Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Kecepatan ideal - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Mesin Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=5)
+--- Topik: Kecepatan ideal (/showthread.php?tid=17284)


Kecepatan ideal - daddybudy - 09-04-2010 13:01

Siang bro, mo nanya nihh....mungkin ada yang tau kecepatan n gigi perseneling yang ideal untuk AVG berapa ya?

AVG qu perseneling 2 di 3000 rpm sdh menggerung n tarikannya berat, dah ke bengkel resmi katane ga pa2,oia km nya baru 1200-an

sorry nih AQ baru pake avg so msh oon095
tks


RE: Kecepatan ideal - manoeroenk - 09-04-2010 13:28

mobil baru emang biasanya masih berat...bawa keliling2 pelan2 aja dulu bos...
kalo udah servis pertama, baru deh enak..oya pakein oli yang bagus aja biar mesinnya sehat ok?
kcptan ideal?usahakan ganti gigi sebelum rpm 3000-3500an..AVG/XeXI biasanya 100km/jam di rpm 3900 an.


RE: Kecepatan ideal - fhortuna - 11-04-2010 00:44

kalo gw running 100 di 3400-3500rpm
FC-nya, isi 14,99ltr (85rb - prem 6,66ltr & super 8.33ltr) - buat jalan 6-7 hr
dapet 1:13an dalkot (jln kombinasi), jarak tempuhnya 198km


RE: Kecepatan ideal - iamcoming - 11-04-2010 01:18

manoeroenk Menulis:
mobil baru emang biasanya masih berat...bawa keliling2 pelan2 aja dulu bos...
kalo udah servis pertama, baru deh enak..oya pakein oli yang bagus aja biar mesinnya sehat ok?


Betul banget tuh Bro, mobil kalo msh baru emang terasa berat & msh gampang ngelitik. Tapi di KM awal inilah anda perlu menjaga driving style yg baik krn menentukan umur mesin anda.

Nanti kalo KMnya udah di atas 10000an baru terasa performa mesin yg sesungguhnya.

Ganti gigi jgn terlalu awal, juga jgn terlalu tinggi Bro krn akan membebani mesin. Rentang 3000-3500RPM adl angka yg tepat utk menghindari detonasi/ngelitik pd AX krn torsi maksimumnya di 4400 dan bobotnya yg 1,5 ton. Nanti kalo KMnya >5000an baru boleh turunin sedikit.

Jangan pelit beli oli yg bagus, krn itu 'nyawa'nya mesin.


RE: Kecepatan ideal - TukangListrik - 11-04-2010 10:27

fhortuna Menulis:
kalo gw running 100 di 3400-3500rpm
FC-nya, isi 14,99ltr (85rb - prem 6,66ltr & super 8.33ltr) - buat jalan 6-7 hr
dapet 1:13an dalkot (jln kombinasi)


Om Fhortuna mobil na AVS..

hihihi,sori om fhortuna,ditambhn dikit ya..biar TS na ga binun krn beda spek Smile


RE: Kecepatan ideal - fhortuna - 11-04-2010 10:54

TukangListrik Menulis:

fhortuna Menulis:
kalo gw running 100 di 3400-3500rpm
FC-nya, isi 14,99ltr (85rb - prem 6,66ltr & super 8.33ltr) - buat jalan 6-7 hr
dapet 1:13an dalkot (jln kombinasi), jarak tempuhnya 198km


Om Fhortuna mobil na AVS..

hihihi,sori om fhortuna,ditambhn dikit ya..biar TS na ga binun krn beda spek Smile


ga beda jauh2 amat lah Yagak


RE: Kecepatan ideal - daddybudy - 13-04-2010 18:41

Ok tks for all deh
Jd ada pencerahan Smile


RE: Kecepatan ideal - Prio - 14-04-2010 08:53

daddybudy Menulis:
Siang bro, mo nanya nihh....mungkin ada yang tau kecepatan n gigi perseneling yang ideal untuk AVG berapa ya?


untuk avanza VVTI torsi tertinggi ada di RPM 4400, jadi disinilah titik paling pas buat pergantian gigi.


RE: Kecepatan ideal - fhortuna - 14-04-2010 13:40

Prio Menulis:

daddybudy Menulis:
Siang bro, mo nanya nihh....mungkin ada yang tau kecepatan n gigi perseneling yang ideal untuk AVG berapa ya?


untuk avanza VVTI torsi tertinggi ada di RPM 4400, jadi disinilah titik paling pas buat pergantian gigi.


ga kebayang klo tiap ganti gigi sampe rpm sgitu
lari di tol 100km-120km di rpm 3500-3900 aj
suara mesinnya dah kaya apa Tuh
apalg dijln biasa ganti gigi 2 ke 3 hrs sampe rpm 4rb
ngeraung kaya macaaaaaaaaaaan kaaaaaang Haha


RE: Kecepatan ideal - iamcoming - 14-04-2010 19:15

fhortuna Menulis:

Prio Menulis:

daddybudy Menulis:
Siang bro, mo nanya nihh....mungkin ada yang tau kecepatan n gigi perseneling yang ideal untuk AVG berapa ya?


untuk avanza VVTI torsi tertinggi ada di RPM 4400, jadi disinilah titik paling pas buat pergantian gigi.


ga kebayang klo tiap ganti gigi sampe rpm sgitu
lari di tol 100km-120km di rpm 3500-3900 aj
suara mesinnya dah kaya apa Tuh
apalg dijln biasa ganti gigi 2 ke 3 hrs sampe rpm 4rb
ngeraung kaya macaaaaaaaaaaan kaaaaaang Haha


Secara teoritis memang ganti gigi di torsi maksimum adl yg paling menghemat BBM, tapi kalau harus segitu terus, emang bener yg dibilang Bro Fhortuna, suara mesinnya meraung....
Dan buat komponen2 lain macam belt2, bearing dan kopling gak tau deh bisa tetap awet gak di putaran segitu ya?. Belum masalah kenyamanan kuping 095
Pada beberapa mobil lain malah ada yg torsi maksimumnya lebih tinggi lagi di 5000an RPM, seingat saya bahkan ada yg 6000.
Ane pake XeLi yg torsi maxnya di 3600, jd lebih sering tercapai. Whistling


RE: Kecepatan ideal - d3kv4nz4 - 14-04-2010 21:20

Selamat malam, Kebetulan lg bahas gear n speed
Av.s 10 saya br 2rban km driving style pergantian gearnya di 2500rpm, apa kah akan berpengaruh(merusak) mengingat torsi maks di 4400?


RE: Kecepatan ideal - iamcoming - 14-04-2010 21:46

d3kv4nz4 Menulis:
Selamat malam, Kebetulan lg bahas gear n speed
Av.s 10 saya br 2rban km driving style pergantian gearnya di 2500rpm, apa kah akan berpengaruh(merusak) mengingat torsi maks di 4400?


Simplenya gini, setiap menaikan gigi ada gejala detonasi/ngelitik tidak?. Kalau tidak, berarti safe.
Detonasi menunjukkan bahwa besarnya daya hasil ekspansi pembakaran di silinder tdk sebanding dgn beban yg diberikan sehingga gerakan piston nyaris tertahan.
Analoginya kalo kita naik sepeda balap kita menaikkan gigi pdhal kecepatannya masih rendah/kurang, nggenjotnya tiba2 jadi berat setengah modar khan?. Dengkul pun bisa ngilu.. Begitu juga yg dialami oleh mesin.
Apabila hal itu terjadi terlalu sering/berat, lama2 semua sendi hubungan antara piston-setang piston-kruk as akan goyang/oblak, seberapa pun kuatnya baja yg dipakai. Apabila hubungannya oblak, gerakan silinder akan ikut oblak dan membuat baret dinding silinder&ring piston.
Anda tentu dapat menebak sendiri efeknya dlm jangka panjang, kebocoran kompresi.
Jadi, hindarilah detonasi, apalg kalo sampai membuat mesin mati mendadak/nyaris mati.
Efek yg ringannya adl dgn kebiasaan memindah gigi terlalu awal mengakibatkan boros BBM, karena ketika under power/kehilangan daya, anda justru harus menginjak pedal gas jauh lebih dalam utk mengisi kekurangan daya agar tenaga dan RPMnya kembali.

Prinsipnya, lebih baik mesin sedikit meraung drpd mesin ngelitik.

Sebaliknya, menurunkan gigi terlalu rendah yg membuat mobil seperti direm mendadak sama merusaknya, plus lbh berat krn ikut merusak girboks.

Utk mobil dgn kilometer <5000, gejala ngelitik ringan adl wajar krn gerakan mesin blm terlalu bebas. Masih pengantin baru getu loh... Yes


RE: Kecepatan ideal - d3kv4nz4 - 15-04-2010 21:44

^Thanks bro iamcoming
Penjelasannya jelas sak ke akar2nya, berarti driving style saya musti nambah 500rpm lg ni biar save


RE: Kecepatan ideal - iamcoming - 15-04-2010 22:02

d3kv4nz4 Menulis:
^Thanks bro iamcoming
Penjelasannya jelas sak ke akar2nya, berarti driving style saya musti nambah 500rpm lg ni biar save


Sama-sama Bro. Babay
Sebenarnya di Buku Pedoman Pemilik hal ini sudah dijelaskan, tapi berupa instruksi saja, tanpa menjelaskan sebab-akibatnya.
Hal ini berlaku utk semua kendaraan kok.


RE: Kecepatan ideal - daddybudy - 16-04-2010 12:09

manoeroenk Menulis:
mobil baru emang biasanya masih berat...bawa keliling2 pelan2 aja dulu bos...
kalo udah servis pertama, baru deh enak..oya pakein oli yang bagus aja biar mesinnya sehat ok?
kcptan ideal?usahakan ganti gigi sebelum rpm 3000-3500an..AVG/XeXI biasanya 100km/jam di rpm 3900 an.


oia bos, mang oli yang bagusGozkirpma untuk avg apa yah?
tks


RE: Kecepatan ideal - fhortuna - 16-04-2010 12:53

daddybudy Menulis:

manoeroenk Menulis:
mobil baru emang biasanya masih berat...bawa keliling2 pelan2 aja dulu bos...
kalo udah servis pertama, baru deh enak..oya pakein oli yang bagus aja biar mesinnya sehat ok?
kcptan ideal?usahakan ganti gigi sebelum rpm 3000-3500an..AVG/XeXI biasanya 100km/jam di rpm 3900 an.


oia bos, mang oli yang bagusGozkirpma untuk avg apa yah?
tks


searching dulu deh oom, bnyk yg bahas soal oli
dr yg plng murah sd plng mahal
semuanya sesuai kantong masing2 Yagak


RE: Kecepatan ideal - kend - 16-04-2010 13:28

Coba deh Resep ane ....
a. pakai AVG
b. BBM Premium aja.
c. Ole Shell HX7 dgn level pas batas atas dipstik saat olie mesin dingin.
d. AC nyala terus dgn Double Blower :
Termostat AC di jam 3, blower depan posisi 2. Double blower di posisi 1.

Gigi 1 0 s/d 15 km/jam ( pindah gigi rpm 3000 an)
Gigi 2 15 s/d 30 km/jam ( pindah gigi rpm 3000 an)
Gigi 3 30 s/d 50 km/jam ( pindah gigi rpm 3000 an)
Gigi 4 50 s/d 70 km/jam ( pindah rpm 3000 an)
Gigi 5 70 s/d nyali ( pindah rpm 3000)

terbukti : perjalanan 2 siang dan 2 malam, jalan rusak 30% ( max 60 km/jam), selebihnya mulus top speed di 120 aja ( beraninya sampai segitu, pdhl gas nya masih sisa banyak tuh ).
1. Di tol BSD ~ Cikampek FC 16 km/ltr
2. Luar Kota ( Cikampek ~ Banyuwangi 2500 km an ) FC rata2 14 km/ltr.

dijamin bersahabat dengan telinga ( tidak terlalu bising ), kantong OK.... tidak ngabisin premium 800rb PP.


RE: Kecepatan ideal - fhortuna - 16-04-2010 14:06

pnglaman gw:
klo blower blkng nyala, yg ada FC-nya lebih boros
pdhal termostat sllu 1/4, blower depan 1, blakang jarang nyala

kok ini bisa irit ya 095


RE: Kecepatan ideal - kend - 16-04-2010 15:46

Ane jg gak tahu Om Fhortune, kenapa my AVG begitu amazing FC nya untuk luar kota. padahal muatan, 3 orang dewasa, 1 anak. sementara jok belakang di lipet nempel ke jok tengah, dan begasi full rata sandaran kepala. apalagi pulangnya ditambah beras 1 kwintal tuh.

info tambahan, ban depan isi Nitrogen tekanan 33, dan belakang Nitrogen tekanan 38.


RE: Kecepatan ideal - manoeroenk - 16-04-2010 17:46

Eek3

kend Menulis:
Ane jg gak tahu Om Fhortune, kenapa my AVG begitu amazing FC nya untuk luar kota. padahal muatan, 3 orang dewasa, 1 anak. sementara jok belakang di lipet nempel ke jok tengah, dan begasi full rata sandaran kepala. apalagi pulangnya ditambah beras 1 kwintal tuh.

info tambahan, ban depan isi Nitrogen tekanan 33, dan belakang Nitrogen tekanan 38.


depan 33, belakang 38?Eek3
ga copot semua tuh badan pas lewatin jalan rusak?


RE: Kecepatan ideal - fhortuna - 16-04-2010 19:29

manoeroenk Menulis:
depan 33, belakang 38?Eek3
ga copot semua tuh badan pas lewatin jalan rusak?


copot ga lah, kan dia dah tatakin bantal di seat-nya, spy ga mental2an Yagak


RE: Kecepatan ideal - xeniasporty - 20-04-2010 14:28

manoeroenk Menulis:
Eek3

kend Menulis:
Ane jg gak tahu Om Fhortune, kenapa my AVG begitu amazing FC nya untuk luar kota. padahal muatan, 3 orang dewasa, 1 anak. sementara jok belakang di lipet nempel ke jok tengah, dan begasi full rata sandaran kepala. apalagi pulangnya ditambah beras 1 kwintal tuh.

info tambahan, ban depan isi Nitrogen tekanan 33, dan belakang Nitrogen tekanan 38.


depan 33, belakang 38?Eek3
ga copot semua tuh badan pas lewatin jalan rusak?


Hati2 tekanan ban hrs sesuai spek pabrik , kl tekanan ban tinggi efeknya tarikan lebih enteng dan irit tp efek bantingan jd lebih keras ban gampang benjol, krn dulu ane jg kl ngisi angin ban minimal 35 , efeknya ban pd benjol yg ada keluar duit buat ganti 4banHikhik mau irit bensin malah jd boros banHikhik


RE: Kecepatan ideal - kend - 20-04-2010 22:42

Ane isi 38 karena muatan penuh bosss.
klu diisi standard nya cuma 35 ... walah.... ban belakang kelihatan seperti kurang angin banget.
ane isi segitu biar seluruh telapak ban nya normalnya waktu dipakai sendiri dan di isi 35.

sepertinya ada petunjuk juga deh... klu beban penuh tekan ban harus ditambah.

nah sekarang udah buat hari2, cuma ber 1 atau paling banyak ber 4, yaaa. ane kurangin lagi ... depan jadi 32 dan belakang 35. standart lagi.