Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia

Versi Lengkap: Pengalaman 1 service 1000 km xenia xi
Anda sekarang melihat versi singkat situs kami. Lihat Versi Lengkapnya dengan format yang lebih baik.

IDA BAGUS ADHI UTAMA Menulis:
Oli resmi dr Daihatsu utk Xenia Xi Fastron 10-40 ya? terus apa bedanya dgn oli utk Avanza dr TGMO (kalo gak salah sih Fastron yg dikasih merk Toyota Genuine Mobil Oil) bener ga infonya?


lho daihatsu bukannya ada genuine oil nya juga? ada yg 10-40 ama 20-50? tp ga tau isinya apaan.. fastron ato apa... Tongue_out

korzlet Menulis:

Usep M Sigih Menulis:
masih normal kok, 1:15 baru bisa tercapai jika perjalanannya tanpa macet, speed <= 80 km/jam, atau Rpm < 3500, dan harus pake pertamax bahkan dengan pertamax bisa tuh ampe 1:17 jika speed dan rpm stabil serta tidak lebih dari 80 km speednya (ane sering nyoba soalnya)... kalo premium paling banter haya 1:14 saja. kalo jalan ada macetnya 1:12 masih wajar. bahkan kalo macetnya banget kayak di jakarta 1:12 itu termasuk irit banget.


sapa bilang bro... saya pernah 1:18 pake premium, dari bandung ke jakarta Winking


Itung²aN kyak gini yg ane ga ngerti... mesti buka kamus nih Whistling

Kemarin ane service ... oli di sarankan malah Castrol magnatec...bukan Fastron....cocok oli AVZ dan Xenia apa sih Gan... Service di DAI Bekasi

zanetti Menulis:

IDA BAGUS ADHI UTAMA Menulis:
Trims ya atas komen2 dr RR. Soalnya saya dpt baca sekilas di forum ini klo setelah 1000 km 1 dpt ganti oli lebih bagus krn kotoran2nya bisa terbuang stelah masa penyesuaian mesin.


lebih bagus sih emang ganti oli, biar gram2 besi sisa inreyen ikut kebuang, tp yg masih bingung sampe sekarang,ada beberapa mekanik yg bilang waktu inreyen pake oli yg rada kentelan... ada jg yg bilang pake oli encer... yg bener yg mana ya? 095


yg plg bagus pake oli mineral single grade spt SAE 40 (agak kental waktu dingin/temp ruang) utk inreyen, sebaiknya jgn pake oli semi-sintetik apalagi yg full sintetik utk inreyen Tuh nanti malah ring pistonnya tdk tepat duduk ke dinding silinder pistonnya.
CATT : jgn pernah menambahan additive oli apapun pada saat inreyen yg dapat merusakan ring piston & dinding silinder piston
biasanya ring piston mantap duduk ke dinding silinder piston setelah 2500-3500 km tergantung cara pemakaiannya, maka plg cepat setelah 5000 km pertama baru oli inreyen diganti pake oli sintetik klo mmg mau pake oli sintetik seterusnya.

apabila stlh 5000 km pertama diganti ke oli mineral sebaiknya seterusnya pake oli mineral jgn diganti ke oli sintetik, tetapi sebaliknya stlh 5000 km pertama diganti oli sintetik maka penggantian oli berikutnya boleh ke oli mineral (stlh pake oli mineral seterusnya pake oli mineral terus ya Winking)

Henry Panda Menulis:
Kemarin ane service ... oli di sarankan malah Castrol magnatec...bukan Fastron....cocok oli AVZ dan Xenia apa sih Gan... Service di DAI Bekasi


sebaiknya utk mesin baru pake oli yg full synthetic spt Total Quartz 9000 SAE 5W-40 ato merk laennya misalnya, krn klo udah pake yg semi sintetik spt Castrol magnatec SAE 10W-40 ato yg mineral spt Prima XP SAE 20W-50 maka krg baek klo nantinya dikembalikan ke yg full synthetic bro krn mudah merusakan seal2 oli di dalam mesin Winking CMIIW
Dr segi harga Total Quartz 9000 masih cukup ekonomis kok coba cek ke koh Ayung di Sentral Motor Atrium Senen & bisa dipake dakot Jkt s/d 10.000 km Gozkirpma

td saya ganti oli krn rencananya minggu depan mau jalan2 ke lombok. berhubung kmnya baru 3300an tanggung kalo servis 10K ke beres jd ganti oli aja. berhubung di bengkel biasa ga ada fastron 10-40, berdasarkan info dr forum ini castrol magnatec 10-40 sdh cukup ya jadinya pake castrol. btw. org bengkel bilang ntar suruh ganti max 5000 km. jangan ambil resiko sampe 10.000 km. klo nantinya ke beres daihatsu dikasih oli fastron ngaruh gak ya, krn sekarang pk castrol?

BUDI Menulis:
yg plg bagus pake oli mineral single grade spt SAE 40 (agak kental waktu dingin/temp ruang) utk inreyen, sebaiknya jgn pake oli semi-sintetik apalagi yg full sintetik utk inreyen Tuh nanti malah ring pistonnya tdk tepat duduk ke dinding silinder pistonnya.


emang ada ya om oli single grade, yg api service nya sesuai ama api service ax vvti? minimal nya kan api SJ ya? 095
setau ane ada sih oli single grade 40, tp itu mesran, juga api service nya cm SG ato SH ya (lupa Tuh )

curhat dikit nih, dulu waktu service 1000km, lsg ganti oli.. tp yg sae nya 20-50(soalnya kata mekaniknya suruh pake oli kental kl masih inreyen)... kira2 yg kayak gini boleh ga ya? 095

BUDI Menulis:

Henry Panda Menulis:
Kemarin ane service ... oli di sarankan malah Castrol magnatec...bukan Fastron....cocok oli AVZ dan Xenia apa sih Gan... Service di DAI Bekasi


sebaiknya utk mesin baru pake oli yg full synthetic spt Total Quartz 9000 SAE 5W-40 ato merk laennya misalnya, krn klo udah pake yg semi sintetik spt Castrol magnatec SAE 10W-40 ato yg mineral spt Prima XP SAE 20W-50 maka krg baek klo nantinya dikembalikan ke yg full synthetic bro krn mudah merusakan seal2 oli di dalam mesin Winking CMIIW
Dr segi harga Total Quartz 9000 masih cukup ekonomis kok coba cek ke koh Ayung di Sentral Motor Atrium Senen & bisa dipake dakot Jkt s/d 10.000 km Gozkirpma


Sorry sblmnya klo pembahasan jd oot.
Pak Budi, di posting sblm yg sy quote ini ada blg klo ganti sintetik seterusnya sintetik, tp klo ganti mineral seterusnya mineral. Cuma klo dr sintetik bisa balik ke mineral utk seterusnya mineral. Kok agak inkonsisten yah?
Btw castrol magnatec 10-40 itu bknnya mineral ya? Sy dl service xeli 1000km jg ganti oli ke castrol magnatec, krn setau sy itu mineral dan gradenya msk dlm spek yg ada di buku manual. Klo mnrt pak Budi inreyen dgn 20-50 bagus knp tdk ada rekomendasi dlm buku manual ya? Bknkah mesin dgn teknologi yg skrg perlu grade min 10-40? Yg penting utk masa inreyen jenisnya adl mineral. Imho ya pak..

GUW Menulis:

BUDI Menulis:

Henry Panda Menulis:
Kemarin ane service ... oli di sarankan malah Castrol magnatec...bukan Fastron....cocok oli AVZ dan Xenia apa sih Gan... Service di DAI Bekasi


sebaiknya utk mesin baru pake oli yg full synthetic spt Total Quartz 9000 SAE 5W-40 ato merk laennya misalnya, krn klo udah pake yg semi sintetik spt Castrol magnatec SAE 10W-40 ato yg mineral spt Prima XP SAE 20W-50 maka krg baek klo nantinya dikembalikan ke yg full synthetic bro krn mudah merusakan seal2 oli di dalam mesin Winking CMIIW
Dr segi harga Total Quartz 9000 masih cukup ekonomis kok coba cek ke koh Ayung di Sentral Motor Atrium Senen & bisa dipake dakot Jkt s/d 10.000 km Gozkirpma


Sorry sblmnya klo pembahasan jd oot.
Pak Budi, di posting sblm yg sy quote ini ada blg klo ganti sintetik seterusnya sintetik, tp klo ganti mineral seterusnya mineral. Cuma klo dr sintetik bisa balik ke mineral utk seterusnya mineral. Iya itu yg btul bro, maksudnya sama dgn penjelasan di atas yi klo udah pake oli mineral/semi sintetik sebaiknya jgn kembali lagi ke full synthetic tho Winking Kok agak inkonsisten yah?
Btw castrol magnatec 10-40 itu bknnya mineral ya? bukan bro trmsk semi synthetic Sy dl service xeli 1000km jg ganti oli ke castrol magnatec sebaiknya ganti oli pertama di km 5000 ke atas bro ato ikut petunjuk pabrik di 10.000 km pertama, krn setau sy itu mineral dan gradenya msk dlm spek yg ada di buku manual. Klo mnrt pak Budi inreyen dgn 20-50 bagus knp tdk ada rekomendasi dlm buku manual ya? Bknkah mesin dgn teknologi yg skrg perlu grade min 10-40? Yg penting utk masa inreyen jenisnya adl mineral. Imho ya pak.. yup btul, klo tidak salah inget ADM & TAM pake oli valvoline SAE 40 (single grade) utk oli original bawaan pabrik (oli inreyen) itu jenis oli mineral bro. Mmg klo pake SAE 20W-50 lbh kental pd suhu operasi mesin panas dp oli SAE 40 ttp SAE 20W-50 msh cocok utk VVTI krn pd saat mesin dingin (pertama kali start) SAE-nya = 20 (encer) shg VVTI bisa lsg bekerja saat start ..... asal jgn pake oli mesin SAE 50 bro yg ini terlalu kental & tidak direkomendasikan oleh ADM/TAM

zanetti Menulis:

BUDI Menulis:
yg plg bagus pake oli mineral single grade spt SAE 40 (agak kental waktu dingin/temp ruang) utk inreyen, sebaiknya jgn pake oli semi-sintetik apalagi yg full sintetik utk inreyen Tuh nanti malah ring pistonnya tdk tepat duduk ke dinding silinder pistonnya.


emang ada ya om oli single grade, yg api service nya sesuai ama api service ax vvti? minimal nya kan api SJ ya? 095
setau ane ada sih oli single grade 40, tp itu mesran, juga api service nya cm SG ato SH ya (lupa Tuh )

curhat dikit nih, dulu waktu service 1000km, lsg ganti oli.. tp yg sae nya 20-50(soalnya kata mekaniknya suruh pake oli kental kl masih inreyen)... kira2 yg kayak gini boleh ga ya? 095 Dak apa2 krn udah terlanjur bro, sebaiknya ganti oli pertama di km 5000 klo pake oli SAE 20W-50 oke2 aza msh sesuai dgn petunjuk buku manual A/X kok
Cuman aneh aza ya banyak Ka BERES terutama DAI yg belum paham (aliran sesat) perihal ganti oli pertama A/X padahal jelas2 tertulis di buku manual : ganti oli pertama A/X di 10.000 km ato 6 bulan !!! kok selalu kasih petunjuk yg menyesatkan, ttp klo di TAM Sunter Gozkirpma udah canggih tuh Ka BERES nya krn tdk akan pernah menyuruh pemilik Avanza utk mengganti oli di 1000 km pertama (service pertama)
Klo soal geram2 yg banyak saat inreyen tidak perlu dikuatirkan bro, khan A/X udah diperlengkapi dgn filter oli yg pasti akan memfilter geram2 tsb kecuali pake filter oli yg non original/palsu & jebol kena geram2 tsb. Jgn lupa saat ganti oli pertama wajib ganti oli filter juga dst setiap ganti oli juga hrs ganti oli filter (setiap periode 10.000 km ato 6 bulan)


Ini contohnya Valvoline SAE 40 udah lulus API SM bro Gozkirpma

klo Pertamina mmg begitu Tuh bro, produk2 yg untungnya sedikit/tipis (jadi susah dikorup) mmg tidak akan pernah dikembangkan ttp produk yg untungnya banyak + bisa dikorup itu yg dipromosiin ......... betul apa betul Tongue_out

Halaman: 1 2 3
Referensi URL