Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Upgrade pengapian AX VVTi - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Mesin Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=5)
+--- Topik: Upgrade pengapian AX VVTi (/showthread.php?tid=17556)


Upgrade pengapian AX VVTi - manoeroenk - 08-05-2010 09:34

Dear RR,
udah pake fasilitas cari tapi belum ketemu yang beginian..
lagi kepikiran untuk upgrade kecil2an...kebayang kalo udah pake busi iridium, kenapa ga sekalian ugrade cabling AX nya?095
baca2 di forum sebelah, ada alat yang diklaim (dan sudah banyak testi positif) bisa meningkatkan performa pengapian untuk mobil2 distributorless termasuk AX.
merk nya sih DEN*P..gw udah tanya harganya, Super hmmmm seharga PNP+3angle valve job di Firn*...kira2 worthed ga ya pake alat ini?kalo udah ada yang pake alat sejenis, tolong bantu gw ya....


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - blackxexi - 08-05-2010 09:42

yakin udah cari dengan benar
nih trit sejenis http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=9848
mungkin berhubungan dengan pertanyaan ente


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - Pras - 08-05-2010 16:40

Kalo di VVTi gak ada kabel busi, upgrade kabel yang ke stick-coil pun ga ngaruh. Kalo untuk memperbaiki mutu pengapian, mendingan pake voltage-stabilizer spt EXR dan pasang grounding-cable.

silahkan dicari lagi pake keyword yang berhubungan dengan grounding dan voltage stabilizer Whistling


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - manoeroenk - 08-05-2010 21:43

blackxexi Menulis:
yakin udah cari dengan benar
nih trit sejenis http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=9848
mungkin berhubungan dengan pertanyaan ente


thanx bro....thread itu sangat bantu gw waktu gw mau beralih ke busi iridium..Gozkirpma cuma gw masih belum dapet jawaban untuk upgrade pengapian terutama dengan alat Den*p ini...


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - manoeroenk - 08-05-2010 21:47

Pras Menulis:
Kalo di VVTi gak ada kabel busi, upgrade kabel yang ke stick-coil pun ga ngaruh. Kalo untuk memperbaiki mutu pengapian, mendingan pake voltage-stabilizer spt EXR dan pasang grounding-cable.

silahkan dicari lagi pake keyword yang berhubungan dengan grounding dan voltage stabilizer Whistling


thank bro..
yg gw maksud emang bukan kabel busi...

Pras Menulis:
....upgrade kabel yang ke stick-coil pun ga ngaruh. Kalo untuk memperbaiki mutu pengapian, mendingan pake voltage-stabilizer spt EXR dan pasang grounding-cable.


masalahnya ada banyak member di sebelah yang kasih testi positif untuk alat ini bro..dan gw sendiri sih emang sudah pake pivot VS..

ini ada salah satu testi dari user AX (on October 2008; mohon ijin untuk copas ya) :

G dah pake den up jg di XeXi vvti, hasilnya ?
Torsi di bawah 2000 rpm terasa ada peningkatan, gigi 3 bisa jalan di 1500 rpm dgn mulus, sebelumnya tuh mesin pasti geter2. Setelah lewat poldur tetep bs pake gigi 2, sblmnya kudu oper ke 1.

Kalo dibejek dr awal, tarikannya cepat banget naiknya, terutama kalo tuh rpm mau dimentokin ke 7000. Gigi 3 masuk 7000, jauh lebih cepat dr sblmnya.
Kemaren hr minggu pas di tol, gigi 4 digas bs masuk 140 km/h dgn cukup mudah (penumpang 4 dws), sblmnya cm sampe 130 aja, selebihnya nunggu lama. Top speed blm sempet ngetes, jalannya rame terus, fc jg belum dites, macet terus he..he..

Pokoknya puas deh pake nih denup, buat yg suka bejek gas, silakan dicoba...


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - Pras - 08-05-2010 22:02

gpp dicopas bro... spy kita bisa compare.

FYI aja, dulu salah satu momod disini pernah nyoba den-up itu... walaupun cuman pake feeling, jelas dirasa ada perbedaan antara seblm pake dan sesudah pake. Cara kerjanya sama persis dengan EXR dan Pivot, yaitu menghilangkan ripple tegangan yang dapat mengganggu pengapian, hanya bedanya... harga EXR jauh lebih murah dengan hasil yg berbeda tipis...

kalo soal testimoni diatas, semua kondisi tsb udah dialami sehari-hari di mobil gw, tapi... di mobil gw hal tsb didapat tidak hanya dengan nambah satu alat (dlm hal ini voltage stabilizer). Intinya sama: perbaikan sistem kelistrikan utk pengapian yg lebih besar dan stabil. pengapian besar aja tp ga stabil (missfire) juga ga enak... pengapian stabil tp 'kecil' juga ga enak...

Masih penasaran ama Den-Up? coba aja bro kontak mereka utk diberikan trial seminggu.
Kalo dari feeling aja bisa diperhatikan mengenai suara mesin yg mnrt gw relatif lebih kasar saat pertama masang alat tsb. Kalo dikasih trial kan bisa dibandingkan dg pivot yg sudah terpasang.

Nanti direview aja disini...


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - blackxexi - 08-05-2010 22:08

emang harganya mahal banget yah?


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - manoeroenk - 08-05-2010 22:41

harganya diatas 2 jeti bos...


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - whid74 - 10-05-2010 12:52

Udah ada yang pernah coba pasang relay di coil?. Nyontek prinsip relay yang dipasang di headlamp yang bikin nyala lampu lebih terang. Nah kl tegangan +12VDC yang masuk ke coil kita putus untuk diumpankan ke relay shg coil dpt supply power langsung dari aki.


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - Pras - 10-05-2010 13:57

Pertama: sebenernya ECU itu berfungsi sebagai relay-nya kalo dianalogikan sebagai relay lampu spt bro whid74 bilang...
Kedua: Relay yg biasa utk dipakai dilampu tidak akan mampu mengikuti frekwensi pengapian yg dibutuhkan... misal di di RPM 3000 yg berarti 3000 putaran per menit yang berarti 50 putaran per detik... kalau 4 silinder terbagi 2 kelompok ignition, berarti masing-masing coil akan aktif sebanyak 25 kali sedetik
apakah relay mampu putus-nyambung sebanyak 25 dalam sedetik?
coba aja dengan lampu dim, tarik tuas lampu jauh sebanyak 25 dalam sedetik...
atau pakai klakson yg sudah pakai relay, pencet klakson sebanyak 25 ketukan dalam 1 detik...
Yes


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - whid74 - 10-05-2010 14:46

Bukan pin RPM bro yang dipasangin relay, melainkan pin +12VDC. Pin ini kan gak mungkin turun naik tegangannya pasti tetap +12VDC. Fungsi relay ini cuman mengoptimalkan tegangan +12VDC dari yang tadinya menggunakan kabel standard bawaan mobil yang panjang dan berliku-liku menjadi lebih pendek langsung ambil dari aki.


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - iamcoming - 10-05-2010 15:12

whid74 Menulis:
Bukan pin RPM bro yang dipasangin relay, melainkan pin +12VDC. Pin ini kan gak mungkin turun naik tegangannya pasti tetap +12VDC. Fungsi relay ini cuman mengoptimalkan tegangan +12VDC dari yang tadinya menggunakan kabel standard bawaan mobil yang panjang dan berliku-liku menjadi lebih pendek langsung ambil dari aki.


Krn posisinya setelah ECU, kelihatannya ini berarti membypass input listrik utk koil langsung ke aki ya?, berarti juga membypass fungsi ECU dlm mengatur arus pengapian?.

Kalo memang benar begitu, menurut saya gak bisa. Kalo mo menstabilkan suplai arus mestinya arus yg sebelum masuk ke ECU.

Piggyback yg dirancang scr canggih aja hanya utk memanipulasi data yg masuk ke ECU, tidak ada fungsi ECU yg di bypass.

Kalo fungsi ECU di bypass, seandainya pun tuh mesin tnyata masih bisa nyala, dijamin nyalanya ngaco deh... krn ECU yg menggabungkan semua proses agar saling sesuai, kalau ada yg di-bypass menurut saya ya jd kacau. CMIW


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - iamcoming - 10-05-2010 15:22

Pras Menulis:
coba aja dengan lampu dim, tarik tuas lampu jauh sebanyak 25 dalam sedetik...
atau pakai klakson yg sudah pakai relay, pencet klakson sebanyak 25 ketukan dalam 1 detik...
Yes


Fungsi saklar pada relay masih analog, alias koneksi dihubungkan melalui sistem mekanis-magnetis krn adanya arus. Belum digital yg pake IC/transistor.
Kalo dipaksa on-0ff 25 kali dalam sedetik, dijamin tuh relay langsung KO/terbakar krn kepanasan ya Bro Pras? Tuh mana arus yg diantarkan gede banget lagi krn utk menyalakan busi.


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - manoeroenk - 10-05-2010 16:00

iamcoming Menulis:

whid74 Menulis:
Bukan pin RPM bro yang dipasangin relay, melainkan pin +12VDC. Pin ini kan gak mungkin turun naik tegangannya pasti tetap +12VDC. Fungsi relay ini cuman mengoptimalkan tegangan +12VDC dari yang tadinya menggunakan kabel standard bawaan mobil yang panjang dan berliku-liku menjadi lebih pendek langsung ambil dari aki.


Krn posisinya setelah ECU, kelihatannya ini berarti membypass input listrik utk koil langsung ke aki ya?, berarti juga membypass fungsi ECU dlm mengatur arus pengapian?.

Kalo memang benar begitu, menurut saya gak bisa. Kalo mo menstabilkan suplai arus mestinya arus yg sebelum masuk ke ECU.

Piggyback yg dirancang scr canggih aja hanya utk memanipulasi data yg masuk ke ECU, tidak ada fungsi ECU yg di bypass.

Kalo fungsi ECU di bypass, seandainya pun tuh mesin tnyata masih bisa nyala, dijamin nyalanya ngaco deh... krn ECU yg menggabungkan semua proses agar saling sesuai, kalau ada yg di-bypass menurut saya ya jd kacau. CMIW


setujuh...Gozkirpma


RE: Upgrade pengapian AX VVTi - Pras - 10-05-2010 16:23

whid74 Menulis:
Bukan pin RPM bro yang dipasangin relay, melainkan pin +12VDC.


yg bilang pasang relay di pin RPM tuh siapa....? WallbashWallbashWallbash