Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia

Versi Lengkap: Mesin Sering OverHeat
Anda sekarang melihat versi singkat situs kami. Lihat Versi Lengkapnya dengan format yang lebih baik.
@om Mamikraharjo:
--> kipas muter triggernya karena suhu mesin (triggernya dari thermoswitch fan) & AC.
Kondisi sekarang:
-AC Nyala, kipas nyala
-AC gak nyala, kipas tidak mau nyala --> pls dipastikan lagi kondisi ini. Kalau memang seperti itu, berarti thermoswitch fan nya tidak normal (Avanza masih tetep pakai thermoswitch fan kan? CMIIW
-suhu mesin selalu di atas 1/2? Kalau sudah dipastikan thermoswitch fan OK, bisa juga dicek komponen pendingin lain, seperti kecepatan putaran fan, thermostat, kondisi radiator mampet atau tidak......

CMIIW
Semoga membantu

rgds
wku
para rekan dan senior di AvanzaXenia.net yg terhormat,
sy pengguna av G 04 sejak bulan januari 2010
bulan februari mobil dipinjam teman trus over heat dan tidak disadari oleh supir, sehingga mereka matikan ac (krn ac gak dingin) dan lanjut perjalanan hingga kurang lebih 40 km, setelah diusut2 air reservoir radiator habis dan saat mesin telah dingin radiator saya isi air kemasan hingga hampir 2 botol besar, selanjutnya mobil dijalankan tapi suhu mulai naik pada 15 menit setelah jalan. mobil sy hentikan dan besoknya baru ketahuan kalo extra fan mati (saat overheat kondisi malam dan tidak sedia senter).
oleh bengkel dinamo extra fan diganti "arang dinamo" dan extra fan muter lagi (
4 bulan kemudian mobil pasca long journey saat macet extra fan tetep nyala, mesin menjadi cepat panas (10 menit macet, suhu naik) (tapi saat jalan temp mesin normal (jarum ada di tengah))

dari cerita saya, kira kira menurut rekan dan senior di milist ini apakah penyebab hal itu ya..dan bagaimana alternatif solusi pemecahannya.
note : (saya punya asumsi extra fan saya lemah lagi, apakah asumsi saya benar?)
bagaimana deteksi kondisi extra fan bagus atau sudah lemah ?

salam

arief widyantoro Menulis:
note : (saya punya asumsi extra fan saya lemah lagi, apakah asumsi saya benar?)
bagaimana deteksi kondisi extra fan bagus atau sudah lemah ?


Coba mobil dijejerkan dengan AX lain yg tahun muda dan extra fan-nya masih bagus. Nanti dibandingkan hembusan anginnya. kalau secara visual aja agak susah memang mendeteksinya.
Kalau extra fan rusak bisa ganti motornya saja yg asli OEM, gak usah yg sepaket sama kipasnya.

kalau extra fan masih bagus kemungkinan lainnya adalah:
- radiator mampet (soalnya diisi air mineral, jadi waktu airnya menguap, mineralnya ketinggalan dan bikin mampet. JANGAN ISI RADIATOR DENGAN AIR MINERAL, yg terbaik adalah pakai air destilasi / air aki yg BIRU)
- thermostat rusak
- Kalau air radiator sampai habis kemungkinan ada kebocoran sistem pendingin, bisa diradiatornya atau ditempat lain

Sebaiknya bawa mobil ke tukang servis radiator om, mereka lumayan jago mendiagnosa masalah2 seperti ini.

arief widyantoro Menulis:
oleh bengkel dinamo extra fan diganti "arang dinamo" dan extra fan muter lagi (
4 bulan kemudian mobil pasca long journey saat macet extra fan tetep nyala, mesin menjadi cepat panas (10 menit macet, suhu naik) (tapi saat jalan temp mesin normal (jarum ada di tengah))

note : (saya punya asumsi extra fan saya lemah lagi, apakah asumsi saya benar?)
bagaimana deteksi kondisi extra fan bagus atau sudah lemah ?

salam


ada kemungkinan sih extra fan yg lemah lagi,
karena arang dinamo yang diganti mungkin bukan yang kualitas yang bagus,
sehingga dlm beberapa bulan sudah melemah lagi. cmiiw

Gan prio n dani3, tks a lot advicenya...sy akan follw up. Fyi kmrn sy ganti accu baru dan kliatannya gejala overheat sdh berkurang, sehingga sy berasumsi radiator panas karena voltase accu yg tidak maksimal sehingga putarannya lemah.
So bagi rekan lain yg mengalami hal serupa, bs cek accu tegangan dulu atau cek kondisi accu.
Tips : di shop n drive bs cek accu gratis n accunya bergaransi (accu basah 12 bulan / accu kering (MF) 18 bln)
Semoga tips tsb bukan kategori promo yaa..krn pengalaman pribadi aja Smile

arief widyantoro Menulis:
Fyi kmrn sy ganti accu baru dan kliatannya gejala overheat sdh berkurang, sehingga sy berasumsi radiator panas karena voltase accu yg tidak maksimal sehingga putarannya lemah.


Yg ini nggak ada hubungannya om.
kalau mesin nyala, fungsi aki diambil alih sama alternator, semua listrik di mobil akan disuplai sama alternator, termasuk juga extra fan radiator.

arief widyantoro Menulis:
Gan prio n dani3, tks a lot advicenya...sy akan follw up. Fyi kmrn sy ganti accu baru dan kliatannya gejala overheat sdh berkurang, sehingga sy berasumsi radiator panas karena voltase accu yg tidak maksimal sehingga putarannya lemah.
So bagi rekan lain yg mengalami hal serupa, bs cek accu tegangan dulu atau cek kondisi accu.
Tips : di shop n drive bs cek accu gratis n accunya bergaransi (accu basah 12 bulan / accu kering (MF) 18 bln)
Semoga tips tsb bukan kategori promo yaa..krn pengalaman pribadi aja Smile


CMIIW accu diganti kalo udah gak kuat start, selama bisa ngangkat dinamo starter (beban terbesar), accu masih dalam kondisi prima ...

ikut nimbrung Mas, sepertimya kerusakan elektrik fan disamping tahun, juga km,- nya apa lagi jika sering dijalur macet, elektrik fan kerja terus
baru ganti motor fan radiator, 650 rebu kemaren malam sempat mati kipasnya indikator mesin overheat, tapi ga sampe abis coolant nya, hari ini baru ganti setelah 5 tahun mobil dipakai (daily for 5 years). lumayan awet yak..
@ Eko S Kurniawan, waktu penggantian motor fan nya KM dah berapa bro? terus saat nyalain ac coolnya di setel berapa? selalu melewati jalur macet terus atau tidak bro?
buat ancer ancer juga nih mobil dah usia 6th
Halaman: 1 2 3 4 5
Referensi URL