Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Beredar Video Kekerasan di STIP Jakarta - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Rumpi Lah Yao! (/forumdisplay.php?fid=26)
+--- Forum: Ngobrol-Ngobrol (/forumdisplay.php?fid=27)
+--- Topik: Beredar Video Kekerasan di STIP Jakarta (/showthread.php?tid=16659)


Beredar Video Kekerasan di STIP Jakarta - chris.ho - 08-02-2010 20:13

Kekerasan di STIP Jakarta Kembali Terjadi

Metrotvnews.com Jakarta: Tiga mahasiswa junior Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta menjadi bulan-bulanan pemukulan seniornya. Dua di antaranya mengalami luka di wajah dan bibir hingga berdarah.

Kekerasan ini terekam dalam sebuah video amatir yang beredar baru-baru ini. Belum diketahui kapan tepatnya video amatir ini diambil. Namun, Metro TV menerima gambar ini dari seorang pada akhir Januari 2010.

Video ini memperlihatkan sejumlah taruna junior dibariskan di sebuah lorong. Mereka kemudian ditempeleng dan dipukul. Tampak seorang senior memegang kepala junior, sementara senior lainnya menampar wajah sang junior. Tak lama bibir junior berdarah dan menetes di telapak tangannya.(***)

LINK VIDEO: http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2010/02/08/99370/Kekerasan-di-STIP-Jakarta-Kembali-Terjadi




RE: Kekerasan di STIP Jakarta Kembali Terjadi - chris.ho - 08-02-2010 20:14

Kejadian sebelumnya di STIP pada tahun 2008...............

Quote dari: http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=5898&pid=244209#pid244209

chris.ho Menulis:
Kasus STPDN Terulang di STIP, Cilincing

JAKARTA, KAMIS - Kasus penganiayaan senior terhadap yuniornya yang terjadi di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN), diduga juga terjadi di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Cilincing, Jakarta Utara (Jakut).

Tiga taruna tingkat satu STIP yang diduga dianiaya, melapor ke Kepolisian Resor Metro (Polrestro) Jakut, Kamis (15/5) pagi, menyusul tewasnya seorang taruna tingkat I, Agum B Gultom (20), Senin (12/5) malam.

Tiga orang kemungkinan akan ditetapkan sebagai tersangka.Ketiga korban yang diduga dianiaya tersebut menurut Kepala Polrestro Jakut, Komisaris Besar Muhamad Roem Murkal adalah DA, Kus, dan FO. "Terkait dengan ini, sekarang kami masih memeriksa 20 orang, antara lain petugas piket STIP, perwira pengawas, taruna, dan seorang pengemudi ojek," paparnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (15/5).

Ketiga korban mengadu ke anggota Polrestro Jakut ketika diadakan prarekonstruksi kematian Agum, di Kampus STIP. Mereka mengaku terpengaruh imbauan Roem agar taruna yang mengalami kekerasan, melapor kepolisi.

"Sebulan lalu saya memang memberi seminar di STIP. Dalam acara tersebut saya mengimbau, hindari Narkoba, dan mengingatkan bahwa pemukulan itu tindak pidana. Saya imbau para taruna agar menghentikan segala bentuk kekerasan dalam hubungan taruna senior dan yunior. Hubungan senior-yunior harus bersifat edukatif. Jadi kalau melakukan hukuman, sebaiknya dibuat hukuman yang bersifat mendidik," tutur Roem.

Ia menambahkan, pihaknya kemungkinan besar akan menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus ini. "Sekarang kan belum 24 jam. Masih ada waktu untuk menetapkan tersangka," kilahnya.

Ketiga korban, Kamis pagi divisum di Rumah Sakit (RS) Koja, Jakut, sekitar pukul 08.00. "Tentang kapan tindakan penganiayaannya, saya belum tahu, sedang diperiksa. Yang jelas, diduga, pengaiayaan dilakukan dengan tangan kosong," ucap Roem.

Agum dilaporkan tewas, Senin malam, setelah mengikuti latihan inisiasi pedangpora. Pihak STIP mengatakan, Agum tewas karena kelelahan. Jenasahnya dibawa dan dimakamkan di Tandes, Surabaya, Jawa Timur. "Karena ada dugaan kuat, kematian Agum dilatarbelakangi tindak pidana, maka kami akan meminta keluarga Agum membongkar kembali jenazah Agum untuk diotopsi. Mudah-mudahan keluarga korban memaklumi hal ini," jelas Roem.

http://www.kompas.com/index.php/read/xml/2008/05/15/16144891/kasus.stpdn.terulang.di.stip.cilincing




RE: Kekerasan di STIP Jakarta Kembali Terjadi - Gado2Enak - 08-02-2010 20:15

Waduh ampun deh . . .


RE: Kekerasan di STIP Jakarta Kembali Terjadi - chris.ho - 09-02-2010 10:18

Penasaran itu kejadiannya kapan yah, lagi mantau TKP nihWhistling


RE: Kekerasan di STIP Jakarta Kembali Terjadi - Langitt - 09-02-2010 10:47

Pada dasarnya itu bukan kekerasan sih....
Jadi awalnya begini, yang namanya sekolah semacam taruna taruna begitu itu di bawah pendidikan TNI AD (itu dulu), secara pendidikanya tentare kan tau ndiri maen gebuk sana gebuk sini tapi tak lain itu hanya untuk membentuk mental dan disiplin siswa. manusia kan kalo cuma di omongin doank "he... thole kamu jangan nakal"... laaaahhh mana mau denger kan, makanye di tambah yang nakal kena tempeleng.. al hasil dengan begitu kalo mau nakal pasti jadi kepikiran.. wahh nanti aye di tempelengin ama pelatih.. dan lagi untuk bekel dia setelah keluar dari taruna kalo ga digituin nti di bentak preman di pasar aja udah ngompol donk... kalo udah sering di bina di "dalem" kan jadinya dia berani karna berpikiran ..halahhh berantem paling sakitnya gitu doank (udah kebel dahhhh)
nah sekarang........ pelatihnya dari TNI sudah tidak ada, tapi di salah gunakan oleh para seniornya masih menggunakan metode itu namun tidak dengan cara yang pas... contohnya nih, kalo TNI yang ngelatih pas di tonjokin perutnya kagak di pasin di ulu ati..tapi pas di perutnya doank yang agak bawah gitu, tapi sama senior dia nggebukin tapi ga tau caranya..hasilnya bukan didikan bagus tapi tuh bocah malah pada matek..begituuuuuuuuuu

hihi.... pernah ngrasain sih gw......


RE: Kekerasan di STIP Jakarta Kembali Terjadi - chris.ho - 09-02-2010 10:50

Kejadiannya tahun 2006 toh.......................


Identitas Dua Korban Kekerasan STIP Jakarta
Pihak sekolah tidak mendapat laporan adanya kekerasan dari taruna korban.


VIVAnews - Video kekerasan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta beredar. Kementerian Perhubungan yang membawahi STIP mengakui bahwa itu adalah gambar pada tahun 2006. Korban dan pelaku sudah lulus.

"Bisa dilihat dari seragam tarunanya. Seragam itu sudah berubah mulai 2008," kata juru bicara Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan kepada VIVAnews, Selasa 9 Februari 2010.

Pihak sekolah tidak mendapat laporan adanya kekerasan dari taruna korban. Sekolah juga baru mengetahui kejadian setelah video itu beredar.

Kendati demikian, data-data korban sudah ada di Kementerian Perhubungan. "Taruna yang dipukuli bernama Manurung Hutagalung dan Manuputty," ujar Bambang.

Dua korban kekerasan itu diketahui adalah angkatan 48 dan sudah diwisuda pada 2009. Untuk pelaku pemukulan, senior korban juga sudah diwisuda.

More: http://nasional.vivanews.com/news/read/127862-identitas_dua_korban_kekerasan_stip_jakarta


RE: Kekerasan di STIP Jakarta Kembali Terjadi - Firdaus Fanani - 09-02-2010 11:00

Langitt Menulis:
Pada dasarnya itu bukan kekerasan sih....
Jadi awalnya begini, yang namanya sekolah semacam taruna taruna begitu itu di bawah pendidikan TNI AD (itu dulu), secara pendidikanya tentare kan tau ndiri maen gebuk sana gebuk sini tapi tak lain itu hanya untuk membentuk mental dan disiplin siswa. manusia kan kalo cuma di omongin doank "he... thole kamu jangan nakal"... laaaahhh mana mau denger kan, makanye di tambah yang nakal kena tempeleng.. al hasil dengan begitu kalo mau nakal pasti jadi kepikiran.. wahh nanti aye di tempelengin ama pelatih.. dan lagi untuk bekel dia setelah keluar dari taruna kalo ga digituin nti di bentak preman di pasar aja udah ngompol donk... kalo udah sering di bina di "dalem" kan jadinya dia berani karna berpikiran ..halahhh berantem paling sakitnya gitu doank (udah kebel dahhhh)
nah sekarang........ pelatihnya dari TNI sudah tidak ada, tapi di salah gunakan oleh para seniornya masih menggunakan metode itu namun tidak dengan cara yang pas... contohnya nih, kalo TNI yang ngelatih pas di tonjokin perutnya kagak di pasin di ulu ati..tapi pas di perutnya doank yang agak bawah gitu, tapi sama senior dia nggebukin tapi ga tau caranya..hasilnya bukan didikan bagus tapi tuh bocah malah pada matek..begituuuuuuuuuu

hihi.... pernah ngrasain sih gw......


pernah ngerasain dimana om....?
pernah ikut sekolah kedinasan juga...? 095


RE: Beredar Video Kekerasan di STIP Jakarta - Langitt - 09-02-2010 11:01

Lhah Kalo tiap Taruna di pukul trus bikin laporan,,, ya di kantor pulisi pasti udah penuh sama senior2 taruna segala macem taruna brur....


RE: Kekerasan di STIP Jakarta Kembali Terjadi - Langitt - 09-02-2010 11:09

Firdaus Fanani Menulis:
pernah ngerasain dimana om....?
pernah ikut sekolah kedinasan juga...? 095


Pas pramuka jaman SMA Om....
Huhhh dendam banget ane ama si senior, tapi syukur dah.. sekarang senior aye kerjanya jadi tukang jagal ayam di Jatinegara...Haha
sedangkan ane... xixixi...
alhamdulilahhhhh......Winking