Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Modifikasi, Tips & Trik (/forumdisplay.php?fid=19)
+--- Topik: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik (/showthread.php?tid=1716)


Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Surya B 1756 FI - 02-01-2007 09:13

Dear all.........

Met Tahun Baru 2007..... moga2 apa yg diharapkan menjadi kenyataan (yg bae2 tentunya) semua kondisi menjadi lebih kondusif termasuk jg dgn tunggangan sehari-hari Av & Xe.

Rekan2.... saya ingin tanya barangkali ada yg tau dan bisa shere ilmunya disini, dah berapa lama baru kepikiran klo lg jln macet berasa jg nih betis.... A/X qta kan koplingnya msh pake tali (CMIIW) bisa ga diganti pake yang hidrolik takrik koplingnya agar lebih empuk/enteng dan faktor lain yng mempengaruhi apa aja sekalian dana?....

Please para suhu untuk bisa share ilmunya...

Thanks


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - Bobby Sant - 02-01-2007 09:23

Surya B 1756 FI Menulis:
Dear all.........

Met Tahun Baru 2007..... moga2 apa yg diharapkan menjadi kenyataan (yg bae2 tentunya) semua kondisi menjadi lebih kondusif termasuk jg dgn tunggangan sehari-hari Av & Xe.

Rekan2.... saya ingin tanya barangkali ada yg tau dan bisa shere ilmunya disini, dah berapa lama baru kepikiran klo lg jln macet berasa jg nih betis.... A/X qta kan koplingnya msh pake tali (CMIIW) bisa ga diganti pake yang hidrolik takrik koplingnya agar lebih empuk/enteng dan faktor lain yng mempengaruhi apa aja sekalian dana?....

Please para suhu untuk bisa share ilmunya...

Thanks


Kopling hidrolik gak bikin enteng. A/X sudah termasuk enteng koplingnya kecuali kalau koplingnya bermasalah.

Rubah ke hidrolik butuh biaya gede mending pasang Easy Clutch aja, cuman 3,5 juta (bekas) kayak punya gua.

Klik : http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=1294 atau http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=141


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - becks_man - 02-01-2007 10:02

eh bob, kalo pake easy clutch, garansi ilang semuanya ya


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - Bobby Sant - 02-01-2007 10:07

becks_man Menulis:
eh bob, kalo pake easy clutch, garansi ilang semuanya ya


Yg hilang garansinya kabel kopling doang. Easy Clutch cuman pasang di tuas kopling aja.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - indoram - 04-01-2007 00:52

Bobby Sant Menulis:

Rubah ke hidrolik butuh biaya gede mending pasang Easy Clutch aja, cuman 3,5 juta (bekas) kayak punya gua.


Kok gue kmrn ditawarin RP 8 jeti????095095

Makanye gue males ngelanjutin pembicaraan lg.

Gmn sih tuh org? Niat jualan apa kagak sih?????095095


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - Bobby Sant - 04-01-2007 06:51

indoram Menulis:
Kok gue kmrn ditawarin RP 8 jeti????095095

Makanye gue males ngelanjutin pembicaraan lg.

Gmn sih tuh org? Niat jualan apa kagak sih?????095095


8,5 juta itu yg baru, gua nawarin yg bekas.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - RonZ - 04-01-2007 20:15

Bobby Sant Menulis:
Kopling hidrolik gak bikin enteng. A/X sudah termasuk enteng koplingnya kecuali kalau koplingnya bermasalah.

Rubah ke hidrolik butuh biaya gede mending pasang Easy Clutch aja, cuman 3,5 juta (bekas) kayak punya gua.

Klik : http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=1294 atau http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=141


Om Bob, tapi entengnya itu termasuk kategori keras juga lho buat ukuran mobil baru Tuh

Sebelnya kalo macet, kadang2 lumayan bikin kaki gak nyaman Hikhik

Apa emang karakteristiknya emang gitu yah ? Super


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - Bobby Sant - 04-01-2007 20:43

Ronz Menulis:
Om Bob, tapi entengnya itu termasuk kategori keras juga lho buat ukuran mobil baru Tuh

Sebelnya kalo macet, kadang2 lumayan bikin kaki gak nyaman Hikhik

Apa emang karakteristiknya emang gitu yah ? Super


Kalau kata Pak Totok dari Daihatsu waktu coba mobil gua, dia kaget kok koplingnya enteng banget.

Gua sih udah malas nginjak kopling, maklum sudah berumur. Nyesel gak ambil Avanza S yg 1300 CC, akhirnya gua pasang Easy Clutch. Sekarang kalau ke tempayt macet udah gak pegel cuman bete aja kayak lagi ngantri pakai nomer.

Kalau udah pasang Easy Clutch pasti berpikir gak rugi keluarin uangnya. Tenaga tetap gede tapi kaki gak pegel.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - indoram - 04-01-2007 22:46

Bobby Sant Menulis:

indoram Menulis:
Kok gue kmrn ditawarin RP 8 jeti????095095

Makanye gue males ngelanjutin pembicaraan lg.

Gmn sih tuh org? Niat jualan apa kagak sih?????095095


8,5 juta itu yg baru, gua nawarin yg bekas.


Sopo punya Om Bob?095

Msh bgs gak barangnye?095

Bgm dgn garansi nye?095


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - Chandra - 04-01-2007 22:54

indoram Menulis:
Sopo punya Om Bob?095

Msh bgs gak barangnye?095

Bgm dgn garansi nye?095


punya Om Bob lah.. dia mo jual tuh.. bungkus dehhh....


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - Don - 04-01-2007 23:17

Bobby Sant Menulis:
Kopling hidrolik gak bikin enteng. A/X sudah termasuk enteng koplingnya kecuali kalau koplingnya bermasalah.

Rubah ke hidrolik butuh biaya gede mending pasang Easy Clutch aja, cuman 3,5 juta (bekas) kayak punya gua.

Klik : http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=1294 atau http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=141


sebenernya murah nih 3,5 juta, apalagi kalo termasuk pasang & setting. alat ini kan cuma motor listrik, pasti awet lah...


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - indoram - 04-01-2007 23:19

Chandra Menulis:

indoram Menulis:
Sopo punya Om Bob?095

Msh bgs gak barangnye?095

Bgm dgn garansi nye?095


punya Om Bob lah.. dia mo jual tuh.. bungkus dehhh....


Kenape dijual ya???????????????095


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - Chandra - 05-01-2007 00:02

indoram Menulis:

Chandra Menulis:

indoram Menulis:
Sopo punya Om Bob?095

Msh bgs gak barangnye?095

Bgm dgn garansi nye?095


punya Om Bob lah.. dia mo jual tuh.. bungkus dehhh....


Kenape dijual ya???????????????095


die lagi mo ninggalin gaya nyetir bapak2.. sekarang lagi utak atik mo ikut drag race he he ...jgn bilang2 papi ya...TopdehWinking


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - stieven - 05-01-2007 01:05

udah bungkus aja... si bob udah kena kompor drag... abis ini cylinder head di papas... kalo pake eazy clutch gak cocok kyknya...


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - Bobby Sant - 05-01-2007 07:37

Rekan-rekan setanah air,

Easy Clutch yg bekas ada stok beberapa unit. Jadi bukan gua punya yg dijual. Mobil berikut gua adalah yg beneran matik soalnya udah bapak-bapak.

Easy Clutch bukan cuman motor doang tapi ada ECU-nya. Dari ECU ini bisa distel mau gaya nyetir bapak-bapak atau abg atau pembalap slalom. Kalau gua punya, mintanya di stel pakai gaya bapak-bapak biar perpindahan giginya smooth. ECU disimpan dibawah dashboard biar aman dari air. Jadi kalau mobil biasa otaknya hanya satu, mobil gua otaknya udah dua Winking.

Harga 3,5 juta perinciannya : 3 juta untuk unit dan 500 ribu untuk pemasangan. Pemasangan harus dibengkel resminya di Kelapa Gading krn mereka mempunyai alat komputer utk menyetel bukaan kopling yg pas.

Sebelum pemasangan, unit diperiksa dulu apakah masih bagus atau tidak. Kalau harus ganti spare part maka akan mengurangi harga unit yg dibayar. Pokoknya 3,5 juta terima beres!!!.

Gua udah nanya ke mekaniknya, yg sering rusak bagian apanya. Mereka bilang selama 10 tahun, yg suka rusak adalah motornya karena terkena air waktu dicuci (steam). Jadi, hati-hati kalau cuci mesin. unit harus dibungkus plastik dulu.

Unit yg tersedia rata-rata sudah habis masa garansinya. Makanya, sebelum pasang harus diperiksa dulu. Kalau jelek boleh pulangin krn pembayaran unit dilakukan 3 hari setelah pemasangan. Kalau biaya pasang harus dibayar dimuka.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - item - 05-01-2007 07:50

boljug nih pak bob, ini yg model lama ato yg baru? (kayak iklan di otomotif)


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - Bobby Sant - 05-01-2007 08:05

item Menulis:
boljug nih pak bob, ini yg model lama ato yg baru? (kayak iklan di otomotif)


Versi kedua. Kalau yg baru itu versi ketiga. Hampir mirip, cuman yg versi ketiga ECUnya lebih pintar.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolok - Pras - 01-11-2007 16:53

RR,

Jadi blom ada yang coba ganti kabel kopling ke hidraulik ya? kan harusnya gak susah ya tinggal pasang kopling hidraulik-nya AvS M/T ke AvG misalnya... berapa ya harga part-nya?
Gue cuman pengen tau, untuk mengurangi resiko kabel kopling putus di tengah jalan, kira-kira sebanding gak dengan biaya kalo diganti jadi hidarulik.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - indoram - 01-11-2007 17:28

Duduan buat yg nempel di firewall sih gampang, tp yg nempel di gearbox itu yg susah. Krn master koplingnya kan gak bole gerak2, nanti tekanan piston ke koplingnya gak maksimal. Ujung2nya jd misgear melulu....Tongue_out


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - black.avanza - 01-11-2007 17:42

klo ganti hidrolik,bs ya?biayanya brapa?cm mo tau aja...Topdeh


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 02-11-2007 07:32

indoram Menulis:
Duduan buat yg nempel di firewall sih gampang, tp yg nempel di gearbox itu yg susah. Krn master koplingnya kan gak bole gerak2, nanti tekanan piston ke koplingnya gak maksimal. Ujung2nya jd misgear melulu....Tongue_out


Dudukan Master kopling bawahnya ya yang beda? Dudukannya adanya dimana? di gearbox?
Uummm... males juga kalo musti ganti gearbox dengan punyanya AvS M/T yg 1300.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - indoram - 02-11-2007 07:39

Pras Menulis:

indoram Menulis:
Duduan buat yg nempel di firewall sih gampang, tp yg nempel di gearbox itu yg susah. Krn master koplingnya kan gak bole gerak2, nanti tekanan piston ke koplingnya gak maksimal. Ujung2nya jd misgear melulu....Tongue_out


Dudukan Master kopling bawahnya ya yang beda? Dudukannya adanya dimana? di gearbox?
Uummm... males juga kalo musti ganti gearbox dengan punyanya AvS M/T yg 1300.


Maksudnya itu gini :
Krn mao modif berarti kan kt hrs cari yg plg cocok yg bs dipake. Nah kl mao pake panther punya sih kayaknya bisa2 aja. Tp buat naro di gearbox spy gak goyang2 itu yg susah. Krn itukan tekanannya kuat, jd dudukan di gearboxnya jg hrs kuat. Master koplingnya hrs tetep diem ketika diberi tekanan, yg gerak cm piston didlmnya. Kl masternya ikutan gerak, dy tekan ke kopling di dlm gearbox gak mantep shg kayak kita nginjek kopling blm full tp uda pindahin gigi, jd suka mis gear.

Ngerti ora....???095 Kl blm, nanti pas ketemu gue jelasin lg deh dgn alat peraga, biar lbh ngeh....Winking


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 02-11-2007 08:10

indoram Menulis:

Pras Menulis:

indoram Menulis:
Duduan buat yg nempel di firewall sih gampang, tp yg nempel di gearbox itu yg susah. Krn master koplingnya kan gak bole gerak2, nanti tekanan piston ke koplingnya gak maksimal. Ujung2nya jd misgear melulu....Tongue_out


Dudukan Master kopling bawahnya ya yang beda? Dudukannya adanya dimana? di gearbox?
Uummm... males juga kalo musti ganti gearbox dengan punyanya AvS M/T yg 1300.


Maksudnya itu gini :
Krn mao modif berarti kan kt hrs cari yg plg cocok yg bs dipake. Nah kl mao pake panther punya sih kayaknya bisa2 aja. Tp buat naro di gearbox spy gak goyang2 itu yg susah. Krn itukan tekanannya kuat, jd dudukan di gearboxnya jg hrs kuat. Master koplingnya hrs tetep diem ketika diberi tekanan, yg gerak cm piston didlmnya. Kl masternya ikutan gerak, dy tekan ke kopling di dlm gearbox gak mantep shg kayak kita nginjek kopling blm full tp uda pindahin gigi, jd suka mis gear.

Ngerti ora....???095 Kl blm, nanti pas ketemu gue jelasin lg deh dgn alat peraga, biar lbh ngeh....Winking


Hampir ngerti... Super
Di gambar bawah ini yang mana ya? (gambar Rumah Transmisi Manual Av dari EPC)

btw, gue ke bengkel dulu ah... mau tanya ama temen sekalian sarapan... Makasih ya atas informasinya...


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - thomas_ng - 02-11-2007 08:22

kalo mau modif sekalian pake boster, biar enteng.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 02-11-2007 09:04

thomas_ng Menulis:
kalo mau modif sekalian pake boster, biar enteng.


Sebenernya yang diinginkan adalah menghindari resiko kabel kopling putus mendadak di tengah jalan, karena mobil juga dibawa oleh istri...


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - black.avanza - 02-11-2007 09:59

oom...klo ganti pk booster gmn th?kn ga ada tempat duduk boosternya...biayanya berapaan ya?


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - indoram - 02-11-2007 10:03

Mao ngapain kopling lu pakei booster...kayak rem aja....HahaHaha


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - black.avanza - 02-11-2007 10:05

jadi istilahnya apa klo kopling yg pk minyak itu?booster kn?


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - indoram - 02-11-2007 10:10

Booster itu gunanya buat tambahan tenaga biar lu injek remnya gak berat.

Lu pernah nyetir katana gak? Itu mbl remnya gak pake booster. Uda berat gak pakem pula.

Booster itu bentuknya bulat item, tpt nempelnya master rem.

Kopling gak peke minyak namanya sistem MEKANIS.
Kopling pak minyak namanya sistem HIDROLIS.

Sama kayak rem jg gitu.....makanya sekolah yg bener jgn ngebolos ama pacaran mulu dong....Tuh


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - aeres - 02-11-2007 10:14

hehehehe... kena tuh blacky...
"makanya sekolah yg bener jgn ngebolos ama pacaran mulu dong"


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 02-11-2007 10:33

Perasaan gue dulu sekolah gak pernah bolos tp juga gak pernah diajarin gituan... apa gue salah pilih sekolah? 095


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - indoram - 02-11-2007 10:41

Pras Menulis:
Perasaan gue dulu sekolah gak pernah bolos tp juga gak pernah diajarin gituan... apa gue salah pilih sekolah? 095


Dulu bayar uang sekloahnya full gak...??? Kl gak full ya pasti ada mata pelajaran yg dikurangin.

Nah, kebetulan mata pelajaran lu yg dikurangin ttg beginian....Tongue_out


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - becks_man - 02-11-2007 10:42

Pras Menulis:

thomas_ng Menulis:
kalo mau modif sekalian pake boster, biar enteng.


Sebenernya yang diinginkan adalah menghindari resiko kabel kopling putus mendadak di tengah jalan, karena mobil juga dibawa oleh istri...


kalo mau aman tiap bulan aja ganti om, 150rb hehe


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 02-11-2007 11:14

HahaHahaHaha

Gue udah tanya-tanya dan pelajari EPC... kayanya kalo mau pasang master kopling hidraulic (AvS MT) ke AvG, kalau mau dudukan master kopling bawahnya bener-bener oke, musti ganti Clutch Housing... mampus dah...
AvS M/T, Clutch Housing: Part.Nr: 31111-BZ020
AvG M/T, Clutch Housing: Part.Nr: 31111-BZ010

095 apa gue beliin kabel kopling aja buat cadangan, trus ajarin istri gue gimana cara gantinya, biar kalo putus di jalan... dia bisa ganti sendiri (sementara gue duduk manis di dalem kabin)


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - aeres - 02-11-2007 11:17

Pras Menulis:
HahaHahaHaha
095 apa gue beliin kabel kopling aja buat cadangan, trus ajarin istri gue gimana cara gantinya, biar kalo putus di jalan... dia bisa ganti sendiri (sementara gue duduk manis di dalem kabin)


Sadis lho bro... RR jangan diconto yach... Inilah akibat hobi moto pembantu... Haha


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - black.avanza - 02-11-2007 11:24

@pras
avs m/t uda pk hidrolis ya?avg bisa dpasangin ga?masa uda bw boil,tp bw kabel kopling jg...uda ky vespa aj...Haha


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - aeres - 02-11-2007 11:26

OOt dikit...
Itu ide om pras ok juga... Pasangan kita kudu ngerti juga soal mobil.. Gw sendiri paling tidak udah bagi tugas... Urusan ngebersihin dalem mobil bini.. luar mobil baru gw...


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - black.avanza - 02-11-2007 11:27

aeres demennya bagian luar ya?bukannya bagusan luar dalem?spy lebih total...Topdeh


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - thomas_ng - 02-11-2007 11:29

ada keuntungan dan ada kerugian memakai hidrolik atau kabel.
kalo pake boster akan lebih enteng injeknya, kaya rem.
cari bosternya starlet (kecil dia) bekas, murah kok cuman 200.000 an(bekas).

kalo pake sistem hidrolic yang harus diperhatikan minyaknya seperti rem, harus di ganti,
kalo enggak bocor di masternya yah percuma aja masalah juga tuh.

kalo kabel mau enteng yang stut nya di panjangin aja.
dibawa ke mak erot.....(he he he...)


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - aeres - 02-11-2007 11:31

black.avanza Menulis:
aeres demennya bagian luar ya?bukannya bagusan luar dalem?spy lebih total...Topdeh


Kan musti ade spesialisasi... Black ke sentul yuk liat RR.. Jemput gw dunk...


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - black.avanza - 02-11-2007 11:35

thomas_ng Menulis:
ada keuntungan dan ada kerugian memakai hidrolik atau kabel.
kalo pake boster akan lebih enteng injeknya, kaya rem.
cari bosternya starlet (kecil dia) bekas, murah kok cuman 200.000 an(bekas).

kalo pake sistem hidrolic yang harus diperhatikan minyaknya seperti rem, harus di ganti,
kalo enggak bocor di masternya yah percuma aja masalah juga tuh.

kalo kabel mau enteng yang stut nya di panjangin aja.
dibawa ke mak erot.....(he he he...)

stut itu apa ya?skg ini mobil gw jarak injeknya pendek bgt...jadi,full kopling ke kopling dlepas th pendek...tarikannya lebih enak...lbh cepet nariknya...secara delay bukaan gas jadi pendek...

aeres Menulis:
Kan musti ade spesialisasi... Black ke sentul yuk liat RR.. Jemput gw dunk...


tgl brapa?17?


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 02-11-2007 11:41

black.avanza Menulis:
@pras
avs m/t uda pk hidrolis ya?avg bisa dpasangin ga?masa uda bw boil,tp bw kabel kopling jg...uda ky vespa aj...Haha


Iya AvS MT udah hidrolis kopling-nya... ini lagi gue pelajari bisa gak ditaro di AvG, supaya kalo AvG gue lagi dibawa bini, gak ada resiko kabel kopling putus di jalan... kalo pake hidrolis kan lebih gampang buat dia sewaktu waktu trouble soal kopling, tinggal suruh tambahin minyak rem di master kopling atas setidaknya bisa jalan ampe bengkel.

Kayaknya berat nih... kalo cuman beli master kopling atas dan bawah plus pedal kayaknya hanya abis sejutaan (blom biaya pasang). tapi kalo musti ganti rumah kopling... mak...Tuh
Masalahnya, kalo mekanis, cara kerjanya "tarik" sementara di hidrolis "dorong", jadi dudukannya pasti gak sama...

Gambar sistem kopling mekanis di AX


Gambar (sebagian) sistem kopling hidrolis di AX - Pedal


master kopling bawah:



RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - black.avanza - 02-11-2007 11:44

klo dliat",artinya lmyn bnyk th perubahan di ruang mesin...mungkin dganti,tp jd agak "berantakan" ya...Yagak


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 02-11-2007 11:48

black.avanza Menulis:
[quote=thomas_ng]
ada keuntungan dan ada kerugian memakai hidrolik atau kabel.
kalo pake boster akan lebih enteng injeknya, kaya rem.
cari bosternya starlet (kecil dia) bekas, murah kok cuman 200.000 an(bekas).

kalo pake sistem hidrolic yang harus diperhatikan minyaknya seperti rem, harus di ganti,
kalo enggak bocor di masternya yah percuma aja masalah juga tuh.

kalo kabel mau enteng yang stut nya di panjangin aja.
dibawa ke mak erot.....(he he he...)

stut itu apa ya?skg ini mobil gw jarak injeknya pendek bgt...jadi,full kopling ke kopling dlepas th pendek...tarikannya lebih enak...lbh cepet nariknya...secara delay bukaan gas jadi pendek...

Stut = Clutch Release Fork?



RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - thomas_ng - 02-11-2007 11:49

kalo mau ganti yah harus banyak yg di modif.

mahal banget sampe 1 jt ?
pake aja masternya punya kijang.
kalo sama modif mungkin 1 jt mah.
mungkun juga 1 jt udah pake boster tuh.
boster 300.000 paling mahal.
master kopling bawah 100.000
breket dan biaya modif yang mahal.

stut itu tangkai koplingnya. tuh di tunjukin yang merat tuh oleh pras.

kalo pendek atau dalem itu hanya di stelan koplingnya aja.

stut itu buat enteng dan kerasnya.

kabel kopling itu kuat kok...jangan takut putus, kecuali yg sering main di 1/2 kopling.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 02-11-2007 11:50

black.avanza Menulis:
klo dliat",artinya lmyn bnyk th perubahan di ruang mesin...mungkin dganti,tp jd agak "berantakan" ya...Yagak


harusnya sih engga berantakan... soalnya di AvS aja bisa kok, kenapa di AvG engga... tinggal seimbang apa engga nih biayanya... Tuh

Memang utk mencegah hal-hal yang tak terduga spt kabel kopling putus apalagi pas mobil dibawa ama istri... yang terbaik adalah dengan berdoa setiap sebelum memulai perjalanan dan bersyukur saat kita sampai dengan selamat


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - black.avanza - 02-11-2007 11:52

owh gtu...makin paham mesin dah...tp,klo di jakarta kan sering bgt 1/2 kopling...macet smua...klo master,kyna mending pk pny avs...kn kira" dudukannya lebih sama...


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 02-11-2007 11:55

thomas_ng Menulis:
kalo mau ganti yah harus banyak yg di modif.

mahal banget sampe 1 jt ?
pake aja masternya punya kijang.
kalo sama modif mungkin 1 jt mah

stut itu tangkai koplingnya.

kalo pendek atau dalem itu hanya di stelan koplingnya aja.

stut itu buat enteng dan kerasnya.

kabel kopling itu kuat kok...jangan takut putus, kecuali yg sering main di 1/2 kopling.


iyah... setuju... kabel kopling itu kuat... emang kecil kemungkinan putus, kalo ampe putus pas dibawa bini, suruh aja pinggirin mobil lalu terusin perjalanan naek taksi... Topdeh abis itu gue susulin (naek taksi juga pasti) sambil bawa kabel kopling baru trus pasang ndiri...

kesimpulan gue... gak worthed takut ama putusnya kabel kopling pas dibawa ama istri gue sendirian, karena biaya taksi jauh lebih murah... (naek taksinya gratis aja kok...)


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - thomas_ng - 02-11-2007 11:57

kadang orang macet main di 1/2 kopling terus. coba kalo lagi berhenti jangan injek kopling terus , lepas pake rem tangan.
apa lagi di tanjakan haram hukumnya 1/2 kopling. dan juga kalo lagi jalan, kaki kiri jangan injek kopling terus.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - black.avanza - 02-11-2007 12:05

@pras
mksdnya brantakan,kn isi mesin jd banyak berubah...Haha
overall jd lebih rapi..Topdeh


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - thomas_ng - 02-11-2007 12:10

kalo serba takut yah enakan pake taksi sih.
enggak jamin juga kalo hidrolik enggak bisa rusak.
bisa aja terjadi karet dalemnya jebol. (gua pernah ngalamin sebabnya)

kalo takut putus setiap service di cek aja, ada kelainan enggak di kabelnya.

kalo mau kasiih minyak di kabel kopling jangan pake gemuk dan oil mesin.
bisa buat mampet.
pake oil power stering.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - black.avanza - 02-11-2007 12:11

thomas_ng Menulis:
kalo serba takut yah enakan pake taksi sih.
enggak jamin juga kalo hidrolik enggak bisa rusak.
bisa aja terjadi karet dalemnya jebol. (gua pernah ngalamin sebabnya)


betul bro...Haha
tapi klo hidrolik masih lebih aman drpd kabel...Yagak


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - thomas_ng - 02-11-2007 12:15

enggak juga black...itu tergantung perawatan semuanya.
banyak mobil sedan yang mahal-mahal masih pake kabel.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - black.avanza - 02-11-2007 12:20

owh...gtu ya...br tau...wew....jd nambah ilmu nh...mungkin gw kebiasaan pk hidrolik kli ya...jdna bgtu dpt kabel jd agak takut...tapi klo saat rusak,harusnya lebih murah kabel dong ya...kn ga pk master sgala...alias sistemnya masih simple gtu...Yagak


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 02-11-2007 13:21

thomas_ng Menulis:
enggak juga black...itu tergantung perawatan semuanya.
banyak mobil sedan yang mahal-mahal masih pake kabel.


ini nih yg bikin gue "takut"

LYMAN Menulis:
bagi teman - teman yang mempunyai xen-ava, cek tali kopling pada usia 2 tahun, menjaga resiko putus dijalan.TopdehTopdeh


sampe gue search tuh kabel kopling nomor partnya berapa... dan ternyata dari 500-an avanza di kantor gue baru konsumsi 8 kabel kopling, itupun ganti kabel bukan krn putus, tp satu paket ama ganti kampas kopling...


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - indoram - 02-11-2007 16:06

thomas_ng Menulis:
ada keuntungan dan ada kerugian memakai hidrolik atau kabel.
kalo pake boster akan lebih enteng injeknya, kaya rem.
cari bosternya starlet (kecil dia) bekas, murah kok cuman 200.000 an(bekas).


Asli jujur nih gue.....Seumur2 gue liat ruang mesin mbl, blm pernah gue ngeliat mbl yg koplingnya dgn sistem hidrolis dan pake booster....Mgkn bro Ng bisa membri tau gue mbl apa yg kopling hidrolisnya pake booster....????095095


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - thomas_ng - 02-11-2007 16:23

emang enggak ada pake boster.
tapi dulu gua punya mobil tahun 1971 gua modif pake boster.
rem dan kopling pake boster.

enteng banget, tapi kalo belum biasa jadi aneh.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - indoram - 02-11-2007 16:26

Kl mbl yg CC gede mgkn koplingnya dipakein booster ada gunanya, tp kl AV/XE dipakein booster lg, mubazir kl....Pake kabel aja uda enteng. diganti pake hidrolis plus booster pula......Super


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - thomas_ng - 07-11-2007 09:24

kalo mau safe sih di kopling sih dan sayang istri takut ada kerusanan di kopling.
ganti aja mobilnya jadi automatic transmisi.
pasti aman tuh
enggak ada kabel atau hidrolik yg bisa rusak.

kabel di avanza udah enteng ? masih berat bro....
u test pake yg honda punya deh.... enteng banget (kabel).


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - baseboy_2001id - 08-11-2007 10:42

thomas_ng Menulis:
kalo mau safe sih di kopling sih dan sayang istri takut ada kerusanan di kopling.
ganti aja mobilnya jadi automatic transmisi.
pasti aman tuh
enggak ada kabel atau hidrolik yg bisa rusak.

kabel di avanza udah enteng ? masih berat bro....
u test pake yg honda punya deh.... enteng banget (kabel).


Punya gw awalnya juga berat kopling nya, tapi gw minta set utk engten in kopling dan hasilnya skrg enteng juga sih....hampir sama sama jazz yg manual..


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - aBy - 08-11-2007 11:44

baseboy_2001id Menulis:
Punya gw awalnya juga berat kopling nya, tapi gw minta set utk engten in kopling dan hasilnya skrg enteng juga sih....hampir sama sama jazz yg manual..


Bro Baseboy,
Ngentenginnya dimana, bayar brapa?


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - baseboy_2001id - 08-11-2007 12:59

aBy Menulis:

baseboy_2001id Menulis:
Punya gw awalnya juga berat kopling nya, tapi gw minta set utk engten in kopling dan hasilnya skrg enteng juga sih....hampir sama sama jazz yg manual..


Bro Baseboy,
Ngentenginnya dimana, bayar brapa?


gw waktu itu ke A2K Soepomo, lsg ngomong sama mekaniknya. 10 menit kemudian kelar deh...Kalo sama SA nya bilangnya UDS (Udah Dari Sananya)...cape deeeh.....Tuh
Biaya nya gretong alias gratis....


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - tiongyan - 09-11-2007 15:51

RR,

sorry ikutan nimbrung nih, boleh kan ...

kalo dulu pengalaman make isphan, kopling juga pernah DIY dientengin,
caranya dengan menggeser coakan sangkutan ujung kabel yang ke pedal, waktu itu coakan di geser sekitar 1 cm mendekat kearah poros
pedal ...

yang tujuannya untuk memeprbesar gaya ungkit pedal, sehingga terasa
injakannya jadi lebih enteng,

prinsipnya sih bisa juga di aplikasi di A/X,

waktu itu DIY, pedal dilepas, dibawa ke bengkel bubut untuk buat coakan baru, kasih ceban kemudian pasang lagi, enteng deh....

macet .... pegel ,,,,,,,, ga la yau ...

ciaoo,
agus


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - aeres - 09-11-2007 15:54

Om agus dateng yach ntar di kopdar 7... daku mo liat nich coakan pedalnya....


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 09-11-2007 16:48

tiongyan Menulis:
RR,

sorry ikutan nimbrung nih, boleh kan ...

kalo dulu pengalaman make isphan, kopling juga pernah DIY dientengin,
caranya dengan menggeser coakan sangkutan ujung kabel yang ke pedal, waktu itu coakan di geser sekitar 1 cm mendekat kearah poros
pedal ...

yang tujuannya untuk memeprbesar gaya ungkit pedal, sehingga terasa
injakannya jadi lebih enteng,

prinsipnya sih bisa juga di aplikasi di A/X,

waktu itu DIY, pedal dilepas, dibawa ke bengkel bubut untuk buat coakan baru, kasih ceban kemudian pasang lagi, enteng deh....

macet .... pegel ,,,,,,,, ga la yau ...

ciaoo,
agus


logis juga... Topdeh


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 19-11-2007 17:15

Akhirnya, gue punya kesempatan cukup untuk membandingkan kopling AvS yang hidrolik dengan kopling AvG/AvE/XeXi yang mekanis (kabel).

Kalau sistem penggerak kopling kita mau diubah dari mekanis ke hidrolik, maka yang perlu dilakukan adalah mengganti seluruh sistem penggerak kopling mulai dari atas ke bawah yaitu:

1. Master Kopling Atas (31420-87402)
2. Pedal Kopling (31310-BZ050)
3. Brake Fluid Reservoir (part nr ga tau tp bentuknya beda dikit)
4. Clutch Housing (31111-BZ020) krn perlu dudukan master kopling bawah
5. Clutch Release Fork (31233-BZ030)
6. Master Kopling Bawah (31470-B0010)
7. Satu Set Kopling, Dekrup, dkk pastinya

Perbedaan Fisik:

Bagian Atas
Brake Fluid Reservoir pada AvG/AvE/Xexi (Penggerak Kopling Mekanis) tidak memiliki saluran ekstra untuk mensuplai brake fluid ke master kopling atas.

Di AvS MT, ada saluran ekstra tsb (lingkaran merah)

Tempat masuk selang dari Brake Fluid Reservoir ke Master kopling atas pun harus dibuatkan lubang baru di firewall (lihat posisi lubang di gambar atas dengan mengurutkan selang dari ujung berlingkaran merah)

Bagian Bawah
Karena sistem mekanis (kabel) melakukan clutch-release dengan menarik garpu sedangkan pada sistem hidrolis dilakukan dengan mendorong, maka dapat dipastikan perlu Clutch Release Fork yang berbeda termasuk dudukan master kopling bawah.
Di AvG/AvE/XeXi, clutch housing-nya mempunyai "ruang extra" untuk mencegah masuknya debu ke kabel

Di AvS, Master Kopling bawah-nya terkesan telanjang


Kesimpulan
Gue gak jadi ganti ke hidrolis karena demi alasan keamanan, tidak mungkin untuk memodifikasi rumah kopling AvG gue tanpa mengurangi kekuatan bahan, sementara kalau ganti rumah kopling, busyet dah Tuh

Gue juga udah call bagian spare-part di A2K, untuk spare-part diatas kecuali kampas kopling dan dekrup-nya, barang harus inden gak tau berapa lama Wallbash karena logis juga kalo mereka tidak ready stock secara belom ada kalee yang ganti gituan...


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 19-11-2007 18:02

tumben gak ada yang komentar...Eek3


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - aBy - 06-12-2007 07:44

Pras Menulis:
Kesimpulan
Gue gak jadi ganti ke hidrolis karena demi alasan keamanan, tidak mungkin untuk memodifikasi rumah kopling AvG gue tanpa mengurangi kekuatan bahan, sementara kalau ganti rumah kopling, busyet dah Tuh

Gue juga udah call bagian spare-part di A2K, untuk spare-part diatas kecuali kampas kopling dan dekrup-nya, barang harus inden gak tau berapa lama Wallbash karena logis juga kalo mereka tidak ready stock secara belom ada kalee yang ganti gituan...


Dari pada mengganti rumah kopling, mending ganti mobil kalee..


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - korzlet - 10-04-2009 01:59

wah mantap nih infonya


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - beni_sts - 13-04-2009 10:43

iya nich, mendingan tukar tambah dengan AVS yg koplingnya manual aja ...


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Danny Krisnandi - 15-04-2009 23:46

Pras Menulis:
Akhirnya, gue punya kesempatan cukup untuk membandingkan kopling AvS yang hidrolik dengan kopling AvG/AvE/XeXi yang mekanis (kabel).

Kalau sistem penggerak kopling kita mau diubah dari mekanis ke hidrolik, maka yang perlu dilakukan adalah mengganti seluruh sistem penggerak kopling mulai dari atas ke bawah yaitu:

1. Master Kopling Atas (31420-87402)
2. Pedal Kopling (31310-BZ050)
3. Brake Fluid Reservoir (part nr ga tau tp bentuknya beda dikit)
4. Clutch Housing (31111-BZ020) krn perlu dudukan master kopling bawah
5. Clutch Release Fork (31233-BZ030)
6. Master Kopling Bawah (31470-B0010)
7. Satu Set Kopling, Dekrup, dkk pastinya

Perbedaan Fisik:

Bagian Atas
Brake Fluid Reservoir pada AvG/AvE/Xexi (Penggerak Kopling Mekanis) tidak memiliki saluran ekstra untuk mensuplai brake fluid ke master kopling atas.

Di AvS MT, ada saluran ekstra tsb (lingkaran merah)

Tempat masuk selang dari Brake Fluid Reservoir ke Master kopling atas pun harus dibuatkan lubang baru di firewall (lihat posisi lubang di gambar atas dengan mengurutkan selang dari ujung berlingkaran merah)

Bagian Bawah
Karena sistem mekanis (kabel) melakukan clutch-release dengan menarik garpu sedangkan pada sistem hidrolis dilakukan dengan mendorong, maka dapat dipastikan perlu Clutch Release Fork yang berbeda termasuk dudukan master kopling bawah.
Di AvG/AvE/XeXi, clutch housing-nya mempunyai "ruang extra" untuk mencegah masuknya debu ke kabel

Di AvS, Master Kopling bawah-nya terkesan telanjang


Kesimpulan
Gue gak jadi ganti ke hidrolis karena demi alasan keamanan, tidak mungkin untuk memodifikasi rumah kopling AvG gue tanpa mengurangi kekuatan bahan, sementara kalau ganti rumah kopling, busyet dah Tuh

Gue juga udah call bagian spare-part di A2K, untuk spare-part diatas kecuali kampas kopling dan dekrup-nya, barang harus inden gak tau berapa lama Wallbash karena logis juga kalo mereka tidak ready stock secara belom ada kalee yang ganti gituan...


Tengkiyu info nya pak, lagi nyari2 ifo begini niy.. Clutch Housing, maxutnya kepala babi/Bell Housing kan? trus master atas tuh di balik fire wall?


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - fhortuna - 05-01-2010 12:54

klo kopling hidrolik di avs, cara kerjanya gimana ya
bunyi tik 1x klo pedal di injak
suara krek krek halus, kalo pedal dilepas pelan2
perlu kuatir ga seh .... mana mau dibawa keluar kota lg


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Pras - 17-01-2010 20:29

Danny Krisnandi Menulis:

Pras Menulis:


Tengkiyu info nya pak, lagi nyari2 ifo begini niy.. Clutch Housing, maxutnya kepala babi/Bell Housing kan? trus master atas tuh di balik fire wall?


Iya Clutch Housing tuh bahasa belgia-nya adalah kepala babi...
master atas tuh yg bulet item gede di gambar atas...

fhortuna Menulis:
klo kopling hidrolik di avs, cara kerjanya gimana ya
bunyi tik 1x klo pedal di injak
suara krek krek halus, kalo pedal dilepas pelan2
perlu kuatir ga seh .... mana mau dibawa keluar kota lg


Gak perlu kuatir... kasih gemuk aja di bagian yang bergerak diatas pedal kopling, disitu ada per yg kemungkinan besar dari situ asal bunyi tik dan krek.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Danny Krisnandi - 13-07-2010 20:53

Pras Menulis:
Akhirnya, gue punya kesempatan cukup untuk membandingkan kopling AvS yang hidrolik dengan kopling AvG/AvE/XeXi yang mekanis (kabel).

Kalau sistem penggerak kopling kita mau diubah dari mekanis ke hidrolik, maka yang perlu dilakukan adalah mengganti seluruh sistem penggerak kopling mulai dari atas ke bawah yaitu:

1. Master Kopling Atas (31420-87402)
2. Pedal Kopling (31310-BZ050)
3. Brake Fluid Reservoir (part nr ga tau tp bentuknya beda dikit)
4. Clutch Housing (31111-BZ020) krn perlu dudukan master kopling bawah
5. Clutch Release Fork (31233-BZ030)
6. Master Kopling Bawah (31470-B0010)
7. Satu Set Kopling, Dekrup, dkk pastinya

Perbedaan Fisik:

Bagian Atas
Brake Fluid Reservoir pada AvG/AvE/Xexi (Penggerak Kopling Mekanis) tidak memiliki saluran ekstra untuk mensuplai brake fluid ke master kopling atas.

Di AvS MT, ada saluran ekstra tsb (lingkaran merah)

Tempat masuk selang dari Brake Fluid Reservoir ke Master kopling atas pun harus dibuatkan lubang baru di firewall (lihat posisi lubang di gambar atas dengan mengurutkan selang dari ujung berlingkaran merah)

Bagian Bawah
Karena sistem mekanis (kabel) melakukan clutch-release dengan menarik garpu sedangkan pada sistem hidrolis dilakukan dengan mendorong, maka dapat dipastikan perlu Clutch Release Fork yang berbeda termasuk dudukan master kopling bawah.
Di AvG/AvE/XeXi, clutch housing-nya mempunyai "ruang extra" untuk mencegah masuknya debu ke kabel

Di AvS, Master Kopling bawah-nya terkesan telanjang


Kesimpulan
Gue gak jadi ganti ke hidrolis karena demi alasan keamanan, tidak mungkin untuk memodifikasi rumah kopling AvG gue tanpa mengurangi kekuatan bahan, sementara kalau ganti rumah kopling, busyet dah Tuh

Gue juga udah call bagian spare-part di A2K, untuk spare-part diatas kecuali kampas kopling dan dekrup-nya, barang harus inden gak tau berapa lama Wallbash karena logis juga kalo mereka tidak ready stock secara belom ada kalee yang ganti gituan...


Pras Menulis:
[quote=Danny Krisnandi]
[quote=Pras]



Om pras, punya foto master atas yang nyambung ke pedal bagian dalem gak? Mungkin ini part numbernya ya? Master Kopling Atas (31420-87402)
punten om baru masuk lg.. Saya insya allah ada rencana bkin dalam waktu dekat..Kl di Xeli bisa bikin braket master bawah aja, nanti masang masternya mengarah ke depan. Beberapa foto gak kebuka, mungkin dah kelamaan kali yah?095


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - kend - 14-07-2010 08:14

OM om....
saya telusuri dari awal kok hydrolic katanya lebih handal dan tanpa ada resiko putus tali kopling.

tapi saya dulu pakai starlet.... yang udah pakai hydrolik, berat juga injekannya dan pernah juga master / sleeve nya yang rusak sehingga gak bisa juga jalan tuh mobil. artinya yg hydrolic juga bisa rusak khan.... sama halnya tali kopling yg putus.


RE: Ganti (tarikan) Kopling dari Tali ke Hidrolik - Danny Krisnandi - 14-07-2010 11:25

kend Menulis:
OM om....
saya telusuri dari awal kok hydrolic katanya lebih handal dan tanpa ada resiko putus tali kopling.

tapi saya dulu pakai starlet.... yang udah pakai hydrolik, berat juga injekannya dan pernah juga master / sleeve nya yang rusak sehingga gak bisa juga jalan tuh mobil. artinya yg hydrolic juga bisa rusak khan.... sama halnya tali kopling yg putus.


Kalo menurut saya, hidrolik paling tidak ada gejalanya dulu baru rusak(kec.CJ7 karena letaknya dibawah header&heat shieldnya ilang). Kembali ke selera masing2 org jg. selama saya pk mobil manual kopling hidrolik saya gak pernah ada masalah sih. saya biasa nguras minyaknya kl warnanya dah beda sama pas br diisi.. Kl starlet mungkin juga dr per dipedal koplingnya om..
cmiiwSmile