Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Ganti oli persneling dan gardan - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Perawatan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=17)
+---- Forum: Oli (/forumdisplay.php?fid=176)
+---- Topik: Ganti oli persneling dan gardan (/showthread.php?tid=20460)


Ganti oli persneling dan gardan - ducenk - 23-05-2011 09:30

Hi RR semuah,

Kemarin sore avg06 saya ganti oli persneling/transmisi dan Gardan menggunakan spesifikasi oli sbb:
- Persneling menggunakan Top1 GL5 90W, diisi 1,2liter
- Gardan menggunakan Top1 GL5 90W, diisi 1,5liter

Keduanya menggunakan oli dan spesifikasi yg sama, takarannya segitu, kira2 benar dan cukup ga ya? Yagak


RE: Ganti oli persneling dan gardan - fhortuna - 23-05-2011 10:04

coba searching dulu, dah bnyak diulas kok


RE: Ganti oli persneling dan gardan - lookas - 23-05-2011 10:28

gardan cuma 1.5 Liter?
ga kurang?
waktu itu ganti nenggak 2 Liter ga bersisa..


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Indra_k - 23-05-2011 10:49

iya tuh apa gak kurang om oli gardannya diisi 1.5L095

Klo ane sih biasanya takarannya diisi Sampe penuh tuh Gardan Sama transmisi (diisi sampeluber dr lubang pengisiannyaHaha )

Jd biasa beli yg 1 jerigen Shell Spirax 4Lt itu ada Sisanya Sedikit banget... Haha


RE: Ganti oli persneling dan gardan - ducenk - 23-05-2011 11:18

lookas Menulis:
gardan cuma 1.5 Liter?
ga kurang?
waktu itu ganti nenggak 2 Liter ga bersisa..


Indra_k Menulis:
iya tuh apa gak kurang om oli gardannya diisi 1.5L095

Klo ane sih biasanya takarannya diisi Sampe penuh tuh Gardan Sama transmisi (diisi sampeluber dr lubang pengisiannyaHaha )

Jd biasa beli yg 1 jerigen Shell Spirax 4Lt itu ada Sisanya Sedikit banget... Haha


Waduh, kurang ya om. yo wis tar ane tambahin lg deh, msh ada sisa 0.3lt. Btw kalo tutupnya dibuka trus masukin tambahnya, yg udah masuk bakal keluar lg ga ya pas dibuka bautnya?


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Indra_k - 23-05-2011 17:55

Engak bakal keluar Kok Om klo emang Oli nya Kurang...
tp jgn sampe Salah yah.. Buka Baut Oli Gardannya (kan ada 2 baut yg 1 posisi di bawah buat buang oli + 1 baut lg yg posis di samping buat isi lg yg baru)


RE: Ganti oli persneling dan gardan - ducenk - 23-05-2011 18:50

Indra_k Menulis:
Engak bakal keluar Kok Om klo emang Oli nya Kurang...
tp jgn sampe Salah yah.. Buka Baut Oli Gardannya (kan ada 2 baut yg 1 posisi di bawah buat buang oli + 1 baut lg yg posis di samping buat isi lg yg baru)


Ok sip om Indra thanks masukannya. saya lihat memang ada baut di samping menghadap ke belakang, tp posisinya tidak terlalu diatas, itu yg saya takutkan oli yg kemarin diisin mekanik level ketinggianny udah lewat tuh posisi bautnya.


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Hendy P - 25-05-2011 15:31

sekedar share ganti oli untuk perseneleng kalau bisa hindari yg API GL 5 karena AVG persenelengnya pakai kuningan /syncromesh..mendingan cari yg API GL4 kalau bisa yg 75w-90 bisa pakai sampai 20 ribu km..atau 80w-90...semoga membantu..perpindahan gigi lebih halus...


RE: Ganti oli persneling dan gardan - AXIC2390 - 03-06-2011 13:47

Jadi, rekomendasinya pakai oli apa yang bagus?
Soalnya AVG 06 saya, kalau ganti oli gardan dan transmisi selalu di Beres, jadi nggak tau pakai oli apa.?
Sekali-kali mau ganti oli sendiri, pakai oli apa ya?
Saya ganti oli gardan dan transmisi setiap 40.000 km, apa nggak kelamaan ya?
soalnya di manual book nya begitu sarannya.

mohon sarannya


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Indra_k - 19-06-2011 18:29

AXIC2390 Menulis:
Jadi, rekomendasinya pakai oli apa yang bagus?
Soalnya AVG 06 saya, kalau ganti oli gardan dan transmisi selalu di Beres, jadi nggak tau pakai oli apa.?
Sekali-kali mau ganti oli sendiri, pakai oli apa ya?
Saya ganti oli gardan dan transmisi setiap 40.000 km, apa nggak kelamaan ya?
soalnya di manual book nya begitu sarannya.

mohon sarannya


sy jawab yah Om,..
cari oli yg sesuai dgn spek kendarann om pastinya...
untuk avanza transmisi pake sae 75-90 GL 4. Dan untuk Gardannya klo Tidak salah 80-90 boleh, sae 90 jg boleh. GL 5 tapi yg untuk garadan.

klo untuk merk nya bisa dicari sendiri aja om, semua oli sekarang ini rata2 bagus kok, Cuma hati2 saja jgn beli di tempat yg kurang meyakinkan... Tkt nya isi oli nya Palsu(oli bekas ato oli apa lah gitu yg jelek2)

Ganti oli nya per 40rb km, sesuai buku manual pasti sudah di perhitungkan sebelumnya om. jg aman2 saja tapi dengak pemakaian kendaraan yg wajar jg loh om.

*tp kalo saya sih per 20rb Km om gnti oli gardan & trasmisi Haha


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Indra_k - 19-06-2011 18:32

lookas Menulis:
gardan cuma 1.5 Liter?
ga kurang?
waktu itu ganti nenggak 2 Liter ga bersisa..


kalo di buku manual nya sih oli gardan klo tidak salah yah... 1.6 liter.

tp klo sy jg ngisi sampe penuh, sampe luber dr lubang baut pengisiannyaHaha
Pas 2 liter untuk gardan dah luber2 dikit Gozkirpma


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Indra_k - 07-08-2011 21:44

Permisii, ane ijin yak,(posting d sini aja dr pd buat Thread baru) mw Review Beberapa Oli Transmisi nih yg ane pernah pake Di AvG aneYes

1)pertamina Rored EPA sae 90 GL 4.
Rasanya biasa2 aja, masuk gi2 kadang2 msh susah, & klo mobil dah jln trs oper2 gi2 engak embut2/halus amat.

2)Rored HDA sae 90 GL 5. (senernya sy dah tau klo GL 5 tidak disarankan untuk transmisi pada avanza, dan untuk sae yg di anjurkan 75w90,80-90, dan 90 klo engak slh)

Rasanya pake nih Oli, sama kyk Rored EPA sae 90 GL4.

3)Shell spirax sae 90 GL 5. klo gak slhTongue1 (klo salah maap yak)
td nya mw cari yg sae nya 75-90 ato yg 80-90 tp kosong & susah carinya, jd ada yg sae 90 deh d coba pake.

Rasanya, sedikit lebih baik dr sebelumnya, masuk gi2 sedikit lbh mudah, dah pas mobil dah jln trs oper2 gi2 rasanya cukup lembut/halus dr sebelumnya.

4)Rored MTF sae 80w-90. GL 4.

Rasanya lebih baik lg dr sebelumnya pke Spirax sae 90. Masuk gi2 Jd gampang, & oper2 gi2 pas mobil dah jln jg jauh lebih enak & smoothhh/lembuttt. (td rasanya terlalu lembut gitu jd sedikit menyebabkan sedikit bunyi'' pd saat pemindahaan gi2.)

5)Motul HDX sae 80-90. GL 5.

Ini oli yg lg ane coba pake sekarang & sejauh ini yg sy rasa lebih baik lg oli yg sebelum2 nyaYes

Rasanya, pas masuk gi2 jd mudah & lembut, pas mobl jln & oper2 gi2 rasanya SANGAT berbeda dr oli2 sebelum nyaSuper perpindahan gi2 terasa sangat mudah,lembut,empuk dan mantapGozkirpma

(tp untuk cari oli ini gak gampang, ane sampe puter2 ke beberapa S&D baru dapet nih oli Tongue1)

Dah, sekian dlu.. baru itu Oli2 transmisi yg ane pernah coba.

*Next mw coba pke merk Red line (denger2 sih lbh bagus)

*oh ya, ane bkn promosi loh, tujuan & maksud ane cm mw share aja... & bagi2 informasiYes


RE: Ganti oli persneling dan gardan - abu aisyah - 20-09-2011 13:21

Indra_k Menulis:
Permisii, ane ijin yak,(posting d sini aja dr pd buat Thread baru) mw Review Beberapa Oli Transmisi nih yg ane pernah pake Di AvG aneYes

1)pertamina Rored EPA sae 90 GL 4.
Rasanya biasa2 aja, masuk gi2 kadang2 msh susah, & klo mobil dah jln trs oper2 gi2 engak embut2/halus amat.

2)Rored HDA sae 90 GL 5. (senernya sy dah tau klo GL 5 tidak disarankan untuk transmisi pada avanza, dan untuk sae yg di anjurkan 75w90,80-90, dan 90 klo engak slh)

Rasanya pake nih Oli, sama kyk Rored EPA sae 90 GL4.

3)Shell spirax sae 90 GL 5. klo gak slhTongue1 (klo salah maap yak)
td nya mw cari yg sae nya 75-90 ato yg 80-90 tp kosong & susah carinya, jd ada yg sae 90 deh d coba pake.

Rasanya, sedikit lebih baik dr sebelumnya, masuk gi2 sedikit lbh mudah, dah pas mobil dah jln trs oper2 gi2 rasanya cukup lembut/halus dr sebelumnya.

4)Rored MTF sae 80w-90. GL 4.

Rasanya lebih baik lg dr sebelumnya pke Spirax sae 90. Masuk gi2 Jd gampang, & oper2 gi2 pas mobil dah jln jg jauh lebih enak & smoothhh/lembuttt. (td rasanya terlalu lembut gitu jd sedikit menyebabkan sedikit bunyi'' pd saat pemindahaan gi2.)

5)Motul HDX sae 80-90. GL 5.

Ini oli yg lg ane coba pake sekarang & sejauh ini yg sy rasa lebih baik lg oli yg sebelum2 nyaYes

Rasanya, pas masuk gi2 jd mudah & lembut, pas mobl jln & oper2 gi2 rasanya SANGAT berbeda dr oli2 sebelum nyaSuper perpindahan gi2 terasa sangat mudah,lembut,empuk dan mantapGozkirpma

(tp untuk cari oli ini gak gampang, ane sampe puter2 ke beberapa S&D baru dapet nih oli Tongue1)

Dah, sekian dlu.. baru itu Oli2 transmisi yg ane pernah coba.

*Next mw coba pke merk Red line (denger2 sih lbh bagus)

*oh ya, ane bkn promosi loh, tujuan & maksud ane cm mw share aja... & bagi2 informasiYes


coba pake yg 75W90 GL4 untuk transmisi,lebih enak lagi tuh,krn itu yg rekomendasi,coba liat lg tuh MB nya. GL5 utk transmisi?? Ga salah tuh?? Sangat berbahaya utk bahan2 tembaga di bagian transmisi/gearbox.


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Indra_k - 20-09-2011 14:02

abu aisyah Menulis:
[quote=Indra_k]

coba pake yg 75W90 GL4 untuk transmisi,lebih enak lagi tuh,krn itu yg rekomendasi,coba liat lg tuh MB nya. GL5 utk transmisi?? Ga salah tuh?? Sangat berbahaya utk bahan2 tembaga di bagian transmisi/gearbox.


iya, Saya jg tau kok. (baca postingan ane yg sebelum nya yg no. 2 ane jg dah bilang gitu, yg di dlm ''kurung'' )


RE: Ganti oli persneling dan gardan - abu aisyah - 20-09-2011 14:24

Indra_k Menulis:

abu aisyah Menulis:
[quote=Indra_k]

coba pake yg 75W90 GL4 untuk transmisi,lebih enak lagi tuh,krn itu yg rekomendasi,coba liat lg tuh MB nya. GL5 utk transmisi?? Ga salah tuh?? Sangat berbahaya utk bahan2 tembaga di bagian transmisi/gearbox.


iya, Saya jg tau kok. (baca postingan ane yg sebelum nya yg no. 2 ane jg dah bilang gitu, yg di dlm ''kurung'' )


jadi sampai saat ini ga ada masalah ya.


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Indra_k - 20-09-2011 14:43

abu aisyah Menulis:
[quote=Indra_k]
[quote=abu aisyah]
[quote=Indra_k]

jadi sampai saat ini ga ada masalah ya.


ya, Klo saya sih, sampai sekarang ini engak ada masalah sih om Yes


RE: Ganti oli persneling dan gardan - abu aisyah - 20-09-2011 14:56

Indra_k Menulis:

abu aisyah Menulis:
[quote=Indra_k]
[quote=abu aisyah]
[quote=Indra_k]

jadi sampai saat ini ga ada masalah ya.


ya, Klo saya sih, sampai sekarang ini engak ada masalah sih om Yes


ok deh om, sy jg susah nih cari oli yg 75W90 GL 4 utk persneling.


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Indra_k - 20-09-2011 19:07

abu aisyah Menulis:
[quote=Indra_k]

ok deh om, sy jg susah nih cari oli yg 75W90 GL 4 utk persneling.


nah, ane setuju banget nih... ane jg cari oli persneling dgn spek 75w90 GL 4 susah nya minta ampunnn... dah puter2 keliling2 toko2 oli pd engak ada semua...

tp pernah liat d ACE ada yg merk RedLine oli bwat persneling... spek nya sudah sesuai... tp sayang nya cm tgl sisa 1 botol doang (1L) kaga cukup Wallbash (padahal denger2 merk redline itu ok jg)
trs sampe sekarang engak ada2 lagi tuh stok nya di ace... & cari2 d tempet lain pun susahhhTearyeyes


RE: Ganti oli persneling dan gardan - zanetti - 20-09-2011 19:42

ane kl perseneling masih setia ama spirax 80w-90 gl4
kl oli gardan sih masih ganti2.. yg penting masih gl 5 sae 90...
terakhir oli gardan pake rored 90 gl5 Winking


RE: Ganti oli persneling dan gardan - BUDI - 20-09-2011 20:14

abu aisyah Menulis:
ok deh om, sy jg susah nih cari oli yg 75W90 GL 4 utk persneling.


bisa pake oli PERTAMINA RORED EPA SAE 75W90 GL4 bro yg tersedia di SPBU2 PERTAMINA Yagak

ato oli transmisi PERTAMINA khusus utk transmisi boil2 TOYOTA yi RORED MTF SAE 80W90 Winking

ato klo dak mau pake oli2 PERTAMINA bisa pake oli Valvoline HP Gear SAE 75W90 GL4 bnyk dijual di Toda ato Atrium Senen bro ..... oli transmisi ini dulu juga sering dipake ama bro r-phoneix serpong Yagak


RE: Ganti oli persneling dan gardan - abu aisyah - 21-09-2011 08:10

BUDI Menulis:

abu aisyah Menulis:
ok deh om, sy jg susah nih cari oli yg 75W90 GL 4 utk persneling.


bisa pake oli PERTAMINA RORED EPA SAE 75W90 GL4 bro yg tersedia di SPBU2 PERTAMINA Yagak

ato oli transmisi PERTAMINA khusus utk transmisi boil2 TOYOTA yi RORED MTF SAE 80W90 Winking

ato klo dak mau pake oli2 PERTAMINA bisa pake oli Valvoline HP Gear SAE 75W90 GL4 bnyk dijual di Toda ato Atrium Senen bro ..... oli transmisi ini dulu juga sering dipake ama bro r-phoneix serpong Yagak


makasih ya om budi atas informasinya. setelah muter2 kota medan, akhirnya ane menemukan jg oli valvoline gear 75W90 GL4. tp kayaknya ini oli stok/produk lama yah. kl sekarang yg 75W90 menjadi GL 5.


RE: Ganti oli persneling dan gardan - ilhami - 21-09-2011 08:43

PERTAMINA RORED EPA SAE 75W90 GL4 ada ya?
soalnya disini tidak ada: http://pelumas.pertamina.com/Files/price_list.asp


RE: Ganti oli persneling dan gardan - abu aisyah - 21-09-2011 09:06

ilhami Menulis:
PERTAMINA RORED EPA SAE 75W90 GL4 ada ya?
soalnya disini tidak ada: http://pelumas.pertamina.com/Files/price_list.asp


wah, kemungkinan itu produk lama yah & ga di produksi lagi. kl diliat di situs nya yg ada Rored EPA SAE 80W90 GL4. mungkin itu penggantinya. tp mengandung sulphur phosphorus. Berikut ini keterangan dari situsnya:

PERTAMINA RORED EPA SAE 90,140, 80W-90
Bagi kendaraan kerja tugas sedang, oli pada transmisi manualnya bisa mengandalkan Pertamina Rored EPA yang dilengkapi formula aditif Extreme Pressure dari jenis sulphur phosphorus (anglamol). Memenuhi sertifikasi API Service Classification GL-4, MILL-2105 & Mercedes-Benz (Sheet 235.1). Mampu melumasi roda gigi jenis hypoid atau spiral bevel dengan sempurna pada transmisi, gardan & rumah/kotak kemudi kendaraan.

PERTAMINA RORED HDA SAE 90, 140, 80W-90
Khusus kendaraan kerja tugas berat, bisa memakai Pertamina Rored HDA sebagai oli transmisinya. Sesuai standar mutu API Service GL-5, MILL-2105D, Mercedez-Benz (Sheet 235.0). Sistem pelumasannya sangat sempurna bagi roda gigi jenis hypoid atau spiral bevel pada transmisi & gardan, karena mengandung aditif Extreme Pressure dari jenis sulphur phosphorus (anglamol).

PERTAMINA RORED MTF SAE 80W-90
Minyak lumas bagi kendaraan bertransmisi manual. Mampu memberikan efek pemindahan perseneling lebih mudah/halus (Excellent Gear Shifting). Direkomendasikan bagi transmisi manual kendaraan buatan Jepang, Eropa, USA & Korea. Telah memenuhi standarisasi Toyota Manual Transmision Fluid & mendapatkan pengakuan dari Toyota Motor Corporation sebagai Toyota Genuine Manual Transmision Fluid.


RE: Ganti oli persneling dan gardan - BUDI - 21-09-2011 09:51

ilhami Menulis:
PERTAMINA RORED EPA SAE 75W90 GL4 ada ya?
soalnya disini tidak ada: http://pelumas.pertamina.com/Files/price_list.asp


td barusan tanya ke call centrenya PERTAMINA ktnya produk tsb hny dijual drum2 an (208 liter Wallbash) sorry bro klo salah infonya dijual di SPBU2


RE: Ganti oli persneling dan gardan - BUDI - 21-09-2011 09:53

abu aisyah Menulis:

ilhami Menulis:
PERTAMINA RORED EPA SAE 75W90 GL4 ada ya?
soalnya disini tidak ada: http://pelumas.pertamina.com/Files/price_list.asp


wah, kemungkinan itu produk lama yah & ga di produksi lagi. kl diliat di situs nya yg ada Rored EPA SAE 80W90 GL4. mungkin itu penggantinya. tp mengandung sulphur phosphorus. Berikut ini keterangan dari situsnya:

PERTAMINA RORED EPA SAE 90,140, 80W-90
Bagi kendaraan kerja tugas sedang, oli pada transmisi manualnya bisa mengandalkan Pertamina Rored EPA yang dilengkapi formula aditif Extreme Pressure dari jenis sulphur phosphorus (anglamol)Wallbash. Memenuhi sertifikasi API Service Classification GL-4Eek3, MILL-2105 & Mercedes-Benz (Sheet 235.1). Mampu melumasi roda gigi jenis hypoid atau spiral bevel dengan sempurna pada transmisi, gardan & rumah/kotak kemudi kendaraan.

PERTAMINA RORED HDA SAE 90, 140, 80W-90
Khusus kendaraan kerja tugas berat, bisa memakai Pertamina Rored HDA sebagai oli transmisinya. Sesuai standar mutu API Service GL-5, MILL-2105D, Mercedez-Benz (Sheet 235.0). Sistem pelumasannya sangat sempurna bagi roda gigi jenis hypoid atau spiral bevel pada transmisi & gardan, karena mengandung aditif Extreme Pressure dari jenis sulphur phosphorus (anglamol).

PERTAMINA RORED MTF SAE 80W-90
Minyak lumas bagi kendaraan bertransmisi manual. Mampu memberikan efek pemindahan perseneling lebih mudah/halus (Excellent Gear Shifting). Direkomendasikan bagi transmisi manual kendaraan buatan Jepang, Eropa, USA & Korea. Telah memenuhi standarisasi Toyota Manual Transmision Fluid & mendapatkan pengakuan dari Toyota Motor Corporation sebagai Toyota Genuine Manual Transmision Fluid.


mustinya klo memenuhi std GL4 wajib tidak mengandung sulphur phosphorus, waduh kok gitu ya produk2 oli PERTAMINA (isinya ama std ujinya kok bertolak belakang Wallbash, jgn2 blum pernah diujikan ke GL4 Wallbash)


RE: Ganti oli persneling dan gardan - abu aisyah - 21-09-2011 16:26

BUDI Menulis:

abu aisyah Menulis:

ilhami Menulis:
PERTAMINA RORED EPA SAE 75W90 GL4 ada ya?
soalnya disini tidak ada: http://pelumas.pertamina.com/Files/price_list.asp


wah, kemungkinan itu produk lama yah & ga di produksi lagi. kl diliat di situs nya yg ada Rored EPA SAE 80W90 GL4. mungkin itu penggantinya. tp mengandung sulphur phosphorus. Berikut ini keterangan dari situsnya:

PERTAMINA RORED EPA SAE 90,140, 80W-90
Bagi kendaraan kerja tugas sedang, oli pada transmisi manualnya bisa mengandalkan Pertamina Rored EPA yang dilengkapi formula aditif Extreme Pressure dari jenis sulphur phosphorus (anglamol)Wallbash. Memenuhi sertifikasi API Service Classification GL-4Eek3, MILL-2105 & Mercedes-Benz (Sheet 235.1). Mampu melumasi roda gigi jenis hypoid atau spiral bevel dengan sempurna pada transmisi, gardan & rumah/kotak kemudi kendaraan.

PERTAMINA RORED HDA SAE 90, 140, 80W-90
Khusus kendaraan kerja tugas berat, bisa memakai Pertamina Rored HDA sebagai oli transmisinya. Sesuai standar mutu API Service GL-5, MILL-2105D, Mercedez-Benz (Sheet 235.0). Sistem pelumasannya sangat sempurna bagi roda gigi jenis hypoid atau spiral bevel pada transmisi & gardan, karena mengandung aditif Extreme Pressure dari jenis sulphur phosphorus (anglamol).

PERTAMINA RORED MTF SAE 80W-90
Minyak lumas bagi kendaraan bertransmisi manual. Mampu memberikan efek pemindahan perseneling lebih mudah/halus (Excellent Gear Shifting). Direkomendasikan bagi transmisi manual kendaraan buatan Jepang, Eropa, USA & Korea. Telah memenuhi standarisasi Toyota Manual Transmision Fluid & mendapatkan pengakuan dari Toyota Motor Corporation sebagai Toyota Genuine Manual Transmision Fluid.


mustinya klo memenuhi std GL4 wajib tidak mengandung sulphur phosphorus, waduh kok gitu ya produk2 oli PERTAMINA (isinya ama std ujinya kok bertolak belakang Wallbash, jgn2 blum pernah diujikan ke GL4 Wallbash)


yah begitulah om nyatanya produk kita ini. ane baca di -> http://www.pertaminaracing.com/produk/


RE: Ganti oli persneling dan gardan - w_nairda - 21-09-2011 17:09

Widiiih...GL 4 produk Pertamina pakai sulphur phosphorus? Nah lo....gimana nih?
Kayaknya asal ketik tuh website-nya...Masa info produk Rored EDP & Rored HDA hampir sama isinya? Dua-duanya bia buat gardan & transmisi pula....Wallbash


RE: Ganti oli persneling dan gardan - kend - 21-09-2011 17:10

waduh...

mobil ane dari baru desember 2009 sampai sekarang belum ganti olie gardan ama olie transmissi.
sekarang si 26,000 km. gimana nih?

lha wong olie mesin aja rekomendasi nya 10,000 km ane selalu ganti di 5000km.

telat gak ya?

klu ganti olie gardan ama transmissi berapa duit ya klu pakai produk Castrol ato Shell ?

please....info nya ya....

ssambil nanya dikit nih, kenapa kok olie transmissi dan gardan lama banget gantinya, sampai 40,000 km segala? apa ini olie gak bisa menguap ya?

thanks


RE: Ganti oli persneling dan gardan - abu aisyah - 21-09-2011 17:17

kend Menulis:
waduh...

mobil ane dari baru desember 2009 sampai sekarang belum ganti olie gardan ama olie transmissi.
sekarang si 26,000 km. gimana nih?

lha wong olie mesin aja rekomendasi nya 10,000 km ane selalu ganti di 5000km.

telat gak ya? Kayaknya pantes aja, tergantung duitnya

klu ganti olie gardan ama transmissi berapa duit ya klu pakai produk Castrol ato Shell ? ane baru ganti transmisi Shell Spirax GX 75W90 GL4 (75rb/ltr) dan gardan pake Gulf Gear MP 80W90 GL5 (49rb/ltr)

please....info nya ya....

ssambil nanya dikit nih, kenapa kok olie transmissi dan gardan lama banget gantinya, sampai 40,000 km segala? apa ini olie gak bisa menguap ya? menurut org beres itu hanya rekomendasi aja..

thanks




RE: Ganti oli persneling dan gardan - herrianto - 06-10-2011 02:00

Indra_k Menulis:

abu aisyah Menulis:
[quote=Indra_k]

ok deh om, sy jg susah nih cari oli yg 75W90 GL 4 utk persneling.


nah, ane setuju banget nih... ane jg cari oli persneling dgn spek 75w90 GL 4 susah nya minta ampunnn... dah puter2 keliling2 toko2 oli pd engak ada semua...

tp pernah liat d ACE ada yg merk RedLine oli bwat persneling... spek nya sudah sesuai... tp sayang nya cm tgl sisa 1 botol doang (1L) kaga cukup Wallbash (padahal denger2 merk redline itu ok jg)
trs sampe sekarang engak ada2 lagi tuh stok nya di ace... & cari2 d tempet lain pun susahhhTearyeyes


Oli Redline memang bagus, Oom Indra. Harganya juga bagus banget. Tapi memang harganya ngga bohong lah.

Sedikit cerita ya, AvG saya (tahun 2005 odometer 140ribuan) setiap injak dan lepas pedal kopling sewaktu mobil jalan, gardannya selalu bunyi "bletak-bletuk". Makin lama makin nyaring bunyinya dan bikin sakit kuping juga. Kayaknya gardan Avanza rada-rada gimana ya quality nya...

Tadinya saya coba cari oli gear Redline yang type shockproof, tanya kesana-kemari sampai ke importirnya, barang itu memang sudah lama kosong.
Akhirnya sebelum Lebaran kemarin coba ganti oli Redline MTL SAE 70W/80 GL-4 buat persneling dan Redline Gear SAE 75W/90 GL-5+ (sudah support sampai GL-6) buat gardan di Toda. Harga perliternya hampir 150ribuan.
Ajaib juga, suara bletak-bletuk di gardan berkurang drastis. Masih ada bunyi sedikit tapi jauh lah berkurangnya dibandingkan sebelum pakai Redline. Yang pasti sudah ngga sakit kuping lagi.
Kalau oli persnelingnya agak encer mirip-mirip ATF tapi tetap specs GL-4, shifting jadi lebih smooth. Oli Redline MTL ngga boleh masuk ke Gardan lho, demikian juga oli Redline Gear ngga boleh masuk ke persneling. Oli gearnya support sampai GL-6, takutnya malah bikin synchromesh berantakan kalau dimasukkan ke gearbox.

Mungkin kalau dari awal diisi oli sebagus ini, gardannya ngga sampai bunyi ya... Tapi memang harganya mahal banget sih menurut saya, tapi daripada makin miris dengar bunyi gardan yang makin ramai, terpaksa deh...

Beberapa hari yang lalu saya beli lagi type oli yang sama, tapi masing-masing cuma 1 liter, jadi bisa kongsian sama teman yang pakai Avanza juga. Tiap mobil jatahnya @ 1,5 liter. (gardan 1,5 liter, gearbox 1,3 liter kalau ngga salah).

Kalau menurut saya, untuk kompensasi kualitas material yang pas-pas an, kita mesti cover dengan pelumas yang kualitasnya lebih baik, kalau memang mobilnya mau dipakai longterm and high mileage seperti mobil saya.

Thanks and regards.


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Indra_k - 06-10-2011 10:07

herrianto Menulis:

Indra_k Menulis:

abu aisyah Menulis:
[quote=Indra_k]

ok deh om, sy jg susah nih cari oli yg 75W90 GL 4 utk persneling.


nah, ane setuju banget nih... ane jg cari oli persneling dgn spek 75w90 GL 4 susah nya minta ampunnn... dah puter2 keliling2 toko2 oli pd engak ada semua...

tp pernah liat d ACE ada yg merk RedLine oli bwat persneling... spek nya sudah sesuai... tp sayang nya cm tgl sisa 1 botol doang (1L) kaga cukup Wallbash (padahal denger2 merk redline itu ok jg)
trs sampe sekarang engak ada2 lagi tuh stok nya di ace... & cari2 d tempet lain pun susahhhTearyeyes


Oli Redline memang bagus, Oom Indra. Harganya juga bagus banget. Tapi memang harganya ngga bohong lah.

Sedikit cerita ya, AvG saya (tahun 2005 odometer 140ribuan) setiap injak dan lepas pedal kopling sewaktu mobil jalan, gardannya selalu bunyi "bletak-bletuk". Makin lama makin nyaring bunyinya dan bikin sakit kuping juga. Kayaknya gardan Avanza rada-rada gimana ya quality nya...

Tadinya saya coba cari oli gear Redline yang type shockproof, tanya kesana-kemari sampai ke importirnya, barang itu memang sudah lama kosong.
Akhirnya sebelum Lebaran kemarin coba ganti oli Redline MTL SAE 70W/80 GL-4 buat persneling dan Redline Gear SAE 75W/90 GL-5+ (sudah support sampai GL-6) buat gardan di Toda. Harga perliternya hampir 150ribuan.
Ajaib juga, suara bletak-bletuk di gardan berkurang drastis. Masih ada bunyi sedikit tapi jauh lah berkurangnya dibandingkan sebelum pakai Redline. Yang pasti sudah ngga sakit kuping lagi.
Kalau oli persnelingnya agak encer mirip-mirip ATF tapi tetap specs GL-4, shifting jadi lebih smooth. Oli Redline MTL ngga boleh masuk ke Gardan lho, demikian juga oli Redline Gear ngga boleh masuk ke persneling. Oli gearnya support sampai GL-6, takutnya malah bikin synchromesh berantakan kalau dimasukkan ke gearbox.

Mungkin kalau dari awal diisi oli sebagus ini, gardannya ngga sampai bunyi ya... Tapi memang harganya mahal banget sih menurut saya, tapi daripada makin miris dengar bunyi gardan yang makin ramai, terpaksa deh...

Beberapa hari yang lalu saya beli lagi type oli yang sama, tapi masing-masing cuma 1 liter, jadi bisa kongsian sama teman yang pakai Avanza juga. Tiap mobil jatahnya @ 1,5 liter. (gardan 1,5 liter, gearbox 1,3 liter kalau ngga salah).

Kalau menurut saya, untuk kompensasi kualitas material yang pas-pas an, kita mesti cover dengan pelumas yang kualitasnya lebih baik, kalau memang mobilnya mau dipakai longterm and high mileage seperti mobil saya.

Thanks and regards.


Wih... hebat si om, akhir nya dpt juga yak cari2 Oli Red LineGozkirpma
emang sih om itu oli emang udah banyak yg Cap sebagai RECOMENDED Gozkirpma
walu agak susah d carinya d sini & harganya yg tergolong Mahal...
tp dgn kinerja oli tersebut memuaskan kan OmBravo

*btw, si om cari nya d Toda mana om?.....


RE: Ganti oli persneling dan gardan - herrianto - 06-10-2011 10:36

Indra_k Menulis:

herrianto Menulis:

Indra_k Menulis:

abu aisyah Menulis:
[quote=Indra_k]


Oli Redline memang bagus, Oom Indra. Harganya juga bagus banget. Tapi memang harganya ngga bohong lah.

Sedikit cerita ya, AvG saya (tahun 2005 odometer 140ribuan) setiap injak dan lepas pedal kopling sewaktu mobil jalan, gardannya selalu bunyi "bletak-bletuk". Makin lama makin nyaring bunyinya dan bikin sakit kuping juga. Kayaknya gardan Avanza rada-rada gimana ya quality nya...

Tadinya saya coba cari oli gear Redline yang type shockproof, tanya kesana-kemari sampai ke importirnya, barang itu memang sudah lama kosong.
Akhirnya sebelum Lebaran kemarin coba ganti oli Redline MTL SAE 70W/80 GL-4 buat persneling dan Redline Gear SAE 75W/90 GL-5+ (sudah support sampai GL-6) buat gardan di Toda. Harga perliternya hampir 150ribuan.
Ajaib juga, suara bletak-bletuk di gardan berkurang drastis. Masih ada bunyi sedikit tapi jauh lah berkurangnya dibandingkan sebelum pakai Redline. Yang pasti sudah ngga sakit kuping lagi.
Kalau oli persnelingnya agak encer mirip-mirip ATF tapi tetap specs GL-4, shifting jadi lebih smooth. Oli Redline MTL ngga boleh masuk ke Gardan lho, demikian juga oli Redline Gear ngga boleh masuk ke persneling. Oli gearnya support sampai GL-6, takutnya malah bikin synchromesh berantakan kalau dimasukkan ke gearbox.

Mungkin kalau dari awal diisi oli sebagus ini, gardannya ngga sampai bunyi ya... Tapi memang harganya mahal banget sih menurut saya, tapi daripada makin miris dengar bunyi gardan yang makin ramai, terpaksa deh...

Beberapa hari yang lalu saya beli lagi type oli yang sama, tapi masing-masing cuma 1 liter, jadi bisa kongsian sama teman yang pakai Avanza juga. Tiap mobil jatahnya @ 1,5 liter. (gardan 1,5 liter, gearbox 1,3 liter kalau ngga salah).

Kalau menurut saya, untuk kompensasi kualitas material yang pas-pas an, kita mesti cover dengan pelumas yang kualitasnya lebih baik, kalau memang mobilnya mau dipakai longterm and high mileage seperti mobil saya.

Thanks and regards.


Wih... hebat si om, akhir nya dpt juga yak cari2 Oli Red LineGozkirpma
emang sih om itu oli emang udah banyak yg Cap sebagai RECOMENDED Gozkirpma
walu agak susah d carinya d sini & harganya yg tergolong Mahal...
tp dgn kinerja oli tersebut memuaskan kan OmBravo

*btw, si om cari nya d Toda mana om?.....


Saya terakhir beli di Toda Cideng. Tapi semua cabang Toda harusnya ada, mereka juga pegang Redline.
Di Rev Engineering juga ada.
Waroeng Oli yang di PMK juga pegang Redline, selain disitu kayaknya ngga ada lagi yang pegang. Pernah keliling PMK cari oli merek itu.


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Indra_k - 06-10-2011 21:11

herrianto Menulis:

Indra_k Menulis:

*btw, si om cari nya d Toda mana om?.....


Saya terakhir beli di Toda Cideng. Tapi semua cabang Toda harusnya ada, mereka juga pegang Redline.
Di Rev Engineering juga ada.
Waroeng Oli yang di PMK juga pegang Redline, selain disitu kayaknya ngga ada lagi yang pegang. Pernah keliling PMK cari oli merek itu.


Ouu, Toda Cideng Wink_kiss
bsk2 mw meluncur ke sana dah... xixixixixi
thx ya om info nyaGozkirpma


RE: Ganti oli persneling dan gardan - zahputra - 07-12-2011 15:15

numpang tanya para suhu
untuk isi oli tranmisi untuk pengisian sbl mana, plus utk buang, kenapa perseneleng avanza mbl ane klo untuk mundur susah klo sdh msk dikembalikan bunyi gluduk apa krn oli tranmisinya


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Yongis - 31-12-2011 15:32

iya dimana ya? ,dibelakang saya liat ada 2baut tapi apa iya itu? tumpahanya masak ke sasis? kotor dong? ,disamping kiri ada baut kunci L bintang ..apa itu tempat masuknya?


RE: Ganti oli persneling dan gardan - abu aisyah - 02-01-2012 17:33

Yongis Menulis:
iya dimana ya? ,dibelakang saya liat ada 2baut tapi apa iya itu? tumpahanya masak ke sasis? kotor dong? ,disamping kiri ada baut kunci L bintang ..apa itu tempat masuknya?


coba lacak aja di sini om, gambarnya udh pernah diposting kok.


RE: Ganti oli persneling dan gardan - t4uf1kNlr - 10-01-2012 14:01

sy kmren d dutamas fatmawati dpt oli transmisi : shell spirax gx gear oil 75W-90 GL4, 65br/lt. ktny, itu aj dah jarang yg punya, tau deh ntar klo ganti lg msh ada kagak.
untuk gardan pake yg sae 90 GL5, yg murah 35rb/lt.


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Indra_k - 10-01-2012 19:13

t4uf1kNlr Menulis:
sy kmren d dutamas fatmawati dpt oli transmisi : shell spirax gx gear oil 75W-90 GL4, 65br/lt. ktny, itu aj dah jarang yg punya, tau deh ntar klo ganti lg msh ada kagak.
untuk gardan pake yg sae 90 GL5, yg murah 35rb/lt.


iya om, untuk shell spirax 75w-90 GL 4 itu udah susah carinya... saya dlu cari di pom shell katanya udah engak kluar lg yg 75-90 itu, sekarang yg ''baru'' katanya yg botol item tp sae nya engak lg 75-90... tp 80 ato 90 gitu (lupa saya) jd cuma single grade gitu.

jd kemungkinan makin kedepannya, bakalan makin susah tu carinya om yg spirax 75w-90...


RE: Ganti oli persneling dan gardan - t4uf1kNlr - 10-01-2012 20:40

Indra_k Menulis:
iya om, untuk shell spirax 75w-90 GL 4 itu udah susah carinya... saya dlu cari di pom shell katanya udah engak kluar lg yg 75-90 itu, sekarang yg ''baru'' katanya yg botol item tp sae nya engak lg 75-90... tp 80 ato 90 gitu (lupa saya) jd cuma single grade gitu.

jd kemungkinan makin kedepannya, bakalan makin susah tu carinya om yg spirax 75w-90...


Ya betul om, sy sblumny k pom shell adany yg item sae-90.
Minggu kmren waktu sy k lottemart, ada yg 75w-90 gl4 merk castrol, hargany cukup brsahabat skitar 40an rb lho.
Klo misal belinya skarang tapi pakeny msh bbrp bulan lg, pngaruh ga ya oliny ketika dipake?


RE: Ganti oli persneling dan gardan - Indra_k - 10-01-2012 21:05

t4uf1kNlr Menulis:

Indra_k Menulis:
iya om, untuk shell spirax 75w-90 GL 4 itu udah susah carinya... saya dlu cari di pom shell katanya udah engak kluar lg yg 75-90 itu, sekarang yg ''baru'' katanya yg botol item tp sae nya engak lg 75-90... tp 80 ato 90 gitu (lupa saya) jd cuma single grade gitu.

jd kemungkinan makin kedepannya, bakalan makin susah tu carinya om yg spirax 75w-90...


Ya betul om, sy sblumny k pom shell adany yg item sae-90.
Minggu kmren waktu sy k lottemart, ada yg 75w-90 gl4 merk castrol, hargany cukup brsahabat skitar 40an rb lho.
Klo misal belinya skarang tapi pakeny msh bbrp bulan lg, pngaruh ga ya oliny ketika dipake?


kyknya engak masalah sih om, beli oli u/ di simpen bbbrp bulan... asalkan kemasan oli nya msh baik, engak rusak aja, saya rasa engak masalahYes


RE: Ganti oli persneling dan gardan - puputo - 21-03-2012 11:08

gardan avanza hypoid apa LS (Limited Slip) ya bro ? kemaren baru ganti kendall NS MP Hypoid Gear GL 5 SAE 80-90, bener gak pake itu ?


RE: Ganti oli persneling dan gardan - zanetti - 21-03-2012 23:03

puputo Menulis:
gardan avanza hypoid apa LS (Limited Slip) ya bro ? kemaren baru ganti kendall NS MP Hypoid Gear GL 5 SAE 80-90, bener gak pake itu ?


bener kok om pake yg itu Topdeh


RE: Ganti oli persneling dan gardan - herrianto - 23-03-2012 23:20

puputo Menulis:
gardan avanza hypoid apa LS (Limited Slip) ya bro ? kemaren baru ganti kendall NS MP Hypoid Gear GL 5 SAE 80-90, bener gak pake itu ?


Yang pasti gardan Avanza model hypoid tapi bukan LS.