Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
hati-hati buka Cakram Depan... - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Modifikasi, Tips & Trik (/forumdisplay.php?fid=19)
+---- Forum: Kaki-Kaki (/forumdisplay.php?fid=116)
+---- Topik: hati-hati buka Cakram Depan... (/showthread.php?tid=24877)


hati-hati buka Cakram Depan... - Rhyzman - 18-02-2013 14:04

sekedar sharing pengalaman gw...
Pengalaman Manisnya...
baru gabung di AvanzaXenia.net dah banyak kendala di Boil ane yang bisa ane atasin sendiri, mulai dari pasang Peredam Lantai n' Remote gw kembali bersenandung (setelah sekian lama diam membisu), benerin Swict PW temen,...dan lain-lain
Nah ni yang pahit n' manis seputar judul beberapa hari yang lalu ane beranikan diri Buka Cakram Depan, karena dah kemakan piringannya...waktu buka ban Posisi Dongkrak ane pasang di Body mobil tepat di belakang Roda yang ane mau buka,,,trus singkat cerita roda lepas,,,Kaliper dah gw lepas, baut-baut penahan piringan cakram dah gw buka, giliran buka Mur penahan Bering Rodanya,,,inilah petakanya waktu ane sentak tuh kunci Shock (lupa shock berapa) ehh bukannya murnya mengendor tapi yang ada dudukan shock yang diatas (yang tengahnya karet) itu yang jebolll...Hikhik ternyata gw g sadar klo Xeni Dudukan Shock atas itu hanya di tahan oleh karet, artinya untuk membuka Mur itu maka jangan sampai tidak mengganjal Armnya klo g yah itu tadi yang terjadi...tapi hikmahnya gw jadi tau tuh semua mau ganti Bearing, Ganti Kampas Cakram, n mau bersih-bersih mah enteng dah berkat suhu-suhu AvanzaXenia.netTopdehBravo
yang punya pengalaman lainnya share yah..


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - Danny Krisnandi - 18-02-2013 14:25

Support maksudnya bro?koq bisa? Memang sudah gak bagus kali yah?


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - Rhyzman - 18-02-2013 15:05

Danny Krisnandi Menulis:
Support maksudnya bro?koq bisa? Memang sudah gak bagus kali yah?


masih bagus bro,,,cuman kesalahan ane kan ban dah g ada, trus posisi Jek alias dongkrak di posisi Body Mobil, nah LowerArm jadi ngegantung bro...yah begitu gue sentak keras kan lowerarm jadi turun melewati batas maximalnya Shock bro jadi ketarik support nya,,,jebol deh...


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - 6vy - 18-02-2013 15:29

Rhyzman Menulis:

Danny Krisnandi Menulis:
Support maksudnya bro?koq bisa? Memang sudah gak bagus kali yah?


masih bagus bro,,,cuman kesalahan ane kan ban dah g ada, trus posisi Jek alias dongkrak di posisi Body Mobil, nah LowerArm jadi ngegantung bro...yah begitu gue sentak keras kan lowerarm jadi turun melewati batas maximalnya Shock bro jadi ketarik support nya,,,jebol deh...


Ini pake jack di kiri-kanan nya ngga oum??
Jack sama dongkrak beda loh.
Kalo cuman mengandalkan dongrak aja,, pastikan ditempat yg rata & biasanya kalo pake dongkrak tho,, ada gerak dinamisnya.

Kalo boleh saran,, paka stand jack or orang biasa blg "jack/ jek" utk servis kaki".



RE: hati-hati buka Cakram Depan... - jonny vins - 18-02-2013 16:52

Rhyzman Menulis:
sekedar sharing pengalaman gw...
Pengalaman Manisnya...
baru gabung di AvanzaXenia.net dah banyak kendala di Boil ane yang bisa ane atasin sendiri, mulai dari pasang Peredam Lantai n' Remote gw kembali bersenandung (setelah sekian lama diam membisu), benerin Swict PW temen,...dan lain-lain
Nah ni yang pahit n' manis seputar judul beberapa hari yang lalu ane beranikan diri Buka Cakram Depan, karena dah kemakan piringannya...waktu buka ban Posisi Dongkrak ane pasang di Body mobil tepat di belakang Roda yang ane mau buka,,,trus singkat cerita roda lepas,,,Kaliper dah gw lepas, baut-baut penahan piringan cakram dah gw buka, giliran buka Mur penahan Bering Rodanya,,,inilah petakanya waktu ane sentak tuh kunci Shock (lupa shock berapa) ehh bukannya murnya mengendor tapi yang ada dudukan shock yang diatas (yang tengahnya karet) itu yang jebolll...Hikhik ternyata gw g sadar klo Xeni Dudukan Shock atas itu hanya di tahan oleh karet, artinya untuk membuka Mur itu maka jangan sampai tidak mengganjal Armnya klo g yah itu tadi yang terjadi...tapi hikmahnya gw jadi tau tuh semua mau ganti Bearing, Ganti Kampas Cakram, n mau bersih-bersih mah enteng dah berkat suhu-suhu AvanzaXenia.netTopdehBravo
yang punya pengalaman lainnya share yah..


Ane baca dr awal kok ngerasa ada yg janggal euy......pemasangan dongkrak kenapa dibody....095
Jadi gini klo mau buka ban yah kudu armnya yg didongkrak om kenapa.....Yagak klo body yg di dongkrak berarti putaran dongkrak harus tinggi dikarenakan posisi ban akan selalu turun didorong oleh per nah coba klo lower armnya yg didongkrak diputer dikkit aja ban akan naek seiring dgn body iya tho.....,selain irit tenaga dan waktu tentunya resiko lebih kecil seperti dongkrak jatuh ato lantai body penyok.....Haha


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - Wylie - 18-02-2013 17:40

jonny vins Menulis:

Ane baca dr awal kok ngerasa ada yg janggal euy......pemasangan dongkrak kenapa dibody....095
Jadi gini klo mau buka ban yah kudu armnya yg didongkrak om kenapa.....Yagak klo body yg di dongkrak berarti putaran dongkrak harus tinggi dikarenakan posisi ban akan selalu turun didorong oleh per nah coba klo lower armnya yg didongkrak diputer dikkit aja ban akan naek seiring dgn body iya tho.....,selain irit tenaga dan waktu tentunya resiko lebih kecil seperti dongkrak jatuh ato lantai body penyok.....Haha


sorry ikutang nimbrung ya om, tp ane pernah baca juga dan di kasi tau oleh mekanik, emang di av/xe ada bagian body yang untuk di donkrak ok, persis nya di bagian bawah2 pintu yang ada line nya. CMIIW


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - src034 - 18-02-2013 17:48

ikutang minyak ah...
Topdeh


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - 6vy - 18-02-2013 17:56

Wylie Menulis:

jonny vins Menulis:

Ane baca dr awal kok ngerasa ada yg janggal euy......pemasangan dongkrak kenapa dibody....095
Jadi gini klo mau buka ban yah kudu armnya yg didongkrak om kenapa.....Yagak klo body yg di dongkrak berarti putaran dongkrak harus tinggi dikarenakan posisi ban akan selalu turun didorong oleh per nah coba klo lower armnya yg didongkrak diputer dikkit aja ban akan naek seiring dgn body iya tho.....,selain irit tenaga dan waktu tentunya resiko lebih kecil seperti dongkrak jatuh ato lantai body penyok.....Haha


sorry ikutang nimbrung ya om, tp ane pernah baca juga dan di kasi tau oleh mekanik, emang di av/xe ada bagian body yang untuk di donkrak ok, persis nya di bagian bawah2 pintu yang ada line nya. CMIIW


Ngga salah oum. Tepatnya pd garis liner vertikal (menonjol keluar) dr dpn ke blkg yg ada di side skirt bawah.


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - jonny vins - 18-02-2013 18:24

Iya memang betul mau dongkrak dimana sih tergantung kebutuhannyanya klo seperti yg TS lakukan kenapa ga arm-nya yg didongkrak nah akibatnya.....Tuh..kecuali mau ganti perangkat suspensi sprti per nah emang harus dongkrak body tho......


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - Rhyzman - 19-02-2013 09:26

Ane baca dr awal kok ngerasa ada yg janggal euy......pemasangan dongkrak kenapa dibody....095
Jadi gini klo mau buka ban yah kudu armnya yg didongkrak om kenapa.....Yagak klo body yg di dongkrak berarti putaran dongkrak harus tinggi dikarenakan posisi ban akan selalu turun didorong oleh per nah coba klo lower armnya yg didongkrak diputer dikkit aja ban akan naek seiring dgn body iya tho.....,selain irit tenaga dan waktu tentunya resiko lebih kecil seperti dongkrak jatuh ato lantai body penyok.....Haha
[/quote]

yup bener gan,,biasanya ane dongkrak klo mau ganti ban di bagian arm, berhubung ane mau buka piringan cakram jadi ane pasang dongkrak di bagian bodi belakang roda, pas pada sambungan plat bawahnya,,,awalnya pasang di arm tapi cukup mengganggu waktu buka baut-baut yang bagian belakang gan,,,ntar ane photo deh tempat pasangnya dan menurut ane aman gan, cuman memang ngangkat rada ringgi gan, berhubung pada itu platnya cukup kuat dan kemungkinan penyok hampir g ada gan...


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - Rhyzman - 19-02-2013 09:32

jonny vins Menulis:
Iya memang betul mau dongkrak dimana sih tergantung kebutuhannyanya klo seperti yg TS lakukan kenapa ga arm-nya yg didongkrak nah akibatnya..... (waktu ane dongkrak armnya, ane jadi susah mau buka baut Kaliper rem plus dudukannya gan, karena sepertinya tanpa nyopot itu Cakramnya g bisa keluar gan):tuh:..kecuali mau ganti perangkat suspensi sprti per nah emang harus dongkrak body tho......

tapi inilah uniknya gan pengalaman Guru terbaikTopdeh yang terpenting teliti sebelum bekerja...Yagak klo g teliti dulu yah sontohnya yang dah gw alamin...


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - febrian azhar f - 19-02-2013 09:50

TS punya pengalaman sama dg ane... banyak manfaat didapat wlw baru gabung di avanzaxenia.net... tp TS lebih berani dari ane nih sampe buka cakram sendiri...Topdeh


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - Danny Krisnandi - 19-02-2013 18:58

Rhyzman Menulis:

Danny Krisnandi Menulis:
Support maksudnya bro?koq bisa? Memang sudah gak bagus kali yah?


masih bagus bro,,,cuman kesalahan ane kan ban dah g ada, trus posisi Jek alias dongkrak di posisi Body Mobil, nah LowerArm jadi ngegantung bro...yah begitu gue sentak keras kan lowerarm jadi turun melewati batas maximalnya Shock bro jadi ketarik support nya,,,jebol deh...


Kayaknya sih..... Masbro tenaganya kegedean deh....095 atau pas disentak tenaga dalamnya yg keluar.. walau disentak pakai kaki sekalipun kayaknya support ga mungkin jebol, kecuali kl sudah rusak atau getas parah kali yah?
Tapi saya pernah lihat sih ada avanza korban musibah situgintung yg copot sebelah shocknya, jadi nyangkut aja tu rombongan roda&shock ketahan sama lower arm dan link stabil sedangkan bodynya gak apa" kalau tidak salah lihat, itu supportnya utuh, jd lubang mur di bodynya yang kalah.. Jd kesimpulannya tenaga masbro tuh kegedean.... Hehehe... Peace bro..


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - Rhyzman - 21-02-2013 11:29

Danny Krisnandi Menulis:

Rhyzman Menulis:

Danny Krisnandi Menulis:
Support maksudnya bro?koq bisa? Memang sudah gak bagus kali yah?


masih bagus bro,,,cuman kesalahan ane kan ban dah g ada, trus posisi Jek alias dongkrak di posisi Body Mobil, nah LowerArm jadi ngegantung bro...yah begitu gue sentak keras kan lowerarm jadi turun melewati batas maximalnya Shock bro jadi ketarik support nya,,,jebol deh...


Kayaknya sih..... Masbro tenaganya kegedean deh....095 atau pas disentak tenaga dalamnya yg keluar.. walau disentak pakai kaki sekalipun kayaknya support ga mungkin jebol, kecuali kl sudah rusak atau getas parah kali yah?
Tapi saya pernah lihat sih ada avanza korban musibah situgintung yg copot sebelah shocknya, jadi nyangkut aja tu rombongan roda&shock ketahan sama lower arm dan link stabil sedangkan bodynya gak apa" kalau tidak salah lihat, itu supportnya utuh, jd lubang mur di bodynya yang kalah.. Jd kesimpulannya tenaga masbro tuh kegedean.... Hehehe... Peace bro..


wah Kang Mas danny jangan bilang-bilang ah klo qta seperguruan punya tenaga dalam...Haha tapi bener kok gan gw sentak lgsg jebol, berarti mungkin memang sudah tua kali ya...jadi karet-karetnya dah mati..TopdehTopdeh


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - herrianto - 29-04-2013 10:36

Saran saya sih kalau mau buka cakram depan, langkah awalnya dongkrak roda depan di tempat yang telah ditentukan (bisa dilihat di manual book), lepas roda, buka tutup tempat bearing rodanya kemudian lepas dop roda, kemudian pasang lagi rodanya dengan kencangkan mur roda sekedarnya, kemudian turunkan dulu dongkraknya. Baru deh kendurkan mur as roda pengikat bearing. Lebih aman daripada saat posisi mobil terdongkrak / menggantung, lebih ngga beresiko mobil ambruk pada saat mengendurkan dan mengencangkan mur as rodanya. Karena saat kita mengendurkan dan mengencangkan mur as roda membutuhkan tenaga yang lumayan besar, akan cukup beresiko saat posisi mobil didongkrak. Pengencangannya tinggal dibalik prosesnya.


RE: hati-hati buka Cakram Depan... - Rhyzman - 16-07-2013 11:26

jonny vins Menulis:
Iya memang betul mau dongkrak dimana sih tergantung kebutuhannyanya klo seperti yg TS lakukan kenapa ga arm-nya yg didongkrak nah akibatnya.....Tuh..kecuali mau ganti perangkat suspensi sprti per nah emang harus dongkrak body tho......


yup...tepat sekali om selama gw ganti roda yang gw dongkrak emang lowerarm, tapi kenapa gw dongkrak di body karena gw harus nyopot piringan cakram karena dah baret-baret parah jadi mau di alusin lagi ke tukang bubut...begitu ceritanya gan...Topdeh