Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Mesin Avanza Xenia (/forumdisplay.php?fid=5)
+--- Topik: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T (/showthread.php?tid=10175)


Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - BUDI - 14-09-2008 19:51

Bagi RR Avz yg pake matik (A/T) klu ampe mengalami lampu O/D berkedip-kedip saat di tanjakan/beban berat ato saat start awal lambat bergerak (lagging) dgn lampu O/D berkedip sekejap, itu artinya kopling A/T harus segera diganti.
Memang tidak ada jadwal perawatan/penggantian kopling A/T tsb di buku servis karena klu digunakan secara baik maka umur kopling A/T tsb cukup panjang bahkan bisa dikatakan maintenance-free. Akan tetapi klu gear A/T sering dipindah-pindah khususnya pada saat mobil masih bergerak ato sering pindah ke N saat di traffic lights maka umur kopling A/T tsb akan lebih cepat aus ato sering pake gigi L & 2 yg tidak ada "lock-up" nya shg kerja kopling lebih berat.
Setelah ganti kopling A/T, jgn lupa ECU ECT-nya di-reset. Plg gampang minta direset dgn IT2 di BERES.


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - Don - 14-09-2008 22:34

BUDI Menulis:
Bagi RR Avz yg pake matik (A/T) klu ampe mengalami lampu O/D berkedip-kedip saat di tanjakan/beban berat ato saat start awal lambat bergerak (lagging) dgn lampu O/D berkedip sekejap, itu artinya kopling A/T harus segera diganti.
Memang tidak ada jadwal perawatan/penggantian kopling A/T tsb di buku servis karena klu digunakan secara baik maka umur kopling A/T tsb cukup panjang bahkan bisa dikatakan maintenance-free. Akan tetapi klu gear A/T sering dipindah-pindah khususnya pada saat mobil masih bergerak ato sering pindah ke N saat di traffic lights maka umur kopling A/T tsb akan lebih cepat aus ato sering pake gigi L & 2 yg tidak ada "lock-up" nya shg kerja kopling lebih berat.
Setelah ganti kopling A/T, jgn lupa ECU ECT-nya di-reset. Plg gampang minta direset dgn IT2 di BERES.


bro Budi,
saya jadi bingung, kok transmisi otomatik masih pake kopling, saya belum pernah tau nih yg model begini.
yg dimaksud kopling tuh clutch disc gitu? 095


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - BUDI - 15-09-2008 07:48

Don Menulis:

BUDI Menulis:
Bagi RR Avz yg pake matik (A/T) klu ampe mengalami lampu O/D berkedip-kedip saat di tanjakan/beban berat ato saat start awal lambat bergerak (lagging) dgn lampu O/D berkedip sekejap, itu artinya kopling A/T harus segera diganti.
Memang tidak ada jadwal perawatan/penggantian kopling A/T tsb di buku servis karena klu digunakan secara baik maka umur kopling A/T tsb cukup panjang bahkan bisa dikatakan maintenance-free. Akan tetapi klu gear A/T sering dipindah-pindah khususnya pada saat mobil masih bergerak ato sering pindah ke N saat di traffic lights maka umur kopling A/T tsb akan lebih cepat aus ato sering pake gigi L & 2 yg tidak ada "lock-up" nya shg kerja kopling lebih berat.
Setelah ganti kopling A/T, jgn lupa ECU ECT-nya di-reset. Plg gampang minta direset dgn IT2 di BERES.


bro Budi,
saya jadi bingung, kok transmisi otomatik masih pake kopling, saya belum pernah tau nih yg model begini.
yg dimaksud kopling tuh clutch disc gitu? 095


Bro, bentuk kopling A/T-nya mirip kopling motor spt photo dibawah ini.



RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - tgduren - 15-09-2008 07:51

kl tanda2 harus ganti oli transmisi matic apa pak bud? selain kondisi oli hitam dan kurang?


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - BUDI - 15-09-2008 08:29

tgduren Menulis:
kl tanda2 harus ganti oli transmisi matic apa pak bud? selain kondisi oli hitam dan kurang?


Selama warna oli transmisi matik belum berubah warna tidak perlu diganti. Rekomendasi ADM utk membuang kotoran yg mengendap di bawah dgn mengganti oli di luar torque converter sekitar 1,6 liter setiap interval 80K km.

Klu kopling A/T tsb habis maka gear box A/T bisa kepanasan (overheated) shg oli ATF-nya jadi berubah warna bisa coklat ato hitam.
Yang lebih parah lagi filter ATF di Avanza terbuat dari PLASTIK (tidak terlalu tahan panas) berbeda dgn mobil Toyota lainnya yg dibuat dari metal (alumunium titania). Klu ampe plastik ATF filter tsb leleh/pecah akibat gear box A/T kepanasan maka body valve bisa rusak bro.

Berikut ini adalah photo filter ATF di Avanza yg terbuat dr plastikTuh :








RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - tgduren - 15-09-2008 10:10

platik gitu bersentuhan langsung dg oli??


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - BUDI - 15-09-2008 10:15

tgduren Menulis:
platik gitu bersentuhan langsung dg oli??


Big Grin dialiri ama oli ATF yg PANAS bro


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - Danny Massie - 15-09-2008 10:29

BUDI Menulis:
Akan tetapi klu gear A/T sering dipindah-pindah khususnya pada saat mobil masih bergerak ato sering pindah ke N saat di traffic lights maka umur kopling A/T tsb akan lebih cepat aus
katakan kita gak pindahin ke N, gak papa tuch pak? padahal lg macet cet gak bergerak n trafik light , maklum bawanya manual jadinya kan kok kayk kurang sreg aja kalo gak di N

ato sering pake gigi L & 2 yg tidak ada "lock-up" nya shg kerja kopling lebih berat.
lha kalo kita lagi di jalan yang menanjak (katakan menuju Puncak) kan kita memang pake posisi gigi ini kan untuk mendapatkan torsi gigi rendah??


makasih...


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - Don - 15-09-2008 10:45

BUDI Menulis:

Don Menulis:

BUDI Menulis:
Bagi RR Avz yg pake matik (A/T) klu ampe mengalami lampu O/D berkedip-kedip saat di tanjakan/beban berat ato saat start awal lambat bergerak (lagging) dgn lampu O/D berkedip sekejap, itu artinya kopling A/T harus segera diganti.
Memang tidak ada jadwal perawatan/penggantian kopling A/T tsb di buku servis karena klu digunakan secara baik maka umur kopling A/T tsb cukup panjang bahkan bisa dikatakan maintenance-free. Akan tetapi klu gear A/T sering dipindah-pindah khususnya pada saat mobil masih bergerak ato sering pindah ke N saat di traffic lights maka umur kopling A/T tsb akan lebih cepat aus ato sering pake gigi L & 2 yg tidak ada "lock-up" nya shg kerja kopling lebih berat.
Setelah ganti kopling A/T, jgn lupa ECU ECT-nya di-reset. Plg gampang minta direset dgn IT2 di BERES.


bro Budi,
saya jadi bingung, kok transmisi otomatik masih pake kopling, saya belum pernah tau nih yg model begini.
yg dimaksud kopling tuh clutch disc gitu? 095


Bro, bentuk kopling A/T-nya mirip kopling motor spt photo dibawah ini.


oh.. pake kopling basah juga ternyata...
untuk mengeliminir power lost di transmisi sebagai pengganti di system yg satunya.
ok, baru denger nih.. thx bro..


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - BUDI - 15-09-2008 11:58

Danny Massie Menulis:

BUDI Menulis:
Akan tetapi klu gear A/T sering dipindah-pindah khususnya pada saat mobil masih bergerak ato sering pindah ke N saat di traffic lights maka umur kopling A/T tsb akan lebih cepat aus
katakan kita gak pindahin ke N, gak papa tuch pak? padahal lg macet cet gak bergerak n trafik light , maklum bawanya manual jadinya kan kok kayk kurang sreg aja kalo gak di N
Di A/T sudah ada solenoid kontrol utk braking & lock-up bro jadi gak pindahin ke N dak papa kok asalkan dak bergeraknya dak ampe 1 jam tho Big Grin

ato sering pake gigi L & 2 yg tidak ada "lock-up" nya shg kerja kopling lebih berat.
lha kalo kita lagi di jalan yang menanjak (katakan menuju Puncak) kan kita memang pake posisi gigi ini kan untuk mendapatkan torsi gigi rendah??
Klu di posisi L ato 2 maka gear tidak bisa lock-up bro, laen klu di D maka ketika torsi mesin sudah memadai & kec mobil oke maka bisa pindah ke gigi 3 & di-lock up di gigi 3 (kopling bebas tugas) shg kopling tidak terlalu berat kerjanya. Yg plg parah klu naek A/T ttp akselerasinya kayak M/T mulai gigi L lalu pindah 2 lalu D, ini yg plg berat buat kopling msg-msg gigi kecuali A/T-nya sudah tipe Tiptronic.


makasih...




RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - Nurtaranto - 15-09-2008 14:06

BUDI Menulis:
Berikut ini adalah photo filter ATF di Avanza yg terbuat dr plastikTuh :






pak budi, apa filter atf bisa d ganti? rekomennya tiap berapa km n apa mesti bongkar transmisinya095


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - BUDI - 15-09-2008 15:49

Nurtaranto Menulis:

BUDI Menulis:
Berikut ini adalah photo filter ATF di Avanza yg terbuat dr plastikTuh :






pak budi, apa filter atf bisa d ganti? rekomennya tiap berapa km n apa mesti bongkar transmisinya095

Bisa diganti ttp musti buka tutup bawah oil pan ATF bro.
Tiap berapa km ? Ini yg sy lage tanya ke TAM ama ADM bro, hrg rumah filternya tsb dak terlalu mahal kok cuman 305 rb-an ttp klu rusak/pecah cukup bisa bikin body valve mampet.Tuh Krn dak ada service manual body valve maka klu mampet hrs lsg diganti yg mahal harganya.


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - sijeary - 08-10-2008 18:07

BUDI Menulis:
Di A/T sudah ada solenoid kontrol utk braking & lock-up bro jadi gak pindahin ke N dak papa kok asalkan dak bergeraknya dak ampe 1 jam tho Big Grin

Klu di posisi L ato 2 maka gear tidak bisa lock-up bro, laen klu di D maka ketika torsi mesin sudah memadai & kec mobil oke maka bisa pindah ke gigi 3 & di-lock up di gigi 3 (kopling bebas tugas) shg kopling tidak terlalu berat kerjanya. Yg plg parah klu naek A/T ttp akselerasinya kayak M/T mulai gigi L lalu pindah 2 lalu D, ini yg plg berat buat kopling msg-msg gigi kecuali A/T-nya sudah tipe Tiptronic.


Jadi malah cepet abis yah kalo pas macet/traffic dipindahin ke N? Solenoid control itu cara kerjanya kurang lebih gmn bro dan untuk apa itu?

Jadi kalo lewat puncak tuh maen di 2 ama D aja yah kecuali kalo berat banget ya?

Thanks


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - tgduren - 09-10-2008 09:46

berat apa sampe ga bisa nanjak? matic gw jg ngeden kok ke puncak (isi 5 dewasa), apalagi kl di kbn teh situ deh. Kl dr bawah dah ngebut sih enteng, td kl kaga sih modar leletnya, kalah kenceng ama angkot2 puncak kok.
Kayanya krn matic trus cc cmn 1500 deh. Dulu naek city type Z isi 5 org dewasa jg ngeden, kan cc nya jg cmn 1500 pula.


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - Nurtaranto - 09-10-2008 12:27

tgduren Menulis:
berat apa sampe ga bisa nanjak? matic gw jg ngeden kok ke puncak (isi 5 dewasa), apalagi kl di kbn teh situ deh. Kl dr bawah dah ngebut sih enteng, td kl kaga sih modar leletnya, kalah kenceng ama angkot2 puncak kok.
Kayanya krn matic trus cc cmn 1500 deh. Dulu naek city type Z isi 5 org dewasa jg ngeden, kan cc nya jg cmn 1500 pula.


walau ngeden asal lampu o/d nya ga nyala kedip2 berarti masih amanBig Grin


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - Simpleline - 04-12-2008 11:19

BUDI Menulis:
Di A/T sudah ada solenoid kontrol utk braking & lock-up bro jadi gak pindahin ke N dak papa kok asalkan dak bergeraknya dak ampe 1 jam tho Big Grin ato sering pake gigi L & 2 yg tidak ada "lock-up" nya shg kerja kopling lebih berat.

Klu di posisi L ato 2 maka gear tidak bisa lock-up bro, laen klu di D maka ketika torsi mesin sudah memadai & kec mobil oke maka bisa pindah ke gigi 3 & di-lock up di gigi 3 (kopling bebas tugas) shg kopling tidak terlalu berat kerjanya. Yg plg parah klu naek A/T ttp akselerasinya kayak M/T mulai gigi L lalu pindah 2 lalu D, ini yg plg berat buat kopling msg-msg gigi kecuali A/T-nya sudah tipe Tiptronic.


Pak Budi,
saya pernah baca di Autobild, kalau berhenti di lampu merah atau macet, sebaiknya pindah ke N matiknya agar tidak ada tenaga tersalurkan atau gimana gitu... sehingga matiknya lebih awet... saya baca ulasan pak budi jadi agak bingung ini yang benar yang mana...
memang sih waktu di rem doang di TL itu rpm konstan kayak N di 700-800an... kalau dipindah ke N, rpm naek ke 1200an trus turun lagi ke idle...

trus kalau di manual toyota sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan O/D, mungkin biar rpm nggak bablas ketinggian ya ? tapi kalau ulasan pak Budi ini sebaiknya kalo sudah speed optimal dipindah ke O/D saja (gigi 3)... speed optimal itu brapa ? kalo cruising menurut saya 60kmh rpm 2000 di D, tapi kalau di O/D rpm lebih tinggi dong pak ?

mohon pencerahannya...


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - tgduren - 11-01-2009 07:04

sundul ah, yg diatas lom dijawab


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - BUDI - 11-01-2009 22:53

Bro Simpleline,

Klu traffic light merah di pindah ke N :
- keuntungannya konsumsi BBM jadi lebih irit, krn klu tidak dipindah ke N maka kevakuman turun shg BBM lebih boros. Tidak perlu kuatir transmisi A/T-nya bekerja lebih saat di posisi D dgn rpm idle & di-rem/berhenti di traffic light krn ECU ECT sudah mengaturnya supaya transmisi A/T tidak overheated. Kecuali klu posisi D + di-rem/berhenti lalu rpm digeber ampe 5000 rpm maka torque converter pasti overheated & bisa jebol (kondisi spt ini hanya boleh dilakukan oleh teknisi yg tahu betul transmisi A/T utk cek kondisi kopling A/T & torque converter-nya)
- kerugiannya pada saat mau jalan lagi maka tuas harus dipindahkan ke D & pasti terjadi proses yg dinamakan "N to D Squad" yi gear naik ke 2 dulu & baru pindah ke 1 yg terasa sbg hentakan & proses "N to D Squad" akan menyebabkan kopling & torque converter bekerja lebih sesaat.

Jadi terserah mau di pindah ke N ato tidak, yg penting tahu keuntungan & kerugiannya bro.Winking

OD = Over Drive mirip dgn gigi pers 5 di M/T yg berfungsi utk menurunkan rpm mesin pada kec yg sama alias efisiensi pemakaian bensin. Baik gigi 3 maupun O/D di Avz udah dilengkapi dgn "lock-up" jadi keduanya bisa dipake secara kontinyu (terus menerus), tinggal mau pake gigi 3 klu senengnya selap-selip di dalam kota ato mau pake gigi O/D klu mau pemakaian bensin lebih irit di tol.
Klu cruising 60 km/jam di 2000 rpm itu artinya di gigi O/D bro, klu pake gigi 3 (O/D off ato lampu kuning O/D nyala) cruising 60 km/jam kira-kira di 3000 rpm. Yg lebih perlu diperhatikan klu mau nyalip di tol misalnya kec 140 km/jam di 4700 rpm (gigi O/D) maka jgn sekali-kali meng-off-kan O/D utk pindah ke gigi 3 krn pada kec 140 km/jam di gigi 3 maka rpm-nya adalah 7000 rpm (udah masuk "red line") !!


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - ichan - 11-01-2009 22:59

Jadi Ngarti neh tanda2 klo transmisi matic dah uzur...walaupun slama punya mobil ga pernah pake yg maticGozkirpmaGozkirpma


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - BUDI - 11-01-2009 23:11

sijeary Menulis:
Jadi kalo lewat puncak tuh maen di 2 ama D aja yah kecuali kalo berat banget ya?


Di tanjakan tetap pake D bro & klu mau shift-down ke gigi 2 tinggal becek pedal gas-nya dalem-dalem, ttp di turunan yg curam boleh pindah ke 2 ato 1 agar boil tidak meluncur tdk terkendali krn telat injek rem-nya.Big Grin Namun jgn terlalu lama di gigi 2 ato 1 krn kopling & torque converter bisa overheated (tidak ada "lock-up"-nya)


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - tgduren - 11-01-2009 23:16

BUDI Menulis:
OD = Over Drive mirip dgn gigi pers 5 di M/T yg berfungsi utk menurunkan rpm mesin pada kec yg sama alias efisiensi pemakaian bensin. Baik gigi 3 maupun O/D di Avz udah dilengkapi dgn "lock-up" jadi keduanya bisa dipake secara kontinyu (terus menerus), tinggal mau pake gigi 3 klu senengnya selap-selip di dalam kota ato mau pake gigi O/D klu mau pemakaian bensin lebih irit di tol.
Klu cruising 60 km/jam di 2000 rpm itu artinya di gigi O/D bro, klu pake gigi 3 (O/D off ato lampu kuning O/D nyala) cruising 60 km/jam kira-kira di 3000 rpm. Yg lebih perlu diperhatikan klu mau nyalip di tol misalnya kec 140 km/jam di 4700 rpm (gigi O/D) maka jgn sekali-kali meng-off-kan O/D utk pindah ke gigi 3 krn pada kec 140 km/jam di gigi 3 maka rpm-nya adalah 7000 rpm (udah masuk "red line") !!


Pak Bud, kl O/D off atau lampu O/D nyala bkn pasti selalu akan menjadi lebih boros, krn dia ganti gigi biasanya di rpm 3000 keatas? Kl menurut kesimpulan saya, O/D hanya untuk ngebut mau nyusul / pas ditanjakan agar bs ngacir di rpm diatas 3000. Benar tidak?
Apa kl untuk pemakaian didalam kota, dengan O/D off pemakaian bensin malah bs lebih irit?


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - BUDI - 11-01-2009 23:27

tgduren Menulis:

BUDI Menulis:
OD = Over Drive mirip dgn gigi pers 5 di M/T yg berfungsi utk menurunkan rpm mesin pada kec yg sama alias efisiensi pemakaian bensin. Baik gigi 3 maupun O/D di Avz udah dilengkapi dgn "lock-up" jadi keduanya bisa dipake secara kontinyu (terus menerus), tinggal mau pake gigi 3 klu senengnya selap-selip di dalam kota ato mau pake gigi O/D klu mau pemakaian bensin lebih irit di tol.
Klu cruising 60 km/jam di 2000 rpm itu artinya di gigi O/D bro, klu pake gigi 3 (O/D off ato lampu kuning O/D nyala) cruising 60 km/jam kira-kira di 3000 rpm. Yg lebih perlu diperhatikan klu mau nyalip di tol misalnya kec 140 km/jam di 4700 rpm (gigi O/D) maka jgn sekali-kali meng-off-kan O/D utk pindah ke gigi 3 krn pada kec 140 km/jam di gigi 3 maka rpm-nya adalah 7000 rpm (udah masuk "red line") !!


Pak Bud, kl O/D off atau lampu O/D nyala bkn pasti selalu akan menjadi lebih boros, Ya, kecuali di tanjakan O/D off maka kevakuman bisa malah lebih vakum. Sebaiknya pasang meter vakum aza supaya tahu.
krn dia ganti gigi biasanya di rpm 3000 keatas? Kl menurut kesimpulan saya, O/D hanya untuk ngebut mau nyusul / pas ditanjakan agar bs ngacir di rpm diatas 3000. Benar tidak? Itu salah satunya, klu di tanjakan panjang O/D on (lampu O/D mati) maka gear-nya bisa pindah-pindah naik/turun di antara gigi 3 & O/D shg di tanjakan panjang O/D perlu di-off-kan.
Apa kl untuk pemakaian didalam kota, dengan O/D off pemakaian bensin malah bs lebih irit? Tgt di tol O/D on lebih irit, ttp di kemacetan ato tanjakan sesaat O/D off lebih irit.




RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - tgduren - 11-01-2009 23:37

thanks atas inponya


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - Simpleline - 14-01-2009 10:57

pak budi thanks buat pencerahannya... kayaknya perlu juga ya vacuum meter...


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - apratomo - 15-09-2009 14:01

BUDI Menulis:
Bro Simpleline,

Klu traffic light merah di pindah ke N :
- keuntungannya konsumsi BBM jadi lebih irit, krn klu tidak dipindah ke N maka kevakuman turun shg BBM lebih boros. Tidak perlu kuatir transmisi A/T-nya bekerja lebih saat di posisi D dgn rpm idle & di-rem/berhenti di traffic light krn ECU ECT sudah mengaturnya supaya transmisi A/T tidak overheated. Kecuali klu posisi D + di-rem/berhenti lalu rpm digeber ampe 5000 rpm maka torque converter pasti overheated & bisa jebol (kondisi spt ini hanya boleh dilakukan oleh teknisi yg tahu betul transmisi A/T utk cek kondisi kopling A/T & torque converter-nya)
- kerugiannya pada saat mau jalan lagi maka tuas harus dipindahkan ke D & pasti terjadi proses yg dinamakan "N to D Squad" yi gear naik ke 2 dulu & baru pindah ke 1 yg terasa sbg hentakan & proses "N to D Squad" akan menyebabkan kopling & torque converter bekerja lebih sesaat.

Jadi terserah mau di pindah ke N ato tidak, yg penting tahu keuntungan & kerugiannya bro.Winking

OD = Over Drive mirip dgn gigi pers 5 di M/T yg berfungsi utk menurunkan rpm mesin pada kec yg sama alias efisiensi pemakaian bensin. Baik gigi 3 maupun O/D di Avz udah dilengkapi dgn "lock-up" jadi keduanya bisa dipake secara kontinyu (terus menerus), tinggal mau pake gigi 3 klu senengnya selap-selip di dalam kota ato mau pake gigi O/D klu mau pemakaian bensin lebih irit di tol.
Klu cruising 60 km/jam di 2000 rpm itu artinya di gigi O/D bro, klu pake gigi 3 (O/D off ato lampu kuning O/D nyala) cruising 60 km/jam kira-kira di 3000 rpm. Yg lebih perlu diperhatikan klu mau nyalip di tol misalnya kec 140 km/jam di 4700 rpm (gigi O/D) maka jgn sekali-kali meng-off-kan O/D utk pindah ke gigi 3 krn pada kec 140 km/jam di gigi 3 maka rpm-nya adalah 7000 rpm (udah masuk "red line") !!


Wah membangkitkan thread lama nih

Sblmnya gw blm pernah bawa matic, baru hari ini perdana semenjak AVS A/T smp tadi malem Gaya.

Mau nanya donk, klo dari N ke D ada squad nya, klo dari P ke D juga ada squad nya juga ga? Masih bingung soalnya klo lagi nunggu di traffic light mendingan nginjek rem aja atau di netralin + hand break. Klo nginjek rem mlulu pegel juga Hikhik

Oh ya skalian nanya lagi hehehe, klo parkir (paralel atau biasa) best practice nya pake P atau N aja? sama2 pake hand break juga ya. Soalnya pernah baca2 klo ga salah P itu mirip kyk masuk gigi, makanya ga bisa di dorong dan klo masuk P and parkiran nya miring, transmisinya jadi terbebani lebih berat. Bener atau ga? 095


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - irwan_ap - 20-12-2009 08:10

Sundul ah... soalnya pertanyaan bagus tapi belum terjawabTopdeh

apratomo Menulis:

BUDI Menulis:
Bro Simpleline,

Klu traffic light merah di pindah ke N :
- keuntungannya konsumsi BBM jadi lebih irit, krn klu tidak dipindah ke N maka kevakuman turun shg BBM lebih boros. Tidak perlu kuatir transmisi A/T-nya bekerja lebih saat di posisi D dgn rpm idle & di-rem/berhenti di traffic light krn ECU ECT sudah mengaturnya supaya transmisi A/T tidak overheated. Kecuali klu posisi D + di-rem/berhenti lalu rpm digeber ampe 5000 rpm maka torque converter pasti overheated & bisa jebol (kondisi spt ini hanya boleh dilakukan oleh teknisi yg tahu betul transmisi A/T utk cek kondisi kopling A/T & torque converter-nya)
- kerugiannya pada saat mau jalan lagi maka tuas harus dipindahkan ke D & pasti terjadi proses yg dinamakan "N to D Squad" yi gear naik ke 2 dulu & baru pindah ke 1 yg terasa sbg hentakan & proses "N to D Squad" akan menyebabkan kopling & torque converter bekerja lebih sesaat.

Jadi terserah mau di pindah ke N ato tidak, yg penting tahu keuntungan & kerugiannya bro.Winking

OD = Over Drive mirip dgn gigi pers 5 di M/T yg berfungsi utk menurunkan rpm mesin pada kec yg sama alias efisiensi pemakaian bensin. Baik gigi 3 maupun O/D di Avz udah dilengkapi dgn "lock-up" jadi keduanya bisa dipake secara kontinyu (terus menerus), tinggal mau pake gigi 3 klu senengnya selap-selip di dalam kota ato mau pake gigi O/D klu mau pemakaian bensin lebih irit di tol.
Klu cruising 60 km/jam di 2000 rpm itu artinya di gigi O/D bro, klu pake gigi 3 (O/D off ato lampu kuning O/D nyala) cruising 60 km/jam kira-kira di 3000 rpm. Yg lebih perlu diperhatikan klu mau nyalip di tol misalnya kec 140 km/jam di 4700 rpm (gigi O/D) maka jgn sekali-kali meng-off-kan O/D utk pindah ke gigi 3 krn pada kec 140 km/jam di gigi 3 maka rpm-nya adalah 7000 rpm (udah masuk "red line") !!


Wah membangkitkan thread lama nih

Sblmnya gw blm pernah bawa matic, baru hari ini perdana semenjak AVS A/T smp tadi malem Gaya.

Mau nanya donk, klo dari N ke D ada squad nya, klo dari P ke D juga ada squad nya juga ga? Masih bingung soalnya klo lagi nunggu di traffic light mendingan nginjek rem aja atau di netralin + hand break. Klo nginjek rem mlulu pegel juga Hikhik

Oh ya skalian nanya lagi hehehe, klo parkir (paralel atau biasa) best practice nya pake P atau N aja? sama2 pake hand break juga ya. Soalnya pernah baca2 klo ga salah P itu mirip kyk masuk gigi, makanya ga bisa di dorong dan klo masuk P and parkiran nya miring, transmisinya jadi terbebani lebih berat. Bener atau ga? 095




RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - tgduren - 20-12-2009 08:40

kl di lampu merah mending netral trun handbrake dan kl udah pake matic mending cari parkir yg ga di dorong2. Jd parkir pake P aja, singkatan aja udah P dr Parking


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - irwan_ap - 20-01-2010 12:56

Pak Budi, kemarin saya tanya ke SA waktu service 1000 km, katanya seharusnya kalo traffic light, lebih baik dinetralkan saja Pak. Katanya justru kalau tetap di posisi "D", malah bikin koplingnya makin cepat aus. Duh, jadi bingung yang bener yang mana ya?


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - shanben - 22-01-2010 12:49

om budi, saya mw nanya nih, pertanyaannya simple, tp sering bikin saya bingung, waktu mw masuk gigi D alias br mw start jalan, entah itu dari N-D atau P-R-N-D seberapa dalamkah rem harus diinjak supaya gearnya berpindah dengan benar?, terus klo misal dari N-D gk sambil injek rem, apakah bs pindah giginya? (gk brani nyoba, cm pengen tau aja, hehhe..)

thanks


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - BUDI - 22-01-2010 13:43

irwan_ap Menulis:
Pak Budi, kemarin saya tanya ke SA waktu service 1000 km, katanya seharusnya kalo traffic light, lebih baik dinetralkan saja Pak. Katanya justru kalau tetap di posisi "D", malah bikin koplingnya makin cepat aus. Duh, jadi bingung yang bener yang mana ya?


Sebelum tanya transmisi A/T ke SA, sebaiknya tanyakan dulu udah berapa lama SA-nya mengendarai boil A/T 095 Jangan pernah sekali-kali tanya kepada SA yg baru punya pengalaman pake motor Kymco A/T Haha PASTI MENYESATKAN Tuh

Klo mau tanya soal transmisi A/T yg benar, coba telp ke TAM Sunter minta disambungin ke Pak Iwan Abdurachman/Ka Training-nya TAM Gozkirpma


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - BUDI - 22-01-2010 13:48

shanben Menulis:
om budi, saya mw nanya nih, pertanyaannya simple, tp sering bikin saya bingung, waktu mw masuk gigi D alias br mw start jalan, entah itu dari N-D atau P-R-N-D seberapa dalamkah rem harus diinjak supaya gearnya berpindah dengan benar?, terus klo misal dari N-D gk sambil injek rem, apakah bs pindah giginya? (gk brani nyoba, cm pengen tau aja, hehhe..)

thanks


Bro, pada boil A/T yg udah dikontrol ECT (Electronic Controlled Transmission) spt di A/X maka signal rem akan menjadi salah satu input ke ECT shg dianjurkan utk menginjak rem saat pindahin gigi A/T (N-D misalnya).
Tetapi klo tidak mau injak rem saat pindah gigi N-D juga tidak apa-apa & tetap bisa pindah cuman pasti terjadi hentakan lebih besar + kopling lebih cepat aus.Winking


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - shanben - 22-01-2010 13:58

BUDI Menulis:

shanben Menulis:
om budi, saya mw nanya nih, pertanyaannya simple, tp sering bikin saya bingung, waktu mw masuk gigi D alias br mw start jalan, entah itu dari N-D atau P-R-N-D seberapa dalamkah rem harus diinjak supaya gearnya berpindah dengan benar?, terus klo misal dari N-D gk sambil injek rem, apakah bs pindah giginya? (gk brani nyoba, cm pengen tau aja, hehhe..)

thanks


Bro, pada boil A/T yg udah dikontrol ECT (Electronic Controlled Transmission) spt di A/X maka signal rem akan menjadi salah satu input ke ECT shg dianjurkan utk menginjak rem saat pindahin gigi A/T (N-D misalnya).
Tetapi klo tidak mau injak rem saat pindah gigi N-D juga tidak apa-apa & tetap bisa pindah cuman pasti terjadi hentakan lebih besar + kopling lebih cepat aus.Winking


oh gt toh, jd dia cm butuh signal remnya aja, jd mw injeknya dalem dalem sama injek cm ala kadar aja gpp kan? thanks anyway bro bwt jwbannyaGozkirpma


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - irwan_ap - 29-01-2010 10:51

Hehehe... confirm pak Budi, saya sudah tanya bos servicenya ADM, katanya memang lebih baik jangan terlalu sering memindahkan N ke D dan sebaliknya. kecuali memang berhentinya lama (2 menitan lah katanya).

BUDI Menulis:
Sebelum tanya transmisi A/T ke SA, sebaiknya tanyakan dulu udah berapa lama SA-nya mengendarai boil A/T 095 Jangan pernah sekali-kali tanya kepada SA yg baru punya pengalaman pake motor Kymco A/T Haha PASTI MENYESATKAN Tuh

Klo mau tanya soal transmisi A/T yg benar, coba telp ke TAM Sunter minta disambungin ke Pak Iwan Abdurachman/Ka Training-nya TAM Gozkirpma




RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - Simpleline - 29-01-2010 10:56

irwan_ap Menulis:
Hehehe... confirm pak Budi, saya sudah tanya bos servicenya ADM, katanya memang lebih baik jangan terlalu sering memindahkan N ke D dan sebaliknya. kecuali memang berhentinya lama (2 menitan lah katanya).


oh ya ? bener tidak apa2 ?
soalnya kalau injak rem doang, kadang terasa ada perlawanan dari mesin (mau bergerak maju) apalagi kalau kompressor AC tiba2 nyala setelah idle...
saya sih biasanya ya injek rem doang... kecuali di lampu merah yang detikannya sampe 99 baru di netralin hehe


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - irwan_ap - 30-01-2010 11:15

Simpleline Menulis:

irwan_ap Menulis:
Hehehe... confirm pak Budi, saya sudah tanya bos servicenya ADM, katanya memang lebih baik jangan terlalu sering memindahkan N ke D dan sebaliknya. kecuali memang berhentinya lama (2 menitan lah katanya).


oh ya ? bener tidak apa2 ?
soalnya kalau injak rem doang, kadang terasa ada perlawanan dari mesin (mau bergerak maju) apalagi kalau kompressor AC tiba2 nyala setelah idle...
saya sih biasanya ya injek rem doang... kecuali di lampu merah yang detikannya sampe 99 baru di netralin hehe



ya menurut beliau sih begitu ya... secara bos service-nya ADM juga dulu bos service-nya TAM juga. yang pasti sih katanya yang PANTANG itu kalo belum bener2 berhenti maju, udah masuk "R" terus langsung gas.


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - KANSAI SERVICE - 08-03-2011 07:55

Tanda kopling Matic habis ya RPM mesin tinggi tp larinya pelan atau tdk mau oper gigi yg lebih tinggi,bisa dilihat dari stik oli warna ATF nya kl merah kehitam-hitaman dan bau hangus ya ada beberapa kopling hangus.Untuk pemilik AVANZAXENIA di SEMARANG bisa dicek di KANSAI SERVICE bengkel AUTOMATIC TRANSMISSION Jl Puri Anjasmoro E1/24 (024)7616014 SEMARANG.Semoga bermanfaat.


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - Markus Yuwono Herbayu - 06-06-2012 00:24

Mas Budi ...
Well AVS saya kebetulan matic dan saya terbiasa untuk meng-N-kan ketika macet ... tapi kalau dibaca postingan diatas lebih baik di tahan di D saja kalau berhentinya gaq lama ... well karena mostly stop and go kauaqnya tahan di D aja ... pertanyaan ngaruh gaq yah di Rem mobil kita ? sorry nih kalau sudah pernah ditanyakan ...

terus shift-nya saya tuch model kanal yang gaq ada pencetan-nya kalau mau ngoper gigi dari N ke D or dari D ke 3 .. gimana yah cara bawa mobilnya yang baik? Mohon masukannya yaah .. makasih Mas ...


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - Ationg - 06-06-2012 17:29

BUDI Menulis:
Akan tetapi klu gear A/T sering dipindah-pindah khususnya pada saat mobil masih bergerak ato sering pindah ke N saat di traffic lights maka umur kopling A/T tsb akan lebih cepat aus
katakan kita gak pindahin ke N, gak papa tuch pak? padahal lg macet cet gak bergerak n trafik light , maklum bawanya manual jadinya kan kok kayk kurang sreg aja kalo gak di N
Di A/T sudah ada solenoid kontrol utk braking & lock-up bro jadi gak pindahin ke N dak papa kok asalkan dak bergeraknya dak ampe 1 jam tho Big Grin
jadi kalo dilampu merah kita ngga pindah gigi ngga masalah ya pak Budi? biasanya sih disby macetnya sih merayap. mungkin di beberapa Lampu Merah bisa 2 menitan. Seumpama di tahan ama hand rem ngga masalah kan?


ato sering pake gigi L & 2 yg tidak ada "lock-up" nya shg kerja kopling lebih berat.
lha kalo kita lagi di jalan yang menanjak (katakan menuju Puncak) kan kita memang pake posisi gigi ini kan untuk mendapatkan torsi gigi rendah??
Klu di posisi L ato 2 maka gear tidak bisa lock-up bro, laen klu di D maka ketika torsi mesin sudah memadai & kec mobil oke maka bisa pindah ke gigi 3 & di-lock up di gigi 3 (kopling bebas tugas) shg kopling tidak terlalu berat kerjanya. Yg plg parah klu naek A/T ttp akselerasinya kayak M/T mulai gigi L lalu pindah 2 lalu D, ini yg plg berat buat kopling msg-msg gigi kecuali A/T-nya sudah tipe Tiptronic.
kalo di ANA apakah teknologinya masih sama dengan avanza yg lama untuk transmisi maticnya?

makasih...




RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - bangrosi - 23-10-2013 02:23

pembahasan yg menarik soal transmisi matik jadi pengen tanya nih kebetulan pakai avanza mati
kalo tombol O/D dimodel baru itu yg tuas persenelingnnya model zig-zag/kelok-kelok dimana ya?


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - prasetyoimam - 06-01-2014 13:39

^up
ga ada tombol o/d om

tapi kira2 gini, posisi D = o/d on
posisi D3 = o/d off

cmiiw


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - irwangeos - 04-04-2014 15:14

Itu kalau yang A/T........
Nah kalau yang M/T biasanya ganti kopling di tahun ke berapa/kolometer brp.
Misalnya avanza M/T saya umur 2 tahun 2 bula,n kilometer sudah 29 ribuan, jarang keluar kota, kira2 sudah dekat ganti kopling gak ya?
Kalau ganti kopling avanza manual berapa total nya + ongkos pasang kira2?

Thanx info nya agan2 sebelumnya.


RE: Tanda kopling A/T habis di Avz A/T - DonnyAvz - 04-04-2014 15:48

irwangeos Menulis:
Itu kalau yang A/T........
Nah kalau yang M/T biasanya ganti kopling di tahun ke berapa/kolometer brp.


Kalau yang M/T, usia kopling tergantung cara berkendara, ada yang baru < 40rb km aja udah habis, tapi ada juga yang > 150rb km masih baik saja.
Avanza M/T saya saja sdh 105rb km blm pernah ganti kopling dan belum selip.

Untuk A/T, kalau saya sih berhenti lebih dari 3 menit, saya pindah ke N dari D. Menurut saya, mungkin yang memperpendek umur kopling A/T adalah langsung menginjak pedal gas dalam saat masuk D. Padahal ada jeda waktu sesaat kopling dan torque converter bekerja menyesuaikan dalam proses N pindah ke D. Inilah mungkin penyebab transmisi A/T dan koplingnya aus.

Saran : Tunggulah sesaat kira-kira 2-3 detik setelah masuk D untuk agar transmisi matic bersiap jalan, baru lepas rem dan injak gas secara halus dan gradual hingga mencapai kecepatan normalTopdeh, jangan seperti mau balapan/kebelet pipis setelah lampu merahWallbash