aditif kan yak? tadi sih udah pake dan sprtinya lumayan, ngelitiknya berkurang.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - ciput - 10-07-2008 18:31

Pake bioethanol juga bisa Pak Nyendat... tapi ya terserah sih pilihan masing2 Yagak


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - tgduren - 10-07-2008 19:03

asbi Menulis:

om pake pertamax aja.. atau pake aditif tambahan lah..

kalo mo tetep pake premium, pasang piggyback merk dastek unichip.


@asbi : om..kl ngelitik kasus saya bisa pake dastek ga yah ilangnya? 095


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Racing - 13-07-2008 22:05

tgduren Menulis:

asbi Menulis:

om pake pertamax aja.. atau pake aditif tambahan lah..

kalo mo tetep pake premium, pasang piggyback merk dastek unichip.


@asbi : om..kl ngelitik kasus saya bisa pake dastek ga yah ilangnya? 095


ngelitik karena spec down BBM bisa ilang pake Dastek dan itu memang salah satu fungsi pake Dastek selain bisa meningkatkan tenaga dan torsi., tapi ngelitik sebab lain belum tentu bisa ilang pake Dastek bro.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Fanny Agusbrata - 13-07-2008 22:08

Nah...kalo AVS ini ngelitiknya karena BBMnya kurang oktan atau ada sebab lainnya...soalnya katanya meskipun udah pake Pertamax aja masih tetap ada ngelitik halus...apa harus Pertamax Plus?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Racing - 13-07-2008 22:21

nyendat Menulis:
lalu yang terjadi adalah:

- ngelitik parah stelah isi premium full pertama kali, gak bisa jalan kenceng karena kalo di gas kenceng langsung bunyi klekkk....klekk...klekkk
- saya biarkan aja, sampe tangki setengah isi full lagi dan ngelitk sedikit berkurang
- ketiga kali juga begitu, setengah tangki isi full, anehnya ngelitik berkurang lagi!!, dan tenaga mulai kembali karena bisa digas kencengan dikit
- ini udah kelima kali isi premium dari setangah tangki sampe full dan sekarang ngelitiknya masih ada tapi tinggal sedikit, dan hanya kedengeran kadang2, tarikan juga udah lumayan balik hampir seperti dulu, aneh??

Pertanyaan saya:

- bolehkah saya terusin pake premium dengan kondisi seperti ini? soalnya pertamax mahaall sekali (harga naek tiap 2mg)
- kata orang toyota mesin ngelitik gak ada obatnya selain pake bensin sesuai spek, apa iya??
- rencana ganti oli dan filter di bengkel langganan setiap 5000KM pake shell helix plus, dan setiap 2000KM pake STP injector cleaner dan
setiap 10.000 servis di BERES sesuai ketentuan juga dengan DOBELI engine flush dan FUEL SET, supaya garansi gak ilang.
- berapa lama sekali tangki bensin harus dikuras dan filter bensin diganti klo pake premium?
- selalu dikatakan kalo pake premium bisa merusak mesin dalam jangka 3-5 tahun, ada penjelasan detil mengenai ini??? maksudnya bagian apa yang rusak? efeknya apa ke mobil? mahal gak gantinya klo rusak? apakah seperti yang saya pernah dengar di berita mengenai harrier yang meledak akibat CC-nya yang tersumbat timbal karena dia memakai bensin bertimbal, tp katanya kan premium di jakarta udah TT (tanpa timbal) sehingga tidak akan merusak walupun RON-nya 88.


Gak usah bingung kalau tetap mau lanjutin pake premium bro. Gak masalah,.. ya itu paling tenaga agak berkurang kalau ngebut di banding pake pertamax. Secara normal premium gak bikin ngelitik, kalau ngelitik di awal bisa jadi karena ECU belajar dulu. Untuk kondisi Jakarta yang macet gak masalah pake Premium apalagi buat ngebut juga susah paling top speed 80 - 100kpj.

Kalau mau mahal bisa pake Dastek.
Kalau mau repot dikit bisa pake toluene, aditif atau cairan lain yg di campur ke bensin.

jangan takut mesin rusak gara2 pake premium, sepanjang pelumas (oli) diperhatikan dan ganti sesuai jadwal.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - siapaya - 21-08-2008 17:43

kl saya sihhh..pake premium aja, tapi isi nya di pom pertamina yang berlogo pasti pas..
kan kualitasnya diaudit ama jerman..standar internasional ...


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Nurtaranto - 21-08-2008 19:13

wah om siapaya rajin baca2 thread nih. jarang2 yg kayak giniGozkirpma


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - nyendat - 21-08-2008 21:52

ngelitik msh ada tuh sampe sekarang, kadang banyak kadang dikit bingung dah hehehe, biarinin aja dulu deh. dulu pake premium dicampur v-octane, sekarang lg coba pake MPG-CAPS, kyknya ngelitik ini emang bkn sepenuhnya factor bensin, soalnya waktu pake pertamax/shell juga emang udah ada ngelitik dikit2. apa jangan2 jarang digeber yak? soalnya dalam kota melulu yang macet dari pertama beli.
jrang2 lewat tol. hehe, sepertinya sih masalah saya hampir sama seperti bro Tgduren, cuman melihat sejarah perbaikanya yang begitu repot (sampe mesin dibelek segala) ogahh deh.... ntar gak ada mobil susah....hehe.trims rekan2 yang udah kasih masukan....Topdeh


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - xeniasporty - 28-08-2008 10:04

Wah sy selalu isi premium di XeLI dan gak pernah ngelitik plus tarikan entengWhistling kuncinya hanya selalu semprot DCS/Carbjet ke ruang bakar tiap mbl jalan 100km plus reset ECU ,tp ga usah 1kaleng cukup 1/3-1/2 kaleng tiap kali semprotYagak Dengan begitu dijamin mesin terasa spt baru terusTopdeh


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 28-08-2008 10:07

xeniasporty Menulis:
Wah sy selalu isi premium di XeLI dan gak pernah ngelitik plus tarikan entengWhistling kuncinya hanya selalu semprot DCS/Carbjet ke ruang bakar tiap mbl jalan 100km plus reset ECU ,tp ga usah 1kaleng cukup 1/3-1/2 kaleng tiap kali semprotYagak Dengan begitu dijamin mesin terasa spt baru terusTopdeh


Buset, tiap 100 km semprot DCS???


Dulu Karimun gua tiap 1000 km semprot DCS, hasilnya dalam 1 tahun karburator jebol karena karet-karet sil pada hancur.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - tgduren - 28-08-2008 10:12

wah.... kl gitu beberapa bln lagi mesinnya jebol dong? Haha


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 28-08-2008 10:15

tgduren Menulis:
wah.... kl gitu beberapa bln lagi mesinnya jebol dong? Haha


Gak sih paling gasket pada bocor.

TB atau throtle body itu didisain bukan untuk dilewati oleh bahan bakar tapi untuk dilewati oleh udara.

Kalau disemprot DCS yang sifatnya tajam maka gasket-gasket yang ada di TB akan terkikis atau getas. Apalagi kalau didalam TB ada sil dari karet.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - xeniasporty - 28-08-2008 15:07

Bobby Sant Menulis:

tgduren Menulis:
wah.... kl gitu beberapa bln lagi mesinnya jebol dong? Haha


Gak sih paling gasket pada bocor.

TB atau throtle body itu didisain bukan untuk dilewati oleh bahan bakar tapi untuk dilewati oleh udara.

Kalau disemprot DCS yang sifatnya tajam maka gasket-gasket yang ada di TB akan terkikis atau getas. Apalagi kalau didalam TB ada sil dari karet.


Tenang bro gak bakalan efek ke gasket , kan semprot nya langsung di intake manifold setelah TB dan langsung masuk ke ruang bakar ,kl di Xe Li ada lubang kecil yg biasa buat CAI jadi aman dehTopdeh


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 28-08-2008 17:32

xeniasporty Menulis:
Tenang bro gak bakalan efek ke gasket , kan semprot nya langsung di intake manifold setelah TB dan langsung masuk ke ruang bakar ,kl di Xe Li ada lubang kecil yg biasa buat CAI jadi aman dehTopdeh


Oh iya ya, gua baru inget kalau diantara intake dengan mesin gak ada gasket.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Hitman - 01-09-2008 09:28

Klo Premium + MGO (My Green Oil) gimana?
RR ada udh coba??
Coz gw denger2 bisa bersihin mesin, membuat halus suara mesin etc..


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - siapaya - 20-10-2008 12:59

bro bro sekalian, XeXi VVTI udah anti knocking kan ya? Dah ada Knock Sensornya? Jadi masukin premium jg dah ga bikin knocking?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - ichan - 20-10-2008 13:32

AVG gw 2005...slama ni pake premium...aman2 aja ga da mslah n ga pernah gw kasih oktan pnambah tnaga atau apapun.kuncinya seh slama ini gw servis rutin aja......munkin ni ada tambahan sdikit kbiasaaan gw sm mobil...1 bln atau 2 bln skali mobil gw geber di RED LINE...sktr 5 mnt....lalu gber normal lg sktr 100 -120 km..di ulang bbrp x...gunanya seh utk ngebersihin krak yg ada di ruang bakar / kpala piston....ni cr alami yg gw dapet dr berbagai sumber. emang mpe skrg alhamdulillah kndisi mesin ok n ga da mslah .di tambah lg di km 75000 gw ada servis injektor ,gunanya ya biar injektor & Thortle bersih ....mpe skrg AV G ttp bisa di geber Mpe mentok...


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Supriyanto Kartono - 20-10-2008 16:44

ichan Menulis:
munkin ni ada tambahan sdikit kbiasaaan gw sm mobil...1 bln atau 2 bln skali mobil gw geber di RED LINE...sktr 5 mnt....lalu gber normal lg sktr 100 -120 km..di ulang bbrp x...gunanya seh utk ngebersihin krak yg ada di ruang bakar / kpala piston....ni cr alami yg gw dapet dr berbagai sumber.

Bro..bisa dijelasin,apa hubungannya RPM di red line dgn ngebersihin kerak di ruang bakar?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - dani3 - 20-10-2008 22:21

Supriyanto Kartono Menulis:

ichan Menulis:
munkin ni ada tambahan sdikit kbiasaaan gw sm mobil...1 bln atau 2 bln skali mobil gw geber di RED LINE...sktr 5 mnt....lalu gber normal lg sktr 100 -120 km..di ulang bbrp x...gunanya seh utk ngebersihin krak yg ada di ruang bakar / kpala piston....ni cr alami yg gw dapet dr berbagai sumber.

Bro..bisa dijelasin,apa hubungannya RPM di red line dgn ngebersihin kerak di ruang bakar?


emang bisa ya di geber ampe di red line gitu?,
dulu pernah coba digeber begitu lewat garis red line malah
suara mesin kayak kesendet gitu095


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Racing - 20-10-2008 22:48

dani3 Menulis:

Supriyanto Kartono Menulis:

ichan Menulis:
munkin ni ada tambahan sdikit kbiasaaan gw sm mobil...1 bln atau 2 bln skali mobil gw geber di RED LINE...sktr 5 mnt....lalu gber normal lg sktr 100 -120 km..di ulang bbrp x...gunanya seh utk ngebersihin krak yg ada di ruang bakar / kpala piston....ni cr alami yg gw dapet dr berbagai sumber.

Bro..bisa dijelasin,apa hubungannya RPM di red line dgn ngebersihin kerak di ruang bakar?


emang bisa ya di geber ampe di red line gitu?,
dulu pernah coba digeber begitu lewat garis red line malah
suara mesin kayak kesendet gitu095


RPM limit pada saat di geber di red line, makanya kaya kesendet krn bensin di stop, tujuannya biar mesin gak stress dan awet.

Itu yang dilakukan bro ichan seperti italian tune up, sebaiknya dilakukan pada saat mau ganti oli atau tune up aja, setelah di engine flush atau di Carb jet boleh deh di geber2 baru setelah itu oli dibuang dan ganti dengan oli baru.
Jangan di lakukan setiap saat krn juga percuma, krn keraknya gak kebuang yang ada malah bisa nambah karbon krn bensin gak kebakar semuanya krn di geber2 tadi.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - siapaya - 21-10-2008 17:43

Racing Menulis:

RPM limit pada saat di geber di red line, makanya kaya kesendet krn bensin di stop, tujuannya biar mesin gak stress dan awet.

Itu yang dilakukan bro ichan seperti italian tune up, sebaiknya dilakukan pada saat mau ganti oli atau tune up aja, setelah di engine flush atau di Carb jet boleh deh di geber2 baru setelah itu oli dibuang dan ganti dengan oli baru.
Jangan di lakukan setiap saat krn juga percuma, krn keraknya gak kebuang yang ada malah bisa nambah karbon krn bensin gak kebakar semuanya krn di geber2 tadi.


nah yang ky gini nih, bikin makin betah aja nongkrongin AvanzaXenia.net..info2 yg menunjang pengetahuan si buta mobil kayak saya...dulu jaman pake panther cuma taunya ganti oli, filter solar, filter oli. Wong busi aja ga ada, ganti ban aja ga bisa..hiks


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Grennzz - 21-10-2008 21:45

sekarang blajar ganti ban oom..biar gak kaget..hehehehe..

btw premium kita itu kotornya minta ampun yach..kemaren pas ganti filter oli ngeliat isinya kayak lumpur gitu..kacau..


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Prio - 22-10-2008 08:13

Grennzz Menulis:
btw premium kita itu kotornya minta ampun yach..kemaren pas ganti filter oli ngeliat isinya kayak lumpur gitu..kacau..


Rasanya nggak ada hubungannya antara bensin premium dg filter oli om. CMIIW.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Supriyanto Kartono - 22-10-2008 08:25

Prio Menulis:

Grennzz Menulis:
btw premium kita itu kotornya minta ampun yach..kemaren pas ganti filter oli ngeliat isinya kayak lumpur gitu..kacau..


Rasanya nggak ada hubungannya antara bensin premium dg filter oli om. CMIIW.

Sepertinya terlalu semangat berbagi cerita....Haha
@Prio...tadi sebelum ente komentarin ane udah baca,tapi gak menyimak dgn serius...jadi di pikiran ane yg dia maksud itu filter bensin..
Teliti...juga yah..Topdeh


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - Bobby Sant - 22-10-2008 08:29

Prio Menulis:

Grennzz Menulis:
btw premium kita itu kotornya minta ampun yach..kemaren pas ganti filter oli ngeliat isinya kayak lumpur gitu..kacau..


Rasanya nggak ada hubungannya antara bensin premium dg filter oli om. CMIIW.


Bisa juga ada hubungannya.

Oli kan juga bersihin silinder dibawah piston. Kalau bensinnya jelek maka sisa pembakaran juga kotor. Apalagi kalau sudah ada yg bocor, pasti pengaruh juga ke oli.


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - anackcozz - 22-10-2008 08:37

greenz... lo dah ganti filter bensin? kenapa?


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - tungeng - 23-10-2008 01:02

[quote=Bobby Sant]


baru baca nih,jd kalo dah di pake sktr 3 tahunan,apa yg musi dilakukan bob ?
kalo kita pake premium dr awal ?
thanks


RE: Pakai Premium, Umur Mesin Pendek - irwan_ap - 20-12-2009 10:34

Ini mah bukan 130kpj bos, malahan udah 150kpj! Bravo Canggih bener! Apa nggak limbung tuh body-nya. Ati2 di km 100, agak rawan lho.


Don Menulis:

rudi anggo Menulis:

Eko Sucahyo Kurniawan Menulis:
masa si lari ampe 140kpj??? xeli gw aja k'lo di jln rata cuman mentok ampe 125kpj, pernah ampe 130kpj waktu di cipularang pas turunan Tongue1, tu gas uda pool di injekHaha


Wah parah bro kalo cuman segitu, Xeli g bisa koq lari 135 kpj di tol CikampekGozkirpma
sorry OOTWallbashWallbashWallbash


masih jauh dari redline tuh bro...
gigi 4 bejek sampe 120 dulu baru masuk gigi 5.
kalo turunan cipularang sih bisa lebih dari 130kpj
nih contohnya diturunan cipularang:

jadi OOT gak ya?
maaf kalo OOT deh.. Yagak