Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
manasin mesin yang benar - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Modifikasi, Tips & Trik (/forumdisplay.php?fid=19)
+---- Forum: Mesin (/forumdisplay.php?fid=115)
+---- Topik: manasin mesin yang benar (/showthread.php?tid=17226)


manasin mesin yang benar - rinanto13 - 03-04-2010 03:00

nanya gan, cara manasin mesin avanza yang bener tuh gimana sih? berapa lama?
tks gan..


RE: manasin mesin yang benar - adhe behh - 03-04-2010 15:22

klo menurut ane liatin aj tempraturnya,,,
mgkn sampe jarumnya naik setengah,,

tpi kyknya udah pernah dibahas deh,,
cba qmuh cari di fasilitas cari aj,,,
smga membantu


RE: manasin mesin yang benar - febri kasmadi - 03-04-2010 17:13

Umumnya iklim kita tropis & suhu panas,jd sbaiknya kita rutin manasin mesin mobil sblum jalan, tujuannya agar mberi ksempatan pd oli yg masi brada dibwh unt naek mlumasi komponen mesin jg unt menghindari keausan mesin.

Mgkin ini sdikit cara yg bisa saya jawab unt tahap2 manasin mobil :
1. Priksa kondisi air radiator tiap minggu
2. Hidupkan mesin +- 5 mnit / biarkan mesin menyala sampai temperatur naek 1/3
3. Bila sudah tercapai suhu ideal anda bisa berangkat melanjutkan aktifitas.
4. Mesin yang bkerja pd temperatur ideal akan menghemat konsumsi bahan bakar bensin.


RE: manasin mesin yang benar - iamcoming - 03-04-2010 20:29

rinanto13 Menulis:
nanya gan, cara manasin mesin avanza yang bener tuh gimana sih? berapa lama?
tks gan..


Utk mobil berteknologi injeksi skr ini, sebenarnya sudah tdk dikenal lagi istilah 'memanasi' mesin sblm jalan, kecuali anda tinggal di iklim dingin.
Suhu udara di Indonesia yg relatif stabil di kisaran 23-32 celcius membuat mobil anda selalu dlm keadaan siap jalan. Anda hanya perlu menunggu sejenak agar oli yg turun ke dasar karter naik ke silinder sebelum mulai menginjak pedal gas. Ibarat salah satu iklan oli: "Ingat, keausan mesin mayoritas terjadi pada saat menyalakan mesin", ya krn itu, pd saat mesin mati oli turun ke dasar mesin.
Di negara tropis mesin justru perlu 'didinginkan', bukan 'dipanaskan'.

Berikut beberapa hal yg perlu diperhatikan mengenai start kendaraan:
- Saat kunci kontak di-on-kan, ECU akan membaca data suhu, kelembaban, kadar oksigen dan oktan bahan bakar, pompa bahan bakar akan bekerja untuk mengumpulkan tekanan bensin sebelum melakukan pengabutan dan injeksi (terdengar seperti suara mendesir). Mesin sudah mampu 'berfikir' sendiri melalui program utk menentukan campuran bensin dan udara yg pas sesuai kondisi udara saat itu. Berilah selang waktu min 2 detik saja sebelum menyalakan mesin, agar seluruh proses tadi selesai sempurna.
- Jangan menyalakan mesin sambil menginjak pedal gas, atau menginjak2 pedal gas saat mesin baru saja menyala, itu akan mengakibatkan gesekan yg parah, krn saat itu oli msh di bawah, belum melindungi mesin. Kebiasaan ini akan menyebabkan gesekan yg membuat terjadinya kebocoran kompresi, mobil jadi boros dan lebih cepat perlu turun mesin.
- Mesin sudah siap bekerja begitu oli telah bersirkulasi sempurna, jadi setelah mesin menyala cukup tunggu sekitar 1 sampai 1,5 menit agar oli bersirkulasi sempurna sampai ke ring piston agar mesin anda terlindungi dari gesekan. Setelah itu mobil anda sudah siap jalan. Tak perlu menunggu jarum temperatur naik, itu hanya akan memboroskan bahan bakar saja.
Tambahkan waktu tunggu apabila anda harus langsung melaju kencang (misalnya rumah anda persis di jalan raya berlalu lintas kecepatan cukup tinggi).
Apabila mesin belum terlalu lama dimatikan (kurang dari 3 jam) anda bahkan cukup menunggu 30 detik saja.
- Untuk mesin yg masih menggunakan karburator waktu tunggu memang lebih lama krn sistemnya bekerja analog, anda perlu menunggu sampai putaran mesin terasa sudah stabil sebelum mulai jalan (sekitar 4-6 menit). Untuk mempercepat, tarik choke seperlunya ketimbang dgn menginjak pedas gas krn kurang stabil dan sering malah berlebihan, kembalikan choke saat hendak jalan.
- Memanaskan mesin tidak ditujukan utk megisi aki, karena alternator baru dapat mengisi aki (ampere-nya cukup) bila mesin berputar di atas 2000 rpm. Jalankanlah kendaraan apabila ingin mengisi aki.
- Start mesin kendaraan anda sambil menginjak pedal kopling agar beban start berkurang/startnya enteng (membebaskan mesin dari girboks), sehingga daya pada aki tdk terlalu terkuras dan aki jadi awet.
Semoga bermanfaat.
_____________________
Save fuel, save cost, save earth


RE: manasin mesin yang benar - Barotho - 03-04-2010 21:05

kalau manasinnya sebentar, terasa gasnya masih tinggi.
sebaiknya sampai gas normal.


RE: manasin mesin yang benar - iamcoming - 03-04-2010 22:05

Barotho Menulis:
kalau manasinnya sebentar, terasa gasnya masih tinggi.
sebaiknya sampai gas normal.


Kalau masih dingin rpmnya lebih tinggi itu tandanya ECUnya bekerja Bro.
Intinya mobil boleh jalan kalau olinya sudah bersirkulasi, bukan ditentukan oleh berapa suhu mesin anda.

Mungkin begini ilustrasinya: Putaran mesin pada saat idle adl 1000 RPM (putaran per menit), itu artinya dalam semenit silinder sudah naik-turun 1000 kali, itu adl jumlah yg sudah cukup memadai untuk membawa oli ke atas silinder (ring piston).

Supaya lebih 'jelas' mungkin perlu ditambahkan info yg ada di buku petunjuk kendaraan:
-Startlah mesin sambil menahan pedal kopling hingga mesin hidup. (hal.66)
-Mesin harus diHANGATkan (bukan diPANASkan) dengan cara mengendarainya, tidak dalam keadaan idle. (hal.66)


RE: manasin mesin yang benar - TukangListrik - 04-04-2010 09:39

nih,klo di search ada kok Yes

http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=4526


RE: manasin mesin yang benar - D 3 NI G 04 - 04-04-2010 10:14

prasaan klo mbil g dipnasin, jln ny g enk deh.....


RE: manasin mesin yang benar - Jenz - 04-04-2010 12:38

iamcoming Menulis:

rinanto13 Menulis:
nanya gan, cara manasin mesin avanza yang bener tuh gimana sih? berapa lama?
tks gan..


Utk mobil berteknologi injeksi skr ini, sebenarnya sudah tdk dikenal lagi istilah 'memanasi' mesin sblm jalan, kecuali anda tinggal di iklim dingin.
Suhu udara di Indonesia yg relatif stabil di kisaran 23-32 celcius membuat mobil anda selalu dlm keadaan siap jalan. Anda hanya perlu menunggu sejenak agar oli yg turun ke dasar karter naik ke silinder sebelum mulai menginjak pedal gas. Ibarat salah satu iklan oli: "Ingat, keausan mesin mayoritas terjadi pada saat menyalakan mesin", ya krn itu, pd saat mesin mati oli turun ke dasar mesin.
Di negara tropis mesin justru perlu 'didinginkan', bukan 'dipanaskan'.

Berikut beberapa hal yg perlu diperhatikan mengenai start kendaraan:
- Saat kunci kontak di-on-kan, ECU akan membaca data suhu, kelembaban, kadar oksigen dan oktan bahan bakar, pompa bahan bakar akan bekerja untuk mengumpulkan tekanan bensin sebelum melakukan pengabutan dan injeksi (terdengar seperti suara mendesir). Mesin sudah mampu 'berfikir' sendiri melalui program utk menentukan campuran bensin dan udara yg pas sesuai kondisi udara saat itu. Berilah selang waktu min 2 detik saja sebelum menyalakan mesin, agar seluruh proses tadi selesai sempurna.
- Jangan menyalakan mesin sambil menginjak pedal gas, atau menginjak2 pedal gas saat mesin baru saja menyala, itu akan mengakibatkan gesekan yg parah, krn saat itu oli msh di bawah, belum melindungi mesin. Kebiasaan ini akan menyebabkan gesekan yg membuat terjadinya kebocoran kompresi, mobil jadi boros dan lebih cepat perlu turun mesin.
- Mesin sudah siap bekerja begitu oli telah bersirkulasi sempurna, jadi setelah mesin menyala cukup tunggu sekitar 1 sampai 1,5 menit agar oli bersirkulasi sempurna sampai ke ring piston agar mesin anda terlindungi dari gesekan. Setelah itu mobil anda sudah siap jalan. Tak perlu menunggu jarum temperatur naik, itu hanya akan memboroskan bahan bakar saja.
Tambahkan waktu tunggu apabila anda harus langsung melaju kencang (misalnya rumah anda persis di jalan raya berlalu lintas kecepatan cukup tinggi).
Apabila mesin belum terlalu lama dimatikan (kurang dari 3 jam) anda bahkan cukup menunggu 30 detik saja.
- Untuk mesin yg masih menggunakan karburator waktu tunggu memang lebih lama krn sistemnya bekerja analog, anda perlu menunggu sampai putaran mesin terasa sudah stabil sebelum mulai jalan (sekitar 4-6 menit). Untuk mempercepat, tarik choke seperlunya ketimbang dgn menginjak pedas gas krn kurang stabil dan sering malah berlebihan, kembalikan choke saat hendak jalan.
- Memanaskan mesin tidak ditujukan utk megisi aki, karena alternator baru dapat mengisi aki (ampere-nya cukup) bila mesin berputar di atas 2000 rpm. Jalankanlah kendaraan apabila ingin mengisi aki.
- Start mesin kendaraan anda sambil menginjak pedal kopling agar beban start berkurang/startnya enteng (membebaskan mesin dari girboks), sehingga daya pada aki tdk terlalu terkuras dan aki jadi awet.
Semoga bermanfaat.
_____________________
Save fuel, save cost, save earth


iamcoming Menulis:

Barotho Menulis:
kalau manasinnya sebentar, terasa gasnya masih tinggi.
sebaiknya sampai gas normal.


Kalau masih dingin rpmnya lebih tinggi itu tandanya ECUnya bekerja Bro.
Intinya mobil boleh jalan kalau olinya sudah bersirkulasi, bukan ditentukan oleh berapa suhu mesin anda.

Mungkin begini ilustrasinya: Putaran mesin pada saat idle adl 1000 RPM (putaran per menit), itu artinya dalam semenit silinder sudah naik-turun 1000 kali, itu adl jumlah yg sudah cukup memadai untuk membawa oli ke atas silinder (ring piston).

Supaya lebih 'jelas' mungkin perlu ditambahkan info yg ada di buku petunjuk kendaraan:
-Startlah mesin sambil menahan pedal kopling hingga mesin hidup. (hal.66)
-Mesin harus diHANGATkan (bukan diPANASkan) dengan cara mengendarainya, tidak dalam keadaan idle. (hal.66)



Hmm Saya ingin mengatakan jika saat memanaskan mesin tidak sampe 1/3 suhu temp
maka putaran mesin tidak normal ...
( gw normal 750 RPM : Irit MODE )
Dan saat tidak normal RPM menunjukkan 1500 RPM

biasanya sih kalau sudah mencapai suhu setengah ( suhu normal ) maka putaran akan kembali IDle ke posisi semula..
jadi jika bro coming mengatakan kalau manasin mobil gak perlu sampe 1/3 temp , saya kurang setuju. karena sama aja bahan bakar boros, karena putaran yang belum kembali ke titik normal


RE: manasin mesin yang benar - zanetti - 05-04-2010 00:05

TukangListrik Menulis:


bener kata om tukanglistrik, uda ada kok pembahasannya..TopdehTopdeh

D 3 NI G 04 Menulis:
prasaan klo mbil g dipnasin, jln ny g enk deh.....


setuju ama om deni.... ane juga ngerasa kalo petunjuk temperatur di dashboard blm nunjuk ke arah setengah, mobil jadi ga enak, berasa ga ada tenaganya...TuhTuh
tapi balik lagi ke individu masing2.... tp kalo menurut ane sih manasin mobil masih perlu...seenggaknya 5 menit lah... toh selama manasin mobil 5 menit, ga bakal ngabisin bensin 1 liter kan?YagakYagak


RE: manasin mesin yang benar - rinanto13 - 05-04-2010 16:13

wokle...terimakasih pencerahannya...