Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Mesin Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=5)
+--- Topik: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL (/showthread.php?tid=1446)


MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - PenyuTurbo - 07-12-2006 22:55

DIAGRAM SISTIM CATU BBM DAN EVAP




RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - BUDI - 08-12-2006 06:56

PenyuTurbo Menulis:
DIAGRAM SISTIM CATU BBM DAN EVAP


Pak Penyu Turbo,

Klu di A/X pipa fuel return-nya ada di dalam tangki bensin pak, shg hanya satu pipa fuel yg ke rack injectornya dgn debit pompa fuel 190 cc/10 detik & tekanan 354 kPA +/- 5 kPA. Konstruksinya sudah lebih baik (tekanan fuelnya di rack injecktor lebih stabil spt konstruksi common rail di mesin diesel Innova pak) dp yg masih pakai pipa fuel return setelah rack injectornya.


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - RJackner - 08-12-2006 07:35

PenyuTurbo Menulis:
DIAGRAM SISTIM CATU BBM DAN EVAP


Kalo sudah pake EVAP gini, berarti kemungkinan penguapan bensin lebih kecil ya, pak penyu ??


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - PenyuTurbo - 08-12-2006 08:11

RJackner Menulis:
Kalo sudah pake EVAP gini, berarti kemungkinan penguapan bensin lebih kecil ya, pak penyu ??


Dari gejala fisiknya Bensin ... penguapan nya sih sama bergantung kepada fluktuasi temperature ...

Tujuan Sistem EVAP ini adalah :

1. Untuk mengurangi emisi Bensin secara langsung ke atmosfer (lebih ramah lingkungan), ditampung terlebih dahulu ke Charcoal Canister.

2. Supaya gak mubazir menguap begitu saja ke atmosfer tapi dimanfaatkan dulu (dibakar terlebih dahulu) sebagai campuran udara kedalam mesin ...

Jadi yang ada EVAP nya ataupun yang gak ada EVAP ... pada kondisi dan situasi yang sama ... penguapan bensin tetap serupa. Bedanya ... yang gak ada EVAP uapnya MUBAZIR sedang yang pakai EVAP gak Mubazir.


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - RJackner - 08-12-2006 08:26

PenyuTurbo Menulis:
Jadi yang ada EVAP nya ataupun yang gak ada EVAP ... pada kondisi dan situasi yang sama ... penguapan bensin tetap serupa. Bedanya ... yang gak ada EVAP uapnya MUBAZIR sedang yang pakai EVAP gak Mubazir.


Wahh, penjelasannya asik bener... dimengerti pak!Gozkirpma


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - Den Bagus - 08-12-2006 08:42

RJackner Menulis:
Kalo sudah pake EVAP gini, berarti kemungkinan penguapan bensin lebih kecil ya, pak penyu ??


Shifu PT, kalo gak ada sistem penguapan (misalnya tersumbat) apa yang akan terjadi ? ...


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - RJackner - 08-12-2006 08:54

Den Bagus Menulis:
Shifu PT, kalo gak ada sistem penguapan (misalnya tersumbat) apa yang akan terjadi ? ...


kembung den bagus, masuk angin... kudu dikerokin.. he he canda oomm.. Big GrinBig Grin


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - Chandra - 08-12-2006 09:04

Den Bagus Menulis:

RJackner Menulis:
Kalo sudah pake EVAP gini, berarti kemungkinan penguapan bensin lebih kecil ya, pak penyu ??


Shifu PT, kalo gak ada sistem penguapan (misalnya tersumbat) apa yang akan terjadi ? ...


Positif point dari Tujuan Sistem EVAP ini adalah :

1. Untuk mengurangi emisi Bensin secara langsung ke atmosfer (lebih ramah lingkungan), ditampung terlebih dahulu ke Charcoal Canister.

2. Supaya gak mubazir menguap begitu saja ke atmosfer tapi dimanfaatkan dulu (dibakar terlebih dahulu) sebagai campuran udara kedalam mesin ...

NEgatifnya .. tinggal di minusin aja.. bensin berkurang krn penguapan.. bau bensin juga bro ..


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - Anton G - 08-12-2006 09:07

Den Bagus Menulis:

RJackner Menulis:
Kalo sudah pake EVAP gini, berarti kemungkinan penguapan bensin lebih kecil ya, pak penyu ??


Shifu PT, kalo gak ada sistem penguapan (misalnya tersumbat) apa yang akan terjadi ? ...


Di Lobang Pengisian minyak itu, ada 2 pipa. yang 1 adalah Pipa besar tempat SPBU biasanya memasukkan bensinnya, dan satu lagi pipa kecil dibawahnya.

Jika terjadi penyumbatan di EVAP, maka tekanan uap BBM didalam tangki akan berusaha keluar, dan berhubung eVAP tidak sudah tersumbat, maka uap tersebut akan keluar melalui lubang kecil yang ada di tutup tangki. Alhasil Garasi akan tercium Bau Bensin.

Benar ngak yah ?


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - PenyuTurbo - 09-12-2006 00:37

Anton G Menulis:

Den Bagus Menulis:

RJackner Menulis:
Kalo sudah pake EVAP gini, berarti kemungkinan penguapan bensin lebih kecil ya, pak penyu ??


Shifu PT, kalo gak ada sistem penguapan (misalnya tersumbat) apa yang akan terjadi ? ...


Di Lobang Pengisian minyak itu, ada 2 pipa. yang 1 adalah Pipa besar tempat SPBU biasanya memasukkan bensinnya, dan satu lagi pipa kecil dibawahnya.

Jika terjadi penyumbatan di EVAP, maka tekanan uap BBM didalam tangki akan berusaha keluar, dan berhubung eVAP tidak sudah tersumbat, maka uap tersebut akan keluar melalui lubang kecil yang ada di tutup tangki. Alhasil Garasi akan tercium Bau Bensin.

Benar ngak yah ?


Selalunya ada sistem safety untuk backup ... dan umumnya dipasang alat di tanki ... disebut dengan istilah PRESSURE RELIEF VALVE ... Valve ini akan buka sekiranya tekanan dalam tanki melebihi settingan dari Pressure Relief Valve dan akan keluar terus ke atmosfer.

Atau kalau Pressure Relief Valve ini gak ada tersendiri ... biasanya udah jadi satu dengan tutup bensinnya ... atau seperti apa yang Bung Anton uraikan diatas.


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - Bobby Sant - 09-12-2006 08:27

Menurut gua, ada atau tidak adanya EVAP, bensin tetap nguap dan merugikan kita.

Mungkin kalau pakai tangki yg vakum dan fleksibel, baru gak nguap ya?


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - Anton G - 21-12-2006 14:40

Bobby Sant Menulis:
Menurut gua, ada atau tidak adanya EVAP, bensin tetap nguap dan merugikan kita.

Mungkin kalau pakai tangki yg vakum dan fleksibel, baru gak nguap ya?


Kalau Tangkinya Vakum entar bukan hanya ngak nguap, tapi bensinnya juga ngak bisa keluar ke injection..!!!

Bensin itu menguap karena panas akibat tangki yang tertutup, maka supaya bensin ngak menguap, mungkin tangkinya harus dipasangin radiator + sensor. Jadi kalau panas didalam tangki sudah mencapai suhu penguapan, sensor akan mengirim informasi ke ECU untuk menghidupkan kipas radiator bensin, dan mengalirkan air ke dinding tangki bensin.

Tapi kalau ini dibuat itu artinya ECU harus hidup 24 hours, untuk mengecek tangki tersebut pada saat mobil lagi berhenti Smile alhasil Aki yang akan tekor Smile Haha


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - Den Bagus - 21-12-2006 15:59

Anton G Menulis:

Bobby Sant Menulis:
Menurut gua, ada atau tidak adanya EVAP, bensin tetap nguap dan merugikan kita.

Mungkin kalau pakai tangki yg vakum dan fleksibel, baru gak nguap ya?


Kalau Tangkinya Vakum entar bukan hanya ngak nguap, tapi bensinnya juga ngak bisa keluar ke injection..!!!

Bensin itu menguap karena panas akibat tangki yang tertutup, maka supaya bensin ngak menguap, mungkin tangkinya harus dipasangin radiator + sensor. Jadi kalau panas didalam tangki sudah mencapai suhu penguapan, sensor akan mengirim informasi ke ECU untuk menghidupkan kipas radiator bensin, dan mengalirkan air ke dinding tangki bensin.

Tapi kalau ini dibuat itu artinya ECU harus hidup 24 hours, untuk mengecek tangki tersebut pada saat mobil lagi berhenti Smile alhasil Aki yang akan tekor Smile Haha


Sebagai ilustrasi, coba perhatikan kepala kompor gas di rumah, pasti ada lubang kecil-nya (kalo di AX mungkin EVAP & Breather Box-nya kali ya), kalo saja lubang ini tersumbat minyak/debu pasti gas/api yang dihasilkan gak maksimal krn aliran gasnya jadi gak normal walaupun indikator psi-nya maksimum .

Menurut gua, kalo AX tanpa EVAP & Breather Box pasti aliran bensin jadi tersendat/gak lancar, bahkan jadi mampet ... cmiiw


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - dani3 - 29-12-2006 19:43

Tanpa hawa panaspun bensin tetap menguap deh!
coba deh sediakan 2 botol aqua, lalu :
botol pertaman tuang sedikit bensin kedalam botol aqua kira-kira 1/2 dari isi botol lalu tutup rapat dan simpan dalam ruangan sejuk juga dengan botol yang kedua tapi diisi full.
nah tunggu hingga 6 jam dan buka tutupnya pasti ada perbedaan saat membukanya, karena yang satu botol pasti ada bunyi hembusan yang lebih kuat dari tekanan uap bensin tapi yang satu lagi tidak. (Tanya kenapa?)
Para suhu ada yang tau?


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - Findi Firmansyah - 30-12-2006 10:57

Dengan diagnosa seperti ini maka langkah mana yang paling baik saat mengisi BBM si SPBU...

1.Apakah setiap kali mengisi harus posisi FULL TANK
2.Atau hanya secukup nya KM yg akan kita tempuh ( krn sdh tau penggunaan per KM brp ltr...)

mohon pencerahan nya para suhu

NB: adakah pengaruh nya ke mesin secara global dng type pengisian BBM diatas

Salam

Findi Firmansyah


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - PenyuTurbo - 30-12-2006 11:09

dani3 Menulis:
Tanpa hawa panaspun bensin tetap menguap deh!
coba deh sediakan 2 botol aqua, lalu :
botol pertaman tuang sedikit bensin kedalam botol aqua kira-kira 1/2 dari isi botol lalu tutup rapat dan simpan dalam ruangan sejuk juga dengan botol yang kedua tapi diisi full.
nah tunggu hingga 6 jam dan buka tutupnya pasti ada perbedaan saat membukanya, karena yang satu botol pasti ada bunyi hembusan yang lebih kuat dari tekanan uap bensin tapi yang satu lagi tidak. (Tanya kenapa?)
Para suhu ada yang tau?


Tekanan uap/gas campuran adalah sama dengan jumlah tekanan partial masing-masing komponen yang membentuk campuran uap/gas. dan bergantung kepada jumlah mole gas/uap ... sesuai dengan hukum fisik gas ideal (sebagai pendekatan) PV = nRT.

1. Pada botol pertama yang diisi hanya setengah, maka ruangan botol yang kosong (1/2 bagian) akan memberikan ruang kepada bensin untuk menguap dan untuk mencapai kesetimbangan (uap jenuh) pada temperature bersangkutan (walau didinginkan) dan jumlah bensin yang menguap akan menentukan jumlah mole uap bensin ... semakin besar ruangan kosong dalam botol maka semakin besarlah bensin yang akan menguap. Demikian juga tekanan sistem campuran udara dan uap bensin akan sama dengan tekanan udara (1 atm = 14.7 psi) ditambah dengan tekanan uap bensin (katakan 7 psi) ... yang sama dengan 21.7 psi.

2. Pada botol kedua yang diisi penuh dengan bensin, maka ruangan kosong botolnya hampir dikatakan sama dengan NOL atau kecil sekali ... ini berarti jumlah bensin yang akan menguap adalah kecil sekali jumlahnya ... dengan demikian tekanan gas campuran dalam botol yang diisi penuh hampir dikatakan sama dengan tekanan luar botol (tekanan atmosfer).

Pada saat dibuka :
1. Untuk botol pertama, karena tekanan dalam botol lebih besar dari tekanan luar botol dan gas bensinnya cukup banyak ... maka perbedaan tekanan akan akan memberikan semburan/hembusan yang cukup besar.

2. Pada botol kedua, perbedaan tekanan dalam botol dan tekanan luar botol gak beda jauh, disamping uap bensinnya sedikit ... maka tidak akan memberikan semburan/hembusan yang kuat.

Untuk itu, dalam tanki bensin, semakin berkurang bensinnya dalam bentuk cair ... maka volume ruang kosongnya dalam tangki bertambah yang akan memberikan peluang bensin untuk menguap. Semakin besar ruang kosong dalam tangki maka semakin besar jumlah bensin yang menguap. Yang menguap ini terlepas dari perhitungan konsumsi BBM ... karena yang kita hitung adalah km per liter bensin cair.

Untuk lebih irit BBM ... maka perlu dijaga ruang kosong tangki bensin seminim mungkin ... dalam arti kata bisa dipraktekkan ... ketika penunjuk isi tangki bensin (pada dashboard) menunjukkan angka/tanda setengah ... langsung aja dipenuhin lagi.


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - Soenfri - 30-12-2006 13:03

Yep setuju, kalo isi bensin harus pull tank dan katanya supaya tidak ada kondensasi didalam tangki, jika isi tidak pull tank akan menimbulkan karat didalam tangki bagian atas. Jika karat tersebut masuk ke dalam bensin maka dapat menyumbat saringan bensin. Bener apa gak belum pasti095, mungkin suhu2 dapat menjelaskan ? Thanks.


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - Chandra - 30-12-2006 19:34

PPT,

sistem turun nya bensin di tangki itu yg paling bawah duluan kan Pak ya ? 095
jadi tidak mungkin terjadi endapan dong ya, kalo kita lakukan isi penuh terus setiap jarum bensin sudah berada di tengah ?
mohon pencerahannya Pak..


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - dani3 - 31-12-2006 18:37

Trims berat atas penjabarannya pak Dosen PenyuTurbo!
Jujur aja dulu gw gak demen ama yang Judulnya: MEKANIK, FISIKA apalagi KIMIA! tapi sekarang begitu masuk fakultas AvanzaXenia.net ketemu ama dosen PenyuTurbo kok malah jadi kesem-sem ama beginian yah!
Sayang waktu sekolah gak ketemu ama dosen seperti PenyuTurbo, ketemunya ama yang kiler-kiler bikin pening kepala.


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - Bobby Sant - 31-12-2006 21:50

dani3 Menulis:
Trims berat atas penjabarannya pak Dosen PenyuTurbo!
Jujur aja dulu gw gak demen ama yang Judulnya: MEKANIK, FISIKA apalagi KIMIA! tapi sekarang begitu masuk fakultas AvanzaXenia.net ketemu ama dosen PenyuTurbo kok malah jadi kesem-sem ama beginian yah!
Sayang waktu sekolah gak ketemu ama dosen seperti PenyuTurbo, ketemunya ama yang kiler-kiler bikin pening kepala.


Itu menjelaskan jeleknya kurikulum kita. Yg harusnya dipelajari adalah prakteknya bukan teorinya. Kalau teorinya aja yg dipelajari bikin kita gampang bosan makanya gak konsentrasi dan akhirnya dapet nilai jeblok Haha


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - Chandra - 01-01-2007 15:05

Bobby Sant Menulis:

dani3 Menulis:
Trims berat atas penjabarannya pak Dosen PenyuTurbo!
Jujur aja dulu gw gak demen ama yang Judulnya: MEKANIK, FISIKA apalagi KIMIA! tapi sekarang begitu masuk fakultas AvanzaXenia.net ketemu ama dosen PenyuTurbo kok malah jadi kesem-sem ama beginian yah!
Sayang waktu sekolah gak ketemu ama dosen seperti PenyuTurbo, ketemunya ama yang kiler-kiler bikin pening kepala.


Itu menjelaskan jeleknya kurikulum kita. Yg harusnya dipelajari adalah prakteknya bukan teorinya. Kalau teorinya aja yg dipelajari bikin kita gampang bosan makanya gak konsentrasi dan akhirnya dapet nilai jeblok Haha


kebalikan kalo dosennya cantik ....Luvorlust


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - Bobby Sant - 01-01-2007 18:45

Chandra Menulis:
kebalikan kalo dosennya cantik ....Luvorlust


Mata kuliahnya apa kalau dosennya cantik???


RE: MENGENALI DIAGRAM SISTIM MESIN MOBIL - PenyuTurbo - 01-01-2007 21:07

Chandra Menulis:
PPT,

sistem turun nya bensin di tangki itu yg paling bawah duluan kan Pak ya ? 095
jadi tidak mungkin terjadi endapan dong ya, kalo kita lakukan isi penuh terus setiap jarum bensin sudah berada di tengah ?
mohon pencerahannya Pak..


Sistem turun nya bensin atawa sistem pompanya 095
Strainer (filter) pompa di didasar tangki dan tentu saja bensin bagian dasar tengki yang keisep duluan.

Sekiranya tankgi bensin sering dibiarin kosong atau isi setengahnya aja ... maka bagian atas tangki (bagian dalam) akan ada beberapa proses fisik (pada tempat yang kosong akan ada campuran gas/uap ... udara yang terdiri atas N2 dan O2 kemudian ada uap airnya juga - kelembaban udara) :

1. Dengan siklus panas dinginnya suhu pada tangki, maka pada saat mendingin uap air yang terjebak dalam tangki akan mengkondensasi menjadi air ... air ini akan turun ke bagian bawah tangki dan akan menetap dilapiswan bawah tangki (jika didiamkan) ... dan pada saat jalan air ini akan bercampur dengan BBM dan sekiranya kandungan airnya cukup banyak maka mesin akan sendat dan gak ada tenaga.

2. Adanya uap air dan oksigen dalam ruang kosong tangki ... jika tangki terbuat dari logam ... lama kelamaan O2, uap H2O akan bereaksi dengan logam lapisan dalam tangki ... membentuk karat. Pada saat bensin diisi penuh dan jalan bergoncang ... Karat ini bisa rontok dan mengendap dibagian bawah tangki ... Jika ukuran kotoran karat ini lebih kecil dari ukuran saringan (strainer) yang ada di dasar tangki ... akan masuk juga ke pompa dan akan mengotori sistem supply BBM ... dalam kasus yang paling buruk ... kotoran ini akan menyumbat injektor.