Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Oli untuk xenia - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Perawatan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=17)
+---- Forum: Oli (/forumdisplay.php?fid=176)
+---- Topik: Oli untuk xenia (/showthread.php?tid=237)


Oli untuk xenia - tom - 14-08-2006 11:29

Mohon pencerahan dari rr,

Xi saya keluaran 2004 dan KM >50.000 KM, biasa oli Mesran Prima XP.
Di beberapa milis otomotif untuk KM sebanyak itu membutuhkan oli yang pelumasananya lebih baik dan disarankan oli sintetis.
Apabila memang begitu oli apa kira2 yang paling baik untuk XI- ku tersayang??

Salam,

Tom



RE: Oli untuk xenia - john_190b - 14-08-2006 13:17

Om Tom, milih oli emang kadang membingungkan, terlalu banyak pilihan, baik merk, spek, de-el-el.
Lucunya (maksud loe....hehe) ada 2 pendapat yg ber-sebrangan dari 2 sumber yg bisa dipercaya, :
1. dari pembuat oli, dia bilang kalo mobil baru, mendingan pake yg encer, dalam arti dengan spek 10w-40. Setelah beberapa tahun, baru pake yg kentel. Alasan : kalo baru, karena selah antar komponen mesin masih presisi dan ketat, hingga butuh encer utk dapat melumasi ke-semua komponen. Kalo ud lama, baru pake yg kentel karena celah semakin besar....
2. dari pemilik bengkel yg seneng ngoprek mesin dari kecil, dia bilang mendingan utk boil baru pake yg kentel, abis itu baru yg encer. Alasan : karena komponen alat mesin masih presisi banget, utk mencegah gesekan antar komponen butuh oli kental, kalo encer ntar gesekan masih terjadi. Kalau ud lama, baru pake encer, biar kerja mesin jadi terbantu.

NAH LO..........mabok kan Om Tom ?????

Ane sendiri, Km ud 56rb th 2004, awalnya sering pake genuine oil dari astra. Kadang di-sela dengan Shell Super atau Fastron 20-50 atau Prima XP. Terakhir, mulai pindah ke Petronas 800 10w-40 SM.
Alasan : awal2x sering dapat oli free dari event. Terakhir karena tau ada toko yg jual oli asli, beli ngecer harga grosir, geto......................



RE: Oli untuk xenia - thomas_ng - 14-08-2006 14:16

sebenernya semua oil bagus
asal kita tau saat penggantian
jangan telat aja.
tapi kalo injaction disarankan 10-40

dan ini juga tergantung dari jenis oil nya
sintetic atau enggak juga itu tergantung dari kwalitas oilnya.
ada juga kok sintetic yang enggak bagus.




RE: Oli untuk xenia - ongisnade - 14-08-2006 16:50

kalo oli yang bagus sih pakai yang mahal, macem elf, shell helix, syntium kalo perlu...harga gak bisa bo'ongBig Grin
tapi liat speknya harus sesuai yang direkomendasi pabrik..
btw boss oli pertamina itu pada dasarnya udah bagus loh...aye punya temen yang pernah compare ama petronas..
Untuk oli Pertamina di pasaran kalo diadu ama produk macam top one dengan harga yang mirip, mendingan beli pertamina kemana-mana...karena produk luar itu udah termasuk harga iklan,biaya impor,pajak dll,...dimana punya pertamina gak ada gitu2an, murni biaya untuk nilai oli doang...
Dan btul!!!yang penting sih jangan telat ganti oli Pak!!amannya sih tiap 5000km buat cetakan 2004 ato juga 2005 mengingat kemacetanyang terlalu parah di negara ini euy...Big Grin


RE: Oli untuk xenia - stieven - 14-08-2006 19:22

mau bagus hrs yang mahal dikit ...betul kata ongisnade haraga gak bs boong..sae 10 40 aja untuk avxe..pernah apke 15 50 tarikan berat


RE: Oli untuk xenia - dodo - 16-08-2006 11:16

Xeli saya pakai shell helix plus ganti di S&D
Apakah bisa lebih dar 5.000km???


RE: Oli untuk xenia - Bobby Sant - 16-08-2006 11:21

Bro, sebaiknya ganti oli dan filter oli setiap 5000km. Mesin lebih sehat.
Kalau produsen klaim bisa lebih lama tapi harus ingat iklim kita tropis dan kondisi jaln lebih berdebu dibanding LN.


RE: Oli untuk xenia - Kenio_ridholilo - 16-08-2006 11:33

Mending pake syntetic 10-40
klu saya pake fastron aja udah cukup
dan harga bersahabat...Toungue

Intinya tiap 10.000km mesti ganti

Rolleyes
cuma saya juga mau tanya ke temen2
khan mobil saya jarang pake (sabtu minggu doang)
sebaiknya berapa lama oli harus diganti?
saya untuk mencapai 10.000km butuh waktu setahun lo bo...


RE: Oli untuk xenia - thomas_ng - 16-08-2006 14:40

oil kalo enggak jalan kan enggak berguna.
jadi 1 thn juga endak apa-apa

om bob kalo filter setiap 2 kali ganti oil baru ganti.
kalo setiap kali ganti. wah boros boooooo.



RE: Oli untuk xenia - SAS34 - 17-08-2006 01:58

Emang betul bro, milih oli emang bikin puysing, baru aja minggu lalu gua ganti oli di km 10.000 (xeli th.2004), karena gua pikir ini mobil kapasitas olinya cuma 2,4 l, apa salahnya gua kasih yang bagusan, walaupun agak mahal dikit, akhirnya setelah nanya˛ sama teman gua dan lihat˛ di forum, gua persempit pilihan gua dengan oli yang full syntetic, pilihan gua antara lain mobil 1, total quart 9000, conoco SYNCON dan adnoc image. Untungnya ada sodara temen gua yang punya bengkel oli dan rela untuk ditanya˛, dia bilang semua oli kalo udah syntetic pasti bagus dan mahal, cuman masalahnya ada oli yang walaupun mahal kualitasnya kagak bagus, cuman ketolong publikasi aja jadinya nge"top" doank tapi kagak bagus, dia juga ngajarin kalau milih oli pertama lihat dulu itu udah standard internasional belum, dilihat dari logo/icon yang berbentuk bulatan sebesar jempol dan didalamnya ada bulatan lagi yg didalamnya ada tulisan API SERVICE dan SAE-nya, karena contohnya oli mobil 1 yang full syntetic ada 2 versi, yang 1 diimport oleh distributor resmi dengan SAE 15-50, api service udah SM, namun kagak ada logo bulatnya, dipackingnya di S'pore dan yang satu lagi langsung diimport dari USA bukan melalui distributor resmi, tapi ada logo bulatnya, SAE 5-40, API SERVICE 5-40. Kemasannya sih menurut gua sih bagusan yang dari USA. Dia juga jual oli˛ yang gua maksud, kecuali merek Adnoc, gua tanya lagi kenapa kagak jual Adnoc, apa karena kualitasnya kurang bagus ? Menurut dia itu oli sebenarnya termasuk oli bagus, cuman karena kagak ada publikasi, kemasannya juga kurang menarik (tulisan arab semua bro di sisi lainnya) dan seingat dia cuman gua aja yang nanyain merek itu, jadi dia kagak pernah jual. Gua juga tau itu merek dari sodara gua yang tinggal di luar kota dan sejak 3 tahun lalu pake adnoc yang pertamanya dengan pertimbangan itu oli diproduksi dan dipake di negara arab jadi pasti lebih cocok untuk negara dengan iklim kayak dinegara kita ini dan sejak itu semua mobilnya dipakein merek adnoc dan gilanya gua pernah lihat oli adnoc 1 dus dimobilnya buat dibawa pulang kampung, karena katanya itu oli susah carinya daripada nanti impotirnya kagak ada lagi mendingan stok dulu. Terus dia juga nyaranin gua cobain oli ini, karena katanya tarikan jadi lebih enak banget. Udah deh gua coba nyari˛ di Sawah Besar dan PMK, ternyata emang benar bro, nyarinya susah, malahan ada yang bilang impotirnya udah kagak ada, jadi bikin gua males nyari deh, tapi makin penasaran sih, untung ada yang bilangin coba cari di Sunter. Gua minta tolong temen gua yang emang tinggal daerah sono untuk cariin dan beliin kalo ada...eh bener bro ada yang jual dan katanya dia memang khusus jual merek itu, harganya Rp. 90.000/l, yah udah gua coba titip beli deh oli yang bikin gua penasaran. Ternyata bener bro kemasannya tidak semenarik oli˛ lainnya dan API Servicenya udah SL, SAE 5-40
Setelah oli dikosongkan dan buka oli filter selama 5 hari sekaligus itu mobil gua dongkrak gantian hari ini depan, besok belakang besoknya lagi depan lagi plus kiri dan kanan (maklum kagak ada gawe) (kalo menurut sodara temen gua, emang sebaiknya begitu tapi ide ngedongkrak sih ide gua aja dan jangan disempot kompresor) gua isi deh tuh adnoc image, wihhh, begitu baru dibuka segelnya, olinya wangi, wanginya kayaknya persis waktu gua isi oli Agip Supersin 2000 (ini juga oli bagus bro, gua dah ngebuktiin sendiri beberapa tahun yl, cuma karena masih SJ jadinya gua kagak jadiin pilihan deh) warnanya putih bening dan encer banget beda banget ama genuine oilnya Daihatsu. Setelah gua udah coba dengan jarak yang pendek˛ (ini mobil kayak mobilnya bung Kenio, lebih banyak bobonya, itu juga sebentar˛ doank dibangunin buat dipakenya) gua cuma bisa ngetest tarikan gigi 1 sampe 3 doang dan terasa emang lebih enteng. Gua jadi penasaran pengen nyobain di tol Cipularang nih, cuman kagak punya waktu, tgl 18 kan kagak libur, kagak jadi deh ke Bandungnya untuk test food. Gua juga setuju dengan usulan bung Bob kalau ganti oli sekalian aja ganti oli fliter, gua beli di Musatek Rp. 27.500,- ada gesek˛ berhadiah lagi, cuman gua punya nongolnya "anda belum beruntung"


RE: Oli untuk xenia - dodo - 23-08-2006 13:36

saya pake shell helix plus per liter Rp 45.000
sebaiknya digunakan sampai berapa km ?
kalo kata orangnya mah hanya 5.000 km maklum jualan


RE:  Oli untuk xenia - Anton G. - 23-08-2006 15:04

SAS34 Menulis:
Emang betul bro, milih oli emang bikin puysing, baru aja minggu lalu gua ganti oli di km 10.000 (xeli th.2004), karena gua pikir ini mobil kapasitas olinya cuma 2,4 l, apa salahnya gua kasih yang bagusan, walaupun agak mahal dikit, akhirnya setelah nanya˛ sama teman gua dan lihat˛ di forum, gua persempit pilihan gua dengan oli yang full syntetic, pilihan gua antara lain mobil 1, total quart 9000, conoco SYNCON dan adnoc image. Untungnya ada sodara temen gua yang punya bengkel oli dan rela untuk ditanya˛, dia bilang semua oli kalo udah syntetic pasti bagus dan mahal, cuman masalahnya ada oli yang walaupun mahal kualitasnya kagak bagus, cuman ketolong publikasi aja jadinya nge"top" doank tapi kagak bagus, dia juga ngajarin kalau milih oli pertama lihat dulu itu udah standard internasional belum, dilihat dari logo/icon yang berbentuk bulatan sebesar jempol dan didalamnya ada bulatan lagi yg didalamnya ada tulisan API SERVICE dan SAE-nya, karena contohnya oli mobil 1 yang full syntetic ada 2 versi, yang 1 diimport oleh distributor resmi dengan SAE 15-50, api service udah SM, namun kagak ada logo bulatnya, dipackingnya di S'pore dan yang satu lagi langsung diimport dari USA bukan melalui distributor resmi, tapi ada logo bulatnya, SAE 5-40, API SERVICE 5-40. Kemasannya sih menurut gua sih bagusan yang dari USA. Dia juga jual oli˛ yang gua maksud, kecuali merek Adnoc, gua tanya lagi kenapa kagak jual Adnoc, apa karena kualitasnya kurang bagus ? Menurut dia itu oli sebenarnya termasuk oli bagus, cuman karena kagak ada publikasi, kemasannya juga kurang menarik (tulisan arab semua bro di sisi lainnya) dan seingat dia cuman gua aja yang nanyain merek itu, jadi dia kagak pernah jual. Gua juga tau itu merek dari sodara gua yang tinggal di luar kota dan sejak 3 tahun lalu pake adnoc yang pertamanya dengan pertimbangan itu oli diproduksi dan dipake di negara arab jadi pasti lebih cocok untuk negara dengan iklim kayak dinegara kita ini dan sejak itu semua mobilnya dipakein merek adnoc dan gilanya gua pernah lihat oli adnoc 1 dus dimobilnya buat dibawa pulang kampung, karena katanya itu oli susah carinya daripada nanti impotirnya kagak ada lagi mendingan stok dulu. Terus dia juga nyaranin gua cobain oli ini, karena katanya tarikan jadi lebih enak banget. Udah deh gua coba nyari˛ di Sawah Besar dan PMK, ternyata emang benar bro, nyarinya susah, malahan ada yang bilang impotirnya udah kagak ada, jadi bikin gua males nyari deh, tapi makin penasaran sih, untung ada yang bilangin coba cari di Sunter. Gua minta tolong temen gua yang emang tinggal daerah sono untuk cariin dan beliin kalo ada...eh bener bro ada yang jual dan katanya dia memang khusus jual merek itu, harganya Rp. 90.000/l, yah udah gua coba titip beli deh oli yang bikin gua penasaran. Ternyata bener bro kemasannya tidak semenarik oli˛ lainnya dan API Servicenya udah SL, SAE 5-40
Setelah oli dikosongkan dan buka oli filter selama 5 hari sekaligus itu mobil gua dongkrak gantian hari ini depan, besok belakang besoknya lagi depan lagi plus kiri dan kanan (maklum kagak ada gawe) (kalo menurut sodara temen gua, emang sebaiknya begitu tapi ide ngedongkrak sih ide gua aja dan jangan disempot kompresor) gua isi deh tuh adnoc image, wihhh, begitu baru dibuka segelnya, olinya wangi, wanginya kayaknya persis waktu gua isi oli Agip Supersin 2000 (ini juga oli bagus bro, gua dah ngebuktiin sendiri beberapa tahun yl, cuma karena masih SJ jadinya gua kagak jadiin pilihan deh) warnanya putih bening dan encer banget beda banget ama genuine oilnya Daihatsu. Setelah gua udah coba dengan jarak yang pendek˛ (ini mobil kayak mobilnya bung Kenio, lebih banyak bobonya, itu juga sebentar˛ doank dibangunin buat dipakenya) gua cuma bisa ngetest tarikan gigi 1 sampe 3 doang dan terasa emang lebih enteng. Gua jadi penasaran pengen nyobain di tol Cipularang nih, cuman kagak punya waktu, tgl 18 kan kagak libur, kagak jadi deh ke Bandungnya untuk test food. Gua juga setuju dengan usulan bung Bob kalau ganti oli sekalian aja ganti oli fliter, gua beli di Musatek Rp. 27.500,- ada gesek˛ berhadiah lagi, cuman gua punya nongolnya "anda belum beruntung"


Bapak yang satu ini kalau nulis panjang panjang banget, bagus dan enak sih.. , cuman itu loh, kagak ada spasi kosong atau alinea barunya, semua baris ditulis rata, bacanya jadi susah Bro......., apalagi buat mata gua yang plus..., baca suka balik lagi ke atas..., he..he..he...


RE: Oli untuk xenia - tom - 24-08-2006 11:09

Tqu bro untuk jawaban yang lengkap dan memuaskan.
Apalagi jawaban dari bro Anton, kayaknya udah bisa jadi penulis tuch.he...he buat nulis edisi khusus selanjutnya dari salah satu tabloid mengenai XENIAVANZA.


RE: Oli untuk xenia - SAS34 - 26-08-2006 16:35

Sorry Bro Anton G, maksud hati pengen sejelas mungkin, karena kalo informasinya sedikit˛ kan nge-gemesin gitu, apalagi gua cuman sempet browsingnya weekend doank.

Bro semua sekalian donk bagi informasi caranya ganti oli gardan dan transmisi, pengen coba ganti sendiri nih.


RE: Oli untuk xenia - D'STING - 27-08-2006 20:46

Wah oli emang bikin bingung banget..loe tanya andreas juga dia bilang semuanya bagus..cuman kalo mau spesifik liat aje api servicenya SL/SM..apalah itu gunanya buat daya tahan oli...makin tinggi makin bagus cuman kalo kebagusan yang nggak diperluiin mesin yah percuma..gw dicemplungin Prestone sich 10W40 SL..rasanya kyk Shell Biru..padahal udah di Engine Flush..kalo mau tiap ganti ole ganti filter nggak usah yang ori..pake sakura paling cuman 19rb..itu itungan paketnya Phoenix kalo ganti oli..ntar gw pindah ke 10W30 Valvoline aja ahhh..olinya mobil kita dari lahir..bisa 7000Km kalo ada penambahan dari sisa..lumanyan...kayaknya bisa tembus 200km/jam..trus jln santainya jadi 100km/jam nggak jadi 80km/jam lagi..abis encer bgt,pasti enteng boo....udah lokal lagi, udah sesuai dgn keadaan kita nich...tenang bahan ttp imort..cuman blending aje..sama Image produk


RE: Oli untuk xenia - Eko S Kurniawan - 31-08-2006 17:20

k'lo shell itu SAE-nya brp y?


RE: Oli untuk xenia - thomas_ng - 02-09-2006 18:23

kalo mau ganti oil gardan dan perseneling harus masuk kolong bawah mobil.
alatnya : selang 25 cm dan kantong plastik.
oil masukin ke plastik sebanyak 1.5 lt terus masukan ujung selang ke plastik dan iket dengan karet gelang.

gardan dan perseneling ada 2 baut.
buka semuanya, oil nya keluar. ( sediain tampungan ).
tutup bagian bawah.
masukan bagian selang ke lobang yg di atas.
oil akan keluar melalui selangnya
tinggal pencet deh plastiknya sampe abis oil nya.




RE: Oli untuk xenia - berontak_dalam_sempak - 06-10-2006 15:23

udah ada yang nyoba conoco all season gold 10w-40 ga??
dari forum tetangga sih banyak yg nge-recommend..

mobil udah dtg dari akhir des 05 tapi sekarang km baru 5500 baru mau ganti oli lg sekarang.




RE: Oli untuk xenia - zhe_ya - 07-10-2006 05:07

Kayanya seh yang cocok emang 10w30. Cari oli yang bagus biar tahan sampe 6000 mile (10.000km)
Terus ganti oli sekalian sama filternya.
Di wikipedia juga dibilang begitu.
http://en.wikipedia.org/wiki/Motor_oil#Grades_of_motor_oil


RE: Oli untuk xenia - Mulzz - 29-10-2006 10:48

Temen2 kalo oli avanza vvti yang bagus apa yah?Bedanya 10 40 sama 15-40 apa sih?Kalo tempat jual beli oli yg murah dan terjamin dimana yah?thx


RE: Oli untuk xenia - PenyuTurbo - 29-10-2006 11:12

Mulzz Menulis:
Temen2 kalo oli avanza vvti yang bagus apa yah?Bedanya 10 40 sama 15-40 apa sih?Kalo tempat jual beli oli yg murah dan terjamin dimana yah?thx


Karena Standard Testing adalah sama API (SJ, SL, SM) dan sepanjang memenuhi standar testing itu ya ... apa saja merek ok2 aja. Cuman yang ditakutkan antara Sticker API yang ditempelin itu apa sesuai dengan isinya ? ... ini yang jadi pertanyaan ... pilih aja merek yang udah dikenal.

Tentang beda antara 10W40 dan 15W40 adalah jumlah polimer (plastik) yang ditambhkan kedalam oli. 10W40 polimernya lebih banyak ketimbang 15W40 ... banyak sedikitnya jenis-jenis polimer yang ditambahkan dapat dilihat dari perbedaan angka dibelakang dan didepan huruf W (stands for Winter - musim dingin). Yang jadi permasalahan ... Polimer inilah yang akan mengalami degradasi yang cukup cepat ... semakin banyak polimer-nya maka semakin cepat polimer itu mengalami degradasi ... walaupun olinya secara molekuler belum rusak.

Kalau diminta milih antara 10W40 dan 15W40 ... maka sebaiknya milih yang 15W40.


RE: Oli untuk xenia - Mulzz - 29-10-2006 14:17

Ohhh,thx yah pak penyu turbo atas infonya berguna bgt d..


RE: Oli untuk xenia - PenyuTurbo - 29-10-2006 14:28

Mulzz Menulis:
Ohhh,thx yah pak penyu turbo atas infonya berguna bgt d..


Kembali ... semoga bermanfaat.


RE: Oli untuk xenia - abdoel - 29-10-2006 14:38

Pak Penyu,
kalo yg 10w-30 gimana ?


RE: Oli untuk xenia - Unyil - 29-10-2006 19:54

aku tadi pagi bicara2x ama saudara (halal bihalal) dengan spektrum mobil yg cukup luas, dari xtrail, mercy, xenia, kijang dan mobil CBU. Intinya mereka bilang adalah, jika mobil yg bawaannya kompresi tinggi, baeknya pake syntetic di usia masih sangat remaja (20 - 30rb km kebawah, setelah running in) dan yang penting pakailah merek yg ada pom bensinnya, saat ini cuma ada shell dan petronas.
Yg ditakutkan adalah Pemalsuan, kbetulan ada sodara yg kerja di bidang pengambilan oli2x bekas dari bengkel dan direkondisi, ada rekannya yg suka nakal dengan menjual oli yg sedang naik daun dan diisi oli rekondisi.
Jadi mereka menyarankan shell ultra dan syntium 8000 dengan jarak penggantian 10,000km minimum. Alphard kakak ipar pake Ultra dan sudah jalan 13,000km ama bengkel di arteri PI dianjurkan pada km 15,000 (mungkin ngikutin 10,000 miles servis interval).


RE: Oli untuk xenia - Chandra - 29-10-2006 20:40

baru ama sodara tuh halal bil halal nya.. gimana ma rekan2 AvanzaXenia.net?
pasti tambah banyak ilmunya.. he he ayoh ayoh.. siapp grak!!!!


RE: Oli untuk xenia - PenyuTurbo - 29-10-2006 21:12

abdoel Menulis:
Pak Penyu,
kalo yg 10w-30 gimana ?


Sebenarnya 10W30 itu cocok/sesuai untuk daerah yang beriklim sedang (moderate) ... kalau Indonesia kan iklimnya panas ... secara pribadi kalau diminta milih antara 10W30 dengan 15W40 ... saya memilih yang 15W40 ... walaupun di manualnya merekomen 10W30.

Semua yang ada di manual itu berdasarkan NORMAL DRIVING CONDITION ... Lalu Definisi dari Normal Driving Condition itu apa ?

Normal Driving Condition di DEFINISIKAN pengendaraan mobil dengan kecepatan konstan sebesar 45 MPH (70 kpj). Kondisi riilnya kan gak kayak gitu ... ada jalanan macet ... kemudian ngejar waktu dibejek ampe 160 kpj ... dst ... dst ...

Contohnya pada RX300 ... di manual dikatakan "No Need to Change ATF" ... kalau ngikutin manual dengan kondisi pengendaraan riil ... hal itu gak mungkin ... ada beberapa kasus ... baru berjalan 60rb km transmisi-nya udah jebol ... nah kalau masih dalam waktu garansi sih gak pa2 tinggal claim ... udah lewat masa garansi ... ya terpaksa ngeluarin uang sendiri.

Tapi terpulang pada Bung Abdoel mau tetep makai 10W30 seperti pada manual atau mau makai yang sesuai untuk iklim tropical ... sak monggo.


RE: Oli untuk xenia - PenyuTurbo - 29-10-2006 21:22

Unyil Menulis:
Yg ditakutkan adalah Pemalsuan, kbetulan ada sodara yg kerja di bidang pengambilan oli2x bekas dari bengkel dan direkondisi, ada rekannya yg suka nakal dengan menjual oli yg sedang naik daun dan diisi oli rekondisi.


Itu oli bekas diproses dulu gak ? Rekondisinya kayak gimana ? Kan bermacam-macam oli gabung jadi satu ... umumnya sih oli bekas diproses lagi dijadiin SOLAR.


RE: Oli untuk xenia - Mulzz - 29-10-2006 21:45

Kalo shell helix plus cock nga buta avanza vvti ku?,speknya 10-40 tuh,gpp kan?Kalo shell ultar speknya brp?mahal bgt tuh ultra 1 liter 90000 kalo nga salah yah..


RE: Oli untuk xenia - Bobby Sant - 29-10-2006 22:03

Mulzz Menulis:
Kalo shell helix plus cock nga buta avanza vvti ku?,speknya 10-40 tuh,gpp kan?Kalo shell ultar speknya brp?mahal bgt tuh ultra 1 liter 90000 kalo nga salah yah..


Shell Plus cocok juga kok utk Avanza. Dulu waktu pertama kali ganti dari TGMO berasa banget perbedaannya. Suara mesin lebih halus. Sekarang sudah terbiasa aja.


Karena sudah berguru di forum ini maka gua tetap pakai Shell Plus dan tidak jadi pakai Shell Ultra.

Gua tetapin utk ganti oli tiap 4000km atau maksimal 5 buln krn mobil jarang pakai jarak jauh.


RE: Oli untuk xenia - abdoel - 29-10-2006 22:12

Oke Pak PenyuTurbo, bisa dimengerti....


RE: Oli untuk xenia - thomas_ng - 29-10-2006 23:02

ada yang mahal lagi
oil omega 1l =250.000 ... pada hal mineral bukan sintetic dan hanya 20-40
gimana nih komentar bung penyuturbo ?


RE: Oli untuk xenia - Mulzz - 29-10-2006 23:49

weks mahal bgt..


RE: Oli untuk xenia - [dity] - 30-10-2006 02:32

ada gak yah oli 15W-40 full synthetic???... kebanyakan 15W-40 yg beredar di pasaran kan semi synth..


RE: Oli untuk xenia - PenyuTurbo - 30-10-2006 06:31

axic 1981 Menulis:
ada gak yah oli 15W-40 full synthetic???... kebanyakan 15W-40 yg beredar di pasaran kan semi synth..


Ada Boss ... yang 20W50 Fully Synthetic pun juga ada ... tapi ini di Malaysia ... gak tahu kalau di Indonesia .... coba cari merek Royal Purple atau Chemlube ... kalau ada.


RE: Oli untuk xenia - PenyuTurbo - 30-10-2006 07:03

thomas_ng Menulis:
ada yang mahal lagi
oil omega 1l =250.000 ... pada hal mineral bukan sintetic dan hanya 20-40
gimana nih komentar bung penyuturbo ?


Untuk apa mahal-mahal kalau sama-sama oli mineral dengan standard test yang sama (API) ... kecuali kalau ada tambahan special ingredient yang bisa njamin komponen mesin gak aus (atau setidaknya berkurang kecepatan aus-nya) ... contohnya jika ada tambahan additive ... kalau gak salah namanya MILITEC-1. Additive ini memang membuat permukaan komponen mesin yang bergesekan jadi lebih keras dan lebih kaku (stiff) dan harganya memang mahal. Mobil 1 pun juga ada additive kayak gini ... cuman makai dikit aja (1%).

Ketimbang beli omega yang 250rb/ltr ... lebih baik beli oli mineral yang murah terus dicampur sendiri dengan Militec-1 ... jatuhnya mungkin cuman 100rb/liter.

Perlu diingat bahwa oli itu digolongkan menjadi 5 Group :
Group I (Mineral Oil) - Yang ini kandungan aromatik dan sulfurnya masih tinggi (aromatik > 10% dan sulfurnya 300 ppm atau >Wink ... diambil langsung dari sisa refinery.

Group II (Mineral Oil) - Yang ini aromatiknya udah kurang dari 10% dan Sulfurnya udah kurang dari 300 ppm ...

Group III (Mineral Oil) - Yang ini lebih baik dari Group II dan diproses (Hydrocraking) seperti bikin synthetic oil ... Synthetized Hydrocraking Technology ... jadi ada beberapa merek yang memasarkan sebagai Syn Oil ... walaupun sebenarnya mineral oil ... contohnya Castrol Syntec.

Group IV (Synthetic Oil) - Yang ini dari jenis PAO - Poly Alpha Olefin.

Group V (Synthetic Oil) - Yang ini dari Jenis Ester atau Diester. Banyak digunakan untuk lubrication Jet Engine ... harganya emang mahal.

Tingginya kandungan Aromatik ... ditandai dengan lemahnya terhadap proses OKSIDASI pada Suhu Tinggi. Tingginya kandungan Sulfur ditandai oleh mudahnya terjadi pembentukan Suldge. Jadi perbaikan dari Group I ke II kemudian Group III adalah untuk memperbaiki resistance terhadap oksidasi dan pengurangan pembentukan Sludge.

Kesemuanya memenuhi standar API (SJ atau SL atau SM). Perlu hati-hati ... walaupun sesama mineral oil ... tapi ada 3 group ... kadang orang yang nakal akan jual oli Group I dengan harga Group III.


RE: Oli untuk xenia - Unyil - 30-10-2006 08:16

oli bekas itu dibagi dalam 2 target raw material.
1. Targetnya bengkel resmi (non diesel) dan diesel (isuzu)...dan biasanya minimal adalah mesran (oli mesin)
2. Bengkel resmi yang mid to upper class, seperti mercy, multi france, bmw dll

Biasanya no. 1 menghasilkan oli mesin dengan sae tunggal dan ntuk solar akan diubah menjadi minyak bakar.
No. 2 juga diubah menjadi oli mesin yg mana seharusnya hanya sae tunggal, tetapi secara praktek (mungkin kwalitas olinya yg rada beda dgn no. 1), diproses menjadi oli mesin bersae lebar (20-40, 15-40). Menurut om saya semua tergantung dari bahan kimia yg dipakai. Semakin baek bhn kimianya maka hasil nya (secara kasat mata) juga seperti oli ori (tapi bukan kwalitas lho!!!).

Nah yg sering terjadi, oli mesin berasal dari campur mencampur no 1 dan 2 itulah yg dijual, ditambah dengan caustic soda...maka kotoran, warna akan kembali normal (prosesnya sih mesti nambah bhn kimia laen, tapi yg banyak adalah caustic soda tsb). Dahulunya, banyak konsumen oli recon berasal dari metro-mini, angkot ntuk menekan biaya / ato membohongi bosnya. Skarang ini sih pemilik kendaraan umum maunya yg beli oli dan diganti ditempat poolnya, ntuk aman.

Grey area adalah...seperti bisnis minyak wangi, dimana ahlinya mencium dan menetapkan biang dari 1 merek terkenal, lalu diproses ntuk mendapatkan bau dan warna seperti merek itu. Hal itu SAMA DENGAN OLI BERMEREK YG DIPALSUKAN/DICAMPUR, dengan raw materialnya dari no1 dan 2.

Ada beberapa hal yg cukup mengagetkan adalah;
para importir membeli oli bermerek dari s'pore dalam bentuk drum/kontainer dengan spek yg beda (sae 10-40 , 15-40), yg mana harga pasti beda. Mereka suka mencampur antar spek supaya harga kompetitif ato untung besar. Mungkin mereka belajar dari para teknisi dari s'pore yg juga melakukan oli recondisi, salah satunya dengan merek ITOil, yaitu turunan dari Agip (oli bekasnya dari Italy di kirim ke s'pore dan diproses <tapi canggih> supaya layak dipakai).
Om saya juga pernah pake ITOil ThebeSyn di BMW sampai km 30an rb dan setelah ada pom bensin shell dia ubah haluan.

Saya disarankan ntuk pake syn (karena murah <jangka waktu penggantian yg lama>, hasilnya lebih baik) dengan merek yg hanya ada di pombensin (shell, petronas mungkin gulf akan nyusul) supaya aman. Mahal dikit tapi gak takut mesin bermasalah.
FYI only;
Teman om saya (Pak Warsito - Lawyer) pake porsche dan dibengkelnya arteri pondok indah olinya import langsung dari eropa, dan beliau pilihnya malah adnoc.


RE: Oli untuk xenia - PenyuTurbo - 30-10-2006 08:58

Many thanks Boss Unyil atas Info-nya ... Topdeh


RE: Oli untuk xenia - Unyil - 30-10-2006 09:16

sama2x om penyu.

om chandra, sodara dari pihak istri buanyak, jadi sengaja ngumpulnya setelah h+2, biar yg dari luar kota bisa pada dateng.
kalo ada pertemuan lagi aku boleh ikut yaaa, om admin diatur donk "Bur Dar"nya (bubur darat), ditempat yg ada bubur ayamnya he he he, lg kangen ma bubur ayam bandung.


RE: Oli untuk xenia - BUDI - 30-10-2006 09:42

PenyuTurbo Menulis:
.....contohnya jika ada tambahan additive ... kalau gak salah namanya MILITEC-1. Additive ini memang membuat permukaan komponen mesin yang bergesekan jadi lebih keras dan lebih kaku (stiff) dan harganya memang mahal. Mobil 1 pun juga ada additive kayak gini ... cuman makai dikit aja (1%).

Ketimbang beli omega yang 250rb/ltr ... lebih baik beli oli mineral yang murah terus dicampur sendiri dengan Militec-1 ... jatuhnya mungkin cuman 100rb/liter.


Pak Penyu,

Apa additive MILITEC-1 itu sejenis dgn additive TUFOIL ya ?


RE: Oli untuk xenia - PenyuTurbo - 31-10-2006 08:22

BUDI Menulis:
Pak Penyu,
Apa additive MILITEC-1 itu sejenis dgn additive TUFOIL ya ?


Itu yang saya gak tahu pasti TUFOIL ... yang jelas MILITEC-1 itu teknologinya Militer USA dipakai oleh NASA ... dan sebenarnya itu untuk lubricant LARAS SENJATA API (bisa juga LARAS TANK) ... kalau dipakai di M16 ... bisa ampe 1000 peluru terus menerus. Dan udah dipraktekkan untuk nyerang irak ... nembak bertubi-tubi tanpa senjatanya macet.


RE: Oli untuk xenia - PenyuTurbo - 31-10-2006 08:26

Unyil Menulis:
om pemburu hantu, sodara dari istriku banyak dari lapisan yg nyampur2x. ada yg kaya banget, tukang nyampur olie dan jualan makanan (warteg), jadi seru kalo ngumpul.

om penyu, belinya aditif itu dimana? dan berapaan?


Harganya gak tahu pasti (kalau gak salah 1cc harganya US1) ... cuman di Indonesia bisa didapatkan di bawah ini :

P.T. MULTI SARANA TARUNA KRIDA
J1. Raya Taman Asri D-192
Pondok Tjandra Indah
Surabaya 61256, Indonesia
Attn: Mr. Julianto Limopranoto
Tel: 6231 - 866 - 4502
Fax: 6231 - 731 - 7276
E-mail: julianto@multisarana.net

P.T. BINTANG MEGAH WIDJOJO
Jl. RS Fatmawati 15 (Golden Plaza Blok G-3)
Jakarta Selatan,
Indonesia
Attn: Mr. Hudi Gunawan Partowidjojo
Tel: 6221-7028-3635; 6221-7591-1133
E-Mail: emailku@cbn.net.id


RE: Oli untuk xenia - xelia - 31-10-2006 10:57

udah ada yang pernah nyoba OLI TOTAL 10-40W??


RE: Oli untuk xenia - Unyil - 31-10-2006 11:21

itu total 5000 ato 9000 quartz?


RE: Oli untuk xenia - xelia - 31-10-2006 11:57

TOTAL 9000 dulu aku pake di TIMOR DOHC bunyi mesin halus...kalo yg dipake Li ada yang pernah?


RE: Oli untuk xenia - Goshbuster - 31-10-2006 12:36

Unyil Menulis:
itu total 5000 ato 9000 quartz?

quartz? itu apaan nyil? 095


RE: Oli untuk xenia - xelia - 31-10-2006 12:38

quartz nama merk dari TOTAL


RE: Oli untuk xenia - Budi JS - 01-11-2006 10:49

xelia Menulis:
TOTAL 9000 dulu aku pake di TIMOR DOHC bunyi mesin halus...kalo yg dipake Li ada yang pernah?


saya pernah, pake mulai km 10rb selama 9rb km. gak ada masalah. yang blended, 40rb/ltr


RE: Oli untuk xenia - Noerman Adi Santoso - 25-10-2007 15:35

kalo gw kemarin service 10.000 di beres DAI tebet pake oli mobil 1
tapi mahal bo, untung cuma 2,2 lt olinya. mobil gw sih jadi lebih enak...
tp apa karena pake isu / oli gw jg gak tau dehTongue1


RE: Oli untuk xenia - erich - 26-10-2007 22:27

xelia Menulis:
udah ada yang pernah nyoba OLI TOTAL 10-40W??


menurut gw sih bro ketimbang pake TOTAL mendingan ELF mereka uda bergabung disatu atap, tapi beda divisi

untuk perfomance lebih ok ELF competition 10w40 gw uda coba pake mpe
15000 km masi okok aja...

untuk pricing total lebih gila2an emnk,harganya hancur2an di jkt


RE: Oli untuk xenia - Pras - 27-10-2007 09:51

Jadi ada RR yang tahu dimana beli Oli Adnoc? share dong... alamatnya dimana dan harganya berapa? lebih bagus lagi kalo alamat penjualnya di jakarta selatan. Thanks!


RE: Oli untuk xenia - rudi anggo - 27-10-2007 09:58

RR sekalian, bagaimana dg. MOTUL? Apakah ada yg pernah nyobain?


RE: Oli untuk xenia - erich - 27-10-2007 22:54

motul kualitas olinya bagus tapi harganya cukup mahal juga...


RE: Oli untuk xenia - Racing - 27-10-2007 23:04

Om menurut ente peringkat oli yang bagus buat AX kita, secara elo kan tiap hari gaulnya dengan oli...


RE: Oli untuk xenia - asbi - 27-10-2007 23:53

Fastron 10w- 40 Value For Money


RE: Oli untuk xenia - makarti - 27-11-2007 17:38

sy barusan ganti oli mesin, seperti ini nich

http://www.picoodle.com/view.php?img=/5/11/27/f_IMG0088m_f56c0c6.jpg&srv=img28

bgmn komentar RR ....


RE: Oli untuk xenia - Pras - 27-11-2007 17:45




RE: Oli untuk xenia - Don - 27-11-2007 20:45

Bro, gw Jumat lalu service 85,000km
Ternyata di Beres gak ada Shell Helix Plus, tanya Fastron juga gak ada.
Yg available cuma... duh olie apaan tuh yg SAEnya 15/50 kaya TGMO tapi untuk Daihatsu... lupa gw namanya, sama satu lagi Mobil 1.
Ya udah gw pilih Mobil 1 aja, sekalian penasaran pengen tau rasanya olie mahal (65,000/ltr) kaya apa.
Setelah balik dari Bandung / jalan kurang lebih 300km gw baru sadar kalo nih mobil mesinnya jadi lebih alus & rasanya lebih enteng... baru inget kalo olienya Jumat lalu baru ganti pake Mobil 1.
Jadi ternyata harga emang gak boong.. Topdeh


RE: Oli untuk xenia - makarti - 28-11-2007 10:54

setelah sy ganti oli seperti ini ... suara mesin halus tdk mengaung ... enteng


RE: Oli untuk xenia - Don - 28-11-2007 11:39

Saya pake Mobil 1 yg SAE 10W/40.
Kalo yg SAE 15W/50 ini harganya berapa per 4 liter?


RE: Oli untuk xenia - makarti - 28-11-2007 15:44

harganya 4 ltr -----> Rp. 140 rb ..... mahal apa murah bro095


RE: Oli untuk xenia - Don - 28-11-2007 15:54

sorry bro, gak pernah perhatiin harga olie ditoko, taunya cuma ganti di beres aja.
tadi sih liat castrol magnatec sae 10w/40 harganya 190 ribu/4 liter.


RE: Oli untuk xenia - becks_man - 28-11-2007 16:12

castrol magnatec pasarannya 45rb/liter, oli bagus ane pake ini sampe kemaren ganti Fastron.... anda untung bangsa untung...
itu oli 15/50 apa ga kekentelan om, dulu saya pake oli genuine daihatsu sama 15/50, kasar banget suara mesin


RE: Oli untuk xenia - smoke - 28-11-2007 16:15

satu kata ya selma ini seh masi pake


CAT


RE: Oli untuk xenia - xelia - 28-11-2007 16:18

Pake SHELL HELIX ULTRA donk..........


RE: Oli untuk xenia - iNdr4 - 28-11-2007 17:12

gw dah pake fastron tp sponsor dari asbi ga turun2 nih ... Smile


RE: Oli untuk xenia - smoke - 28-11-2007 17:13

iNdr4 Menulis:
gw dah pake fastron tp sponsor dari asbi ga turun2 nih ... Smile


msa??????? sih????????Haha
open air tmbh mak nyosssssssssssssssssssssss


RE: Oli untuk xenia - Mulyono S - 29-11-2007 10:39

4 Mr. Tom n all, salam kenal.
Jika dilihat seluruh diskusi teman2 semua, sebenarnya belum banyak hal yang kita ketahui tentang oli apa yg cocok untuk mobil kita, krn ada yang bcr hrg tpi jg ada yg bcr sintetis dan lainnya. Jika blh urun diskusi, pada dsrnya jika bicara oli sebenarnya kita bicara kualitas (terserah merk) artinya yang hrs dilihat pertama kali adalah apakah oli yang akan kita pakai sesuai dgn spek dari manual mbl kt (baik grade ato API). seperti avanza 1.5 direkom dlm manual pakai 20W50, 15W40, 10W30, n 5W30 dgn API SL ato SM. Kedua, jika diperhatikan dipasar msg2 oli memiliki kualitas yang hanya bs dilihat dari total base number, viscosity index, flash point n pour point (lht di msg2 situsnya), dimana utk msg2 grade oli memiliki karakter yang beda. misal utk oli dgn API SM ato SL grade SAE 10W40, tenyata utk merk F berbeda nilai TBN, VI, FP n PP. nilai TBN yang utk jenis oli tsb adalah TBN > 6, VI > 120, FP > 200, PP < 0 (ukuran ini standar). yg baik jika kt msg2 bisa membandingkan antar merk dgn kriteria tsb. tdk mdh memang krn ada bbrp persh yang tdk scr lengkap mencantumkan hasil tes labnya. smtr dr hsl pengamatan data pabrik utk grade 10W40 yg men sy bgs adalah caltex havoline semy syn, repsol elite multivalvulas, petronas syntium 800, pertamina fastron n syntex.
semoga bs menambah wawasan kt semua.


RE: Oli untuk xenia - Nurtaranto - 29-11-2007 11:55

klo oli yg 10-30 bagus merek mana?


RE: Oli untuk xenia - makarti - 29-11-2007 12:31

SPESIFIKASI OLI

Semakin banyaknya pilihan oli saat ini, tidak semestinya membuat bingung.
Ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan Acuan; antara lain, kenali
karakter kendaraan anda (spesifikasi mesin serta lingkungan dimana mayoritas
anda berkendara (suhu, kelembaban udara, debu, dsbnya.).

Tingkat kekentalan oli yang juga disebut "VISKOSITY-GRADE" adalah ukuran
kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu
menjadi prioritas terpenting dalam memilih Oli. Kode pengenal Oli adalah
berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of Automotive
Engineers. Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukkan
tingkat kekentalan oli tersebut. SAE 40 atau SAE 15W-50, semakin besar angka
yang mengikuti Kode oli menandakan semakin kentalnya oli tersebut.

Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakang angka awal, merupakan singkatan
dari Winter. SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan
SAE 10 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan
kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin
start pada kondisi ekstrim sekalipun. Sementara itu dalam kondisi panas
normal, idealnya oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50
menurut standar SAE.

Mutu dari oli sendiri ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum
Institute) dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. API: SL, kode
S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua
mununjukkan nilai mutu oli, semakin mendekati huruf Z mutu oli semakin baik
dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin sesuai dengan
kebutuhan mesin modern.

§ SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996)
§ SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001)
§ SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004)

Perhatikan peruntukan pelumas, apakah digunaan untuk pelumas mesin bensin,
atau diesel (2 tak atau 4 tak), peralatan industri, dan sebagainya. Untuk
memilih kualitas pelumas yang cocok, kita dapat mengacu pada API Service
(American Petroleum Institute), JASO (Japan Automotive Standard
Association), ACEA (Association Des Constructeurs Europeens d' Automobiles),
DIN (Deutsche Industrie Norm), dan lain-lain yaitu acuan untuk kerja
(performance) pelumas berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh lembaga
independen industri pelumas international.

Semua oli baik mineral maupun synthetic sama-sama ada standar APInya. Oli
mineral biasanya dibuat dari hasil penyulingan sedangkan oli synthetic dari
hasil campuran kimia. Bahan oli synthectic biasanya PAO (PolyAlphaOlefin).
Jadi oli Mineral API SL kualitasnya tidak sama dengan oli Synthetic API SL.

Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin2 berteknologi terbaru (turbo,
supercharger, dohc, dsbnya) juga yang membutuhkan pelumasan yang lebih baik
(racing) dimana celah antar part/logam lebih kecil/sempit/presisi dimana
hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna. Oli synthetic
tidak disarankan untuk mesin yang berteknologi lama dimana celah antar part
biasanya sangat besar/renggang sehingga bila menggunakan oli synthetic
biasanya menjadi lebih boros karena oli ikut masuk keruang pembakaran dan
ikut terbakar sehingga oli cepat habis dan knalpot agak ngebul.

Berikut beberapa keunggulan oli synthetic dibandingkan oli mineral :

§ Lebih stabil pada temperatur tinggi
§ Mengontrol/Mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin
§ Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin
§ Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi gesekan antar
logam yang berakibat kerusakan mesin
§ Tahan terhadapan perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama sehingga
lebih ekonomis dan efisien
§ Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga dan mesin lebih dingin
§ Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkan mesin dari kerak

Note: Kalau untuk pemakaian sehari-hari cukup yang semi synthetic.

Mineral Oil :
§ Sprinta 2000 : SAE 20W-50, API SG
§ Evalube 4T : SAE 20W-50, API SF
§ Mesran Super : SAE 20W-50, API SG
§ Enduro 4T : SAE 20W-50, API SG
§ Penzoil Motorcycle 4T : SAE 20W-50, API SF

Oli yang bagus (biasanya synthetic) mampu memberikan lapisan film tipis yang
pada komponen metal yang bergerak yang mana berguna untuk mengurangi gesekan
komponen metal sehingga suara mesin jadi lebih halus dan tarikan lebih mantap.

"PADA INTINYA MILIH OLI HAMPIR SAMA DG MILIH BINI (COCOK2AN/ JODOH2AN)"


RE: Oli untuk xenia - Mulyono S - 04-12-2007 17:40

Pak Nurtaranto, mhn maaf saya blm sempat bandingin antar merk 4 10W30, soalnya men kriteria ACEA, VW, Daimler Chrysler, BMW yg cck 4 Ina adalah yg 10W40 HTHS viscosity > 3,5, smtr utk grade 10W30 HTHS viscosity < 3,5. Mobil 1 Super S dan Motul juga bagus, tetapi product data sheet yg ada krg lengkap, meskipun yg sy th dr pengujian yg dilakukan oleh peneliti independen di Singapura mobil 1 n motul berada pd kelas tinggi.


RE: Oli untuk xenia - Nurtaranto - 04-12-2007 18:07

u saat ini sy masih menggunakan valvoline 10-30 API SL. ada yang menganjurkan untuk mencoba FK Massimo 5-30, katanya bagus tp harganya sekitar 95rb/liter. tau oli ini pak? infonya sih buatan jepang asli..
http://www.fklub.com/index-indo.html


RE: Oli untuk xenia - Dewaehem - 04-12-2007 21:16

Pake Oli Quasar P2

Kemarin khan pas kopdar udah di demoin, udah pada liat semua khan

nati filmnya gw upload deh lagi belom sempet nih


RE: Oli untuk xenia - Mulyono S - 05-12-2007 14:36

jk diperhatikan brosur yg ada, anjuran u gunakan FK Freshing (bkn massimo) 5W30 rasanya kurang pas. krn berdasarkan kss slh 1 bengkel resmi di t4 sy grade spt itu terlalu encer n menyebabkan keausan yang ckp tgi pd msn mbl kt, selain oli tsb diperuntukan bg mbl eropa, mbl sport, kend msn kapasitas bsr. jk rg srn lemigas utk oli yg tdk kt ketahui sblmnya, 1 lht oli tsb punya nomor pelumas terdaftar apa tdk (krn oli yg punya NPT berarti sesuai u Ina), baru lht spek API n gradenya, oleh krn meskipun dlm ped manual blh tpi Ina neg pns. dr tekn oli tsb sebanding dgn Conoco yg jg pakai hydocracking.


RE: Oli untuk xenia - Nurtaranto - 05-12-2007 14:46

terlalu encer bisa menyebabkan keausan ya? klo yg fk massimo 10-30 gimana pak? ini kan lebih kental n d buku pedoman avanza jg yg dianjurkan ya yg kekentalannya 10-30


RE: Oli untuk xenia - Mulyono S - 06-12-2007 10:07

btl pak dlm bk ped jg dicntmkn 10W30, tpi dlm bk itu oli grade tsb kan disandingkan dengan 5W30 dmn 20W50 disandingkan dgn 15W40. men sy 2 klp tsb membr th kt mn yg sesuai dgn keadaan dmn kend itu dipakai. 10W30 mmg lbh kntl dari 5W30, tpi dlm bbrp situs disrnkn utk Ina minimal grade 10 maks grade 50. kalau bs jgn srg ganti merk pak, krn bd aditif dlm oli2 tsb akan menyulitkan perawatan n menybbkn kt tdk th performance mbl.


RE: Oli untuk xenia - Mulyono S - 08-12-2007 17:29

Pak Nurtaranto, jk ttp ingin gunakan 10W30 cari yg sdh memenuhi ILSAC GF-4


RE: Oli untuk xenia - Webi - 18-12-2007 14:01

singkat aja, krn mobil masih usai dibawah 5 tahun, masih butuh pelumas yang bagus, minimal 10-40, cuma kalo udah VVTi butuh yg lebih encer minimal 10-30 atau yg bagus 5-30, itu bikin mesin awet dan gampang diajak akselerasi, pilihan banyak, cuma saya pake FK Massimo, harganya nggak terlalu mahal sekitar 350/4 Ltr untuk 5-30, itu oli bukan buatan indonesi asli jepun jadi very recomended, cuma kalo make dijakarta paling lama 5000km udah ganti krn kondisi jalan dijakarta stop n go banyak


RE: Oli untuk xenia - Nurtaranto - 18-12-2007 14:31

klo ga salah fk massimo yg 10-30 udah gf-4.
@ bro webi: nyarinya d mana fk massimo 10-30?


RE: Oli untuk xenia - ducati@2008 - 18-01-2008 18:34

lagi bingung nich bro 095, gw sebenarnya senang pakai repsol pengalaman dr motor selalu pakai repsol terbukti tarikan enteng, mesin halus (rpm lebih rendah dikecepatan tinggi) Topdeh menurut versi gw

cuma nich diberes adanya prima xp, shell 15/50, castrol, valvoline, Genuine oli, karena diberes yg gw ganti olie ini ga ada yg cocok, mau pilih yg 10/40 shell plus ga ada, kata diberes kalau beli diluar garansi hilang Banned, lha gimana nich pinginnya sich beli diluar repsol Yes, emang semua beres gitu ya bro Boxing, apa cuma akal2an beres biar kita beli olie diberes tsb Wallbash, mohon pencerahannya dari bro2 yg lainBravo


RE: Oli untuk xenia - aeres - 18-01-2008 18:37

ah itu mah akal2an.. banyak beres yang ngebolehin bawa oli sendiri kok.. cek aja tuh di tread beres...


RE: Oli untuk xenia - ducati@2008 - 18-01-2008 20:19

iya sich bro, ni beres astra


RE: Oli untuk xenia - p1tt - 18-01-2008 22:02

ak jug pake fk massimo tp yg pulse 10/40 enak jg,nyari nya kl di jkt di pmk byk,kl ga di nawilis,rev enginering,semua tipe fk massimo ada


RE: Oli untuk xenia - Mulyono S - 19-01-2008 03:10

utk mbandingin performance oli yg pada beda-beda merk n grade, mungkin perlu kopdar khusus ngetes oli sambil msg2 megang spek oli


RE: Oli untuk xenia - Don - 19-01-2008 03:59

Mulyono S Menulis:
jk diperhatikan brosur yg ada, anjuran u gunakan FK Freshing (bkn massimo) 5W30 rasanya kurang pas. krn berdasarkan kss slh 1 bengkel resmi di t4 sy grade spt itu terlalu encer n menyebabkan keausan yang ckp tgi pd msn mbl kt, selain oli tsb diperuntukan bg mbl eropa, mbl sport, kend msn kapasitas bsr. jk rg srn lemigas utk oli yg tdk kt ketahui sblmnya, 1 lht oli tsb punya nomor pelumas terdaftar apa tdk (krn oli yg punya NPT berarti sesuai u Ina), baru lht spek API n gradenya, oleh krn meskipun dlm ped manual blh tpi Ina neg pns. dr tekn oli tsb sebanding dgn Conoco yg jg pakai hydocracking.


kaya baca sms ya.. penuh singkatan... Haha


RE: Oli untuk xenia - Nurtaranto - 19-01-2008 06:22

Nurtaranto Menulis:

Mulyono S Menulis:
Pak Nurtaranto, jk ttp ingin gunakan 10W30 cari yg sdh memenuhi ILSAC GF-4


Webi Menulis:
singkat aja, krn mobil masih usai dibawah 5 tahun, masih butuh pelumas yang bagus, minimal 10-40, cuma kalo udah VVTi butuh yg lebih encer minimal 10-30 atau yg bagus 5-30, itu bikin mesin awet dan gampang diajak akselerasi, pilihan banyak, cuma saya pake FK Massimo, harganya nggak terlalu mahal sekitar 350/4 Ltr untuk 5-30, itu oli bukan buatan indonesi asli jepun jadi very recomended, cuma kalo make dijakarta paling lama 5000km udah ganti krn kondisi jalan dijakarta stop n go banyak


klo ga salah fk massimo yg 10-30 udah gf-4.
@ bro webi: nyarinya d mana fk massimo 10-30?


udah dapat, rupanya d rs tuning ada. bulan depan rencananya nyoba fk 5-30 (ternyata bukan 10-30). tp av sy jg sebelumnya udah make militec jd sy merasa aman2 aja pake oli encer. soalnya agar kinerja vvt-i nya optimal sangat d anjurkan make oli encer (d buku pedoman d anjurkannya make yg 10-30), karena itu sebaiknya jangan make yg 20-50, maksimal 10-40 or 15-40.


RE: Oli untuk xenia - Nurtaranto - 19-01-2008 06:26

Mulyono S Menulis:
utk mbandingin performance oli yg pada beda-beda merk n grade, mungkin perlu kopdar khusus ngetes oli sambil msg2 megang spek oli


cara ngetesnya spt apa pak? klo soal kelicinan oli quasar bagus banget, udah d tes waktu kopdar 7 d ancolGozkirpma


RE: Oli untuk xenia - galantvr4 - 19-01-2008 10:20

Gua sih pake Fastron 10W-40....puas....


RE: Oli untuk xenia - wiener - 19-01-2008 19:31

ELF 10/40 bisa jadi pilihan,
harga di TODA Radiodalem 174 ribu (1 galon isi 4 liter)


RE: Oli untuk xenia - Mulyono S - 28-01-2008 11:54

sorry om don biar gaul gitu, katanya


RE: Oli untuk xenia - blackavanza - 26-08-2008 12:18

emangnya avanza oli mesinnya cuma 2 literan ya ???

emang oli mesinnya berapa si kapasitasnya ?? kemaren gw ganti 3.5 liter oli nya..???


RE: Oli untuk xenia - Supriyanto Kartono - 26-08-2008 13:22

Nurtaranto Menulis:

Nurtaranto Menulis:

Mulyono S Menulis:
Pak Nurtaranto, jk ttp ingin gunakan 10W30 cari yg sdh memenuhi ILSAC GF-4


Webi Menulis:
singkat aja, krn mobil masih usai dibawah 5 tahun, masih butuh pelumas yang bagus, minimal 10-40, cuma kalo udah VVTi butuh yg lebih encer minimal 10-30 atau yg bagus 5-30, itu bikin mesin awet dan gampang diajak akselerasi, pilihan banyak, cuma saya pake FK Massimo, harganya nggak terlalu mahal sekitar 350/4 Ltr untuk 5-30, itu oli bukan buatan indonesi asli jepun jadi very recomended, cuma kalo make dijakarta paling lama 5000km udah ganti krn kondisi jalan dijakarta stop n go banyak


klo ga salah fk massimo yg 10-30 udah gf-4.
@ bro webi: nyarinya d mana fk massimo 10-30?


udah dapat, rupanya d rs tuning ada. bulan depan rencananya nyoba fk 5-30 (ternyata bukan 10-30). tp av sy jg sebelumnya udah make militec jd sy merasa aman2 aja pake oli encer. soalnya agar kinerja vvt-i nya optimal sangat d anjurkan make oli encer (d buku pedoman d anjurkannya make yg 10-30), karena itu sebaiknya jangan make yg 20-50, maksimal 10-40 or 15-40.

Om Nur,
Dimanual book-nya AVS tidak ada kalimat yg menganjurkan memakai 10W30.Di MB tsb hanya memberikan tawaran alternatif untuk para pengguna AVS.Jadi sebenarnya 20W50,15W40,10W40,10W30,5W30 diperbolehkan tuk digunakan.Kalo 5W30 viscositasnya di range -29 s/d 10 derajat Celcius.Jadi sebenarnya lebih cocok digunakan didaerah dingin.Kalau oli semakin panas maka akan semakin encer....jadi kalo menurut saya 5W30 kurang cocok tuk di Indonesia.Perlu juga kita pikirkan bila 5W30 kita gunakan tuk jangka panjang..yaitu pengaruhnya tuk boil kita.
Sorry hanya sekedar tukar pikiran...saya sendiri masih amatir tentang oli.


RE: Oli untuk xenia - siapaya - 12-11-2008 12:10

ducati@2008 Menulis:
lagi bingung nich bro 095, gw sebenarnya senang pakai repsol pengalaman dr motor selalu pakai repsol terbukti tarikan enteng, mesin halus (rpm lebih rendah dikecepatan tinggi) Topdeh menurut versi gw

cuma nich diberes adanya prima xp, shell 15/50, castrol, valvoline, Genuine oli, karena diberes yg gw ganti olie ini ga ada yg cocok, mau pilih yg 10/40 shell plus ga ada, kata diberes kalau beli diluar garansi hilang Banned, lha gimana nich pinginnya sich beli diluar repsol Yes, emang semua beres gitu ya bro Boxing, apa cuma akal2an beres biar kita beli olie diberes tsb Wallbash, mohon pencerahannya dari bro2 yg lainBravo


beres nya perlu di detail nih, untuk klarifikasi..


RE: Oli untuk xenia - anackcozz - 12-11-2008 12:15

memang ada beberapa beres yang tidak memperbolehkan bawa oli sendiri kok Tongue1


RE: Oli untuk xenia - siapaya - 12-11-2008 22:33

anackcozz Menulis:
memang ada beberapa beres yang tidak memperbolehkan bawa oli sendiri kok Tongue1


pasti jadi musuhku nih kl gitu hiehiehie..

Congratzzz yaaaaaaaaa atas anugrah Keisha nya..


RE: Oli untuk xenia - 4dly - 19-11-2008 21:23

Fastron saja ma....s
Produk dalam negeri, lebih murah, pokokny ACX (aku cinta xenia) & ACI (aku cinta indonesia)
betul kata om ongisnade, oli import bisa lebih mahal karena kompensasi segala macem biaya (ongkos import,bea cukai, promosi, dsb), tapi klo produk pertamina paling tidak 2 biaya tersebut tidak ada, dan kwalitas mungkin sama.
btw siapa yg jamin oli import lebih berkwalitas dibanding oli lokal...

e...h sori bukan promosi Smile


RE: Oli untuk xenia - Nurtaranto - 19-11-2008 22:07

Supriyanto Kartono Menulis:
Om Nur,
Dimanual book-nya AVS tidak ada kalimat yg menganjurkan memakai 10W30.Di MB tsb hanya memberikan tawaran alternatif untuk para pengguna AVS.Jadi sebenarnya 20W50,15W40,10W40,10W30,5W30 diperbolehkan tuk digunakan.Kalo 5W30 viscositasnya di range -29 s/d 10 derajat Celcius.Jadi sebenarnya lebih cocok digunakan didaerah dingin.Kalau oli semakin panas maka akan semakin encer....jadi kalo menurut saya 5W30 kurang cocok tuk di Indonesia.Perlu juga kita pikirkan bila 5W30 kita gunakan tuk jangka panjang..yaitu pengaruhnya tuk boil kita.
Sorry hanya sekedar tukar pikiran...saya sendiri masih amatir tentang oli.


wah baru baca nih hehe...
menurut sy gpp kok make yg 5-30, toh masih dalam batas oli yg d anjurkan. selama ini udah ganti oli yg ketiga make fk freshing masih fine2 aja n oli ga pernah berkurang sampe saatnya ganti (d kisaran 5rb kilo).

oya, sy udah make militec n menurut petunjuknya tahan sampe 20rb kilo. ga tau ngaruh or ga make metal treatment seperti itu tp rencana k depan pengen jg make xado n klo treatment xadonya udah selesai pengen nyoba oli yg 0-20Toungue


RE: Oli untuk xenia - Nurtaranto - 19-11-2008 22:07

4dly Menulis:
Fastron saja ma....s
Produk dalam negeri, lebih murah, pokokny ACX (aku cinta xenia) & ACI (aku cinta indonesia)
betul kata om ongisnade, oli import bisa lebih mahal karena kompensasi segala macem biaya (ongkos import,bea cukai, promosi, dsb), tapi klo produk pertamina paling tidak 2 biaya tersebut tidak ada, dan kwalitas mungkin sama.
btw siapa yg jamin oli import lebih berkwalitas dibanding oli lokal...

e...h sori bukan promosi Smile


fastron belum ada yg 5-30Toungue


RE: Oli untuk xenia - webi1977 - 20-11-2008 07:25

gue mau nanggapin om nutranto@, kalo menurut saya om kalo pake 5/30 terlalu encer om, biasanya ini oli dipake oleh mobil yag sdh menggunakan turbo, atau kalo lebih ektrim lagi malah 0/30. tapi syah-syah aja kalo mau pake cuma jadi mubazir aja, ada rekomendasi bahwa oli dengan spek racing (0/30 atau 5/30 full syntetic) akan mubazir dipake harian. tanya dengan suhu-nya

dan masalah NPT tidak terkait dengan itu cocok atau tidak dengan mobil di indonesia. NPT diberikan untuk mengawasi impor oli atau pelumas yg masuk ke indonesia (Nomor Pelumas Terdaftar) jadi kalo oli baru yang belum terdaftar tidak akan bisa masuk ke indonesia. saat ini sedang diusahakan tiap pelumas akan mendapat SNI, jadi benar-benar sesuai dengan spek mesin diindonesia


RE: Oli untuk xenia - takehito - 20-11-2008 14:40

webi1977 Menulis:
gue mau nanggapin om nutranto@, kalo menurut saya om kalo pake 5/30 terlalu encer om, biasanya ini oli dipake oleh mobil yag sdh menggunakan turbo, atau kalo lebih ektrim lagi malah 0/30. tapi syah-syah aja kalo mau pake cuma jadi mubazir aja, ada rekomendasi bahwa oli dengan spek racing (0/30 atau 5/30 full syntetic) akan mubazir dipake harian. tanya dengan suhu-nya

dan masalah NPT tidak terkait dengan itu cocok atau tidak dengan mobil di indonesia. NPT diberikan untuk mengawasi impor oli atau pelumas yg masuk ke indonesia (Nomor Pelumas Terdaftar) jadi kalo oli baru yang belum terdaftar tidak akan bisa masuk ke indonesia. saat ini sedang diusahakan tiap pelumas akan mendapat SNI, jadi benar-benar sesuai dengan spek mesin diindonesia


Maaf mas, pendapat anda malah salah, oli yg 5W-30 ato 10W-30 malah harus dipakai untuk mobil NA alias standard. Untuk mobil yg turbo (lumayan besar) malah harus pakai oli yg lebih kental 10W-40, 5W-40, 5W-50.
Nah mungkin yg Mas tau di sentul yg balap one make race honda, semua mesinnya Standard tidak ada modifikasi turbo.


RE: Oli untuk xenia - tommy.christanto - 07-03-2009 22:11

kalau Castrol Magnatec 10w40?
beres DAI BSD pakai itu


RE: Oli untuk xenia - Burox - 15-03-2009 14:49

Menurut gue sih semua punya kelebihan:
Untuk oli *5-30w cocok pada musim hujan dan di daerah dingin, dan cocok untuk mobil pemakaian jarak pendek (Kalo sudah panas mesin terdengar kasar).
*20-50w cocok untuk musim panas dan daerah panas (waktu mobil keadaan dingin mobil lebih sulit di start dan tarikan lebih lolot/berat. tapi untuk mobil keadaan panas jarak jauh tarikan terasa lebih enteng)

Sedangkan untuk 10-40w kayaknya bisa mencakup kedua2nya seperti oli yang saya pakai sekarang he..heeeeee.