Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Rumpi Lah Yao! (/forumdisplay.php?fid=26)
+--- Forum: Kesehatan (/forumdisplay.php?fid=122)
+--- Topik: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." (/showthread.php?tid=12608)


Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - chris.ho - 03-03-2009 14:53

Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.."

Jika suatu hari Anda mendapati lutut Anda menekuk dan sedikit melintir disertai bunyi "kretek, kretek..", waspadalah. Mungkin lutut Anda mengalami cedera karena sendinya rusak.

Dr Franky Hartono, SpOT dari Siloam Hospitals mengatakan, kerja sendi lutut yang normal sama seperti gerakan engsel yang mulus tanpa suara. "Berbeda dengan sendi yang rusak, hampir sama dengan engsel rusak atau karatan sehingga berbunyi," ujar dr Franky dalam seminar bertajuk "Pinggang Kecetit dan Dengkul Kopong" di Jakarta, Sabtu (28/2).

Gangguan ini lebih sering dialami oleh perempuan daripada laki-laki dengan perbandingan 4:1.

Menurut dr Franky, kerusakan sendi ini disebut pula dengan dengkul kopong (Osteoarthritis). Osteoarthritis berbeda dengan Osteoporosis yang merupakan bentuk pengeroposan tulang. Biasanya identik dengan penyakit rhematik, pengapuran serta nyeri dan kaku. Akibatnya, timbul rasa tidak kuat untuk berjalan, cepat lelah, tidak bisa jongkok serta gampang jatuh.

"Tapi sebab utamanya biasanya karena cedera, seperti keseleo, akibat kerja terlalu berat, terjatuh atau melakukan olahraga yang berat," tutur dr Franky.

Tingkat kerusakan pun akan memengaruhi solusi pemulihannya. Dr Franky mengatakan, berbagai solusi mulai dari memperbaiki posisi tubuh dan pola makan pribadi hingga operasi dapat ditempuh karena umumnya cedera ringan lutut hanya membutuhkan istirahat dan penguatan otot dan sendi. "Tapi jangan sudah parah baru ke dokter. Sudah datang ke shinse, dukun urut, enggak berhasil, baru datang," tandas dr Franky.

http://kesehatan.kompas.com/read/xml/2009/02/28/14512382/waspada.jika.lutut.berbunyi.kretek.kretek..


RE: Osteoarthritis, Apa Itu? - chris.ho - 03-03-2009 14:54

Osteoarthritis, Apa Itu?

Kita sering mendengar istilah Osteoporosis, yaitu proses pengeroposan tulang. Lantas, ada pula istilah Osteoarthritis. Apa itu?

Osteoarthritis atau dengkul kopong adalah infeksi sendi dan tulang akibat proses pengapuran tulang. Biasanya, gangguan yang berkenaan pula dengan penyakit tulang rhematik ini hanya terjadi di lutut. Berbeda dengan Osteoporosis yang merupakan pengeroposan hampir di seluruh sendi tubuh.

Gejala yang timbul biasanya berupa kesulitan untuk berjalan, cepat lelah, kesulitan untuk jongkok, dan gampang jatuh. Timbul juga nyeri yang menyebabkan keterbatasan gerak, ketergantungan kepada obat dan orang lain, bahkan depresi.

Keluhan ini biasanya disebabkan cedera akibat keseleo, bekerja terlalu berat, terjatuh atau melakukan olahraga berat. Dr Franky Hartono, Sp.OT mengatakan dalam pengertian Osteoarthritis, kerja sendi lutut yang normal mengalami gangguan akibat tertekuk atau terpelintir. Sendi yang tidak normal berbunyi seperti engsel yang rusak, "kretek, kretek..."

"Kelihatan juga dalam penampilan secara fisik seperti jalannya pincang atau bentuk dengkul O atau X," ujar dr Franky dalam diskusi bertajuk "Pinggang Kecetit dan Dengkul Kopong" di Jakarta, Sabtu (28/2).

Biasanya, keluhan ini lebih banyak melanda perempuan, terutama pada masa menopause di mana tulang-tulang mulai rapuh. Osteoarthritis dapat disembuhkan dengan berbagai cara tergantung pada tingkat kerusakannya. Pada tingkat yang ringan, penderita cukup mengatasinya dengan banyak istirahat dan mengubah pola makan serta posisi tubuh saat beraktivitas.

Pada tingkat menengah dan berat, dokter dapat melakukan beberapa tindakan mulai dari memberikan obat rematik atau anti inflamasi, suntik dengkul hingga tindakan operasi.

Dr Franky mengharapkan penderita langsung mendatangi dokter tulang jika mengalami gejala tersebut. Pasalnya, banyak pasiennya datang dalam kondisi kerusakan tulang rawan yang berat pada sendi.

"Ingat, tulang rawan bukan seperti tulang atau kulit yang bisa menyambung dan melekat kembali jika patah atau robek. Tulang rawan tidak bisa," tandas dr Franky.

http://kesehatan.kompas.com/read/xml/2009/02/28/15281644/osteoarthritis.apa.itu..


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - blackxexi - 03-03-2009 15:26

Kl bunyinya Kriet-Kriet dan munculnya saat kita bangun dari jongkok gmn?


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - ANDRE@s - 03-03-2009 22:17

blackxexi Menulis:
Kl bunyinya Kriet-Kriet dan munculnya saat kita bangun dari jongkok gmn?


itu tandanya perlu disemprot pake WD40 Haha


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - ichan - 03-03-2009 22:23

ANDRE@s Menulis:

blackxexi Menulis:
Kl bunyinya Kriet-Kriet dan munculnya saat kita bangun dari jongkok gmn?


itu tandanya perlu disemprot pake WD40 Haha


HahaHahaHaha


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - fanno - 03-03-2009 22:33

wah sama bgt nih, ane abis maen futsal,, udah 2 minggu yang lalu sih..

pas lagi lari tiba2 lutut ky geser,, ky engselnya lepas....

ky kseleo gt sendinya..

smpe skarang masih blm bisa lurus dan dibengkokin kakinya,, masih terbatas bgt.. udah d bawa k haji naim..

dan smpe skarang masih terapi..


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - ikmar2008 - 04-03-2009 07:00

fanno Menulis:
wah sama bgt nih, ane abis maen futsal,, udah 2 minggu yang lalu sih..

pas lagi lari tiba2 lutut ky geser,, ky engselnya lepas....

ky kseleo gt sendinya..

smpe skarang masih blm bisa lurus dan dibengkokin kakinya,, masih terbatas bgt.. udah d bawa k haji naim..

dan smpe skarang masih terapi..


ke dokter d rs mh thamrin salemba aja. cari dokter hari atau heri bgn orthopedik.resepsionisnya juga udh tahu. dkternya top bgt and baik jg.nyokap dn tante gue g bs jalan, dibawa ke dia, suntik,mnum obat lgsg smbuh. 3 bln lalu nyokap jatuh keseleo tangan, udh pijat sana sini g ada hasil, dibawa ke dia sekali lgsg smbuh. praktek juga d rscm tp d rs mh thamrin lbh murah biaya konsultasi dan obatnya.banyak anak muda jg yg dateng ksini.


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - fanno - 04-03-2009 19:52

ikmar2008 Menulis:

fanno Menulis:
wah sama bgt nih, ane abis maen futsal,, udah 2 minggu yang lalu sih..

pas lagi lari tiba2 lutut ky geser,, ky engselnya lepas....

ky kseleo gt sendinya..

smpe skarang masih blm bisa lurus dan dibengkokin kakinya,, masih terbatas bgt.. udah d bawa k haji naim..

dan smpe skarang masih terapi..


ke dokter d rs mh thamrin salemba aja. cari dokter hari atau heri bgn orthopedik.resepsionisnya juga udh tahu. dkternya top bgt and baik jg.nyokap dn tante gue g bs jalan, dibawa ke dia, suntik,mnum obat lgsg smbuh. 3 bln lalu nyokap jatuh keseleo tangan, udh pijat sana sini g ada hasil, dibawa ke dia sekali lgsg smbuh. praktek juga d rscm tp d rs mh thamrin lbh murah biaya konsultasi dan obatnya.banyak anak muda jg yg dateng ksini.


wah mau coba deh ksana..

kira2 biayanya brp tuh ? ada gambarannya ?

udah gak betah bgt nih pincang2,,

d mohon infonya.. TopdehTopdeh


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - dani3 - 04-03-2009 20:33

ikmar2008 Menulis:
ke dokter d rs mh thamrin salemba aja. cari dokter hari atau heri bgn orthopedik.resepsionisnya juga udh tahu.


Praktek di RS Thamrin salemba jam berapa mbak?
ada no. tlpnya ndak?
Langsung dateng ato bisa via tlp dulu utk janjian ma dokternya?


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - ikmar2008 - 05-03-2009 08:39

praktek normalnya sih jam 5 ke atas tp kmrn nyokap baru kesana bawa tante gue,dia praktek jam 2 krn lg ada urusan. no telp yg gue dapet dr google sih 021-3904422, 3153492, klo g nyambung bisa d tnya 108 om; byasanya telepon dlu utk cek kapan dia praktek sekalian daftar. biaya pendaftaran jg g mahal koq. konsultasi 150 ribuan dan utk satu/dua suntikan sekitar 60 ribu. smntara waktu d rscm, konsultasi aja 200 ribuan, trs rscm kan lorongnya agak2 spooky gtuw.

kalo dtng lgsg siap2 aja dpt giliran jam 9 malam. soalnya gue prnh dateng jam 5 trs masuk ke ruangan dia jam 9 dan itu msh byk juga yg ngantri d luar.

baru tahu juga kalo pnyakit maag bisa pengaruh ke pemasukan kalsium. soalnya 2 hr lalu lutut gue tb2 nyeri trs ilang dn tjd berkali2. sakit banget. pas kmrn nyokap ke sana, dia mintain resep, dikasih obat maag dan vitamin kalsium, katanya itu kurang kalsium.

pokoknya 'semoga' klo pake dkter ini g kecewa deh... bhkn waktu nyokap check ma dkter orthopedi di malasia, hasilnya sama ma dkter ini.

btw, gue ky spoke personnya ya? Haha


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - chris.ho - 07-03-2009 15:00

Good info nih, thanksTopdeh


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - fanno - 12-03-2009 00:35

setelah coba periksa k dokter specialis knee Dr Andre Pontoh..

lewat SCT scan,, ternyata urat bagian lutut ada yang putus,, dan harus d operasi.. di sambung sm otot bagian paha yang d tarik k bawah..

shock bgt dengernya harus smpe operasi,, katanya gak ada jalan lain lagi..

buat RR yang suka berolahraga,, jgn terlalu berat,, karena bahaya,, ane kapok nih maen bola..

Hikhik Hikhik


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - ikmar2008 - 12-03-2009 06:48

turut berduka ya bro...
jd keinget bbrp bln lalu ponakan gue main basket,jatuh, sampe dioperasi juga stlh ke ahli patah tulang g ada hasilnya.

teteup semangat!!!!


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - fanno - 12-03-2009 07:36

ikmar2008 Menulis:
turut berduka ya bro...
jd keinget bbrp bln lalu ponakan gue main basket,jatuh, sampe dioperasi juga stlh ke ahli patah tulang g ada hasilnya.

teteup semangat!!!!


wah thx bgt supportnya nih.. hehehe, TopdehTopdeh

iya nih tinggal nyiapin mental,, sm uang buat operasinya..

musibah gak abis2 yah ?TearyeyesTearyeyes


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - TukangListrik - 22-04-2010 13:14

hadohhhh...lutut ku kriet kriet niy,yg kiri (yg prnh geser) lbh parah dr kanan Tuh

ad yg tau obat bebas u/ pengapuran??
bkn pereda sakit ya,tp u/ mengurangi pengapuran na Yagak


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - Langitt - 22-04-2010 13:20

fanno Menulis:
wah sama bgt nih, ane abis maen futsal,, udah 2 minggu yang lalu sih..

pas lagi lari tiba2 lutut ky geser,, ky engselnya lepas....

ky kseleo gt sendinya..

smpe skarang masih blm bisa lurus dan dibengkokin kakinya,, masih terbatas bgt.. udah d bawa k haji naim..

dan smpe skarang masih terapi..


Nanti datang aja pas kopdar nasi kucing.. dengan bayaran seikhlasnya insya allah langsung terasa perbedaanya... Temen di AvanzaXenia.net juga ada yang pernah nyobain berobat kesini, dan gw juga alhamdulilah bisa sembuh total dengan pengobatan disana.. namanya Babe Haji hasan, rumahnya di deket tempat kopdar nasi kucing besok...besok juga ada temen kita yang mau kesana lagi, sekalian bareng aja Topdeh


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - aligobel - 22-04-2010 13:22

di semen aje om agung..Haha

dengkul gw 2"-a bunyi kretk, kya lg meletekin jari..Gaya
dulu y kiri dengkul-a geser gra" salah posisi turun waktu jd atlit basket di kampus..Luvorlust


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - Langitt - 22-04-2010 13:37

fanno Menulis:
setelah coba periksa k dokter specialis knee Dr Andre Pontoh..

lewat SCT scan,, ternyata urat bagian lutut ada yang putus,, dan harus d operasi.. di sambung sm otot bagian paha yang d tarik k bawah..

shock bgt dengernya harus smpe operasi,, katanya gak ada jalan lain lagi..

buat RR yang suka berolahraga,, jgn terlalu berat,, karena bahaya,, ane kapok nih maen bola..

Hikhik Hikhik


JANGAN DULU BRO!!!!!!!
Lo bawa aja hasil CT Scan lo kesini, dan lo coba dulu berobat kesini... Gw memohon dehhh... jangan keburu di Operasi Kalo bisa... Dimana2 ya semua dokter menyarankan Operasi karna bakal dapet duit gede dianya...... kapan ada waktu aja dah lo kesini bawa hasil Scan nya sekalian.. moga-moga bisa sembuh tanpa operasi... Beneran dehhh... soalnya gw ngerasain sendiri....


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - aligobel - 22-04-2010 13:51

Langitt Menulis:
JANGAN DULU BRO!!!!!!!
Lo bawa aja hasil CT Scan lo kesini, dan lo coba dulu berobat kesini... Gw memohon dehhh... jangan keburu di Operasi Kalo bisa... Dimana2 ya semua dokter menyarankan Operasi karna bakal dapet duit gede dianya...... kapan ada waktu aja dah lo kesini bawa hasil Scan nya sekalian.. moga-moga bisa sembuh tanpa operasi... Beneran dehhh... soalnya gw ngerasain sendiri....


tul nih...
tp qo jd kaya marketing-a nih om langit..Haha piss ah

dulu dengkul gw geser, cukup di urut di cimande allhamdulilah bisa main basket lagi..
emg dah tradisionil mantap..Topdeh


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - Langitt - 22-04-2010 13:54

Bukannn.. Karna yang urusan sama urat n otot emang sakitnya minta ampun... gw sendiri udah pernah ngalamin dan sangat tersiksa dengan itu.... HikhikHikhikHikhikHikhikHikhik

mangkanya gw kalo denger temen ada yang gini gini paling ga tega gw... Topdeh dan pengen berbagi tentang apa yang gw alamin....

dulu gw sama hasil CT Scan Vonisnya lebih parah dari elu.. tapi alhamdulilah sekarang udah bisa goyang lagi Haha


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - aligobel - 22-04-2010 13:57

goyang apan nih..095Whistling


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - Langitt - 22-04-2010 13:59

ahahahayyyy Haha jangan OOT ahhh... ini masalah serius....

buruan berobat ya bro... tapi inget, jangan di operasi dulu.... Topdeh


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - edwpkc - 22-04-2010 14:11

sama nih lutut ane bunyi2 krn keseleo abis maen volly ... ampe skrg ga bener2 kl lompat agak tinggi jd ngeri & sering kambuh... kt sebagian temen kudu di terapi n stop OR dulu... tp ane sring gatel kalo ga ke lapang cari2 keringat... so.... ????


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - Langitt - 22-04-2010 14:16

Gw dulu berhenti OR dulu sampai beberapa saat sampai akhirnya betul betul pulih total... tapi tetep lakukan peregangan peregangan setiap pagi, dengan peregangan yang benar itu juga udah cukup membuat kita berkeringat kok... Topdeh


RE: Waspada, Jika Lutut Berbunyi "Kretek, kretek.." - Coty X - 05-05-2010 18:12

biasa na..kebanyakan tu....Yagak