Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Tips Pindah Bahan Bakar - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Modifikasi, Tips & Trik (/forumdisplay.php?fid=19)
+--- Topik: Tips Pindah Bahan Bakar (/showthread.php?tid=2939)


Tips Pindah Bahan Bakar - Bobby Sant - 27-04-2007 17:44

Mungkin tips ini bisa bantu anggota yg mau ganti jenis BBM dari Premium ke Pertamax atau sebaliknya.

Perpindahan jenis BBM mengakibatkan perubahan nilai oktan yang ada dalam tangki BBM termasuk mencampur BBM.

Gua baru ganti BBM dari Pertamax ke Premium.

Ditangki masih ada 1/4 Pertamax lalu gua isi full Premium (33 liter).

Setelah isi, gak merasa ada perubahan karena sisa Pertamax dalam pipa bensin dari pompa bensin ke injector masih murni Pertamax.

Setelah jalan 9 km, gua reset ECU.

Besoknya, jalanin mobil juga masih berasa oke seperti pakai Pertamax. Tapi setelah jalan sekitar 3 km mobil berasa gak enak. Akhirnya gua reset ulang ECUnya. Setelah reset ECU, mobil jadi enak lagi.

Dari kejadian ini gua berpikir kalau ECU mobil kita ini perlu mempelajari nilai oktan yg ada. Waktu dia belajar, mobil jadi gak enak tapi setelah direset ulang ECU langsung dapat mempelajari nilai oktan dengan seketika.

Jadi, setelah isi bensin lain jenis sebaiknya ECU direset setelah jalan kurang lebih 15 km.

Nanti pada saat isi bensin lagi, langkah diatas harus diulang minimal sampai 3 kali karena pda saat pengisian bensin jenis lain maka nilai oktan belum stabil.

Contoh :

10 liter Pertamax + 30 liter Premium = oktan 89

10 liter campuran diatas (oktan 89) + 30 liter Premium baru (88) = oktan 88.25

10 liter campuran diatas (oktan 88.25)+30 liter premium baru (88)= oktan 88.0625 .

Nah buat yg suka ngisi BBM campur-campur (setengah Pertamax+setengah Premium) juga harus melakukan tips diatas.


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - DennyBoy - 27-04-2007 17:54

ngomong-ngomong cara nge reset ECU itu gimana....


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - ye_es_ha - 27-04-2007 18:06

Lihat postingan ini bro ....
http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=1735&page=1


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - stieven - 27-04-2007 22:16

bob coba cr ngelitiknya dimana..gua pernah ngerasain ngelitik pada gigi 3


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Jeti - 23-06-2007 18:40

kalau ECU bolak-balik di reset apa ada efeknya ?


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - FX Suprapto - 23-06-2007 19:19

Reset ECU berulang kali dipercaya tidak akan menimbulkan dampak apa-apa. Hanya sekedar mengembalikan kondisi awal ke setting pabrik (semacam membaca ulang default table yang sudah terprogram).

Konon prosedur umum sebagai berikut:
1. Cabut kabel aki negatip selama 30 menit.
2. Injak pedal rem beberapa lama untuk proses menghabiskan sisa listrik (kapasitor, dll).
3. Pasang aki dan hidupkan engine dengan posisi idle selama 5-10 menit.
4. Matikan mesin kemudian cabut lagi kabel aki selama semenit.
5. Pasang lagi aki dan gunakan mobil sesuai style yang kita mau hingga 50km pertama.

Katanya sih..... Tuh


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Bobby Sant - 23-06-2007 19:22

FX Suprapto Menulis:
Konon prosedur umum sebagai berikut:
1. Cabut kabel aki negatip selama 30 menit.
2. Injak pedal rem beberapa lama untuk proses menghabiskan sisa listrik (kapasitor, dll).
3. Pasang aki dan hidupkan engine dengan posisi idle selama 5-10 menit.
4. Matikan mesin kemudian cabut lagi kabel aki selama semenit.
5. Pasang lagi aki dan gunakan mobil sesuai style yang kita mau hingga 50km pertama.

Katanya sih..... Tuh


Buset sampe segitu amat???

Tinggal cabut sekring ECU juga udah beres Om...


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - FX Suprapto - 23-06-2007 20:23

Iya tuh oom.... ane juga kata orang bengkel.
Katanya sih kalau cuman cabut fuse masih ada listrik statis yang nyangkut ato gimana gitu... 095


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - 3R1X - 11-07-2007 13:13

sekedar nambahin mslh tips pindah bbm.
pd mbl injeksi ECU merekam 2 jenis fault/kesalahan(stored&current).

Stored Fault :terjadi bila ada kontak listrik yg hilang seketika,kemudian tersambung kembali. Jd mobil tetap dpt berjalan normal.
Current Fault :terjadi bila ada kontak listrik yg hilang terus menerus/ada part kelistrikan yg rusak.

Cara memperbaikinya :
Stored Fault - dihapus melalui engine scanner/cabut kepala aki utk mereset ecu atau didiamkan saja krn kalau sdh terjadi beberapa kali kesalahan yg sama ecu akan menghapus sendiri scr otomatis.
Curren Fault - part yg rusak diganti dulu,status akan berubah jd Stored Fault.Stlh itu bs dilakukan langkah sprt menghapus stored fault.

Pada mobil injeksi sampai saat ini belum ada sensor pd jalur bhn bakar/dimesin yg dpt mengenali jenis bensin/oktan yg dipakai.
Sensor2 yg ada gunanya utk memberikan input ke ECU agar dpt memberikan output yg tepat,yaitu : Injection time(kapan & brp lamanya penyemprotan bhn bakar).
Ignition time(waktu penyalaan busi )
Utk merubah injection & ignition time (engine mapping)hanya bs dilakukan melalui engine scanner(bila ada menunya pd ECU)/ganti chip atau dgn memakai piggyback diseting diatas mesin dyno.

Jadi melepaskan kepala aki tidak dapat mereset/mengubah setingan mesin yg dpt mempelajari nilai oktan yg dipakai


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Prio - 11-07-2007 14:02

Om Eric, setau saya ECUnya A/X memang tdk mempelajari nilai ontan BBM. Input yang digunakan adalah input dari knocking sensor. Sehingga bila ada knocking ECU akan memerintahkan mesin untuk memajukan / memundurkan titik pengapian.

Mencabut sekering ECU / mencopot kepala aki tujuannya adalah membuat ECU mengembalikan posisi titik pengapian ke factory default untuk selanjutnya perlahan-lahan ECU akan menyesuaikan posisi optimal titik pengapian sesuai dengan input dari knocking sensor. Hal ini sangat membantu bagi pemilik A/X yg melakukan pindah BBM ke RON yg lebih rendah karena reaction time ECU A/X agak lambat (mungkin belum intel pentium core 2 duo hehehe...)

Jadi reset ECU disini menurut saya memang tidak bertujuan untuk merubah engine mappingnya.


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Dolly Rahman - 11-07-2007 14:10

Apakah hal ini cuma berlaku buat av/xe aja, apa bs buat berbagai merek mobil095


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Prio - 11-07-2007 14:14

Dolly Rahman Menulis:
Apakah hal ini cuma berlaku buat av/xe aja, apa bs buat berbagai merek mobil095


Kalo mobil eropa jangan coba2 om, salah2 malah ngelock ECUnya.
Contohnya peugeot 206, lepas aki aja ada prosedur stdnya. Kalo ada prosedur yg kelewat ECU langsung lock.


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Dolly Rahman - 11-07-2007 15:09

Prio Menulis:
Kalo mobil eropa jangan coba2 om, salah2 malah ngelock ECUnya.
Contohnya peugeot 206, lepas aki aja ada prosedur stdnya. Kalo ada prosedur yg kelewat ECU langsung lock.


Kl mobil2 jepang lain apa ky gini jg om, kaya genio or great?


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Prio - 11-07-2007 15:21

Dolly Rahman Menulis:
Kl mobil2 jepang lain apa ky gini jg om, kaya genio or great?


Untuk mobil jepang yg lain saya gak tau. Mungkin Andreas Phoenix yg lebih tau.


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - SaPiE - 11-07-2007 15:31

repot juga kalo gonta ganti bbm kudu buka kap mesin buat reset ecu....


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - 3R1X - 11-07-2007 16:21

Prio Menulis:
Mencabut sekering ECU / mencopot kepala aki tujuannya adalah membuat ECU mengembalikan posisi titik pengapian ke factory default untuk selanjutnya perlahan-lahan ECU akan menyesuaikan posisi optimal titik pengapian sesuai dengan input dari knocking sensor. Hal ini sangat membantu bagi pemilik A/X yg melakukan pindah BBM ke RON yg lebih rendah karena reaction time ECU A/X agak lambat (mungkin belum intel pentium core 2 duo hehehe...)


Nambahin lg neh....
Mengenai knocking sensor,tugasnya adalah Memundurkan timing pengapian beberapa derajat saat terjadi detonasi pada mesin.
Stlh timing dimundurkan, Ecu akan membaca apakah masih terjadi detonasi atau tidak.

Bila detonasi sudah tidak ada,maka Ecu akan mengembalikan timing pengapian ketitik awal/semula secara perlahan.
Proses ini akan terus berlangsung selama mesin hidup.
Jadi Ecu secara otomatis akan menseting timing pengapian ketitik yg optimal selama mesin mobil bekerja Topdeh


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Bobby Sant - 11-07-2007 17:18

Eric Luanda Menulis:

Nambahin lg neh....
Mengenai knocking sensor,tugasnya adalah Memundurkan timing pengapian beberapa derajat saat terjadi detonasi pada mesin.
Stlh timing dimundurkan, Ecu akan membaca apakah masih terjadi detonasi atau tidak.

Bila detonasi sudah tidak ada,maka Ecu akan mengembalikan timing pengapian ketitik awal/semula secara perlahan.
Proses ini akan terus berlangsung selama mesin hidup.
Jadi Ecu secara otomatis akan menseting timing pengapian ketitik yg optimal selama mesin mobil bekerja Topdeh



Masalahnya ECU A/X itu bolot punya.

Laptop gua aja yg Pentium 4 1,8 Mhz kalau habis buka foto dari SLR camera pasti jadi bolot. Itu karena kurang cepat menghapus cache memorynya. Kalau mau cepat harus direstart.

Cabut sekring ECU masuk ke daftar tune up di bengkel resmi. Kalau gak percaya, coba perhatiin deh kalau montir beres lagi tune up. Kalu dia gak lakuin berarti dia kelupaan.


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - DarkBlade - 16-07-2007 10:37

Bobby Sant Menulis:
Masalahnya ECU A/X itu bolot punya.

Laptop gua aja yg Pentium 4 1,8 Mhz kalau habis buka foto dari SLR camera pasti jadi bolot. Itu karena kurang cepat menghapus cache memorynya. Kalau mau cepat harus direstart.

Cabut sekring ECU masuk ke daftar tune up di bengkel resmi. Kalau gak percaya, coba perhatiin deh kalau montir beres lagi tune up. Kalu dia gak lakuin berarti dia kelupaan.

Eh bob, kemaren pas servis rutin di beres, mekaniknya ngga cabut sekring loh reset ECU nya. Gue tanya katanya bisa reset ECU lewat kunci kontak, di on-off dengan sequence tertentu. Beneran apa gue di boongin ya ? Soalnya pas gue tanya gimana caranya dia bilang R-H-S boss.....


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Bobby Sant - 16-07-2007 10:50

DarkBlade Menulis:
Eh bob, kemaren pas servis rutin di beres, mekaniknya ngga cabut sekring loh reset ECU nya. Gue tanya katanya bisa reset ECU lewat kunci kontak, di on-off dengan sequence tertentu. Beneran apa gue di boongin ya ? Soalnya pas gue tanya gimana caranya dia bilang R-H-S boss.....


Kena deh lu dikibulin HahaHaha

Yg reset dari kunci kontak itu cuman alarm aja.

Kalau alarm bunyi dan gak dimatiin karena remote rusak atau ketinggalan harus on-of kunci kontak sebanyak 10 kali.


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - DarkBlade - 16-07-2007 11:40

Bobby Sant Menulis:

DarkBlade Menulis:
Eh bob, kemaren pas servis rutin di beres, mekaniknya ngga cabut sekring loh reset ECU nya. Gue tanya katanya bisa reset ECU lewat kunci kontak, di on-off dengan sequence tertentu. Beneran apa gue di boongin ya ? Soalnya pas gue tanya gimana caranya dia bilang R-H-S boss.....


Kena deh lu dikibulin HahaHaha

Yg reset dari kunci kontak itu cuman alarm aja.

Kalau alarm bunyi dan gak dimatiin karena remote rusak atau ketinggalan harus on-of kunci kontak sebanyak 10 kali.

Awas tu BoxingBoxingmekanik BoxingBoxingkalo laen kali servis.....


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - blijunk - 16-07-2007 12:52

Om Bob kalo ganti filter udara atau busi perlu reset ECU juga ga?

Ane uda pake JFCnya, rasanya beda banget dari filter udara standar....tarikan tambah asik, sendat jadi kurang, pas turun gigi (deselerasi) engine brake juga kurang ini kelebihan atau kekurangan JFC ya?Bagi ane ini sih bukan kelebihan atau kekurangan tapi tipikal JFC kale ya?

Oli K&N yang warna merah darah ntu fungsinya apa?bisa abis ga selama pake (jadi kering)?

Sori pinjem thread bentar...


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - 3R1X - 20-07-2007 11:21

Masalahnya ECU A/X itu bolot punya.

Laptop gua aja yg Pentium 4 1,8 Mhz kalau habis buka foto dari SLR camera pasti jadi bolot. Itu karena kurang cepat menghapus cache memorynya. Kalau mau cepat harus direstart.


[/quote]

Ya udah kalo gitu Ecu nya harus diupgrade dulu kali,jadi dual core biar gak bolot lagi Haha Haha Haha


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - SaPiE - 20-07-2007 11:24

Eric Luanda Menulis:
Masalahnya ECU A/X itu bolot punya.

Laptop gua aja yg Pentium 4 1,8 Mhz kalau habis buka foto dari SLR camera pasti jadi bolot. Itu karena kurang cepat menghapus cache memorynya. Kalau mau cepat harus direstart.


Ya udah kalo gitu Ecu nya harus diupgrade dulu kali,jadi dual core biar gak bolot lagi Haha Haha Haha
[/quote]

yang bagus sih sekarang core 2 duo om... Whistling


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - AFANDI - 20-07-2007 12:15

SaPiE Menulis:

Eric Luanda Menulis:
Masalahnya ECU A/X itu bolot punya.

Laptop gua aja yg Pentium 4 1,8 Mhz kalau habis buka foto dari SLR camera pasti jadi bolot. Itu karena kurang cepat menghapus cache memorynya. Kalau mau cepat harus direstart.


Ya udah kalo gitu Ecu nya harus diupgrade dulu kali,jadi dual core biar gak bolot lagi Haha Haha Haha


yang bagus sih sekarang core 2 duo om... Whistling
[/quote]

jd hubungan laptop sama ecu apa 095095095


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - PenyuTurbo - 24-09-2007 21:26

blijunk Menulis:
Oli K&N yang warna merah darah ntu fungsinya apa?bisa abis ga selama pake (jadi kering)?


Oli K&N itu fungsinya untuk menyaring/mengikat kotoran. Selama gw makai gak sampai kering ... kotoran udah menumpuk (tebel banget) ... mesti dicuci lagi dan dikasih oli lagi.

Ngasih olinya emang gak boleh berlebihan ... sekiranya berlebihan maka akan ada sebagian oli yang tersedot ... jika ada MAF maka besar kemungkinan akan menempel di sensor MAF dan akan mengganggu kinerja MAF ...


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Bobby Sant - 25-09-2007 07:14

PenyuTurbo Menulis:

blijunk Menulis:
Oli K&N yang warna merah darah ntu fungsinya apa?bisa abis ga selama pake (jadi kering)?


Oli K&N itu fungsinya untuk menyaring/mengikat kotoran. Selama gw makai gak sampai kering ... kotoran udah menumpuk (tebel banget) ... mesti dicuci lagi dan dikasih oli lagi.

Ngasih olinya emang gak boleh berlebihan ... sekiranya berlebihan maka akan ada sebagian oli yang tersedot ... jika ada MAF maka besar kemungkinan akan menempel di sensor MAF dan akan mengganggu kinerja MAF ...


Tenang, Avanza gak pakai sistem MAF. Lagian, intake AX udah penuh oli krn nyedot oli dari mesin.


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - PenyuTurbo - 25-09-2007 10:39

Bobby Sant Menulis:

PenyuTurbo Menulis:

blijunk Menulis:
Oli K&N yang warna merah darah ntu fungsinya apa?bisa abis ga selama pake (jadi kering)?


Oli K&N itu fungsinya untuk menyaring/mengikat kotoran. Selama gw makai gak sampai kering ... kotoran udah menumpuk (tebel banget) ... mesti dicuci lagi dan dikasih oli lagi.

Ngasih olinya emang gak boleh berlebihan ... sekiranya berlebihan maka akan ada sebagian oli yang tersedot ... jika ada MAF maka besar kemungkinan akan menempel di sensor MAF dan akan mengganggu kinerja MAF ...


Tenang, Avanza gak pakai sistem MAF. Lagian, intake AX udah penuh oli krn nyedot oli dari mesin.


Makai sistem MAP ... Kalau intake AX kebanyakan nyedot oli ... mesti dipasangin Oil Catch Tank ....


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Bobby Sant - 25-09-2007 10:46

PenyuTurbo Menulis:


Makai sistem MAP ... Kalau intake AX kebanyakan nyedot oli ... mesti dipasangin Oil Catch Tank ....


Kalau gua sekarang malah gua buang langsung ke udara. Pakai oil catch tank kemahalan.

Kemarin diskusi sama Teddy REV, gas blow by keluar pada saat piston turun kebawah.

Udah banyak dilakuin sama Teddy dimobil langganannya dan gak ada masalah sama olinya.

Masalah uap oli ini cumn msalah Euro 2 yg melarang keluarnya gas selain dari lubang knalpot.


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - krusty - 02-12-2007 22:27

bos2 pakar AvanzaXenia.net..
gw ada pertanyaan nih, apa benar bila mencampur mis: premium dgn pertamax oktan akan otomatis naik spt yg disebutkan di awal?
Kalo gitu oktan yg dijual di pasaran bisa kagak laku dong? hehehe..
trus apa iya bila premium dicampur pertamax (ato plus) tidak homogen alias blending dgn sempurna?
thanks sebelumnya, ditunggu pencerahannya..


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - ANDRE@s - 02-12-2007 23:07

krusty Menulis:
bos2 pakar AvanzaXenia.net..
gw ada pertanyaan nih, apa benar bila mencampur mis: premium dgn pertamax oktan akan otomatis naik spt yg disebutkan di awal?
Kalo gitu oktan yg dijual di pasaran bisa kagak laku dong? hehehe..
trus apa iya bila premium dicampur pertamax (ato plus) tidak homogen alias blending dgn sempurna?
thanks sebelumnya, ditunggu pencerahannya..

ga dong bro...liat harga pertamax brp sekarang..selisih ama premium udah Rp 2000 / liter.
Kalo 1 tangki 45 liter berarti butuh 22.5 liter premium + 22.5 liter pertamax.
22.5 x4500 = 101,250
22.5 x6500 = 146,250
total = Rp 247,500

Kalo Octan Booster yg rata-rata Rp 30rb - 40rb utk 1 tangki.
45 liter x Rp 4500 = 202,500
+ Octan Booster (Rp 40rb) = 242,500
Kalo pake V octane ga sampe 30rb berarti lebih murah Octan Booster.
Hot Pills lebih murah lagi...


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - krusty - 02-12-2007 23:30

wah lgs dijawab neh.. thanks..
tapi dari dua alternatif buat naikin oktan tsb yg rekomen yg mana kira2 bro?
kalo Premium + Pertamax 50:50 kan lebih masuk diakal tuh pasti naik oktannya, sementara jika pake oktan booster apakah jaminan oktannya naik sekian poin?

lalu yg balik lagi ke pertanyaan gw yg di awal, apa bener nyampur premium + pertamax, tuh campurannya bener2 homogen/blending sempurna?

hehehe.. sorry euy bawel.. abis gw penasaran bgt.. soalnya di forum sebelah ada yg bilang gak bisa tuh teori campur premium + pertamax bakalan blending.


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - ANDRE@s - 03-12-2007 00:23

beli aja 1 liter premium & 1 liter pertamax, trus campurin di jerigen yg 2 liter...trus liatin keblending ga?
bahan dasarnya kan sama, cuma aditifnya beda...

octan booster tergantung merknya kyknya kandungannya sebenrnya campuran toluene juga

gw sih pernah coba 2-2nya....so far ga kenapa-napa sih...
tapi ga tau ya juga ya krn blm bongkar tangki. Gw juga masih newbie om...


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - krusty - 03-12-2007 08:11

hehehe.. thanks bro Andreas buat pencerahannya.. jgn kapok kalo gw bawel yak.. hahaha..


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - proskunata - 04-12-2007 10:18

Bro semua.... gw pengen tahu kira2 kalo gw pake octane booster ngaruhnya besar ga ke oktan bensin. Gw masih pake premium nih....

Trus kira2 rekomen merk apa yah ???


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - 3R1X - 18-03-2008 21:41

proskunata Menulis:
Bro semua.... gw pengen tahu kira2 kalo gw pake octane booster ngaruhnya besar ga ke oktan bensin. Gw masih pake premium nih....

Trus kira2 rekomen merk apa yah ???


G dah pk octane booster merk CRC, belinya di ace hardware, harganya sebotol sekitar Rp.50rb an. Hasilnya lumayan oke kok,terutama kalo doyan ngebut, rpm atasnya lebih enteng tarikannya Gozkirpma bensin jg lbh irit dikiiit.
Dulu produk ini pernah dites dyno sm majalah autobild dan masuk kategori recomended, soalnya bisa naikin tenaga lumayan banyak dibanding produk lainnya.


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - betterman - 13-11-2008 08:58

Bro, mau nanya nih..

Kalo dah ditambah octane booster utk bensin full tank, perlu direset ECU nya gak?
Soalnya diatas kan bilang kalo premium + pertamax harus disetel2 lg tuh ECU nya?

Mohon pencerahannya..
Thx


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Rear_Disc - 16-12-2011 14:24

Prio Menulis:
Om Eric, setau saya ECUnya A/X memang tdk mempelajari nilai ontan BBM. Input yang digunakan adalah input dari knocking sensor. Sehingga bila ada knocking ECU akan memerintahkan mesin untuk memajukan / memundurkan titik pengapian.

Mencabut sekering ECU / mencopot kepala aki tujuannya adalah membuat ECU mengembalikan posisi titik pengapian ke factory default untuk selanjutnya perlahan-lahan ECU akan menyesuaikan posisi optimal titik pengapian sesuai dengan input dari knocking sensor. Hal ini sangat membantu bagi pemilik A/X yg melakukan pindah BBM ke RON yg lebih rendah karena reaction time ECU A/X agak lambat (mungkin belum intel pentium core 2 duo hehehe...)

Jadi reset ECU disini menurut saya memang tidak bertujuan untuk merubah engine mappingnya.


mau nanya sensor knocking kan cuma mengeliminir ngelitik saat ditanjakan dan gigi perseneling gak pas. bukan?
tp kalo mensensor bbm premium terus menerus akan menguras kinerja knocking sensor dong?


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - tim29hdyt - 17-01-2013 15:54

G dah pk octane booster merk CRC, belinya di ace hardware, harganya sebotol sekitar Rp.50rb an. Hasilnya lumayan oke kok,terutama kalo doyan ngebut, rpm atasnya lebih enteng tarikannya Gozkirpma bensin jg lbh irit dikiiit.
Dulu produk ini pernah dites dyno sm majalah autobild dan masuk kategori recomended, soalnya bisa naikin tenaga lumayan banyak dibanding produk lainnya.
[/quote]

Mau tanya aja nich sm para pakar di AvanzaXenia.net,apa ada yg pernah pake K-Fuel Saver ga? Katanya buatan USA,dijualnya via MLM K-Link. Klo ada yg pernah pengalaman,share donk...Yes


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Gading Kenconoaji - 18-04-2014 20:43

bukannya kalo sering" copot kutub aki negatif gitu ngaruh ke sistem kelistrikan g sih? bisa-bisa kan lagi jalan tiba" ada asep dari kap mesin kab g lucu. mohon penjelasannya.


RE: Tips Pindah Bahan Bakar - Gading Kenconoaji - 18-04-2014 20:44

bukannya kalo sering" copot kutub aki negatif gitu ngaruh ke sistem kelistrikan g sih? bisa-bisa kan lagi jalan tiba" ada asep dari kap mesin kab g lucu. mohon penjelasannya.