Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia

Versi Lengkap: Plat Tipis
Anda sekarang melihat versi singkat situs kami. Lihat Versi Lengkapnya dengan format yang lebih baik.

Bobby Sant Menulis:
Plat yang ada di seluruh mobil Avanza Xenia hanya memiliki ketebalan sekitar 2-2,7 mm. Beda dengan APV yang platnya memiliki ketebalan sampai diatas 3 mm.


Pak Bob,

Kalau ketebalan body 2-2,7 mm itu udah cukup tebal ... Volvo aja gak sampai 2 mm ... kalau 0.7 mm saya rasa ada benarnya ... karena generasi pertama kijang kotak masih 1.2 mm kemudian turun ke 1.0 mm terus diturunkan lagi ke 0.8 mm. Mungkin betul juga Pak Bob ... tebal platnya 0.7 mm sedang yang 2 mm tebal DEMPUL-nya.

Kalau di A/X sampai 2.7 mm ... udah kayak Abram Tank ... coba di check kembali ... mungkin cuman 0.7 mm. Kulit Bodi pesawat yang terbuat dari aluminium pun cuman 1.0 mm.

PenyuTurbo Menulis:
Pak Bob,
Kalau ketebalan body 2-2,7 mm itu udah cukup tebal ... Volvo aja gak sampai 2 mm ... kalau 0.7 mm saya rasa ada benarnya ... karena generasi pertama kijang kotak masih 1.2 mm kemudian turun ke 1.0 mm terus diturunkan lagi ke 0.8 mm. Mungkin betul juga Pak Bob ... tebal platnya 0.7 mm sedang yang 2 mm tebal DEMPUL-nya.

Kalau di A/X sampai 2.7 mm ... udah kayak Abram Tank ... coba di check kembali ... mungkin cuman 0.7 mm. Kulit Bodi pesawat yang terbuat dari aluminium pun cuman 1.0 mm.


Kyknya bener jg Om Bob.. peredam automat aja 2mm... mungkin platnya 0.7mm kali Om...

PenyuTurbo Menulis:
Pak Bob,

Kalau ketebalan body 2-2,7 mm itu udah cukup tebal ... Volvo aja gak sampai 2 mm ... kalau 0.7 mm saya rasa ada benarnya ... karena generasi pertama kijang kotak masih 1.2 mm kemudian turun ke 1.0 mm terus diturunkan lagi ke 0.8 mm. Mungkin betul juga Pak Bob ... tebal platnya 0.7 mm sedang yang 2 mm tebal DEMPUL-nya.

Kalau di A/X sampai 2.7 mm ... udah kayak Abram Tank ... coba di check kembali ... mungkin cuman 0.7 mm. Kulit Bodi pesawat yang terbuat dari aluminium pun cuman 1.0 mm.


Apa jangan-jangan 0,27 mm ya?

Katanya yg cerita, Avanza dan APV dibawa ke Malaysia untuk dipotong menjadi 6 bagian. Di Indonesia gak ada mesin potongnya, cuma di Malaysia yg ada mesin potong raksasa.

Setelah dipotong, maka diukur ketebalan plat yg digunakan. Yg pasti APV lebih tebal. Gak usah dipotong juga udah ketahuan kok.

Pak Bobby,

Setiap mobil produk TAM (Avanza, Innova, Rush) pasti ada 1 unit yg dikorbankan utk dipotong utk keperluaan brosure & training. Minggu ini yg akan dipotong adalah T Rush warna beige di TAM NSD Sunter.
Jadi klu mau ngukur ketebalan plat Avanza hub saja bag training TAM dgn pak Iwan Abdurachman (tel 6515551 ext 2902), nggak usah susah-susah motong lagi bodi Avz kita sendiri. Big Grin He he ..
Gue pernah lihat Avanza bodynya penyok..tapi kok kayak baju yg blm diseterika alias lecek2 gitu...apakah karena terlalu tipis body? Kayaknya di mobil lain gue blm pernah lihat yg penyoknya lecek kayak gituSmile
Nah kalo A/X kalian sering diparkir di gedung2 perkantoran, terus sering dijadiin tempat nongkrong/nyender supir-supir... pasti bakalan lecek bener tuh body hehehe Toungue
Iya yg jelas krg dari 1,0 mm
sering banget liat AX pada bagian bagasi belakang penyok entah kesundul motor/salah mundur
atau kena lompatan batu kerikil lepas di jalan pada bagian kanan kiri body
(makanya pada pasang pager... eh besi tanduk depan belakang ntuh)
Friends

Setahuku tebal body Avanza tidak lebih tebal atau lebih tipis dari kendaraan Jepang sekelasnya seperti Kijang, Panther, Kuda, & sedan menengah. Hampir seluruhnya menggunakan material SPCEN-SD (Special deep drawing) tebal +/- 0.78 mm. Kalo' mobil German seperti Mercedes (karena aku kerja disitu) aku tahu persis tebal body utk sedan atau truck = +/- 1 mm dengan material ekuivalen. Tebal material 2 - 4 mm biasanya dipakai utk komponen reinforcement & chassis. Ketebalan body harus optimal dengan kebutuhan, jika tidak akan menyulitkan proses produksi juga dengan proses re-work (wrinkle) & special handling.
Sbg. contoh : mayoritas kijang kapsul dari th. 97 sampe 2004 mengalami penyok/kerut di pintu bagasi pd dudukan plat nomor, itu menunjukkan reinforcement disitu kurang bagus (dibandingkan dengan berat pintunya), lucunya Toyota ga pernah berusaha utk improve disitu & konsumen juga ga complain. Jadi tidak hanya melulu karena body tipis.

Salam
Haryo
SPCEN-SD... kayanya pernah denger istilah ini pak Haryo.. itu kan kode kalau mau beli besi roll/coil kan ya? Tapi kan SPCEN ini sendiri ada macam2 tebalnya pak, dari 0.3 sampe 1.2mm? Emang betul kalo untuk body mobil 1mm udah sangat tebal. Yang dipake AX itu yang ukuran berapa ya, kalo 0.7 sih rasanya gak mungkin deh, bisa2 kurang dari itu.

Ah paling bener sih diasuransi aja mobilnya kalo sampe penyok/sobek gara2 tabrakan yah claim aja kupas tuh body ganti satu panel langsung! Pake asuransinya Garda Oto, biar nyaho dia rugi banyak claim gara2 produk sodaranya yang jelek hehehe..
katanya denger2 0.4
Halaman: 1 2 3 4 5 6 7 8
Referensi URL