Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Mesin Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=5)
+--- Topik: ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT (/showthread.php?tid=18695)


ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - ArtVANZA - 28-09-2010 09:22

RR sekalian, ane mau tanya nih...

mobil ane avanza th2005, sekarang kalau pagi atau kalau mobil berhenti lama dikantor, maka waktu ngidupin mesin ada ASAP PUTIH keluar dari knalpotnya, lumayan tebal (banyak).Hikhik

sebelumnya juga selalu begitu kalau hidupin mobil pagi hari, tapi gak sebanyak skrg (katanya karena pengembunan di ruang mesin atau knalpot)
dan sebelumnya, juga begitu mesin udah mencapai temperatur normal atau dibawa jalan sebentar asapnya udah langsung hilang.

nah sekarang tuh, asapnya cukup banyak dan tebal (warna putih) walau di dashboard temperatur nya udah ada di tengah (normal) dan ketika dibawa jalan +/- 2km itu asap putih masih keluar banyak. tapi begitu jalan lebih jauh lagi baru asapnya udah gak ada (hilang)

apakah masih dalam kondisi normal kalau begini? atau ada yang salah yah?

mohon masukan dan info agan2 semua, thanks.

oh ya..nambahin, seminggu yang lalu mobil ane pernah overheat, tapi gak sampai mati mesinnya. karena ane nyadar setelah ac nya gak dingin check ke dashboard udah ada di level H temperaturnya, buru2 matiin mesin....apakah ada hubungannya yah? 095


RE: ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - BUDI - 28-09-2010 09:43

coba cek level oli mesin (kondisi mesin panas/ sktr 2-3 menit stlh boil dipake) klo level oli cepet turun (oli mesin boros) berarti udah musti ganti ring piston (top overhaul).
biasanya kondisi ini cepet terjadi krn waktu running-in (inreyen) tidak proper, spt misalnya oli bawaan pabrik lsg diganti ama oli sintetik (mustinya wkt running-in pake oli mineral s/d 5.000-10.000 km pertama).


RE: ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - ewan - 28-09-2010 09:47

waduh moga ga ada apa2 y bro...Yagak
moga bukan oli yg kebakar...Super tp asapnya putih y bro, moga normal aj.

sabar y om nunggu komen dr suhu suhu disini... Babay


RE: ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - ArtVANZA - 28-09-2010 10:39

BUDI Menulis:
coba cek level oli mesin (kondisi mesin panas/ sktr 2-3 menit stlh boil dipake) klo level oli cepet turun (oli mesin boros) berarti udah musti ganti ring piston (top overhaul).
biasanya kondisi ini cepet terjadi krn waktu running-in (inreyen) tidak proper, spt misalnya oli bawaan pabrik lsg diganti ama oli sintetik (mustinya wkt running-in pake oli mineral s/d 5.000-10.000 km pertama).


pak budi sorry banget mau tanya soal "level oli cepet turun" gak ngerti Tuh

apa cek oli saat mesin dingin dulu baru cek lagi saat mesin panas?

ewan Menulis:
waduh moga ga ada apa2 y bro...Yagak
moga bukan oli yg kebakar...Super tp asapnya putih y bro, moga normal aj.

sabar y om nunggu komen dr suhu suhu disini... Babay


thank you bro Topdeh


RE: ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - kend - 28-09-2010 10:55

Coba di cek juga baunya...
klu cuma pengembunan, asap itu cuma uap air, baunya juga bukan bau ke bakar.
ini mah normal.... apalagi embunnya sampai netes keluar kenalpot ( kata nya sih ini menunjukkan pembakaran yg baik).

klu oli yg kebakar, asep nya bikin pedih di mata, ada bau oli kebakar, berasa di belakang bajaj.
klu case ini yg terjadi, segera ke bengkel mas.... ada yg gak beres....


RE: ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - ArtVANZA - 28-09-2010 11:00

kend Menulis:
Coba di cek juga baunya...
klu cuma pengembunan, asap itu cuma uap air, baunya juga bukan bau ke bakar.
ini mah normal.... apalagi embunnya sampai netes keluar kenalpot ( kata nya sih ini menunjukkan pembakaran yg baik).

klu oli yg kebakar, asep nya bikin pedih di mata, ada bau oli kebakar, berasa di belakang bajaj.
klu case ini yg terjadi, segera ke bengkel mas.... ada yg gak beres....


nah kalau bau sih belum di cek, tapi sekilas tadi pagi ada air netes dari knalpot juga sih 095


RE: ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - BUDI - 28-09-2010 11:57

ArtVANZA Menulis:
pak budi sorry banget mau tanya soal "level oli cepet turun" gak ngerti Tuh

apa cek oli saat mesin dingin dulu baru cek lagi saat mesin panas?


Bukan bgt bro, maksudnya diperbandingkan level oli ketika awal ganti oli (km 0) dgn level oli setelah pemakaian misalnya km 2000. Biasanya oli pasti abis (krn menguap klo normal) mungkin turun 0,5 cm di dipsticknya ttp klo oli ikut naik & terbakar di ruang bakar krn lolos lbh banyak dr celah ring piston maka level oli pasti turun lebih banyak.
klo soal cek level oli mmg hrs dalam kondisi mesin panas (lebih akurat)

Curiga ke ring piston krn asap putih muncul pada saat kondisi mesin masih dingin & abis overheat.
- Pada kondisi mesin masih dingin, ring piston belum mengembang dgn sempurna shg akan lebih banyak oli yg bisa menerobos masuk ke ruang bakar dari celah ring piston dgn silinder lubang piston.
- ketika overheat, ring piston akan mengembang 'over' (terlalu mengembang) dapat meningkatkan gesekan lebih besar antara ring piston ke dinding silinder lubang piston akibatnya ketika temperature mesin kembali normal maka celah antara ring piston & dinding silinder tsb telah menjadi lebih renggang akibat overheat tadi & lbh banyak oli yg menerobos masuk ke ruang bakar mell celah tsb (oli yg terbakar = asap putih)
CMIIW


RE: ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - ArtVANZA - 28-09-2010 12:23

owhh begitu....emang kudu bawa kebengkel deh nih kayanya Sad


RE: ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - BUDI - 28-09-2010 12:27

coba olinya dikasih nano-nano dulu bro krn iklan nano khan bisa nutupin pori-pori dinding silinder skln buktiin apa betul nano itu ckp ampuh ato cuman iklannya saja Haha
klo asap putihnya ada saat mesin dingin blum parah itu bro, coba amati dulu pemakaian oli mesinnya dari km 0 sampai ketika mau ganti oli lagi : boros ato tidak ? sebaiknya jgn pake oli sintetik yg lebih cair (SAE 5W40) ttp pake aza oli mineral yg lebih kental (SAE 20W50 misalnya) & jadi wajib lebih sering cek level oli supaya jgn ampe oli kering (levelnya dibawah batas MIN akibat lbh bnyk terbakar)


RE: ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - ArtVANZA - 28-09-2010 13:00

BUDI Menulis:
coba olinya dikasih nano-nano dulu bro krn iklan nano khan bisa nutupin pori-pori dinding silinder skln buktiin apa betul nano itu ckp ampuh ato cuman iklannya saja Haha
klo asap putihnya ada saat mesin dingin blum parah itu bro, coba amati dulu pemakaian oli mesinnya dari km 0 sampai ketika mau ganti oli lagi : boros ato tidak ? sebaiknya jgn pake oli sintetik yg lebih cair (SAE 5W40) ttp pake aza oli mineral yg lebih kental (SAE 20W50 misalnya) & jadi wajib lebih sering cek level oli supaya jgn ampe oli kering (levelnya dibawah batas MIN akibat lbh bnyk terbakar)


walah serius tuh? Eek3 ya udah tar beli permen nano2 dulu hahaha....

kalau yang saya perhatiin sih emang saat mesin dingin doang asapnya tebal gitu. begitu udah panas udah gak ada..wah mudah2-an bro budi, semoga gak parah.

kalau mengamati oli mesin kudu ganti oli dulu yah, dikit lagi sih km nya hehehe

btw itu sae 20w50 gak bikin putaran mesin jadi berat ya bro bud? pernah baca2 dan setiap kebengkel malah disaranin sae 20w40 095


RE: ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - andry2010 - 28-09-2010 13:31

ArtVANZA Menulis:

BUDI Menulis:
coba olinya dikasih nano-nano dulu bro krn iklan nano khan bisa nutupin pori-pori dinding silinder skln buktiin apa betul nano itu ckp ampuh ato cuman iklannya saja Haha
klo asap putihnya ada saat mesin dingin blum parah itu bro, coba amati dulu pemakaian oli mesinnya dari km 0 sampai ketika mau ganti oli lagi : boros ato tidak ? sebaiknya jgn pake oli sintetik yg lebih cair (SAE 5W40) ttp pake aza oli mineral yg lebih kental (SAE 20W50 misalnya) & jadi wajib lebih sering cek level oli supaya jgn ampe oli kering (levelnya dibawah batas MIN akibat lbh bnyk terbakar)


walah serius tuh? Eek3 ya udah tar beli permen nano2 dulu hahaha....

kalau yang saya perhatiin sih emang saat mesin dingin doang asapnya tebal gitu. begitu udah panas udah gak ada..wah mudah2-an bro budi, semoga gak parah.

kalau mengamati oli mesin kudu ganti oli dulu yah, dikit lagi sih km nya hehehe

btw itu sae 20w50 gak bikin putaran mesin jadi berat ya bro bud? pernah baca2 dan setiap kebengkel malah disaranin sae 20w40 095


ini polos beneran atau apa yah 095 095

kamsud nya nano energizer brader Whistling


RE: ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - BUDI - 28-09-2010 13:32

ArtVANZA Menulis:

BUDI Menulis:
coba olinya dikasih nano-nano dulu bro krn iklan nano khan bisa nutupin pori-pori dinding silinder skln buktiin apa betul nano itu ckp ampuh ato cuman iklannya saja Haha
klo asap putihnya ada saat mesin dingin blum parah itu bro, coba amati dulu pemakaian oli mesinnya dari km 0 sampai ketika mau ganti oli lagi : boros ato tidak ? sebaiknya jgn pake oli sintetik yg lebih cair (SAE 5W40) ttp pake aza oli mineral yg lebih kental (SAE 20W50 misalnya) & jadi wajib lebih sering cek level oli supaya jgn ampe oli kering (levelnya dibawah batas MIN akibat lbh bnyk terbakar)


walah serius tuh? Eek3 ya udah tar beli permen nano2 dulu hahaha....bukan permen nano-nano Big Grin bro ttp nano energizer (nano ceramic coating technology) yg dijual ama salah satu sponsor AvanzaXenia.net

kalau yang saya perhatiin sih emang saat mesin dingin doang asapnya tebal gitu. begitu udah panas udah gak ada..wah mudah2-an bro budi, semoga gak parah.

kalau mengamati oli mesin kudu ganti oli dulu yah, dikit lagi sih km nya hehehe udah ditunggu aza ampe limit ganti oli & baru oli diganti, jangan lupa wajib 'lbh sering cek level oli' spy jgn ampe kering ya

btw itu sae 20w50 gak bikin putaran mesin jadi berat ya bro bud? pernah baca2 dan setiap kebengkel malah disaranin sae 20w40 095 Dak juga kok ttp klo ada oli yg SAE 20W40 juga boleh pake ato yg single viscocity SAE 40 juga msh oke kok utk Avz non-vvti (thn 2005) krn boil dipake di daerah tropis yg perubahan suhunya tidak ekstrem




RE: ASAP PUTIH TEBAL KNALPOT - ArtVANZA - 28-09-2010 13:57

andry2010 Menulis:
ini polos beneran atau apa yah 095 095

kamsud nya nano energizer brader Whistling


budi Menulis:
bukan permen nano-nano bro ttp nano energizer (nano ceramic coating technology) yg dijual ama salah satu sponsor AvanzaXenia.net


hahaha iya bro...piss Tongue_out

Quote:
udah ditunggu aza ampe limit ganti oli & baru oli diganti, jangan lupa wajib 'lbh sering cek level oli' spy jgn ampe kering ya
Dak juga kok ttp klo ada oli yg SAE 20W40 juga boleh pake ato yg single viscocity SAE 40 juga msh oke kok utk Avz non-vvti (thn 2005) krn boil dipake di daerah tropis yg perubahan suhunya tidak ekstrem


ehmmm ok deh pak budi makasih banget infonya, intinya sae20w50 lebih baik yah