Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Kekurangan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=16)
+--- Topik: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam (/showthread.php?tid=2378)


Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Soenfri - 12-03-2007 13:50

Dear RR,


Mau share nich, RR pernah ngalamin seperti ini blm saat kec diatas / sama dengan 100km/h jika di rem stir getar tapi jika tidak direm stir tdk getar. Pada kec dibawah 100km/jam gejala stir getar tidak terasa pengereman mulus aja. Apakah ini disebabkan sudah tidak lempeng disc brake depan atau karena velg peyang ? Jika disc brake depan sudah tidak lempeng/peyang apakah kwalitasnya seperti itu, sedangkan km masih 41.000 dan kampas rem belum pernah diganti.


Mohon masukan dan saran donk....

Thanks,
Soenfri.


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Bobby Sant - 12-03-2007 14:13

Klaim aja remnya.


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Soenfri - 12-03-2007 14:27

Bobby Sant Menulis:
Klaim aja remnya.


Memangnya utk rem masuk garansi ?
Velg sich udah ganti 16", apakah masih bisa di klaim ?


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Chandra - 12-03-2007 14:30

Soenfri Menulis:

Bobby Sant Menulis:
Klaim aja remnya.


Memangnya utk rem masuk garansi ?
Velg sich udah ganti 16", apakah masih bisa di klaim ?


balikin standard dulu sebelum ke BERES bro ..


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Bobby Sant - 12-03-2007 14:30

Soenfri Menulis:

Bobby Sant Menulis:
Klaim aja remnya.


Memangnya utk rem masuk garansi ?
Velg sich udah ganti 16", apakah masih bisa di klaim ?



Baca dulu masa garansinya. Kalau belum lewat ya bisa klaim dan harusnya gak ada urusan sama velg.


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Soenfri - 12-03-2007 14:36

Bobby Sant Menulis:
Baca dulu masa garansinya. Kalau belum lewat ya bisa klaim dan harusnya gak ada urusan sama velg.


Oke deh,
Thanks.


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Pribadi Hartono - 12-03-2007 14:37

Kayanya gak ada hubungan antara velg 16 ama rem yg kalo lari diatas 100 km/h getar.
Kalo lari diatas 80 km/h nggak direm udah getar, positif velg kudu di balancing, kalo masih getar juga coba di finished balancing.
Tapi kalo di rem getar itu mah positif ada masalah di piringan (wheel disc), coba di klaim ke yg keluaran mobil (TYT or Dai), minta diganti wheel disc. Kalo kanvas rem setahu gue nggak masuk dalam garansi, karena itu barang yg aus, tapi kalo wheel disc kudunya ada garansi.YagakYagakYagak


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Anton G - 12-03-2007 14:40

Pribadi Hartono Menulis:
Kayanya gak ada hubungan antara velg 16 ama rem yg kalo lari diatas 100 km/h getar.
Kalo lari diatas 80 km/h nggak direm udah getar, positif velg kudu di balancing, kalo masih getar juga coba di finished balancing.
Tapi kalo di rem getar itu mah positif ada masalah di piringan (wheel disc), coba di klaim ke yg keluaran mobil (TYT or Dai), minta diganti wheel disc. Kalo kanvas rem setahu gue nggak masuk dalam garansi, karena itu barang yg aus, tapi kalo wheel disc kudunya ada garansi.YagakYagakYagak


Pertama tama coba cek tekanan anginnya, jangan jangan tekanan anginnya udah kerendahan..! tekanan angin pada ban yang kerendahan bisa juga bikin setir getar loh..!


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Soenfri - 12-03-2007 15:43

Memang udah curiga kalo bukan dari velg-nya karena pada sekitar km 35.000 ban depan diganti baru (dua2nya) karena salah satu bannya ada yg melendung lalu di balancing ulang. Pikir stir geter gara2 ban melendung tp ternyata setelah diganti keadaannya sama juga.
Mobil Toyota avanza taon 2004, baru masuk taon ke-3... nanti mau coba klaim deh.

Thanks.


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - R_4_FLI - 05-04-2011 12:07

sundul dikit ah


kira2 kalo kejadiannya spt itu (Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam)ada kemungkinan ga ya kalo Disc cakramnya agak pilas/baling sedikit 095095


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - zanetti - 05-04-2011 12:19

R_4_FLI Menulis:
sundul dikit ah


kira2 kalo kejadiannya spt itu (Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam)ada kemungkinan ga ya kalo Disc cakramnya agak pilas/baling sedikit 095095


kemungkinan sih gitu om...
mobil bokap ane, grand l*vina juga ngalamin kayak gitu... kl di rem pas lagi ngebut langsung setirnya geter.. ternyata disk cakramnya uda mesti dibubut.. padahal baru 40rban km... Wallbash


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - R_4_FLI - 05-04-2011 13:00

zanetti Menulis:
kemungkinan sih gitu om...
mobil bokap ane, grand l*vina juga ngalamin kayak gitu... kl di rem pas lagi ngebut langsung setirnya geter.. ternyata disk cakramnya uda mesti dibubut.. padahal baru 40rban km... Wallbash


nah ini dia nih om, akan muncul pertanyaan baru
buat trit baru aja ah


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Bambang Hermanto, ST - 05-04-2011 13:15

Aku kemarin juga gitu.....udah dibubut disknya dislap 0,2mm...tapi tetep aja geter di 60 KPJ kalo ngerem....trus ganti disk...masih juga...Wallbash

Akhirnya aku diemin aja.....eehhhh...sekarang malah gak geter.... mungkin karena tempo hari ganti disk brakenya kali.....sehingga blm rata bener...095


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - R_4_FLI - 05-04-2011 13:51

Bambang Hermanto, ST Menulis:
Aku kemarin juga gitu.....udah dibubut disknya dislap 0,2mm...tapi tetep aja geter di 60 KPJ kalo ngerem....trus ganti disk...masih juga...Wallbash

Akhirnya aku diemin aja.....eehhhh...sekarang malah gak geter.... mungkin karena tempo hari ganti disk brakenya kali.....sehingga blm rata bener...095


cuma ganti disc nya doank om 095095
bisa jadi tu om, gara2 discbrake nya blon rata


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Kevintob - 05-04-2011 13:53

Bambang Hermanto, ST Menulis:
Aku kemarin juga gitu.....udah dibubut disknya dislap 0,2mm...tapi tetep aja geter di 60 KPJ kalo ngerem....trus ganti disk...masih juga...Wallbash

Akhirnya aku diemin aja.....eehhhh...sekarang malah gak geter.... mungkin karena tempo hari ganti disk brakenya kali.....sehingga blm rata bener...095



ganti diskbreak berapaan om ?!Yagak


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Bambang Hermanto, ST - 05-04-2011 14:33

Kevintob Menulis:

Bambang Hermanto, ST Menulis:
Aku kemarin juga gitu.....udah dibubut disknya dislap 0,2mm...tapi tetep aja geter di 60 KPJ kalo ngerem....trus ganti disk...masih juga...Wallbash

Akhirnya aku diemin aja.....eehhhh...sekarang malah gak geter.... mungkin karena tempo hari ganti disk brakenya kali.....sehingga blm rata bener...095



ganti diskbreak berapaan om ?!Yagak


400 rebu Om... kalo elu mau pake punya gw aja tuh ..yg udah di slap 0,2mm....Winking


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - B S - 08-04-2011 07:58

Bambang Hermanto, ST Menulis:
kalo elu mau pake punya gw aja tuh ..yg udah di slap 0,2mm....Winking


wih hibah nih.. Big Grin

wah banyak bener yg disc brake nya kena slap ya....disc brake xexi ane yg dulu juga kena slap, bahannya empuk banget nih disc brake keliatannya....dah gitu tanpa ventilasi pula jd cepet aus deh...

kesimpulannya mending brake pad empuk jd cepet abis dari pada disc brake cepet abis Yagak


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - potret_kis - 16-05-2011 00:05

Saya sanagt setuju kalau penyebabnya piringan rem yang sudah gak mulus. Selain mempengaruhi daya pengereman juga menimbulkan getaran saat direm. Apalagi mobil dah dipakai lebih dari 2 tahun. Baru ori - 230rb/pcs. Kalau bubut mah paling banter 40rb/pcs.


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - black.avanza - 16-05-2011 00:54

kalo geter gitu bukannya ada pengaruh dari hasil spooring ama balancing ban yah?itu kalo disc nya uda dibubut...


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - Bambang Hermanto, ST - 16-05-2011 01:38

black.avanza Menulis:
kalo geter gitu bukannya ada pengaruh dari hasil spooring ama balancing ban yah?itu kalo disc nya uda dibubut...


Kalo spooring gak ada pengaruhnya Om..paling2 tuh boil buang ke kiri atau ke kanan.... kalo balancing iya...ada pengaruhnya kalo pas ngerem..


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - black.avanza - 16-05-2011 17:58

gitu yah...artinya inno om ane jangan-jangan harus bubut...soalnya kalo lagi ngebut,ngeremnya ngebuang ke kiri diikutin geter-geter...Tuh


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - BUDI - 16-05-2011 18:53

potret_kis Menulis:
Saya sanagt setuju kalau penyebabnya piringan rem yang sudah gak mulus. Selain mempengaruhi daya pengereman juga menimbulkan getaran saat direm. Apalagi mobil dah dipakai lebih dari 2 tahun. Baru ori - 230rb/pcs. Kalau bubut mah paling banter 40rb/pcs.


AVS A/T ane pake ABS juga geter lho akibat rodanya mengerem/melepas rem dst secara berulang2 secara cepat Yagak klo dak geter berarti ABS nya macet (roda mengunci) & bisa lsg slip Tuh

klo dak pake ABS & terjadi setelah ganti brake pad baru biasanya disebabkan proses "Bedding-In" tidak dilakukan dgn baik stlh ganti brake pad baru shg brake pad pasti bergetar ketika mulai menghentikan disc brake, jadi sebaiknnya jgn buru2 menghakiminya lsg dgn bubut disc brake Toungue apalagi klo permukaan disc brakenya msh mulus Tuh nyesel khan klo masalahnya ternyata belum juga berakhir stlh disc dibubut
setiap kali bubut disc jangan lupa brake pad juga wajib diganti baru & lakukan "Bedding In" dgn baik Winking


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - ridwano1 - 16-05-2011 21:40

Soenfri Menulis:
Dear RR,


Mau share nich, RR pernah ngalamin seperti ini blm saat kec diatas / sama dengan 100km/h jika di rem stir getar tapi jika tidak direm stir tdk getar. Pada kec dibawah 100km/jam gejala stir getar tidak terasa pengereman mulus aja. Apakah ini disebabkan sudah tidak lempeng disc brake depan atau karena velg peyang ? Jika disc brake depan sudah tidak lempeng/peyang apakah kwalitasnya seperti itu, sedangkan km masih 41.000 dan kampas rem belum pernah diganti.


Mohon masukan dan saran donk....

Thanks,
Soenfri.


untuk gejala agan yang di alami ...perkenalkan saya mikar01 , salam kenal....saya cari ilmu di toyota
oke saya jelaskan
penyebab masalah agan tersebut ada dua penyebab yang menimbulkan masalah tersebut
1. apakah sepatu rem depan mobil agan tipis
2. piringan ( disc rotor yang bergelombang )
itu dua penyebabkan steer getar saat melakukan pengereman terutama setelah kec tinggi, yang harus di lakukan perisakan mobil agan ke bengkel beres kenapa begitu karena melihat kilometer mobil agan masih 40.000 km
bila sspetu rem habis maka ganti dengan yg baru
bila disc rotor yang bergelombang , mintalah ke bengkel beres untuk mengganti nya , karena itu komponen bisa di warantikan ( catt: service berkala rutin )
semoga bermamfaat
www.
http://www.cars-barn.blogspot.com


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - zahputra - 13-03-2012 16:55

disc rotor apa sama dg piringan cakram soalnya avg syb br 36000 km piringan cakram sdh gak rata banyak baret mlh ada yg agak dalam apa bisa di komplain ke service resminya syaratnya apa soalnya msh standard


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - lakondalang - 15-03-2012 14:22

zahputra Menulis:
disc rotor apa sama dg piringan cakram soalnya avg syb br 36000 km piringan cakram sdh gak rata banyak baret mlh ada yg agak dalam apa bisa di komplain ke service resminya syaratnya apa soalnya msh standard


salam buat bro Zahputra,
share aja kalo cakram juga termasuk barang yang habis aus, jadi belom tentu digaransi juga
kalo belom baret terlalu dalam, mending dibubut aja terlebih dahulu.
kalo udah parah mending langsung ganti aja, jangan ragu2 karena rem adalah safety part paling berperan buat keselamatan kita.
utk brakepad alias kampas rem mending cari yang non ori, karena saya mengalami hal yg sama waktu pake ori ( baret2 dan kalo di atas 100km/jam kurang mantap )
saya pake MK kashiyama yang dus-nya biru, waktu itu sekalian yang belakang kampas remnya saya ganti juga dgn merk yang sama tapi dusnya kuning
menurut yg jual sih, kalo yg biru udah non asbestos
setelah ganti kalo lari diatas 100km/jam lebih yahud kalo ngerem dan yang penting saat dihandbrake kala menanjak kagak melorot ( yg standart kalo dihandbrake kala nanjak sering melorot tuh )
yang pasti kalo udah ada kelainan pada rem segera cek secepat mungkin, biar kita aman sampe tujuan broGozkirpma
thank you


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - zahputra - 16-03-2012 08:57

terima kasih infonya bung lakondalang bagus mana antara MK kasyima dan sumitomo hrgnya brp untuk MK apa juga perlu blending in bener gak tulisannya soalnya gak tau apa blending in


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - kend - 16-03-2012 13:14

klu AVG 2009 ane (31,000 km), klu di rem saat kecepatan tinggi kok di pedal nya ada seperti bergetar ( bukan di steering wheel nya).

klu yg ini karena apa ya om????


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - lakondalang - 22-03-2012 11:49

zahputra Menulis:
terima kasih infonya bung lakondalang bagus mana antara MK kasyima dan sumitomo hrgnya brp untuk MK apa juga perlu blending in bener gak tulisannya soalnya gak tau apa blending in


kalo sumitomo saya pribadi belom pernah pake, tapi dari beberapa teman yang udah pernah nyobain sumitomo, ada kecenderungan baret di disc-nya
bedding-in artinya proses penyesuaian antara disc dengan brake pad yang baru karena permukaan disc biasanya tidak rata, tapi kalo kedua2nya udah baru atau disc udah diratain/dibubut, proses ini tidak diperlukan lagi.
seingat saya harga brake padnya gak sampe 200rb, kalo brake yang belakang (shoe) gak sampe 150rb , cukup murmer dan ok punya


RE: Stir getar saat di rem pd kec 100km/jam - aaupay - 26-04-2012 13:26

kend Menulis:
klu AVG 2009 ane (31,000 km), klu di rem saat kecepatan tinggi kok di pedal nya ada seperti bergetar ( bukan di steering wheel nya).

klu yg ini karena apa ya om????


belum lama ane ngalamin hal yg serupa malah lebih parah sampe geter ke body mobil, kecepatan diatas 80km/jam sdh terasa dan lebih kerasa lagi kalo makin tinggi kecepatannya. akhirnya coba bawa ke beres dan di ganti piringan cakram dan tetap tidak ada perubahan, balik lagi ke beres dan di ganti lagi piringan cakram untuk yang kedua kalinya hasilnya getar di body berkurang hanya di pedal yg masih getar parah. pusing g bere2 ane ambil inisiaif ke bengkel biasa dan di bubut wal hasil memang piringannya tdk rata (barang baru loh dari beres yg di bubut), setelah di bubut hasilnya 95% getaran hilang dan halus, jadi menurut ane jangan langsung main ganti piringan cakram lebih baik cari alternatif lain dulu cari tempat bubut yg recomended. sepasang ane bubut kena 80rb. berhubung avanza ane udah g garansi di beres jadi kena biaya ganti piringan cakram lumayan mahal +- sama pasang 900rb hadehhh percuma mubazir.

mudah2an berguna om infonya.