Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Rumpi Lah Yao! (/forumdisplay.php?fid=26)
+--- Forum: Kesehatan (/forumdisplay.php?fid=122)
+--- Topik: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi (/showthread.php?tid=10919)


Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - Av Han zA kU - 12-11-2008 13:39

benci deh tiap sikat gigi keluar darah......salahnya di mana sih ??

kalian juga seperti itu ngak ?? berbahaya ngak ya ??...darahnya cukup banyak

apa salah merek odol ?? apa salah merek obat kumur ??

pake merek odol pepsodent apa tuh yang buat mutihin gigi + listerin utk obat kumurnya


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - ikmar2008 - 12-11-2008 13:56

kalo gigi sensitif (se sensitif orangnya,hehehe), hanya satu odol yg bisa dipake om:
SENSODYNE. ini odol penyelesaian utk segala jenis mslh tinggal dibeli yg jenisnya sesuai keperluan.
cuma g enaknya, biasa pake pepsodent yg ada busanya, pake ini garing bgt g berbusa.


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - aeres - 12-11-2008 13:58

itu kayaknya bukan masalah odol.. tapi masalah pada sikat dan teknik nyikatnya... cmiim


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - ikmar2008 - 12-11-2008 14:00

aeres Menulis:
itu kayaknya bukan masalah odol.. tapi masalah pada sikat dan teknik nyikatnya... cmiim


cmiim apa sih om?? yg eke tahu cmiiw, Winking


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - aeres - 12-11-2008 14:03

bukannya mrong? hihihihi...


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - anackcozz - 12-11-2008 14:03

Haha
pake sensodyne ajah om ahau.
terus timpah sama listerin.


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - beni_sts - 12-11-2008 15:59

kemungkinan tuch gusi udah banyak karangnya
kalau kebanyakan, bisa dijadiin terumbu karang


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - ANDRE@s - 12-11-2008 19:20

pake sikatnya yg lembut, gosoknya juga jgn keras2


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - Bobby Sant - 12-11-2008 19:23

Hau nyikat gigi beda sama nyikat WC lho..... Haha

Beli yg muter aja kalau lu gak bisa kontrol tenaga lu.

Hari2 lho, kalau mudah berdarah mending periksa ke dokter krn itu masalah gusi. Pembuluh darah di gusi mudah pecah.


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - anackcozz - 12-11-2008 19:25

iah, kalo ga pake pepsodent yang electric ajah...
lembut kok


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - Riva Usmany - 13-11-2008 10:46

Ganti sikat gigi aja yg lebih soft deh


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - chris.ho - 18-11-2008 09:38

Gua skrg pake sensodyne, istri pake enzim. Dua pasta gigi ini manjur buat gusi berdarah.

Tp gua gak suka pake enzim, gak ada busa.Tongue1

Gua gak cocok ama sikat gigi yg bergerigi, gusi lgs berdarah krn ketusuk bulu2nya.Tuh
Jadi, gua pake sikat gigi yg rata, aman deh.Tongue_out


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - Danny Massie - 18-11-2008 13:53

klo gue malah suka pke sikat gigi yg ada bulu halus diujung...rasanya lebih bersih aja....odol pake close up karena gue suka yg banyak busanya. pepsodent kurang busa. apalagi enzim gak ada busa sama sekali... obat kumur pake yg merk Carefour sesekali..


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - Supriyanto Kartono - 20-11-2008 17:03

Sikat giginya mesti turun naik (vertikal).Kalo horizontal maju mundur,bisa bikin gusi berdarah,terutama kalo sikat giginya udah gak baru lagi..
Saya juga pernah ngalamin seperti ente,pas ke dokter gigi,langsung aja drg-nya bilang..."pasti gosok giginya maju mundur arah sikat giginya.."


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - ranamin - 20-11-2008 19:28

Ane sih pake merek apa aja deh yang penting odol....


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - chris.ho - 05-02-2010 16:50

Mengenal Pembersih Gigi

Menjaga kesehatan dapat dimulai dari hal yang paling sederhana seperti menyikat gigi. Namun jangan sampai salah jalan untuk melakukannya. Berikut petunjuknya.

- Sikat gigi manual

Bila memilih sikat gigi manual, pastikan ujungnya dapat dengan mudah mencapai seluruh daerah di dalam mulut. Untuk anak-anak, pilih ukuran khusus untuk anak-anak dengan bulu sikat yang lembut. Sikat gigi manual sangat tepat digunakan untuk menggosok gigi bagian dalam dan depan.


- Sikat gigi elektrik

Bagi penderita arthritis dan yang mempunyai masalah dengan tangan dan bahu, sikat gigi elektrik merupakan pilihan yang tepat. Pada waktu membeli sikat gigi elektrik, pastikan ujungnya lembut dan bulu sikatnya dapat bergerak ke depan dan belakang.


- Benang pembersih gigi

Benang pembersih gigi dirancang untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di antara celah-celah gigi. Pastikan memakainya dengan hati-hati agar tidak merusak jaringan gusi. Gerakkan dengan hati-hati benang ke atas dan ke bawah di antara gigi dan batas gusi. Bersihkan di kedua sisi gigi walaupun di sisi lain tidak ada gigi.


- Pasta gigi

Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluor untuk mencegah gigi berlubang. Untuk anak-anak pilihlah pasta gigi yang mengandung rasa yang biasa digemari mereka. Oleskan sedikit saja saat memakainya.


- Obat kumur

Obat kumur berguna untuk membunuh kuman serta bakteri yang dapat menimbulkan lubang pada gigi. Obat kumur yang mengandung fluor dapat membantu pencegahan lubang pada gigi. Campuran, rasa, dan harga merupakan faktor-faktor yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih obat kumur.

Banyak obat kumur yang mengandung alkohol yang dapat mengeringkan air ludah /saliva di dalam mulut. Oleh karena itu, tanyakan kepada dokter gigi jenis obat kumur yang bagaimana yang cocok untuk gigi Anda.

http://kesehatan.kompas.com/read/2010/02/05/15131258/Mengenal.Pembersih.Gigi


RE: Merek Odol+Obat Kumur Mulut - Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - chris.ho - 05-02-2010 16:54

Deteksi Mudah Kondisi Gusi dan Gigi

Anda perlu berhati-hati pada tanda-tanda seperti gusi sering bengkak, merah-merah, atau berdarah tanpa sebab yang jelas, ngilu-ngilu di gigi, atau mungkin napas yang bau. Sebab bisa jadi itu adalah awal penyakit-penyakit gusi (periodontal diseases). Dan bila tidak diatasi dengan baik, bukan tidak mungkin akan berakibat pada tanggalnya gigi dan penyakit gusi lainnya.

Jawablah beberapa pertanyaan yang diadopsi dari sebuah situs kesehatan gigi dan gusi di bawah ini untuk memperkirakan apakah Anda punya gejala-gejala penyakit gusi:

1. Apakah mulut Anda sering nyeri?
2. Apakah gusi Anda berdarah ketika sikat gigi atau mengunyah makanan yang keras?
3. Apakah Anda memperhatikan adanya jarak atau ruang antara gigi-gigi di gusi?
4. Apakah Anda merasa gusi Anda sering bengkak atau menjadi lembek?
5. Apakah gusi Anda "mengkerut" sehingga gigi-gigi Anda kelihatan lebih panjang?
6. Apakah napas Anda selalu bau?
7. Apakah Anda pernah mendapati gusi Anda bernanah?
8. Apakah Anda merasa ada perubahan pada susunan gigi Anda, terutama ketika menggigit?

Tiap pertanyaan di atas mengindikasikan adanya gejala-gejala kelainan pada gusi Anda. Semakin banyak Anda menjawab "Ya", semakin besar kemungkinan untuk terkena gangguan gusi. Dan jika Anda menjawab "Ya" pada seluruh pertanyaan di atas, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter gigi (periodontist).@ jam

http://kesehatan.kompas.com/read/2009/11/18/08212242/Deteksi.Mudah.Kondisi.Gusi.dan.Gigi.


RE: Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - chris.ho - 05-02-2010 16:58

5 Kebiasaan yang Mengundang Plak Gigi

Bila tidak dibersihkan dengan sempurna, sisa makanan yang terselip bersama bakteri akan melekat pada gigi. Lalu lama kelamaan akan membentuk koloni yang disebut plak, yaitu lapisan film tipis, lengket, dan tidak berwarna.

Plak merupakan tempat pertumbuhan ideal bagi bakteri yang dapat memproduksi asam. Jika tidak disingkirkan dengan melakukan penyikatan gigi, asam tersebut akhirnya akan menghancurkan email gigi dan akhirnya menyebabkan gigi berlubang.

Sejak kecil pasti kita sudah diajarkan untuk menjaga kebersihan gigi, minimal dengan rutin menyikat gigi, agar gigi sehat dan tidak berlubang. Tapi, benarkah kita sudah menjaga gigi dengan benar? Simak 5 kebiasaan buruk berikut ini yang merupakan pemicu munculnya plak.

1. Jarang Menyikat gigi
Mungkin orang lain tak akan menyadari kalau Anda tidak menyikat gigi dua kali dalam sehari. Tetapi, gigi kita tahu dan menanggung akibatnya. "Plak itu seumpama lebah di musim panas. Satu atau dua ekor mungkin tak akan mengganggu, tapi bila kita membiarkan mereka membuat sarang di rumah, itu sama saja mengundang masalah," kata Richard Price, DMD, juru bicara Asosiasi Gigi Amerika.

Itu sebabnya, selalu sikat gigi minimal dua kali sehari menggunakan pasta gigi ber-fluoride. Teknik menyikat gigi yang benar tidak terlalu penting selama Anda menyikat gigi dengan lembut seluruh permukaan gigi.

2. Kurang Teliti Membersihkan
Pemakaian dental floss (benang gigi) juga amat penting untuk membersihkan daerah-
daerah yang sulit terjangkau oleh sikat gigi, terutama daerah antargigi dan juga pada gigi-gigi yang berjejal.

3. Malas ke dokter gigi
Serutin-rutinnya kita menyikat gigi, agak sulit membersihkan plak dengan sempurna. Plak yang tertinggal ini lama kelamaan akan mengeras dan menjadi karang gigi sehingga sulit dihilangkan. Untuk mengatasinya, mintalah bantuan dokter gigi. Menurut penelitian, orang yang jarang ke dokter gigi lebih mudah terkena gigi berlubang atau gusi berdarah yang menyebabkan gigi mudah tanggal. `

4. Suka makanan manis
Makanan manis, kopi, softdrink, serta rokok dapat menimbulkan lapisan tipis di gigi yang disebut stain. Lapisan stain ini juga memudahkan makanan dan kuman menempel pada gigi, yang akhirnya membentuk plak.

5. Menolak sayuran
Jauh sebelum sikat gigi dan pasta gigi ber-fluoride ada, beberapa jenis makanan berperan penting dalam menyingkirkan plak di gigi. Sayur dan buah-buahan yang dimakan dengan kulitnya merupakan scrubb alami untuk menghilangkan plak.

http://kesehatan.kompas.com/read/2009/09/12/09580646/5.Kebiasaan.yang.Mengundang.Plak.Gigi


RE: Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - Jenz - 05-02-2010 17:21

pak chris..

kata orang kalau membersihkan gigi yang kuning ke dokter gigi gak boleh sering-sering ya?

aku sih 2 bulan 1x gitu...


minimal berapa kali ya biar rutin....


saya sih bukan perokok



RE: Masalah Gusi Berdarah Pada Saat Gosok Gigi - Ben Onez - 05-02-2010 18:11

salah baca .. ane kira "BUSI" Haha