Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Perawatan Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=17)
+--- Topik: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? (/showthread.php?tid=15058)


Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - thomas_ng - 14-09-2009 20:44

hai kawan-kawan...

banyak hal sepele ini kita tidak terlalu perhatikan.

misal minyak rem itu perlu diganti kalo sudah ada perubahan warnanya.
biasakan pake yg warna bening karena gampang dipantau kalo ada perubahan warna. dan jangan pake merek preston...karena dapat menyebabkan endapan pasir yg akan merusak karet.
kalo enggak diperhatikan, minyak rem akan dapat merusak boster karena minyak remnya masuk ke dalem boster.

air radiator perlu dikuras dan diganti, karena coolen itu ada waktunya.
kalo enggak diganti akan terjadi juga endapan yg akan lebih sulit untuk di perbaiki.

waktunya, minyak rem : 20.000 km atau sama dengan penggantian oil gardan dan perseneling.

radiator ini masih semu nih.... gua juga kurang begitu ngerti kapan penggantiannya... gua sih setiap 20.000
tapi dari teman-teman ada yg tau pastinya endak ?

thanks


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - BM Yudha - 14-09-2009 20:53

Kalo nguras air radiator bagaimana caranya bro? Trus cairannya pake apa yg bagus?

Thank's Gozkirpma


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - thomas_ng - 14-09-2009 21:27

ada 2 tempat harus di buka.
yg satu dibawah radiato.
satu lagi di dekat kabel gas, daerah mesin.

cara pengisiannya juga rada rumit bro...
haruas di praktekin...

ada yg pernah pake cairan penguras radiator ?


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - BM Yudha - 14-09-2009 22:59

Kalo gitu mendingan ke bengekl aja x ya, biar aman.
Btw thanks atas infonya


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - dani3 - 14-09-2009 23:08

kebengkel pun belum tentu aman bro untuk pengurasan di bagian radiator,
pernah dulu waktu service di 5k km, sama mekaniknya mo ditambahin air
pas tau air yang mau ditambahin itu adalah air keran langsung saya larang.Marah

Dulu juga punya prinsip bahwa air radiator harus dikuras setiap sekian ribu km gitu,
tapi melihat mobil kawan saya sejak dari baru dah sudah 5 th pemakaian tanpa
menguras air radiator tetap baik baik saja tuh. bahkan cairan radiator yang
berwarna merah bawaan pabrik masih tetap utuh di reservoirnya.
Kawan saya cuma menambahkan air destilasi saja.

Karena itu saya berpikir selama kita tidak mengisi reservoir dgn air sembarangan
maka sebenarnya baik baik saja, ini sih pendapat saya. CMIIW


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - Satrio Adi - 15-09-2009 16:16

thomas_ng Menulis:
hai kawan-kawan...

banyak hal sepele ini kita tidak terlalu perhatikan.

misal minyak rem itu perlu diganti kalo sudah ada perubahan warnanya.
biasakan pake yg warna bening karena gampang dipantau kalo ada perubahan warna. dan jangan pake merek preston...karena dapat menyebabkan endapan pasir yg akan merusak karet.
kalo enggak diperhatikan, minyak rem akan dapat merusak boster karena minyak remnya masuk ke dalem boster.

waktunya, minyak rem : 20.000 km atau sama dengan penggantian oil gardan dan perseneling.

thanks


Minyak rem harus diganti 1-2 th sekali. Karena minyak rem itu sangat menyerap air (higroskopis) sehingga akan menurunkan suhu titik didih minyak rem tersebut dan akan berpengaruh pd kemampuan pengereman. Utk lebih jelasnya silakan lihat di:
http://www.opieoils.co.uk/pdfs/MOTUL/DOT-5.1-BrakeFluid8070%28GB%29.pdf dan http://www.motul-asiapacific.com/indonesia/fact_sheets/brake_fluid.html


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - Gado2Enak - 15-09-2009 22:47

dani3 Menulis:
Karena itu saya berpikir selama kita tidak mengisi reservoir dgn air sembarangan
maka sebenarnya baik baik saja, ini sih pendapat saya. CMIIW


Kalau ganti setiap 30rb gimana ?


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - ichan - 15-09-2009 22:54

Klo gw seh liat air radiator dah berubah warnanya,misal dah rada butek..nah itu saatnya ganti,yg jelas isinya slama ini make coolant resmi toyota,biasanya tuh satu jerigen masih ada sisa jadi bisa buat cadangan
Klo minyak rem...biasanya klo servis besar pas kita ganti kanpas rem,otomatis minyak rem pun akan terkuras krn pada saat penyetelan angin butuh minyak rem -/+ 1 1/2 btl..


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - Gado2Enak - 15-09-2009 22:56

ichan Menulis:
Klo gw seh liat air radiator dah berubah warnanya,misal dah rada butek..nah itu saatnya ganti,yg jelas isinya slama ini make coolant resmi toyota,biasanya tuh satu jerigen masih ada sisa jadi bisa buat


Kalau aku pakai Prestone . . .
Kalau tampungan dah berubah warna jadi kecoklatan, diganti deh . . . pembersihnya juga pakai Prestone.


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - ichan - 15-09-2009 23:07

yup...lebih baik kayak gt om..jd ga perlu acuan berapa KM kita pake mbl ganti...liata aja klo dah butek pasti dah kotor n musti di ganti


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - Danny Massie - 15-09-2009 23:14

gue sich tiap 15 rbu km, soale minyak rem gak terlalu mahal palingan 25 rbuan , dan radiator coolant juga 45 rbu segalon dah gak usah tambah apa apa


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - Gado2Enak - 16-09-2009 09:56

ichan Menulis:
yup...lebih baik kayak gt om..jd ga perlu acuan berapa KM kita pake mbl ganti...liata aja klo dah butek pasti dah kotor n musti di ganti


nah sekarang mau di pakai mudik, banyak yang diganti termasuk air radiator . . . biar mesin segar kembali. (oli mesin, gardan, persneling). Oli rem kebetulan masih sebening embun.


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - Gado2Enak - 16-09-2009 09:59

Danny Massie Menulis:
gue sich tiap 15 rbu km, soale minyak rem gak terlalu mahal palingan 25 rbuan , dan radiator coolant juga 45 rbu segalon dah gak usah tambah apa apa


Kecepetan 15rb . . . Tuh


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - M1K3J0 - 23-09-2009 20:50

ane blm prnh gnt minyak rem sm coolant Big Grin usia 2taon 9bulan KM 28.300an..hehe..
pikiran nti aj skalian pas servis 30K
warna minyak rem pst ny dah berubah sih..klo coolant sempet 2x nambahin di tabung cadangan..


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - HX7 - 10-11-2009 09:46

minyak rem pake merk apa nih.yg bagus??...xenia gw dah 5 th belum pernah ganti minyak rem & kampas rem........

infonya dong

thx


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - tolojagoan - 10-11-2009 10:40

HX7 Menulis:
minyak rem pake merk apa nih.yg bagus??...xenia gw dah 5 th belum pernah ganti minyak rem & kampas rem........

infonya dong

thx


gak pernah dipake atau gimana neh .. 5 taon blom pernah ganti kampas rem ?Eek3


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - andis - 10-11-2009 11:11

tolojagoan Menulis:

HX7 Menulis:
minyak rem pake merk apa nih.yg bagus??...xenia gw dah 5 th belum pernah ganti minyak rem & kampas rem........

infonya dong

thx


gak pernah dipake atau gimana neh .. 5 taon blom pernah ganti kampas rem ?Eek3


KMnya sudah berapa Om..?


RE: Minyak rem dan air radiotor perlu diganti ? - HX7 - 10-11-2009 13:15

tolojagoan Menulis:

HX7 Menulis:
minyak rem pake merk apa nih.yg bagus??...xenia gw dah 5 th belum pernah ganti minyak rem & kampas rem........

infonya dong

thx


gak pernah dipake atau gimana neh .. 5 taon blom pernah ganti kampas rem ?Eek3


andis Menulis:

tolojagoan Menulis:

HX7 Menulis:
minyak rem pake merk apa nih.yg bagus??...xenia gw dah 5 th belum pernah ganti minyak rem & kampas rem........

infonya dong

thx


gak pernah dipake atau gimana neh .. 5 taon blom pernah ganti kampas rem ?Eek3


KMnya sudah berapa Om..?



awal beli baru 2004 sih cuma dipake weekend doang, soalenya ke kantor gw naik bis. baru th 2006 setelah gw nikah dipake tiap hari ke kantor. sekarang kilometer 68000.

nih gw baru dari bengkel nge cek rem. semua kampas remnya masih bagus kata montirnya, masih bisa setahun lagi. tadi cuma servis & clean doang sama kuras minyak rem trs sekarang pake shell dot 3, gile bening banget yak ternyata kalo baru. sebelumnya minyak rem gw ijo lumut gitu.

sekarang injek remnya empuk banget & pakem bener. sebelumnya injek rem keras and kurang pakem (pastinya lah ya...secara lima tahun gak pernah kuras minyak rem.......aje gile).