Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Hydrocarbon Crack System - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Modifikasi, Tips & Trik (/forumdisplay.php?fid=19)
+---- Forum: Mesin (/forumdisplay.php?fid=115)
+---- Topik: Hydrocarbon Crack System (/showthread.php?tid=10022)


Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 04-09-2008 11:47

Bro AvanzaXenia.net...ini ada informasi dari forum sebelah alat yang dibuat sendiri yang dapat menghemat BBM 50% - 90%. Apakah rr pernah ada yang mencoba ?

Nb. G cuma copy paste aja loh....maaf kalo tapik ini pernah dibahas di hapus aja oke.


Uji Coba Hydrocarbon Crack System
( Hcs hanya istilah / nama saja )

Apakah hydrocarbon crack system , HCS adalah sistem memecah atom hydrocarbon ( bahan bakar premium atau pertamax) menjadi atom hydrogen H2 dan carbon C dengan cara menggunakan pipa Katalis yang dipanaskan. Panas luar/ exothermic dari mesin internal combustion (mesin kendaraan) itu sendiri yaitu dari panas blok mesin maupun dari knalpot yang bisa mencapai temperatur hingga 400 derajat C.
HCS ini sangat efektif jika dipakai untuk power supelmen pada kendaraan bermotor sebagai penghemat bbmnya. Hydrogen yang digunakan adalah dari bbm Premium atau Pertamax yang biasa kita isikan pada kendaraan bermotor. Hcs hanya membutuhkan 5 sampai 10% dari tangki kendaraan dan bisa menghemat minimal 50% sampai 90% lebih tergantung membuka keran nya.
Cara pengoperasian alat ini dengan mengisikan 300cc premium kedalam botol plastik (seperti halnya cara hydrogen air yang sedang populer saat ini) kemudian uap bbm ini
disalurkan ke intake Carburator dengan melalui sebuah pipa Katalis yg bisa memecah premium menjadi hydrogen rich dan menghisap unsur paktikel carbon sehingga nantinya pada knalpot / gas buang unsur carbon monoxida bisa berkurang secara significan dan hydrogen sebagai penambah oktan pada kendaraan tersebut.
Dengan Crack hydrocarbon system anda bisa menghasilkan gas hydrogen (H2) sampai 3-5 LPM H2 (liter per menit)
Kenapa terjadi penghematan pada bbm pada kendaraan anda ? hal ini sebenarnya secara tidak terasa pengendara / pengguna yang biasa menarik/memutar tuas gas sampai dalam, kali ini hanya menarik /memutar tuas gas sedikit saja kendaraan sudah melaju kencang ,ini yang menyebabkan konsumsi bbm pada lubang sprayer (sepuyer :bhs jawanya) carburator hanya mengeluarkan bbm lebih sedikit sehingga bbm secara tidak terasa konsumsi bbm kendaraan menjadi irit abiss
Coba hitung2 irit: umpama kita gunakan 5% (50ml) saja dari tangki 1 liter premium untuk dipecah jadi hydrogen (H2) dan dialirkan ke karburator melalui pipa katalis (harus) maka bisa menghemat 70% sehingga net 65% hemat karena 5% sudah kita ambil, coba apabila 5% premium kita kembalikkan ke tangki anda tidak akan mendapatkan penghematan sama sekali.
Pipa katalis disini memegang peran sangat penting dapat juga sebagai Fire Flashback yang biasa dialami oleh tukang las yaitu gas balik (seperti letupan karbit) , sehingga anda tidak akan pernah mengalami fire flashback dari percikan api busi dari piston anda ke alat penghemat tadi

Membuat Pipa Katalis
literatur diambil dari:

Data dari US patent Abstract katalis : hydrocarbon to H2 high purity
Maaf nomer patent tidak saya sebut anda bisa cari sendiri di internet.
Pipa katalis terbuat dari silinder tembaga dengan panjang 10 sampai 13cm yang berisi antara lain serbuk alumina oxide dibungkus dengan saringan nikelin (nickel)dan lempeng platimun ( platina ) di lingkaran luar dan + rutherium (pada tekanan 70 - 150 psi ) masing2 disekat setrimin stailess steel sebagai anti Flashback
Sangat sulit dan mahal untuk dibuat tetapi informasi ini bisa anda cermati pada us patent tersebut

Sehingga saya bisa mengganti bahan2nya yang lebih sederhana dan murah mudah didapatkan, tentu saja dengan waktu dan uang percobaan ber puluh2 kali dengan cara mengganti isi katalis tersebut sampai berhasil meledakkan hasil gas nya.
dari vakum intake spedamotor tekanan nya adalah minus (-) 20 -30 psi


Kenapa H2 dari Hydrocarbon ( premium atau pertamax ) lebih menguntungkan ?

Anda tahu dan bisa cari rumus kimianya premium atau pertamax ? anda bisa cari di internet dengan search gasoline chemical formula / blended gasoline

Premium rumus kimianya adalah C8H18
Pertamax rumusnya C10H24 (maaf kalo salah tulis)
Mari kita lihat premium atau C8H18 jika di crack atau diurai atomnya 8 Carbon dan 18 atom hydrogen (H2) , apabila H2O (air) di pecah atomnya dengan elektrolisa adalah oksigen 1 atom dan H2 2 atom, sehingga untuk menyamai atom premium anda harus kalikan 9 kali H2O yang dielektrolisa atau dengan cara menaikan arus dc elektrolisa sampai 9 kali, contoh jika sebuah hydrogen elektrolisa 3 amper sudah menghasilkan gelembung hydrogen (H2) maka 3X9=27 amper elektrolisa tadi hasil hydrogen nya baru bisa menyerupai H18
Dengan alasan sumber listrik pada kendaran tidak cukup memadai apabila di ambil arus sampai 27amper maka gas hydrogen dengan cracking Premium dan atau pertamax lebih efisien dan tidak mahal, memang cara ini tidak merupakan penghemat dengan cara non fosil fuel supelmen tetapi untuk trik penghemat bbm pada saat ini akan lebih nyata2 menguntungkan.



Saat ini saya sudah mencoba pada kendaraan sepeda motor dan mobil
Dan hasilnya sangat memuaskan

Honda supraX 2007 bisa 111km/L
Honda Kharisma 125cc 100km/L
Yamaha VEGA R rata2 80-85km /L
Honda Vario rata2 55 -57 km/L
Yamaha Mio rata2 49 52 km /L
Suzuki smash 100 km /L dg speed 40-60km/j
Sanex Mocin matic 54 km /L aslinya 25km/j


Mobil Honda accord 81 sebelum 9km/l bisa menjadi 15,5km/ L


Penghematan cara lain:

Menhemat bbm dengan cara mencampur 1 liter premium dengan 20% pertamax untuk kendaraan sepedamotor dengan bbm premium bisa langsung mengirit 12%


Hydrogen (H2) yang saat ini baru populer sebagai supelmen kendaraan bermotor adalah memecah air H2O menjadi atom hydrogen dan oksigen
tujuannya juga untuk menghemat bahan bakar. Tetapi system electrolisa membutuhkan amper / arus aki yang besar. Apabila hydrogen dari elektrolisa ini hanya 5 sampai 10 amper hasil gelembung h2 itu sangat sedikit hasilnya yaitu kurang dari liter per menit, satuan ukuranya adalah LPM / gas hydrogen liter Per Menit. Apabila diukur hasil hydrogen dalam 1 menit bisa 1 liter anda baru bisa mengirit 15% bbm jika anda alirkan ke intake carburator.
Cara mengukurnya masukkan botol mineral 1 literan dalam ember isi air penuh dan isi botol mineral tersebut dan balikkan posisi botol ( bagian mulut botol dibawah dan tetap didalam ember ) lalu masukkan selang hydrogen elektrolisa masuk ke mulut botol dan nyalakan elektrolisanya maka gelembung h2 akan mengisi botol tsb , hitunglah waktunya
Menurut sebuah situs alternatif energy di amerika mengatakan jika menjalankan mesin 2,5 HP total menggunakan bbgas hydrogen memerlukan 6 -7 liter gas hydrogen per menit .
Tetapi jika hydrogen digunakan untuk menghemat bbm sepeda motor secara significan cukup 2-3 LPM saja , sedangkan untuk mencapai 2-3 LPM hydrogen anda paling tidak memerlukan arus listrik DC pada kendaraan anda antara 20 sampai 30 amper dengan temperature pada botol anda bisa mencapai 100 derajat C hingga mendidih H2O/ air nya dan akibat fatal lain bisa tekor aki anda.
Apabila anda membuat electrolisa hydrogen dan anda ukur arus dc nya hanya 3 amper dipastikan hasil gas hydrogen sangat kurang untuk sebuah supelmen penghemat bbm sepeda motor anda

http://www.kr.co.id/web/detail.php?s...091&actmenu=36




RE: Hydrocarbon Crack System - Danny Massie - 04-09-2008 12:40

Pusing bro bacanya tapi isinya mnarik , sayang gue gak ngerti kimia.
Jatah P'Budi nich....wkakakak, help me Sifu Budi ....Haha


RE: Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 04-09-2008 12:51

G jg pusing sich gimana cara buatnya tuh katalis-nya....tp yg g takutin cuma bahan baku yang akan diurainya dari bensin juga...takutnya meledak aja tuh kalo tempatnya gak kuat...secara tempatnya khan diletakkan di mesin.....kalo ditaro dalam kabin bisa teler gara2 hirup bau bensin.....


RE: Hydrocarbon Crack System - dani3 - 04-09-2008 19:42

gw udh coba bawa mobilnya salah satu member AvanzaXenia.net yang udh pakai HHC ini,

dan keseluruhan alatnya DIY sendiri,

yang pasti rasanya tuh pedal gas cukup ditempel tanpa ditekan udh ngacir Topdeh


RE: Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 04-09-2008 22:17

dani3 Menulis:
gw udh coba bawa mobilnya salah satu member AvanzaXenia.net yang udh pakai HHC ini,

dan keseluruhan alatnya DIY sendiri,

yang pasti rasanya tuh pedal gas cukup ditempel tanpa ditekan udh ngacir Topdeh


Siapa tuh ? Bgm keiritannya ? Bensinnya pake apa ?


RE: Hydrocarbon Crack System - Racing - 04-09-2008 22:32

pemecah molekul ??? memang ide bagus. Intinya sebenernya mau irit gimana molekul bensin itu bisa dipecah lebih banyak lagi. Selain bikin irit, bensin jadi terbakar sempurna gak ninggalin karbon.

Contoh gambarnya bisa di perbesar lagi gak bro ? kecil amat.


RE: Hydrocarbon Crack System - arif_tyo - 04-09-2008 22:45

Soenfri Menulis:

dani3 Menulis:
gw udh coba bawa mobilnya salah satu member AvanzaXenia.net yang udh pakai HHC ini,

dan keseluruhan alatnya DIY sendiri,

yang pasti rasanya tuh pedal gas cukup ditempel tanpa ditekan udh ngacir Topdeh


Siapa tuh ? Bgm keiritannya ? Bensinnya pake apa ?


itu lho om.. yg waktu kita ketemuan ber 4..... Winking


RE: Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 04-09-2008 22:45

Racing Menulis:
pemecah molekul ??? memang ide bagus. Intinya sebenernya mau irit gimana molekul bensin itu bisa dipecah lebih banyak lagi. Selain bikin irit, bensin jadi terbakar sempurna gak ninggalin karbon.

Contoh gambarnya bisa di perbesar lagi gak bro ? kecil amat.


Gimana gambar ini sudah cukup jelas ?




RE: Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 04-09-2008 22:49

arif_tyo Menulis:

Soenfri Menulis:

dani3 Menulis:
gw udh coba bawa mobilnya salah satu member AvanzaXenia.net yang udh pakai HHC ini,

dan keseluruhan alatnya DIY sendiri,

yang pasti rasanya tuh pedal gas cukup ditempel tanpa ditekan udh ngacir Topdeh


Siapa tuh ? Bgm keiritannya ? Bensinnya pake apa ?


itu lho om.. yg waktu kita ketemuan ber 4..... Winking


oh itu yg rumahnya di mabes.......jd eksperimen hydrogen boosternya ditinggalin nich ????


RE: Hydrocarbon Crack System - arif_tyo - 04-09-2008 23:16

Soenfri Menulis:

arif_tyo Menulis:

Soenfri Menulis:

dani3 Menulis:
gw udh coba bawa mobilnya salah satu member AvanzaXenia.net yang udh pakai HHC ini,

dan keseluruhan alatnya DIY sendiri,

yang pasti rasanya tuh pedal gas cukup ditempel tanpa ditekan udh ngacir Topdeh


Siapa tuh ? Bgm keiritannya ? Bensinnya pake apa ?


itu lho om.. yg waktu kita ketemuan ber 4..... Winking


oh itu yg rumahnya di mabes.......jd eksperimen hydrogen boosternya ditinggalin nich ????


ini jg kan masih ada hubungannya sama hydrogen om, bedanya ini pake bensin bukan pake air hehehe... Gozkirpma


RE: Hydrocarbon Crack System - BUDI - 04-09-2008 23:23

Baru denger nih bensin (ikatan C-H) dipanasin s/d 400 C bisa pecah jadi gas H2.095
Yang saya tahu bensin pada suhu 205 C akan menguap 100% alias SEGERA menjadi uap bensinToungue, artinya klu uap bensin masuk ke intake manifold ya otomatis AFR jadi RICHER shg rpm naik ato power naik (power max dicapai pada AFR 11.5-12 ato kondisi AFR RICHER).

Mudah-mudahan ide ini bukan dari mimpi di siang bolongnya si Joko ya.Haha


RE: Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 04-09-2008 23:24

arif_tyo Menulis:

Soenfri Menulis:

arif_tyo Menulis:

Soenfri Menulis:

dani3 Menulis:
gw udh coba bawa mobilnya salah satu member AvanzaXenia.net yang udh pakai HHC ini,

dan keseluruhan alatnya DIY sendiri,

yang pasti rasanya tuh pedal gas cukup ditempel tanpa ditekan udh ngacir Topdeh


Siapa tuh ? Bgm keiritannya ? Bensinnya pake apa ?


itu lho om.. yg waktu kita ketemuan ber 4..... Winking


oh itu yg rumahnya di mabes.......jd eksperimen hydrogen boosternya ditinggalin nich ????


ini jg kan masih ada hubungannya sama hydrogen om, bedanya ini pake bensin bukan pake air hehehe... Gozkirpma


iya sich....
Bro Arif tlg kontek n di share disini donk....


RE: Hydrocarbon Crack System - arif_tyo - 05-09-2008 00:00

Soenfri Menulis:

arif_tyo Menulis:

Soenfri Menulis:

arif_tyo Menulis:

Soenfri Menulis:

dani3 Menulis:
gw udh coba bawa mobilnya salah satu member AvanzaXenia.net yang udh pakai HHC ini,

dan keseluruhan alatnya DIY sendiri,

yang pasti rasanya tuh pedal gas cukup ditempel tanpa ditekan udh ngacir Topdeh


Siapa tuh ? Bgm keiritannya ? Bensinnya pake apa ?


itu lho om.. yg waktu kita ketemuan ber 4..... Winking


oh itu yg rumahnya di mabes.......jd eksperimen hydrogen boosternya ditinggalin nich ????


ini jg kan masih ada hubungannya sama hydrogen om, bedanya ini pake bensin bukan pake air hehehe... Gozkirpma


iya sich....
Bro Arif tlg kontek n di share disini donk....


sy jg belum liat...
yang empunya gawe hari sabtu mau main ke bandung sekalian ngetes HCS nya...
ntar sy fotoin deh ...


RE: Hydrocarbon Crack System - dani3 - 05-09-2008 00:44

BUDI Menulis:
Baru denger nih bensin (ikatan C-H) dipanasin s/d 400 C bisa pecah jadi gas H2.095
Yang saya tahu bensin pada suhu 205 C akan menguap 100% alias SEGERA menjadi uap bensinToungue, artinya klu uap bensin masuk ke intake manifold ya otomatis AFR jadi RICHER shg rpm naik ato power naik (power max dicapai pada AFR 11.5-12 ato kondisi AFR RICHER).

Mudah-mudahan ide ini bukan dari mimpi di siang bolongnya si Joko ya.Haha


Klo yg saya coba di mobil AvanzaXenia.net disini tuh tidak secara langsung dgn pemanasan
bensinnya pak Budi.

Tapi penguapannya dilakukan dgn cara memasukkan udara luar kedalam tabung
tersebut sehingga bensin tersebut dapat menguap dan hasil uapnya itu dimasukkan
kedalam box filter setelah saringan filter udara gitu.

saya ndak tau apakah dgn cara penguapan itu akan memecah menjadi h2 atau
tidak. atau hanya tetap sebuah uap bensin saja.

mudah2han pak budi dpt menjelaskan apakah dgn cara menguapkan bensin
dgn cara itu juga dapat merubah bensin menjadi h2 atau tidak?

tapi jelasinnya pake bahasa awam aja ya pak Budi, tar saya tambah ngak mudeng
klo pake bahasa kimiaTongue1


RE: Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 05-09-2008 00:58

arif_tyo Menulis:
sy jg belum liat...
yang empunya gawe hari sabtu mau main ke bandung sekalian ngetes HCS nya...
ntar sy fotoin deh ...


Siip deh....Gozkirpma


RE: Hydrocarbon Crack System - BUDI - 05-09-2008 08:00

dani3 Menulis:

BUDI Menulis:
Baru denger nih bensin (ikatan C-H) dipanasin s/d 400 C bisa pecah jadi gas H2.095
Yang saya tahu bensin pada suhu 205 C akan menguap 100% alias SEGERA menjadi uap bensinToungue, artinya klu uap bensin masuk ke intake manifold ya otomatis AFR jadi RICHER shg rpm naik ato power naik (power max dicapai pada AFR 11.5-12 ato kondisi AFR RICHER).

Mudah-mudahan ide ini bukan dari mimpi di siang bolongnya si Joko ya.Haha


Klo yg saya coba di mobil AvanzaXenia.net disini tuh tidak secara langsung dgn pemanasan
bensinnya pak Budi.

Tapi penguapannya dilakukan dgn cara memasukkan udara luar kedalam tabung
tersebut sehingga bensin tersebut dapat menguap dan hasil uapnya itu dimasukkan
kedalam box filter setelah saringan filter udara gitu.

saya ndak tau apakah dgn cara penguapan itu akan memecah menjadi h2 atau
tidak. atau hanya tetap sebuah uap bensin saja.

mudah2han pak budi dpt menjelaskan apakah dgn cara menguapkan bensin
dgn cara itu juga dapat merubah bensin menjadi h2 atau tidak?

tapi jelasinnya pake bahasa awam aja ya pak Budi, tar saya tambah ngak mudeng
klo pake bahasa kimiaTongue1


Barusan dapet info dr org yg ckp berkompeten di bidang kimia, menurut beliau tidak ada kemungkinan ikatan C-H dalam bensin dapat berubah menjadi H2 kecuali ber-reaksi dgn O2 (oksidasi) alias dibakar.

Klu perihal "heated-fuel" (bensin/solar yg dipanaskan dulu sebelum dibakar) biasanya dilakukan untuk menambah nilai kalori fuel tsb.
Contohnya 1 gallon bensin pada suhu 30 C memiliki kalori 115.000 Btu, jika dipanasi ampe 100 C kalorinya akan bertambah menjadi 117.000 Btu/gallon misalnya shg diharapkan kalori AFR yg terbakar lebih besar dlm "heated fuel".


RE: Hydrocarbon Crack System - Racing - 05-09-2008 08:54

Menurut gua cara ini bukan merubah bensin menjadi H2, tapi lebih ''menguraikan'' bensin menjadi terurai secara sempurna. Pemanasan dan tekanan tinggi mungkin membuat molekul bensin dipecah menjadi lebih banyak (terurai sempurna) sehingga otomatis bikin irit krn pembakaran bensin jadi lebih sempurna.


RE: Hydrocarbon Crack System - Danny Massie - 05-09-2008 10:04

@ Dani3 : efek pengiritan boil yang dicoba gimana?

@ Budi : berarti belum tentu applicable ke X/A nich? alias masih perdebatan kayak si Joko yach?

jadi tambah pusing, cuman penasaran aj nich BISA or TIDAK...
(gini dah kalo naik boil boros)


RE: Hydrocarbon Crack System - Danny Massie - 05-09-2008 10:08

BUDI Menulis:
Klu perihal "heated-fuel" (bensin/solar yg dipanaskan dulu sebelum dibakar) biasanya dilakukan untuk menambah nilai kalori fuel tsb.
Contohnya 1 gallon bensin pada suhu 30 C memiliki kalori 115.000 Btu, jika dipanasi ampe 100 C kalorinya akan bertambah menjadi 117.000 Btu/gallon misalnya shg diharapkan kalori AFR yg terbakar lebih besar dlm "heated fuel". kok diharapkan bukannya pastinya ??


ini kayak sistem kerja Ring bensin or diesel donk pak? emang efek ke tenaga/torsi/pengiritan bensin?


RE: Hydrocarbon Crack System - beni_sts - 05-09-2008 10:37

kayaknya pernah dibahas di Otomotif dech, tapi gak sedasyhat itu


RE: Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 05-09-2008 10:53

RR terlampir dibawah ini cara setting HCS, ini juga diambil dari forum sebelah....

CARA SETTING Paket JIN PENGHEMAT HCS

Cara setting:
Pasang ALAT2 sesuai dengan gambar diatas
Katalis saya buat peka panas jadi tidak perlu di klem di knalpot cukup diatas blok mesin saja.

... tutup keran pada jerigen (keran kuning) pastikan anda tahu letak setelan angin dan gas (throtle) pada carbu kalo belum tahu, tanya teman atau bengkel , gunakan obeng min (-)

kemudian

Isi jerigen dengan premium atau pertamax kira 200 -250 cc , tutup rapat jerigen jangan bocor angin
nyalakan mesin posisi stasioner ... buka kran pelan2 sampai terdengar suara rpm menurun ( jangan sampai mati atau rpm terlalu rendah )
sekarang buka ( putar kekiri ) stelan angin sampai rpm normal kembali buka lagi lakukan sampai gelembung dlm jerigen keluar cukup banyak ( perdetik kira2 10 -15 gelembung)

Cara singkat:
Tutup stelan angin (putar kanan sampai mentok ) kemudian membuka setelan angin ( putar kiri ) hingga 2,5 -3 putaran ( satu putaran =360* atau jam 12 sampai jam 12 lagi = 1 putaran ) tutup dulu kran yg di jerigen HCS, Siap dan starter mesin ... akan terjadi rpm tinggi ...tanpa menunggu lalu buka kran jerigen sampai stasioner cukup dah beres
Jika perlu:
Atur gas sampai secukupnya tidak terlalu kecil
SELESAI :
Silahkan coba kendaraan , jika power sudah nambah berarti sudah oke
Apabila anda memakai Pertamax maka power mesin akan bertambah kuat lagi dan siap untuk masuk ke Racing club

Hitung2 hemat:
Silahkan menghitung jangkauan kilometer anda dengan versi anda sendiri
Saran: Cari jalan yang sepi dan tidak banyak trafic light jika ada trafik light matikan mesinnya supaya tidak salah dalam menghitung , lakukan kecepatan pada waktu mengetest ant 50 -60km /jam.

Catatlah sebelum dan sesudah menggunakan JIN HCS....
jika males mencoba ,catatlah hasil kilometer setelah pakai HCS saja, dipastikan anda sudah bisa lega dan tersenyum dengan hasil anda
bandingkan data yang ada di artikel saya sebelumnya
jika bisa melebihi, saya mengaku kalah nyetingnya dengan anda.

jangan lupa karena power kuat sehingga anda lupa tujuan ngirit malah jadi pembalap dan lupa tujuannya irit

trik: anda bisa merubah stelan kran sambil melaju motor anda, carilah power yang paling enteng... catatan : makin membuka kran bisa makin irit tapi pertamax yg ada di jerigen anda juga secara signifikan cepat berkurang ... diperkirakan 200 cc untuk 1 tangki pit montor anda (jawa)


selamat mencoba

salam


RE: Hydrocarbon Crack System - BUDI - 05-09-2008 12:13

Danny Massie Menulis:

BUDI Menulis:
Klu perihal "heated-fuel" (bensin/solar yg dipanaskan dulu sebelum dibakar) biasanya dilakukan untuk menambah nilai kalori fuel tsb.
Contohnya 1 gallon bensin pada suhu 30 C memiliki kalori 115.000 Btu, jika dipanasi ampe 100 C kalorinya akan bertambah menjadi 117.000 Btu/gallon misalnya shg diharapkan kalori AFR yg terbakar lebih besar dlm "heated fuel". kok diharapkan bukannya pastinya ??
krn mmg blum dihitung kepastian nambah berapa Btu dr 30 C ke 100 C bro


ini kayak sistem kerja Ring bensin or diesel donk pak? emang efek ke tenaga/torsi/pengiritan bensin?
Mungkin ada efeknya dgn "heated fuel" ttp terasa ato tidak itu persoalan laennya.Big Grin




RE: Hydrocarbon Crack System - dani3 - 05-09-2008 21:15

Danny Massie Menulis:
@ Dani3 : efek pengiritan boil yang dicoba gimana?


waktu coba belum ngitungin keiritannya bro Danny....
Sabtu ini kayaknya mo di test keiritannya, tunggu aja
biar nanti yang punya gawe yang komentar yah...Gozkirpma


RE: Hydrocarbon Crack System - 3R1X - 05-09-2008 21:54

He..he..kayaknya banyak yg penasaran nih Winking


RE: Hydrocarbon Crack System - Pak_gendon - 07-09-2008 19:10

termasuk saya..udah banyak sangat banyak artikel artikel tentang cara hemat BBM..tapi buntu buntutnya nggak pernah ada yang sampai di patenkan dan di rpoduksi masal...jadi intinya Boong besar aja.


RE: Hydrocarbon Crack System - Supriyanto Kartono - 07-09-2008 19:40

Pak_gendon Menulis:
termasuk saya..udah banyak sangat banyak artikel artikel tentang cara hemat BBM..tapi buntu buntutnya nggak pernah ada yang sampai di patenkan dan di rpoduksi masal...jadi intinya Boong besar aja.

Namanya juga usaha.....khan ada pepatah bijak yg katanya"Keberhasilan itu didapat dari 99%kerja keras dan 1%kepandaian"Yagak


RE: Hydrocarbon Crack System - dani3 - 07-09-2008 23:25

Supriyanto Kartono Menulis:

Pak_gendon Menulis:
termasuk saya..udah banyak sangat banyak artikel artikel tentang cara hemat BBM..tapi buntu buntutnya nggak pernah ada yang sampai di patenkan dan di rpoduksi masal...jadi intinya Boong besar aja.

Namanya juga usaha.....khan ada pepatah bijak yg katanya"Keberhasilan itu didapat dari 99%kerja keras dan 1%kepandaian"Yagak


Yup.... Thomas A. Edison aja menemukan bohlam lampu pijar aja
pasti tidak cuma beberapa kali gagal, walau saya gak tau dia berapa
kali ataupun puluhan kali mencoba namun pada akhirnya berhasil kan...Whistling


RE: Hydrocarbon Crack System - BUDI - 08-09-2008 08:59

Itungan sederhana konsumsi BBM di mesin sbb :
1 gallon (3,78 liter) bensin murni mengandung energi sebesar 115.000 Btu
1 Btu = 0,0002931 KWH
Efisiensi mesin bakar = 35%
Jadi setiap KW per jam (KWH) yg diproduksi mesin diperlukan sekitar 0,32 liter bensin.
Contohnya pada rpm 3000 power output mesin A/X sekitar 35 KW, selama 1 jam (35 KWH) akan membutuhkan bensin 11,2 liter. Klu kec yg dicapai pada rpm 3000 pada gigi 5 sekitar 100 km/jam maka konsumsi bensin sekitar 100km/11,2 liter = 9 km/liter


RE: Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 08-09-2008 11:56

BUDI Menulis:
Itungan sederhana konsumsi BBM di mesin sbb :
1 gallon (3,78 liter) bensin murni mengandung energi sebesar 115.000 Btu
1 Btu = 0,0002931 KWH
Efisiensi mesin bakar = 35%
Jadi setiap KW per jam (KWH) yg diproduksi mesin diperlukan sekitar 0,32 liter bensin.
Contohnya pada rpm 3000 power output mesin A/X sekitar 35 KW, selama 1 jam (35 KWH) akan membutuhkan bensin 11,2 liter. Klu kec yg dicapai pada rpm 3000 pada gigi 5 sekitar 100 km/jam maka konsumsi bensin sekitar 100km/11,2 liter = 9 km/liter


Berarti mesin A/X seperti yang dicontohkan penggunaan yang paling efisien / irit hanya 1:9 ?


RE: Hydrocarbon Crack System - BUDI - 08-09-2008 13:07

Soenfri Menulis:

BUDI Menulis:
Itungan sederhana konsumsi BBM di mesin sbb :
1 gallon (3,78 liter) bensin murni mengandung energi sebesar 115.000 Btu
1 Btu = 0,0002931 KWH
Efisiensi mesin bakar = 35%
Jadi setiap KW per jam (KWH) yg diproduksi mesin diperlukan sekitar 0,32 liter bensin.
Contohnya pada rpm 3000 power output mesin A/X sekitar 35 KW, selama 1 jam (35 KWH) akan membutuhkan bensin 11,2 liter. Klu kec yg dicapai pada rpm 3000 pada gigi 5 sekitar 100 km/jam maka konsumsi bensin sekitar 100km/11,2 liter = 9 km/liter


Berarti mesin A/X seperti yang dicontohkan penggunaan yang paling efisien / irit hanya 1:9 ?


Kira-kira begitu bro, jadi klu jalan di tol konstan 90-100 km/jam sudah bisa dapet 13-15 km/liter artinya sudah cukup irit.
NOTE : mesin - transmisi dll itu bukan sumber energi & hanya sbg pen-transfer energi saja, sedangkan BBM-lah yg sumber energi.
Jadi klu mau diritkan ya energi di dalam BBM-nya ditingkatkan ato efisiensi mesin/transmisi diperbaiki, contohnya klu A/X di gigi 5 bisa 150 km/jam pada 3000 rpm spt Livina Tongue1 ya jadi irit tho (11,2 liter/jam utk 150 km misalnya) ttp kuat nanjak dak itu persoalan laennya.Toungue


RE: Hydrocarbon Crack System - Nurtaranto - 08-09-2008 14:00

BUDI Menulis:

Soenfri Menulis:

BUDI Menulis:
Itungan sederhana konsumsi BBM di mesin sbb :
1 gallon (3,78 liter) bensin murni mengandung energi sebesar 115.000 Btu
1 Btu = 0,0002931 KWH
Efisiensi mesin bakar = 35%
Jadi setiap KW per jam (KWH) yg diproduksi mesin diperlukan sekitar 0,32 liter bensin.
Contohnya pada rpm 3000 power output mesin A/X sekitar 35 KW, selama 1 jam (35 KWH) akan membutuhkan bensin 11,2 liter. Klu kec yg dicapai pada rpm 3000 pada gigi 5 sekitar 100 km/jam maka konsumsi bensin sekitar 100km/11,2 liter = 9 km/liter


Berarti mesin A/X seperti yang dicontohkan penggunaan yang paling efisien / irit hanya 1:9 ?


Kira-kira begitu bro, jadi klu jalan di tol konstan 90-100 km/jam sudah bisa dapet 13-15 km/liter artinya sudah cukup irit.
NOTE : mesin - transmisi dll itu bukan sumber energi & hanya sbg pen-transfer energi saja, sedangkan BBM-lah yg sumber energi.
Jadi klu mau diritkan ya energi di dalam BBM-nya ditingkatkan ato efisiensi mesin/transmisi diperbaiki, contohnya klu A/X di gigi 5 bisa 150 km/jam pada 3000 rpm spt Livina Tongue1 ya jadi irit tho (11,2 liter/jam utk 150 km misalnya) ttp kuat nanjak dak itu persoalan laennya.Toungue


mau bikin ax lebih hemat? ya pasang waiTopdeh
pnp jg bisa bikin hemat karena mengefisienkan kerja mesin, tp klo jd senang geber2 ya ga hemat lgBig Grin


RE: Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 08-09-2008 14:17

BUDI Menulis:

Soenfri Menulis:

BUDI Menulis:
Itungan sederhana konsumsi BBM di mesin sbb :
1 gallon (3,78 liter) bensin murni mengandung energi sebesar 115.000 Btu
1 Btu = 0,0002931 KWH
Efisiensi mesin bakar = 35%
Jadi setiap KW per jam (KWH) yg diproduksi mesin diperlukan sekitar 0,32 liter bensin.
Contohnya pada rpm 3000 power output mesin A/X sekitar 35 KW, selama 1 jam (35 KWH) akan membutuhkan bensin 11,2 liter. Klu kec yg dicapai pada rpm 3000 pada gigi 5 sekitar 100 km/jam maka konsumsi bensin sekitar 100km/11,2 liter = 9 km/liter


Berarti mesin A/X seperti yang dicontohkan penggunaan yang paling efisien / irit hanya 1:9 ?


Kira-kira begitu bro, jadi klu jalan di tol konstan 90-100 km/jam sudah bisa dapet 13-15 km/liter artinya sudah cukup irit.
NOTE : mesin - transmisi dll itu bukan sumber energi & hanya sbg pen-transfer energi saja, sedangkan BBM-lah yg sumber energi.
Jadi klu mau diritkan ya energi di dalam BBM-nya ditingkatkan ato efisiensi mesin/transmisi diperbaiki, contohnya klu A/X di gigi 5 bisa 150 km/jam pada 3000 rpm spt Livina Tongue1 ya jadi irit tho (11,2 liter/jam utk 150 km misalnya) ttp kuat nanjak dak itu persoalan laennya.Toungue


Jika sumber energinya kualitasnya diperbaiki maka mesin akan bekerja lebih efisien. Nah kalo bensinnya pake Pertamax Plus apakah akan jauh lebih irit ?

Kemarin sempat coba2 saat sebelum tune up + ganti oli mesin, tangki dikosongkan sampai tersisa kira2 5-10ltr trs (posisi meter digaris paling bawah krg dikit) dicampur pertamax Plus 22 ltr + aceton 50ml + campuran pembersih injector 120 ml. Mesin jadi lebih halus dan tarikan lebih enteng, tapi karena itu hanya sementara untuk pembersihan disaluran bensin + injector saja maka tdk tahu apakah jadi lebih irit apa tidak. Pada saat dicampur tersebut dilakukan perjalanan kurang lebih 250 km selama 5 hari dan sekali2 ditarik (italian tune up).


RE: Hydrocarbon Crack System - BUDI - 08-09-2008 14:35

Bro Soenfri,

Klu Pertamax Plus itu khan oktannya yg tinggi ttp blum tentu energinya lebih tinggi lho dp Premium.
Klu bicara oktan yg penting pake BBM dgn oktan yg sedikit diatas rekomendasi pabrik udah cukup misalnya A/X direkomendasikan pake BBM oktan 90 keatas ya std-nya pake Pertamax 92 ttp klu ada duit lebih boleh pake Pertamax Plus 95, sebenarnya pake oktan 92 & 95 sama saja utk optimalisasi/efisiensi mesin.
Yg lebih tinggi energinya dr bensin itu spt Toluene sktr 130.000 Btu/gallon, sedangkan Ethanol lebih rendah dp bensin cuman 75.000 Btu/gallon makanya klu pake Ethanol murni PASTI lebih boros dibanding bensin murni.


RE: Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 08-09-2008 14:50

BUDI Menulis:
Bro Soenfri,

Klu Pertamax Plus itu khan oktannya yg tinggi ttp blum tentu energinya lebih tinggi lho dp Premium.
Klu bicara oktan yg penting pake BBM dgn oktan yg sedikit diatas rekomendasi pabrik udah cukup misalnya A/X direkomendasikan pake BBM oktan 90 keatas ya std-nya pake Pertamax 92 ttp klu ada duit lebih boleh pake Pertamax Plus 95, sebenarnya pake oktan 92 & 95 sama saja utk optimalisasi/efisiensi mesin.
Yg lebih tinggi energinya dr bensin itu spt Toluene sktr 130.000 Btu/gallon, sedangkan Ethanol lebih rendah dp bensin cuman 75.000 Btu/gallon makanya klu pake Ethanol murni PASTI lebih boros dibanding bensin murni.


Oh gitu yach, jadi lebih baik dicampur toluene untuk mengoptimalkan energi pada bensin premium. Dulu pernah coba campur toluene dengan komposisi 750 ml utk 20 ltr bensin premium tp hanya bertahan 5 x saja karena merepotkan sekali dan dilihat dari irit dan tarikan gak beda jauh, apa salah ukuran campurannya ?

Back to laptop..eh salah topik HCS...

Dilihat dari review pada forum sebelah yang membahas HCS sprtnya terbukti mesin jadi irit, saya mau mencoba HCS ini tapi masih bingung mencari bahan katalisnya terbuat dari apa ? Apakah mungkin bahan yang digunakan alat penghemat bahan bakar magic jet yang diletakan sebelum air Filter ?


RE: Hydrocarbon Crack System - Danny Massie - 08-09-2008 15:16

Ayo bro Soenfri...gue ikut support aja yach...gue demen nich kalo ada yang DIY-DIY gini...


RE: Hydrocarbon Crack System - 3R1X - 09-09-2008 01:29

dani3 Menulis:
waktu coba belum ngitungin keiritannya bro Danny....
Sabtu ini kayaknya mo di test keiritannya, tunggu aja
biar nanti yang punya gawe yang komentar yah...Gozkirpma


Mana nih dan yg mau ngitung fc....095


RE: Hydrocarbon Crack System - 3R1X - 09-09-2008 01:35

BUDI Menulis:
Kira-kira begitu bro, jadi klu jalan di tol konstan 90-100 km/jam sudah bisa dapet 13-15 km/liter artinya sudah cukup irit.
NOTE : mesin - transmisi dll itu bukan sumber energi & hanya sbg pen-transfer energi saja, sedangkan BBM-lah yg sumber energi.
Jadi klu mau diritkan ya energi di dalam BBM-nya ditingkatkan ato efisiensi mesin/transmisi diperbaiki, contohnya klu A/X di gigi 5 bisa 150 km/jam pada 3000 rpm spt Livina Tongue1 ya jadi irit tho (11,2 liter/jam utk 150 km misalnya) ttp kuat nanjak dak itu persoalan laennya.Toungue


Waktu pergi ke cirebon (5 dewasa +2 anak + barang) sampe di pamanukan isi bensin, dapat 1:13,5 km. Kecepatan 100 - 120 km/h, style nyetir : ngebut halus.
Berarti irit banget yah.....Kisses


RE: Hydrocarbon Crack System - Hary Bandono - 09-09-2008 14:43

Detik Forum Menulis:
> ferrytendean@yahoo.com :

ECU atau computer di mobil malah ternyata membantu dan bisa join dengan HCS saya
Pernah saya pasang di xenia ,kran dibuka cukup full xenia dapet 1:20 dlm kota tanpa nyenggol setelan ECU sama sekali .. yang make pak polisi polda diy.. Pak Agus namanya beliau asal surabaya yg bertugas di jogja , silakan cari informasi telponnya di polda diy serius pak

Saya usahakan secepatnya upload pemasangan di sedan yg sudah ECU


trims
salam

Van de-Hari



Jadi tertarik nih, bisa 1:20 ya, nanti kalo bocor bisa bikin kebakaran ngga ya..?


RE: Hydrocarbon Crack System - anackcozz - 09-09-2008 15:04

ya namanya bensin kalo bocor pasti bisa aja kebakarrrr


RE: Hydrocarbon Crack System - dani3 - 09-09-2008 19:34

3R1X Menulis:

dani3 Menulis:
waktu coba belum ngitungin keiritannya bro Danny....
Sabtu ini kayaknya mo di test keiritannya, tunggu aja
biar nanti yang punya gawe yang komentar yah...Gozkirpma


Mana nih dan yg mau ngitung fc....095


orangnya lagi tepar bro, karena pake acara nyasar ampe subang segalaHahaHaha


RE: Hydrocarbon Crack System - SAS34 - 15-09-2008 18:33

dani3 Menulis:
orangnya lagi tepar bro, karena pake acara nyasar ampe subang segalaHahaHaha


Haha
gw berangkat ngisi bensin 30 L di jembatan besi pas digaris paling bawah, sampe di cikampek posisi bensin turun dikit banget (kecepatan rata2 80 Km), tapi udah jam 11 dan gw janji sama ponakan gw jam 11.30 udah sampe di bandara Bandung, jadi dari cikampek sampe pasteur bablas aja deh. yg pastinya tarikan saat nanjak enak, kaga boyo maklum aja Li (mungkin juga karena udah gw gabung sama WI) sampe di pasteur kira2 jam 11.30 an.

muter bentar di Bandung dianter sama Om arif langsung ke Sari ater. tanjakan ke Lembang juga enak maen di shift 2-3, cuma begitu oper 4 jadi agak loyo, padahal di 3 udah Rpm 4500an dan rpm naik terus .
sampe disana bro arif juga udah test dan posisi jarum di 1/2.

dari sari ater balik lagi ke bandung muter2 sampe malem terus balik ke sari ater sendiri (kaga dianter lagi sama bro Arif) akibatnya bablas sampe Subang Haha

dari Subang ke sari ater yg bawa ponakan gw.. amit2 nyetirnya jauh lebih parah dari gw, gas di bejek terus sampe nga bisa ngomong dah, sisa bensin tinggal 1/4 Hikhik

besoknya saat cek air WI, ampun ternyata selangnya bocor jadi mungkin udah bocor dari semalam, karena waktu liat2 bareng bro Arif masih normal2 aja.

dari Sari ater ke Tangkuban Perahu nah ini dia... gw salah pilih jalan masuknya dapet yg jalannya rusak parah kira2 5 Km, cuma bisa pake shift gear 1 terus dan nanjak terus.... pulangnya baru tau ada jalan masuk yg dari pintu lain. sampe Bandung isi 25 L, muter2 bentar balik ke jkt sampe rumah km 482, bensin di 1/2 lebih dikit.

bedanya saat udah pake HCS di On (versi pompa) dengan kagak pake, berasa banget saat nanjak, jadi begitu udah di ON pompa nya berasa ada tendangan dan pedal gas jadi lebih padat.

selang bensin gw masih yg versi yg sunat makanya kagak mau isi full, buktinya sampe di rumah masih bau bensin, berasa banget di belakang mobil apa lagi kalau deket posisi ban belakang di bawah penutup bensin.


RE: Hydrocarbon Crack System - thedee - 16-09-2008 09:23

SAS34 Menulis:
dari Sari ater ke Tangkuban Perahu nah ini dia... gw salah pilih jalan masuknya dapet yg jalannya rusak parah kira2 5 Km, cuma bisa pake shift gear 1 terus dan nanjak terus.... pulangnya baru tau ada jalan masuk yg dari pintu lain.


He..he...kejadiannya sama nih ama daku......hiks
Oke...back to HCS deh...intermezzo doang


RE: Hydrocarbon Crack System - SAS34 - 16-09-2008 15:47

mau nambahin nih di hcs gw pake pertamax+ total PP kira2 habis 1 L.

Penumpang dari Jkt 2 dewasa 2 anak, sampe Bandung nambah 2 dewasa + barang full menuhin bagasi belakang.

yg bikin gw tertarik dg hcs ini coba liat di youtube atau google dgn key word petrol vaporiser atau gasoline vaporiser atau untuk hcs key wordnya pakde hari, banyak pencerahannya.

malahan ada di you tube yg pernah gw liat (tapi linknya udah ilang, lupa key wordnya) dia jalanin genset murni pake uap bensin.

sebelum di pasang di mobil, peralatan yg gw pasang ini juga udah coba di test untuk melihat besarnya uap yg timbul, pertama pake 1 pumpa, ujung outputnya diameter kira2 7mm gw kasih api, dalam keadaan maks. apinya seperti mancis pada posisi paling gede, trs coba lagi pake 2 pompa, hasilnya apinya bunyi berdesis dan kalau sumber apinya dijauhin dari output, maka apinya akan padam.


RE: Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 17-09-2008 23:48

SAS34 Menulis:
mau nambahin nih di hcs gw pake pertamax+ total PP kira2 habis 1 L.

Penumpang dari Jkt 2 dewasa 2 anak, sampe Bandung nambah 2 dewasa + barang full menuhin bagasi belakang.

yg bikin gw tertarik dg hcs ini coba liat di youtube atau google dgn key word petrol vaporiser atau gasoline vaporiser atau untuk hcs key wordnya pakde hari, banyak pencerahannya.

malahan ada di you tube yg pernah gw liat (tapi linknya udah ilang, lupa key wordnya) dia jalanin genset murni pake uap bensin.

sebelum di pasang di mobil, peralatan yg gw pasang ini juga udah coba di test untuk melihat besarnya uap yg timbul, pertama pake 1 pumpa, ujung outputnya diameter kira2 7mm gw kasih api, dalam keadaan maks. apinya seperti mancis pada posisi paling gede, trs coba lagi pake 2 pompa, hasilnya apinya bunyi berdesis dan kalau sumber apinya dijauhin dari output, maka apinya akan padam.


Bro tolong di foto donk alatnya....


RE: Hydrocarbon Crack System - SAS34 - 18-09-2008 11:52

Soenfri Menulis:
Bro tolong di foto donk alatnya....


camdig gw jadul euy... tapi kayanya bro Arif udah fotoin deh waktu ketemuan. Mampir aja napa bro ???

pesenan HCSnya udah sampe blom ? kayanya sih menurut gw nih katalisnya iyg nempel di knalpot bisa pake yg ac punya deh yg modelnya kayak peluru gitu, terus cari selang karet yg bagus.


RE: Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 18-09-2008 22:35

SAS34 Menulis:

Soenfri Menulis:
Bro tolong di foto donk alatnya....


camdig gw jadul euy... tapi kayanya bro Arif udah fotoin deh waktu ketemuan. Mampir aja napa bro ???

pesenan HCSnya udah sampe blom ? kayanya sih menurut gw nih katalisnya iyg nempel di knalpot bisa pake yg ac punya deh yg modelnya kayak peluru gitu, terus cari selang karet yg bagus.


Nanti kalo sempet g mampir deh ketempat loe, brp no hp loe ?

Dicuekin tuh pesenan gue.....
Kalo dilihat sich model katalisnya mirip punya lemari es, tapi setahu g sich kalo punya lemari es isinya silika gel bukan serbuk alumina oxide yang dibungkus dengan saringan nikelin (nickel) dan lempeng platinum (platina), tapi apa g salah.....nanti g coba cari tau deh...


RE: Hydrocarbon Crack System - black.avanza - 18-09-2008 22:44

ada yang mo pasangin di mobil gw?


RE: Hydrocarbon Crack System - Indiana-jones - 07-12-2008 08:56

Halo semua...
Ane mau ikutan sharing...
Ane lg demen nyari penghemat bbm cm semkn gak ykn.
Cb ke http://www.priyadi.net/archive dan http://www.fuelsaving.info
Ditulis ama pemerhati,pakar bbm
Kt nya byk yg gak tebukti. Kalau ada pun plg 4 ampe 8 persen
Gitu bro...


RE: Hydrocarbon Crack System - arif_tyo - 07-12-2008 17:13

Indiana-jones Menulis:
Halo semua...
Ane mau ikutan sharing...
Ane lg demen nyari penghemat bbm cm semkn gak ykn.
Cb ke http://www.priyadi.net/archive dan http://www.fuelsaving.info
Ditulis ama pemerhati,pakar bbm
Kt nya byk yg gak tebukti. Kalau ada pun plg 4 ampe 8 persen
Gitu bro...


Mobil kita emang UDS (udah dari sono nya) FC nya segitu2 aja...
rekan2 disini sepertinya uda mencoba berbagai upaya untuk menghemat bbm melalui penggunaan alat bermacam2...

tenaga mungkin namnah, tapi rata2 hemat yg didapat cuma 5% aja...


RE: Hydrocarbon Crack System - Indiana-jones - 07-12-2008 21:18

arif_tyo Menulis:

Indiana-jones Menulis:
Halo semua...
Ane mau ikutan sharing...
Ane lg demen nyari penghemat bbm cm semkn gak ykn.
Cb ke http://www.priyadi.net/archive dan http://www.fuelsaving.info
Ditulis ama pemerhati,pakar bbm
Kt nya byk yg gak tebukti. Kalau ada pun plg 4 ampe 8 persen
Gitu bro...


Mobil kita emang UDS (udah dari sono nya) FC nya segitu2 aja...
rekan2 disini sepertinya uda mencoba berbagai upaya untuk menghemat bbm melalui penggunaan alat bermacam2...

tenaga mungkin namnah, tapi rata2 hemat yg didapat cuma 5% aja...




RE: Hydrocarbon Crack System - Satrio Adi - 16-01-2009 19:21

Soenfri Menulis:

SAS34 Menulis:

Soenfri Menulis:
Bro tolong di foto donk alatnya....


camdig gw jadul euy... tapi kayanya bro Arif udah fotoin deh waktu ketemuan. Mampir aja napa bro ???

pesenan HCSnya udah sampe blom ? kayanya sih menurut gw nih katalisnya iyg nempel di knalpot bisa pake yg ac punya deh yg modelnya kayak peluru gitu, terus cari selang karet yg bagus.


Nanti kalo sempet g mampir deh ketempat loe, brp no hp loe ?

Dicuekin tuh pesenan gue.....
Kalo dilihat sich model katalisnya mirip punya lemari es, tapi setahu g sich kalo punya lemari es isinya silika gel bukan serbuk alumina oxide yang dibungkus dengan saringan nikelin (nickel) dan lempeng platinum (platina), tapi apa g salah.....nanti g coba cari tau deh...


Bung Soenfri, apakah katalisnya seperti yg punya BROQUET?
Saya pernah lihat alat penghemat BBM merk BROQUET, pakai katalis seperti pil dibungkus saringan (mungkin nickel) dan di masikkan dlm tangki bensin.
Kalau gak salah baca di web sitenya alat tsb pakai prinsip Hydrocarbon Crack System. Kalau memeng itu, beli saja langsung katalisnya.


RE: Hydrocarbon Crack System - Soenfri - 19-01-2009 22:40

Satrio Adi Menulis:
Bung Soenfri, apakah katalisnya seperti yg punya BROQUET?
Saya pernah lihat alat penghemat BBM merk BROQUET, pakai katalis seperti pil dibungkus saringan (mungkin nickel) dan di masikkan dlm tangki bensin.
Kalau gak salah baca di web sitenya alat tsb pakai prinsip Hydrocarbon Crack System. Kalau memeng itu, beli saja langsung katalisnya.


Justru gak tau isi dari katalisnya makanya tdk menggunakan katalis tapi langsung saja uap bensin masuk ke intake. Saat ini sudah tidak digunakan lagi karena bensinnya cepat basi.


RE: Hydrocarbon Crack System - jossy - 18-02-2009 17:35

kalo gw sih lebih milih H2O karena lebih aman, tarikan lebih enteng dari standar dan yang gw HAMPIR GA PERCAYA....... ngelitik mesin hampir 100% HILANG!! (yg 1% faktor xxx)
dan untuk girit gw blom sempet ngitung, tapi sjauh ini bensin emang lebih lama turunnya hehehehehehe....


RE: Hydrocarbon Crack System - anackcozz - 12-03-2009 22:51

aku dah beli HCS minggu lalu, blon sempet pasang.
2 minggu sebelumnya beli juga, dipasang di sas34, tunggu reviewnya ajah ahhh...

belinya kemarin pas mudik ke jogja


RE: Hydrocarbon Crack System - clayred78 - 21-06-2009 12:50

Hallo all,

Mo tanya neh review alat HCS pada ax?? kok kayaknya pembahasannya di forum ini gak seru ya (cuman 2 page)?? WhistlingWhistlingWhistling gak kaya forum2 sebelah?? apa alat ini gak cocok buat di ax... minta reviewnya dong buat bro/sis yang dah pernah make alat ini terutama FC nya, soale terus terang ane tertarik ama alat ini cuman review yang di dapet buat mobil ax dikit banget..... thanks sebeulumnya....


RE: Hydrocarbon Crack System - drl - 11-08-2009 16:16

Hallo semua

Mau tanya, Apa udah ada yang nyoba HCS di VVTI pake uap bensinya ngambil dari
Charcoal canister.
Pasangnya : EVAP (Charcoal canister) --->hcs----> katup selenoid -----> TB.
Buat RR :
Katup selenoid yg menghubungkan EVAP dgn TB, pada saat kapan terbukanya?
kalau autorelay palcon nyabungin kabel yg untuk ke negatif coil, di AV G VVTI di sambung ke mana ya?


RE: Hydrocarbon Crack System - Hary Bandono - 11-08-2009 17:02

clayred78 Menulis:
Hallo all,

Mo tanya neh review alat HCS pada ax?? kok kayaknya pembahasannya di forum ini gak seru ya (cuman 2 page)?? WhistlingWhistlingWhistling gak kaya forum2 sebelah?? apa alat ini gak cocok buat di ax...


Lha iya lah, pan disini ngga ada yang dagang,
kalo di tetangga sibelah kan sekalian dagang, namanya juga nyari duit, disini ngga ada yang dagang sih makanya ngga begitu seru...

dulu pernah pake dimotor, trus ngga begitu ngaruh juga, kalo dihitung konsumsi bensin di tangki memang irit, tapi kalau dihitung dengan yang ditangki HCS kok malah sama aja ya.
trus paling naiknnya max speed dari 120 KM/H ke 130 KM/H

trus gara bensinnya yang ada malah pusing gara2 bau bensinnya, dah gitu 2 hari sekali harus diganti bensinnya. trus pas musim hujan taku kemasukan air selangnya jadi di copot.

Kalo ngga salah Pak nur pernah pake juga dan complain nya juga musti ganti bensin


RE: Hydrocarbon Crack System - cahyoe - 13-09-2009 07:19

Hary Bandono Menulis:

clayred78 Menulis:
Hallo all,

Mo tanya neh review alat HCS pada ax?? kok kayaknya pembahasannya di forum ini gak seru ya (cuman 2 page)?? WhistlingWhistlingWhistling gak kaya forum2 sebelah?? apa alat ini gak cocok buat di ax...


dulu pernah pake dimotor, trus ngga begitu ngaruh juga, kalo dihitung konsumsi bensin di tangki memang irit, tapi kalau dihitung dengan yang ditangki HCS kok malah sama aja ya.
trus paling naiknnya max speed dari 120 KM/H ke 130 KM/H

trus gara bensinnya yang ada malah pusing gara2 bau bensinnya, dah gitu 2 hari sekali harus diganti bensinnya. trus pas musim hujan taku kemasukan air selangnya jadi di copot.

Kalo ngga salah Pak nur pernah pake juga dan complain nya juga musti ganti bensin


Hai all,
sekedar testimoni aja nih, gw dah pake HCS di Xenia Li sekitar 2 Bln, pertama FC 1:9.3 menjadi 1:12, tarikan jadi enteng trus tenaganya ngisi terus emang sih gak ngaruh di top speednya.
Kalo gak mau repot bolak-balik ngisi tabung HCSnya diganti yang model kinggkong kapasita 5 liter, jadinya awet.
Sory gw bukan penjual..cuma skedar mau share aja secara gw jg dah pake di mio skitar 9bln yg lalu, hasilnya mio gw kayak bukan matic...enteng bener..

Salam irit
Cy