Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
aki basah vs aki kering ? - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Spare Part & Aksesoris (/forumdisplay.php?fid=18)
+--- Topik: aki basah vs aki kering ? (/showthread.php?tid=2262)


aki basah vs aki kering ? - neofox - 02-03-2007 14:19

guys kalau ganti aki untuk xenia lebih baik pake aki basah atau aki kering?
kelebihan dan kekurangannya apa?

aki basah:
-lebih murah

aki kering:
-ada indikatornya
-maintenance free
-lebih tahan lama???

terus merk yg bagus Gozkirpma apa tapi kalau bisa yg murah juga Big Grin

worth ga penambahan harga untuk dapat aki kering?


RE: aki basah vs aki kering ? - Chandra - 02-03-2007 14:28

Kelemahan batere kering
1. kalo ada apa2, mati di jalan, gak bisa jumper deh ...
jadi harus di derek...

2. mahal pastinya

3. banyaknya dipake buat kompetisi

IMHO, mending aki basah deh ... murah dan efisien


RE: aki basah vs aki kering ? - Anton G - 02-03-2007 14:33

Chandra Menulis:
Kelemahan batere kering
1.  kalo ada apa2, mati di jalan, gak bisa jumper deh ...
jadi harus di derek...


Kenapa yah Aki kering itu ngak bisa di jumper ?


RE: aki basah vs aki kering ? - Chandra - 02-03-2007 14:37

Anton G Menulis:

Chandra Menulis:
Kelemahan batere kering
1.  kalo ada apa2, mati di jalan, gak bisa jumper deh ...
jadi harus di derek...


Kenapa yah Aki kering itu ngak bisa di jumper ?


sorry bro.. wrong info.. bisa di jumper..
jadi kelemahannya cuma satu deh .. mahal Tongue1


RE: aki basah vs aki kering ? - neofox - 02-03-2007 14:38

gak bisa jumper gimana?


RE: aki basah vs aki kering ? - neofox - 02-03-2007 14:39

Chandra Menulis:

Anton G Menulis:

Chandra Menulis:
Kelemahan batere kering
1. kalo ada apa2, mati di jalan, gak bisa jumper deh ...
jadi harus di derek...


Kenapa yah Aki kering itu ngak bisa di jumper ?


sorry bro.. wrong info.. bisa di jumper..
jadi kelemahannya cuma satu deh .. mahal Tongue1


untuk aki kering GS aku sudah tanya harganya beda 100rb doank dengan yg basah jadi cukup worth kan?


RE: aki basah vs aki kering ? - 0n6k3 - 02-03-2007 15:18

Dulu saya pernah nanya sama shop and drive kelapa gading, katanya ax ndak bisa pake aki kering karena suhu di ruang mesin terlalu panas. Bener ndak yah ? 095095 Ada yang sudah pake aki kering kah ? 095095


RE: aki basah vs aki kering ? - pramudyananto - 02-03-2007 15:21

Ndak ada masalah kok ...., aye udah pakai dari 2006 sampai sekarang ok ajah .... , asal kalu ndak dipakai minimal mbl dipanasin +/- 30 menit.
WhistlingBanned


RE: aki basah vs aki kering ? - Pribadi Hartono - 02-03-2007 15:24

0n6k3 Menulis:
Dulu saya pernah nanya sama shop and drive kelapa gading, katanya ax ndak bisa pake aki kering karena suhu di ruang mesin terlalu panas. Bener ndak yah ? 095095 Ada yang sudah pake aki kering kah ? 095095


emang di mesin pake ac? aneh2 aje tuh montirBercucuran

Semua mobil jg di area mesin pasti panas, tapi aki mf itu udah dirancang buat ditaruh di area mesin, jd gak bakalan knapa2.
Gw ud pake mereknya panasonic


RE: aki basah vs aki kering ? - beni_sts - 02-03-2007 17:24

pramudyananto Menulis:
Ndak ada masalah kok ...., aye udah pakai dari 2006 sampai sekarang ok ajah .... , asal kalu ndak dipakai minimal mbl dipanasin +/- 30 menit.
WhistlingBanned

lama banget ya 30 menit,
saya sich biasanya cuma 5 - 10 menit
kadang-kadang, kalau buru-buru
langsung starter, langsung jalan


RE: aki basah vs aki kering ? - BUDI - 02-03-2007 19:11

Sebenarnya accu kering itu nggak ada, yg ada accu maintenance free (MF) tetap pake cairan cuman di plate-plate Pb-nya dipasang spt kasa pembalut/kapas agar saat pengisian accu tidak menimbulkan gas yg berlebihan + plate-plate Pb-nya dilapisin sedikit Ca.
Klu accu kering yg dipake MB, BMW merk Sonnenschein (made in Jerman) pake sistem gel (spt pasta gigi shg yg ini jauh lebih mahal harganya) & pabrik GS/YUASA b'lum mampu bikin accu gel tsb.
Biasanya service life accu MF ini pasti lebih pendek dp accu biasa, cuman keuntungannya klu jarang dipake maka penurunan powernya lebih sedikit/kecil dibanding accu biasa. Jadi accu MF lebih cocok digunakan pada boil-boil yg dipake sebulan sekali.

Sebenarnya accu yg dijual di pasaran dapat dibedakan 2 macam yi :
- Accu WET CHARGED : yg baru dapat di-charging setelah accu diisi dgn accuzur.
- Accu DRY CHARGED : yg dapat menyimpan energi dlm kondisi kering, shg begitu accu diisi accuzur maka lsg dapat dipakai.

Keuntungan/kerugian accu biasa (non-calcium) dibanding accu MF yi :
1. Harga accu biasa lebih murah.
2. Umur accu biasa lebih panjang.
3. Accu biasa masih bisa di-recharging walaupun sampe habis total.
4. Accu MF lebih tinggi CCA-nya (Cold Cranking Ampere)
5. Accu MF tidak membutuhkan perawatan/penambahan cairan accu
6. Biasanya ukuran accu MF lebih besar/tinggi krn memerlukan ruang untuk kondensasi gas.


Untuk pemanasan A/X VVTi tidak dianjurkan dgn kondisi rpm idle & posisi diam/stationer krn dapat menyebabkan AFR terlalu rich (kadar HC & CO tinggi) shg CC (Catalytic Converter) cepat mampet. Klu nggak salah di buku manualnya tertulis maksimum A/X VVTi dinyalakan rpm idle & posisi diam/stationer tidak boleh lebih dari 20 menit !!


RE: aki basah vs aki kering ? - Fanny Agusbrata - 02-03-2007 19:46

pramudyananto Menulis:
Ndak ada masalah kok ...., aye udah pakai dari 2006 sampai sekarang ok ajah .... , asal kalu ndak dipakai minimal mbl dipanasin +/- 30 menit.
WhistlingBanned

Jadi kalo mobilnya nggak dipake jalan selama 1 minggu apa juga harus dipanasin 30 menit setiap hari? Kalo iya...repot....selain itu juga buang2 bensinYagak


RE: aki basah vs aki kering ? - [dity] - 02-03-2007 20:02

mobil saya cuma jalan sabtu-minggu doang.. selama ini saya panesin pada saat mau dipake aja.. sampe saat ini kondisi aki masih ok.


RE: aki basah vs aki kering ? - Ren - 02-03-2007 20:38

axic 1981 Menulis:
mobil saya cuma jalan sabtu-minggu doang.. selama ini saya panesin pada saat mau dipake aja..  sampe saat ini kondisi aki masih ok.


bukannya mobil non karbu nggak perlu dipanasin lagi 095


RE: aki basah vs aki kering ? - neofox - 02-03-2007 20:39

axic 1981 Menulis:
mobil saya cuma jalan sabtu-minggu doang.. selama ini saya panesin pada saat mau dipake aja.. sampe saat ini kondisi aki masih ok.

lho kalau langsung dipakai kenapa? kan kalau dipakai akinya juga ngecharge


RE: aki basah vs aki kering ? - Ren - 02-03-2007 20:48

neofox Menulis:
kan kalau dipakai akinya juga ngecharge


Topdeh

kecuali altenatornya udah uzur... Yagak


RE: aki basah vs aki kering ? - tim29hdyt - 02-03-2007 23:57

Ren Menulis:

axic 1981 Menulis:
mobil saya cuma jalan sabtu-minggu doang.. selama ini saya panesin pada saat mau dipake aja.. sampe saat ini kondisi aki masih ok.


bukannya mobil non karbu nggak perlu dipanasin lagi 095


Ya memang ga usah dipanasin, tp cuma dikasih kompor aja di kolong mobil Haha Haha Haha
Sorry it's a j/k Haha


RE: aki basah vs aki kering ? - indoram - 03-03-2007 13:26

tim29hdyt Menulis:

Ren Menulis:

axic 1981 Menulis:
mobil saya cuma jalan sabtu-minggu doang.. selama ini saya panesin pada saat mau dipake aja..  sampe saat ini kondisi aki masih ok.


bukannya mobil non karbu nggak perlu dipanasin lagi 095


Ya memang ga usah dipanasin, tp cuma dikasih kompor aja di kolong mobil Haha Haha Haha
Sorry it's  a j/k Haha


Jgn pake kompor, gas uda mahal skrg. Pake lilin aje lbh murah.YagakHaha


RE: aki basah vs aki kering ? - neofox - 03-03-2007 16:36

udah2 kok jadi ngomongin kompor Big Grin
kembali ke laptop


RE: aki basah vs aki kering ? - Ren - 04-03-2007 02:21

indoram Menulis:
Jgn pake kompor, gas uda mahal skrg. Pake lilin aje lbh murah.YagakHaha


pantasan lilin buat ulang tahun kemarin dibiarin nyala terus...


RE: aki basah vs aki kering ? - [dity] - 04-03-2007 03:41

neofox Menulis:

axic 1981 Menulis:
mobil saya cuma jalan sabtu-minggu doang.. selama ini saya panesin pada saat mau dipake aja.. sampe saat ini kondisi aki masih ok.

lho kalau langsung dipakai kenapa? kan kalau dipakai akinya juga ngecharge



memang betul klo mesin hidup aki langsung ngecharge... tp maksud saya, mobil yg jarang dipakai gak perlu tiap hari dipanesin cukup seminggu sekali dipakai jalan min 3 KM supaya oli di dlm drivetrain & mesin bersirkulasi dengan baik dan aki ngecharge nya lebih maksimal drpd dipanesin dlm keadaan diam.
selama ini saya gak pernah manesin mobil tiap hari supaya gak buang2 bensin dan gak menimbulkan polusi udara.


RE: aki basah vs aki kering ? - ardja - 21-03-2007 08:01

kemaren boil dibawa bini, karena aki udah agak susah buat start mesin bini gue ganti aki GS Hybrid... nah lho..aki apa pula ini?095

Katanya low maintenance ya? maksudnya gimana? ada yang tau gimana perawatannya...apa ga perlu priksa2 air aki lagi?


RE: aki basah vs aki kering ? - BUDI - 21-03-2007 08:17

ardja Menulis:
kemaren boil dibawa bini, karena aki udah agak susah buat start mesin bini gue ganti aki  GS Hybrid... nah lho..aki apa pula ini?095

Katanya low maintenance ya? maksudnya gimana? ada yang tau gimana perawatannya...apa ga perlu priksa2 air aki lagi?


Kenapa ndak di-klaim garansi accu ke TAM aza pak ? Khan garansi accu s/d 2 tahun ato 50.000 km.
Accu Hybrid biasanya sudah ada tambahan Ca (Calsium) di plat timah-nya (Pb) shg tidak terlalu banyak gas yg timbul & low maintenance (ttp bukan berarti tanpa perawatan lho) cukup periksa air accu setiap 1-2 bulan sekali.
Keunggulan lainnya CCA-nya (Cold Cranking Ampere) lebih tinggi shg putaran motor stater akan lebih cepat, dimensi luarnya lebih kecil/pendek & masih dapat di-recharged kembali walaupun dlm kondisi fully-discharged sekalipun.
Kelemahannya yi harganya lebih mahal & waktu service life-nya lebih pendek.


RE: aki basah vs aki kering ? - ardja - 21-03-2007 08:33

BUDI Menulis:
Kenapa ndak di-klaim garansi accu ke TAM aza pak ? Khan garansi accu s/d 2 tahun ato 50.000 km.


bisa diklaim tho? waks...dah terlanjur beli Tuh
tapi kalopun klaim kan musti nunggu hari sy bisa bawa ke TAM dulu pak...keburu ga bisa distart mobilnya...

BUDI Menulis:
Accu Hybrid biasanya sudah ada tambahan Ca (Calsium) di plat timah-nya (Pb) shg tidak terlalu banyak gas yg timbul & low maintenance (ttp bukan berarti tanpa perawatan lho) cukup periksa air accu setiap 1-2 bulan sekali.
Keunggulan lainnya CCA-nya (Cold Cranking Ampere) lebih tinggi shg putaran motor stater akan lebih cepat, dimensi luarnya lebih kecil/pendek & masih dapat di-recharged kembali walaupun dlm kondisi fully-discharged sekalipun.
Kelemahannya yi harganya lebih mahal & waktu service life-nya lebih pendek.


thanks pak budi Topdeh
btw garansi 1 tahun dari shopn n drive...asal sebulan sekali diperiksa di gerai mereka...


RE: aki basah vs aki kering ? - indoram - 21-03-2007 22:20

ardja Menulis:
btw garansi 1 tahun dari shopn n drive...asal sebulan sekali diperiksa di gerai mereka...


Hr minggu kemaren gue jg br beli aki lewat shop & drive. Krn uda abis total, gak bs start lg. Pake tipe NS-60, hrg 305.000.

Ya lumayan lah, ada garansi 1 taon, plus free ngecek sebulan sekali. Itung2 kl beli di toko biasa dgn hrg lbh murah hampir sama. Itung2 kayak servis kontrak ama ATPM.Topdeh

Drpd pusing2 mikirin air aki.Yagak


RE: aki basah vs aki kering ? - neofox - 22-03-2007 09:16

ardja Menulis:
thanks pak budi Topdeh
btw garansi 1 tahun dari shopn n drive...asal sebulan sekali diperiksa di gerai mereka...


indoram Menulis:
Hr minggu kemaren gue jg br beli aki lewat shop & drive. Krn uda abis total, gak bs start lg. Pake tipe NS-60, hrg 305.000.
Ya lumayan lah, ada garansi 1 taon, plus free ngecek sebulan sekali. Itung2 kl beli di toko biasa dgn hrg lbh murah hampir sama. Itung2 kayak servis kontrak ama ATPM.Topdeh
Drpd pusing2 mikirin air aki.Yagak


kalau aku sih males banget kalau harus sebulan sekali periksa aki
lagipula aki kan juga jarang banget rusak kalau dibawah 1 tahun aja
enakan juga beli aki MF harganya sekitar 350rb kalau yg merk NS beli dil toko aki biasa
kan juga sama ga usah mikirin air aki + ga usah cek aki sebulan sekali


RE: aki basah vs aki kering ? - superman - 22-03-2007 11:21

neofox Menulis:
kalau aku sih males banget kalau harus sebulan sekali periksa aki
lagipula aki kan juga jarang banget rusak kalau dibawah 1 tahun aja
enakan juga beli aki MF harganya sekitar 350rb kalau yg merk NS beli dil toko aki biasa
kan juga sama ga usah mikirin air aki + ga usah cek aki sebulan sekali


Kalau diperhatikan, aki basah itu sering meluap keluar, sehingga berpotensi menimbjlkan karat tempat dudukan aki dan di sekitar ruang mesin dekat aki, punya saya juga dudukan selang radiatornya meleleh dan akhirnya putus kena tetesan air aki yang meluap, lebih baik pakai yang maintenance Free atau aki kering deh Topdeh


RE: aki basah vs aki kering ? - M1K3J0 - 12-04-2007 00:03

aki kering donk..beli merk Rocket NS 60 -55Amper cuma 300rb doank..lagi itu ditawarin aki basah Yuasa NS 60-45Ampere 220rb..beda 80rb mending aki kering lah..
denger2 aki basah sekarang kurang bagus y..cepet mati..g pake aki kering uda 3taon belom ganti neh..


RE: aki basah vs aki kering ? - neofox - 12-04-2007 11:37

@atas
rocket itu bukan aki kering tapi aki Maintenance Free(MF)


RE: aki basah vs aki kering ? - Pribadi Hartono - 12-04-2007 12:12

Setahu gue mah yg accu kering cuma "Optima"

itu yg biasa dipake buat tukang audio, soalnya kalo accu kering bisa dijungkirin. Soale kalo di audio tempatnya kadang2 gak bisa dipasang mendatar, jadi butuh accu kering.

Kalo yg lain masih tipenya MF. Jgn percaya ama tukang accu, mrk suka bilang accu kering padalan accu MF.
YagakHahaHaha


RE: aki basah vs aki kering ? - Chandra - 12-04-2007 13:09

Michael Jonathan Gani Menulis:
aki kering donk..beli merk Rocket NS 60 -55Amper cuma 300rb doank..lagi itu ditawarin aki basah Yuasa NS 60-45Ampere 220rb..beda 80rb mending aki kering lah..
denger2 aki basah sekarang kurang bagus y..cepet mati..g pake aki kering uda 3taon belom ganti neh..


@atas
rocket itu bukan aki kering tapi aki Maintenance Free(MF)

he he.. salah ya ??? SuperSuper


RE: aki basah vs aki kering ? - M1K3J0 - 15-04-2007 15:49

MF tidak sama dengan aki kering ? hahahahahaha...Optima yg aki kering ya..hybrid bedanya sama MF ap se ? abs g pikir uda kaga perlu repot2 nambah aer segala jd bilangnya aki kering :p


RE: aki basah vs aki kering ? - rivadino - 18-04-2007 16:31

Michael Jonathan Gani Menulis:
aki kering donk..beli merk Rocket NS 60 -55Amper cuma 300rb doank..lagi itu ditawarin aki basah Yuasa NS 60-45Ampere 220rb..beda 80rb mending aki kering lah..
denger2 aki basah sekarang kurang bagus y..cepet mati..g pake aki kering uda 3taon belom ganti neh..


Beli dimana ya pak?

Tadi saya beli di Koh Ayung Atrium Senen, GForce NS60-45A (aki basah) kena 280rb, harganya sama aja dengan GS dan Yuasa. Cuma aki bekas nya dihargai 40rb.. Katanya sih harga aki udah pada naik Tuh


RE: aki basah vs aki kering ? - Racing - 28-04-2007 23:35

Aki pake yg hybrid juga sudah mumpuni banget, bener2 low maintenance. paling2 kontrol 2 bulanan atau pas ganti oli (tambah air aki gratis). Usia pakai juga sekitar 2 tahunan.

Aki MF disamping lebih mahal, usia pakai hampir sama dengan hybrid.


ps : Tar bisa tanya langsung ke Tukang aki deh. Berita baiknya ada yang mau masuk jadi rekanan aki buat AvanzaXenia.net.