Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Perawatan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=17)
+---- Forum: AC (/forumdisplay.php?fid=174)
+---- Topik: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM (/showthread.php?tid=17577)


AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - sonic21 - 10-05-2010 13:46

numpang sharing ke teman2 barangkali ada yang pernah mengalami......
sebelumnya mohon maaf kalo menggunakan bahasa yang sangat awam..... maklum nubie.....
bagi yang bisa menterjemahkan kedalama bahasa yang lebih benar monggo.....

dimulai yach....
pada suatu hari........beberapa minggu ini terjadi biasanya pas macet, AC tidak dingin dan RPM naik ke angka 2000.
akhirnya dicekkan di bengkel AC langganan kakak/sak bos'e di daerah manyar

jawaban pertama koko-nya mendengar penjelasanku dia bilang: "itu cirinya AX mas"


langsung minta buka kap mobil, bilang lagi:
"betulkan khan lihat jarak antara plat luar dengan plat coilnya jaraknya sudah renggang"
plat coil terhubung dengan belt dan selelu berputar mengikuti putaran mesin, sedangkan plat luar (terhubung dengan as kompresor) akan ditarik secara elektromagnetik oleh coil sehingga lengket dengan plat coil dan ikut berputar sehingga kompresor juga berputar/bekerja.

karena jaraknya yang lebih renggang maka ada kemungkinan terjadi selip atau malah tidak lengket, AC tidak bekerja optimal dan RPM tinggi karena sudah disiapkan oleh ECU untuk terbebani AC, (ternyata tidak nyambung jadinya terlalu ringan).

solusi yang ditawarkan:
1. lepas ring antara kedua plat itu (harapanya untuk mengurangi jarak kedua plat)
2. ganti coil jika langkah 1 tidak berhasil (tentu saja setelah diuji melewati macet lagi. -> ganti coil ada 2 pilihan:
a. buatan korea ganti coilnya saja 350rban
b. asli denso 1 set coil beserta kedua platnya 900rban.

akhirnya digunakan solusi 1. cukup bayar ongkos jasa dan konsultasi he he he (kebiasaan suka tanya2 mulu) sudah 4 hari masih jos.......
walaupun sebenarnya niatnya ke bengkel skalian bersiin AC, kapan2 aja deh....Wallbash


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Jenz - 10-05-2010 13:59

wah sama nih gw juga gitu mas

tapi kadang2 aja


curhat dikit deh:

ceritanya kalau punya gw lain.
pas lagi jalan idupin ac. trus COOLER set ke 50% - 70% baru terjadi hal demikian

akan tetapi jika COOLER di set <50% tidak terjadi hal tersebut.

terpikir untuk ganti / repair kompresor/ check AC/ clean AC cuman masi belum terlaksana . karena tidak ada effect terlalu negatif buat mesin.


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Pras - 10-05-2010 14:16

usia mobil udah berapa KM?

memang penyakit AC di AX spt itu utk usia diatas 70rb KM... kalo dari penjelasan diatas, namanya part yg diganti MAGNETIC CLUTCH...


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - sonic21 - 10-05-2010 15:35

Pras Menulis:
usia mobil udah berapa KM?

memang penyakit AC di AX spt itu utk usia diatas 70rb KM... kalo dari penjelasan diatas, namanya part yg diganti MAGNETIC CLUTCH...


bro jenz: baru 2 minggu ini kejadian 3 kali itu juga pas diset 70%an, dan lama. kadang dimatiin sebentar di indupin lagi bisa. mending dibenerin kayak opsi 1 aja dulu Gozkirpma

bro pras: KMnya baru 94ribu kok Wallbash


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Pras - 10-05-2010 16:12

sonic21 Menulis:
bro pras: KMnya baru 94ribu kok Wallbash


wkwkwkwkwkwkwk... HahaHahaHaha


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Jenz - 10-05-2010 16:26

Pras Menulis:
usia mobil udah berapa KM?

memang penyakit AC di AX spt itu utk usia diatas 70rb KM... kalo dari penjelasan diatas, namanya part yg diganti MAGNETIC CLUTCH...


OOH Magnetic Clucth.. biasanya kena berapa om itu onderdil?

sonic21 Menulis:
bro jenz: baru 2 minggu ini kejadian 3 kali itu juga pas diset 70%an, dan lama. kadang dimatiin sebentar di indupin lagi bisa. mending dibenerin kayak opsi 1 aja dulu Gozkirpma

bro pras: KMnya baru 94ribu kok Wallbash

gw 98868

Pras Menulis:

sonic21 Menulis:
bro pras: KMnya baru 94ribu kok Wallbash


wkwkwkwkwkwkwk... HahaHahaHaha

pasti makin ngakak ni si om.


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Pras - 10-05-2010 16:28

Jenz Menulis:
OOH Magnetic Clucth.. biasanya kena berapa om itu onderdil?


tuh di postingan TS pertama diatas ada harganya... bedanya BERES TOYOTA/DAIHATSU ama BERES DENSO di jasa-nya...


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Jenz - 10-05-2010 16:36

Pras Menulis:

Jenz Menulis:
OOH Magnetic Clucth.. biasanya kena berapa om itu onderdil?


tuh di postingan TS pertama diatas ada harganya... bedanya BERES TOYOTA/DAIHATSU ama BERES DENSO di jasa-nya...

oh 350ribu ya... sep2
Topdeh
habisnya takut juga kenapa2 mesinnya..
aneh aja pas lagi jalan ac panas, trus RPM idle 2000... Tuh


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Pras - 10-05-2010 17:31

Jenz Menulis:
oh 350ribu ya... sep2
Topdeh
habisnya takut juga kenapa2 mesinnya..
aneh aja pas lagi jalan ac panas, trus RPM idle 2000... Tuh


yg korea 350 rb... kalo di beres mah yang option no 2b tuh...Whistling


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - sonic21 - 20-05-2010 10:22

Jenz Menulis:

Pras Menulis:

Jenz Menulis:
OOH Magnetic Clucth.. biasanya kena berapa om itu onderdil?


tuh di postingan TS pertama diatas ada harganya... bedanya BERES TOYOTA/DAIHATSU ama BERES DENSO di jasa-nya...

oh 350ribu ya... sep2
Topdeh
habisnya takut juga kenapa2 mesinnya..
aneh aja pas lagi jalan ac panas, trus RPM idle 2000... Tuh


@bro Jenz: keluhannya untuk AC persis sama dengan aku, pake solusi 1 dulu, yaitu lepas 2 buah ring antara Magnetic Clucth nya biar jaraknya rapat lagi.
kalo mau DIY tinggal buka mur as-nya sisi depan pake kunci 12 aja udah lepas, trus sedia kabel agak besar untuk me-lengket-kan Magnetic Clucthnya biar tidak ikut berputar saat buka mur-nya (caranya salah satu kabel taruh di (+) kompresor, ujung lainnya ke (+) aki maka Magnetic Clucth dipaksa bekerja/lengket

aku sampai sekarang tidak ada kendala lagi kok.


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - tolojagoan - 20-05-2010 10:42

@sonic21 : bukannya apa2 ... si jenz kok di suruh DIY Whistling


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - sonic21 - 08-11-2010 14:41

tolojagoan Menulis:
@sonic21 : bukannya apa2 ... si jenz kok di suruh DIY Whistling


wah baru baca nih...

giman jenz sudah sehat AC nya....Yagak


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - dhims - 10-11-2010 11:29

waduhh, ternyata bisa diakalin ya Bercucuran

gejala ac saya sama dgn bro sonic, minggu kemaren baru ke bengkel langsung divonis harus ganti magnet clutch, asli denso 1 set rp975 ribu (katanya asli Toungue)
+ jasa dan kuras freon total dc : 1,3jt ditawar jadi 1,2 Tuh

sebelumnya ditawarin bagian magnetnya aja sekitar 200rb, tp bukan denso.
magnetnya memang kalo diketok pake obeng langsung muter lagi.
begitu dibuka, bagian magnet yg merah itu ada 2 titik meleleh spt bocor, katanya udah korslet.
km mobil saya sudah 70 rb.
sekarang sudah maknyus dan lebih halus hentakan magnetnya.

apakah kalo asli denso beneran semahal itu, anybody ?


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Bambang Hermanto, ST - 10-11-2010 12:12

dhims Menulis:
waduhh, ternyata bisa diakalin ya Bercucuran

gejala ac saya sama dgn bro sonic, minggu kemaren baru ke bengkel langsung divonis harus ganti magnet clutch, asli denso 1 set rp975 ribu (katanya asli Toungue)
+ jasa dan kuras freon total dc : 1,3jt ditawar jadi 1,2 Tuh

sebelumnya ditawarin bagian magnetnya aja sekitar 200rb, tp bukan denso.
magnetnya memang kalo diketok pake obeng langsung muter lagi.
begitu dibuka, bagian magnet yg merah itu ada 2 titik meleleh spt bocor, katanya udah korslet.
km mobil saya sudah 70 rb.
sekarang sudah maknyus dan lebih halus hentakan magnetnya.

apakah kalo asli denso beneran semahal itu, anybody ?


Bener Om...itu harga asli di beres kok...Gozkirpma
(paling2 dengan beres laen beda2 dikit lah..)


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Kalem - 18-11-2010 17:17

Dear All,

Akhir oktober kemarin service AC di Auto2000 Sunter... Gejala sama seperti ini AC tidak dingin dan rpm berada di 1500 sampai 2000... Estimasi dari beres adalah ganti magnet clutch dengan harga 1.2 ... Daku bilang service saja dulu, masa sich magnet clutchnya kena... Singkat cerita dashboard dibongkar dan blower serta evap di bongkar..... Biaya service+bongkar+freon saja kena 1.2 sendiri tanpa magnet clutch... Angin sudah segar.. Tetapi penyakit tetap sama....

Akhirnya kembali lagi ke beres en nego minta hanya bayar magnet clutchnya saja tanpa jasa en tanpa bayar freon lagi jika komprosesor harus di bongkar.... Janjian di hari sabtu minggu lalu......

Pas datang daku dapat SA yang lain... Daku ceritakan lagi semuanya.... Yach sudah daku di suruh tunggu.... Jam 10-an daku dipanggil dan dikatakan bahwa komponen AC ini masih bisa di klaim garansi... (Kilometer daku sudah 75 ribu dan tinggal dua bulan lagi garansi tiga tahun akan berakhir).. Daku disuruh ke Denso dan diberikan surat pengantar.... Berhubung sabtu Denso tidak buka, maka daku pergi hari biasa....

Di Denso daku langsung serahkan surat pengantar.... Dan seluruh komponen termasuk kelistrikan di cek secara seksama oleh teknisi Denso baru mereka mengambil kesimpulan magnet clutch.... Ring bisa saja di copot... Tetapi karena klaim garansi maka magnet clutch langsung diganti.... Sekarang AC sudah normal kembali.... Pas sedang klaim tersebut ada Yaris juga mengalami hal yang sama.......

Daku baru tahu kalau ternyata masih masuk garansi..... Untung tidak langsung ganti saja... En tidak mencoba bengkel AC di luar beres..... Terima kasih untuk SA yang memberitahukan hal tersebut... Lumayan daku jadi hemat uang 1.2 jt untuk pembelian magnet clutch tersebut...

Regards,
Kalem


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - xexi - 03-01-2011 20:28

Xexi ane baru aja ganti magnetnya hari ini pake yg asli denso ( isinya 1 set sama piringannya ) total sama ongkos pasang Rp. 1.050.000,- garansi 3 bln. Hikhik


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Usep M Sigih - 03-01-2011 22:21

Wah kalo ane lebih parah lagi bro, kilo meter masih 50 rb magnetic clutch nya jebol malah. ampe bunyi klotok2... di bawa ke BERES Sunter, karena masih garansi dan servicenya di BERES terus, akhirnya di ganti magnetic clutchnya... sempat liat invoicenya, kalo bayar sekitar 1.280.000, dimana harga magnetic clutchnya sendiri assy sekitar 900 rb, biaya tambah freon sekitar 380 rb.. sepertinya ini salah satu kelemahan ND kali ya.. sebab mobil temen ane udah 3 thn sekitar 120 rb km nya tidak kenapa-napa tuh AC nya.. bahkan saat di service masih ok aja.. padahal bawa mobilnya suka ngebut Smile tapi info SA BERES mulai tahun 2010 ada perbaikan..


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - d_13_s - 03-01-2011 22:35

bro boleh minta fotonya ring mana yah yg dilepas???

apa yg dlm magnetic clutch


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Kalem - 04-01-2011 08:16

Di dalam magnetic clutch ada 3 (tiga) ring dengan ketebalan yang berbeda.... Nach ring ini lach yang biasanya diambil agar jarak magnetic clutch menjadi tidak terlalu renggang...

Tambahan info... Ini menurut teknisi Denso... Kerusakan magnetic clutch tidak berpengaruh pada kompresor AC tersebut.... Ini kata teknisi Denso itu yach.....


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - d_13_s - 04-01-2011 23:31

Kalem Menulis:
Di dalam magnetic clutch ada 3 (tiga) ring dengan ketebalan yang berbeda.... Nach ring ini lach yang biasanya diambil agar jarak magnetic clutch menjadi tidak terlalu renggang...

Tambahan info... Ini menurut teknisi Denso... Kerusakan magnetic clutch tidak berpengaruh pada kompresor AC tersebut.... Ini kata teknisi Denso itu yach.....


sayang waktu ane ganti magnetic clutch bln kmrn gak liatin mekaniknya bongkar Wallbash kalo gak bisa sambil praktek nih Tearyeyes


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - dianfatur - 05-01-2011 05:24

sekedar sharing ..., XeXi vvti Fam gue 2007 awal, km 124.000, belon pernah service apapun, kondisi ac masih membuat gue kedinginan kalo sendirian ...


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - w_nairda - 04-02-2011 09:52

Hi all!
Wah, ternyata ada yg punya masalah sama jg.
Sharing dulu sedikit....
Avanza G 2004, 121.000km.
Belakangan ini kalau macet agak lama, RPM jg naik ke hampir 2000, turun perlahan sampai sekitar 1100 - 1200 RPM saat idle macet. AC di posisi 1, thermo di 40%, tapi AC jadi tidak dingin. Suffer
Biasanya, thermo 40%-50% saja sudah dingin buanget sampai belakang, sampai double blower gak kepakai (sore hari).
Saya cari2 info tentang ini, dari bengkel, BeRes, sampai internet.
Sempat ketemu artikel di:
http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/01/27/315253/204/28/Sudah-Kejebak-Macet-AC-Mobil-Malah-Anget-Nih-Penyebabnya

Waktu servis berkala 120.000km di Auto2000 Karawang disarankan untuk bongkar dulu (kalau gak salah ada biaya 1.050.000 untuk penggantian & jasa) karena mungkin ada pengembunan, dsb. Tapi gak menyinggung tentang magnetic clutch ini.

Tanya:
1.Apa gak ada efek sampingnya kalau lepas ring di magnetic clutch? Soalnya itu memaksa magnetic untuk bekerja kan?
2. Dari pengalaman rekan2, apakah masalahnya selesai dengan mengganti magnetic clutch?
3. Ada yang tahu gak ciri2nya kalau hanya magnetic clutchnya saja yang kena? Soalnya lumayan nih kalau coba2, pasti 900K++ di BeRes.

Thank you, bro n sis!!
Salam Big Grin


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - t4uf1kNlr - 04-02-2011 13:57

om w_nairda,
dr pngalaman xexi sy dulu, ac kadang dingin kadang kluar angin saja, trnyata magneticclutchny udah lemah. setelah dganti normal lagi.
Waktu AC ga dingin tetap nyalain mesin trus liat kompresor d depan mutar ga, kalo ga mutar -> coba dgetok pake obeng ato apa, pelan saja. Kalo abis dgetok mutar lagi, AC kembali dingin. Kalo benar gt, magneticClutchny udah lemah.
Bisa juga motor extrafanny lemah juga.
cmiiw Boxing


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - w_nairda - 04-02-2011 14:31

t4uf1kNlr Menulis:
om w_nairda,
dr pngalaman xexi sy dulu, ac kadang dingin kadang kluar angin saja, trnyata magneticclutchny udah lemah. setelah dganti normal lagi.
Waktu AC ga dingin tetap nyalain mesin trus liat kompresor d depan mutar ga, kalo ga mutar -> coba dgetok pake obeng ato apa, pelan saja. Kalo abis dgetok mutar lagi, AC kembali dingin. Kalo benar gt, magneticClutchny udah lemah.
Bisa juga motor extrafanny lemah juga.
cmiiw Boxing


Thanks, bro taufik.
Coba deh nanti saya lihat kompressirbya pas dah sampai di rumah.
Kalau gak muter, nanti saya getok dia (saya jitak sekalian). Haha

Salam


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Dimas Prasetyo H - 04-02-2011 23:04

ane pernah kejadian rpm ane menteng terus di 2000 bro.... dan padahal ngga ane gas.... dan ane minggir donk tentunya dan coba ane matikan dan starter kembali... tapi tetep aja bro.. rpm di 2000 terus... wah bisa boros ane mikir tapi AC tetep dingin kok malah.

nah terakhir ane uda hampir bingung, apa di reset aja neh ecunya. nah ane coba matikan mesin dan buka kap mesin dan buka fusenya untuk fuse ecu 15nya ane cabut selama beberapa menit. ane pasang kembali dan berharap kembali normal. dan ajaibnya ane starter kembali dan rpm ane normal bro malahan dibawah 1000. wah ane mikir ecunya lagi mabok neh perang terus di jakarta yg macet.... ane berfikir masa iya tali gasnya nyangkut, soalnya ngga berasa nyangkut itu gasnya pas ane coba injek.

aneh memang kdang" aja sih.....malahan baru sekali itu aja. selanjutnta ane mulai restart klo uda mabok alies berat.


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Nico Hariwijaya - 06-04-2011 09:53

Ikutan nanya yah ...

Brow ... saya awam ni tentang mobil dan permesinan. Saya punya mobil Xenia Desmber 2005 akhir 1300 CC. Baru beli bekas sebulan yang lalu.

Saya punya permasalahan di AC. Tapi kadang kadang terjadi tapi kadang kadang tidak. Pada saat AC dinyalakan kadang kadang mngeluarkan suara atau voice yang sangat annoying dan tidak normal. Meskipun saya didalam mobil menyetel musik lumayan keras tapi tetap kedengaran juga.

Kemarin ke bengkel Daihatsu untuk service 80.000 km, sekalian service Ac. Mekanik Daihatsu mengatakan bahwa idler pulley harus diganti karena sudah kurang baik. Saya turutin aja brow diganti. Tapi ternyata kok masih tetap aja ac dinyalakan mengeluarkan suara annoying yang bahkan diperhatikan oleh orang - orang sekitar.

Orang daihatsu juga mengatakan bahwa magnetic clutch juga harus diganti, untuk ini saya postpone dulu . Karena menurut saya ac sangat dingin dan tidak rusak. hanya keluar suara yang sangat annoying ini saja.

Butuh pendapatnya bro, kira - kira apa ya yang menyebabkan keluarnya suara yang annoying ini ?

Tengkyu sebelumnya.


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - R_4_FLI - 06-04-2011 14:04

Nico Hariwijaya Menulis:
Ikutan nanya yah ...

Brow ... ............
Tengkyu sebelumnya.


weewwww... dopost bro, ntar bingung nih mo jawab yg dimana 095

Haha


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - respatirahadian - 25-05-2011 22:11

gejala sama yg gw alami kmrn gan. Hari senin kemarin mendadak ac nggak dingin, cuma kluar angin aja. rpm pun hampir 2000an. Melipirlah ke serpis ac mobil.
Sayang beribu sayang, magnetic clutch gw kebakar gan. Ktnya akibat adanya gesekan gitu. Diapun menawarkan pengantian magnetic clutch itu, bilangnya sih buatan Korea, cuma bedanya nggak ada cap densonya aja. Kena 500rb sm ongkos dan freon jadi total 800rb


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Andrew - 08-11-2011 09:35

Pras Menulis:

Jenz Menulis:
oh 350ribu ya... sep2
Topdeh
habisnya takut juga kenapa2 mesinnya..
aneh aja pas lagi jalan ac panas, trus RPM idle 2000... Tuh


yg korea 350 rb... kalo di beres mah yang option no 2b tuh...Whistling


yang korea satu set sm plat nya brp an ya? bs tahan brp lama?


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - gundamx2 - 20-11-2011 09:24

nah...sama neh..., sekarang di Xenia 2007 gw kena neh.., di 85 rb KM, mantab dah...., kemungkinan Magnetic Pully nya yah....hmm..., brangkat......


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - chris.ho - 31-10-2012 15:59

Akhirnya giliran Xexi ane yg kena kejadian ac tiba2 gak dingin Tuh
Kilometer menunjuk di angka 77.000 KM.
Setelah baca2 thread ini, baru ngerti deh ada masalah nih dgn yg namanya magnetic clutch.
Akhirnya meluncur ke DAI P. Jayakarta minta dicek. Ternyata bener, magnetic clutchnya hrs diganti.

FYI, biayanya :
Ongkos = Rp 280.001
Magnetic clutch = Rp 845.130
Materai = Rp 6.000
Total = Rp 1.131.131

Setelah diganti, sampai skrg blm ada masalah. sip dah Topdeh


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - dani3 - 31-10-2012 18:43

wadau mahal amat tuhmagnetic clutchnya Hikhik


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - chris.ho - 31-10-2012 20:59

dani3 Menulis:
wadau mahal amat tuhmagnetic clutchnya Hikhik


mang mobilnya om blm pernah ganti?095


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Markus Yuwono Herbayu - 31-10-2012 21:39

chris.ho Menulis:

dani3 Menulis:
wadau mahal amat tuhmagnetic clutchnya Hikhik


mang mobilnya om blm pernah ganti?095


Perawatan spy magnetic clutchnya supaya awet gimana yah?
Μeski tergolong slowmoving part tp brasa jg klo dah smp rusak mas?
Makasih


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - jonny vins - 31-10-2012 22:46

Kok dijambi lebih murah yah om chris ane maren nanya magnet cluch+jasa= Rp 685.000,-095


Note: ane nanyanya lgsg di workshop-nya ND DENSO bukan diberes


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - dani3 - 31-10-2012 23:44

Markus Yuwono Herbayu Menulis:

chris.ho Menulis:

dani3 Menulis:
wadau mahal amat tuhmagnetic clutchnya Hikhik


mang mobilnya om blm pernah ganti?095


Perawatan spy magnetic clutchnya supaya awet gimana yah?
Μeski tergolong slowmoving part tp brasa jg klo dah smp rusak mas?
Makasih

iya chris blm pernah ganti karena masih kondisi baik, cuma was was aja karena sejalan dengan pemakaian bisa saja minta jajan tuh magneticnya.

idem nih sama om Herbayu, blm ada yang bahas perawatannya bagaimana yah biar lebih panjang umurnya.


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - chris.ho - 31-10-2012 23:54

jonny vins Menulis:
Kok dijambi lebih murah yah om chris ane maren nanya magnet cluch+jasa= Rp 685.000,-095


Note: ane nanyanya lgsg di workshop-nya ND DENSO bukan diberes


wuih hrgnya lbh murah yah disanaWallbash


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - windra - 16-03-2013 13:42

sonic21 Menulis:

Jenz Menulis:

Pras Menulis:

Jenz Menulis:
OOH Magnetic Clucth.. biasanya kena berapa om itu onderdil?


tuh di postingan TS pertama diatas ada harganya... bedanya BERES TOYOTA/DAIHATSU ama BERES DENSO di jasa-nya...

oh 350ribu ya... sep2
Topdeh
habisnya takut juga kenapa2 mesinnya..
aneh aja pas lagi jalan ac panas, trus RPM idle 2000... Tuh


@bro Jenz: keluhannya untuk AC persis sama dengan aku, pake solusi 1 dulu, yaitu lepas 2 buah ring antara Magnetic Clucth nya biar jaraknya rapat lagi.
kalo mau DIY tinggal buka mur as-nya sisi depan pake kunci 12 aja udah lepas, trus sedia kabel agak besar untuk me-lengket-kan Magnetic Clucthnya biar tidak ikut berputar saat buka mur-nya (caranya salah satu kabel taruh di (+) kompresor, ujung lainnya ke (+) aki maka Magnetic Clucth dipaksa bekerja/lengket

aku sampai sekarang tidak ada kendala lagi kok.


sekarang giliran ane yang lagi ngalamin mas..
pingin coba DIY ala mas Sonic..
Masih kendala di "me-lengket-kan" magnetnya..

mohon petunjuk (+)nya kompresor itu di sebelah mana ya?

Btw ane pake kunci 10, bukan 12..

Suwun


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - windra - 16-03-2013 13:49

Pras Menulis:
usia mobil udah berapa KM?

memang penyakit AC di AX spt itu utk usia diatas 70rb KM... kalo dari penjelasan diatas, namanya part yg diganti MAGNETIC CLUTCH...


Mas Pras, kalo magnetic clutch itu part numbernya berapa?
terimakasih


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - puspita04031973 - 16-03-2013 15:13

windra Menulis:

Pras Menulis:
usia mobil udah berapa KM?

memang penyakit AC di AX spt itu utk usia diatas 70rb KM... kalo dari penjelasan diatas, namanya part yg diganti MAGNETIC CLUTCH...


Mas Pras, kalo magnetic clutch itu part numbernya berapa?
terimakasih


88410-BZ020


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Hari susanto - 16-03-2013 22:28

Coba jawab cara merawat MC, lepas soket MC trus siapkan kabel yg tlah disekun, msukkan kabel td kesoket yg telah dilepas tadi, kmdian ujung satunya dihubungkan ke + AKI maka lengketlah MC, stlah itu kendurkan baut 10, stlah kendur, lepas lg ujung kabel dr + aki, skrg bagian pertama bisa dilepas, (lepas baut 10 tadi,hati2 3 ringnya hilang-2ring tipis,1ring tebal) untuk melepas pully-nya kendurkan dulu Belt-nya, stlh belt lepas dari pully, untuk melepas pullynya hrs punya tang prmbalik buat melepas snapring, disitu bearing berada dan bisa ditambahi grease/stampet bila bearing kering, dan untuk melepas kumparan magnet pake lagi tang pembalik untuk melepas snapringnya. Bila dirasa magnet msh bisa lengket kuat, tdk perlu melepas bagian ini, hanya perlu menambahkan grase pada bearing bila suara ctok magnet keras. Smga tdk tambah bingung dan bermanfaat.


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - windra - 17-03-2013 12:50

puspita04031973 Menulis:

windra Menulis:

Pras Menulis:
usia mobil udah berapa KM?

memang penyakit AC di AX spt itu utk usia diatas 70rb KM... kalo dari penjelasan diatas, namanya part yg diganti MAGNETIC CLUTCH...


Mas Pras, kalo magnetic clutch itu part numbernya berapa?
terimakasih


88410-BZ020


Terimakasih Mbak Puspita Smile


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - windra - 17-03-2013 12:52

Hari susanto Menulis:
Coba jawab cara merawat MC, lepas soket MC trus siapkan kabel yg tlah disekun, msukkan kabel td kesoket yg telah dilepas tadi, kmdian ujung satunya dihubungkan ke + AKI maka lengketlah MC, stlah itu kendurkan baut 10, stlah kendur, lepas lg ujung kabel dr + aki, skrg bagian pertama bisa dilepas, (lepas baut 10 tadi,hati2 3 ringnya hilang-2ring tipis,1ring tebal) untuk melepas pully-nya kendurkan dulu Belt-nya, stlh belt lepas dari pully, untuk melepas pullynya hrs punya tang prmbalik buat melepas snapring, disitu bearing berada dan bisa ditambahi grease/stampet bila bearing kering, dan untuk melepas kumparan magnet pake lagi tang pembalik untuk melepas snapringnya. Bila dirasa magnet msh bisa lengket kuat, tdk perlu melepas bagian ini, hanya perlu menambahkan grase pada bearing bila suara ctok magnet keras. Smga tdk tambah bingung dan bermanfaat.


Terimakasih mas Hari Smile


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - BUDI - 19-03-2013 15:47

just sharing ...
klo mengalami AC tiba2 tidak dingin setelah dipake perjalanan panjang (> sejam), berikut ini tip "darurat" yg dapat dicoba utk mendinginkan AC kembali Winking

- melepas 1 (satu) ring/washer di magnetic clutch dr total 3 (tiga) ring yg terpasang
pake kunci #10 untuk membuka plat AC


kondisi setelah plat terlepas dgn 3 (tiga) ring/washer


ketiga ring/washer tsb, cabut ring yg plg tipis & pasangkan kembali 2 (dua) ring yl Winking



RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - eyb - 19-03-2013 16:06

selama spul gak putus...... metode pak budi bisa dipraktekkan, bener gitu gak pak? atau memang dibikin rapet mc-nya biar muter terus


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - BUDI - 19-03-2013 16:14

eyb Menulis:
selama spul gak putus...... metode pak budi bisa dipraktekkan, bener gitu gak pak? atau memang dibikin rapet mc-nya biar muter terus


btul bro, biasanya koil/spulnya tdk ampe putus ttp hny lemah makanya klo udah panas (dipake perjalanan panjang) tahanan dalam koil akan naik shg arusnya turun so akibatnya magnetiknya jadi lemah & mudah lepas makanya celahnya dirapetin spy magnetik yg lemah tsb msh kuat dipake muter kompresor AC nya Yagak
sptnya konstruksi pake 3 (tiga) ring/washer tsb mmg spy bisa difungsikan spt itu tho bro Big Grin hny saja bnyk tkg AC yg tidak mau sharing krn klo bisa DIY spt itu maka tidak ada yg datang service AC lagi Haha


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - eyb - 19-03-2013 16:21

BUDI Menulis:

eyb Menulis:
selama spul gak putus...... metode pak budi bisa dipraktekkan, bener gitu gak pak? atau memang dibikin rapet mc-nya biar muter terus


btul bro, biasanya koil/spulnya tdk ampe putus ttp hny lemah makanya klo udah panas (dipake perjalanan panjang) tahanan dalam koil akan naik shg arusnya turun so akibatnya magnetiknya jadi lemah & mudah lepas makanya celahnya dirapetin spy magnetik yg lemah tsb msh kuat dipake muter kompresor AC nya Yagak
sptnya konstruksi pake 3 (tiga) ring/washer tsb mmg spy bisa difungsikan spt itu tho bro Big Grin hny saja bnyk tkg AC yg tidak mau sharing krn klo bisa DIY spt itu maka tidak ada yg datang service AC lagi Haha


TopdehTopdehTopdeh


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - windra - 19-03-2013 23:58

BUDI Menulis:
just sharing ...
klo mengalami AC tiba2 tidak dingin setelah dipake perjalanan panjang (> sejam), berikut ini tip "darurat" yg dapat dicoba utk mendinginkan AC kembali Winking

- melepas 1 (satu) ring/washer di magnetic clutch dr total 3 (tiga) ring yg terpasang
pake kunci #10 untuk membuka plat AC


kondisi setelah plat terlepas dgn 3 (tiga) ring/washer


ketiga ring/washer tsb, cabut ring yg plg tipis & pasangkan kembali 2 (dua) ring yl Winking


nice share mas Budi Smile

selama ini kesulitan buka baut 10-nya.. ga kepikiran nahan pake kunci inggris..

Kalau boleh tau, kenapa hanya melepas 1 ring tipis?
apa efeknya kalau melepas 2 ring tipis?

terimakasih


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - BUDI - 20-03-2013 07:56

melepas ring berarti memperpendek celah/gap magnetic clutch yg berakibat dapat menaikan arus spul/koilnya
krn pada spul/koil yg sudah lemah biasanya tahanan dalamnya naik tinggi klo panas, shg arusnya turun maka dgn melepas ring/washer tsb diharapkan dapat menaikan/mengembalikan arus nominal spul/koil spt semula

klo ring/washer yg dilepas terlalu banyak (2 buah sklgus) bisa jadi arus spul/koil malah naik tinggi/over-current shg spul/koil lbh cepat terbakar Toungue beberapa RR A/X yg sudah mencobanya ternyata spul/koil yg lemah masih bisa berfungsi baik > 2 tahunan dgn tip 'darurat' tsb Winking


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - 6vy - 20-03-2013 08:22

Tips ini udah lama kedenger.. tp blm sempet dipraktekkan,, krn usia si Tutung masih muda belia.

Cuma buka baut plat AC pake kunci inggris apa bisa nahan?? kalo pake Vise Grip (Vissel Grip) bgmn??



RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - windra - 20-03-2013 10:43

BUDI Menulis:
melepas ring berarti memperpendek celah/gap magnetic clutch yg berakibat dapat menaikan arus spul/koilnya
krn pada spul/koil yg sudah lemah biasanya tahanan dalamnya naik tinggi klo panas, shg arusnya turun maka dgn melepas ring/washer tsb diharapkan dapat menaikan/mengembalikan arus nominal spul/koil spt semula

klo ring/washer yg dilepas terlalu banyak (2 buah sklgus) bisa jadi arus spul/koil malah naik tinggi/over-current shg spul/koil lbh cepat terbakar Toungue beberapa RR A/X yg sudah mencobanya ternyata spul/koil yg lemah masih bisa berfungsi baik > 2 tahunan dgn tip 'darurat' tsb Winking


Terimakasih penjelasannya mas Budi.

Hari ini saya coba step2nya. Saya berhasil membuka baut 10, namun melepas plat magnetnya kok sulit sekali ya?

sampai2 saya coba congkel dengan obeng (-), tapi tetap tidak bisa.

Padahal plat magnet dalam kondisi free (bisa berputar alias tidak sedang nempel)

Mohon petunjuk, apa ada "leverage point" sehingga kita dapat melepas plat tersebut dengan mudah.

Terimakasih


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - windra - 20-03-2013 11:01

6vy Menulis:
Tips ini udah lama kedenger.. tp blm sempet dipraktekkan,, krn usia si Tutung masih muda belia.

Cuma buka baut plat AC pake kunci inggris apa bisa nahan?? kalo pake Vise Grip (Vissel Grip) bgmn??


Ternyata bisa pakai kunci inggris..

Memang lebih mudah menggunakan vissel grip, tapi saya ga punya Smile


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - windra - 20-03-2013 11:50

windra Menulis:

BUDI Menulis:
melepas ring berarti memperpendek celah/gap magnetic clutch yg berakibat dapat menaikan arus spul/koilnya
krn pada spul/koil yg sudah lemah biasanya tahanan dalamnya naik tinggi klo panas, shg arusnya turun maka dgn melepas ring/washer tsb diharapkan dapat menaikan/mengembalikan arus nominal spul/koil spt semula

klo ring/washer yg dilepas terlalu banyak (2 buah sklgus) bisa jadi arus spul/koil malah naik tinggi/over-current shg spul/koil lbh cepat terbakar Toungue beberapa RR A/X yg sudah mencobanya ternyata spul/koil yg lemah masih bisa berfungsi baik > 2 tahunan dgn tip 'darurat' tsb Winking


Terimakasih penjelasannya mas Budi.

Hari ini saya coba step2nya. Saya berhasil membuka baut 10, namun melepas plat magnetnya kok sulit sekali ya?

sampai2 saya coba congkel dengan obeng (-), tapi tetap tidak bisa.

Padahal plat magnet dalam kondisi free (bisa berputar alias tidak sedang nempel)

Mohon petunjuk, apa ada "leverage point" sehingga kita dapat melepas plat tersebut dengan mudah.

Terimakasih


Akhirnya bisa dilepas juga..
tapi memang agak susah ya.. hehe

Sudah saya lepas ring yang paling tipis..
Tetapi hasilnya belum kelihatan..


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - eyb - 20-03-2013 12:08

seingatku waktu ganti MC neng city, dipukul2 dikit, buat setel gap... maybe sama om windra dengan MC ax


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - windra - 20-03-2013 21:52

eyb Menulis:
seingatku waktu ganti MC neng city, dipukul2 dikit, buat setel gap... maybe sama om windra dengan MC ax


sudah saya pukul-pukul agak keras pun masih tak bergeming.. haha

neng city sampean tahun berapa? ibu saya punya idsi tahun 2005, sampe sekarang ac-nya ga ada masalah..

ini xexi sama2 tahun 2005 udah masalah, hehe


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - fajarw - 29-03-2013 09:49

Aneh.... Punya saya gak ada ringnya :-x jk247300-2641 tgl 2 dec 04. Apa krn saya xenia lama ya makanya neda? kalau pakai teknik diatas, gap-nya jadi berapa?

Update: akhirnya gw menyerah dan kebengkel....hahaha ganti yg korea sekalian cuci blower kena 1,1 di bengkel dkt rumah


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - windra - 17-04-2013 21:55

fajarw Menulis:
Aneh.... Punya saya gak ada ringnya :-x jk247300-2641 tgl 2 dec 04. Apa krn saya xenia lama ya makanya neda? kalau pakai teknik diatas, gap-nya jadi berapa?

Update: akhirnya gw menyerah dan kebengkel....hahaha ganti yg korea sekalian cuci blower kena 1,1 di bengkel dkt rumah


waduh, kok bisa ga ada ring'a ya..
Xexi saya juga lama kok, tahun 2005, tapi ada ring'a..

Setelah ganti + cuci blower ada perbedaan ga dibanding sama yang orisinil?
btw 1.1 itu termasuk freon ga? cuci blower'a sampe bongkar dashboard?


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - fajarw - 18-04-2013 09:36

windra Menulis:

fajarw Menulis:
Aneh.... Punya saya gak ada ringnya :-x jk247300-2641 tgl 2 dec 04. Apa krn saya xenia lama ya makanya neda? kalau pakai teknik diatas, gap-nya jadi berapa?

Update: akhirnya gw menyerah dan kebengkel....hahaha ganti yg korea sekalian cuci blower kena 1,1 di bengkel dkt rumah


waduh, kok bisa ga ada ring'a ya..
Xexi saya juga lama kok, tahun 2005, tapi ada ring'a..

Setelah ganti + cuci blower ada perbedaan ga dibanding sama yang orisinil?
btw 1.1 itu termasuk freon ga? cuci blower'a sampe bongkar dashboard?


Kayaknya pas saya cabut, ringnya pada mental kemana2 oom... hahahah. akhirnya saya nemu 2 dari 3 ring tersebut di kolong2

Eniwei setelah ke bengkel, sampai hari ini ok tuh oom Smile
1,1 sudah harga magnet clutch + freon + cuci blower. Dasboard dibongkar tapi gak sampai lepas, cuma baut2 bawahnya dibuka, trus blok blower kecabut. Cuma 3 jam selesai


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - herrianto - 13-06-2013 09:23

Minggu lalu waktu beli thermistor cooler di A2K sempat iseng2 tanya harga magnet clutch 500ribuan. Koq ngga semahal info harga magnet clutch di luaran ya? Apa mungkin magnet clutch yang dijual di A2K bukan ori Denso?


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - aceu - 24-06-2013 11:21

saya baru beli 1 bulan beli all new xenia th 2012 M.1.0 produksi bulan april 2012 dari stnk nya//.. Udah dipake ke bandung-cirebon ac ga masalah.. (single blower).. tp baru baru ini seperti kasus yg agan2 diatas pas dinyalain rpm jd turun naik kadang 2000 kadang 1000( ada angin dari blower nya aja cuman tidak dingin seperti freonnya ga keluar).. usia KM baru 40.000,-
sya jadi heran masa mobil baru 1 thn.. udah ada masalah gini ya.. pas beli buku service nya udah ga ada jd parno juga kalo ke bengkel resmi takut harganya selangit.. tolong solusinya neh braders sekalian barangkali ada pengalaman yang serupa dengan saya...


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Pras - 24-06-2013 12:53

tetep mendingan ke bengkel resmi untuk coba klaim dulu, sapa tau dapet ganti gratis... kalo sekedar tanya sih harusnya ga kena charge...


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Jemmy Christianto - 24-06-2013 13:11

aceu Menulis:
saya baru beli 1 bulan beli all new xenia th 2012 M.1.0 produksi bulan april 2012 dari stnk nya//.. Udah dipake ke bandung-cirebon ac ga masalah.. (single blower).. tp baru baru ini seperti kasus yg agan2 diatas pas dinyalain rpm jd turun naik kadang 2000 kadang 1000( ada angin dari blower nya aja cuman tidak dingin seperti freonnya ga keluar).. usia KM baru 40.000,-
sya jadi heran masa mobil baru 1 thn.. udah ada masalah gini ya.. pas beli buku service nya udah ga ada jd parno juga kalo ke bengkel resmi takut harganya selangit.. tolong solusinya neh braders sekalian barangkali ada pengalaman yang serupa dengan saya...


Weird.....1 tahun 40.000km????
Buku Service ilang?

Kita bengkel resmi ga mahal2 amat spt yg dikuatirkan RR disini...
Justru kita banyak terima komen dari yg sering ke Bkl Umum, pas datang ke kita, mrk kaget...Loh...kok lebih murah ya...

Mungkin di BERES ada yg lebih mahal ada yg lebih murah dari Bkl Umum. Itu wajar.
Yg penting kalo masih 2012 (jasa nya free smp 50.000 km loh), masih bisa kita garansi kok sepanjang ada datanya jelas.
SO kenapa musti takut ke BERES.


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Jemmy Christianto - 24-06-2013 13:13

Pras Menulis:
tetep mendingan ke bengkel resmi untuk coba klaim dulu, sapa tau dapet ganti gratis... kalo sekedar tanya sih harusnya ga kena charge...


Bener Om, kalo nanya2 kita Free of Charge kok...
Kalo masih masuk masa Warranty, kita juga Free of Charge kok...
Kalo out of warranty....buat RR AvanzaXenia.net khan kita diskon khusus....Whistling

Kalo DIY..ya silahkan, itu hobby kokWhistling


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - efolution - 10-12-2013 13:08

Xenia X saya bulan 12-2011 KM 36rb, baru aja ganti magnetic clutch hari ini.

Alhamdulillah masih garansi, cuma kena bayar freon aja 311rb.

Padahal saya ga bawa buku service ke beresnya.

Kemarin ac berhembus tapi panas.

Tadi pagi suara mesin kasar banget. langsung aja drop key di BERES.

Tadi barusan ditelpon sudah oke.


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Daniel_Andi_Tj - 11-12-2013 15:24

pengalaman hal serupa terjadi beberapa hari yg lalu,dimana kronologinya sbb:
AC mobil hembusan nya kadang kurang dingin, terutama setelah agak lama dibawa jalan. Lalu kadang kadang sepertinya jadi " angin doang " dan RPM tinggi mendekati 2000an
kondisi freon penuh, tidak kurang. kalau dimatikan dulu sekitar 5 menit lalu di nyalakan lagi baru terasa dingin lagi,namun hal tsb tidak akan berapa lama dan " angin doang " akan terulang kembali


Semoga solusi dibawah ini bisa menjadi panduan bagi yg lain.

MAGNET / CLUTCH KOMPRESSOR AC.
Magnet ini terhubung dengan Pulley V-Belt. Saat magnet dialiri listrik , magnet akan melekat pada pulley sehingga kompressor terhubung/ berputar mengikuti putaran V-belt.
Magnet tersebut memiliki celah yang bisa di setting. Kalau celah terlalu besar , maka magnet membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk menarik pulley.
Sehingga saat ac on , ada kalanya kompressor kadang tidak bergerak / tidak nyantol.
Cara setting celahnya adalah dengan mengurangi RING / SPACER , pengganjal magnet. Biasanya ada 2 atau 3 ring , kita kurangi menjadi 1 ring. Atau menggunakan ring yang lebih tipis.

Dan solusi tsb ternyata membawa hasil,AC kembali dingin sedia kala meski sempat lihat kondisi magnet yg sedikit gosong....

Jangan tertipu oleh ulah bengkel AC yang harus mengganti 1 unit magnet bahkan 1 unit kompressor yang berharga sangat mahal. Karena seharusnya perbaikannya sama sekali tidak memerlukan part. Hanya ongkos jasa saja untuk melepas ring spacer.

Cara gampang,ya tinggal ganti magnet dan biasanya solusi ini yg diberikan oleh banyak bengkel AC.

Namun apabila solusi pengurangan RING / SPACER ini masih tidak mujarab,baru lha solusi untuk ganti magnet.(katanya denger-denger biar awet harus 1 set...)

Biaya : freon vacum + jasa...dibawah 300rb-an


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - adempp - 22-12-2013 10:45

Mo sharing,tentang AC. avnza 2007 KM 130.000
Gejala:
1. AC tidakdingin;
2. hanya hawa / udara panas yang terasa keluar dari blower;
3.jika AC dihidupkan RPM tidak stabil, sampe 2000 rpm.

bawa ke beres, katanya kena maghnetic cluth.
Pengerjaan lebih kurang 3 jam :
1. ganti magnetic cluth 1 set;
2. ganti filter dryer;
3. service ac( sudah 7 tahun tidak service / cuci AC);Wallbash
4. isi ulang freon;
5. isi oli kompresor

maghnetic cluth


dryer


daftar part


bill


menguras kantong HikhikHikhikHikhik


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Adhit - 22-12-2013 14:46

Nah ini dia sama penyakitnya kayak saya, baru saja kemarin ganti magnetic clutch kompressor karena gejalanya persis kayak gini...
Tapi lumayan awet juga sih di saya, mobil tahun 2007 baru ganti di tahun 2013, hehehe tapi pasti parts yang sekarang meskipun orisinil belum tentu bisa selama itu ya ?


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Danny Krisnandi - 23-12-2013 10:59

adempp Menulis:
Mo sharing,tentang AC. avnza 2007 KM 130.000
Gejala:
1. AC tidakdingin;
2. hanya hawa / udara panas yang terasa keluar dari blower;
3.jika AC dihidupkan RPM tidak stabil, sampe 2000 rpm.

bawa ke beres, katanya kena maghnetic cluth.
Pengerjaan lebih kurang 3 jam :
1. ganti magnetic cluth 1 set;
2. ganti filter dryer;
3. service ac( sudah 7 tahun tidak service / cuci AC);Wallbash
4. isi ulang freon;
5. isi oli kompresor

maghnetic cluth


dryer


daftar part


bill


menguras kantong HikhikHikhikHikhik


Filter dryer di frigidia bandung, dia agen besarnya denso harganya cuma 75rb...


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - adempp - 23-12-2013 14:02

Danny Krisnandi Menulis:
Filter dryer di frigidia bandung, dia agen besarnya denso harganya cuma 75rb...


kemahalan ya?
WallbashWallbashWallbash


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Hartz - 24-12-2013 00:05

adempp Menulis:

Danny Krisnandi Menulis:
Filter dryer di frigidia bandung, dia agen besarnya denso harganya cuma 75rb...


kemahalan ya?
WallbashWallbashWallbash

Kadang2 yang jualan spart dan aksesoris mobil ini memang ngambil untungnya gak kira2. Jual satu bisa untung satu. Tuh
Makanya banyak toko spart dan aksesoris menjamur di mana2 sekarang ini...


RE: AC tidak dingin, putaran naik 2000RPM - Danny Krisnandi - 24-12-2013 06:56

adempp Menulis:

Danny Krisnandi Menulis:
Filter dryer di frigidia bandung, dia agen besarnya denso harganya cuma 75rb...


kemahalan ya?
WallbashWallbashWallbash


Hartz Menulis:

adempp Menulis:

Danny Krisnandi Menulis:
Filter dryer di frigidia bandung, dia agen besarnya denso harganya cuma 75rb...


kemahalan ya?
WallbashWallbashWallbash

ga apa2 sih wajar mahal sebab bengkel besar kan ngegaji pegawai, dll nya juga beda sama bengkel ac perorangan, juga sop-nya heehe...
Kadang2 yang jualan spart dan aksesoris mobil ini memang ngambil untungnya gak kira2. Jual satu bisa untung satu. Tuh
Makanya banyak toko spart dan aksesoris menjamur di mana2 sekarang ini...

Iya om, tp untuk ac ga apa2 lah mahal dikit ke authorized denso atau ke beres, freonnya pasti bagus, denger cerita2 dr tukang ac di sana, ada loh yg ngisiin elpiji ke kompressor, entah bener atau enggak. Ga jaminan bengkel ac independent bener juga, balik ke kejujuran masing2 sih...