Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Avanza VVT-i masih sendat - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Kekurangan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=16)
+--- Topik: Avanza VVT-i masih sendat (/showthread.php?tid=247)


Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 16-08-2006 08:10

Gua udah dapat kepastian dr seseorang kalau Avanza VVT-i manual masih sendat. Sendat memang lebih halus karena ada perubahan fuel cut. Kalau versi lam, fuel cut terjadi di RPM 1500 sedangkan versi baru di RPM 1800-1900.

Cara ngetesnya gampang, bawa mobil pada gigi 1 atau 2 dan dipanteng di RPM 1800-1900 maka setelah beberapa detik sendat akan muncul.

Kenapa lebih halus sendatnya? karena torsi lebih besar sedikit dr versi lama dan fuel cut dirubah di RPM yg lebih tinggi dimana tenaga masih besar.

BTW, sendat Avanza VVT-i gak bakal bikin orang keki seperti versi lama apalagi Xenia Li.

Mohon yg sudah test drive tolong direview juga.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - hlink_bdg - 16-08-2006 09:25

om bob.....
apakah A/X yg kita udah punya bisa kita rubah posisi fuel cutnya?



RE: Avanza VVT-i masih sendat - Honest - 16-08-2006 09:46

Berarti tambah boros dong bro....


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 16-08-2006 09:55

Belum tentu karena diimbangi dgn penambahan VVT-i dan penyetelan CO sudah otomatis jadi pembakaran lebih sempurna disemua putaran.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - budisan - 17-08-2006 12:13

Bung Bob, sarannya bagaimana apakah lebih baik beli avanza 1300 vvti atau Xenia 1000 vvti, untuk efisiensi bensin ? Saya baca2 perubahan terbasar di mesin 1000 vvti, dibanding yg 1300 vvti. Bagaimana prakteknya ?


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 17-08-2006 14:07

Beli yg 1300 aja krn perbedaan harga gak terlalu banyak. Torsi dan tenaga lebih besar sekitar 30-40%. Konsumsi bensin juga gak beda jauh.

Banyak pemakai 1000CC yg kecewa krn tenaga boyo.

Karimun gua aja tenaganya memble apalagi Xenia 1000cc yg notabene punya bodi lebih gede.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - budisan - 17-08-2006 19:55

Memang buat mesin yg dulu, enakan yg 1300cc karena saya pakai avanza, dan temen saya yg pakai xenia 1000cc nyesel karena ngga ada tenaga, mesin harus puteran tinggi terus. Cuma saya baca di milis ini buat yg vvti peningkatan jauh lebih banyak di 1000cc vvti (kata Pa DaiXen) dan irit bensinnya lebih bagus. Gimana yah ? Saya sih belum indent, nunggu lmasukan2 dulu.

Thanks


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 17-08-2006 20:08

Kalau versi lama dibanding dgn versi VVT-i pasti lebih enak yg VVT-i tapi ingat yang 1300 juga sudah VVT-i juga. Pastinya kedua produk ini mengalami peningkatan kualitas pada mesin sehingga lebih powerful dan efisien. Kalau saran gua sih, tetap yg 1300 CC. Baca ulasan oto.co.id di http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=259 mesin 1000CC konsumsi bensin 10ankm/liter gak beda jauh dgn Avanza G versi lam gua yg bisa dapat 12an km/liter dgn kecepatan yg sama dan yg pasti untuk mencapai 120km/jam 1300 lebih cepat krn power dan torsi lebih besar.

Makanya jangan ragu untuk ambil yg 1300 CC !!!


RE: Avanza VVT-i masih sendat - BUDI - 18-08-2006 19:05

Bung budisan,

Lebih baik tunggu Avz A/T 1500 cc sekalian dgn mesin 3SZ-VE masih built up Jepang, kalau mesin Xe 1000 cc (EJ-VE) atau Avz 1300 cc (K3-VE) sudah dibuat di CINA. Sekarang Daihatsu/Toyota Jepang sudah tidak pakai tipe mesin ini, utk 1000 cc pakai mesin tipe 1KR-FE & 1300 cc pakai mesin tipe 2SZ-FE atau 2NZ-FE.

Atau kalau mau mobil dgn mesin buatan CINA sekalian beli saja Chevy QQ yang akan ditawarkan sekitar Rp 50 jutaan oleh grup Indomobil, sayangkan kalau sampai harus keluar duit Rp 100 juta-an hanya untuk mendapatkan mobil dgn bodi made in INDONESIA & mesin Daihatsu ex CINA.
Kalau mau penjelasan lengkap masalah mesin ex CINA (EJ-DE/VE & K3-DE/VE) di Xe/Avz kita ini coba telp ke hot line-nya ADM & langsung bicara dgn Kobayashi San (Ka Div). Ini kenyataan lho !!!, bukan gosip murahan aza. Pantesan aza pemakaian bensin Xe/Avz kita lebih boros dp mesin Daihatsu asli Jepang-nya, lha wong bikinan CINA.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - budisan - 18-08-2006 23:31

OK, thanks.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - budisan - 19-08-2006 13:22

mobil cina, nga dulu ah takut kaya motor cina, sekarang kan baru keliatan kualitasnya.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Budi JS - 22-08-2006 10:03

Bobby Sant Menulis:
Kalau versi lama dibanding dgn versi VVT-i pasti lebih enak yg VVT-i tapi ingat yang 1300 juga sudah VVT-i juga. Pastinya kedua produk ini mengalami peningkatan kualitas pada mesin sehingga lebih powerful dan efisien. Kalau saran gua sih, tetap yg 1300 CC. Baca ulasan oto.co.id di http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=259 mesin 1000CC konsumsi bensin 10ankm/liter gak beda jauh dgn Avanza G versi lam gua yg bisa dapat 12an km/liter dgn kecepatan yg sama dan yg pasti untuk mencapai 120km/jam 1300 lebih cepat krn power dan torsi lebih besar.

Makanya jangan ragu untuk ambil yg 1300 CC !!!



mungkin benar kalo rute luar kota.

datanya sbb,
pernah saya konvoi dr bandung ke jakarta ,
saya pake Xe (1000cc Li) dan teman pake Avanza 1300.
Bareng isi BBM full di bandung.
Di jakarta, cek pemakaian BBM,
1000cc = 1 : 16,8
1300cc = 1 : 19,xx


tapi kalo untuk rute dalam kota/macet ria, belum tentu 1300 lebih irit.
sy hampir selalu bisa 1:10an dengan kemacetan yg lumayan parah (rute : harmoni-senen-cempaka mas-p.gadung-cakung-bekasi raya)

sebagai pembanding, waktu sy menggunakan Avanza di kota lain dengan lalu lintas jauh lebih longgar dr jakarta, taksiran jarum meter vs jarak tempuh yg sama, ternyata lebih cepat turunnya di Avanza.

Patokannya, kalo jarum pas di pertengahan skala, jarak tempuh paling sedikit sekitar 220km. (tentunya dari full tank)





RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 22-08-2006 10:17

Pak Budi JS, Avanza bisa 1:19 ? lari berapa rata-rata?

Kalau saya dapat info dari pengguna Li, kalau dalam kota malah 1300 yg irit krn torsi lebih besar.

Kalau teorinya, cc besar pasti lebih boros kalau pemakaian dihitung dengan waktu.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - budisan - 22-08-2006 17:59

Wah 1 : 19 km, berarti iriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitt sekali. Gua pakai 1300 G di kota isi full 1 :9 km, campur tol 1 : 13 km. Avanza gue udah pakai pelek 15 inch dan ban 60, 205 lalu oli syntetik Shell ultra. Dulu pakai velg dan ban standar pernak ukur jarak antara rumah dan rumah teman sejauh 18 km , sesudah ganti ban jadi 17,3. Jadi penggantian velg/ban lebih besar sebenernya memperkecil jarak. Terlihat jarak ban ke dudukan per depan, waktu standar ada jarak 1,5-2 cm, sekarang cuma 0,5 cm.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - beyondsky - 22-08-2006 21:51

Bobby Sant Menulis:
sebagai pembanding, waktu sy menggunakan Avanza di kota lain dengan lalu lintas jauh lebih longgar dr jakarta, taksiran jarum meter vs jarak tempuh yg sama, ternyata lebih cepat turunnya di Avanza.

Patokannya, kalo jarum pas di pertengahan skala, jarak tempuh paling sedikit sekitar 220km. (tentunya dari full tank)


jarum ini maksudnya yg mana yah pak? maap haha..

btw pak budisan ganti velg nya brp uang tuh?


RE: Avanza VVT-i masih sendat - budisan - 22-08-2006 22:53

tuker tambah ama yg original tambah 3 juta


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Budi JS - 29-08-2006 10:45

Bobby Sant Menulis:
Pak Budi JS, Avanza bisa 1:19 ? lari berapa rata-rata?

Kalau saya dapat info dari pengguna Li, kalau dalam kota malah 1300 yg irit krn torsi lebih besar.

Kalau teorinya, cc besar pasti lebih boros kalau pemakaian dihitung dengan waktu.



rata-rata lari 100-110 km/j
(jangan heran bisa segitu, soalnya rute Bandung-Jakarta, turun-turunan. kalo jakarta-bandung, gak akan dapat).

intinya,
kalo tracknya panjang (luar kota), waktu tempuh juga lama, Xi bisa jadi lebih irit.
kalo tracknya pendek2 (dalam kota), waktu tempuh lama (macet), Li bisa jadi lebih irit.

kalo masalah torsi di 1000cc, kan udah dikompensasi dgn pemakaian ban R13, jadi tarikannya lebih enteng.
kalo mau meringankan tarikan Xi, ganti saja bannya jadi R13.

coba deh rasakan antara Xi dan Li standar, tarikannya gak beda-beda amat, tapi napasnya untuk tarik panjang (top speed) jelas lebih menang Xi.





RE: Avanza VVT-i masih sendat - Budi JS - 29-08-2006 10:47

beyondsky Menulis:

Bobby Sant Menulis:
sebagai pembanding, waktu sy menggunakan Avanza di kota lain dengan lalu lintas jauh lebih longgar dr jakarta, taksiran jarum meter vs jarak tempuh yg sama, ternyata lebih cepat turunnya di Avanza.

Patokannya, kalo jarum pas di pertengahan skala, jarak tempuh paling sedikit sekitar 220km. (tentunya dari full tank)


jarum ini maksudnya yg mana yah pak? maap haha..

btw pak budisan ganti velg nya brp uang tuh?



jarum BBM dong Pak, moso jarum pentul Big Grin





RE: Avanza VVT-i masih sendat - Budi JS - 29-08-2006 10:55

budisan Menulis:
Wah 1 : 19 km, berarti iriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitt sekali. Gua pakai 1300 G di kota isi full 1 :9 km, campur tol 1 : 13 km. Avanza gue udah pakai pelek 15 inch dan ban 60, 205 lalu oli syntetik Shell ultra. Dulu pakai velg dan ban standar pernak ukur jarak antara rumah dan rumah teman sejauh 18 km , sesudah ganti ban jadi 17,3. Jadi penggantian velg/ban lebih besar sebenernya memperkecil jarak. Terlihat jarak ban ke dudukan per depan, waktu standar ada jarak 1,5-2 cm, sekarang cuma 0,5 cm.


jaraknya sih pasti tetap dong pak, barangkali maksudnya diameter ban yg lebih besar akan mengurangi jumlah gelindingan roda untuk menempuh jarak yg sama, shg odometer mencatat angka yg lebih sedikit.

tapi tarikan kan otomatis juga semakin berat karena pemakaian diameter ban yg lebih besar. yang iyanya, pak budisan harus mengkalibrasi ulang sistem spedo-nya spy akurat akibat penggantian diameter ban. Smile




RE: Avanza VVT-i masih sendat - Budi JS - 29-08-2006 11:00

Bobby Sant Menulis:
Gua udah dapat kepastian dr seseorang kalau Avanza VVT-i manual masih sendat. Sendat memang lebih halus karena ada perubahan fuel cut. Kalau versi lam, fuel cut terjadi di RPM 1500 sedangkan versi baru di RPM 1800-1900.

Cara ngetesnya gampang, bawa mobil pada gigi 1 atau 2 dan dipanteng di RPM 1800-1900 maka setelah beberapa detik sendat akan muncul.

Kenapa lebih halus sendatnya? karena torsi lebih besar sedikit dr versi lama dan fuel cut dirubah di RPM yg lebih tinggi dimana tenaga masih besar.

BTW, sendat Avanza VVT-i gak bakal bikin orang keki seperti versi lama apalagi Xenia Li.

Mohon yg sudah test drive tolong direview juga.



sudah saya test drive sendiri pak, dgn metode spt itu.
mobil yg sy test sebenarnya pajangan, bukan utk test drive, jd gak terlalu curiga kalo udah "dimulus-mulusin" mesinnyaSmile
dengan sedikit rayuan "anti-marketing", jadi deh terima kunci Smile
hasilnya sendat susah untuk bisa dirasakan alias nyaris mulus 100%.




RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Nusantara - 19-09-2006 12:54

Bobby Sant Menulis:
Gua udah dapat kepastian dr seseorang kalau Avanza VVT-i manual masih sendat. Sendat memang lebih halus karena ada perubahan fuel cut. Kalau versi lam, fuel cut terjadi di RPM 1500 sedangkan versi baru di RPM 1800-1900.

Cara ngetesnya gampang, bawa mobil pada gigi 1 atau 2 dan dipanteng di RPM 1800-1900 maka setelah beberapa detik sendat akan muncul.

Kenapa lebih halus sendatnya? karena torsi lebih besar sedikit dr versi lama dan fuel cut dirubah di RPM yg lebih tinggi dimana tenaga masih besar.

BTW, sendat Avanza VVT-i gak bakal bikin orang keki seperti versi lama apalagi Xenia Li.

Mohon yg sudah test drive tolong direview juga.


Sedikit Memberi masukan

Saya denger dari temen dan temen saya dekat dengan Bung Risman dari humas AXIC. Rekan saya cerita , kata bung Risman yang notebene sudah melakukan pengetesan dengan menggunakan alat istilahnya kalaok gak salah "IT : Intelligent Tester" yaitu alat untuk mengukur kinerja mobil yang terhubung dengan kelistrikan. [mohon dibenarkan kalok salah] ....

Menurut tertimoni dia... sendat pada Avg VVT-i sudah hilang 90%, dan memang sangat sulit untuk dirasakan.

Jadi agak susah sih membedakan sugesti dengan sendat beneran di avanza vvt-i --> just my opinion



RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 19-09-2006 13:45

Kalau gua dapat informasi Avanza VVT-i masih sendat dari Pak Tunggul CSnya TAM. Tapi waktu gua test drive Xenia LI VVT-i, sendat udah gak berasa. Beberapa anggota forum ini pernah review ttg Avanza Xenia VVT-i, ada yg bilang sudah gak sendat dan ada yg bilang masih sendat.

Opini gua, sendat pada versi VVT-i adalah sendat normal dan tidak terlalu mengganggu kenyamanan berkendara.


RE:  Avanza VVT-i masih sendat - Darwin - 19-09-2006 13:55

Iya tuh, setelah pakai sekitar 5 hari, masalah sendat sepertinya hampir gak terasa tuh, yah boleh diabaikan deh menurut saya.




RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 19-09-2006 20:30

Syukurlah kalo begitu...lega hatiku menunggu New Avanzaku datangBig Grin

Thanks teman2...berkat forum ini saya jadi banyak tau ttg Avanza karena saya memang awam sekali dgn mobil ini...maklum...baru beli sekarangSmile


RE:  Avanza VVT-i masih sendat - BUDI - 20-09-2006 07:06

[quote=Fanny Agusbrata]
Syukurlah kalo begitu...lega hatiku menunggu New Avanzaku datangBig Grin

Thanks teman2...berkat forum ini saya jadi banyak tau ttg Avanza karena saya memang awam sekali dgn mobil ini...maklum...baru beli sekarangSmile
[/quote

Welcome to Avanza owner,
Nyendat sih baru salah satu kekurang-nyamanan Avz, tetapi masih banyak lagi lho masalah yg lain yg lebih penting, spt minyak rem Avz tercemar dgn tembaga (metal) !!
Jadi siap-siap mental lebih dahulu kalo-kalo sering harus ke bengkel.


RE:  Avanza VVT-i masih sendat - Chandra - 20-09-2006 21:00

Fanny Agusbrata Menulis:
Syukurlah kalo begitu...lega hatiku menunggu New Avanzaku datangBig Grin

Thanks teman2...berkat forum ini saya jadi banyak tau ttg Avanza karena saya memang awam sekali dgn mobil ini...maklum...baru beli sekarangSmile


Fan, gak mau nunggu yg 1500cc.. tanggung boss....


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Nike - 21-09-2006 07:56

iya fan, klo ada yang 1500, napa harus yang 1300?!

Big GrinBig GrinheheheheheBig GrinBig Grin

eh tambahan warna2 vvti apa aja sih? kmarin sy liat yang warna ijo pastel kya punya innova lucu juga.. Rolleyes tapi design lampu belakang mending yang lama ah.. yang vvti bulet2 aneh nongol..


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 21-09-2006 08:51

Nike Yolanda Menulis:
iya fan, klo ada yang 1500, napa harus yang 1300?!

Big GrinBig GrinheheheheheBig GrinBig Grin

eh tambahan warna2 vvti apa aja sih? kmarin sy liat yang warna ijo pastel kya punya innova lucu juga.. Rolleyes tapi design lampu belakang mending yang lama ah.. yang vvti bulet2 aneh nongol..


Kalau Avanza Xenia yg lama itu seperti anak masih dibawah 10 tahun.... yang VVT-i seperti anak remaja , jadi udah mulai "nongol" sedikit Big GrinBig GrinBig GrinBig GrinBig GrinBig GrinBig Grin


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Eko S Kurniawan - 21-09-2006 08:53

denger2 Avg yg 1500 itu pake mesin esspass y?? Toungue


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 21-09-2006 09:12

Baca Otomotif minggu ini, dibahas tuntas tuh...


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Eko S Kurniawan - 21-09-2006 09:16

Oo gt y.. Ok d ane bli ntar...
ToungueBig Grin


RE: Avanza VVT-i masih sendat - BUDI - 21-09-2006 09:20

FYI Avz VVTi pakai final gear ratio 5,571 (= yang dipakai di Xe Li) dibandingkan Avz non-VVTi yang masih pakai final gear ratio 5,125.
Sehingga pada kecepatan konstan pemakaian bensin Avz VVTi lebih boros dibandingkan Avz non-VVTi karena rpm-nya harus lebih tinggi, sebagai contohnya : di kec 100 kmh pada gigi persneling 5 maka rpm Avz VVTi sudah mencapai 4050 rpm sedangkan di Avz non-VVTi baru 3700 rpm saja.
Mungkin pertimbangan penggantian final gear ratio tsb oleh ATPM untuk lebih mengurangi ndut-ndutan agar diperoleh torsi di roda lebih tinggi. Jadi sekarang ini kurva perbandingan kecepatan (kmh) : putaran mesin (rpm) adalah sama antara Xe Li = Xe Xi VVTi = Avz VVTi.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 21-09-2006 09:47

Pak Budi Avanza gua kalau lari 100km/jam di gigi 5 harus di RPM4000. Avanza yg diekspor ke Malaysia juga sama sampai dikritik pemerhati Otomotif sana.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Kenio_ridholilo - 21-09-2006 10:03

di malaysia ada forum seperti ini

http://www.avanzamalaysia.com

cuma bahasanya rame nian...Big Grin


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Eko S Kurniawan - 21-09-2006 10:26

huehehe gw perna buka tuuw...
busyet sumpah rame...


RE:  Avanza VVT-i masih sendat - BUDI - 21-09-2006 10:52

Bobby Sant Menulis:
Pak Budi Avanza gua kalau lari 100km/jam di gigi 5 harus di RPM4000. Avanza yg diekspor ke Malaysia juga sama sampai dikritik pemerhati Otomotif sana.

Menurut teori perhitungan (rumus) Avz G (non VVTi) dgn ban std 185/70/14 sbb :
rpm = (100.000 meter/60 menit) : (lingkar ban 185/70/14 = 1,93082 meter) x (final gear ratio = 5.125) x (5th gear ratio = 0,838)
rpm = 3707 di 100 kmh.
Agak aneh saja Avz G pak Bobby kok kec 100 kmh di gigi 5 harus di 4000 rpm. Musti dipertanyakan ke TAM pak ! Jangan-jangan final gear box-nya salah pasang & dipasangin pakai yang punya Xe Li (5,571) atau jangan-jangan kopling M/T-nya selip terus (slip > 1) pak krn dikontrol Easy Clutch, coba diperiksa dulu.

Kalau di Avz A/T dgn ratio final gear = 5.571 & OD ratio = 0.696 maka pada kec 100 kmh rpm-nya cuman 3350 rpm saja untuk OD ON.
rpm = (100.000 meter/60 menit) : 1,93082 meter x 5.571 x 0.696
rpm = 3347 di 100 kmh, untuk Avz S A/T cocok dgn kenyataan.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - zhe_ya - 21-09-2006 10:57

Wah kalo saya terus terang nggak mau pake stock speedometer sebagai patokan. Kecuali kalo ngukurnya pake vericom kalee.
Begitu juga dengan rpm meter nya. Masalahnya kedua device itu bukan alat ukur presisi. CMIIW..



RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 21-09-2006 11:02

Sebelum pakai EZ clutch memang juga udah segitu kok.

Nih kutipan review Avanza Malaysia:

http://www.carsurvey.org/review_88219.html

"Successfully sold small MPV"
What things have gone wrong with the car?

Since this car uses a relatively small engine (1.3 litre) compared to its body, a problem with its air conditioner sometimes happen. It seems that this car needs a larger engine (say 1.5 l).

The car uses high gearing ratios, so you need a 4,000 rpm to achieve 100 km/h in the highways.


When I used in the highway, the car was unstable especially if the speed exceeds 100 km/h.

Fuel consumption is not as efficient as I expected. It only achieves 11 km/l for highway driving.
General comments?

I waited for almost 6 months to get this car (I paid the down payment in 2004 and got the car in mid 2005).

The first impression I got from this car is its nicely designed exterior and capability to take 7 persons.

The car was designed to meet Indonesian demand for an affordable small MPV. Toyota has been successfully selling this car for both Indonesian market and other South East Asian countries. I saw this MPV in Malaysia and Thailand also.

The car is manufactured in Indonesia and is exported to several countries. Sales achieved as many as 60,000 a year in Indonesia.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - BUDI - 21-09-2006 11:23

Kalau begitu sih penyimpangannya bukan disebabkan EZ clutch.

Yang sy ketahui Avz M/T (VVTi-89 PS) di Malaysia pakai final gear ratio 4,85 shg kec 100 km gigi 5 pada 3500 rpm (sedikit di atas yang A/T di 3350 rpm).
Cukup kaget juga dikasih tahu TAM kalau final gear ratio Avz M/T Indonesia (VVTi-92 PS) kok pakai yang 5,571.
Mungkin stok & budget ADM cuman tersedia untuk gear ratio 5,571 tsb. atau pihak TAM kurang percaya lagi dgn rancangan ADM lagi untuk mengurangi masalah ndut-ndutan ya ?.

Kalau di Malaysia memang pemakai Avz lg menggugat, kalau tidak salah besok pagi ada panggilan Tribunal Court ke Toyota Malaysia (UMWT) dan AOCM (semacam organisasi AXIC) untuk masalah-masalah klaim di Avz.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - nganto - 21-09-2006 11:31

BUDI Menulis:
Cukup kaget juga dikasih tahu TAM kalau final gear ratio Avz M/T Indonesia (VVTi-92 PS) kok pakai yang 5,571.


pak Budi,
bukannya di http://www.avanzaindonesia.com/you_will_think_avanza/spesification_list/ ditulis di speknya pakai 5,125? (VVT-i variant)

duh masak dibodohi....
selkesel


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 21-09-2006 11:33

BUDI Menulis:
Kalau begitu sih penyimpangannya bukan disebabkan EZ clutch.

Yang sy ketahui Avz M/T (VVTi-89 PS) di Malaysia pakai final gear ratio 4,85 shg kec 100 km gigi 5 pada 3500 rpm (sedikit di bawah yang A/T di 3350 rpm).
Cukup kaget juga dikasih tahu TAM kalau final gear ratio Avz M/T Indonesia (VVTi-92 PS) kok pakai yang 5,571.
Mungkin stok & budget ADM cuman tersedia untuk gear ratio 5,571 tsb. atau pihak TAM kurang percaya lagi dgn rancangan ADM lagi ya ?.

Kalau di Malaysia memang pemakai Avz lg menggugat, kalau tidak salah besok pagi ada panggilan Tribunal Court ke Toyota Malaysia (UMWT) dan AOCM (semacam organisasi AXIC) untuk masalah-masalah klaim di Avz.


Pak Budi, maksudnya TAM tidak percaya ADM itu untuk yang mana? untuk ratio gear Avanza saya atau Avanza yg Malaysia?

Memang cukup mengganggu dan pasti membuat BBM boros kalau lari di gigi 5 kecepatan 100km/jam harus diRPM 4000 sedangkan puncak torsi hanya di RPM3200. Makanya pernah gua tulis kalau Avanza punya gigi 6 maka akan lebih irit lagi pemakaian BBMnya.


RE:   Avanza VVT-i masih sendat - BUDI - 21-09-2006 11:50

nganto Menulis:

BUDI Menulis:
Cukup kaget juga dikasih tahu TAM kalau final gear ratio Avz M/T Indonesia (VVTi-92 PS) kok pakai yang 5,571.


pak Budi,
bukannya di http://www.avanzaindonesia.com/you_will_think_avanza/spesification_list/ ditulis di speknya pakai 5,125? (VVT-i variant)

duh masak dibodohi....
selkesel

Tks pak nganto atas infonya, nanti gua tanyakan lagi ke TAM. Orang tekniknya lagi training di Auto 2000 Bdg s/d besok.
Soalnya pertama kali sy tahu 5,571 ini dari web site-nya Daihatsu utk Xe Xi VVTi & waktu di CEK & RICEK di-iyakan juga oleh orang tekniknya TAM.


RE:   Avanza VVT-i masih sendat - BUDI - 21-09-2006 11:53

Bobby Sant Menulis:

BUDI Menulis:
Kalau begitu sih penyimpangannya bukan disebabkan EZ clutch.

Yang sy ketahui Avz M/T (VVTi-89 PS) di Malaysia pakai final gear ratio 4,85 shg kec 100 km gigi 5 pada 3500 rpm (sedikit di bawah yang A/T di 3350 rpm).
Cukup kaget juga dikasih tahu TAM kalau final gear ratio Avz M/T Indonesia (VVTi-92 PS) kok pakai yang 5,571.
Mungkin stok & budget ADM cuman tersedia untuk gear ratio 5,571 tsb. atau pihak TAM kurang percaya lagi dgn rancangan ADM lagi ya ?.

Kalau di Malaysia memang pemakai Avz lg menggugat, kalau tidak salah besok pagi ada panggilan Tribunal Court ke Toyota Malaysia (UMWT) dan AOCM (semacam organisasi AXIC) untuk masalah-masalah klaim di Avz.


Pak Budi, maksudnya TAM tidak percaya ADM itu untuk yang mana? untuk ratio gear Avanza saya atau Avanza yg Malaysia?

Memang cukup mengganggu dan pasti membuat BBM boros kalau lari di gigi 5 kecepatan 100km/jam harus diRPM 4000 sedangkan puncak torsi hanya di RPM3200. Makanya pernah gua tulis kalau Avanza punya gigi 6 maka akan lebih irit lagi pemakaian BBMnya.


Yang saya dengar TAM kurang percaya lagi ke niatan ADM untuk memperbaiki masalah ndut-ndutan di Avz (non VVTi) shg mereka pakai final gear ratio yang paling besar 5,571 utk New Avz dgn perhitungan akan diperoleh torsi roda yang paling besar pula.
Kalau solusi masalah ndut-ndutan terakhir TAM mau cobakan pakai yang namanya "Fixed Fuel" agar ECU tidak mudah melakukan fuel cut-off & re-inject saat pengendaraan normal.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 21-09-2006 11:58

Fixed Fuel itu berupa apa pak?


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 21-09-2006 12:04

Pak Budi, Xenia VVT-i juga pakai gear yg sama. Linknya di http://www.daihatsu.astra.co.id/Our%20Product/Xenia_Spec.asp


RE: Avanza VVT-i masih sendat - BUDI - 21-09-2006 12:50

Gua b'lum dapat bocoran yang cukup akurat soal Fuel Fixed tetapi kelihatannya mereka mau mengubah mapping ECU-nya agar menunda proses fuel cut off/re-inject jika terjadi pada kurun waktu yg pendek (transient) saja. Nanti kalau sudah pasti informasinya pasti deh di-sharingkan di forum ini. Ini sih proyeknya TAM & bukan ADM lho.
FYI dulu sih TAM pernah mau coba pasang kapasitor di signal TPS agar saat pedal gas dilepas maka tegangan TPS turunnya perlahan dan masih diatas nol beberapa saat agar tidak langsung terjadi fuel cut off seketika waktu pedal gas dilepas.

Ya khan, Xe Mi - Xe Li & Xe Xi VVTi semuanya pakai final gear ratio yang sama yaitu 5,571. Pastinya nanti gua re-konfirmasikan lg deh ke TAM, kok agak aneh apa iya final gear ratio Xe Xi VVTi itu tidak sama dgn final gear ratio Avz VVTi ?

Minggu yl. juga terjadi perbedaan P/N yg aneh di TAM & ADM yaitu :
- P/N sensor oksigen (2 kabel) di Toyota Avanza S A/T : no. 89465-BZ010 @ Rp 225 rb
- Lalu waktu A/X M/T VVTi di-launching, tanya P/N sensor oksigen (4 kabel) ke AUTO 2000 Pramuka dijawab belum ada no. P/N-nya, kemudian tanya ke ADM Sunter utk Xe Xi P/N sensor oksigen (4 kabel) dijawab no. 89465-BZ010 @ Rp 264 rb, lha kok sama dgn P/N sensor oksigen (2 kabel) di Avz S A/T ttp beda harga.
Lalu coba CEK & RICEK ke TAM Sunter & dijawab bahwa belum keluar no. P/N-nya, sekalian beritahu TAM kalau P/N sensor oksigen Avz S A/T (2 kabel) kok = Xe Xi VVTi (4 kabel) ttp beda harga. Minggu berikutnya baru dijawab TAM kalau P/N. sensor oksigen (4 kabel) utk A/X VVTi yang benar no. 89465-BZ070 @ Rp 264 rb. Dan waktu di CEK lg ke ADM Sunter, mereka hanya jawab salah baca P/N. kok (maklum ADM lupa pakai kaca mata kali ye ! he he he ......) ttp klu soal duit-nya ADM tidak pernah salah atau lupa.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - abdoel - 21-09-2006 13:10

BUDI Menulis:
.......
FYI dulu sih TAM pernah mau coba pasang kapasitor di signal TPS agar saat pedal gas dilepas maka tegangan TPS turunnya perlahan dan masih diatas nol beberapa saat agar tidak langsung terjadi fuel cut off seketika waktu pedal gas dilepas.
.........


SIFU BUDI,
bisa dijelaskan lagi lebih detail tentang pemasangan kapasitor di signal TPS ?
apakah sama dengan pemasangan elko di MAP sensor ?

salam,
yg sudah lama pasang elko di MAP sensor




RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 21-09-2006 13:29

Pak Budi, saya dapat info ttg Fixed Fuel ini : alat ini adalah ECU, jadi ECU baru akan menggantikan ECU lama. Masalahnya ECU baru ini tidak akan diberikan secara gratis tapi akan dijual. Sendat hilang karena ECU baru ini menghilangkan fuel cut cuma konsekwensinya pemakaian BBM akan lebih boros.

Infonya : nanti malam akan ada pertemuan ATPM dengan AXIC yg berlangsung di Kelapa Gading.Acaranya : penjelasan tentang ECU baru ini dan uji coba mobil yg sudah menggunakan ECU baru. Sayangnya acara ini tertutup untuk umum.

Mungkin nanti AXIC akan memberikan pers releasenya setelah pertemuan.

Mudah-mudahan ECU ini diberikan secara gratis.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - zhe_ya - 21-09-2006 13:33

Astaga... nanti yang jual sapa? Shop & Drive lagi? ck ck ck.....


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 21-09-2006 13:42

zhe_ya Menulis:
Astaga... nanti yang jual sapa? Shop & Drive lagi? ck ck ck.....


Gak mungkin dong.... mungkin bengkel resmi yg jual. Harga pasti akan dibuat murah (mudah-mudahanRolleyes)


RE: Avanza VVT-i masih sendat - ongisnade - 21-09-2006 14:06

Yippi...akhirnya keluar tuh solusi...


RE:  Avanza VVT-i masih sendat - BUDI - 21-09-2006 14:25

Bobby Sant Menulis:
Pak Budi, saya dapat info ttg Fixed Fuel ini : alat ini adalah ECU, jadi ECU baru akan menggantikan ECU lama. Masalahnya ECU baru ini tidak akan diberikan secara gratis tapi akan dijual. Sendat hilang karena ECU baru ini menghilangkan fuel cut cuma konsekwensinya pemakaian BBM akan lebih boros.

Infonya : nanti malam akan ada pertemuan ATPM dengan AXIC yg berlangsung di Kelapa Gading.Acaranya : penjelasan tentang ECU baru ini dan uji coba mobil yg sudah menggunakan ECU baru. Sayangnya acara ini tertutup untuk umum.

Mungkin nanti AXIC akan memberikan pers releasenya setelah pertemuan.

Mudah-mudahan ECU ini diberikan secara gratis.

Syukurlah TAM masih mau kasih solusi perbaikan ECU A/X non-VVTi secara garansi (klu ADM mau kasih garansi ECU rasanya kurang optimis ya).
Lebih baik ATPM coba dulu-lah, pasti ada keuntungan & resikonya. Supaya masalah-masalah A/X yang dulu tidak terulang lagi.
Ngomong-ngomong si "JL"/ADM diundang nggak ? Atau pertemuannya di rumah "JL" Klp Gdg supaya ngirit biaya.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - ongisnade - 21-09-2006 14:33

gue kira bakal dipasangin pipiti-ai solusinya....pan lumayan tuh...ganti mesin Smile


RE:   Avanza VVT-i masih sendat - zhe_ya - 21-09-2006 14:34

BUDI Menulis:
Syukurlah TAM masih mau kasih solusi perbaikan ECU A/X non-VVTi secara garansi (klu ADM mau kasih garansi ECU rasanya kurang optimis ya).
Lebih baik ATPM coba dulu-lah, pasti ada keuntungan & resikonya. Supaya masalah-masalah A/X yang dulu tidak terulang lagi.
Ngomong-ngomong si "JL"/ADM diundang nggak ? Atau pertemuannya di rumah "JL" Klp Gdg supaya ngirit biaya.

TAM?? Lalu Dai nya gimana nasibnya? :cry: :cry: Sad


RE:    Avanza VVT-i masih sendat - Chandra - 21-09-2006 14:37

zhe_ya Menulis:
TAM?? Lalu Dai nya gimana nasibnya? :cry: :cry: Sad


sabar Zhe.. masak dia gak ikut... Big Grin


RE: Avanza VVT-i masih sendat - ongisnade - 21-09-2006 14:42

Bukannya dari pertemuan yang pertama, DAI juga ikut? harusnya sama dunks keputusannya....


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 21-09-2006 20:47

Nike Yolanda Menulis:
iya fan, klo ada yang 1500, napa harus yang 1300?!

hehehehehe

eh tambahan warna2 vvti apa aja sih? kmarin sy liat yang warna ijo pastel kya punya innova lucu juga.. Rolleyes tapi design lampu belakang mending yang lama ah.. yang vvti bulet2 aneh nongol..

Memang sih...agak2 nyesal juga...terlanjur pesan yg 1.3, soalnya...waktu salesnya gue tanya...katanya blm ada kepastian kapan terbitnya itu 1.5, sedangkan daku lagi butuh mobil...ehhh...tau2 pas baca otomotif, katanya first deliverynya bisa tgl 1 OktSad

Tapi kalo daku pikir2 lagi (utk menghibur hati), apakah gunanya tenaga sebesar itu (kalo nggak salah lbh dari 100HP) tdk diimbangi dgn kestabilan handlingnya...kayaknya percuma aja...ditarik2 pas sdh 100Km/jam langsung ciut nyali karena sdh mulai melayang...paling2 yg bikin kesal adalah adanya audio double din dan rem ABS serta jok yg senyaman Innova G (memang antara versi G dan V ada bedanya?)

Salesnya juga bilang bahwa sebetulnya utk kelas Avanza sdh cukup dgn mesin 1.3, kalo sdh 1.5 itu sdh kelasnya Yaris dan Jazz...kata itu sales, arah pasarnya sdh tdk jelas...dia juga bilang bahwa dia nggak suggest ke customer utk ambil yg 1.5, gue nggak tau dia ngomong gitu apakah betul dari hati atau cuma utk menghibur gue yg kecewaRolleyes

Warna Avanza terbaru yg VVT-i ada 2, yaitu aqua metallic dan light green. Tadinya gue mau ambil yg aqua metallic (biru muda seperti di iklan)...tapi dari rekomendasi temans dan sales, takutnya nanti kalo mau dijual lagi harganya jatuh...karena nggak umum warnanya, jadi ambil yg silver. Tapi semakin dilihat memang yg aqua metallic bagus banget warnanya...bosan juga pake mobil silver melulu.

New Avanzaku sdh datang hari ini...tapi kok kadang2 msh ndut2an juga...kalo mundur juga...apa karena masih baru mesinnya blm lancar?


RE: Avanza VVT-i masih sendat - ANDRE@s - 25-09-2006 09:52

Ndut2annya karena AC on kali...kalo karena AC masih normal.
Coba kalo AC mati, masih ndut2an ga?


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 25-09-2006 10:13

Belum lancar kali.

Musti bisa bedakan antara sendat dan sundul.

Sendat itu seperti ketahan sedangkan sundul/nyundul karena gas terlalu ditekan dan rasanya seperti menyentak.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 25-09-2006 16:25

Bukan sundul, Mas Bobby...tapi memang sendat...yg paling terasa itu kalo di gigi 2 terus lepas gas di RPM di bawah 2000...kalo buka kaca terdengar banget suara mesinnya ndut...ndut...ndut...nggak tau deh...apa karena masih baru jadi pistonnya blm lancarSmile


RE:  Avanza VVT-i masih sendat - BUDI - 25-09-2006 16:31

Fanny Agusbrata Menulis:
Bukan sundul, Mas Bobby...tapi memang sendat...yg paling terasa itu kalo di gigi 2 terus lepas gas di RPM di bawah 2000...kalo buka kaca terdengar banget suara mesinnya ndut...ndut...ndut...nggak tau deh...apa karena masih baru jadi pistonnya blm lancarSmile

Klu begitu apa benar VVTi-nya sudah dipasangkan oleh ADM di dalam mesin ? Mungkin mereka lupa pasang VVTi-nya maklum orang marketing ADM cuman ngertinya pada tulisan VVTi di bag belakang mobil saja. he he ...... (j/k)


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 25-09-2006 17:46

Wahh...masak iya lupa pasang VVT-inya??? Pokoknya, di mesin New Avanzaku terukir dgn jelas VVT-i kalo kap mesinnya dibuka...apa itu juga blm menjamin kalo VVT-inya sdh dipasang?Big Grin


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 25-09-2006 18:59

Jangan-jangan memang VVT-inya belum kepasang nih????

Coba bawa ketempat gua untuk gua test drive.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - putra_eka - 25-09-2006 19:13

wah...itu mah akal-akalan bos Bobby....neh Smile


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 25-09-2006 19:29

Ye... serius kok. Masa VVT-i masih sendat udah itu ada bunyi : ndut...ndut...ndut.....


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 25-09-2006 21:19

Yahhhh...nggak betul2 bunyi ndut...ndut....ndut, sih...tapi gimana, yah bunyinya...pokoknya ngung....ngung....ngung....tapi badan kita nggak sampai maju mundur sih....pokoknya kerasa aja itu mesinnya sendat2 di gigi 2nya...mudah2an aja setelah lebih dari 500Km itu sendatnya hilangSmile

Ini link berita dari test drivenya Otomotif :
http://www.otomotif-online.com/art_cetak_detail.asp?edisi=197&cat1=01&cat2=03&cat3=07&cat4=06&seriid=8854&artid=6444

Di situ juga dijelaskan bahwa ndut2an memang sdh jauh berkurang dibanding dgn yg blm VVT-i...tapi masih terasaSmile


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 25-09-2006 23:29

Fanny Agusbrata Menulis:
Yahhhh...nggak betul2 bunyi ndut...ndut....ndut, sih...tapi gimana, yah bunyinya...pokoknya ngung....ngung....ngung....tapi badan kita nggak sampai maju mundur sih....pokoknya kerasa aja itu mesinnya sendat2 di gigi 2nya...mudah2an aja setelah lebih dari 500Km itu sendatnya hilangSmile

Ini link berita dari test drivenya Otomotif :
http://www.otomotif-online.com/art_cetak_detail.asp?edisi=197&cat1=01&cat2=03&cat3=07&cat4=06&seriid=8854&artid=6444

Di situ juga dijelaskan bahwa ndut2an memang sdh jauh berkurang dibanding dgn yg blm VVT-i...tapi masih terasaSmile


Makanya mampir ke tempat gua ntar gua ajarin nyetir yang benar deh Toungue


RE: Avanza VVT-i masih sendat - stieven - 25-09-2006 23:58

mungkin endut endut kali..bukan sendat


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 26-09-2006 05:27

Sama atuh ndut sama sendat...


RE: Avanza VVT-i masih sendat - stieven - 26-09-2006 11:44

sama yah bos...
gua rasa kalo gua bw mobil di gigi 2 lalu gua gas agak sentak lgs endut bos...kalo sendat saat gua lepas gas lewatin polis tidur..


RE:   Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 26-09-2006 17:30

Bobby Sant Menulis:

Fanny Agusbrata Menulis:
Yahhhh...nggak betul2 bunyi ndut...ndut....ndut, sih...tapi gimana, yah bunyinya...pokoknya ngung....ngung....ngung....tapi badan kita nggak sampai maju mundur sih....pokoknya kerasa aja itu mesinnya sendat2 di gigi 2nya...mudah2an aja setelah lebih dari 500Km itu sendatnya hilangSmile

Ini link berita dari test drivenya Otomotif :
http://www.otomotif-online.com/art_cetak_detail.asp?edisi=197&cat1=01&cat2=03&cat3=07&cat4=06&seriid=8854&artid=6444

Di situ juga dijelaskan bahwa ndut2an memang sdh jauh berkurang dibanding dgn yg blm VVT-i...tapi masih terasaSmile


Makanya mampir ke tempat gua ntar gua ajarin nyetir yang benar deh Toungue

Walahhhh...jam terbang gue nyetir Kijang LGX'94 gue sdh lumayan tinggi, lho...masak diajarkan cara nyetir lagi sih...atau mungkin utk nyetir AX itu butuh keahlian khusus???Toungue

Waktu gue baca Autobild yg ada ulasan ttg Xenia VVT-i, katanya sama sekali sdh tdk ada sendat....tapi kalo baca Otomotif, dikatakan bahwa New Avanza masih terasa sedikit ada sendat kalo lepas gas di gigi 2...berarti ulasan Otomotif lebih tepatSmile


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 26-09-2006 17:45

Avanza VVT-i tenaganya 2 kali lipat dari Kijang 94 non... makanya perlu dilatih ulang.


RE:  Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 26-09-2006 18:01

Bobby Sant Menulis:
Avanza VVT-i tenaganya 2 kali lipat dari Kijang 94 non... makanya perlu dilatih ulang.

Hehehe...jgn meremehkan Kijangku, lho...Kijang kesayangan gue itu, sdh turun mesin dan sdh oversize (sdh di porting polish dll), pake coil cranecam, kabel busi racing, busi ND iridium, filter udara K&N, dan super compressor...plus pake oli ELF 10-40...plus ELF Octane Booster...Pokoknya, tarikannya sdh lumayan gahar dari yg orisinalnya, deh...plus nyetir Innova dan Jazz meskipun jarang2Wink


RE: Avanza VVT-i masih sendat - ANDRE@s - 26-09-2006 18:02

batch pertama masih ada sendat kaleee, batch kedua sudah tdk ada sendat. Ini kan akal2an marketing, yg jelek dijual duluan, yg bagus disimpen (mungkin loh ya).
paling kentara kalo lewatin polisi tidur trus lepas gas, punyaku masih sendat meskipun udah dibekap FB-nya, mungkin kurang banyak, ntar mau tambahin lagi deh.....


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 26-09-2006 18:19

Fanny Agusbrata Menulis:

Bobby Sant Menulis:
Avanza VVT-i tenaganya 2 kali lipat dari Kijang 94 non... makanya perlu dilatih ulang.

Hehehe...jgn meremehkan Kijangku, lho...Kijang kesayangan gue itu, sdh turun mesin dan sdh oversize (sdh di porting polish dll), pake coil cranecam, kabel busi racing, busi ND iridium, filter udara K&N, dan super compressor...plus pake oli ELF 10-40...plus ELF Octane Booster...Pokoknya, tarikannya sdh lumayan gahar dari yg orisinalnya, deh...plus nyetir Innova dan Jazz meskipun jarang2Wink


Beda non, Avanza itu businya NGK, Coil ada 4, filter udara standar, oli TGMO.
Lalu Avanza itu khan didisain utk balap jadi harus belajar ulangCoolCool


RE: Avanza VVT-i masih sendat - ongisnade - 27-09-2006 09:45

Non Fanny...kepekaan tester mobil tu beda2x...gw udah jajal ndiri di vvt-i kalo emang masih ada sendat di rpm 1800-1900...mungkin aza testernya Otomotif lebih bagus ketimbang Autobild...
bukannya di postingan awal bung Bobby udah ngasi bocoran kalo Av vvt-i masih ada sendat walau sudah bbanyak berkurang.. Smile
btw emang butuh keahlian mainin kopling non...Smile


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 27-09-2006 16:25

Hehehe...memang mungkin Avanza itu mobil yg unik yg butuh ketrampilan khusus utk mengendarainya...buktinya, gue dan adik gue beberapa kalo mati mesin waktu baru mau mulai jalan dari lampu merah...injak koplingnya agak2 aneh...pendek banget...lepas dikit mobil langsung loncat, kalo pindah gigi dari 1 ke 2 juga suka loncatBig Grin

Kalo soal sendat di gigi 2, gue memang lagi mau ngerasain aja...bukannya nggak bisa main kopling...tapi lagi mau membuktikan aja bahwa yg VVT-i pun masih sendat...dan omongan Mas Bobby memang terbuktiWink


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 27-09-2006 18:32

Fanny Agusbrata Menulis:
...tapi lagi mau membuktikan aja bahwa yg VVT-i pun masih sendat...dan omongan Mas Bobby memang terbuktiWink


Dipostingan yg dulu gua mengatakan kalau Avanza VVT-i masih sendat berdasarkan ngomongan Pak Tunggul CSnya TAM. Tapi begitu udah coba, menurut gua udah gak ada sendat pada saat deselerasi dan akselerasi kecuali sendat waktu kita pantengin gas di RPM 1900.

Untuk sendat akselerasi dan deselerasi udah gak ada lagi karena sudah ada VVT-i. Kalau masih sendat, harus diperiksa apakah VVT-inya bekerja dengan benar.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 27-09-2006 20:11

Nahhh...itulah yg kumaksud Mas Bob...kalo lepas gas di gigi 2 RPM di bawah 2000 langsung sendat...selain itu sih, rasa2nya normal2 ajaSmile


RE: Avanza VVT-i masih sendat - RonZ - 27-09-2006 20:16

Yap betul, masih ada sendatnya (walaupun gak seheboh generasi awal A/X).

Di gigi satu pas injek gas (+/- RPM 2000), badan masih agak maju mundur dan begitu pula pas lepas gas (masih digigi satu, lepas gas di RPM 2000), badan masih agak mundur maju.

Jadi sebetulnya masih ada .... dikit walaupun gak heboh kayak yg generasi pertama. Ane nyobain AVG vvti punya tetangga belakang rumah & XeLi vvti tetangganya calon istri (biasalah, buat pembuktian kalo yg versi vvti itu ada perubahan).

Tapi interiornya udah cukup cerah deh :p

Rgds,
Ronny



RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 27-09-2006 20:41

Kalau gitu itu sendat krn fuel cut di RPM 1900. Kalau Avanza gua yg ECUnya P/N 22 sendat fuel cut terjadi ketika gas dipanteng di RPM 1500. Gigi 1 atau 2 jalan di RPM 1500 gak lamapasti sendat padahal gas masih diinjek.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 27-09-2006 21:03

Mas Bob, sori tanya...maklum saya awam soal mesin...kenapa Kijang LGX saya yg mesinnya masih kuno blm injection apalagi VVT-i dan CCnya juga cuma 1500 kok nggak pernah sendat sedikitpun biar gas dilepas di RPM rendah...Kok A/X yg mesinnya sdh jauh lbh canggih bisa sendat gitu? Sori yah...soalnya member baru nih...masih perlu banyak belajarBig Grin


RE: Avanza VVT-i masih sendat - stieven - 27-09-2006 21:24

sama saya jg belajar disni,,saya jg mau nanya yg sama.tp takut ama mas bob.soalnya mas bob galak sih...kita kalo gak bs ,trus bandel pasti di hogor ama dagangannya....Big GrinToungue


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 27-09-2006 21:44

Fanny Agusbrata Menulis:
Mas Bob, sori tanya...maklum saya awam soal mesin...kenapa Kijang LGX saya yg mesinnya masih kuno blm injection apalagi VVT-i dan CCnya juga cuma 1500 kok nggak pernah sendat sedikitpun biar gas dilepas di RPM rendah...Kok A/X yg mesinnya sdh jauh lbh canggih bisa sendat gitu? Sori yah...soalnya member baru nih...masih perlu banyak belajarBig Grin



Dulu BBM murah, makanya walaupun Kijang boros tetap laku karena enak dikendarai. Mesin karburator gak kenal fuel cut, bensin terus ngocor seiring dengan hisapan mesin. Jadi bensin tersemprot krn hisapan mesin.

Itu karburator, sekarang kita bahas yg injection. Kijang kapsul yg injection juga gak sendat, tapi boros juga khan?.

Dulu Mitshubishi Dan Gan 1800 CC dan Genio 1500 CC juga gak sendat tapi cukup boros. Genio sekitar 1:8, sedangkan Dan Gan 1:7, kalau gak salah hitung. Bandingkan dengan Accord baru yg CCnya diatas 2000, konsumsi BBMnya 1:8 juga.

Seiring dengan kenaikan harga BBM dan teknologi maka pabrikan berlomba untuk menciptakan mobil yang irit dan ramah lingkungan. ECU diperintah untuk fuel cut supaya konsumsi bensin bisa ditekan. Makanya dari dulu ATPM selalu bilang sendat krn supaya Avanza Xenia jadi mobil irit. Untuk mobil yg "mewah" dikasih fitur tambahan seperti VVT-i untuk bikin mesin irit dan memperhalus sendat.

Kenapa mesin dengan CC besar tanpa VVT-i tidak terasa sendatnya? ini yang bisa jawab Om Budi atau Om Abdoel Big Grin .


Mau enak harus bayar lebih mahal.

Mau irit harus gak enak.

Mau irit tapi enak, harus berani keluar uang lebih banyak.

Gitu lho....


RE: Avanza VVT-i masih sendat - harie25 - 27-09-2006 22:42

tapi ntar kalo gak nyendat bukan ax lagi dong namanya hehehehehehe


RE: Avanza VVT-i masih sendat - abdoel - 28-09-2006 07:12

mas Bob,
saya gak tau masalah mesin mobil, lha wong saya ini petani je...

tapi setau saya mobil injeksi itu ada fuel cut nya tapi secara variabel gak di patok pada satu nilai sehingga bisa melayani karakteristik pengendara
sebagai contoh:
ECU baru (P/N. 89560-BZ022) mempunyai "deceleration/tau fuel cut" yang variable dari 1200 rpm (utk gigi persneling 4 & 5) s/d 2000 rpm (utk gigi persneling 1), sedangkan ECU lama (P/N. 89560-BZ021/20) hanya mempunyai 1 (satu) titik "deceleration/tau fuel cut" di 1200 rpm utk semua gigi persneling lha ini yg menyebabkan sendatnya lebih parah drpd ECU baru.

mobil CC besar non VVT-i tidak terasa sendatnya karena desainnya awal mesin itu memang memang tanpa VVT-i shg tidak sendat, walopun ccnya kecil kalo memang desain awalnya sudah tanpa VVT-i ya gak sendat

lha kalo mesin KE-DE desain awal dari DMC sudah ada VVT-i nya terus VVT-i nya di copot shg kerjanya gak maksimal/karuan.
ohya K3-DE tidak ada dalam produksi DMC jadi buatan siapa ya ?

kalo A/X yg baru masih sendat ya saya gak tau
apa karena FB nya ?
tapi avanza di Malay yg sudah VVT-I FB nya sama dengan A/X non VVT-i di indon

CMIIW




RE: Avanza VVT-i masih sendat - ongisnade - 28-09-2006 07:51

Bos Abdoel, mesin K3-DE itu terdaftar di DMC & memang buatan DMC yang hanya memenuhi spek EURO 1, tipe mesin yang diketok dimesin AX kita bukanlah akal2xan ATPM, gak ada sejarahnya tuh...K3-DE itu memang variannya mesin K3
buktinya si ATPM kemaren mau ngeluarin ECU baru yang didesain spesial oleh desainernya DMC. Kalo K3-DE bukan punya DMC, logikanya gak mungkin dia mau ngeluarin ECU khusus macem begituan karena bukanlah tanggung jawabnya untuk memenuhi keinginan pelanggan yang bukan pengguna dari mesinnya dia...


RE: Avanza VVT-i masih sendat - abdoel - 28-09-2006 08:31

oh jadi K3-DE itu buatan DMC ya dan terdaftar ya ?
baru tau aku, jadi info yg saya dapat selama ini salah dong... ?
tapi di website DMC kok gak ada ya ? yg ada EJ-DE
mungkin kurang teliti ya saya ? OK deh nanti tak carinya lagi ?
suwun yo Sam




RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 28-09-2006 08:38

abdoel Menulis:
kalo A/X yg baru masih sendat ya saya gak tau
apa karena FB nya ?
tapi avanza di Malay yg sudah VVT-I FB nya sama dengan A/X non VVT-i di indon

CMIIW


Kalau udah VVT-i mau pasang boks filter lebih gede juga gak problem.


RE:  Avanza VVT-i masih sendat - Goshbuster - 28-09-2006 08:38

abdoel Menulis:
mas Bob,
saya gak tau masalah mesin mobil, lha wong saya ini petani je...

tapi setau saya mobil injeksi itu ada fuel cut nya tapi secara variabel gak di patok pada satu nilai sehingga bisa melayani karakteristik pengendara
sebagai contoh:
ECU baru (P/N. 89560-BZ022) mempunyai "deceleration/tau fuel cut" yang variable dari 1200 rpm (utk gigi persneling 4 & 5) s/d 2000 rpm (utk gigi persneling 1), sedangkan ECU lama (P/N. 89560-BZ021/20) hanya mempunyai 1 (satu) titik "deceleration/tau fuel cut" di 1200 rpm utk semua gigi persneling lha ini yg menyebabkan sendatnya lebih parah drpd ECU baru.

mobil CC besar non VVT-i tidak terasa sendatnya karena desainnya awal mesin itu memang memang tanpa VVT-i shg tidak sendat, walopun ccnya kecil kalo memang desain awalnya sudah tanpa VVT-i ya gak sendat

lha kalo mesin KE-DE desain awal dari DMC sudah ada VVT-i nya terus VVT-i nya di copot shg kerjanya gak maksimal/karuan.
ohya K3-DE tidak ada dalam produksi DMC jadi buatan siapa ya ?

kalo A/X yg baru masih sendat ya saya gak tau
apa karena FB nya ?
tapi avanza di Malay yg sudah VVT-I FB nya sama dengan A/X non VVT-i di indon

CMIIW


Kok ECU gw Versi Z022, tp fuel cut di gigi 1 & 2 masih di 1500an rpm bung abdul?


RE: Avanza VVT-i masih sendat - abdoel - 28-09-2006 08:45

lha kan tertulis s/d 2000 rpm



RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 28-09-2006 16:23

Kalo gitu, semua merk mobil keluaran terbaru juga akan nyendat kalo VVT-i, i-VTEC, CVVT, dan MIVECnya dicabut? Apakah besarnya CC itu mempengaruhi?

Ehmmm...sori mau tanya, FB itu singkatan apa, yah?Smile


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 28-09-2006 16:42

Fanny Agusbrata Menulis:
Ehmmm...sori mau tanya, FB itu singkatan apa, yah?Smile


FB = Filter boks

TB = Throtle Body.


RE:  Avanza VVT-i masih sendat - jAbLaY - 03-10-2006 13:15

BUDI Menulis:
Bung budisan,

Lebih baik tunggu Avz A/T 1500 cc sekalian dgn mesin 3SZ-VE masih built up Jepang, kalau mesin Xe 1000 cc (EJ-VE) atau Avz 1300 cc (K3-VE) sudah dibuat di CINA. Sekarang Daihatsu/Toyota Jepang sudah tidak pakai tipe mesin ini, utk 1000 cc pakai mesin tipe 1KR-FE & 1300 cc pakai mesin tipe 2SZ-FE atau 2NZ-FE.

Atau kalau mau mobil dgn mesin buatan CINA sekalian beli saja Chevy QQ yang akan ditawarkan sekitar Rp 50 jutaan oleh grup Indomobil, sayangkan kalau sampai harus keluar duit Rp 100 juta-an hanya untuk mendapatkan mobil dgn bodi made in INDONESIA & mesin Daihatsu ex CINA.
Kalau mau penjelasan lengkap masalah mesin ex CINA (EJ-DE/VE & K3-DE/VE) di Xe/Avz kita ini coba telp ke hot line-nya ADM & langsung bicara dgn Kobayashi San (Ka Div). Ini kenyataan lho !!!, bukan gosip murahan aza. Pantesan aza pemakaian bensin Xe/Avz kita lebih boros dp mesin Daihatsu asli Jepang-nya, lha wong bikinan CINA.


Brur, gw udah nyoba tanya hot line ADM,
menurut pengakuan mereka dari awal gak ada impor engine yang dari cina. dan menurut beberapa berita di detik (kalo gak salah), engine plant ADM termasuk yang paling gede buktinya mereka ekspansi ke bikin plant lagi di kerawang.

Kobayashi san ini sapa brur, pegang apa di ADM!. nanti mau tak konfirmasi ke ADM. kok gak begitu terkenal di ADM.

dan lagi brur..bukannya engine EJ-VE masih di produksi DMC jepang (Hijet, Mira ), perodua Malaysia (kancil), ama ADM (Xe AV). dan untuk engine daihatsu 1000 C memang ada beberapa varian termasuk tipe 1KR-FE (kalo gak salah dipakai di sirion atau boon)




RE: Avanza VVT-i masih sendat - Hery Yoe - 03-10-2006 15:22

Tapi yang pasti Av VVTi 1300 memang masih ndut2 kalo jalan pelan bro......
Heheehe gua punya udah dateng sebulan yang lalu.... Malah udah baret pintu depan supir sekarang......... =(


RE:  Avanza VVT-i masih sendat - Buset - 03-10-2006 16:07

Hery Yoe Menulis:
Tapi yang pasti Av VVTi 1300 memang masih ndut2 kalo jalan pelan bro......
Heheehe gua punya udah dateng sebulan yang lalu.... Malah udah baret pintu depan supir sekarang......... =(


Kalau dirasakan memang fuel cut nya masih terasa, kalau di panteng di rpm 1900. ngga tau yah nanti kalau sudah ganti saringan udara seperti predator + ganti busi irridium (soale dua part ini belum tersedia nihSad).


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 03-10-2006 17:23

Yah sdh nggak apa2...berarti bukan cuma Avanza VVT-i gue doang yg ndut2an...semuanya sama...cuma, gue bingung aja...soalnya sales dgn yakin mengatakan bahwa New Avanza sdh bebas ndut2anSmile


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 03-10-2006 18:37

Fanny Agusbrata Menulis:
Yah sdh nggak apa2...berarti bukan cuma Avanza VVT-i gue doang yg ndut2an...semuanya sama...cuma, gue bingung aja...soalnya sales dgn yakin mengatakan bahwa New Avanza sdh bebas ndut2anSmile


Kalau bisa mampir ke KOPDAR atau ke tempat gua untuk gua tes. Mustinya udah gak sendat. Topik ini gua tulis krn laporan dari CS TAM waktu VVT-i belum di launching. Mungkin waktu itu dia ngomong begini untuk redain keinginan gua TAM pasang VVT-i dimobil gua. Pas gua tes, ternyata gak sendat lagi kok.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 03-10-2006 21:43

Mas Bob, kalo mulai ndut2annya sekitar RPM 1000-1500 kalo gas dilepas wajar, nggak sih? Biasanya, setelah RPMnya mendekati 1000...mesinnya ngegas lagi sendiri...tapi nanti coba gue rasain lagi, yah...maklum masih baru...blm familiar...dan nggak tiap hari dipake soalnyaSmile


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 04-10-2006 08:11

Fanny Agusbrata Menulis:
Mas Bob, kalo mulai ndut2annya sekitar RPM 1000-1500 kalo gas dilepas wajar, nggak sih? Biasanya, setelah RPMnya mendekati 1000...mesinnya ngegas lagi sendiri...tapi nanti coba gue rasain lagi, yah...maklum masih baru...blm familiar...dan nggak tiap hari dipake soalnyaSmile


Masalahnya ndut2annya seperti apa dulu? kalau seperti versi non-VVT-i ya gak wajar. Kemarin si Buset bilang, kalau AVG VVT-inya pas kompresor AC nyala, loss powernya berasa banget gak kayak AVG gua.

Kalau pas deket RPM 1000 dgn kondisi gak digas dan gak injek kopling mesin ngegas sendiri itu wajar. ECU menjaga agar mesin gak mati makanya gas dinaikan sedikit.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Hery Yoe - 04-10-2006 13:51

Kalo gitu waktu kopdar bisa bro coba deh, soalnya gua pake Avanza baru yang VVTi ini. Kalo buat gua pribadi belum bebas ndut2an...


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 04-10-2006 20:34

Nah...itulah Mas Bob, sebelum gasnya naik sendiri...ndut2an dulu sampai mendekati 1000 RPM...kalo yg nggak ngerti mesin model nyokap gue sih nggak berasa itu ndut2an...kalo yg biasa nyetir bisa kerasaSmile


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 04-10-2006 20:48

Kalau ndut2annya krn lu lepas gas , gak injek kopling dan mesin seperti mau mati lalu gas naik (supaya mesin gak mati) itu wajar.

Kalau ndut2-annya terjadi : gigi 1 atau 2 lu gas lalu lepas gas (deselerasi) atau begitu lu gas lagi (akselerasi) itu baru gak wajar terjadi di AX VVT-i krn mesin sudah VVT-i dan ECU sudah lebih canggih dari versi lama.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 04-10-2006 22:06

Mas Bob...kalo KOPDAR di mana tempatnya? Kalo dekat bisa gue coba datang.
Ndut2annya...gimana yah ngomongnya?? Pokoknya kalo gigi 2 gue lepas gas dan nggak injek kopling setelah RPM turun dari 2000...itu mesinnya langsung ngung...ngung...ngung...pokoknya nggak langsam gitu dehSmile


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 04-10-2006 22:32

Fanny Agusbrata Menulis:
Mas Bob...kalo KOPDAR di mana tempatnya? Kalo dekat bisa gue coba datang.
Ndut2annya...gimana yah ngomongnya?? Pokoknya kalo gigi 2 gue lepas gas dan nggak injek kopling setelah RPM turun dari 2000...itu mesinnya langsung ngung...ngung...ngung...pokoknya nggak langsam gitu dehSmile


Mending ikutan KOPDAR deh biar pasti. Apa perlu Private KOPDAR ama gua ToungueToungue


RE: Avanza VVT-i masih sendat - J99 - 04-10-2006 22:35

Mas Bob.......


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 04-10-2006 23:05

Hehehe...Mas Bob....nanti gue aduin ke Pak Tunggul, lhoBig Grin

Oh iya...Avanza gue dlm posisi diam, kenapa kalo gasnya diinjek terus lampunya lebih terang dan setelah gasnya dilepas langsung berubah agak suram?


RE: Avanza VVT-i masih sendat - stieven - 04-10-2006 23:10

lampu apaan.kabin apa head lamp???
kalo head lamp kayak motor bebek dong.di gas lampunya terang


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Nike - 05-10-2006 02:15

iya koq aneh sih, sama2 aja ah rasanya... lampu kabin kli maksudnya ya?


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 05-10-2006 07:20

Fanny Agusbrata Menulis:
Hehehe...Mas Bob....nanti gue aduin ke Pak Tunggul, lhoBig Grin

Oh iya...Avanza gue dlm posisi diam, kenapa kalo gasnya diinjek terus lampunya lebih terang dan setelah gasnya dilepas langsung berubah agak suram?


Buset dah....ndut2an aja belum kelar udah nambah masalah lampu. Udah deh, mending kita terpaksa private KOPDAR karena keaadaan sudah mendesak.

RR, ini masalahnya serius banget jadi khusus buat rekan Fanny, gua harus turun tangan nih. Ini musti ada persamaan persepsi dulu (ikut2an Pak TunggulToungue).

Malm minggu ini bisakah???ShyShyShyShy


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Prio - 05-10-2006 07:30

Kalo di AvG saya lampu besar meredup pas kompresor AC on. Kalo lagi jalan malem2 keliatan jelas meredupnya.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 05-10-2006 07:42

AVG gua kayaknya udah gak redup lagi deh soalnya udah pasang Pivot+ relay lampu yg ada stabilisernya.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 05-10-2006 17:21

stieven Menulis:
lampu apaan.kabin apa head lamp???
kalo head lamp kayak motor bebek dong.di gas lampunya terang

Tentu saja headlamp yg gue maksud...iya...kayak motor bebekBig Grin
Kalo yg lampu kabin blm gue perhatiin...kalo pake ground wire bisa membantu nggak?

Berarti Mas Bob punya juga begitu sebelum diotak-atik?


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 05-10-2006 17:27

Kayaknya semua mobil juga gitu deh. Kalau kompresor AC nyala, lampu redup sebentar. Makanya pakai relay tambahan + voltase stabilizer.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 05-10-2006 17:34

Kalo yg digas headlampnya jadi lbh terang kalo dilepas jadi agak redup juga begitu semua mobil? Apa gue yg baru perhatiin sekarang ini, yah?


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 05-10-2006 17:38

Emang gitu non. Makanya kalau perhatiin lamaan dikit. Kayak bini gua, sekarang dia bilang gua cakep banget :-).


RE: Avanza VVT-i masih sendat - stieven - 05-10-2006 23:35

kalo mobil yang cc nya gede gak kok...


RE:  Avanza VVT-i masih sendat - Nike - 05-10-2006 23:50

Bobby Sant Menulis:
Emang gitu non.  Makanya kalau perhatiin lamaan dikit. Kayak bini gua, sekarang dia bilang gua cakep banget :-).

Amin... Big GrinBig GrinBig GrinBig GrinBig Grin


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Buset - 06-10-2006 14:56

Buset dah....ndut2an aja belum kelar udah nambah masalah lampu. Udah deh, mending kita terpaksa private KOPDAR karena keaadaan sudah mendesak.

RR, ini masalahnya serius banget jadi khusus buat rekan Fanny, gua harus turun tangan nih. Ini musti ada persamaan persepsi dulu (ikut2an Pak TunggulToungue).

Malm minggu ini bisakah???ShyShyShyShy
[/quote]
Bob nanti dilepasin dobberman lo sama si nyonya hehehe


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 06-10-2006 15:23

Buset Menulis:
Buset dah....ndut2an aja belum kelar udah nambah masalah lampu. Udah deh, mending kita terpaksa private KOPDAR karena keaadaan sudah mendesak.

RR, ini masalahnya serius banget jadi khusus buat rekan Fanny, gua harus turun tangan nih. Ini musti ada persamaan persepsi dulu (ikut2an Pak TunggulToungue).

Malm minggu ini bisakah???ShyShyShyShy

Bob nanti dilepasin dobberman lo sama si nyonya hehehe


Gua cuman punya anjing Tekel, itu juga masih umur 4 bulanBig GrinBig GrinBig GrinBig GrinBig Grin


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 09-10-2006 22:14

Gini temans, setelah gue coba lepas gas di gigi 2, mendekati RPM 1000, mesinnya ngung...ngung...ngung...tapi waktu gue injak gas lagi ke RPM 2000 normal alias nggak sendat. Cuma waktu mendekati RPM 1000 aja ngung...ngung...ngung...kayak mesin mau mati...lalu kemudian ngegas sendiri begitu. Normalkah kalo begitu? Gue masih rada2 bingung...soalnya blm pernah nyetir AX yg versi lama yg betul2 sendatSmile


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 10-10-2006 10:25

Fanny Agusbrata Menulis:
Gini temans, setelah gue coba lepas gas di gigi 2, mendekati RPM 1000, mesinnya ngung...ngung...ngung...tapi waktu gue injak gas lagi ke RPM 2000 normal alias nggak sendat. Cuma waktu mendekati RPM 1000 aja ngung...ngung...ngung...kayak mesin mau mati...lalu kemudian ngegas sendiri begitu. Normalkah kalo begitu? Gue masih rada2 bingung...soalnya blm pernah nyetir AX yg versi lama yg betul2 sendatSmile


Jangan-jangan kopling atau gardan lu ada problem nih.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - aquametalic - 11-10-2006 12:43

sama avanza 1.3 vvt-i gw juga klo di RPM 1000 suara mesin ngung ngung ngung kyk mau mati gt mesinnya..

apa itu ada masalah gardan jg ya bos Bobby?


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 11-10-2006 19:33

aquametalic Menulis:
sama avanza 1.3 vvt-i gw juga klo di RPM 1000 suara mesin ngung ngung ngung kyk mau mati gt mesinnya..

apa itu ada masalah gardan jg ya bos Bobby?


Mending kalau lagi KOPDAR datang dan di test biar ketahuan bunyi ngung-nya normal atau tidak.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - stieven - 11-10-2006 20:38

itulah sendatnya bos....bunyi ngung ngung disertai sendat...
engine break nya 2 kali sendat,sepertinya bgtu tar normal lagi kan.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 14-10-2006 14:11

Hehehe...ternyata punyanya aquametalic juga begitu, toh? Tenanglah hatikuBig Grin

Pokoknya, selama RPM ada di 2000, itu mesin nggak ngung...ngung...ngung.
Kemarin gue sempat nyoba Avanza thn 2005 punya teman adik gue, ternyata nggak terlalu sendat, cuma kadang2 aja...apa karena dia pake Shell?


RE:   Avanza VVT-i masih sendat - aquametalic - 19-10-2006 23:40

Bobby Sant Menulis:

aquametalic Menulis:
sama avanza 1.3 vvt-i gw juga klo di RPM 1000 suara mesin ngung ngung ngung kyk mau mati gt mesinnya..

apa itu ada masalah gardan jg ya bos Bobby?


Mending kalau lagi KOPDAR datang dan di test biar ketahuan bunyi ngung-nya normal atau tidak.


KOPDAR dimana pak Bob??

saya posisinya di medan


RE: Avanza VVT-i masih sendat - aquametalic - 19-10-2006 23:46

sekarang gw punya masalah baru,pada saat kompresor AC aktif sendatan timbul 1 detik biasanya terasa rentang RPM 1000-2000
di RPM 2500 terasa tp sangat kecil,apa itu engine break ya??

klo punya mbak Fanny gmn??


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Budi JS - 20-10-2006 07:39

iya, saya jg merasakannya kok.
aneh nih, kok 1300cc VVT-i masih gitu ya.
kebetulan saya sudah pernah nyoba keempat varian mesin ini, Li / Xi, yg lama maupun VVT-i.

terus terang, yg paling nyaman rasanya Li VVT-i.
injakan pedal gas gak terlalu menghasilkan hentak-hentakan di mesin.
enginee break dari RPM 3000 turun sp ke 1000, nyaris gak kerasa.
jalan pelan lepas kopling gigi 1 atau 2, mesin mulus.
menurut sy cocok sekali utk tipe jalan di Jakarata.

sekarang pake Xi VVT-i, problem rekan2 di atas benar2 terasa.
dibandingkan Xi yg lama, memang terasa lebih mulus.
tapi yg namanya hentakan waktu ngegas tetap ada, kadang terasa banget. kenapa ya? padahal BBM jg udah dibela-belain pake pertamax.

sebenarnya tadi pengen ambil Li VVT-i (setahun sebelumnya jg pake Li), tapi agak trauma dgn bunyi grok-grok di daerah transmisi & gardan, takutnya masih kebawa ke tipe VVT-i.

kalo soal power, menurut saya Li lebih responsif/galak, apalagi yg VVT-i, bener-bener gak kerasa kalau hanya mesin 1000cc.
untuk top speed, memang agak maksa di atas 110km/j.




RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 20-10-2006 09:16

Budi JS Menulis:
iya, saya jg merasakannya kok.
aneh nih, kok 1300cc VVT-i masih gitu ya.
kebetulan saya sudah pernah nyoba keempat varian mesin ini, Li / Xi, yg lama maupun VVT-i.

terus terang, yg paling nyaman rasanya Li VVT-i.
injakan pedal gas gak terlalu menghasilkan hentak-hentakan di mesin.
enginee break dari RPM 3000 turun sp ke 1000, nyaris gak kerasa.
jalan pelan lepas kopling gigi 1 atau 2, mesin mulus.
menurut sy cocok sekali utk tipe jalan di Jakarata.

sekarang pake Xi VVT-i, problem rekan2 di atas benar2 terasa.
dibandingkan Xi yg lama, memang terasa lebih mulus.
tapi yg namanya hentakan waktu ngegas tetap ada, kadang terasa banget. kenapa ya? padahal BBM jg udah dibela-belain pake pertamax.

sebenarnya tadi pengen ambil Li VVT-i (setahun sebelumnya jg pake Li), tapi agak trauma dgn bunyi grok-grok di daerah transmisi & gardan, takutnya masih kebawa ke tipe VVT-i.

kalo soal power, menurut saya Li lebih responsif/galak, apalagi yg VVT-i, bener-bener gak kerasa kalau hanya mesin 1000cc.
untuk top speed, memang agak maksa di atas 110km/j.


Bisa jadi kurva torsi 1300 CC gak semulus yang 1000 CC. Makanya diputaran bawah sekitar 1500-2000 RPM lebih galak sedangkan diatas 2000 CC lebih kalem. Bisa juga krn perbandingan gear rationya.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - BUDI - 20-10-2006 10:19

Khan sudah diinformasikan klu mesin K3-VE baru (berbeda dgn mesin K3-VE di Avz VVTi S A/T 1300cc) di new Xe Xi/new Avz VVTi ini mempunyai torsi yg linear naik dari rpm rendah dgn puncak di 4400 rpm (torsi di rpm rendah < 2500 rpm lebih rendah dp Avz VVTi S A/T 1300cc) shg memang kurang enak untuk pengendaraan dalam kota jika diperbandingkan dgn Avz VVTi S A/T 1300cc yg mempunyai torsi naik dari rpm rendah dgn puncak di 3200 rpm & torsi flat s/d 4500 rpm-an.
Klu mau agak enak mengendarai new Xe Xi/new Avz VVTi diusahakan rpm selalu berada di atas 2000-2500 rpm untuk memperoleh torsi yg memadai, tetapi sebaliknya new Xe Xi/new Avz VVTi akan lebih panjang napasnya untuk menyalip di jalan tol/perjalanan juah ke luar kota.

Tetapi klu melihat harga jual A/X M/T VVTi 1300cc yg sedikit lebih mahal dp A/X non VVTi maka performa yg didapat masih lebih baik kok. Hanya belum tahu aza ketahanan metalurginya krn mesin A/X VVTi ini sudah made ini CINA.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Budi JS - 20-10-2006 10:46

BUDI Menulis:
Klu mau agak enak mengendarai new Xe Xi/new Avz VVTi diusahakan rpm selalu berada di atas 2000-2500 rpm untuk memperoleh torsi yg memadai, tetapi sebaliknya new Xe Xi/new Avz VVTi akan lebih panjang napasnya untuk menyalip di jalan tol/perjalanan juah ke luar kota.



setuju pak, dr yg saya rasakan juga begitu, sebaiknya main di RPM tinggi.
wong saya aja sampai beberapa kali mati mesin waktu di RPM rendah, khususnya waktu mulai start bergerak. tadinya pake Li hampir gak pernah mengalaminya. (masih kebawa feeling Li kali yaSmile).
tapi pas test drive yg Li VVT-i, jauh lebih nyaman daripada Li yg lama.




RE:   Avanza VVT-i masih sendat - Den Bagus - 20-10-2006 11:06

Budi JS Menulis:
setuju pak, dr yg saya rasakan juga begitu, sebaiknya main di RPM tinggi.
wong saya aja sampai beberapa kali mati mesin waktu di RPM rendah, khususnya waktu mulai start bergerak. tadinya pake Li hampir gak pernah mengalaminya. (masih kebawa feeling Li kali yaSmile).
tapi pas test drive yg Li VVT-i, jauh lebih nyaman daripada Li yg lama.


feeling ??? kayaknya bener juga tuh ...
kalo saya malah butuh adaptasi yang cukup signifikan (krn tadinya saya bawa si raja diesel).
dari segi tenaga (2.5 vs 1.3) -> sampai saat ini saya masih belum smooth diperbandingan gas & koplingnya (krn nyetirnya weekend doank).
dari segi view (yang lama masih keliatan hidungnya/cap mesinnya vs sekarang gak keliatan sama sekali) -> sampai skrg saya masih sedikit kikuk krn ngandalin feeling.

kesan saya, AVG vvt-i saya oke2 aja, hanya saja benar2 terasa lebih sempit dari si raja diesel.

ya apa boleh buat, hidup emang butuh adaptasi ... Smile



RE:   Avanza VVT-i masih sendat - ekomeister - 20-10-2006 13:51

Bobby Sant Menulis:

Fanny Agusbrata Menulis:
Gini temans, setelah gue coba lepas gas di gigi 2, mendekati RPM 1000, mesinnya ngung...ngung...ngung...tapi waktu gue injak gas lagi ke RPM 2000 normal alias nggak sendat. Cuma waktu mendekati RPM 1000 aja ngung...ngung...ngung...kayak mesin mau mati...lalu kemudian ngegas sendiri begitu. Normalkah kalo begitu? Gue masih rada2 bingung...soalnya blm pernah nyetir AX yg versi lama yg betul2 sendatSmile


Jangan-jangan kopling atau gardan lu ada problem nih.

kebetulan ane pake yg xenia li vvti, bener seh bos nih mobil tenaganya boyok di gigi rendah trus pada pada saat pergantian persnelling antara gigi rendah ke tinggi naeknya lama banget, ajrut//ajrut bener ada terasa emang lebih halus tapi tetap aja ndak enak...makanya ane maunya nih mobil apain kek biar enakan abis gw udah nanggung beli yg 1000, mohn pencerahan...


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Yohannes Kurniawan - 20-10-2006 14:36

kalo yg pakai elco itu caranya gimana yah.
ada yg bisa beri panduan pemasangan secara detail?
trims.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 20-10-2006 15:30

Setelah mencoba nyetir Avanza teman yg non VVT-i dgn bensin premium, ternyata betul...ndut2an banget...apalagi kalo lagi macet...capek musti banyak main kopling. Dan dgn ini gue menyatakan bahwa mesin New Avanza gue jauh lebih baik dari yg non-VVT-i...ndut2annnya sdh hampir nggak terasaSmile


RE: Avanza VVT-i masih sendat - bjs - 26-10-2006 20:48

ekomeister Menulis:

Bobby Sant Menulis:

Fanny Agusbrata Menulis:
Gini temans, setelah gue coba lepas gas di gigi 2, mendekati RPM 1000, mesinnya ngung...ngung...ngung...tapi waktu gue injak gas lagi ke RPM 2000 normal alias nggak sendat. Cuma waktu mendekati RPM 1000 aja ngung...ngung...ngung...kayak mesin mau mati...lalu kemudian ngegas sendiri begitu. Normalkah kalo begitu? Gue masih rada2 bingung...soalnya blm pernah nyetir AX yg versi lama yg betul2 sendatSmile


Jangan-jangan kopling atau gardan lu ada problem nih.

kebetulan ane pake yg xenia li vvti, bener seh bos nih mobil tenaganya boyok di gigi rendah trus pada pada saat pergantian persnelling antara gigi rendah ke tinggi naeknya lama banget, ajrut//ajrut bener ada terasa emang lebih halus tapi tetap aja ndak enak...makanya ane maunya nih mobil apain kek biar enakan abis gw udah nanggung beli yg 1000, mohn pencerahan...


waktu tempo hari saya test drive Li VVT-i, kok kayaknya tarikannya lebih enak daripada Li saya ya? plus tanpa ndut-ndutan lagi.
apa karena saya gak lebih dari gigi 2 ya? (soalnya ngetes di parkiran, sih)
bener loh pak eko, malah sekarang saya agak "nyesel" pake yg 1300, soalnya tarikannya gak seperti harapan saya. boro-boro lebih galak dari 1000cc VVT-i, dibanding 1000cc non VVT-i menurut yg saya test, juga kalah responsif. menangnya kalo pelan-pelan doang, gak nyundul-nyundul ndut-ndutan plus enginee break lebih halus.
waktu itu saya kepikir sih mau ambil 1000cc VVT-i, tapi takut masih ada bunyi grok-grokan....

wah, kayaknya perlu ketemu nih untuk saling merasakan perbandingannya Smile


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Chandra - 26-10-2006 21:03

bjs Menulis:
waktu tempo hari saya test drive Li VVT-i, kok kayaknya tarikannya lebih enak daripada Li saya ya? plus tanpa ndut-ndutan lagi.
apa karena saya gak lebih dari gigi 2 ya? (soalnya ngetes di parkiran, sih)
bener loh pak eko, malah sekarang saya agak "nyesel" pake yg 1300, soalnya tarikannya gak seperti harapan saya. boro-boro lebih galak dari 1000cc VVT-i, dibanding 1000cc non VVT-i menurut yg saya test, juga kalah responsif. menangnya kalo pelan-pelan doang, gak nyundul-nyundul ndut-ndutan plus enginee break lebih halus.
waktu itu saya kepikir sih mau ambil 1000cc VVT-i, tapi takut masih ada bunyi grok-grokan....

wah, kayaknya perlu ketemu nih untuk saling merasakan perbandingannya Smile


gak usah nyesel Om.. langsung aja merapat ke Phoenix Racing.. di BSD Plaza lantai atas.. pasti pulang senyum deh Big Grin


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 26-10-2006 21:45

bjs Menulis:
waktu tempo hari saya test drive Li VVT-i, kok kayaknya tarikannya lebih enak daripada Li saya ya? plus tanpa ndut-ndutan lagi.
apa karena saya gak lebih dari gigi 2 ya? (soalnya ngetes di parkiran, sih)
bener loh pak eko, malah sekarang saya agak "nyesel" pake yg 1300, soalnya tarikannya gak seperti harapan saya. boro-boro lebih galak dari 1000cc VVT-i, dibanding 1000cc non VVT-i menurut yg saya test, juga kalah responsif. menangnya kalo pelan-pelan doang, gak nyundul-nyundul ndut-ndutan plus enginee break lebih halus.
waktu itu saya kepikir sih mau ambil 1000cc VVT-i, tapi takut masih ada bunyi grok-grokan....

wah, kayaknya perlu ketemu nih untuk saling merasakan perbandingannya Smile


LI VVT-i yg gua coba di DAI BSD masih bunyi ngung...ngung waktu jalan pelan. Kayaknya bunyi berasal dari gardan.

Gak usah nyesel, 1300 CC nafasnya lebih panjang dari 1000 CC.


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 08-11-2006 15:55

Kalo bunyi ngung...ngung waktu jalan pelan tanpa di gas seperti Av VVT-i gue...itu bunyi dari gardan, yah Mas Bob? Memang normal gitu atau perlu dikomplain?


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Bobby Sant - 08-11-2006 15:59

Fanny Agusbrata Menulis:
Kalo bunyi ngung...ngung waktu jalan pelan tanpa di gas seperti Av VVT-i gue...itu bunyi dari gardan, yah Mas Bob? Memang normal gitu atau perlu dikomplain?


Mending KOPDAR 3 lu datang deh biar kita tes dan lu puas gak penasaran lagi. Ok?


RE: Avanza VVT-i masih sendat - PutraVanza - 08-11-2006 16:34

gw dah tanya 3 bengkel A2k katanya itu bawaan dari lahirnya (yang lahir di Indo)


RE: Avanza VVT-i masih sendat - Fanny Agusbrata - 08-11-2006 16:44

Kalo sdh bawaan dari lahir sih...sdh susah alias nggak bisa diubahYagak


RE: Avanza VVT-i masih sendat - PenyuTurbo - 08-11-2006 21:59

Fanny Agusbrata Menulis:
Kalo sdh bawaan dari lahir sih...sdh susah alias nggak bisa diubahYagak


Engineer selalu mepunyai objective yang sempurna di dalam merancang sesuatu design ... hanya saja engineer ini selalu kalah dengan orang marketing dan budgeting ... sehingga design-nya jadi asal-asalan ... sering di downgraded ... sehingga banyak terjadi Design Flaw.

Cacat bawaan lahir itu kadang-kadang bisa dioperasi ... kalau bisa merancang daihatsu zebra yang gak ngedengung ... maka jika pada rrancang bangun Xe Li atau XeXi ada problem ngedengung ... artinya ada design flaw ... SADIS alias SAlah DISain.