Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Air Aki....... - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Perawatan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=17)
+--- Topik: Air Aki....... (/showthread.php?tid=2660)


Air Aki....... - speed_freak - 05-04-2007 07:23

RR sekalian,

Mw tanya nich...kapan waktu yang baik buat nambahin air aki mobil? apakah pagi hari atau boleh diisi kapan aj?

thanks


RE: Air Aki....... - becks_man - 05-04-2007 07:38

gw ga pernah tuh merhatiin yg namanya air aki, minyak rem, minyak power stereeng, ukuran angin.......etc.. (salah banget si sebenernya)
abisnya semua itu dah dicek di Beres, (Gw servise rutin itu 7 minggu skali) jadi ga pernah ada masalah (mudah2 an ngga)
tapi yg jelas kalo mau ngisi air aki si kalo menurut gw mau kapan aja seharus nya ga masalah
ya ga ya ga......CMIIW


RE: Air Aki....... - Prio - 05-04-2007 08:09

Ngisi air aki dpt dilakukan kapan aja selama mesin mobil dalam keadaan mati. Sebaiknya sih pagi sebelum mesin mobil dihidupkan supaya nggak kena panas hawa mesinnya .

Jangan ngisi aki sampai luber (ini kebiasaan buruk orang bengkel). Maksimal hanya boleh sampai batas atasnya saja. Hal ini untuk menjaga agar air aki tdk meluap keluar saat panas sehingga bisa menimbulkan noda putih2 dan akhirnya mengakibatkan karat.

Seminggu sekali rasanya udah cukup untuk ngecek kondisi air aki. Tinggal buka kap mesin dan goyang2 mobil sedikit untuk melihat posisi air aki.


RE: Air Aki....... - aquablue - 05-04-2007 08:16

Emang xenia ada aki nya ? Whistling Whistling


RE: Air Aki....... - Anton G - 05-04-2007 08:36

becks_man Menulis:
gw ga pernah tuh merhatiin yg namanya air aki, minyak rem, minyak power stereeng, ukuran angin.......etc.. (salah banget si sebenernya)
abisnya semua itu dah dicek di Beres, (Gw servise rutin itu 7 minggu skali) jadi ga pernah ada masalah (mudah2 an ngga)
tapi yg jelas kalo mau ngisi air aki si kalo menurut gw mau kapan aja seharus nya ga masalah
ya ga ya ga......CMIIW


Kalau servis rutin 7 minggu sekali ini, bayarnya berapa bro, dan dikerjain apa saja bro ?


RE: Air Aki....... - SaPiE - 05-04-2007 08:42

ngisi air aki yang baik dalam keadaan aki masih dingin, yaitu pagi hari....
ga tau kenapa, tapi orang2 bengkel bilangnya gitu, so, gue nurut aja...


RE: Air Aki....... - speed_freak - 05-04-2007 08:45

wahaha....thanks atas infonya....


RE: Air Aki....... - becks_man - 05-04-2007 09:14

Anton G Menulis:

becks_man Menulis:
gw ga pernah tuh merhatiin yg namanya air aki, minyak rem, minyak power stereeng, ukuran angin.......etc.. (salah banget si sebenernya)
abisnya semua itu dah dicek di Beres, (Gw servise rutin itu 7 minggu skali) jadi ga pernah ada masalah (mudah2 an ngga)
tapi yg jelas kalo mau ngisi air aki si kalo menurut gw mau kapan aja seharus nya ga masalah
ya ga ya ga......CMIIW


Kalau servis rutin 7 minggu sekali ini, bayarnya berapa bro, dan dikerjain apa saja bro ?


kalo gw pan rata rata 5000km tu cuman 7 minggu bang....
kalo pas klipatan 15rb,25rb,35,45. cuman ganti oli di BERES (sama beres si di semprot trus diapain gue ga tau) rata rata abis 250 Rb.
nah klipatan 10rb,20rb,30rb,40r, strsnya biasanya servis rada lumayan besar (katanya) padahal si cuman injectornya disemprot, ganti oli, ganti saringan dsb lah.
sebenernya byk yg ga perlu.........bikin mahal aja bang......
rata2 abis 500 - 600 rb, jadi perawatan mbl gw 3 bulan abis 800rb,,
mahalllllll....... bela belain garansi doang
gitu loh bang anton, emang mobil situ belon pernah ke Beres ya


RE: Air Aki....... - speed_freak - 05-04-2007 09:21

becks_man Menulis:

Anton G Menulis:

becks_man Menulis:
gw ga pernah tuh merhatiin yg namanya air aki, minyak rem, minyak power stereeng, ukuran angin.......etc.. (salah banget si sebenernya)
abisnya semua itu dah dicek di Beres, (Gw servise rutin itu 7 minggu skali) jadi ga pernah ada masalah (mudah2 an ngga)
tapi yg jelas kalo mau ngisi air aki si kalo menurut gw mau kapan aja seharus nya ga masalah
ya ga ya ga......CMIIW


Kalau servis rutin 7 minggu sekali ini, bayarnya berapa bro, dan dikerjain apa saja bro ?


kalo gw pan rata rata 5000km tu cuman 7 minggu bang....
kalo pas klipatan 15rb,25rb,35,45.   cuman ganti oli di BERES (sama beres si di semprot trus diapain gue ga tau) rata rata abis 250 Rb.
nah klipatan 10rb,20rb,30rb,40r, strsnya  biasanya servis rada lumayan besar (katanya) padahal si cuman injectornya disemprot, ganti oli, ganti saringan dsb lah.
sebenernya byk yg ga perlu.........bikin mahal aja bang......
rata2 abis 500 - 600 rb, jadi perawatan mbl gw 3 bulan abis 800rb,,
mahalllllll....... bela belain garansi doang
gitu loh bang anton, emang mobil situ belon pernah ke Beres ya


wah wah....service kelipatan 5.000 di BERES air aki,dll di cek ya ???
terakhir service 15.000 di a2k cuma di ganti oli doank ma BERES...padahal pas service itu air aki da pd setengah n ad beberapa cell yg uda mpe batas garis low...kgk diapaapain ma BERESBercucuran...
hehehehe....


RE: Air Aki....... - Soenfri - 05-04-2007 09:47

speed_freak Menulis:
wah wah....service kelipatan 5.000 di BERES air aki,dll di cek ya ???
terakhir service 15.000 di a2k cuma di ganti oli doank ma BERES...padahal pas service itu air aki da pd setengah n ad beberapa cell yg uda mpe batas garis low...kgk diapaapain ma BERESBercucuran...
hehehehe....


Itu mah kelupaan, tapi benar kok katanya bro sapie untuk menambah air aki sebaiknya aki dalam kondisi dingin, karena jika diisi aki dalam kondisi panas (mobil abis jalan) maka sel2 dan air dalam aki masih panas dan tiba2 diisi air dengan temperatur normal maka dapat merusak sel2-nya. Memang paling baik penambahan air aki dipagi hari sebelum mobil dijalankan dan untuk pemeriksaan rutin 1 minggu sekali skalian cek oli mesin, minyak power stering, minyak rem dan air radiator.


RE: Air Aki....... - becks_man - 05-04-2007 09:54

justru mereka pan dagangnya dari situ bro, dagang air aki


RE: Air Aki....... - kinoy - 05-04-2007 10:03

kalo gue ngecek nya tiap sabtu pagi... Big Grin

cek dr minyak rem, radiator, oli mesin, oli kopling, oli power steering, aer aki, aer wiper
ama ke tukang ban buat ngisi angin Wink


RE: Air Aki....... - Garo - 05-04-2007 10:50

Tollllonggggg donnggg RR

barusan mobilku ga isa di starter bunyinya "Tek...tek..tek". wah aku udh tau ini pasti akinya yang tekor. setelah aku cek ternyata air akinya msh diatas low (ditengah2 antara high dan low), nah aku tambah deh air akinya smpi di highnya.

pertanyaannnya:
1. kok setelah diisi tak starter lagi kok ga isa nyala ya.. mobilnya?
2. apa akinya udah rusak jd harus diganti dg yg baru(soalnya air akinya blom dibawa grs low) ?
3. klo akinya di charger dibengkel2 isa ga bertahan arus akinya soalnya takut udah dichager ehhhh 1-2 hr kambuh lg?

aku pake aki basah GS klo ga salah msh 45 Am ya. dan krn kemarin butuh banget mobil terpaksa di dorong deh mobilnya dan nyala dg baek.

mohom pencerahan secepatnya


RE: Air Aki....... - kinoy - 05-04-2007 11:29

punya multitester ga om? ato volt meter?

cek ajah waktu mesin mati berapa V, waktu mesin idup berapa V, waktu mesin idup ditambah ama beban (ac, lampu, audio) berapa V

semuanya kudu nunjukin di atas 12V

waktu mesin mati berkisar 12.6-12.8V di atas itu lebih bagus, tapi ga boleh lebih dr 13.2V
mesin idup, biasanya 13.8-14 V
mesin idup + beban sekitaran 13-13.2 V

kalo waktu mesin idup di bawah itu, cek dinamo ampere aka alternator


RE: Air Aki....... - Garo - 05-04-2007 12:46

kinoy Menulis:
punya multitester ga om? ato volt meter?

cek ajah waktu mesin mati berapa V, waktu mesin idup berapa V, waktu mesin idup ditambah ama beban (ac, lampu, audio) berapa V

semuanya kudu nunjukin di atas 12V

waktu mesin mati berkisar 12.6-12.8V di atas itu lebih bagus, tapi ga boleh lebih dr 13.2V
mesin idup, biasanya 13.8-14 V
mesin idup + beban sekitaran 13-13.2 V

kalo waktu mesin idup di bawah itu, cek dinamo ampere aka alternator


wah sebenarnya sih ga punya alat yg gituan.

tp thx ya... atas ilmunya Topdeh Topdeh


RE: Air Aki....... - Soenfri - 05-04-2007 13:18

Garo Menulis:

kinoy Menulis:
punya multitester ga om? ato volt meter?

cek ajah waktu mesin mati berapa V, waktu mesin idup berapa V, waktu mesin idup ditambah ama beban (ac, lampu, audio) berapa V

semuanya kudu nunjukin di atas 12V

waktu mesin mati berkisar 12.6-12.8V di atas itu lebih bagus, tapi ga boleh lebih dr 13.2V
mesin idup, biasanya 13.8-14 V
mesin idup + beban sekitaran 13-13.2 V

kalo waktu mesin idup di bawah itu, cek dinamo ampere aka alternator


wah sebenarnya sih ga punya alat yg gituan.

tp thx ya... atas ilmunya Topdeh Topdeh


Sebenarnya ada yg lebih simpel sebelum memeriksa dengan menggunakan alat mutitester/voltmeter yaitu usia aki tersebut sudah berapa lama ? masa pakai aki kira2 sekitar 1,5-2 thn tp ada juga yg lebih tergantung dari perawatan, cek kepala aki apakah panas setelah distater ? Jika panas maka koneksinya kurang bagus, coba cek kepala aki + & - apakah banyak kotoran yg berwarna hijau ? Bersihkan dengan menyiramkan air panas, tapi baiknya dilepas lebih dahulu lalu dibersihkan dengan amplas, dan yang terakhir coba stater mobil apakah masih tek..tek..tek atau dinamo stater jalan tp pelan ngek..ngek...? Jika masih belum jalan juga maka dapat dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan mutitester/voltmeter seperti saran dari bro kinoy.

Jika aki soak dikarenakan mobil lama gak dipake dapat dilakukan menjumper dengan aki mobil lain, setelah hidup nyalakan beberapa menit sekitar 10-15 mnt untuk pengisian, tapi jika mobil sering dipake tapi tb2 pg2 gak bisa hidup dapat dipastikan aki sudah tdk mengisi dengan baik atau alternator tdk mengisi ?

Untuk mengetahui secara dini alternator apakah berfungsi dengan baik adalah dengan menggunakan multitester/voltmeter yaitu mobil harus dihidupkan dan ukur tegangan di aki yaitu sekitar 13,8 - 14 Volt, jika dibawah tegangan tersebut berarti alternator tdk mengisi, tapi tegangan yg diukur sekitar 13,8 - 14 Volt tapi setelah dimatikan mesin dan tunggu beberapa saat lalu hidupkan kembali mesin tapi tdk bisa hidup maka dapat dipastikan aki sudah rusak.

Ciri2 aki sudah mau rusak :
1. Pada pagi hari stater mobil sudah agak sulit, tapi setelah jalan dan dipake selama 1 hari tdk ada masalah;
2. Beberapa lampu sering putus, seperti lampu rem belakang, lampu kecil, dll karena jika aki sudah tdk berfungsi dengan baik maka fungsi penyimpanan tegangan tdk ada dan aki juga sebagai stabilizer tegangan dari alternator, sehingga tegangan yg keluar dari alternator akan lgs dibebankan kesemua peralatan listrik dan yg paling rapuh adalah lampu.
3. Air aki sering kurang;


RE: Air Aki....... - Chandra - 05-04-2007 13:45

ada tips dari tukang aki juga nih..
mo liat aki rusak..

coba nyalain mesin... buka tutup aki semua..
liat mana yg bergelembung... kalo ada gelembung dari lobang aki tersebut, artinya ada yg rusak....

rusak 1 lubang artinya berapa persen gitu... lupa...

selamat mencoba....


RE: Air Aki....... - Garo - 05-04-2007 14:02

Soenfri Menulis:
[quote=Garo]
Sebenarnya ada yg lebih simpel sebelum memeriksa dengan menggunakan alat mutitester/voltmeter yaitu usia aki tersebut sudah berapa lama ? masa pakai aki kira2 sekitar 1,5-2 thn tp ada juga yg lebih tergantung dari perawatan, cek kepala aki apakah panas setelah distater ? Jika panas maka koneksinya kurang bagus, coba cek kepala aki + & - apakah banyak kotoran yg berwarna hijau ? Bersihkan dengan menyiramkan air panas, tapi baiknya dilepas lebih dahulu lalu dibersihkan dengan amplas, dan yang terakhir coba stater mobil apakah masih tek..tek..tek atau dinamo stater jalan tp pelan ngek..ngek...? Jika masih belum jalan juga maka dapat dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan mutitester/voltmeter seperti saran dari bro kinoy.

Jika aki soak dikarenakan mobil lama gak dipake dapat dilakukan menjumper dengan aki mobil lain, setelah hidup nyalakan beberapa menit sekitar 10-15 mnt untuk pengisian, tapi jika mobil sering dipake tapi tb2 pg2 gak bisa hidup dapat dipastikan aki sudah tdk mengisi dengan baik atau alternator tdk mengisi ?

Untuk mengetahui secara dini alternator apakah berfungsi dengan baik adalah dengan menggunakan multitester/voltmeter yaitu mobil harus dihidupkan dan ukur tegangan di aki yaitu sekitar 13,8 - 14 Volt, jika dibawah tegangan tersebut  berarti alternator tdk mengisi, tapi tegangan yg diukur sekitar 13,8 - 14 Volt tapi setelah dimatikan mesin dan tunggu beberapa saat lalu hidupkan kembali mesin tapi tdk bisa hidup maka dapat dipastikan aki sudah rusak.

Ciri2 aki sudah mau rusak :
1. Pada pagi hari stater mobil sudah agak sulit, tapi setelah jalan dan dipake selama 1 hari tdk ada masalah;
2. Beberapa lampu sering putus, seperti lampu rem belakang, lampu kecil, dll karena jika aki sudah tdk berfungsi dengan baik maka fungsi penyimpanan tegangan tdk ada dan aki juga sebagai stabilizer tegangan dari alternator, sehingga tegangan yg keluar dari alternator akan lgs dibebankan kesemua peralatan listrik dan yg paling rapuh adalah lampu.
3. Air aki sering kurang;


om soenfri n rr klo kejadian spt ini. mobil berhasil dinyalakan dg cara didorong trus mobilnya tak nyalakin sekitar 10-15 mnt, agar akinya terisi. setelah 10-15 mnt aku matikan mesinnya, tak tunggu bbrp jam baru tak coba nyalakin lagi, emang sih pada saat dinyalakin lagi staternya agak2 soak gitu tp mesinnya hidup.trus pagi harinya aku coba nyalakin lagi ehhh ternyata ga mau. apa ini bisa langsung tak adjust bahwa yg rusak aki-nya
soalnya aki tidak mau menyimpan arus? atau masih ada kemungkinan antara dinamo dan alternator itu ada gannguan? soalnya klo aku lihat tanda2 dari mobilku yg paling kelihatan adalah jam yg ada dimobilku itu terlambat tidak mau mengikuti jam dinding dirumah. trus indikator bensin itu menunjukan ke F sedangkan aku blom mengisi besin ampe full. tp klo dilihat dari lampu reting dll semuanya menyala dg baik.

sebelumnya thx b4......


RE: Air Aki....... - Prio - 05-04-2007 14:29

coba akinya dibawa ke shop&drive terdekat om. Disana mereka punya alat yg bisa ngecek kondisi aki.
Kalau ternyata akinya rusak bisa tuker tambah juga disana (aki lama dihargai Rp. 50.000 cmiiw) dan aki yg dibeli di shop&drive digaransi 1 thn lho..


RE: Air Aki....... - Soenfri - 05-04-2007 14:34

Garo Menulis:
om soenfri n rr klo kejadian spt ini. mobil berhasil dinyalakan dg cara didorong trus mobilnya tak nyalakin sekitar 10-15 mnt, agar akinya terisi. setelah 10-15 mnt aku matikan mesinnya, tak tunggu bbrp jam baru tak coba nyalakin lagi, emang sih pada saat dinyalakin lagi staternya agak2 soak gitu tp mesinnya hidup.trus pagi harinya aku coba nyalakin lagi ehhh ternyata ga mau. apa ini bisa langsung tak adjust bahwa yg rusak aki-nya
soalnya aki tidak mau menyimpan arus? atau masih ada kemungkinan antara dinamo dan alternator itu ada gannguan? soalnya klo aku lihat tanda2 dari mobilku yg paling kelihatan adalah jam yg ada dimobilku itu terlambat tidak mau mengikuti jam dinding dirumah. trus indikator bensin itu menunjukan ke F sedangkan aku blom mengisi besin ampe full. tp klo dilihat dari lampu reting dll semuanya menyala dg baik.

sebelumnya thx b4......


Jika kondisi seperti itu kemungkinan terbesar adalah aki sudah soak atau rusak. Tapi jika mau memastikan apakah alternator berfungsi dengan baik atau tdk harus menggunakan alat mutitester untuk mengukur tegangan aki saat mesin hidup. Tapi jika tidak mempunyai alat tersebut lebih baik datang aja ke toko aki dan minta diperiksa kondisi aki dan alternatornya. Toko aki akan memeriksa alternator sebelum aki diganti dengan yang baru.


RE: Air Aki....... - Garo - 05-04-2007 14:38

wahhh thx banget ya.. rr semua

ok2 nih mau tak bawa ke tempat aki utk dites. mudah2 hr ini udah beres nih masalah aki. Haha soalnya kemarin masalah AC skrg masalah aki ahhhh jd pusing nih Haha Haha

tp ini sebagai pengetahuan yg baik utk ke depannya thx every body. TopdehTopdehTopdeh


RE: Air Aki....... - Chandra - 05-04-2007 14:41

Soenfri Menulis:
Jika kondisi seperti itu kemungkinan terbesar adalah aki sudah soak atau rusak. Tapi jika mau memastikan apakah alternator berfungsi dengan baik atau tdk harus menggunakan alat mutitester untuk mengukur tegangan aki saat mesin hidup. Tapi jika tidak mempunyai alat tersebut lebih baik datang aja ke toko aki dan minta diperiksa kondisi aki dan alternatornya. Toko aki akan memeriksa alternator sebelum aki diganti dengan yang baru.


lucunya nih.. kemarin ada orang shop n drive mo ganti aki gw kerumah (emang gw telp) ...
setelah ganti INCOE (accu saran dari pemain audio nih... banyak di pake mikrolet dan metromini... tahan lama)

dia udah gaya nih, sebentar ya pak (katanya) sambil ngeluarin alat.. saya mo ngecheck aki bapak.. alatnya mirip voltmeter tadi...
udah di check... oh aki nya sudah berfungsi baik Pak... angka menunjukkan 14,23 di voltmeter tersebut...

trus gw bilang, Mas, repot2 pake ngeluarin alat canggih, lha.. ntu di cap bank juga udah keliatan angkanya sama dengan alat bapak..

montirnya tersipu2 malu...Topdeh


RE: Air Aki....... - Soenfri - 05-04-2007 15:22

Chandra Menulis:
trus gw bilang, Mas, repot2 pake ngeluarin alat canggih, lha.. ntu di cap bank juga udah keliatan angkanya sama dengan alat bapak..

montirnya tersipu2 malu...Topdeh


Bro jgn samakan tukang aki ama tukang audio donk ?? Tongue1 memangnya dia tau di cap bank itu angka tegangan aki ???095095
HahaHaha


RE: Air Aki....... - SaPiE - 05-04-2007 15:33

Soenfri Menulis:

Chandra Menulis:
trus gw bilang, Mas, repot2 pake ngeluarin alat canggih, lha.. ntu di cap bank juga udah keliatan angkanya sama dengan alat bapak..

montirnya tersipu2 malu...Topdeh


Bro jgn samakan tukang aki ama tukang audio donk ?? Tongue1 memangnya dia tau di cap bank itu angka tegangan aki ???095095
HahaHaha


gue adanya cap perusahaan....
cap bank kok dibawa bawa di mobil om chan....???
kerja di bank mana....????Tongue1


RE: Air Aki....... - Chandra - 05-04-2007 15:35

Soenfri Menulis:

Chandra Menulis:
trus gw bilang, Mas, repot2 pake ngeluarin alat canggih, lha.. ntu di cap bank juga udah keliatan angkanya sama dengan alat bapak..

montirnya tersipu2 malu...Topdeh


Bro jgn samakan tukang aki ama tukang audio donk ?? Tongue1 memangnya dia tau di cap bank itu angka tegangan aki ???095095
HahaHaha


maaf bro kalo menyinggung perasaan anda KissesTongue_out


RE: Air Aki....... - Garo - 05-04-2007 16:15

rr mau nanya lg nih. utk mobil xenia aki-nya harus berapa amper? soalnya mau beli aki kering merk roket. aku tanya ditempat jual aki sih bilangnya 55 amper udah cukup. bener ga?YagakYagak


RE: Air Aki....... - Ren - 05-04-2007 21:41

Garo Menulis:
aku tanya ditempat jual aki sih bilangnya 55 amper udah cukup. bener ga?YagakYagak


yang 45 amper aja... itu juga udah cukup... Yagak


RE: Air Aki....... - Soenfri - 06-04-2007 23:06

Chandra Menulis:
maaf bro kalo menyinggung perasaan anda KissesTongue_out


HahaHaha...WinkingTongue1


RE: Air Aki....... - Soenfri - 06-04-2007 23:10

Ren Menulis:

Garo Menulis:
aku tanya ditempat jual aki sih bilangnya 55 amper udah cukup. bener ga?YagakYagak


yang 45 amper aja... itu juga udah cukup... Yagak


Tergantung dari pemakaiannya sich, kalo pemakaiannya besar yach aki hrs digedein tp hrs juga diimbangin dengan alternator yg gede juga, seperti pemasangan audio, lampu kabut, dll.

Kalo selisih cuma 10-15 A mah alternator gak perlu diganti, utk a/x stdrnya pake 45 A.


RE: Air Aki....... - Anton G - 07-04-2007 00:04

becks_man Menulis:
gitu loh bang anton, emang mobil situ belon pernah ke Beres ya


Belum..!


RE: Air Aki....... - Anton G - 07-04-2007 00:07

kinoy Menulis:
ngechek oli kopling


Ngechek oli kopling bagaimana yah ?


RE: Air Aki....... - beldastanjit - 12-04-2012 07:02

aki gw sempat mendekati garis low, trus waktu itu minta air aki ke temen gw and dikasi air aki warna merah,,,dia bilang biasanya ngisi air aki harus pas lg dingin, tapi air aki yg dia kasih dia bilang bisa diisiin walaupun mobil panas habis dipake... apa bener ada air aki yg seperti ini? sekarang air akinya nyampur warna bening sama merah.

trus, umur aki gw udah 2 tahun 4 bulan, dan masih normal, perlu ganti ga ya?

trims b4


RE: Air Aki....... - jonny vins - 12-04-2012 09:30

beldastanjit Menulis:
aki gw sempat mendekati garis low, trus waktu itu minta air aki ke temen gw and dikasi air aki warna merah,,,dia bilang biasanya ngisi air aki harus pas lg dingin, tapi air aki yg dia kasih dia bilang bisa diisiin walaupun mobil panas habis dipake... apa bener ada air aki yg seperti ini? sekarang air akinya nyampur warna bening sama merah.

trus, umur aki gw udah 2 tahun 4 bulan, dan masih normal, perlu ganti ga ya?

trims b4


Wah jangan sampai lg bro kurang ampe mdktin low, krena elemen dlmnya akan rusak,karena elemennya kudu slalu kerendam aer, biar ga repot pake aja accu maintenence free bro lagi accu ente jg uda cukup lama pemakaiannya, ane trakhir pake accu basah cuma dpt 1taonWallbash, yah itu krena sering aernya kurang, semoga membantu dehYagak


RE: Air Aki....... - bill_ht - 12-04-2012 11:05

selama akinya belum terasa tekor, yah gak usah ganti lah, walaupun 2 tahun 4 bulan sudah mulai harus lebih perhatian, biar keliatan tanda-tanda mau tewasnya aki. 2 tahun 4 bulan udah mantep tuh.

air aki yang warna merah? baru tau.. biasanya kalau hanya untuk penambahan air aki, kan pakai air suling biasa (botol biru). kalau accu zuur (H2SO4 alias asam sulfat - botol merah) hanya dipakai pada saat pertama kali isi saja (biasanya udah diisiin sama penjual akinya). air warna merah itu air apa yah??


RE: Air Aki....... - beldastanjit - 12-04-2012 18:01

makasih bro atas sarannya, daripada masalah merembet ke elektrikal, mau ganti aki aja nanti sekalian servis 50rb km.
iya warna akinya merah, dia bilang ini untuk nambah, dan bisa diisi dalam keadaan mobil baru dipakai (panas)


RE: Air Aki....... - SAS34 - 12-04-2012 23:11

keqnya yg dimksd itu adalah vitamin kali yah nama mereknya kl nga salah power bat. warna cairannya emank merah keqnya itu sama aja dengan edta.
dulu pernah nyoba juga selang seling setiap bbrp bulan dengan edta yg nyampur sendiri, hasilnya aki bisa awet hampir 4 tahun, sampe akhirnya cranking amperenya makin ngedrop, drpd nanti nyusahin yah ganti baru.


RE: Air Aki....... - mrgoenx - 13-04-2012 07:39

SAS34 Menulis:
keqnya yg dimksd itu adalah vitamin kali yah nama mereknya kl nga salah power bat. warna cairannya emank merah keqnya itu sama aja dengan edta.
dulu pernah nyoba juga selang seling setiap bbrp bulan dengan edta yg nyampur sendiri, hasilnya aki bisa awet hampir 4 tahun, sampe akhirnya cranking amperenya makin ngedrop, drpd nanti nyusahin yah ganti baru.


sori agak OOT bro SAS ngetest cranking amper nya gimana caranya? bisa pake multimeter digital gak, soalnya aku cuman punya itu sama hydrometer?


RE: Air Aki....... - korzlet - 13-04-2012 08:22

SAS34 Menulis:
keqnya yg dimksd itu adalah vitamin kali yah nama mereknya kl nga salah power bat. warna cairannya emank merah keqnya itu sama aja dengan edta.
dulu pernah nyoba juga selang seling setiap bbrp bulan dengan edta yg nyampur sendiri, hasilnya aki bisa awet hampir 4 tahun, sampe akhirnya cranking amperenya makin ngedrop, drpd nanti nyusahin yah ganti baru.


om SAS, kesimpulannya, power bat bikin aki tahan lama yah. Gak ada efek samping kan? Whistling


RE: Air Aki....... - beldastanjit - 16-04-2012 09:21

Kondisi aki bisa minta dicek di beres, jadi tau kapan perkiraan harus siap2 diganti. Air Aki warna merah ternyata dijual, pas lg cuci mobil ada tu air aki merah, jadi beli buat stock


RE: Air Aki....... - korzlet - 16-04-2012 10:58

merk nya apa? kandungannya apa aja?


RE: Air Aki....... - SAS34 - 16-04-2012 13:52

mrgoenx Menulis:
sori agak OOT bro SAS ngetest cranking amper nya gimana caranya? bisa pake multimeter digital gak, soalnya aku cuman punya itu sama hydrometer?

kl ada DMM (AVO meter) tinggal ukur aja Volt nya di terminal aki saat di cranking, kl masih bagus drop volt nya saat cranking gak banyak


RE: Air Aki....... - bill_ht - 16-04-2012 14:58

beldastanjit Menulis:
Kondisi aki bisa minta dicek di beres, jadi tau kapan perkiraan harus siap2 diganti. Air Aki warna merah ternyata dijual, pas lg cuci mobil ada tu air aki merah, jadi beli buat stock


hati-hati salah paham antara air aki botol warna merah, dengan air aki warna merah. kalau botol warna merah(airnya bening), itu accu zuur (asam sulfat), itu tidak untuk dipakai isi ulang aki, hanya untuk pengisian aki baru. untuk isi ulang pakai air aki botol warna biru (airnya bening). isinya air suling (H2O murni).

kalau air aki warna merah (airnya yang warna merah, botolnya bebas warna apa aja Toungue ), katanya sih vitamin aki, tapi sepertinya sih EDTA (bubuk kimia) yang fungsinya ngerontokin deposit di elektroda-elektrodanya di dalam aki, supaya reaction surfacenya tetap terjaga (tidak tertutup deposit), sehingga proses elektrolisa (pembuatan listrik) tetap terjaga.