Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Perbaikan Bemper - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Lain-Lain (/forumdisplay.php?fid=22)
+--- Topik: Perbaikan Bemper (/showthread.php?tid=10403)


Perbaikan Bemper - dani3 - 29-09-2008 00:09

Yang namanya Bemper tuh ya untuk melindungi bodi mobil dari benturan kan,
namun klo sudah sering kebentur2 gitu dan lecet tentunya jadi kurang
sedap dipandang.

Lalu adakah diantara RR disini yang sudah pernah melakukan reparasi
bember?

Seperti klo penyok cukup dalam, ataupun baret baret gitu dan di cat ulang
apakah perbaikannya cukup memuaskan?

Tolong berbagi cerita yah disini, baik pengerjaannya ataupun
tempat yang ok punya, sampai yang kaki lima gitu....

kira2 cara pengerjaanya tuh bagaimana?

Lebih bagus bila ada yang melakukan dengan DIY sendiriGozkirpma


RE: Perbaikan Bemper - Gado2Enak - 29-09-2008 03:56

wah masak ngecat bember DIY ???

kalau hanya baret2 kecil dipoles ilang kali . . .

claim aja asuransi . . . kemarin aku di Cat Pro di cat total seluruh bember depan dan belakang . . . hasilnya puas . . . hanya nunggu 7 harian seh.

kalau nggak asuransi biayanya 300rb per bember kalau nggak salah . . . daripada di kaki lima murah tapi nggak jelas hasilnya . . .


RE: Perbaikan Bemper - Pras - 29-09-2008 06:14

Sebelum caranya, ada baiknya diketahui sepesifikasi atau detil dari bumper AX.
- Bahan dasar: Plastik
- Lapisan 1: Base Coat (Abu-abu / hitam tergantung warna mobil)
- Lapisan 2: Cat (Warna mobil)
- Lapisan 3: Clear Coat (lapisan bening yg bikin warna jadi kinclong)


Cara pengerjaannya tergantung kondisinya, sampai di lapisan mana yang rusak
Mulai dari yang paling ringan:

1. baret tipis
Yang rusak lapisan ketiga yaitu clear coat
perbaikan: tinggal dipoles, mau pakai kit (tergolong wax) sampai kompon yang bisa mengikis lapisan cat (level clear coat)

2. baret dalam
Kerusakan menyentuh lapisan kedua yaitu cat, namun belum mencapai base-coat (warna masih sama dengan yang tidak baret hanya beda warna)
perbaikan: diratakan lapisan clear coat-nya, lalu cat ulang clear coatnya saja. kalau waktu meratakan bekas baretnya berhasil dengan baik, berarti harus di lapis clear coat untuk seluruh bumper (bukan hanya yang bekas baret) agar hasilnya tidak belang. Mustahil untuk mendapatkan kebeningan yang sama dengan sebelumnya walaupun menggunakan jenis clear coat yang sama persis. Pelapisan ulang clear coat ini sebaiknya ditambahkan cairan khusus (namanya lupa yg jelas harganya lebih mahal dari clear coatnya sendiri) agar clear coat baru dapat bercampur rata dengan clear coat lama. Perbaikan spt ini memerlukan ketelitian extra. (Resiko belang tinggi, bengkel cat paling males ngerjain spt ini)

3. Lecet / terkelupas
Kerusakan menyentuh lapisan pertama yaitu base coat sehingga warna dasar dibawah cat terlihat
perbaikan: sebaiknya lepas bumper (ada bengkel yg males lepas bumper krn cat musti kering betul baru bisa dipasang tanpa merusak cat baru). Bagian yang terkelupas diratakan dan dipastikan base coat dan cat di sekitar luka telah telah kembali rata. (biasanya di sekeliling luka ada lapisan cat yang mudah terkelupas). Setelah rata dilakukan pengecatan base coat di sekitar luka, lalu cat ulang seluruh bumper, kemudian dilapis clear coat. (perbaikan di level ini lebih simpel kan dari kerusakan no. 2 diatas?)

4. Penyok tanpa merusak lapisan cat
Kerusakan hanya terjadi pada plastik bahan dasar bumper sehingga terjadi perubahan bentuk, tidak ada cat yang terkelupas.
perbaikan: lepas bumper dan panaskan. Tekan seperlunya pada bagian yang mengalami perubahan bentuk. Ini adalah salah satu teknik Paintless Dent Removal (PDR) untuk bumper berbahan plastik.

5. Penyok dengan lapisan cat rusak
kerusakan pada plastik bumper hanya perubahan bentuk dengan lapisan cat rusak.
perbaikan: merupakan gabungan nomor 4 dan nomor 1 atau 2 atau 3. Pada perubahan bentuk yang parah dan tidak bisa dikembalikan dengan sempurna dengan pemanasan, bisa diratakan dengan dempul khusus plastik. Namun bila tidak bisa diakali dengan dempul, better ganti bumper.

6. Bumper sobek atau perubahan bentuk yg parah
kerusakan pada plastik bumper tidak hanya perubahan bentuk, tapi juga terjadi lubang, sobek atau sekedar terjadi perubahan ketebalan plastik di bagian tertentu yang menyebabkan bumper tidak bisa kembali ke bentuk semula.
perbaikan: ganti bumper plus pengecatan ulang (mirip langkah nomor 3 tapi dilakukan menyeluruh). Pada kerusakan ini tidak disarankan menggunakan dempul (bumper ga mau diganti) karena perubahan suhu yang berulang kali terjadi akan menyebabkan retak pada dempul (pemuaian/penyusutan material dempul pasti beda dengan plastik), biasanya paling lama 3 bulan udah keliatan retaknya...Tuh

Penjelasan diatas hanya garis besar saja, yang masih bisa DIY hanya kerusakan nomor 1, untuk lainnya proses perbaikan yang benar masih memerlukan langkah lain yang penting misalnya:
1. Pengoplosan cat agar tidak belang dengan cat di sebelahnya. Langkah yg penting dalam hal ini misalnya: mencocokan hasil oplosan wajib di bawah sinar matahari langsung atau dengan lampu khusus yang memiliki spectrum warna matahari
2. Bagaimana mengaplikasikan dempul yang benar. Dempul untuk body dari plat metal saja cukup sulit dan perlu latihan yang banyak, untuk plastik? jauh lebih sulit karena plastik lebih lentur.
3. Bagaimana mengaplikasikan base coat, cat dan clear coat. Yang mana sampai saat ini belum ada cat instan (spt pilox dsb) yang bisa menghasilkan warna persis sama dengan cat sebelumnya.
4. Bagaimana melakukan penghalusan permukaan clear coat yang baru tanpa merusak clear coat yang lama.
5. Peralatan yang memadai, contoh aja Spray Booth dan Oven Chamber yang kayaknya hanya dimiliki oleh bengkel body-paint bermodal besar. (Mau DIY gimane coba? pinjem spray booth?)

Cara paling simpel sih, serahkan pada bengkel body-paint dan lakukan control ketat untuk hasil akhirnya... lebih simpel lagi kalo pake asuransi all risk... Yes (tanya bro Harley kalo ga percaya...Kisses)

Note: keterangan diatas hanya untuk bumper standard AX, untuk bumper custom atau aksesoris berbahan dasar fiber glass sama sekali beda penanganannya...

Sumber:
Introduction to Basic Car Refinishing from Akzo Nobel Car Refinishes Training Center & Dupont Car Refinishes Training Center.

foto: gaya sebagian peserta training Akzo Nobel Car Refinishes Cintrong
ki-ka: Merry - lupa namanya (cowok sih males ngapalin) - Sri
gue dimana? loe tebak aja...


RE: Perbaikan Bemper - dani3 - 29-09-2008 08:59

Gado2Enak Menulis:
kalau nggak asuransi biayanya 300rb per bember kalau nggak salah . . . daripada di kaki lima murah tapi nggak jelas hasilnya . . .


Pras Menulis:
..............................

Note: keterangan diatas hanya untuk bumper standard AX, untuk bumper custom atau aksesoris berbahan dasar fiber glass sama sekali beda penanganannya...

Sumber:
Introduction to Basic Car Refinishing from Akzo Nobel Car Refinishes Training Center & Dupont Car Refinishes Training Center.....


Mantab infonya....BravoTopdeh

hayo RR yang lain yang punya pengalaman juga di tunggu reviewnya....


RE: Perbaikan Bemper - chris.ho - 29-09-2008 12:10

Dulu gua pernah bawa mobil saudara gua ke ketok magic di pinggiran jalan matraman perbaiki bemper yg ppenyok dikit. Hasilnya lumayan.

trus bemper dpn xexi gua lecet parah wkt nabrak altis, gua bawa ke DAI Jayakarta, hslnya kurang bagus, polesannya gak rata. Mungkin krn buru2 kali yah, setengah hari doang pengerjaannya.

abis lebaran ini gua mau klaim bemper blkg ke DAI Jayakarta juga, tp kali ini gua inepin deh biar hasil maksimal.


RE: Perbaikan Bemper - Eko S Kurniawan - 29-09-2008 12:34

harga bumper depan non VVti 550rb


RE: Perbaikan Bemper - beni_sts - 29-09-2008 13:50

Eko S Kurniawan Menulis:
harga bumper depan non VVti 550rb

belum termasuk di cat kalie bro 095


RE: Perbaikan Bemper - dhims - 12-11-2008 14:55

mobil sy baru pulang dari bengkel JNS, jl hadiah, jelambar.
sy klaim asuransi buat bemper depan melesek dikit deket fog lamp gara2 nyundul motor.
masukin hari senin pagi, kelar rabu pagi, byr OR 100rb.

hasilnya : mulus kembali, catnya terlihat sama aja dgn kap mesin. (dari kacamata sy yg awam Big Grin)
termasuk digantiin tutup plastik sebelah fog lamp yg ilang, nanti mau diiketin cable ties seperti yg pernah dibahas di thread lain.
kata kabengnya, yg kentob itu dipanasin, trus ada yg didempul, trus semuanya dicat.
sebelum pulang, bemper sampe kap mesin digosok lagi ampe mengkilat. Big Grin

note : sy perhatiin bagian yg harusnya dipanasin dari dalem, tetep berlumpur kering seperti sebelumnya, sy pikir bagian itu dibersihin dulu baru dipanasin. 095


RE: Perbaikan Bemper - webi1977 - 12-11-2008 15:27

gue pernah ngecat bemper gue daeraha kemayoran, cat yg dipake sama persis dengan sample cat yg dikasih waktu kita dapat mobil, krn mobil sdh agak lama (7 bln), jadi warna aga berubah karena perubahan kimia, jadi pas dicat agak nggak mirip dengan body lain

setelah gue tanya ama bengkel cat terkenal, emang gitu jawabnya, jadi ngecat mobil yg udah berumur diatas 5 bln dan sering kejemur harus pake campuran lagi dari cat std-nya, nggak bisa tumplek blek aja

kalo saran sih pake bengkel yg kenal aja, jangan dipinggir jalan, takutnya waktu pas cat kena hujan atau debu jalanan, dan kalo bisa pas ngecat bempernya dilepas jangan lagi nempel di body induk, semburan debu cat bisa kena kaca


RE: Perbaikan Bemper - anackcozz - 12-11-2008 15:45

pernah benerin pas klaim asuransi di millenium motor di cempaka putih dan di ND motoh buah batu


RE: Perbaikan Bemper - andis - 12-11-2008 16:16

anackcozz Menulis:
pernah benerin pas klaim asuransi di millenium motor di cempaka putih dan di ND motoh buah batu


hasil bagaimana Om ..?
Kalau mau bagus sih bawa ke ke A2K body paint di sunter.
benar sih ada garansi 6 bulan tapi walau pake asuransi tetap keluar Rp 200 rb ( garda otto ).


RE: Perbaikan Bemper - doneno - 13-11-2008 09:47

salam kenal,

Mhn maaf agak OOT dikit, ngomong-ngomong masalah perbaikan bumper (tanduk) ane pernah punya pengalaman dengan XeXiSpo '07. bulan² oktober kmrn bumper depan bagian bawah nyangkut pot pohon di parkiran alhasil baret+lecet, kebetulan ane pake asuransi GO jadi langsung aja klaim di GO BSD.

sama surveyornya dikasih rekomen ke bengkel M.A.C (inisial), depan ITC BSD dengan SPK body repair. setelah dibuka di bengkel baru ketahuan kalo bag bawah-dalam ternyata sobek (sebelumnya gak keliatan, ketutup sama cat). saat itu juga ane telpon ke GO untuk minta ganti SPK (ganti bumper bukan body repair), dan disetujui meski pihak bengkel ngotot di repair aja.

seminggu ditelpon belum ada barang. 2 minggu ditelpon ktnya sdh ada tapi ktnya agak lain brngnya (ane pikir mobil 2007 akhir kok nyari sparepart gitu aja susah...) begitu ane cek itu barang ternyata masih cat dasar abu-abu, material ringkih, tanpa ada bungkus sama sekali (kualitas meragukan). akhirnya ane minta aja SPK dia saat itu juga terus minta SPK baru ke GO utk ganti ke bengkel resmi ADM BSD. (alasan dulu gak ke bengkel resmi karena di BSD gak bisa body repair, jadi nyari yang mungkin cepet aja).

ternyata di bengkel resmi cuma 3 hari barang sudah siap dan sama persis seperti aslinya (sudah dicat, bungkus bagus, supplier jelas).

pertanyaannya, beginikah pelayanan bengkel rekanan GO??.

sori agak OOT, jadi kayak sharing (buat pengalaman saja)


RE: Perbaikan Bemper - honggy - 13-11-2008 13:42

doneno Menulis:
pertanyaannya, beginikah pelayanan bengkel rekanan GO??.

sori agak OOT, jadi kayak sharing (buat pengalaman saja)


biasanya kalo ada bengkel yang ga puas pelayanannya komplen aja ke GOnya, nanti mereka bakal evaluasi apakah perlu mempertahankan jadi rekanan..


RE: Perbaikan Bemper - chris.ho - 18-11-2008 10:36

doneno Menulis:
pertanyaannya, beginikah pelayanan bengkel rekanan GO??.


Gak semuanya jelek juga sih.

Tapi gua biasa klaim lgs ke BERES, biar cepet beres.

Tapi gak semua BERES bisa cepet beres juga lohTuh


RE: Perbaikan Bemper - dani3 - 19-11-2008 00:41

klo gitu beres mana yang bisa cepet beres om chris095


RE: Perbaikan Bemper - adhy_abfi - 22-11-2008 22:32

kalo Gue seh, Selama Lukanya Tidak terlalu parah/dalem mah, repair bengkel DPR(dibawah Pohon Rindang)/DJR( dipinggir Jalan Raya) Proses cepat dan Rapi(tip nya Lakukan Supervisi yang ketat dan keluarkan Jurus bawel) dan pastinya biayanya lbh Murah Broo/sisTopdeh


RE: Perbaikan Bemper - dani3 - 25-07-2011 10:42

Setelah setahun keluar dari bengkel rekanan asuransi mulai muncul baret baret lagi, tadinya
mikir ini kesalahan pada saat pencucian mobil, maklum pembantu ane super rajin ngelap si xeli

tapi dari beberapa orang yang mengerti mengenai soal cat mencat ini disebabkan cat atau thiner
yang jelek sehingga terjadi seperti itu. memang waktu di liat pake kaca pembesar ternyata bukan
baret dalam. itu terlihat jelas adanya di dalam lapisan varnishnya




apa lagi yang bemper belakang bukan sekedar baret tapi juga belang blonteng gitu Marah


nasib nasib gak bisa komplain ke bengkelnya karena munculnya setelah 1 th Wallbash


RE: Perbaikan Bemper - w_nairda - 25-07-2011 10:51

Serem amat sih, Oom Dani?
Itu vernish-nya yang retak2??? 095

Wah, susah juga ya kalau sudah 1th baru ketahuan jeleknya...Wallbash


RE: Perbaikan Bemper - dani3 - 25-07-2011 11:41

w_nairda Menulis:
Serem amat sih, Oom Dani?
Itu vernish-nya yang retak2??? 095

Wah, susah juga ya kalau sudah 1th baru ketahuan jeleknya...Wallbash


iya tuh, rese banget. biar bengkel rekanan klo kita gak kenal mending
jangan deh ane rencana mo ke hasta aja dah ketauan kwalitasnya
gak main main dengan hasil.


RE: Perbaikan Bemper - w_nairda - 25-07-2011 11:59

dani3 Menulis:

w_nairda Menulis:
Serem amat sih, Oom Dani?
Itu vernish-nya yang retak2??? 095

Wah, susah juga ya kalau sudah 1th baru ketahuan jeleknya...Wallbash


iya tuh, rese banget. biar bengkel rekanan klo kita gak kenal mending
jangan deh ane rencana mo ke hasta aja dah ketauan kwalitasnya
gak main main dengan hasil.


*tapi kok bisa sampe belang gitu yak? parah dong nih kerjaannya....Komplain aja, Oom. Marahin sekalian, toh ntar juga ke Hasta akhirnya...

Topdeh

Thank you sharingnya, om...!


RE: Perbaikan Bemper - abidin xenia black - 11-01-2012 19:38

soal cat bumper, kemarin saya ngecat ulang bumper belakang dan velg di bengkel daihatsu waru surabaya, hasilnya memuaskan dan bergaransi 6 bulan, proses pengerjaannya 8 jam selesai, mobil saya masuk jam 4 sore , beumper langsung dicopot dan velg diganti yang serep, mobil bawa pulang lagi dan besuknya jam 3 kembali lagi langsung pasang semua, hasilnya puasss banget,


RE: Perbaikan Bemper - agus aribowo - 11-01-2012 22:48

om kalo bumper penyok ane biasanya benerin pake heat gan,tapi jangan setelan high,yang mid nya aja,kalo kepanasan bakal lumer,cara manual sih,setelah cukup panas bumper diteken2 pake lap basah,perlu feeling dan diraba2 kira2 bumper udah balik normal atau belum Big Grin nah kalo bumper sobek biasanya ane pake solder om,cara ampuh ya dibikin lumer plastiknya,kalo udah lumer dia akan lebih mudah untuk disambung lagi,kalo udah kesambung amplas alusin pake amplas kasar,kalo dirasa udah agak halus baru tiban dempul Big Grin


RE: Perbaikan Bemper - Redy Wibisono - 12-01-2012 10:53

agus aribowo Menulis:
om kalo bumper penyok ane biasanya benerin pake heat gan,tapi jangan setelan high,yang mid nya aja,kalo kepanasan bakal lumer,cara manual sih,setelah cukup panas bumper diteken2 pake lap basah,perlu feeling dan diraba2 kira2 bumper udah balik normal atau belum Big Grin nah kalo bumper sobek biasanya ane pake solder om,cara ampuh ya dibikin lumer plastiknya,kalo udah lumer dia akan lebih mudah untuk disambung lagi,kalo udah kesambung amplas alusin pake amplas kasar,kalo dirasa udah agak halus baru tiban dempul Big Grin


wah bener2 modilover Oom Agus ini
menambahkan sedikit dari pengalaman ortu saat nge-bengkel, sebelum ada heat gun yg spt. hair dryer dulu klo bemper plastik penyok pakai kompor tembak yg pakai isi minyak tanah dan yg terbaru + murah pakai kaleng isi korek yg ujung-nya dibelikan tembak-nya(biasa-nya dipakai orang kabel outdoor unt. heatshrink) arah panas bisa kita kendalikan dan fokus disamping itu murah(isi gas-nya 1 kaleng 13rb + ujung tembak-nya masih dibawah 100rb)