Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Lain-Lain (/forumdisplay.php?fid=22)
+--- Topik: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? (/showthread.php?tid=12096)


Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - webi1977 - 04-02-2009 08:11

gue punya masalah nih pagi tadi jam 6 pagi gue mau pake mobil ke kantor, waktu pas mau distart nggak taunya nggak bisa hidup dan aki gue kayaknya tekor, masalahnya gue baru benerin HU gue kemarin dan stelah bener HU standby melulu nggak bisa mati in dikunci kontak......

nah gue udah komplain ama yg punya toko dan sanggu benerin lagi cuma masalahnya aki gue tekor, setahu gue aki MF nggak bisa dicharge, ada kah solusi selain ganti baru (alternative terakhir), aki gue baru berumur 1th merk Rocket

kasih solusi dongggggggggg[/size]


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - Supriyanto Kartono - 04-02-2009 08:49

Bro...sorrry saya gak ngerti soal accu,sekedar berbagi info..

Ganti Aki kering (MF)...Hati hati!!
Diambil dr motorplus

Ngecas Aki Kering

Minggu lalu diingatkan soal salah kaprah pasang aki kering di motor
yang sebetulnya aplikasi aki basah. Berisiko jebol dan bisa buang
duit. Begitupun ketika ngecarge atau ngisi ulang aki kering yang
kekurangan setrum. Ada trik sendiri alias tidak boleh sembarang dan
kudu ati-ati!

Guna membuktikan itu kru bagian training roda dua PT Indomobil Niaga
International (INI) diajak melakukan uji coba. Menggunakan multitester
guna mengukur arus listrik yang keluar dari kiprok (regulator
rectifier).

Diambil sampel Suzuki Shogun 110 (aki basah) dan Shogun 125 (aki
kering). Langsung di bawah pengawasan Paulus Suwandi bos training roda
dua PT INI, pengukuran dilakukan. Dipatok gasingan mesin sama-sama
5.000 rpm.

Pada Shogun 110 (aki basah), dari kabel output positif pengisian
kiprok didapat arus listrik 2 ampere. "Beda dengan output yang keluar
dari Shogun 125, hanya 1 ampere," jelas Pendy Suryanda juga dari
bagian training.

Kesimpulannya, aki kering hanya butuh listrik 1 ampere untuk isi
ulang. Beda dengan aki basah harus 2 ampere agar terisi normal. Maka
dari itu tidak cocok pasang aki kering di motor yang asalnya aki
basah. Cairan elektrolit di aki kering mudah menguap jika arus yang
disuplai kelewat besar. Akipun gampang jebol.

Begitupun bila mau ngecas ulang aki kering yang kekurangan setrum.
Harus menggunakan charge khusus aki kering. Seperti charge buatan
pabrikan aki GS. Hanya bisa melayani satu aki alias tidak bisa dibikin
bercabang.

Selain itu peranti pengisi aki kering juga memiliki kontrol otomatis.
Bila tegangan listrik di aki kering sudah lewat dari 12 volt, secara
otomatis pengisian putus. Sehingga aki tidak panas dan enggak bakal
meledak.

Perlu diketahui aki MF sebaiknya dipakai maksimal 3
sampai 4 bulan setelah masa produksi. Sebab aki MF yang diam akan
kehilangan muatan listrik kurang lebih 1 persen setiap harinya. Jadi
kalau beli aki MF yang mungkin sudah kedaluarsa, aki itu mempunyai
umur pendek. Meskipun aki yang dipakai juga standar pabrik.

Maka dari itu, disarankan kembali saat beli aki MF. Lihat dulu tanggal
produksi yang tertera di bodi aki. Selain itu, jangan paksakan
penggantian aki MF jadi aki basah atau sebaliknya. Sebab beda sistem
pengisian.

Semoga bermanfaat buat Temen temen yg mau ganti aki MF...


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - beni_sts - 04-02-2009 09:04

Berarti di AX/ Xe
jangan pake aki kering dong, soalnya standarnya khan dapatnya aki basah ? 095


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - webi1977 - 04-02-2009 10:33

iya nih, cuma kejadian ini bikin saya syok juga, biasanya saya tinggal seminggu nggak masalah, ehhh kali ini jadi masalah.....

ini dikarenakan HU saya standby melulu sehingga otomatis amplifier 2 biji (1 monoblock 1000watt + 1 4 channel 400watt) juga standby

dimana nih om supri tempat ngechargenya?????


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - Supriyanto Kartono - 04-02-2009 10:39

Saya gak tahu masalah tempatnya...coba2 aja tanya ke tempat saat beli itu accu.Biasanya yg jual punya info dan jaringan tuk perbaikannya..


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - Ary Yuliantoni - 04-02-2009 10:43

emang bs yah dicharge ulang? bukannya gak bisa? cmiiw...

gue jg pernah ngalamin aki kering tekor di kia picanto, gara2nya gue ngediemin anak2 nonton dvd di boil tanpa nyalain mesin. bbrp kali begitu akinya tekor, dibantuin dorong sm tetangga, trus gue bawa ke SnD, beli aki kering baru...Tuh


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - Danny Massie - 04-02-2009 10:45

tadi seblon baca postingan bro supri, gue mau saranin bro webi ngecas aki keringnya, tapi setelah dibaca jadi berpikir ulang.
Kemaren waktu ngecas aki basah motor, tukang cas nya lagi ngecas banyak aki baik motor maupun boil , juga baik kering maupun basah, diparalel sistem nge cas nya. motor Rp. 5rb, mobil rp. 10rb.

buat bro webi, coba kontek shop n drive terdekat kalo ada, kan lagi ada promo aki kan, gue baca di otomotif tuch. aki lagi turun harga. juga klo nggak telpon auto 2000 ato daihatsu bisa gak delivery aki ke rumah, sekalian bandingin harganya mana yang lebih murah. klo gak salah yang di shop n drive itu harganya kurleb 400 rban, sorry gue lupa yang di sndrive itu dia di diskon ato ninggalin aki lama dapat special price. coba dicek aja bro.


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - Albert Lukman - 04-02-2009 10:49

fyi, aki kering sama aki MF itu beda loh................. anyway, semua aki pasti bisa dicharge lagi.. tapi masalahnya cuman 1, masalahnya itu akinya kosong ato rusak?

nah, secara elektrikal, aki itu sangat tidak disarankan sampe abis baru dicharge.. lebih panjang umurnya kalo dicharge ketika masih ada isinya (setidaknya 10% terisi). kejadian aki sampe abis baru dicharge, itu bisa jadi 2-3x abis dicharge lagi udah tinggal tunggu nyawanya deh..

saran gw, coba aja charge ke tukang aki biasa.. gak ada masalah aki MF dicharge lagi (dgn catatan emang gak rusak). tapi biasanya, yg kaya gini sih berujung dgn loe beli baru.. kalo pun bisa dicharge ulang jg, 2-3 starter lsg tewas tuh aki..


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - webi1977 - 04-02-2009 10:59

Danny Massie Menulis:
tadi seblon baca postingan bro supri, gue mau saranin bro webi ngecas aki keringnya, tapi setelah dibaca jadi berpikir ulang.
Kemaren waktu ngecas aki basah motor, tukang cas nya lagi ngecas banyak aki baik motor maupun boil , juga baik kering maupun basah, diparalel sistem nge cas nya. motor Rp. 5rb, mobil rp. 10rb.

buat bro webi, coba kontek shop n drive terdekat kalo ada, kan lagi ada promo aki kan, gue baca di otomotif tuch. aki lagi turun harga. juga klo nggak telpon auto 2000 ato daihatsu bisa gak delivery aki ke rumah, sekalian bandingin harganya mana yang lebih murah. klo gak salah yang di shop n drive itu harganya kurleb 400 rban, sorry gue lupa yang di sndrive itu dia di diskon ato ninggalin aki lama dapat special price. coba dicek aja bro.


yoi bro, gue udah baca di tabloid otomotif kemarin, cuma gue masih belum ada waktu nih, rumah gue dirawamangun kantor di BSD city, sekarang pake motor

shop n drive terdekat di belakang artha gading nih, trus tadi gue juga ngecek ada aki kering merk bosch seharga 500rb dan panasonic seharga 600rb

cuma itu alternatif terakhir aja kalo ada alternatif termurah dan hemat, lumayan bro hari gini....

ini gue lagi komplain dengan penyalur salah 1 merk HU 2din, gue cuma minta pertanggung jawabannya aja gimana bisa kayak gini

ya gue dirugikan secara materil dan non materil, orang gue jadi kehujanan dijalan dan telat masuk kantor

kalo ntar malam didorong trus dijalannin beberapa menit kira-kira ngisi nggak yaa????

tadi lampu aki dispido hidup, cuma nggak sanggup lagi stater dan HU sama lampu kabin masih nyala cuma sedikit redup


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - Danny Massie - 04-02-2009 11:05

ya elo bandingin aja bro, jaman lagi susah harus pinter pinternya kita ngatur bro..

klopun kita dorong dan bisa idup tapi jangan nunggu buat besok pagi, kan aki ada yang namanya " self discharge" CMIIW, klo udah idup mendingan buat pergi ke toko ato bengkel buat ganti aki bro.. klo nunggu besok kayaknya bakalan dorong lagi dech..


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - Supriyanto Kartono - 04-02-2009 11:13

Albert Lukman Menulis:
fyi, aki kering sama aki MF itu beda loh................. anyway, semua aki pasti bisa dicharge lagi.. tapi masalahnya cuman 1, masalahnya itu akinya kosong ato rusak?

nah, secara elektrikal, aki itu sangat tidak disarankan sampe abis baru dicharge.. lebih panjang umurnya kalo dicharge ketika masih ada isinya (setidaknya 10% terisi). kejadian aki sampe abis baru dicharge, itu bisa jadi 2-3x abis dicharge lagi udah tinggal tunggu nyawanya deh..

saran gw, coba aja charge ke tukang aki biasa.. gak ada masalah aki MF dicharge lagi (dgn catatan emang gak rusak). tapi biasanya, yg kaya gini sih berujung dgn loe beli baru.. kalo pun bisa dicharge ulang jg, 2-3 starter lsg tewas tuh aki..

Field Engineer neh...yg bicara.Masukkannya perlu diperhatikan..Yagak


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - webi1977 - 04-02-2009 11:19

gimana nih, solusi terakhir musti beli baru?????????????

any comment lagi donggggggggg


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - Ary Yuliantoni - 04-02-2009 11:27

Danny Massie Menulis:
ya elo bandingin aja bro, jaman lagi susah harus pinter pinternya kita ngatur bro..

klopun kita dorong dan bisa idup tapi jangan nunggu buat besok pagi, kan aki ada yang namanya " self discharge" CMIIW, klo udah idup mendingan buat pergi ke toko ato bengkel buat ganti aki bro.. klo nunggu besok kayaknya bakalan dorong lagi dech..


Gue setuju, drpd nyusahin, mendingan cepat2 ganti.
Setau gue yg macam begini klo diakal2in, ujung2nya tetap beli baru, sesuai petunjuk Om Albert...


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - BUDI - 04-02-2009 12:02

Besar arus charging aki (Cx) itu tgt dr material akinya sendiri, contohnya material lead acid (trmsk aki A/X & aki MF) maka charging-nya C10 artinya klu kap aki 32 AH musti dicharge dgn arus 3,2 Amp selama 10 jam. Beda ama material NiCad yg bisa dicharging dgn C5, jadi besaran arus charging tidak ditentukan oleh MF ato tidak ttp dari material akinya sendiri.
Cuman kadang-kadang klu ampe listrik dalam aki abis total maka perlu tegangan charging yg lebih tinggi (= tegangan equalizing) agar kapasitas aki dapat terisi 100% lagi.
Plg sederhana utk lihat aki lemah krn rusak ato kurang charging yaitu dgn mengamati berat jenis accuzuur-nya, klu berat jenisnya turun maka berarti kurang charging (aki belum rusak). Sebaliknya klu BJ accuzuur-nya udah oke tetapi aki tetap lemah berarti udah saatnya musti ganti baru. CMIIW
Biasanya di aki MF ada indikatornya spt "mata kucing" klu hijau berarti BJ accuzuur oke & klu putih berarti kurang stroom Winking


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - webi1977 - 04-02-2009 12:26

BUDI Menulis:
Besar arus charging aki (Cx) itu tgt dr material akinya sendiri, contohnya material lead acid (trmsk aki A/X & aki MF) maka charging-nya C10 artinya klu kap aki 32 AH musti dicharge dgn arus 3,2 Amp selama 10 jam. Beda ama material NiCad yg bisa dicharging dgn C5, jadi besaran arus charging tidak ditentukan oleh MF ato tidak ttp dari material akinya sendiri.
Cuman kadang-kadang klu ampe listrik dalam aki abis total maka perlu tegangan charging yg lebih tinggi (= tegangan equalizing) agar kapasitas aki dapat terisi 100% lagi.
Plg sederhana utk lihat aki lemah krn rusak ato kurang charging yaitu dgn mengamati berat jenis accuzuur-nya, klu berat jenisnya turun maka berarti kurang charging (aki belum rusak). Sebaliknya klu BJ accuzuur-nya udah oke tetapi aki tetap lemah berarti udah saatnya musti ganti baru. CMIIW
Biasanya di aki MF ada indikatornya spt "mata kucing" klu hijau berarti BJ accuzuur oke & klu putih berarti kurang stroom Winking


wahhh yg ngomong ahlih nihhh....mesti diperhatikan bener...

tadi pagi gue nggak sempet buka kap mobil, karena sdh jam 6.15 jadi musti buru-buru kekantor

jadi lihat dulu indicator nya dulu ya om, kalo warna putih berarti musti distroom dulu ampe 10 jam yaa........

ntar gue lihat om malem ntar,.................. tahan berapa lama ya om kalo aki sdh dicas dan sdh max 100% pengisian.......

trus kalo aki MF yg recomended apa nih?????????

karena gue udah kapok pake aki basah karena nih mobil sering ngendon dirumah dan paling seminggu sekali dipanasin


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - andis - 04-02-2009 15:52

>karena gue udah kapok pake aki basah karena nih mobil sering ngendon dirumah dan paling seminggu sekali dipanasin

Biasanya AKInya kecil ampernya, habis dipakai buat TV, music dll sementara masukan arus dari mobil tetap.

Pakai AKI apapun akan terjadi lagi seperti ini, mungkin pikirkan :
1. AKInya di tambah ampernya
2. Arus masukan dari mobil diperbesar.


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - webi1977 - 05-02-2009 08:02

andis Menulis:
>karena gue udah kapok pake aki basah karena nih mobil sering ngendon dirumah dan paling seminggu sekali dipanasin

Biasanya AKInya kecil ampernya, habis dipakai buat TV, music dll sementara masukan arus dari mobil tetap.

Pakai AKI apapun akan terjadi lagi seperti ini, mungkin pikirkan :
1. AKInya di tambah ampernya
2. Arus masukan dari mobil diperbesar.


makasih mas, cuma seharusnya mas baca dari awal dulu kenapa begini...............



gue semalem sdh ngelepas aki mobil dan dibawa ke tempat charge sesuai saran om budi......

paling jelek ganti aki nih, cuma aki merek apa yaa????


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - Supriyanto Kartono - 05-02-2009 22:12

webi1977 Menulis:

andis Menulis:
>karena gue udah kapok pake aki basah karena nih mobil sering ngendon dirumah dan paling seminggu sekali dipanasin

Biasanya AKInya kecil ampernya, habis dipakai buat TV, music dll sementara masukan arus dari mobil tetap.

Pakai AKI apapun akan terjadi lagi seperti ini, mungkin pikirkan :
1. AKInya di tambah ampernya
2. Arus masukan dari mobil diperbesar.


makasih mas, cuma seharusnya mas baca dari awal dulu kenapa begini...............
gue semalem sdh ngelepas aki mobil dan dibawa ke tempat charge sesuai saran om budi......
paling jelek ganti aki nih, cuma aki merek apa yaa????

Pake accu GS,jgn pake accu yg abal-abal...Haha

#Bro..sekalian aja ganti dgn yg NS60,seperti AVS-nya Bro Tg duren..biar makin mantapTopdeh


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - webi1977 - 06-02-2009 07:39

Supriyanto Kartono Menulis:

webi1977 Menulis:

andis Menulis:
>karena gue udah kapok pake aki basah karena nih mobil sering ngendon dirumah dan paling seminggu sekali dipanasin

Biasanya AKInya kecil ampernya, habis dipakai buat TV, music dll sementara masukan arus dari mobil tetap.

Pakai AKI apapun akan terjadi lagi seperti ini, mungkin pikirkan :
1. AKInya di tambah ampernya
2. Arus masukan dari mobil diperbesar.


makasih mas, cuma seharusnya mas baca dari awal dulu kenapa begini...............
gue semalem sdh ngelepas aki mobil dan dibawa ke tempat charge sesuai saran om budi......
paling jelek ganti aki nih, cuma aki merek apa yaa????

Pake accu GS,jgn pake accu yg abal-abal...Haha

#Bro..sekalian aja ganti dgn yg NS60,seperti AVS-nya Bro Tg duren..biar makin mantapTopdeh


yoi bos supri, cuma kemarin gue coba ngikuti saran om budi, trud dicharge 10 jam, diketerangan pada aki warna berubah jadi hijau, trus ane pasang lagi dan hidup dengan selamat, gue test matiin lagi dan gue hidupin lagi dan berhasil.........

ntar gue kasih report gimana kondisinya dalam beberapa hari kedepan.......

rencana gue mau ganti aki panasonic atau delcor, lihat kondisi nanti.........

mudah-mudahan nggak ada masalah dikemudian hari dan jadi pelajaran bagi teman-teman semua


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - Albert Lukman - 06-02-2009 22:24

webi1977 Menulis:

Supriyanto Kartono Menulis:

webi1977 Menulis:

andis Menulis:
>karena gue udah kapok pake aki basah karena nih mobil sering ngendon dirumah dan paling seminggu sekali dipanasin

Biasanya AKInya kecil ampernya, habis dipakai buat TV, music dll sementara masukan arus dari mobil tetap.

Pakai AKI apapun akan terjadi lagi seperti ini, mungkin pikirkan :
1. AKInya di tambah ampernya
2. Arus masukan dari mobil diperbesar.


makasih mas, cuma seharusnya mas baca dari awal dulu kenapa begini...............
gue semalem sdh ngelepas aki mobil dan dibawa ke tempat charge sesuai saran om budi......
paling jelek ganti aki nih, cuma aki merek apa yaa????

Pake accu GS,jgn pake accu yg abal-abal...Haha

#Bro..sekalian aja ganti dgn yg NS60,seperti AVS-nya Bro Tg duren..biar makin mantapTopdeh


yoi bos supri, cuma kemarin gue coba ngikuti saran om budi, trud dicharge 10 jam, diketerangan pada aki warna berubah jadi hijau, trus ane pasang lagi dan hidup dengan selamat, gue test matiin lagi dan gue hidupin lagi dan berhasil.........

ntar gue kasih report gimana kondisinya dalam beberapa hari kedepan.......

rencana gue mau ganti aki panasonic atau delcor, lihat kondisi nanti.........

mudah-mudahan nggak ada masalah dikemudian hari dan jadi pelajaran bagi teman-teman semua


sekedar saran tambahan, kalo beli aki GS pastiin itu yg astra otopart.. banyak yg palsu om..


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - Albert Lukman - 06-02-2009 22:26

Supriyanto Kartono Menulis:

Albert Lukman Menulis:
fyi, aki kering sama aki MF itu beda loh................. anyway, semua aki pasti bisa dicharge lagi.. tapi masalahnya cuman 1, masalahnya itu akinya kosong ato rusak?

nah, secara elektrikal, aki itu sangat tidak disarankan sampe abis baru dicharge.. lebih panjang umurnya kalo dicharge ketika masih ada isinya (setidaknya 10% terisi). kejadian aki sampe abis baru dicharge, itu bisa jadi 2-3x abis dicharge lagi udah tinggal tunggu nyawanya deh..

saran gw, coba aja charge ke tukang aki biasa.. gak ada masalah aki MF dicharge lagi (dgn catatan emang gak rusak). tapi biasanya, yg kaya gini sih berujung dgn loe beli baru.. kalo pun bisa dicharge ulang jg, 2-3 starter lsg tewas tuh aki..

Field Engineer neh...yg bicara.Masukkannya perlu diperhatikan..Yagak


huehehe.. pas lagi megang project baterai neh... jadi sekalian belajar2 juga..
Yagak


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - webi1977 - 08-02-2009 20:55

Gue mau report setelah pake 3 hari, (insyaallah selamanya sampe koit) gue ikuti saran om budi, sampe lebih 20 X stater aman-aman aja dan semua audio vidio sdh kembali normal dan HU gue diganti baru + dikasih bluetooth A2DP secara free (dealer mau tanggung jawab),
insyallah mitos MF nggak bisa di charge dan cuma bisa tahan 3x stater koit terpecahkan

makasih atas tanggapan temen-temen semua


RE: Aki MF(maintanance free) bisakah di isi ulang/charging?????? - blijunk - 08-03-2009 10:16

Makasi infonya, gw baru ganti ke MF nih