Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
CARA PENYETELAN GAP BUSI - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Perawatan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=17)
+--- Topik: CARA PENYETELAN GAP BUSI (/showthread.php?tid=1654)


Gap Busi - jack008id - 18-09-2006 23:36

rr,,

Berapa gap busi avanza ??

kalo pake busi iridium, perlu ndak di setel gapnya lage??

thks yach Smile)


RE: Gap Busi - armand - 19-09-2006 08:45

avanza non vvti gapnya 0,8.
kalo yg vvti mungkin 1,1 (cmiiw)
kalo setelah gapbusi iridium sih kurang tahu.
mungkin udah gak perlu disetel lg.


RE: Gap Busi - darth maul - 19-09-2006 09:05

sharing aja nih...

gap busi gw sebelumnya 0,8.
hasilnya: rpm bawah responsif bgt tp pada waktu rpm naik ke tengah terasa ada lag sedikit, baru rpm atas tenaga ngisi biasa

kmrn sama andreas phoenix gap busi dirubah jadi 1,1.
hasilnya: rpm bawah memang sedikit kurang responsif (sedikit bgt) dibanding sebelumnya tapi ke rpm tengah naiknya halus dan lagnya hilang. di rpm tengah ke atas tenaganya berasa naik signifikan dibanding sebelumnya

overall sih gw lebih cocok gap 1,1 cuma gw berasa konsumsi bensin lebih boros dibanding gap 0,8 (baru perasaan, belum diukur dr odometernya)

avanza gw non vvt-i.


RE: Gap Busi - armand - 19-09-2006 09:11

Anton G. Menulis:

armand Menulis:
avanza non vvti gapnya 0,8.
kalo yg vvti mungkin 1,1 (cmiiw)
kalo setelah gapbusi iridium sih kurang tahu.
mungkin udah gak perlu disetel lg.


(cmiiw) artinya apa sih ? (maklum ngak gaul nih..) ?


cmiiw = correct me if i'm wrong Toungue


RE: Gap Busi - jack008id - 19-09-2006 23:43

thks yach rr, atas jawabannya Smile)

mungkin ada rr yg laen yg udah coba gap busi selaen 1.1 mm ama 0.8mm ??




RE: Gap Busi - r-Phoenix - 20-09-2006 23:50

Bro..kemaren yg ngetune sebelum gw emang orgnya taat bgt sama lingkungan (green peace) maklum dia jebolan US berat kalo gw pernah aje disono ketemu dia...yah laen tuner laen back groundnya...padahal businya sama kalo tune up di gw...

Gap busi aslinya emang buat mesin sekarang 1,1 (gw kdg kasih lebih) krn coilnya langsung..sama kayak mesin Toyota Great, Mazda Lantis, pokoknye yg koilnya lsg didistributor pasti 1,1 liatnya dari kode belakang..Nich contohnya BKR 5E 11(standard)/BKR 5 E11 FIX (Iridium) kalo ada angka sebelasnya pasti 1,1 kalo polos 0,8

Lebih dari 1,1 bisa aja, tergantung koil yg dipake, alo ada yg lebih dashyat lagi bisa...!! U ke bengkel I ok...jauh nggak tinggalnye

Kalo lagi kepepet nggak ada, siapin obeng min sama feeling bkn fuller dan busi 0,8..congkel aje bro..sampe kurang lebih sedikit masuk ke dalamRolleyes kalo maksa ke 0,8 yah kayak tadi bwh ok larinya mbbret




RE: Gap Busi - J99 - 20-09-2006 23:54

Bro Andreas, kalo pake digital mm patokannya berapa mili? I kaga punya filler, punyanya digital mm MITUTOYO.


RE: Gap Busi - J99 - 20-09-2006 23:56

Oh ya, mobil saya Xenia Li.Dan Businya NGK Iridium.


RE: Gap Busi - r-Phoenix - 20-09-2006 23:59

bukan pake Mitotuyo (eh mau donk) namanya Fuller, ada yg khusus buat busi bentuknya kyk kawat itu lbh presisi drpd yg Blade(pisau), kalo yg blade byk yg jual krn sekalian buat setel kelep eh klep/valve cari di toko2 teknik mereknya cap mata, ati byk yg palsu


RE: Gap Busi - r-Phoenix - 21-09-2006 00:03

Hmm yg apa nich? kalo ada type B biasanya 0,8mm. Masih bisa di setel tapi jgn pake obeng bisa berabe pake tang potong aja. cekek aja groundnya trus diangkat dikit hati2. hrg businya yg gw takut bukan iridiumnya


RE: Gap Busi - jack008id - 21-09-2006 01:13

r-Phoenix Menulis:
Hmm yg apa nich? kalo ada type B biasanya 0,8mm. Masih bisa di setel tapi jgn pake obeng bisa berabe pake tang potong aja. cekek aja groundnya trus diangkat dikit hati2. hrg businya yg gw takut bukan iridiumnya


kalo boleh tau biasanya lebih di berapa om ??

trus om terima bikin selang rem braided steel ndak ??

minggu buka??

thks yach




RE:  Gap Busi - darth maul - 21-09-2006 09:19

r-Phoenix Menulis:
Bro..kemaren yg ngetune sebelum gw emang orgnya taat bgt sama lingkungan (green peace) maklum dia jebolan US berat kalo gw pernah aje disono ketemu dia...yah laen tuner laen back groundnya...padahal businya sama kalo tune up di gw...

Gap busi aslinya emang buat mesin sekarang 1,1 (gw kdg kasih lebih) krn coilnya langsung..sama kayak mesin Toyota Great, Mazda Lantis, pokoknye yg koilnya lsg didistributor pasti 1,1 liatnya dari kode belakang..Nich contohnya BKR 5E 11(standard)/BKR 5 E11 FIX (Iridium) kalo ada angka sebelasnya pasti 1,1 kalo polos 0,8

Lebih dari 1,1 bisa aja, tergantung koil yg dipake, alo ada yg lebih dashyat lagi bisa...!! U ke bengkel I ok...jauh nggak tinggalnye

Kalo lagi kepepet nggak ada, siapin obeng min sama feeling bkn fuller dan busi 0,8..congkel aje bro..sampe kurang lebih sedikit masuk ke dalamRolleyes kalo maksa ke 0,8 yah kayak tadi bwh ok larinya mbbret


nah, ini dia si bos akhirnya nongol jg...jarang OL, ya?

ooh, emang sih gaya tune-nya si rudy gitu...kudu irit dan ramah lingkungan...gw aja mau PnP sama dia, dia bilang gak usah cukup pasang piggyback aja udah cukup katanya...lagian mau dibawa lari kemana katanya...hehehe Smile
dia emang bener2 mengkategorikan mana tune buat balapan di sirkuit dan yg mana buat daily use...gak mau dicampur2...he always give appropriate solution actually...tapi namanya kita2 yg pembalap jg bukan tp pengennya mobil rada kenceng Smile sih pengennya dituning mendekati sirkuit tp tetep bisa dibuat daily use...hehehe...gak jelas maunya...

btw, gw tlp ke 08888063626 kok tut tut mlulu...
gw cucok nih dg tune-an elo...mau dilanjut lagi biar lbh enak, soalnya masih ada brebet dikit kalo ditarik panjang sampe ke rpm tengah atas. sekalian gw mau balikin keran utk ke MAP sensor. saat ini gw copot dulu alatnya krn kok berasa banget borosnya, sedangkan gak pake alat itupun stlh elo tune berasanya udah enak bgt...
gw deket kok di BSD...weekend deh gw main ke bengkel...mau discuss next stage nih...


RE:  Gap Busi - darth maul - 21-09-2006 16:56

darth maul Menulis:
overall sih gw lebih cocok gap 1,1 cuma gw berasa konsumsi bensin lebih boros dibanding gap 0,8 (baru perasaan, belum diukur dr odometernya)


setelah driving style gw normalin (shift gear di rpm 3200an), rasanya konsumsi bensin gak boros2 amat kok...kurang lebih sama dg yg dulu waktu gap 0,8. kalopun beda, dikit bgt bedanya...


RE: Gap Busi - BUDI - 21-09-2006 17:30

FYI makin besar gap busi & makin kecil elektroda tengah busi maka efek quenching (bahan bakar yang tidak terbakar langsung oleh loncatan bunga api karena terlindung oleh elektroda ground busi) akan makin sedikit. Tetapi makin besar gap busi juga memudahkan terjadinya misfire, biasanya utk busi premium (iridium/platinum) gap 1,1 mm cukup aman digunakan karena elektroda tengah yang terbuat dari iridium/platinum tidak mudah terkikis/habis.

Bahkan dulu Avz S A/T sy pakai busi platinum 4 kaki dgn gap 1,6 mm oke-oke saja kok selama lebih dari 1 tahun.
Tetapi busi jenis platinum tidak boleh dipakai bersama-sama dgn NOS lho. Kalau jenis iridium masih boleh dipakai utk NOS atau sangat cocok utk CNG.


RE:  Gap Busi - r-Phoenix - 22-09-2006 00:13

BUDI Menulis:
FYI makin besar gap busi & makin kecil elektroda tengah busi maka efek quenching (bahan bakar yang tidak terbakar langsung oleh loncatan bunga api karena terlindung oleh elektroda ground busi) akan makin sedikit. Tetapi makin besar gap busi juga memudahkan terjadinya misfire, biasanya utk busi premium (iridium/platinum) gap 1,1 mm cukup aman digunakan karena elektroda tengah yang terbuat dari iridium/platinum tidak mudah terkikis/habis.

Bahkan dulu Avz S A/T sy pakai busi platinum 4 kaki dgn gap 1,6 mm oke-oke saja kok selama lebih dari 1 tahun.
Tetapi busi jenis platinum tidak boleh dipakai bersama-sama dgn NOS lho. Kalau jenis iridium masih boleh dipakai utk NOS atau sangat cocok utk CNG.


Amien Bro..tapi kalo udh yg maen gitu nggak cemplungin Iridium lagi..typenya ganti Irriway..nah itu yg boleh sekalian sama nos...bkn irridiumnya


RE:   Gap Busi - r-Phoenix - 22-09-2006 00:22

darth maul Menulis:

r-Phoenix Menulis:
Bro..kemaren yg ngetune sebelum gw emang orgnya taat bgt sama lingkungan (green peace) maklum dia jebolan US berat kalo gw pernah aje disono ketemu dia...yah laen tuner laen back groundnya...padahal businya sama kalo tune up di gw...

Gap busi aslinya emang buat mesin sekarang 1,1 (gw kdg kasih lebih) krn coilnya langsung..sama kayak mesin Toyota Great, Mazda Lantis, pokoknye yg koilnya lsg didistributor pasti 1,1 liatnya dari kode belakang..Nich contohnya BKR 5E 11(standard)/BKR 5 E11 FIX (Iridium) kalo ada angka sebelasnya pasti 1,1 kalo polos 0,8

Lebih dari 1,1 bisa aja, tergantung koil yg dipake, alo ada yg lebih dashyat lagi bisa...!! U ke bengkel I ok...jauh nggak tinggalnye

Kalo lagi kepepet nggak ada, siapin obeng min sama feeling bkn fuller dan busi 0,8..congkel aje bro..sampe kurang lebih sedikit masuk ke dalamRolleyes kalo maksa ke 0,8 yah kayak tadi bwh ok larinya mbbret


btw, gw tlp ke 08888063626 kok tut tut mlulu...
gw cucok nih dg tune-an elo...mau dilanjut lagi biar lbh enak, soalnya masih ada brebet dikit kalo ditarik panjang sampe ke rpm tengah atas. sekalian gw mau balikin keran utk ke MAP sensor. saat ini gw copot dulu alatnya krn kok berasa banget borosnya, sedangkan gak pake alat itupun stlh elo tune berasanya udah enak bgt...
gw deket kok di BSD...weekend deh gw main ke bengkel...mau discuss next stage nih...


08888-063626 nye lagi istirohot/hat tune di 0818-POENIX(763649)

Kalo tuh tabung udah dicabut ok kita kemon..soalnya gw cemplungin ke orang metro tv (pak Benny)kyknya so far so good, gw test disana muter2 kedoya asik2 aje emang musti kudu tuning, ngendutnya nggak maut banget, emang gw stel skep juga, pokoknye yah kalau bisa sekalian satu set jadi nggak kyk kemaren, itu khan baru testing..eh pemanasan..


RE: Gap Busi - kinoy - 22-09-2006 09:05

kalo pake phoenix nomernya pan lebih panjang.... lebih susyeh ngapalnya Big Grin


RE:  Gap Busi - PenyuTurbo - 10-10-2006 00:28

Tambahan informasi aja :

Dengan standard seting umumnya coil memberikan volatse 30,000 Volts.

Jika gap busi cukup besar (melebihi standard seting) karena sengaja ... ataupun karena akibat erosi corona spark (gap busi akan bertambah) maka akan memerlukan voltase lebih tinggi. Bertambahnya permintaan voltase ini akan meningkatkan besar arus ... akibatnya coil akan sering overheated ... dan tentu saja ini akan mengurangi umur coil atau secara umum akan mengurangi umur ignition system.

Untuk mengoptimalkan pembakaran campuran udara-BBM, sedapat-dapatnya sewaktu memasang busi bagian gap yang terbuka menghadap ke arah intake port.


RE: Gap Busi - Chandra - 10-10-2006 04:00

Boss Andreas...

Gap busi ini yg lu stel di boil gw kan...
kalo stel an gw tu berapa kemarin Boss ?
Efeknya apa ?
trus, negatifnya apa ya ?

tulung di update disini ye boss


RE:   Gap Busi - Anton G. - 10-10-2006 09:21

PenyuTurbo Menulis:
Tambahan informasi aja :

Dengan standard seting umumnya coil memberikan volatse 30,000 Volts.

Jika gap busi cukup besar (melebihi standard seting) karena sengaja  ... ataupun karena akibat erosi corona spark (gap busi akan bertambah) maka akan memerlukan voltase lebih tinggi. Bertambahnya permintaan voltase ini akan meningkatkan besar arus ... akibatnya coil akan sering overheated ... dan tentu saja ini akan mengurangi umur coil atau secara umum akan mengurangi umur ignition system.

Untuk mengoptimalkan pembakaran campuran udara-BBM, sedapat-dapatnya sewaktu memasang busi bagian gap yang terbuka menghadap ke arah intake port.


Bagaimana caranya mengatur gap yang terbuka tsb menghadap ke arah intake port pak ?, kan businya diputar di dalam dan ngak kelihatan ?




RE:   Gap Busi - BUDI - 10-10-2006 10:10

PenyuTurbo Menulis:
Tambahan informasi aja :

Dengan standard seting umumnya coil memberikan volatse 30,000 Volts.

Jika gap busi cukup besar (melebihi standard seting) karena sengaja  ... ataupun karena akibat erosi corona spark (gap busi akan bertambah) maka akan memerlukan voltase lebih tinggi. Bertambahnya permintaan voltase ini akan meningkatkan besar arus ... akibatnya coil akan sering overheated ... dan tentu saja ini akan mengurangi umur coil atau secara umum akan mengurangi umur ignition system.

Untuk mengoptimalkan pembakaran campuran udara-BBM, sedapat-dapatnya sewaktu memasang busi bagian gap yang terbuka menghadap ke arah intake port.

Sedikit nambahin klu mau mengurangi efek "quenching" (loncatan api/sparks ke campuran AFR tidak terhalang oleh elektroda ground busi), bisa pakai busi tipe multi-ground electrode dgn elektroda center yg kecil (platinum atau iridium), seperti contohnya : NGK Platinum BKUR6EK (Daihatsu P/N. 90048-51137-000) atau Bosch FGR7DQP (ex busi BWM X5 dgn "fixed factory gap 1,6 mm") dijual yg di Alpha Omega-Sawah Besar (setelah Muzatek) @ Rp 52.500/pc bisa hub. ibu Sri/tel 3454969.


RE:    Gap Busi - PenyuTurbo - 11-10-2006 05:59

Anton G. Menulis:

PenyuTurbo Menulis:
Tambahan informasi aja :

Dengan standard seting umumnya coil memberikan volatse 30,000 Volts.

Jika gap busi cukup besar (melebihi standard seting) karena sengaja  ... ataupun karena akibat erosi corona spark (gap busi akan bertambah) maka akan memerlukan voltase lebih tinggi. Bertambahnya permintaan voltase ini akan meningkatkan besar arus ... akibatnya coil akan sering overheated ... dan tentu saja ini akan mengurangi umur coil atau secara umum akan mengurangi umur ignition system.

Untuk mengoptimalkan pembakaran campuran udara-BBM, sedapat-dapatnya sewaktu memasang busi bagian gap yang terbuka menghadap ke arah intake port.


Bagaimana caranya mengatur gap yang terbuka tsb menghadap ke arah intake port pak ?, kan businya diputar di dalam dan ngak kelihatan ?


Sebelum dipasang mesti ditandain dulu pada bagian porcelain/keramiknya, dengan spidol misalnya. Kemudian dipasang/diputer dengan tangan/jari sampai tangan/jari gak mampu lagi muter ... dari sini busi mesti dikencengin lagi 1/4 putaran (dengan kunci busi tentunya karena tangan/jari kan dah gak kuat). Jika dengan tambahan 1/4 putaran, bagian busi (diketahui dari tanda spidol) yang terbuka bisa tepat menghadap intake port ... berarti ok ... jika nggak tepat menghadap ke Intake port ... maka WASHER pada Busi diganti yang lebih tebal atau tipis.




RE: Gap Busi - BUDI - 11-10-2006 08:38

Informasi seputar hal busi/spark plug coba klik ke http://www.aa1car.com/library/2004/us30428.htm
Pada informasi tsb ada photo (II) potongan busi Bosch FGR7DQP (Platinum+4 dgn 14 mm thread & gap busi 1.6 mm) yg cocok untuk mesin Avz A/T "S" K3-VE yg lama.
Klu tidak salah di Avanza VVTi new facelift baru sudah pakai busi std NGK DVPR7EA-9 (sudah "gold-palladium" di elektroda centrenya dengan 12 mm thread tetapi masih single elektroda ground dgn gap busi 0.9 mm) atau optional bisa pakai Denso Iridium SXU22PR9 (single elektroda ground dgn gap busi 0.9 mm).

Makin besar gap busi maka makin panjang loncatan bunga api/spark (teoritisnya makin bagus untuk membakar campuran bensin/udara) tetapi gap busi yg lebar rentan terhadap "misfire" & satu-satunya struktur elektroda ground & center yang mempunyai gap paling lebar saat ini (1.6 mm) tetapi tidak rentan thdp "misfire" diciptakan oleh Robert Bosch & telah diaplikasikan pada model Platinum+2 atau +4 saja. Klu busi Bosch yg paling baru model "Platinum IR Fusion" kelihatannya blum tersedia di Jakarta.


RE:  Gap Busi - PenyuTurbo - 11-10-2006 11:31

BUDI Menulis:
Makin besar gap busi maka makin panjang loncatan bunga api/spark (teoritisnya makin bagus untuk membakar campuran bensin/udara) tetapi gap busi yg lebar rentan terhadap "misfire" & satu-satunya struktur elektroda ground & center yang mempunyai gap paling lebar saat ini (1.6 mm) tetapi tidak rentan thdp "misfire" diciptakan oleh Robert Bosch & telah diaplikasikan pada model Platinum+2 atau +4 saja. Klu busi Bosch yg paling baru model "Platinum IR Fusion" kelihatannya blum tersedia di Jakarta.


Perlu ada kompromi antara besar/panjang loncatan bunga api dengan dissipasi panas. Gap yang terlalu besar menjadikan jalur perpindahan panas jadi panjang ... jika nggak cukup effective akan menjadikan elektroda membara ... berakibat pada pre-ignition (misfiring). Untuk memberikan kompromi antara besar bunga api dengan dissipasi/pembuangan panas pada ujung busi (menghindarkan diri dari terjadinya bara) ... maka elektroda negative dibuat Selokan (U-Groove) yang memberikan tambahan sisi2 yang tajam dimana bunga api terjadi. Disamping U-Groove pada elektroda negative ... NGK mengembangkan V-Groove pada elektroda positif ... (V-Power).

Masing-masing bentuk konfigurasi gap elektroda busi mempunyai keuntungan dan kerugian. Konfigurasi ini dipilih berdasarkan pada ukuran busi, Area Gap yang diperlukan, kedudukan (proyeksi) pada ruang bakar, dan akses terhadap campuran udara/BBM. Secara umum konfigurasi berbentuk J-gap, 2 kaki (two-prong) atau 4 kaki (four-prong) yang masing-masingnya mempunyai benefit relatif terhadap aplikasinya.

Pernah nyoba Bosch Platinum+4 dan pasang di 4G15 ... awalnya ok, tapi setelah berjalan 1000 km ... banyak misfire ... ganti dengan NGK V-Power ... sampai 30,000 km ok-ok saja. Bukan Bosch Platinumnya yang gak beres akan tetapi ... gak sesuai dengan design Head 4G15.


RE: Gap Busi - kinoy - 11-10-2006 21:35

4G15 mesinnya maven yak?


RE:  Gap Busi - PenyuTurbo - 12-10-2006 22:10

kinoy Menulis:
4G15 mesinnya maven yak?


Mungkin jugak ... tapi 4G15 yang wa punya ada di Proton Wira 1.5L.


RE: Gap Busi - Chandra - 12-10-2006 22:39

kinoy Menulis:
4G15 mesinnya maven yak?


Noy, orang pada posting 3 halaman, giliran elu cuma 4 kata... he he

BTW, suhu2 sekalian.. gap busi gw ma si andreas dibuat special katanya.. 8,5 ... gak ngerti nih, maksudnya apa sih ??? trus good or badnya apa Suhu ? kalo banyak jadi Suhus ...

Boss Andreas, tolong di koreksi kalo gw salah nanya ya ....


RE:   Gap Busi - PenyuTurbo - 12-10-2006 22:55

Chandra Menulis:

kinoy Menulis:
4G15 mesinnya maven yak?


Noy, orang pada posting 3 halaman, giliran elu cuma 4 kata... he he

BTW, suhu2 sekalian.. gap busi gw ma si andreas dibuat special katanya.. 8,5 ...  gak ngerti nih, maksudnya apa sih ??? trus good or badnya apa Suhu ? kalo banyak jadi Suhus ...

Boss Andreas, tolong di koreksi kalo gw salah nanya ya ....


Istilah montir kadang-kadang beda banget dengan Nginsinyur. Kemungkina istilah 8,5 itu filler Gauge 8,5 .. artinya 0.85 MM ... supaya nyebutnya gampang ... ya distel Delapan Lima.

Ada cerita waktu wa mau ganti Swaybar link ... nanya ke toko spare parts ... gak ngerti apa itu swaybar link ... kemudian tak tunjukin barangnya yang ada di kaki-kaki ... baru doi ngomong oooo itu "SATE" ... hem swaybar link disebut sate.


RE: Gap Busi - Chandra - 12-10-2006 23:01

PenyuTurbo Menulis:
Istilah montir kadang-kadang beda banget dengan Nginsinyur. Kemungkina istilah 8,5 itu filler Gauge 8,5 .. artinya 0.85 MM ... supaya nyebutnya gampang ... ya distel Delapan Lima.


nah, filter gauge itu sama dengan gap busi gak Pak Penyu ? beda ya?? Shy
ada effek samping buat mesin gak ya ??



RE:     Gap Busi - PenyuTurbo - 12-10-2006 23:11

Chandra Menulis:

PenyuTurbo Menulis:
Istilah montir kadang-kadang beda banget dengan Nginsinyur. Kemungkina istilah 8,5 itu filler Gauge 8,5 .. artinya 0.85 MM ... supaya nyebutnya gampang ... ya distel Delapan Lima.


nah, filter gauge itu sama dengan gap busi gak Pak Penyu ? beda ya?? Shy
ada effek samping buat mesin gak ya ??


Boss, ... bukan FILTER GAUGE ... tapi FILLER GAUGE ... pelat tipis-tipis yang biasa digunakan untuk nyetel Klep (valve).

Untuk busi biasanya standard gap yang keluar dari pabrik adalah 1.1 mm ... untuk bikin gap jadi 0.85 mm ... maka FILLER GAUGE ukuran O.85 mm diselipkan diantara Elektroda negatif (samping) dengan elektroda tengah (positif) ... kemudian elektroda negatif (samping) diketok-ketok pelan-pelan sampai merapat ke filler gauge, barulah FILLER GAUGE dikeluarkan dari gap busi ... sekarang busi udah disetel  delapan lima ... kalau mau disetel 7 atau 9 ya tinggal pilih filler gauge yang ukuran 0.7 mm atau 0.9 mm.




RE: Gap Busi - Chandra - 12-10-2006 23:14

he he .. salah nyebut ya.. maklum ya suheng, newbie soale kalo ttg mesin..
trus .. ada efek samping yg bahaya selain safety krn jd sering ngebut gak ya ??


RE:  Gap Busi - PenyuTurbo - 12-10-2006 23:33

Chandra Menulis:
he he .. salah nyebut ya.. maklum ya suheng, newbie soale kalo ttg mesin..
trus .. ada efek samping yg bahaya selain safety krn jd sering ngebut gak ya ??


Ada optimum gap busi sesuai dengan design dari mesin (karakter mesin) ... makin lebar gap ... biasanya sering terjadi misfire atau kadang2 sering terjadi overheating pada ignition system tapi gak berasa dan kadang-kadang pun bisa merambat ke ECU ... terbakar.

Ada pengalaman temen gue yang makai volvo 850-T5 ... lama businya gak diganti ... udah terjadi Spark Erosion ... gap busi bertambah. Permintaan Voltage pengapian jadi besar ... Ignition Coil jadi overheated ... gak berapa lama ECU nya yang terbakar ... tapi kasus ini jarang terjadi ... kecuali pemiliknya cuek dengan busi.

Kalau A/X standard gapnya 0.9 mm dan dikecilin ke 0.85 mm ya gak apa-apa ... memang biasanya ada toleransi (Engineering Tolerance) ... Plus Minus 0.05 mm ... dalam batas-batas 0.85 s/d 0.95 ... still ok ... dan memang lebih baik disetel ke 0.85 mm ... supaya lama-lama bila terjadi ada spark erosion ... masih dalam batas toleransi. Efek positive-nya ya pengapian busi jadi lebih gampang (mudah distart), kemungkinan misfire kecil banget dan komponen ignition system bekerja dengan optimum ... gak terlalu terbebani hingga memeperpanjang umurnya ... sama halnya orang kalau terbebani dengan beban yang berat ... kalau kwalitasnya gak bagus ... kan ... milih bunuh diri ... alias umurnya pendek .... hehehehe canda aja.


RE: Gap Busi - r-Phoenix - 12-10-2006 23:55

Nah bro chandra sekarang seketaris gw tambah banyak nyah, udah nike trus penyu turbo..kalo ngarahin electroda ke intake udah menjadi prioritas phoenix dan sudah bertahun2 diterapkan untuk mobil2 yg ditune up di phoenix, ngak diomongin krn yg udah2 pada bengong tuh..termasuk anggota gcc sama icc baru pada tau dari 2taon yg lalu, kalo diav/xe gw nyerah sama busi no 3 sama 4, butuh mata plastik man. ke alang jurang..

Posisi electroda tidak harus seratus persen menghadap ke intake, cukup menyamping. kalo yang ngebelakangin biasanya lbh item dr yg laen..mangkanya si angga nggak boleh naro busi sembarangan, kudu berjejer kayak ikan asin..

nah kalo soal gap mengap busi terhadap mesin, butuh jam terbang lumanyan dech, nggak bosen bongkar pasang...baru dapet settingannya, tapi kadang2 tergantung trek juga


RE:  Gap Busi - r-Phoenix - 13-10-2006 00:16

Chandra Menulis:
Boss Andreas...

Gap busi ini yg lu stel di boil gw kan...
kalo stel an gw tu berapa kemarin Boss ?
Efeknya apa ?
trus, negatifnya apa ya ?

tulung di update disini ye boss


Kadang2 pertayaannya pada nyerempet2 maut, kalo setelan gap busi loe 8,5 rapet hampir ke 9 tapi ngak masuk, nah bingung khan?, gw juga ngak tau nulisnya mungkin penyu bisa..effectnya yah seperti yg engkau rasakan sayang ku...enak khan?...negatifnya yah kdg org lupa kalo ini avanza bukan F1..enjoy aja...krn tiapmesin punya karaktertersendiri.yg disebabkan oleh komponen yg dipasang didalamnya, yah semua udahpada tau kali?

Diinno,pasiengwgapnyagwgedeiinngilitiknyamalahilang, udahpakeirridiumtrussampesekarng masihidupajatuhmesindirapetinmlahngakmaustateryghebatmahcoilovernyanggakbikin mabokberapaajajadikalopengapianygnggakcoiloveremangagaksensitif
ehdarisononyabarudibukamahnggak0,9malah0,8gwbarubukapunyapakrudi0,8rapetsumpah


RE:     Gap Busi - r-Phoenix - 13-10-2006 00:25

PenyuTurbo Menulis:
.... yang terbuka bisa tepat menghadap intake port ... berarti ok ... jika nggak tepat menghadap ke Intake port ... maka WASHER pada Busi diganti yang lebih tebal atau tipis.


Kalo diphoenix udah dituker guling, nggak diganjel2, dituker dari no2 ke no4, nggakkena juga ambil stok baru.. mangkanya stoknya yang isi 10 biji biar gampang tuker2nya..malah kdg dr 10 itu ada yg nggak pas arahnya tapi biasanya dari 4 itu hanya satu yg bener2 ngebelakangin intake..


RE:      Gap Busi - PenyuTurbo - 13-10-2006 00:28

r-Phoenix Menulis:

PenyuTurbo Menulis:
.... yang terbuka bisa tepat menghadap intake port ... berarti ok ... jika nggak tepat menghadap ke Intake port ... maka WASHER pada Busi diganti yang lebih tebal atau tipis.


Kalo diphoenix udah dituker guling, nggak diganjel2, dituker dari no2 ke no4, nggakkena juga ambil stok baru.. mangkanya stoknya yang isi 10 biji biar gampang tuker2nya..malah kdg dr 10 itu ada yg nggak pas arahnya tapi biasanya dari 4 itu hanya satu yg bener2 ngebelakangin intake..


Gak menghadap gak pa2 ... menyamping pun udah cukup asal jangan membelakangi ... kurang optimum.


RE: Gap Busi - darth maul - 13-10-2006 09:08

nah, gap busi gw yg tadinya 0,8 trus dibikin jadi 1 sama andreas kok jadi lebih enak ya...jadi lebih rata ngisi tenaga di setiap rpm. biasanya kalo pake 0,8 enak di bawah doang, atasnya kosong dan kalo shift gear di bawah, suka ngedrop/lag baru nendang lagi. efek jangka panjangnya gimana ya? kan itu udah ngelebihin batas toleransi. sayang sih kalo kudu dikecilin lg gapnya...udah kadung kena racunnya andreas neh...


RE: Gap Busi - kinoy - 13-10-2006 09:18

Chandra Menulis:

kinoy Menulis:
4G15 mesinnya maven yak?

Noy, orang pada posting 3 halaman, giliran elu cuma 4 kata... he he


gue bacanya mabok...

tukang lawak belajar mesin yah gini dah nasibnya Big Grin Big Grin Big Grin Big Grin


RE: Gap Busi - kinoy - 16-10-2006 10:45

ngga.... soale blom selesei tuh mobil gue... Big Grin Big Grin Big Grin

abis dr serpong, gue heran... napa ngelitik di rpm 5000 yak?

malemnya ada bukber di cibubur (bareng ama classy winner indo) wew... bisa ngetes mobil ney....

sayang, sore nya macet bgt dr tol dalem kota ampe cibubur. ngga bisa ngetes sore itu.

selesei bubaran acara, 3 winner ama 1 klesi bareng2 masuk tol nya dr cibubur junction (masih macet ajah jam 8 malem Toungue)
biasa di tol bisa pindah gigi di redline, settingan andreas bikin gue belajar naek mobil lagee.... cuman ampe rpm 6000 doank....
gigi 3 biasa masih bisa masuk 120, kemaren cuman ampe 100 ga mo nambah2 lagee....

top speed yg kecatet cuman 140 lebih dikit.... 150 gue rasa masuk....

tarikan oke, top speed ngga ok. tenaga ada ampe rpm 5000.

di tol, lumayan dah masuk runner up Big Grin


RE:  Gap Busi - darth maul - 16-10-2006 18:08

kinoy Menulis:
@darth:
rumah loe dmana?
pan bisa ngetes di tol serpong tuh Big Grin

btw, cuaca serpong ama meruya emang beda jauh.... di serpong temp boil gue 1/4....

di meruya ama pecenongan cuman c lebih dikit....


gw di bsd. habis dr phoenix sabtu kemaren emang langsung gw bawa ke tol mau test cuma sialnya tolnya lmyn padat jd gak bisa bejek gas deh. sesudahnya pergi sama anak bini...ya gak mungkinlah gw kenceng2.


RE: Gap Busi - r-Phoenix - 17-10-2006 00:54

Jumaaat wah gw ikutan itu tuh...dech dateng aje..mau jam berapa kek? terserah cuman jgn pada bw body guardnya, maksud gw biar tenang gitu, apalagi karbu, eh noy selangnya mungkin ada yg belom kekonek tuh..ntar loe full tune up sama gw, kalo mesin loe sehat trus nggak mantaaf gretong dech..


RE:  Gap Busi - r-Phoenix - 17-10-2006 01:03

kinoy Menulis:
ngga.... soale blom selesei tuh mobil gue... Big Grin Big Grin Big Grin

abis dr serpong, gue heran... napa ngelitik di rpm 5000 yak?

malemnya ada bukber di cibubur (bareng ama classy winner indo) wew... bisa ngetes mobil ney....

sayang, sore nya macet bgt dr tol dalem kota ampe cibubur. ngga bisa ngetes sore itu.

selesei bubaran acara, 3 winner ama 1 klesi bareng2 masuk tol nya dr cibubur junction (masih macet ajah jam 8 malem Toungue)
biasa di tol bisa pindah gigi di redline, settingan andreas bikin gue belajar naek mobil lagee.... cuman ampe rpm 6000 doank....
gigi 3 biasa masih bisa masuk 120, kemaren cuman ampe 100 ga mo nambah2 lagee....

top speed yg kecatet cuman 140 lebih dikit.... 150 gue rasa masuk....

tarikan oke, top speed ngga ok. tenaga ada ampe rpm 5000.

di tol, lumayan dah masuk runner up Big Grin


ntar pipitiainya gw set lagi, mungkin nggak cocok sama pilotnya..noproblemo


RE: Gap Busi - harie25 - 17-10-2006 22:39

darth maul Menulis:
jadi kesimpulannya kalo mo serpis di andreas kudu dulu2an dateng pagi. first come first served, ya... Smile


kayaknya mang gitu, kek malam minggu maren, loe selesai diserpis gw dateng... nah giliran boil gw deh yang di kerjain ma andreas Smile


CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 22-12-2006 19:03

Peralatan utk mengatur celah busi


Untuk mengurangi jarak celah/gap busi


Untuk memperbesar jarak celah/gap busi



Pengecekan jarak celah/gap busi.
Untuk A/X 1300cc non-VVTi : 0,8 mm
Untuk Xe 1000cc non-VVTi/VVTi : 1,1 mm
Untuk AVS 1300cc : 1,1 mm
Untuk A/X VVTi 1300/1500 cc : 0,9 mm
CATATAN : "JARAK CELAH/GAP BUSI DITENTUKAN OLEH KEMAMPUAN IGNITION COIL"



RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - Anton G - 22-12-2006 19:08

Kalau yang iridium buat yang VVT-i belum ada yah pak ?


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 22-12-2006 19:23

Anton G Menulis:
Kalau yang iridium buat yang VVT-i belum ada yah pak ?


Coba pakai DENSO OEM Iridium SXU22PR9, indent di DENSO jl. Pecenongan pak. Klu nggak salah harga satuannya @ Rp 190 rb.
Detail klik di http://www.globaldenso.com/PLUG/topics/2006/06_2.html


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 22-12-2006 20:37

Penyetelan jarak celah/gap busi harus benar-benar sama/identik khususnya gap busi 0,8 mm pada mesin K3-DE (A/X 1300cc non VVTi) krn mesin K3-DE masih menggunakan sistem "WASTED SPARK DISTRIBUTION" (satu ignition coil utk suplai dua busi) spt diagram dibawah ini.




RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - stieven - 22-12-2006 21:31

pak budi ... perbedaan nya apa kalo celah kita longgarkan..saya non vvti stel di 0,9..???


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - r-Phoenix - 22-12-2006 22:54

Pak Budi mau donk alat yg ada tulisan NGK-nya, blh nggaknya???pesen dech...


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - ANDRE@s - 22-12-2006 23:07

kabel yg merah buat apa Pak?


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - stieven - 22-12-2006 23:18

r-Phoenix Menulis:
Pak Budi mau donk alat yg ada tulisan NGK-nya, blh nggaknya???pesen dech...


alat apaan boss?? bisa bikin mobil enak gak larinyaHaha


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 23-12-2006 06:10

ANDRE@s Menulis:
kabel yg merah buat apa Pak?

Kabel merah & tang lancip sbg peralatan cadangan pak spt berikut ini :




RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 23-12-2006 06:26

Oom Andreas,

Alat tsb bisa diperoleh dari PT. NGK BUSI INDONESIA jl. Raya Jakarta Bogor km 26,6 Ciracas, JAKARTA TIMUR 13740 tel.8710974/8711367/87705267

Pak steiven,

Sebaiknya gap busi A/X non-VVTi disetel di 0,8 mm (max) krn keterbatasan ignition coil & pemakaian sistem wasted spark tsb di A/X non-VVTi akan mengakibatkan loncatan/spark terjadi pada kedua busi pada saat bersamaan jadi klu gap 0,8 mm/busi berarti utk 2 busi dlm sistem wasted spark maka ignition coil akan meloncatkan bunga api/sparks dgn total jarak celah/gap businya menjadi 1,6mm (=2x0,8mm). Klu gapnya diperbesar lagi maka dapat mengakibatkan misfire di rpm tinggi yg ditandai dgn CO2 turun & O2 naik tinggi atau lama kelamaan dapat juga mengakibatkan ignition coil cepat lemah/rusak krn bekerja overload.

Bedanya spark di busi "yg di atas" utk langkah kompresi terjadi loncatan bunga api/spark dari "elektroda tengah busi" ke "elektroda ground"-nya sedangkan spark di busi "yg di bawah" utk langkah discharge/exhaust terjadi loncatan bunga api/spark dgn arah sebaliknya yaitu dari "elektroda ground" ke "elektroda tengah busi".
Mengingat hal tsb & loncatan bunga api/spark terjadi 2 kali pada setiap langkah kompresi maka sangat dianjurkan pemakaian busi premium di A/X non-VVTi spt platinum atau iridium agar jarak celah/gap busi tidak mudah membesar/aus krn pemakaian. Detail hal rekomendasi pemakaian busi platinum atau iridium pada sistem wasted spark/DIS spt di A/X non-VVTi bisa dibaca selengkapnya di https://www.sparkplugs.com/sparkplug411.asp?kw=Distributorless+Ignition+System&mfid=1

Disamping itu penggunaan busi premium (tipe platinum-NGK BKR 6EGP/iridium-NGK BKR 6EIX) dgn elektroda tengah busi yg lebih kecil (diameternya cuma 0,7 mm dibanding busi normal yg mempunyai diamater 2,5 mm) akan lebih memudahkan terjadinya loncatan bunga api/spark pada tegangan ignition coil yg lebih rendah atau dgn kata lain dapat meringankan kerja ignition coil pada sistem wasted spark.




RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - Bobby Sant - 23-12-2006 07:24

BUDI Menulis:
Coba pakai DENSO OEM Iridium SXU22PR9, indent di DENSO jl. Pecenongan pak. Klu nggak salah harga satuannya @ Rp 190 rb.
Detail klik di http://www.globaldenso.com/PLUG/topics/2006/06_2.html


Mahal amat ya??????

Gimana yg merek NGK???


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 23-12-2006 07:34

Bobby Sant Menulis:

BUDI Menulis:
Coba pakai DENSO OEM Iridium SXU22PR9, indent di DENSO jl. Pecenongan pak. Klu nggak salah harga satuannya @ Rp 190 rb.
Detail klik di http://www.globaldenso.com/PLUG/topics/2006/06_2.html


Mahal amat ya??????

Gimana yg merek NGK???

Memang begitu pak Bobby, ATPM menjual new A/X VVTi murah tetapi harga spare partnya spt harga busi aza diketok mahal he he ... klu nggak kapan ya bos-bosnya ADM naek bee-em-double-u.

Klu busi NGK khan yg original-nya pabrik tipe gold palladium (lebih baik dp yg copper). Biasanya harga diluaran bisa lebih murah 30-40% dibandingkan harga distributor utama/agen tunggal-nya.


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - Bobby Sant - 23-12-2006 07:40

BUDI Menulis:
Memang begitu pak Bobby, ATPM menjual new A/X VVTi murah tetapi harga spare partnya spt harga busi aza diketok mahal he he ... klu nggak kapan ya bos-bosnya ADM naek bee-em-double-u.

Klu busi NGK khan yg original-nya pabrik tipe gold palladium (lebih baik dp yg copper). Biasanya harga diluaran bisa lebih murah 30-40% dibandingkan harga distributor utama/agen tunggal-nya.


Kenapa ATPM ngerubah ukuran busi pada A/X VVT-i ya?


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - r-Phoenix - 23-12-2006 08:00

[quote=BUDI]
Oom Andreas,

Alat tsb bisa diperoleh dari PT. NGK BUSI INDONESIA jl. Raya Jakarta Bogor km 26,6 Ciracas, JAKARTA TIMUR 13740 tel.8710974/8711367/87705267

Hmmm ok dech..thank's pak Budi..


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 23-12-2006 08:10

Bobby Sant Menulis:
Kenapa ATPM ngerubah ukuran busi pada A/X VVT-i ya?


Secara teori makin kecil lubang busi di mesin maka makin baik dissipasi heatnya dari dalam ruang bakar (krn distorsi lubang tsb makin kecil) shg range suhu operasi businya lebih baik (tidak terlalu panas & tidak terlalu dingin). CATATAN : pengencangan busi menentukan suhu operasi (distorsi) ini juga maka sebaiknya pengencangan busi dilakukan dgn kunci torsi pak.
Makanya busi A/X VVTi bisa pakai heat range "22" (DENSO) yg lebih dingin dp heat range "20" (DENSO) di non-VVTi, pemakaian busi "22" (DENSO) tsb sekaligus utk mengimbangi lebih banyak main di rpm yg lebih tinggi di A/X VVTi krn torsi max-nya juga tercapai di rpm yg lebih tinggi dp non-VVTi.


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 24-12-2006 14:23

Bobby Sant Menulis:

BUDI Menulis:
Coba pakai DENSO OEM Iridium SXU22PR9, indent di DENSO jl. Pecenongan pak. Klu nggak salah harga satuannya @ Rp 190 rb.
Detail klik di http://www.globaldenso.com/PLUG/topics/2006/06_2.html


Mahal amat ya??????

Gimana yg merek NGK???

Pak Bobby,

Busi NGK Iridium yg mahal juga ada yi IFR 6E-8 (OEM Laser Iridium/Platinum) yg cocok utk A/X non-VVTi harga jualnya sekitar @ Rp 150 rb/pc (2 x harga NGK Iridium IX model BKR 6EIX).

Klu NGK Iridium IX utk new A/X VVTi 1300cc, coba cari model DPR 7EIX-9 (gap busi 0,9 mm) sbg subtitusi busi originalnya NGK DVPR 7EA-9 (gap busi 0,9 mm).


Terlampir cara pembacaan kode busi NGK sbb :




RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 24-12-2006 16:22

"Surface Air Gap Technology"

Busi-busi dgn "Surface Air Gap Technology" spt photo di bawah ini tidak memerlukan pengaturan gap/celah busi lagi & biasanya jarak gapnya sekitar 1,6 mm (Bosch) shg dapat diperoleh loncatan bunga api yg lebih panjang pada tekanan kompresi yg lebih baik yg pada akhirnya response engine akan meningkat pula.


(1) : loncatan bunga api/spark dari elektroda tengah busi ke elektroda ground melalui udara (secara konvensional) dgn jarak celah/gap busi 1,6 mm
(2) : loncatan bunga api/spark dari elektroda tengah busi ke elektroda ground merambat di atas deposit karbon yg menempel pada insulator (rambatan bunga api/spark ini sekaligus dapat membersihkan fouling pada insulator tsb)


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - r-Phoenix - 24-12-2006 20:50

Waktu pertama kali keluar A/X jenis businya paling maut..di kelas STD...typenya BKUR...cagaknya 2 biasanya buat taruna EFI..paling compatible begete ama autolite jenis apa aja...cuman sekarang keluarnya pake NGK ama ND...mungkin ngejar produksi...


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 25-12-2006 07:54

r-Phoenix Menulis:
Waktu pertama kali keluar A/X jenis businya paling maut..di kelas STD...typenya BKUR...cagaknya 2 biasanya buat taruna EFI..paling compatible begete ama autolite jenis apa aja...cuman sekarang keluarnya pake NGK ama ND...mungkin ngejar produksi...


Oom Andreas,

Mustinya busi asli mesin K3 sesuai rekomendasi DMC Japan spt di A/X pakai NGK BKUR 6EK P/N Daihatsu 90048-51137-000 (spt di TARUNA EFI) kok cuman yg ini kena sunat juga tuh ama kebijaksanaan CUT COST-nya ADM di A/X.Hikhik

Klu busi Autolite std yg cocok utk A/X non-VVTi kayaknya pakai model SF392D (sorry klu salah sudah agak lupa oom).
Autolite bikin tipe Double Platinum lebih baik dp ND/NGK Platinum krn sudah Double Platinum (lapisan platinum di elektroda tengah & groundnya) spt keterangan dibawah ini shg cocok utk sistem WASTED SPARK di A/X non VVTi dimana spark akan terjadi 2 kali/langkah pembakaran (saat kompresi dari elektroda tengah ke ground & saat exhaust dari elektroda ground ke tengah).



RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - J99 - 25-12-2006 09:24

Pak Budi, Kalo buat Li non VVT-i plg bagus pake busi merk/tipe apa?


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 25-12-2006 10:02

J99 Menulis:
Pak Budi, Kalo buat Li non VVT-i plg bagus pake busi merk/tipe apa?

Klu utk Li non-VVTi bisa coba busi BOSCH Platinum+4 model FGR7DQP spt yg saya pakai di AVS krn Li non-VVTi sudah pakai 1 coil 1 busi & std gap businya 1,1 mm (ignition coilnya masih asli & cukup kuat) spt AVS.

Klu pakai BOSCH Platinum+4 (Surface Air Gap Technology) jangan disetel gap-nya (1,6 mm) lagi lho pak, carinya di toko spare part BMW. Klu di Jakarta yg jual busi ini dgn harga plg murah di toko Alpha Omega Sawah Besar tel 021-3454969 @ Rp 52.500/busi.

NB : klu ada yg model FGR8DQP lebih cocok utk Li non-VVTi pak, cuman nyarinya susah.


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - yeanrush - 25-12-2006 14:40

denger2 busi jazz bisa juga masuk ke ax ya ? apa betul terus jazz yang mana idsi ato vtec ? mohon penjelasannya pak budi, mkasi sbelumya


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - r-Phoenix - 25-12-2006 18:43

Yg pasti BKUR pantes buat dicari..krn 2 kaki and electrodanya agak ketengah kyk type Z, kalo businya jazz apa V-tec agak susah di cerna krn kondisi ruang bakarnya beda2..bisa sich di pake.. cuman kyknya sama aja...nothing happend..


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - r-Phoenix - 25-12-2006 18:48

BUDI Menulis:

J99 Menulis:
Pak Budi, Kalo buat Li non VVT-i plg bagus pake busi merk/tipe apa?

Klu utk Li non-VVTi bisa coba busi BOSCH Platinum+4 model FGR7DQP spt yg saya pakai di AVS krn Li non-VVTi sudah pakai 1 coil 1 busi & std gap businya 1,1 mm (ignition coilnya masih asli & cukup kuat) spt AVS.

Klu pakai BOSCH Platinum+4 (Surface Air Gap Technology) jangan disetel gap-nya (1,6 mm) lagi lho pak, carinya di toko spare part BMW. Klu di Jakarta yg jual busi ini dgn harga plg murah di toko Alpha Omega Sawah Besar tel 021-3454969 @ Rp 52.500/busi.

NB : klu ada yg model FGR8DQP lebih cocok utk Li non-VVTi pak, cuman nyarinya susah.

hehehehe kalo gw NGK ama Autolite aja...dimana2 aya....autolite angka belakangnya yg 24 buat Li/Xi kalo sering dalem kota...


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - Bobby Sant - 25-12-2006 21:23

Kalau yg elektrodanya berbentuk jarum seperti NGK G Power atau Iridium boleh distel di 0,9mm tapi kalau busi standar harus maksimal di 0,8mm. Gitu kan Pak Budi?


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - stieven - 25-12-2006 21:30

lu pake busy apa bob???


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - Bobby Sant - 25-12-2006 21:32

stieven Menulis:
lu pake busy apa bob???


Iridium BKR6EIX-11 , celah gapnya 1,1mm sama si Andreas diubah ke 0,9 MM.

Untung dia ubah kalau gak koil gua bakalan jebol, satu bijinya Rp.600 rebu Hikhik

Kalau beli busi, mending lihat kodenya yg bener deh, angka dibelakang adalh angka gap, kalau gak ada angkanya berarti 0,8 mm (CMIIW).


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 26-12-2006 07:47

r-Phoenix Menulis:
Yg pasti BKUR pantes buat dicari..krn 2 kaki and electrodanya agak ketengah kyk type Z, kalo businya jazz apa V-tec agak susah di cerna krn kondisi ruang bakarnya beda2..bisa sich di pake.. cuman kyknya sama aja...nothing happend..

Photo busi NGK BKUR (Surface Air Gap Technology)




RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 26-12-2006 08:17

Bobby Sant Menulis:
Kalau yg elektrodanya berbentuk jarum seperti NGK G Power atau Iridium boleh distel di 0,9mm tapi kalau busi standar harus maksimal di 0,8mm. Gitu kan Pak Budi?


Setuju pak Bobby krn busi platinum/iridium mempunyai elektroda tengah yg lebih kecil (0,7 mm) shg akan memerlukan tegangan ignition coil yg lebih rendah utk meloncatkan bunga api/spark yg sama dibanding dgn busi std yg mempunyai elektroda tengah 2,5 mm.
Klu gap busi platinum/iridium-nya sedikit diperlebar menjadi 0,9 mm dari std rekomendasi Toyota yi 0,8 mm di busi std, mustinya hal tsb tidak banyak mempengaruhi kebutuhan tegangan ignition coil utk meloncatkan bunga api/spark di busi iridium dgn gap yg sedikit lebih lebar pak.

Busi standar NGK BKR 6E dgn elektroda tengah 2,5 mm




Busi iridium NGK BKR 6EIX dgn elektroda tengah 0,7 mm




Penggunaan busi iridium juga akan mengurangi "QUENCHING EFFECT" (bunga api/spark tertutup oleh elektroda ground busi) spt di bawah ini

Efek quenching besar di busi std NGK BKR 6E


Efek quenching kecil di busi iridium/platinum atau busi std dgn konstruksi elektroda busi "V"


NB : koreksi info terdahulu hal busi std A/X VVTi 1300cc yi busi NGK DVPR 7EA adalah tipe busi std NGK V-power tsb diatas (bukan tipe gold palladium).
Yg plg cocok utk ruang bakar A/X VVTi & tidak ada efek quenching-nya adalah spt konstruksi busi NGK BKUR (multi ground).
Klu di A/X non-VVTi, busi NGK BKUR ini terlalu lebar gapnya krn A/X non_VVTi mempergunakan sistem ignition coil WASTED SPARK (1 coil utk 2 busi) tidak mampu meloncatkan bunga api/spark dgn sempurna (alias mesin A/X non-VVTi jadi pincang/misfire).


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - stieven - 26-12-2006 08:36

Bobby Sant Menulis:

stieven Menulis:
lu   pake busy apa bob???


Iridium BKR6EIX-11 , celah gapnya 1,1mm sama si Andreas diubah ke 0,9 MM.

Untung dia ubah kalau gak koil gua bakalan jebol, satu bijinya Rp.600 rebu Hikhik

Kalau beli busi, mending lihat kodenya yg bener deh, angka dibelakang adalh angka gap, kalau gak ada angkanya berarti 0,8 mm (CMIIW).


600 ribu??? kali 4 2,4 jeti gak salah luh


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - Nike - 26-12-2006 08:45

r-Phoenix Menulis:
[quote=BUDI]
Oom Andreas,

Alat tsb bisa diperoleh dari PT. NGK BUSI INDONESIA jl. Raya Jakarta Bogor km 26,6 Ciracas, JAKARTA TIMUR 13740 tel.8710974/8711367/87705267

Hmmm ok dech..thank's pak Budi..


klo NGK yang di ry bogor ini sih bagian produksinya Oom, stauku cuma ngelayanin busi aja, ngga fullernya deh... customerku sih.. Toungue hehehehe


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - Anton G - 26-12-2006 11:55

BUDI Menulis:
"Surface Air Gap Technology"

Busi-busi dgn "Surface Air Gap Technology" spt photo di bawah ini tidak memerlukan pengaturan gap/celah busi lagi & biasanya jarak gapnya sekitar 1,6 mm (Bosch) shg dapat diperoleh loncatan bunga api yg lebih panjang pada tekanan kompresi yg lebih baik yg pada akhirnya response engine akan meningkat pula.


(1) : loncatan bunga api/spark dari elektroda tengah busi ke elektroda ground melalui udara (secara konvensional) dgn jarak celah/gap busi 1,6 mm
(2) : loncatan bunga api/spark dari elektroda tengah busi ke elektroda ground merambat di atas deposit karbon yg menempel pada insulator (rambatan bunga api/spark ini sekaligus dapat membersihkan fouling pada insulator tsb)


Ada yang bilang bahwa loncatan bunga api itu tidak mungkin keluar 2 secara bersamaan. Jadi yang ada di gambar tersebut cuman iklan saja, dalam kenyataanya yang keluar satu saja. mungkin kalau ada 2, bergantian saja tetapi tidak pernah bersamaan, Jadi busi yg 4 electroda atau 2 electroda sama saja fungsinya dengan yang 1 electroda. Yang penting ada pada saat memasangnya harus diusahakan electrodanya dipasang ke arah dalam...!!!!


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - BUDI - 26-12-2006 12:40

Anton G Menulis:

BUDI Menulis:
"Surface Air Gap Technology"

Busi-busi dgn "Surface Air Gap Technology" spt photo di bawah ini tidak memerlukan pengaturan gap/celah busi lagi & biasanya jarak gapnya sekitar 1,6 mm (Bosch) shg dapat diperoleh loncatan bunga api yg lebih panjang pada tekanan kompresi yg lebih baik yg pada akhirnya response engine akan meningkat pula.


(1) : loncatan bunga api/spark dari elektroda tengah busi ke elektroda ground melalui udara (secara konvensional) dgn jarak celah/gap busi 1,6 mm
(2) : loncatan bunga api/spark dari elektroda tengah busi ke elektroda ground merambat di atas deposit karbon yg menempel pada insulator (rambatan bunga api/spark ini sekaligus dapat membersihkan fouling pada insulator tsb)


Ada yang bilang bahwa loncatan bunga api itu tidak mungkin keluar 2 secara bersamaan. Jadi yang ada di gambar tersebut cuman iklan saja, dalam kenyataanya yang keluar satu saja. mungkin kalau ada 2, bergantian saja tetapi tidak pernah bersamaan, Jadi busi yg 4 electroda atau 2 electroda sama saja fungsinya dengan yang 1 electroda. Yang penting ada pada saat memasangnya harus diusahakan electrodanya dipasang ke arah dalam...!!!!


Betul pak Anton G pada suatu saat hanya terjadi 1 (satu) kali spark di busi, gambar itu hanya utk menjelaskan kemungkinan rambatan spark pada busi dgn "Surface Air Gap Technology".
Klu sudah pakai busi kaki 2, 3 atau 4 dgn Surface Air Gap Technology ya posisi pemasangan busi nggak harus diputar menghadap ke klep intake pak, hal tsb hanya berlaku utk busi dgn 1 (satu) elektroda ground utk menekan efek "QUENCHING".

Keunggulan dari busi kaki 2, 3 atau 4 tsb :
1. Tidak perlu pengaturan celah/gap businya lagi selama pemakaian.
2. Tidak ada efek Quenching.
3. Usia pemakaiannya lebih lama dp busi kaki 1 (satu) krn multi ground elektrodanya lebih banyak.

Contoh pengetesan lompatan bunga api/spark yg dihasilkan di suatu busi
Busi dgn 1 ground elektroda (di sblh kiri) & busi multi ground elektroda (di sblh kanan)



CATATAN : Tidak semua mesin mobil dapat memakai busi multi ground elektroda tsb krn tgt desain ruang bakarnya.
Kebetulan beberapa mesin Daihatsu (HC, EJ, K3) memang mempunyai ruang bakar yg cocok dgn pemakaian busi multi ground elektroda tsb.


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - drbram - 03-02-2007 23:23

jadinya kalo buat avanza non vvti busi standar sebaiknya pake apa ya kalo gak salah standart sekarang pake NGK, biar sip, tarikan yahud, and irit.


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - Dewa - 04-02-2007 00:07

drbram Menulis:
jadinya kalo buat avanza non vvti busi standar sebaiknya pake apa ya kalo gak salah standart sekarang pake NGK, biar sip, tarikan yahud, and irit.


Klau untuk AV VVTI bisa gak pake yg iridium aslinya pake Denso XU22PR9 095


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - r-Phoenix - 04-02-2007 07:30

drbram Menulis:
jadinya kalo buat avanza non vvti busi standar sebaiknya pake apa ya kalo gak salah standart sekarang pake NGK, biar sip, tarikan yahud, and irit.

Yah msih NGK denk...kalo udah ke busi jenis laen udah pilihan...mis jarum cuman buat non stop long distance..dari tarikan agak kurang..cuman larinya bagus..kalo busi hub ke irit sich nggak ada...cuman effect sampingnya sich bener...kalo mau coba2 mampir ke Phoenix dech..busi yg ada boleh kok ditest dari gap ama merek lain, boleh...asal ada waktu aja


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - drbram - 07-02-2007 09:55

waduh om sekarang posisi saya ada di semarang, saya nurut aja deh yang om phoenix saranin buat avanza non vvti saya, biar tarikan sip, pembakaran bagus, setelan gapnya, soalnya knalpot dah saya ganti kansai full set takutnya gak cocok or gak maksimal .makasih


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - r-Phoenix - 10-02-2007 23:29

Oooobusset jauh amatnya..jgn2 nich forum juga dibaca di malay juga nich asal mereka tau prokemnya kita aja...nich bro..kalo bisa dapet Autolite type 5224 sukur banget kalo 3924 juga ok, trus kalo NGK ZFR-5 dusnya biasanya pake merek Honda krn type khusus..gap busi nggak pengaruh ama knalpot...settingan co yg lbh pengaruh..ama saringan udara, nah kalo udah dapet businya rata2 gap mereka 1,lebih..pake Fuller silet set ke 0,9 cuman rapet..kalo nggak 0,9 cuman nggak masuk itu yg paling pas, nah yg jd penentu siapa yg setel co???, mending "jangan" ikutin regulasi lamda di bawah 1 jadi 0,9 sekian..mesinnya nggak bakalan tembus euro manapun juga..jadi ikutin mesin aja.....nah itu yg bener2 rumit krn pake perasaan, pengalaman dan jam terbang yg nggak bisa dijelaskan disini..emang patokan teorynya ada kalo nggak pake CO tester tapi prakteknya????sapa yg mau, wong tinggal baca aja jd professor...kalo mau pake co tester juga bisa sich, set diatas 1,sekian...nggak bakalan bikin boros kalo emang cocok dgn bawaan lahir mesinnya (celah klep, rasio kompresi dsb-nya)....kalo mesinnya A/X pake JAG baru deh gw invest CO tester..20rebu sekali test gw jabanin..


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - azmech - 10-03-2007 21:42

baca 4 hal jd puyeng euy....lsg to the point aja deh, busi ngk platinum yang cocok utk A/X 1300 vvti yang mana? trus belinya dmana?


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - Bobby Sant - 10-03-2007 21:51

azmech Menulis:
baca 4 hal jd puyeng euy....lsg to the point aja deh, busi ngk platinum yang cocok utk A/X 1300 vvti yang mana? trus belinya dmana?


NGK belum punya busi platinum atau iridium utk New A/X VVT-i.


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - r-Phoenix - 11-03-2007 00:30

azmech Menulis:
baca 4 hal jd puyeng euy....lsg to the point aja deh, busi ngk platinum yang cocok utk A/X 1300 vvti yang mana? trus belinya dmana?

Nggak usah punyeng..gw nggak bilang yg paling bener tapi kalo mau coba2 boleh aja, soalnya gw dah bosen nyobain busi..kalo buat harian, macet trus tol jrk pendek..estede nggak ada matinya...maksudnya dari bahan dasarnya..cooper is the best..walaupun kaki 5 sekalipun. krn pada saat tarikan pertama lbh banyak energi yg dipakai mesin utk menggerakan mobil, jadi api terbesar plg banyak di puteran di bawah 3000 rpm, kalu udah diatas 3000rpm tinggal api kecil cuman sering, Yg Platinum laen cerita..emang paling bagus buat hantar listrik..cuman kalo yg produk jepang dibikin dari full platinum/iridium jd bumerang kalo traffic macet, platinum butuh waktu utk bagus memercikan api, seperti suhu badannya hrs stabil dan pas serta listrik yg stabil dr koil baru bisa bikin busi platinum bekerja optimal, sehingga kalo yg produk jepang cocok utk cruising yg jauh dan lama serta lalulintas lancar. lain dgn yg buatan amrik yg menggabungkan platinum dgn cooper, badannya cooper ujung tipsnya dikasih platinum.buat stop and go sama cruising paling bagus..bukan promosi..krn yg kyk beginian brgnya import jadi produk disesuaikan dgn lalu lintas negara asalnya..

kalo gw buat A/X harian lbh demen up grade std..kalo ND up ke NGK krn NGK bikin api lbh focus, type V groove udah top banget ama ke Autolite krn bikin ECU kerjanya ringan. nah kalo buat irit biaya perawatan yah platinumnya Autolite...ampe bete...

Intinya no matter what you choose make sure take one what u need....traffic=Cooper, Highway Straight=Platinum Iridium

Ama kabel busi, pake yg 2 core minimal, trus panjang kabel businya pas kyk std jgn kepanjangan...mak...asik dah..

kompor meledug mode on...beli di gw juga ada kalo deket mah..hrgnya ber-variasi platinum 150-175rb, Iridium 350rb. 4pc Std banget ND 50rb, Std Autolite 80rb, Std Upgrade NGK 60rb.


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - azmech - 11-03-2007 10:27

nanya lg dong bro phoenix, NGK std bwt a/x 1.3vvti kodenya apa? hehehe, thx yah


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - r-Phoenix - 11-03-2007 10:33

Yg baru apayg lama, kalo baru blom ada. kalo yg lama pake type estede BKR6-11EGP boleh kalo gw up gradenya ZFR5-11EGP..sekali lagi tergantung mesin stdnya gimana..loe cek dulu, bukaan skepnya berapa jauh baru powernya dapet makin cepet yah bagus.


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - azmech - 11-03-2007 20:03

emang apa bedanya NGK yg baru ama yg lama? Yang penting NGK std yang cocok ama mesin K3-VE yg mana?


BKR6-11EGP bearti celahnya 1.1mm? harus dikurangi jd 0.9 gtuh?


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - tim29hdyt - 11-03-2007 23:00

r-Phoenix Menulis:
Pak Budi mau donk alat yg ada tulisan NGK-nya, blh nggaknya???pesen dech...


Om Andreas, bukannya pake filler-gauge dah cukup ?


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - r-Phoenix - 12-03-2007 00:10

@ Azmech..VVT-I-nya bro...yg baru apa yg lama? kalo vvt-i baru businya kecil banget. celahnya emang dikurangin..kalo mau pake yg BKR6-EGP juga gw congkel jd 0,9..tampa effect samping..trouble free dech

@ Tim....Cukup tapi nggak cukup presisi...0,8 Fuller Gauge ama yg pake punya pak budi..selisihnya serambut..tipis sich cuman lumanyan ngaruh..gw punya ilang..dulu yg pake kawat merek Elora..cuman sayang-nya nggak ada yg ukuran 1,1.


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - nDhoet - 18-09-2007 08:44

r-Phoenix Menulis:

BUDI Menulis:

J99 Menulis:
Pak Budi, Kalo buat Li non VVT-i plg bagus pake busi merk/tipe apa?

Klu utk Li non-VVTi bisa coba busi BOSCH Platinum+4 model FGR7DQP spt yg saya pakai di AVS krn Li non-VVTi sudah pakai 1 coil 1 busi & std gap businya 1,1 mm (ignition coilnya masih asli & cukup kuat) spt AVS.

Klu pakai BOSCH Platinum+4 (Surface Air Gap Technology) jangan disetel gap-nya (1,6 mm) lagi lho pak, carinya di toko spare part BMW. Klu di Jakarta yg jual busi ini dgn harga plg murah di toko Alpha Omega Sawah Besar tel 021-3454969 @ Rp 52.500/busi.

NB : klu ada yg model FGR8DQP lebih cocok utk Li non-VVTi pak, cuman nyarinya susah.

hehehehe kalo gw NGK ama Autolite aja...dimana2 aya....autolite angka belakangnya yg 24 buat Li/Xi kalo sering dalem kota...


gw baru ganti busi utk XeLi ke Autolite (9324 kalo ga salah).
Emangnya untuk pemakaian luar kota pake busi ini kurang enak bro ...??
Kelemahannya apa???


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - initial_gh - 28-10-2007 16:36

Daftar Pemakaian Busi untuk mobil dari NGK : Avanza S vvti (3SZ-VE) Busi Iridium DCPR7EIX, kalo Avanza G/E vvti (K3-VE) busi iridium BKR6EIX. CMIIW


RE: CARA PENYETELAN GAP BUSI - DonnyAvz - 18-02-2013 13:49

Waktu penggantian busi pada km 80.000-an, mesin terasa sama seperti sebelum diganti.
Busi sewaktu itu dibeli di salah satu toko pasar mobil kemayoran dan langsung minta dipasangkan. Tipe busi yang dibeli adalah standar yaitu Denso XU-22PR9.

Kemudian busi diganti lagi pada km 96.000-an. Busi diganti dengan tipe serupa dan beli di salah satu ruko cempaka mas. Kondisi busi pada saat dibeli : 2 busi terlihat normal jarak gapnya dan 2 busi lagi elektrodanya saling menempelWallbash;tetap dibeli karena tinggal 4 dan tidak sempat ke kemayoran. Rencana ingin bongkar dan pasang sendiri busi.

Di rumah busi saya ukur sendiri dengan patokan tebal gergaji kecil yg ada di rumah (karena saya tidak punya alat ukur jd pakai metode kira2Tuh). Proses bongkar pasang busi DIY tidak susah. Setelah busi dipasang dan mesin beroperasi beberapa lama, mesin avanza di rpm bawah lebih bertenaga dan lebih irit.

Yg saya mau tanya apakah penyetelan gap busi berpengaruh pada peforma mesin?
Alat apa yg dipakai untuk mengukur jarak gap busi? di toko apa bisa diperoleh?
Untuk avanza yg optimal, gap busi pada jarak berapa? 0.8mm kah? 0.9mm kah?
Terima kasih.