Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia

Versi Lengkap: WTA : Indikator Check Engine nyala di Cipularang
Anda sekarang melihat versi singkat situs kami. Lihat Versi Lengkapnya dengan format yang lebih baik.
RR Sekalian,

Mau tanya nih, kemaren sy sekeluarga nyekar ke bandung, saat perjalanan akan pulang dan hari mulai gelap tiba-tiba lampu indikator Cek Engine nyala, karena sudah tidak mungkin mencari bengkel maka saya hanya mencek keadaan mesin secara visual saja dengan membuka kap mesin dan mencek koneksi kabel. Tidak ada yang salah dan berubah atau aneh pada kondisi visual mesin, maka saya putuskan pulang ke jakarta dengan kondisi cek engine menyala. Dijalan tol mobil melaju dengan baik (menurut saya), karena membawa keluarga kecepatan rata-rata hanya 70-80kpj. Semua kondisi berfungsi dengan baik, baik lampu utama, AC, radio tape, Indikator kecepatan/spedometer dll, sampai akhirnya tiba dirumah dengan selamat.

Rencannya saya mau ke bengkel untuk memperbaiki ini, tapi sebelumnya saya coba cari tau dari forum ini dengan browsing masalah yg sama, informasi yang didapat Indikator Cek Engine nyala karena lepasnya kabel speedometer dan mampetnya pompa bensin.. (Penyebab lain belum ke browsing), kalau melihat dua penyebab diatas, kondisi Xenia 2006 saya tidak mengalami dua masalah tadi.

Menurut RR sekalian, kira-kira apa penyebab nyalanya indicator cek engine itu dan mungkin bengkel rekomendasinya. 095 095 095

Makasih sebelumnya
kemungkinan ada sensornya yg kendor,
coba cek sensor oksigen, dll
Sensor Oksigen posisinya disebelah mana bro beni? dan ciri yg membedakan dari kabel atau equipt lainnya? 095
Apa skng masih menyala ? coba reset ECU dulu. Sensor Oksigen untuk kendaraan yg sudah ada catalic converternya alias VVTi
Sekarang masih nyala bro, belum sempet ke bengkel ga bisa ninggalin kerjaan.
Caranya reset ECU gimana? dan apa ada efeknya kalau dilakukan sendiri (tanpa bantuan alat electronic pendukung)..

Oh ya, Xenia gw tahun 2006 VVTI.
Barusan baca beberapa thread lama mengenai reset ECU, dicoba dulu deh..
Gimana hasilnya bro setelah reset ECU ??
Barusan sudah coba reset ECU dengan mengikuti petunjuk berikut:


[i][i]BUDI Menulis:
"ECU RESET", pls refer to http://www.tmo.com/theory/myth/ecureset.htm
ECU RESET berfungsi untuk me-reset lampu engine check & mempercepat ECU mempelajari perubahan bensin yang dipakai (advance timing & fuel trim).
Untuk ECU RESET di Avanza/Xenia cukup dengan mencabut sekring EFI-15 A dalam box sekring di sebelah accu selama minimum 30 detik.
Pencabutan kabel accu untuk me-reset ECU "TIDAK" dianjurkan dilakukan di Avanza/Xenia karena akan menghilangkan kode DTC (Diagnostic Trouble Code) pada "keep a live memory" ECU, sedangkan pencabutan sekring EFI-15 A tsb diatas untuk me-reset ECU di Avanza/Xenia tidak mengakibatkan kode DTC hilang di memori ECU & pihak bengkel TAM/DAI masih dapat melihat DTC tersebut walaupun sudah di-reset dengan mencabut sekring EFI-15 A.
[/i][/i]


Hasilnya adalah, lampu indicator check engine mati.. Gozkirpma

Namun ada pertanyaan baru, apa yg menyebabkan lampu check engine menyala? 095
harusnya krn ada salah satu sensor yg terputus sesaat, namun yg gw binun saat check engine nyala apa sama sekali kaga merasa ada perubahan performance ? "Semua kondisi berfungsi dengan baik, baik lampu utama, AC, radio tape, Indikator kecepatan/spedometer dll, sampai akhirnya tiba dirumah dengan selamat".
Mungkin karena jalannya konstan 70-80 Kpj jadi ga kerasa ada perbedaan, apalagi lampu utama, AC, Radio Tape, spedometer juga ga ada masalah sampe akhirnya bisa tiba di rumah dengan selamat.. Tapi hari ini gw ngerasa stationer nya rendah bgt, tadi pagi saat parkir gw perhatiin jarum RPM kadang bisa turun sampe di angka 600.. Kira2 apa yah bro SAS34?
Halaman: 1 2 3 4
Referensi URL