Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Kekurangan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=16)
+--- Topik: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! (/showthread.php?tid=2164)


Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - ekomeister - 18-02-2007 01:14

setelah beberapa kali bolak-balik beres akhirnya gw tau juga bahwa suspensi depan Xenia Li vvti gw belum ada stabilizernya...pyuuuhhh..aneh kok pas beli gw ndak ngecek sampai kesitu....ada masukan dari rr kalo aku mau pasang stabilizer bisa ndak ya??? soalnya pas aku tanya ke beres katanya harus ganti semua dari sokbreker.cs...dll sekalian ama stabilizernya.....thanks


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - Nurtaranto - 18-02-2007 07:04

mahal tuh biayanya klo harus masang stab ori, masang strutbar aja di om nunoi Gozkirpma


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - Bobby Sant - 18-02-2007 10:13

Rubah aja kaki-kaki depan seperti punya Xenia Xi atau Avanza, kayaknya perlu dana lumayan lho.


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - Ren - 18-02-2007 13:21

Nurtaranto Menulis:
masang strutbar aja di om nunoi Gozkirpma


strutbar 095


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - Nurtaranto - 18-02-2007 14:44

Ren Menulis:

Nurtaranto Menulis:
masang strutbar aja di om nunoi Gozkirpma


strutbar 095


itu lo, besi melintang yg dipasang di atas dudukan sa depan, gunanya u merigidkan rangka depan shg lebih stabil saat belok dlm kec tinggi. klo ngga salah si namanya strutbar cmiiw


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - Ren - 18-02-2007 21:00

Nurtaranto Menulis:
itu lo, besi melintang yg dipasang di atas dudukan sa depan, gunanya u merigidkan rangka depan shg lebih stabil saat belok dlm kec tinggi. klo ngga salah si namanya strutbar cmiiw


Ooo... Whistling
O doang...ngerti juga nggak... Haha
trus harganya berapaan 095
dan bentuknya seperti apa ya 095

thanx Gozkirpma



RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - SaPiE - 19-02-2007 09:49

ini gambar strutbar....








RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - SaPiE - 19-02-2007 09:50

SaPiE Menulis:
ini gambar strutbar....






sekarang gambarnya kekecilan.....
Tuh


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - aquablue - 19-02-2007 09:58

Berape tuh ?
Dimane tadi pasangnya ?


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - Kresna CN - 19-02-2007 10:44

ekomeister Menulis:
setelah beberapa kali bolak-balik beres akhirnya gw tau juga bahwa suspensi depan Xenia Li vvti gw belum ada stabilizernya...pyuuuhhh..aneh kok pas beli gw ndak ngecek sampai kesitu....ada masukan dari rr kalo aku mau pasang stabilizer bisa ndak ya??? soalnya pas aku tanya ke beres katanya harus ganti semua dari sokbreker.cs...dll sekalian ama stabilizernya.....thanks

Waduh.... jangan-jangan XeXi VVT-i saya juga begitu.
Ntar saya cek dulu.


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - SaPiE - 19-02-2007 10:46

aquablue Menulis:
Berape tuh ?
Dimane tadi pasangnya ?


mungkin bisa menghubungi om phoenix....???095 095


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - bigguy - 19-02-2007 10:51

aquablue Menulis:
Berape tuh ?
Dimane tadi pasangnya ?

coba tanya di Victory Auto 6540113, atow valentino motor 6540310, 2-2nya di Pasar Mobil kemayoran


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - ekomeister - 19-02-2007 15:00

SaPiE Menulis:
ini gambar strutbar....






heeemmm...pengaruhnya gimana bos..kalo dipasang ini....??? he..he..ini kali yang bos phoenix waktu itu bilang tali bh...ups...!!! bos phoenix gimana aku pesan yang kayak gini deh...??? bisa kan..


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - zhe_ya - 19-02-2007 15:15

Kayanya tali BH ini baru efektif kalo stabilizer bar udah dipasang terlebih dulu. CMIIW...


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - SaPiE - 19-02-2007 16:01

ekomeister Menulis:

SaPiE Menulis:


heeemmm...pengaruhnya gimana bos..kalo dipasang ini....??? he..he..ini kali yang bos phoenix waktu itu bilang tali bh...ups...!!! bos phoenix gimana aku pesan yang kayak gini deh...??? bisa kan..


pengaruhnya ya itu....
lebih stabil kalo nikung, soale suspensi jadi lebih rigid....
(barangkali..... 095 095...piye toh, gue kan awam juga... Tuh)


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - BUDI - 21-02-2007 09:58

zhe_ya Menulis:
Kayanya tali BH ini baru efektif kalo stabilizer bar udah dipasang terlebih dulu. CMIIW...


Setuju, strut bar diatas hanya berfungsi agar chasis/bodi A/X lebih kaku/rigid & tidak melintir saat menikung shg pengaruhnya thdp kestabilan saat menikung tidak sebesar pengaruh stabilizer bawah.

Berbeda dgn fungsi stabilizer bawah (std di Avz/Xe Xi) yaitu utk mengurangi kecenderungan setelan chamber ke arah positive saat menikung shg telapak ban depan akan lebih stabil.

Contoh pemasangan "STABILIZER" di suspensi depan tipe "Double Wishbone" (spt dipakai Kijang/Panther).



RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - Nurtaranto - 21-02-2007 10:27

ekomeister Menulis:

SaPiE Menulis:
ini gambar strutbar....






heeemmm...pengaruhnya gimana bos..kalo dipasang ini....??? he..he..ini kali yang bos phoenix waktu itu bilang tali bh...ups...!!! bos phoenix gimana aku pesan yang kayak gini deh...??? bisa kan..


wah sy ngga tau klo phoenix racing jg ada strutbar u Av, yg sy tau sih om nunoi jual tuh strutbar u Av/Xe....


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - Nurtaranto - 21-02-2007 10:31

BUDI Menulis:

zhe_ya Menulis:
Kayanya tali BH ini baru efektif kalo stabilizer bar udah dipasang terlebih dulu. CMIIW...


Setuju, strut bar diatas hanya berfungsi agar chasis/bodi A/X lebih kaku/rigid & tidak melintir saat menikung shg pengaruhnya thdp kestabilan saat menikung tidak sebesar pengaruh stabilizer bawah.

Berbeda dgn fungsi stabilizer bawah (std di Avz/Xe Xi) yaitu utk mengurangi kecenderungan setelan chamber ke arah positive saat menikung shg telapak ban depan akan lebih stabil.

Contoh pemasangan "STABILIZER" di suspensi depan tipe "Double Wishbone" (spt dipakai Kijang/Panther).


iya pak, nampaknya pengaruh stabilizer bawah lebih besar u kestabilan, tp kan biayanya mahal u masang ginian di Xeli..Whistling
jd lebih baik masang strutbar aja drpd tidak sama sekaliTongue1


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - BUDI - 21-02-2007 10:51

Nurtaranto Menulis:

ekomeister Menulis:

SaPiE Menulis:
ini gambar strutbar....






heeemmm...pengaruhnya gimana bos..kalo dipasang ini....??? he..he..ini kali yang bos phoenix waktu itu bilang tali bh...ups...!!! bos phoenix gimana aku pesan yang kayak gini deh...??? bisa kan..


wah sy ngga tau klo phoenix racing jg ada strutbar u Av, yg sy tau sih om nunoi jual tuh strutbar u Av/Xe....


Strut bar depan A/X (2 kaki) juga dijual di Mega 2000 (dpn Polsek Senen) pak cuman Rp 175-200 rb-an buatan TW.
Resiko pemakaian strut bar ini klu sampe terjadi tabrakan depan maka kerusakan bodi/chasis akan lebih besar dp tidak pakai strut bar tsb.


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - zhe_ya - 21-02-2007 12:52

komponen termahal dari stabilizer bawah ori AX adalah "ball-joint" sekitar Rp. 700k sepasang, sedangkan bar nya sendiri sih murah gak sampe Rp. 200k. Buat Li sih kurang rekomend sebabnya per depan sudah keras (bobot mesin 1.0 dibawah 1.3) nah kalo mau tambah stabil bar lagi kudu ganti juga dengan per yang lebih lembut.
Ball joint ini sendiri kalo gak salah ada umur juga, lama2 kendor seiring dengan pemakaian jadi buat yg 1.3 kudu ganti juga kalo udah mulai bunyi2. Bar nya sendiri sih sekali beli buat seumur hidup.
Menurut gw untuk Li cara termurah dan efektif adalah ganti per belakang dg yang lebih lunak, pasang stabil bar belakang. Nah berasa banget tuh perbedaannya terutama diatas 60 kph.


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - smilely - 21-02-2007 15:55

zhe_ya Menulis:
komponen termahal dari stabilizer bawah ori AX adalah "ball-joint" sekitar Rp. 700k sepasang, sedangkan bar nya sendiri sih murah gak sampe Rp. 200k. Buat Li sih kurang rekomend sebabnya per depan sudah keras (bobot mesin 1.0 dibawah 1.3) nah kalo mau tambah stabil bar lagi kudu ganti juga dengan per yang lebih lembut.
Ball joint ini sendiri kalo gak salah ada umur juga, lama2 kendor seiring dengan pemakaian jadi buat yg 1.3 kudu ganti juga kalo udah mulai bunyi2. Bar nya sendiri sih sekali beli buat seumur hidup.
Menurut gw untuk Li cara termurah dan efektif adalah ganti per belakang dg yang lebih lunak, pasang stabil bar belakang. Nah berasa banget tuh perbedaannya terutama diatas 60 kph.


Ada saran gak jenis-jenis ato merek per belakang yang lunak ??


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - ekomeister - 21-02-2007 16:30

BUDI Menulis:

zhe_ya Menulis:
Kayanya tali BH ini baru efektif kalo stabilizer bar udah dipasang terlebih dulu. CMIIW...


Setuju, strut bar diatas hanya berfungsi agar chasis/bodi A/X lebih kaku/rigid & tidak melintir saat menikung shg pengaruhnya thdp kestabilan saat menikung tidak sebesar pengaruh stabilizer bawah.

Berbeda dgn fungsi stabilizer bawah (std di Avz/Xe Xi) yaitu utk mengurangi kecenderungan setelan chamber ke arah positive saat menikung shg telapak ban depan akan lebih stabil.

Contoh pemasangan "STABILIZER" di suspensi depan tipe "Double Wishbone" (spt dipakai Kijang/Panther).


heeem..pak budi apakah mobil yang tidak ada stabilizernya ini pengaruhnya akan terasa terombang-ambing gitu pada jalanan yang tidak rata dibandingkan dengan yang pake stabilizer, mohon pencerahannya....


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - Den Bagus - 21-02-2007 17:03

ekomeister Menulis:
heeem..pak budi apakah mobil yang tidak ada stabilizernya ini pengaruhnya akan terasa terombang-ambing gitu pada jalanan yang tidak rata dibandingkan dengan yang pake stabilizer, mohon pencerahannya....


Cobain dulu sendiri aja naik boilnya buset (udah double tuh stabilizernya depan & belakang), pasti muantep deh ...
Kayaknya kalo tanpa stabilizer akan sangat terasa oleng saat mobil menikung dan juga saat jalan bergelombang ...


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - BUDI - 21-02-2007 18:15

ekomeister Menulis:
heeem..pak budi apakah mobil yang tidak ada stabilizernya ini pengaruhnya akan terasa terombang-ambing gitu pada jalanan yang tidak rata dibandingkan dengan yang pake stabilizer, mohon pencerahannya....


Dgn penambahan stabilizer maka body/chasis akan lebih rigid/kaku shg pasti akan terasa lebih banyak goncangan pada bodi mobil saat di jalan tidak rata.

Sebaliknya mobil dgn suspensi independen (Mac Pherson) yg tidak dilengkapi stabilizer spt Xe Li cenderung lebih susah dikendalikan saat menikung krn posisi chamber & toe-in/out di kedua roda depan mudah berubah akibat beban roda kiri/kanan tidak seimbang saat menikung. Cara pengetesannya sederhana saja saat membelok coba usahakan agar gerakan mobil sejajar thdp garis putih median jalan, utk mobil yg sudah dilengkapi stabilizer depan akan lebih mudah mengikuti garis pemisah jalan tsb pada kecepatan yg tinggi jika dibandingkan mobil yg belum dilengkapi stabilizer (spt Xe Li).


RE: Ternyata Xenia Li VVTi suspensinya belum ada STABILIZER!!! - BUDI - 23-02-2007 13:20

Den Bagus Menulis:
Cobain dulu sendiri aja naik boilnya buset (udah double tuh stabilizernya depan & belakang), pasti muantep deh ....


Nambahin dikit aza, klu fungsi stabilizer (anti-roll bar) adalah untuk menyeimbangkan traksi ban depan & ban belakang saat menikung contohnya :

- Di mobil RWD (Rear Wheel Drive) spt A/X saat menikung cenderung mobil understeer (nyelonong lurus) yg disebabkan traksi ban depannya lebih mudah berkurang dibanding dgn traksi ban belakangnya maka dipasanglah stabilizer (anti-roll bar) depan utk menyeimbangkan traksi ban depannya terhadap traksi ban belakangnya pada mobil-mobil RWD (spt A/X) dgn tujuan mengurangi efek understeer saat berbelok.

Yg saya agak bingung dgn pabrik ADM kenapa justru Xe Li yg berat mesin di depannya lebih ringan dp Xe Xi shg traksi ban depannya lebih rendah (lebih understeer) dibanding Xe Xi kok tidak dilengkapi dgn stabilizer depan ??? Kayaknya si JL (ADM) memang b'lum tahu betul apa & fungsinya stabilizer depan tsb di Xe Li yg lebih berguna dp di Xe Xi, shg dicopot juga tuh stabilizer depan Xe Li-nya.

- Sebaliknya mobil FWD (Front Wheel Drive) spt YRV saat menikung cenderung mobil oversteer (lebih nyelonong masuk ke dalam tikungannya) yg disebabkan traksi ban belakangnya lebih mudah berkurang dibanding dgn traksi ban depannya maka dipasanglah stabilizer (anti-roll bar) belakang untuk menyeimbangkan traksi ban belakangnya terhadap traksi ban depannya dgn tujuan utk mengurangi oversteer tsb saat mobil FWD berbelok.


Klu strut (sway) bar yg dipasang di depan (diatas S/A depan) lebih berfungsi utk mengurangi ayunan bodi mobil saat dilewati/disalip oleh kendaraan yg lebih besar dr samping misalnya.
Kayaknya strut (sway) bar ini buat A/X lebih berguna jika dibandingkan stabilizer belakang, mengingat kontruksi per depan A/X yg lurus bentuknya (berbentuk tabung, tidak mengkerucut dgn diameter yg paling lebar di tengah-tengah spt konstruksi per belakangnya) shg bodi depan A/X lebih mudah bergeser/roll apabila mendapat dorongan angin samping ketika disalip bus misalnya. Disamping pula mobil-mobil jenis RWD TIDAK lazim memakai stabilizer belakang tambahan, nanti malahan lebih understeer (nyelonong lurus) saat berbelok krn traksi ban belakangnya lebih kuat dp traksi ban depannya.