Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia

Versi Lengkap: Service berkala AC/ /foto hal.3
Anda sekarang melihat versi singkat situs kami. Lihat Versi Lengkapnya dengan format yang lebih baik.
kalo AC dobel blower nyala 1 lebih irit atau sama saja???

omega_one Menulis:
Memang pak, dengan cara tersebut AC bisa dibersihkan walaupun hasil tidak maksimal. Dengan menyemprotkan air plus cairan pembersih evap, yang bersih itu bagian luar evap, bagian dalam evap masih kotor
Tips anda ini memang bisa dilakukan untuk mobil Avanza tapi kalau saya ambil salah satu contoh: mobil Innova, cara ini tidak bisa dilakukan
Sayangnya tidak setiap mobil bisa dibersihkan evap-nya dengan cara tersebut

Soal freon yang dibuang menyebabkan global warming, maka itu sekarang ada freon R134 yang ramah lingkungan dan alat untuk menyedot freon sebelum dibongkar


Memang bgn dalam dari evap tidak seratus persen dapat dibersihkan tapi jika pembersihan ini dilakukan secara rutin maka kotoran yang masuk kedalam evap tidak akan terlalu banyak sehingga dengan penyemprotan cairan pembersih sudah dapat efektif untuk membersihkan karena saat disemprotkan cairan tersebut lalu disemprotkan air dengan tekanan yg cukup kuat dapat merontokan kotoran.

Baru 2 minggu yang lalu saya membersihkan evap kijang innova punya kakak saya dengan cara seperti saya lakukan pada mobil avanza dan setelah dibersihkan efeknya terasa sekali, semburan angin kembali kencang. Itu belum menggunakan cairan pembersih loh, hanya disemprotkan dengan air yang cukup kuat (saat itu saya sedang berkunjung ketempat kakak saya dan kakak saya mengeluh kalo angin acnya kurang kencang) dan kotorannya keluar cukup banyak dari selang pembuangan air, meskipun yang anda katakan bahwa jarak antara blower dgn evap cukup jauh. Jika ini dilakukan dengan rutin maka pembersihan akan lebih maksimal.

Mobil lain yang pernah saya lakukan pembersihan dengan cara ini adalah mobil mitsubishi kuda karena saya sempat menggunakan mobil tersebut 3 tahun dan hasilnya juga bagus ac terawat dan terjaga kebersihannya. Bagaiman dengan mobil suzuki areo saya belum lihat posisi blower ACnya, nanti jika ada temen yg punya mobil tsb akan saya lihat, kalo mnrt saya sich seharusnya bisa.

Hanya dengan menggunakan obeng, kuas, cairan pembersih serta air semprotan sudah dapat melakukan pembersihan sendiri dengan waktu yg tidak terlalu lama sekitar 1jam, coba bayangkan jika hal tersebut harus dibongkar semua berapa lama waktu yang dibutuhkan hanya untuk membersihkan evap ? Memang ini agak sedikit cape dan kotor, tapi penghematan yang dilakukan lebih besar.

Meskipun freon R134 sudah ramah lingkungan tapi tetap saja akan merusak lapisan ozon, hanya bedanya kalo freon 12 tingkat kerusakannya lebih besar. Apakah alat untuk mendaur ulang freon disemua bengkel-bengkel ada ? Setahu saya hanya bengkel2 besar saja yang mempunyai alat tersebut, karena alat tersebut cukup mahal. Untuk gampangnya tinggal buang aja keudara selesai deh......Tuh

blijunk Menulis:
Om Soenfri kalo untuk Blower yang berisik gimana sebaiknya??


Blower yg berisik dapat disebabkan sudah terlalu kotor atau ada masalah di dinamonya, coba diperiksa dulu saja dengan cara membongkar blower tersebut lalu hidupkan blower tersebut setelah dibersihkan tapi belum dimasukan kedalam rumah blower. Ambil kabel untuk menghubungkan terminal yang ada di blower lalu sambungkan ke Aki sebelumnya sesuaikan dulu yang + dan - dengan melihat kabel yang ada di mobil. Kalo warna hitam - dan biru + (hati2 saat blower berputar karena dinamo akan berputar dengan kecepatan maksimal atau sama saja dengan posisi 3). Jika saat dihidupkan langsung blower tidak ada suara berisik maka coba dipasang lagi pasti oke.
Pada umunnya blower yang sering terjadi kerusakan adalah bos pada dinamo sudah oblak dan saat berputar tidak center sehingga akan bunyi suara atau arangnya sudah habis sehingga kecepatannya jadi berkurang atau kedudukan antara blower dengan rumah blower kendor/tidak pas.

Semoga membantu informasi ini.....Topdeh

Andrew Menulis:
kalo AC dobel blower nyala 1 lebih irit atau sama saja???


Kalo mnrt pandangan dan yang saya rasakan, jika mobil acnya double blower maka jika hanya menghidupkan 1 blower saja (depan) maka akan lebih irit.
Asumsinya seperti ini :
Jika hanya 1 blower saja yang dihidupkan maka compresor akan bekerja hanya untuk 1 evap saja, tapi jika 2 blower yg dihidupkan maka compresor akan bekerja untuk 2 evap sehingga compresor akan bekerja lebih keras lagi karena tekanan yang dibutuhkan untuk memompa freon ke 2 evap akan lebih besar dan membutuhkan waktu yang lama. Makanya jika ac dihidupkan dengan 2 blower maka proses pendinginannya akan lebih lama dibandingkan 1 blower dan compresor akan bekerja lebih lama. Saat compresor hidup rpm mesin akan meningkat agar beban mesin tidak turun, sehingga konsumsi bensin akan lebih banyak.

Semoga membantu informasi ini....

Soenfri Menulis:
Baru 2 minggu yang lalu saya membersihkan evap kijang innova punya kakak saya dengan cara seperti saya lakukan pada mobil avanza dan setelah dibersihkan efeknya terasa sekali, semburan angin kembali kencang. Itu belum menggunakan cairan pembersih loh, hanya disemprotkan dengan air yang cukup kuat (saat itu saya sedang berkunjung ketempat kakak saya dan kakak saya mengeluh kalo angin acnya kurang kencang) dan kotorannya keluar cukup banyak dari selang pembuangan air, meskipun yang anda katakan bahwa jarak antara blower dgn evap cukup jauh. Jika ini dilakukan dengan rutin maka pembersihan akan lebih maksimal.


Dunno about that pak.. tapi saya sangat ragu. Posisi evap Innova berbeda dengan Avanza
Evap kuda = posisinya kurang lebih sama dengan Avanza...

Andaikata cara ini bisa dilakukan, berarti semua mobil bisa dong?095

Mengenai freon yang dibuang, apakah anda tahu bahwa cukup banyak bengkel AC di Jakarta memakai freon imitasi?
IMO, soal ozon... lebih baik bis2 yang asapnya hitam itu lebih diperhatikan oleh pemerintah karena efeknya jauh lebih buruk daripada freon

Soenfri Menulis:
Kalo mnrt pandangan dan yang saya rasakan, jika mobil acnya double blower maka jika hanya menghidupkan 1 blower saja (depan) maka akan lebih irit.
Asumsinya seperti ini :
Jika hanya 1 blower saja yang dihidupkan maka compresor akan bekerja hanya untuk 1 evap saja, tapi jika 2 blower yg dihidupkan maka compresor akan bekerja untuk 2 evap sehingga compresor akan bekerja lebih keras lagi karena tekanan yang dibutuhkan untuk memompa freon ke 2 evap akan lebih besar dan membutuhkan waktu yang lama. Makanya jika ac dihidupkan dengan 2 blower maka proses pendinginannya akan lebih lama dibandingkan 1 blower dan compresor akan bekerja lebih lama. Saat compresor hidup rpm mesin akan meningkat agar beban mesin tidak turun, sehingga konsumsi bensin akan lebih banyak.

Semoga membantu informasi ini....


Sori pak..rasanya anda salah deh. Menurut ilmu yang saya ketahui.. pada mobil2 keluaran terbaru seperti Innova, Kijang kapsul mulai tahun 2000 - 2004 yang mempunyai 2 blower, begitu kita menyalakan AC di bagian depan, freon TETAP mengalir ke bagian belakang
Soal dingin, 2 blower jelas lebih dingin daripada menyalakan 1 blower. Alat untuk mematikan dan menyalakan kompressor yang bernama Thermistor, ada di evap depan. Maka itulah, konsumsi bensin 1 blower dan 2 blower itu sama
Pada mobil2 keluaran dulu, memang ada beda tapi sama sekali tidak berarti

Mobil seperti Land Cruiser model lama yang mempunyai 2 blower, memang beda cara kerjanya. Begitu menyalakan blower belakang, freon baru masuk ke evap belakang. Tapi soal tekanan.. hanya beda sedikit sekali pak bedanya menyalakan 2 blower dengan hanya menyalakan 1 blower, hanya sekitar 5 - 10psi

Hope it helps..

Soenfri Menulis:
Hanya dengan menggunakan obeng, kuas, cairan pembersih serta air semprotan sudah dapat melakukan pembersihan sendiri dengan waktu yg tidak terlalu lama sekitar 1jam, coba bayangkan jika hal tersebut harus dibongkar semua berapa lama waktu yang dibutuhkan hanya untuk membersihkan evap ? Memang ini agak sedikit cape dan kotor, tapi penghematan yang dilakukan lebih besar.


Bersihan evap Avanza dengan cara dibongkar? kurang lebih hanya 1,5 jam koq

omega_one Menulis:

Soenfri Menulis:
Baru 2 minggu yang lalu saya membersihkan evap kijang innova punya kakak saya dengan cara seperti saya lakukan pada mobil avanza dan setelah dibersihkan efeknya terasa sekali, semburan angin kembali kencang. Itu belum menggunakan cairan pembersih loh, hanya disemprotkan dengan air yang cukup kuat (saat itu saya sedang berkunjung ketempat kakak saya dan kakak saya mengeluh kalo angin acnya kurang kencang) dan kotorannya keluar cukup banyak dari selang pembuangan air, meskipun yang anda katakan bahwa jarak antara blower dgn evap cukup jauh. Jika ini dilakukan dengan rutin maka pembersihan akan lebih maksimal.


Dunno about that pak.. tapi saya sangat ragu. Posisi evap Innova berbeda dengan Avanza
Evap kuda = posisinya kurang lebih sama dengan Avanza...

Andaikata cara ini bisa dilakukan, berarti semua mobil bisa dong?095

Mengenai freon yang dibuang, apakah anda tahu bahwa cukup banyak bengkel AC di Jakarta memakai freon imitasi?
IMO, soal ozon... lebih baik bis2 yang asapnya hitam itu lebih diperhatikan oleh pemerintah karena efeknya jauh lebih buruk daripada freon


saya tidak melihat bisa apa tidak, anda percaya apa tidak atau ragu2 itu terserah anda, saya hanya memberikan tips dan trik agar lebih hemat dan tidak dibohongin oleh bengkel2 ac yang anda sebut banyak yang menggunakan freon imitasi.

Tidak semua mobil bisa dilakukan tips ini seperti Ac yang bukan bawan mobil seperti suzuki carry, panther, kijang super karena rumah blowernya jadi satu dengan evap.

Masalah ozon jangan menunjuk orang lain, cobalah lihat dari diri sendiri apa yang sudah dilakukan untuk tidak terjadi global warming ???? Udah tau bis2 tsb menyumbang terjadinya global warming kenapa harus ditambah lagi !!!!!!

omega_one Menulis:

Soenfri Menulis:
Kalo mnrt pandangan dan yang saya rasakan, jika mobil acnya double blower maka jika hanya menghidupkan 1 blower saja (depan) maka akan lebih irit.
Asumsinya seperti ini :
Jika hanya 1 blower saja yang dihidupkan maka compresor akan bekerja hanya untuk 1 evap saja, tapi jika 2 blower yg dihidupkan maka compresor akan bekerja untuk 2 evap sehingga compresor akan bekerja lebih keras lagi karena tekanan yang dibutuhkan untuk memompa freon ke 2 evap akan lebih besar dan membutuhkan waktu yang lama. Makanya jika ac dihidupkan dengan 2 blower maka proses pendinginannya akan lebih lama dibandingkan 1 blower dan compresor akan bekerja lebih lama. Saat compresor hidup rpm mesin akan meningkat agar beban mesin tidak turun, sehingga konsumsi bensin akan lebih banyak.

Semoga membantu informasi ini....


Sori pak..rasanya anda salah deh. Menurut ilmu yang saya ketahui.. pada mobil2 keluaran terbaru seperti Innova, Kijang kapsul mulai tahun 2000 - 2004 yang mempunyai 2 blower, begitu kita menyalakan AC di bagian depan, freon TETAP mengalir ke bagian belakang
Soal dingin, 2 blower jelas lebih dingin daripada menyalakan 1 blower. Alat untuk mematikan dan menyalakan kompressor yang bernama Thermistor, ada di evap depan. Maka itulah, konsumsi bensin 1 blower dan 2 blower itu sama
Pada mobil2 keluaran dulu, memang ada beda tapi sama sekali tidak berarti

Mobil seperti Land Cruiser model lama yang mempunyai 2 blower, memang beda cara kerjanya. Begitu menyalakan blower belakang, freon baru masuk ke evap belakang. Tapi soal tekanan.. hanya beda sedikit sekali pak bedanya menyalakan 2 blower dengan hanya menyalakan 1 blower, hanya sekitar 5 - 10psi

Hope it helps..


Itu hanya asumsi saya dan dilihat secara logika, tapi jika kenyataannya memang freon tetap mengalir ke evap belakang saat dihidupkan dari blower depan berarti evap belakang akan dingin sekali dan kemungkinan akan terbentuk bunga es karena blower belakang tidak dihidupkan ???

Setahu saya ada switch pada pipa tekanan (press) yang menuju evap belakang, saat blower belakang dihidupkan maka switch tersebut akan membuka sehingga freon akan mengalir ???

omega_one Menulis:

Soenfri Menulis:
Hanya dengan menggunakan obeng, kuas, cairan pembersih serta air semprotan sudah dapat melakukan pembersihan sendiri dengan waktu yg tidak terlalu lama sekitar 1jam, coba bayangkan jika hal tersebut harus dibongkar semua berapa lama waktu yang dibutuhkan hanya untuk membersihkan evap ? Memang ini agak sedikit cape dan kotor, tapi penghematan yang dilakukan lebih besar.


Bersihan evap Avanza dengan cara dibongkar? kurang lebih hanya 1,5 jam koq


Bagus deh kalo proses pembersihan evap dengan dibongkar hanya memerlukan waktu 1,5 jam Topdeh

Sekali lagi saya hanya memberikan tips dan trik ini saja jika rekan2 mau membersihkan sendiri tanpa membongkar evap dan membuang freon. Semua kembali lagi kepada masing2 pendapat kalo tips ini bermanfaat monggo dikerjakan tapi kalo tips ini kurang memuaskan dapat dilakukan dengan membongkar evap hanya dengan waktu 1,5 jam saja kok.......

Halaman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48
Referensi URL