Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Alarm Avanza Klakson Tidak Bunyi, Hanya Lampu Sein Kedip - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Spare Part & Aksesoris (/forumdisplay.php?fid=18)
+--- Topik: Alarm Avanza Klakson Tidak Bunyi, Hanya Lampu Sein Kedip (/showthread.php?tid=18804)


Alarm Avanza Klakson Tidak Bunyi, Hanya Lampu Sein Kedip - Raymond Sutjiadi - 11-10-2010 10:25

Mobil saya Avanza G VVT-i tahun 2007. Terjadi keanehan pada sistem alarm. Secara sepintas alarm tampak baik-baik saja. Waktu buka pintu pakai remote terdengar bunyi klakson pendek 2 kali dan lampu sein kedip 2 kali. Waktu kunci pintu pakai remote juga terdengar bunyi klakson pendek 1 kali dan lampu sein kedip 1 kali. Jika waktu kunci pintu sedangkan ada pintu yang belum ditutup sempurna, maka klakson bunyi 3 kali dan lampu sein kedip 3 kali. Dari penjelasan di atas asumsinya vallet mode tidak aktif kan...

Jika pintu dikunci dengan remote kemudian pintu dibuka dengan kunci manual, maka alarm langsung aktif (lampu sein berkedip-kedip dan klakson berbunyi). Asumsinya alarm bekerja dan aktif kan...

Yang jadi pertanyaan adalah ketika mobil saya terkena benturan ringan maka hanya lampu sein yang berkedip satu kali sedangkan klakson tidak berbunyi. Sedangkan jika terkena benturan keras maka hanya lampu sein yang berkedip-kedip tetapi klakson tetap tidak bunyi. Mengapa ini bisa terjadi? Apakah memang sistem alarm (khususnya untuk sensor benturan) tidak terhubung dengan klakson? Padahal di buku manual alarm jelas-jelas ditulis jika kena benturan maka klakson harusnya berbunyi juga.

Adakah yang mengalami hal serupa? Bagaimana penanganannya? Mohon bantuannya...


RE: Alarm Avanza Klakson Tidak Bunyi, Hanya Lampu Sein Kedip - Pras - 11-10-2010 10:35

masuk mode valet...

coba baca baca di Tip alarm Avanza


RE: Alarm Avanza Klakson Tidak Bunyi, Hanya Lampu Sein Kedip - Raymond Sutjiadi - 11-10-2010 10:43

Vallet mode saya pastikan tidak aktif.

Alasannya, lampu indikator saat alarm stand by adalah kedip-kedip, bukan nyala terus. Selain itu, seperti yang sudah saya jelaskan di atas, saat buka dan kunci mobil pakai remote klakson tetap bunyi. Sedangkan pada vallet mode klakson tidak bunyi kan.

Saya pernah coba aktifkan vallet mode, lalu saya non aktifkan lagi dengan cara putar kunci ACC-ON sebanyak tiga kali. Tapi masalah tetap muncul.


RE: Alarm Avanza Klakson Tidak Bunyi, Hanya Lampu Sein Kedip - kend - 11-10-2010 12:44

Alarm ane sama seperti itu om...
klu ada sedikit berisik hanya kedip2 aja lampu sign, klakson tidak menyalak.

semoga ini normal2 aja.


RE: Alarm Avanza Klakson Tidak Bunyi, Hanya Lampu Sein Kedip - Raymond Sutjiadi - 11-10-2010 12:52

kend Menulis:
Alarm ane sama seperti itu om...
klu ada sedikit berisik hanya kedip2 aja lampu sign, klakson tidak menyalak.

semoga ini normal2 aja.


Yup, moga-moga aja emang dari sononya didesain gitu. Cuma anehnya kok nggak sesuai antara kenyataan dengan buku manualnya. Saya aja selama ini tidak pernah cek karena saya pikir semuanya normal. Eh begitu iseng pengen ngecek, baru deh ketemu masalah ini....

Mohon konfirmasi dari yang lain yang lebih berpengalaman nih, apa memang betul hal ini normal?


RE: Alarm Avanza Klakson Tidak Bunyi, Hanya Lampu Sein Kedip - korzlet - 11-10-2010 14:27

kalo alarm ane mah, sein kedip2 dan klakson juga nyalak tapi bunyinya juga ringan... itu kalo benturannya ringan...
tapi kalo keras, atau ada pergerakan yg terus menerus dideteksi, maka klakson dan sein kedip2 dan nyalak dengan kerasnya...


RE: Alarm Avanza Klakson Tidak Bunyi, Hanya Lampu Sein Kedip - Helmi Darma Putra - 20-10-2010 20:10

Kalau saya sensitif bgt bro.Ada motor pake knalpot racing lwt,nyalak tuh alarm.Jd malu kalau lg parkir pinggir jalan.


RE: Alarm Avanza Klakson Tidak Bunyi, Hanya Lampu Sein Kedip - dianfatur - 21-10-2010 09:26

Helmi Darma Putra Menulis:
Kalau saya sensitif bgt bro.Ada motor pake knalpot racing lwt,nyalak tuh alarm.Jd malu kalau lg parkir pinggir jalan.


sensitivitasnya bisa diset bro ..., setan-nya ada di main unit alarm di kiri-bawah setir ...


RE: Alarm Avanza Klakson Tidak Bunyi, Hanya Lampu Sein Kedip - andis - 21-10-2010 12:12

Mobil di tes di tabrak tidak ..?
Lah ane tabrak tembok beper depan pecok dikit tidak bunyi tuh alarm dan lampu juga tidak nyala.
kurang keras kali tabraknya , di coba dulu di tabrak ke tembok lebih keras baru nyala kali tuh alarm.
sudah ada yang coba belum ya ....


RE: Alarm Avanza Klakson Tidak Bunyi, Hanya Lampu Sein Kedip - MirZ - 22-10-2010 05:57

andis Menulis:
Mobil di tes di tabrak tidak ..?
Lah ane tabrak tembok beper depan pecok dikit tidak bunyi tuh alarm dan lampu juga tidak nyala.
kurang keras kali tabraknya , di coba dulu di tabrak ke tembok lebih keras baru nyala kali tuh alarm.
sudah ada yang coba belum ya ....


jangan saya om.. WallbashWallbash
Tongue1Tongue1


RE: Alarm Avanza Klakson Tidak Bunyi, Hanya Lampu Sein Kedip - BangBud - 08-11-2010 11:35

bos, klakson ane jug mengalami hal yg sama. kalao buka/tutup pintu alarm hanya lampu sein sj yg berkedip, tp klakson tidak bunyi., padahal klakson sy tes masi hidup. ini terjadi semenjak setelah terjadi benturan tabrakan kecil, trus gmn ya cara penanganannya ya. mhn ikut memantau ya gan...tks