Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Perawatan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=17)
+---- Forum: AC (/forumdisplay.php?fid=174)
+---- Topik: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? (/showthread.php?tid=22395)


AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - Ferdie09 - 06-03-2012 00:31

Hallooo Sob.....
Saya ada masalah nih sob, mobil Xenia Li saya AC nya kadang Hidup kadang mati...
tapi klo blowernya tetep nyala trz Sob... Tp yg kluar cuma angin aja...
ada yg tau ga penyebabnya kenapa..?
Trz ada tempat servis ac yg bagus di bogor dmn ya...?
mohon bantuannya Sob.....
Thx...


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - jonny vins - 06-03-2012 01:26

Ada 2 kemgknan pertama clutch/magnet ac nya mulai aus( min pemakaian di km80rb)
Dgn ciri2 liat di kompresor ac apakah disaat ac posisi on muter atau tidak/ muter tp pelan
Kedua cek fanbelt bisa juga fanbelt kendor jd kompresor ac nya slip
coba dicek dgn seksama dulu sperti odometer uda berapa posisi fanbeltnya kenceng ga
Yg paling penting cek clutch/magnet acnya muter normal ga

Smoga membantu


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - mrgoenx - 06-03-2012 05:32

Ferdie09 Menulis:
Hallooo Sob.....
Saya ada masalah nih sob, mobil Xenia Li saya AC nya kadang Hidup kadang mati...
tapi klo blowernya tetep nyala trz Sob... Tp yg kluar cuma angin aja...
ada yg tau ga penyebabnya kenapa..?
Trz ada tempat servis ac yg bagus di bogor dmn ya...?
mohon bantuannya Sob.....
Thx...


coba di Denso jl baru (jl.sholeh iskandar) bro, kalau dari arah parung setelah yogya plaza tuh sebelah kiri jalan, aku lupa setelah underpas atau sebelum underpas...


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - dianfatur - 06-03-2012 11:36

kayaknya sih normal bro, ac gue juga kadang hidup kadang mati, bedanya kalo ac gue dingn banget brr ...


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - w_nairda - 06-03-2012 11:43

Maksudnya kadang hidup kadang mati apa ya? Kadang gak mau hidup kalau dihidupkan dan suka mati sendiri?


Penyakit AX itu biasanya di Magnetic-Clutch.
Coba dites:
Pada saat masalah terjadi (Angin keluar tapi gak dingin), jangan matikan AC.
Buka kap mesin, lihat magnetic-clutchnya.
Kalau gak muter, coba "dijitak" sedikit pakai obeng atau apalah. Nah, kalau sudah "dijitak" langsung nyala lagi berarti magnetic-clutch dah apkir, harus diganti.

Pengalaman saya dulu...


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - Ferdie09 - 06-03-2012 13:25

Makasih ya Om buat penjelasan dan infonya.....
sangat membantu nih buat saya....
sekali gi makasih om om semua...^_^...


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - w_nairda - 06-03-2012 13:36

Ferdie09 Menulis:
Makasih ya Om buat penjelasan dan infonya.....
sangat membantu nih buat saya....
sekali gi makasih om om semua...^_^...


Topdeh

Jangan lupa di-share ya kalau sudah terpecahkan.
Biar jadi masukan untuk kita semua di sini. Yagak


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - Ferdie09 - 07-03-2012 11:59

w_nairda Menulis:

Ferdie09 Menulis:
Makasih ya Om buat penjelasan dan infonya.....
sangat membantu nih buat saya....
sekali gi makasih om om semua...^_^...


Topdeh

Jangan lupa di-share ya kalau sudah terpecahkan.
Biar jadi masukan untuk kita semua di sini. Yagak



Ok Om....
Btw ada yg tau harga Magnetic-Clutch ga..?
Thx


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - eyb - 07-03-2012 12:03

Ferdie09 Menulis:

w_nairda Menulis:

Ferdie09 Menulis:
Makasih ya Om buat penjelasan dan infonya.....
sangat membantu nih buat saya....
sekali gi makasih om om semua...^_^...


Topdeh

Jangan lupa di-share ya kalau sudah terpecahkan.
Biar jadi masukan untuk kita semua di sini. Yagak



Ok Om....
Btw ada yg tau harga Magnetic-Clutch ga..?
Thx


kontak om indoram, aja


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - Kevintob - 07-03-2012 12:10

coba cek temp nya gimana ?


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - Bambang Hermanto, ST - 07-03-2012 12:12

Ferdie09 Menulis:
Ok Om....
Btw ada yg tau harga Magnetic-Clutch ga..?
Thx


Harga Magnetic Clutch 750 rb/set.....ongkos bongar + ganti freon total jenderal jadi 1,25jt....SuperSuper


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - Ferdie09 - 07-03-2012 12:20

Kevintob Menulis:
coba cek temp nya gimana ?


Temperaturnya normal Om.....
cuma ac yg kluar anginnya aja Om...


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - t4uf1kNlr - 07-03-2012 21:27

Ferdie09 Menulis:
.....
Temperaturnya normal Om.....
cuma ac yg kluar anginnya aja Om...


Kykny magnetic clutch kompresor ac yg kena itu om. Dcoba aj saran diatas yg kompresorny dijitak (bs pake obeng), kalo abis dijitak kompresor muter & ac dingin brarti mag-clutch hrs dganti.
Pernah alami kasus serupa jg. Sektr sept '10 lalu ganti mag-clutch tsb abis 650rb, dah trmasuk ongkos+ganti freon+ganti oli kompresor.
Bulan kmren (stelah 1.5an thn), ganti freon+tambah oli kompresor aj (krn ac kurang dingin), abis 130rb.


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - imam9242 - 07-03-2012 21:27

agan ferdie09 ditunggu share pemecahan masalahnya y..TopdehTopdehTopdeh


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - w_nairda - 08-03-2012 09:48

Seinget saya waktu kena magnetic-clutchnya dulu gak sampai 600rb deh harganya...
Soalnya pas servis dulu habis 1jt (termasuk: ganti M-clutch, ganti freon, ganti ekspansi, ganti drier, bersihin evaporator)


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - bill_ht - 08-03-2012 16:13

Ferdie09 Menulis:

Kevintob Menulis:
coba cek temp nya gimana ?


Temperaturnya normal Om.....
cuma ac yg kluar anginnya aja Om...


sorry, belum jelas, ini maksudnya temperatur di dalam kabin mobil tetap dingin kan?
kalau memang masih tetap dingin, maka AC nyala mati sebenarnya normal. karena kalau temperatur sudah dingin, maka AC (kompresor) akan mati sementara blower tetap nyala. kalau sudah mulai panas, baru AC (kompresor) akan nyala kembali untuk mensirkulasi refrigeran di dalam saluran AC nya.


RE: AC Xenia kadang hidup kadang mati....? - Tomsquare - 24-05-2012 22:25

Mesin overheat kali gan... Atau biasanya abis dibawa jauh, maksudnya dalam jarak tempuh jauh masih make AC terus menerus. Pengalaman ane dulu di AVS juga gitu.
Tapi ga salah dicoba saran2 di atas ane... Mohon petunjuk sesepuh...