Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Nyetir Mobil Matic - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Modifikasi, Tips & Trik (/forumdisplay.php?fid=19)
+---- Forum: Lain-lain (/forumdisplay.php?fid=118)
+---- Topik: Nyetir Mobil Matic (/showthread.php?tid=15374)


Nyetir Mobil Matic - qupay - 14-10-2009 10:55

Nyetir Mobil Matic
Buat kalangan ibu-ibu biasanya paling senang naik mobil bertransmisi otomatis, gampang, ‘n ngga bikin gede betis kiri hehehe, tinggal injek gas sama rem aja kata salah seorang ibu rumah tangga yang sempat kami wawancara. Tapi benarkah segampang itu…? memang gampang, berikut kami berikan informasi seputar mengendarai mobil yang bertransmisi otomatis.
1. Mobil bertransmisi otomatis memiliki pengaman pada saat hendak di stater, untuk itu coba pastikan pengaman tersebut berfungsi diantaranya, tuas transmisi berada pada posisi Parking “P”. Kalo tuas transmisi tidak berada pada posisi “P” dipastikan mobil anda tidak akan hidup biar distater seribu kali hehehe…
2. Nah klo udah mau jalan-jalan ke pasar ibu-ibu jangan lupa klo mau stater mesin, pastikan handbrake (rem tangan) masih pada posisi mengunci, kemudian stater mesin…, nah klo ini dijamin bisa hidup, namun ada juga kendaraan yang menggunakan rem kaki sebagai pengaman untuk stater mobil, untuk itu anda harus menekan pedal rem agar mesin dapat distater. Seperti BMW dan Mercy anda harus menekan pedal rem agar mesin dapat distater.
3. Mesin udah hidup, sekarang tekan pedal rem dan pindahkan tuas ke posisi Drive “D”, lepas rem perlahan dan biarkan melaju secara perlahan dengan tambahan pedal gas.
4. Pada saat berhenti di lampu merah ada baiknya anda memindahkan tuas transmisi pada posisi Netral “N” agar beban mesin berkurang karena di tahan oleh rem, kerja rem juga menjadi ringan karena tidak menahan beban mesin, umur transmisi bisa lebih panjang karena tidak dipaksa menahan beban.
5. Buat yang terbiasa mengendarai mobil dengan transmisi manual, perlu waspadai gerakan kaki kiri… kenali susunan pedal hanya ada rem dan gas. Pernah ada kejadian lucu ini terjadi pada saya sendiri.. jadi mau malu nich… karena terbiasa dengan pedal kopling, sewaktu ingin berhenti dengan spontan saya menginjak pedal rem dengan 2 buah kaki he…he…he mentang-mentang pedal rem panjang, kaki saya kecil jadi saya injek pake 2 kaki sekaligus, kontan aja temen disamping saya ngakak sepanjang perjalanan ke kantor.. dasar… woeng ndesow… katanya… (penggunaan pedal rem dan gas yang benar adalah dengan menggunakan 1 kaki saja yaitu kaki kanan)
6. Jalan-jalan naik gunung, bawa keluarga tercinta naik mobil matic, dijalan macet… wahh… tenang… gunakan gigi rendah (jangan salah biar matic ada gigi satu nya juga) hal ini dimaksudkan agar transmisi tidak “overload”. Overload memperpendek umur kampas kopling.
7. Pulang dari naik gunung sekarang turun gunung.. masih macet juga dijalan, maklum semua orang pada balik dari liburan… sama seperti pada point diatas gunakan gigi rendah, namun kali ini dimaksudkan agar kerja kampas rem tidak terlalu berat, udah tau matic paling boros ama kampas rem, ini salah satu cara untuk menghemat kampas rem.
8. Udah bebas dari macet sekarang masuk ke jalan tol, asik bisa tancap gas… tinggal pindahin tuas ke posisi Drive “D”, paling enak klo ada “cruise control” panteng gas di angka 80km/jam pencet tombol cruise ‘ceklik’ mobil udah langsung jalan sendiri ga usah injek gas lagi. (fungsi cruise control akan hilang begitu anda menekan pedal rem)
9. Sampe dirumah selamet soalnya dijalan taat ama rambu lalulintas, sabuk pengaman udah ga usah dibahas lagi… udah wajib hukumnya… parkir di garasi rumah, kembalikan tuas pada posisi Parkir “P”, tarik rem tangan dan matikan mesin. Wasallam…
qupayBravoBravoTopdeh


RE: Nyetir Mobil Matic - tolojagoan - 14-10-2009 11:02

nice info bro .. Topdeh


RE: Nyetir Mobil Matic - andis - 14-10-2009 11:38

ada yang lupa tuh pak, bayar angsuran mobil sudah terlewat 2 hari... Haha


RE: Nyetir Mobil Matic - qupay - 14-10-2009 11:57

andis Menulis:
ada yang lupa tuh pak, bayar angsuran mobil sudah terlewat 2 hari... Haha


waduh iya tuhhhhh............ lupaHikhik


RE: Nyetir Mobil Matic - bisti - 14-10-2009 16:25

ntar kalo xenia keluar maticnya...transmisi mo ganti matic aja


RE: Nyetir Mobil Matic - BUDI - 14-10-2009 19:26

Sekedar sharing aza ......

Saat berhenti di lampu merah dgn posisi D & rem bekerja TIDAK akan mengakibatkan transmisi A/T overload !!! Krn sistem turbine AT-nya sudah diperlengkapi dgn by-pass valve sirkulasi olinya. Bahkan apabila sering memindahkan transmisi A/T dari posisi N ke D (N-D Squat) akan dapat mengakibatkan kopling A/T lebih cepat aus.

Yang bisa mengakibatkan transmisi A/T overload yaitu ketika transmisi A/T dioperasikan di posisi 2 ato L yg tidak ada sistem locked-up nya dalam kurun waktu lama (> 10 menit misalnya). Sistem locked-up pada Avz A/T hanya tersedia di posisi 3 & OD saja shg walaupun dipake ditanjakan ato turunan tajam sekalipun TIDAK dianjurkan beroperasi di posisi 2 ato L dalam waktu yg lama krn dapat mengakibatkan transmisi A/T overload !!! Biasanya utk tanjakan yg panjang hanya dianjurkan OD dimatikan (lampu OD nyala/posisi gigi 3).

Yg paling penting yaitu : JANGAN PERNAH MEMINDAHKAN/MENDORONG MOBIL A/T DALAM KONDISI MESIN MATI (MESIN MOGOK), PASTI TRANSMISI A/T-NYA RUSAK BAHKAN BISA JEBOL. Klo pake mobil A/T usahakan jgn parkir paralel yg sering didorong-dorong ama tukang parkir Tuh ato klo terpaksa parkir paralel maka posisikan di P + rem tangan sekalian agar tidak didorong-dorong ama tukang parkir lagi Winking


RE: Nyetir Mobil Matic - Ben Onez - 15-10-2009 21:47

BUDI Menulis:
Sekedar sharing aza ......

Saat berhenti di lampu merah dgn posisi D & rem bekerja TIDAK akan mengakibatkan transmisi A/T overload !!! Krn sistem turbine AT-nya sudah diperlengkapi dgn by-pass valve sirkulasi olinya. Bahkan apabila sering memindahkan transmisi A/T dari posisi N ke D (N-D Squat) akan dapat mengakibatkan kopling A/T lebih cepat aus.

Yang bisa mengakibatkan transmisi A/T overload yaitu ketika transmisi A/T dioperasikan di posisi 2 ato L yg tidak ada sistem locked-up nya dalam kurun waktu lama (> 10 menit misalnya). Sistem locked-up pada Avz A/T hanya tersedia di posisi 3 & OD saja shg walaupun dipake ditanjakan ato turunan tajam sekalipun TIDAK dianjurkan beroperasi di posisi 2 ato L dalam waktu yg lama krn dapat mengakibatkan transmisi A/T overload !!! Biasanya utk tanjakan yg panjang hanya dianjurkan OD dimatikan (lampu OD nyala/posisi gigi 3).

Yg paling penting yaitu : JANGAN PERNAH MEMINDAHKAN/MENDORONG MOBIL A/T DALAM KONDISI MESIN MATI (MESIN MOGOK), PASTI TRANSMISI A/T-NYA RUSAK BAHKAN BISA JEBOL. Klo pake mobil A/T usahakan jgn parkir paralel yg sering didorong-dorong ama tukang parkir Tuh ato klo terpaksa parkir paralel maka posisikan di P + rem tangan sekalian agar tidak didorong-dorong ama tukang parkir lagi Winking


bro , kalo mogok d tengah jalan gmn ?Wallbash


RE: Nyetir Mobil Matic - thomas_ng - 15-10-2009 21:56

A/T ada 2 system:
ada yang CTV (honda jaman dulu yg gagal) dan yang biasa...

kalo CTV jangan sekali-kali disentak... bisa berabe entar tuh....

kalo mogok itu harus di konsletin accu nya... biar jadi netral... (katanya loh)...

yang penting perawatan rem dan oil transmisinya kalo A/t mah harus ok tuh...


RE: Nyetir Mobil Matic - b483 3CA - 15-10-2009 22:57

foto sapa nih 095...bagus ych itunya Whistling


RE: Nyetir Mobil Matic - thomas_ng - 15-10-2009 23:54

b483 3CA Menulis:
foto sapa nih 095...bagus ych itunya Whistling


pacar gua LUNA MAYA


RE: Nyetir Mobil Matic - Jenz - 16-10-2009 00:20

wkwkkwkkw. OOT'ers....

LUNAMAYA LuvorlustLuvorlust

TS :NICE INPO

BUDI: NICE INPO


RE: Nyetir Mobil Matic - fhortuna - 16-10-2009 02:44

thomas_ng Menulis:
A/T ada 2 system:
ada yang CTV (honda jaman dulu yg gagal) dan yang biasa...

kalo CTV jangan sekali-kali disentak... bisa berabe entar tuh....

kalo mogok itu harus di konsletin accu nya... biar jadi netral... (katanya loh)...

yang penting perawatan rem dan oil transmisinya kalo A/t mah harus ok tuh...


CTV kaga salah oom, CVT kale .....


thomas_ng Menulis:

b483 3CA Menulis:
foto sapa nih 095...bagus ych itunya Whistling


pacar gua LUNA MAYA


Halah .... Dia udah mo kawin sma si NASRIEL (peterpan)


RE: Nyetir Mobil Matic - thomas_ng - 16-10-2009 06:25

fhortuna Menulis:

thomas_ng Menulis:
A/T ada 2 system:
ada yang CTV (honda jaman dulu yg gagal) dan yang biasa...

kalo CTV jangan sekali-kali disentak... bisa berabe entar tuh....

kalo mogok itu harus di konsletin accu nya... biar jadi netral... (katanya loh)...

yang penting perawatan rem dan oil transmisinya kalo A/t mah harus ok tuh...


CTV kaga salah oom, CVT kale .....

yoi ... sala tulis broo....


thomas_ng Menulis:

b483 3CA Menulis:
foto sapa nih 095...bagus ych itunya Whistling


pacar gua LUNA MAYA


Halah .... Dia udah mo kawin sma si NASRIEL (peterpan)


hasil pemotretan buat majalah itu....


RE: Nyetir Mobil Matic - qupay - 17-10-2009 01:37

Perhatian...... XEnia ngeluarinMatik Downgrade 1300 cc